Sesi 11 krisis kepercayaan publik terhadap pelayanan kesehatan di indonesia

Post on 27-Jun-2015

415 views 5 download

Transcript of Sesi 11 krisis kepercayaan publik terhadap pelayanan kesehatan di indonesia

Krisis Kepercayaan publik terhadap pelayanan kesehatan di IndonesiaFirsan Nova

Managing Director

Nexus Risk Mitigation and Strategic Communication

PT. Denandra Stratejik

Kemana orang Indonesia berobat? Beberapa fakta menyebutkan, pejabat rumah sakit pemerintah

negara tetangga mengatakan lebih dari 100.000 warga Indonesia berobat ke Singapura setiap tahunnya.

Selain Singapura, pasien asal Indonesia juga mendominasi di sejumlah rumah-rumah sakit di Malaysia dan Ghuang Zou Cina. Jumlah devisa negara yang tersedot ke RS-RS luar negeri mencapai US$600 juta setiap tahunnya.

General Manager National Healthcare Group International Business Development Unit (NHG IBDU) Kamaljeet Singh Gill mengungkapkan, sebanyak 50% pasien internasional yang berobat ke Singapura adalah warga Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun, setiap tahunnya, wisatawan medis atau medical tourist yang berobat ke Singapura mencapai 200.000 per tahun.

Data lainnya menunjukkan, jumlah pasien Indonesia yang berobat di RS Lam Wah Ee Malaysia mencapai 12.000 per tahun atau sekitar 32 pasien per hari. Sementara, di RS Adventist Malaysia jumlah pasien Indonesia yang terjaring mencapai 14.000 per tahun atau sekitar 38 pasien per hari. Sementara jumlah warga Sumatera Utara dan sekitarnya yang berobat ke Penang, Malaysia, mencapai seribu orang setiap bulannya.

Why people go to Singapore? (1) Setiap tahun tak kurang dari 200.000 orang

dari pelbagai negara datang untuk berobat. Tahun 2005, menurut Manajer SingaporeMedicine Singapore Tourism Board Tan Wei Wei, ada 374.000 orang dari luar negara ini berobat ke Singapura. Mereka berasal dari Pakistan, Banglades, India, Filipina, AS, negara-negara Timur Tengah, dan jumlah terbanyak datang dari Indonesia.

Why people go to Singapore? (2) Singapura menawarkan pelayanan kesehatan yang

lengkap dan unggul, dengan jumlah tenaga kesehatan—dokter maupun paramedis—kompeten yang sangat banyak, serta fasilitas diagnostik dan perawatan terbaru.

Dengan modal itu, diharapkan pasien berdatangan dari negara-negara di wilayah Asia Pasifik. Satu lagi kelebihan Singapura, yaitu menawarkan biaya yang lebih murah atau setidaknya sama dengan biaya perawatan di negara asal pasien namun dengan pelayanan yang lebih profesional.

Why people go to Singapore? (3) Orang yang datang berobat akan dilayani seperti

wisatawan. Calon pasien bisa melakukan reservasi dari negaranya lewat pusat layanan medis internasional di setiap rumah sakit. Calon pasien bisa berkonsultasi mengenai keluhannya sehingga akan mendapat saran klinik spesialis yang seyogianya didatangi, lengkap dengan perkiraan biaya yang harus dibayar sebelum berangkat.

Why people go to Singapore? (4) Pada saat kedatangan, pasien akan

dijemput di bandar udara atau pelabuhan kedatangan. Diperlakukan dengan keramahan yang profesional, pemberian informasi yang jelas, sehingga pasien merasa aman, nyaman, dan mendapat kepastian.

Mengapa terjadi? Faktor penyebab terjadinya peningkatan kebiasaan

berobat ke luar negeri sangat bervariasi. Pada umumnya masyarakat beranggapan hal itu terjadi

karena kecanggiahn sarana medis dan kemampuan tenaga media di Indonesia yang kurang.

Sebagian besar indikasi berobat ke luar negeri adalah bukan karena keterbatasan alat dan kemampuan dokter, tetapi karena permintaan keluarga pasien. Secanggih apapun sarana medis atau sepintar apapun dokternya tidak akan berarti bila tidak ada rasa percaya.

Kepercayaan pasien terhadap dokter adalah kunci utama keberhasilan penanganan suatu penyakit.

Mengapa terjadi?

Banyak opini menyebutkan, cara berkomunikasi dengan pasien dokter di Indonesia kalah jauh dibandingkan dokter di luar negeri. Padahal pasien dan dokter Indonesia berbahasa yang sama, bahasa Indonesia. Beberapa pasien mengungkapkan berobat di Singapura sangat puas, karena dapat berkonsultasi dengan dokter hingga 1 jam. Di Indonesia, seorang pasien dapat masuk ruang praktek dokter 15 menit saja sudah menjadi hal yang langka.

Apa yang harus dilakukan PR? Jawabannya akan di berikan pada hari sabtu,

7 Juli 2007 oleh Dosen Tamu