RADAR GRESIK 2016 MARET 1 1 , T JUMA HALAMAN 3 uktur gi ...radarsby.com/special/529/3.pdf · rian...

Post on 05-Aug-2019

224 views 0 download

Transcript of RADAR GRESIK 2016 MARET 1 1 , T JUMA HALAMAN 3 uktur gi ...radarsby.com/special/529/3.pdf · rian...

Dua Penghargaan dari Menaker untuk PT IndopipeDua Penghargaan dari Menaker untuk PT IndopipeKEBOMAS - PT Indopipe

dianugrahi sejumlah peng-hargaan atas capaian pres-tasi. Pabrik pipa high densitypolyethylene (HDPE) yangmemproduksi pipa air, gasdan pipa untuk proteksikabel itu di anugrahi dua

penghargaan dari Ke-menterian KetenagakerjaanRI. Kabar gembira lainnya,PT Indopipe berhasil me-ngembangkan usaha denganmelahirkan anak perusa-haan, PT Indopipe Polyplast.

Penghargaan dari kemen-

trian tenaga kerja diserahkanlangsung oleh Menteri Ke-tenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Dua penghargaan yangdiraih Indopipe adalah Sis-tem Manajemen Keselama-tan Kesehatan Kerja (SMK3)serta kecelakaan nihil. Peng-

hargaan pertama diberikankarena Indopipe dinilai me-nerapkan SMK3 kategoritingkat lanjutan dengan pen-capaian 80,12 persen. Ser-tifikat berlaku jangka waktutiga tahun sejak diterbitkanZero Accident Award diserah-kan atas prestasi programkesehatan dan keselamatankerja (K3) 601.100 jam kerjatanpa insiden.

Penganugrahan K3 Awarddan Launcing Safety is My Li-ve diadakan di Hotel BidakaraJakarta pada tanggal 10 Sep-tember tahun lalu. DirekturUtama Indopipe Anton Hen-dra Kusumajaya dan Direkturproduksi Indopipe sekaligusKetua panitia pembina Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja(P2K3) Sunarwanto hadir da-lam acara tersebut.

Direktur cabang dan pe-ngembangan Jakarta SyariefHusein serta KoordinatorPersonalia dan Umummerangkap sekertaris P2K3Dody Heral Ardiansyah tu-rut mendampingi.

Menteri KetenagakerjaanHanif Dhakiri mengatakanbahwa penerapan K3 sesuaistandar akan memberikandampak positif bagi perusa-haan. Peningkatan produk-tivitas akan terjadi sehinggamenjamin setiap sumber pro-duksi dapatdipakai secaraaman dan efesien.

Sebagai wujud syukur ter-hadap pencapaian tersebut,perusahaan pipa di KawasanIndustri Gresik (KIG)

tersebut mengundang Anak-anak Yatim piatu untuk di-berikan santunan. “ Mening-katkan level SMK3 dari bin-tang perak menjadi bintangemas merupakan tantanganbagi kami,” ucap Anton.

Terkait pengembanganusaha, PT Indopipe menam-bahkan anak perusahaan,yaitu PT Indopipe Polyplast.

Rini Retno Wulan diang-kat sebagai Direktur utamaPT Indopipe Polyplast. Pipa

air dan gas Indopipe jugamerambah ke seluruh Indo-nesia, sebab pipa air Indopipedikenal berkualitas tinggidan sudah mengantongisertifikat SNI : 06-4829-2005(pipa polietilena untuk airminum). Customer Indopipeantara lain PDAM, perusa-haan - perusahaan kontrak-tor dan perusahaan gas.

Pada kondisi normal pipaair Indopipe bisa tahan hing-ga 50 tahun serta tahanbahan kimia dan sinar UV,Fleksibilitasnyatinggi. Berat-nya pun lebih ringan hanya1/6 berat pipa besi. Penggunatak perlu khawatir karenapipa air Indopipe tidak ren-tan korosi, yang lebih pentingpipa air Indopipe tidak bera-cun karena telah dikontroldan diaudit secara reguleroleh badan independen NSFInternational dari Amerika.

Berbagai sertifikat nasionaldan internasional sudah diraihIndopipe serta telah dite-rapkan secara konsistendalam operasional produksi,misalnya Iso 14001 : 2004 ten-tang environ metal manage-ment system, OHSAS 18001 :2007 tentang occupationalhealth and safety. Selain itu,sertifikat bahan material foodgrade (tak mengandungbahan kimia atau racun yangberbahaya bagi kesehatan)dari NSF International, SNI06. 4829 . 2005 dari Kemente-rian Perindustrian, dan SMK3dari Kementerian TenagaKerja.(yud/rtn)

HALAMAN 3RADAR GRESIK � JUMAT, 11 MARET 2016

Industri - Energi - Infrastruktur

Surga Bagi Pengusaha Agro IndustriSurga Bagi Pengusaha Agro IndustriKALANGAN pengusaha

kakap mengakui adanya per-baikan iklim usaha di Gresik.Kini tinggal bagaimanamenciptakan dan meman-faatkan kesempatan emasini. “Fasilitas kawasan indus-tri dan infrastruktur sudah sa-ngat mendukung khususnyauntuk industri pertanian,” katabos PT Polowijo Gosari Group,Achmad Djauhar Arifin.

Menurutnya, peluang usa-ha di Kabupaten Gresik se-makin besar. Apalagi sudahada lapangan terbang di Ba-wean dan pelabuhan inter-nasional di Manyar dan ben-dung gerak sembayat yangmendukung distribusi air. “Polowijo Gosari Group me-nyiapkan progam peningka-tan potensi lokal. Baik sumberdaya manusianya, maupun

sumber daya alam,” ujarnya.Selama ini, sudah sangat

banyak sekali progamPolowijo Gosari Group yangbisa dirasakan manfaatnyamasyarakat. Ada dua pro-gam baru yang telah disiap-kan.Pertama, pembuatanwaduk air untuk irigasi ri-buan hektar sawah atau per-kebunan masyarakat di Ke-camatan Panceng. Lalu,membangun lembaga risetTaman Teknologi Pertanian(TTP) untuk kebun petaniplasma. “Agar, produktifitastanaman bertambah,” jelasadik pendiri Polowijo GosariGroup, almarhum AchmadMoed’har Syah.

Terbaru, pihak PolowijoGosari Group bersamapemerintah dan UniversitasAirlangga (unair) segera

membangun kampus EUnair. Lokasi yang direnca-nakan ada di kawasan Gre-sik Utara itu disiapkan un-tuk putra daerah. “Nantinya,anak-anak Gresik siap meng-hadapi tantangan Masyara-kat Ekonomi Asean (MEA).Selain itu, juga untukmenyiapkan manusia lokalberkualitas untuk pengem-bangan industri maupun pe-rtanian di Gresik,” harapDjuhar Arifin.

Kampus E Unair ini jugaberkaitan dengan kawasanBio Industri. Gambaranumumnya, proyek inimerupakan inovasi pengem-bangan bio industri. ”Dima-na, terintegrasi pembangun-an on farm dan off farmdikolaborasikan dengan bioindustri. Caranya adalahmenjadikan kawasan inisebagai pusat percontohaninovasi bio industri,” pung-kas dia. (bro/rtn)

ISTIMEWA

RAIH PENGHARGAAN : Dirut Utama PT IndopipeAnton HendraKusuma Wijaya (kanan)n dan Direktur Produksi Sunarwantomenunjukkan penghargaan Kecelakaan Kerja Nihil dariKementrian Ketenagakerjaan

ISTIMEWA

Achmad Djauhar Arifin, CEO PT Polowijo Gosari Group