Peringatan Hardiknas, Untar Aktif Dukung Pemerintah dalam...

Post on 03-Feb-2020

19 views 0 download

Transcript of Peringatan Hardiknas, Untar Aktif Dukung Pemerintah dalam...

Peringatan Hardiknas,Untar Aktif Dukung Pemerintahdalam Pendidikan

Prodi Akuntansi dan S1 Manajemen FE Untar Raih A (Unggul) Reakreditasi BAN-PT

Communication Week, Padukan Belajar Sambil Berwirausaha

Pameran Potehi Dedikasi JagaBudaya Indonesia

Seminar Multidisiplin WadahKomunikasi Antarbidang Ilmu

Untar Tuan Rumah Kompetisi Greenmech dan Robot for Mission Tingkat Nasional

Siswa SLTA Adu Inovasi di KompetisiModel Jembatan Kayu FT Untar

Melangkah Global, Untar jadiAnggota Asia University Union

Kunjungan Delegasi Hua Qiao UniversityBuka Peluang Kerja Sama

Tarumanagara Festival 2019 Wadah Bakat dan Entrepreneurship Mahasiswa

Untar Pamerkan Karya IPTEKdi Indonesia Science Day 2019

Sidang Umum Pilih Ketua Umum Periode 2019/2020

Entrepreneur Week SiapkanMahasiswa Kembangkan Bisnis

DAFTAR ISI

Informasi Seputar Universitas Tarumanagara

1

Mei 2019, EDISI 05

Peringatan Hardiknas,Untar Aktif DukungPemerintah dalamPendidikanSeluruh lapisan masyarakat Indonesia harus mendapatkan pendidikan yang layak. Untar harus berperan aktif mendukung pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan. Untuk itu, Untar selalu ingin menghadirkan pendidikan berkualitas untuk Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan saat peringatan Hari Pendidikan Nasional di kampus Untar, Kamis (2/5). Peringatan Hardiknas 2019 di Untar dihadiri dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan serta jajaran pimpinan Yayasan Tarumanagara.

“Keterlibatan kita di pendidikan tinggi diharapkan dapat memberi peradaban baru”, tambahnya.Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah menetapkan tema Hardiknas 2019 “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan, Memajukan SDM yang Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter”.

Sementara itu Ketua Pembina Yayasan Tarumanagara Drs. Indra Gunawan Masman, MBA berpesan pentingnya nalar agar dapat berpikir rasional dalam pendidikan.

Ketua Pembina juga menekankan agar dunia pendidikan memiliki kemampuan critical thinking dan problem solving, kepandaian komunikasi, kolaborasi serta inovasi.

Peringatan Hardiknas 2019 ini Untar juga memberikan penghargaan kepada dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan yang telah berprestasi dan mengabdi di dunia kependidikan.

2

Prodi Akuntansi dan S1 Manajemen FE UntarRaih A (Unggul) Reakreditasi BAN-PT

Program studi (Prodi) Akuntansi dan Prodi S1 Manajemen di bawah Fakultas Ekonomi (FE) berhasil mempertahankan akreditasi A (Unggul) dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Visitasi Asesor BAN-PT sebagai salah satu proses re-akreditasi untuk Prodi Akuntansi telah dilakukanProf. Dr. Rahmawati, M.Si.Akt danDr. Eka Ananta Sidharta, SE., MM.Ak. Sedangkan untuk Prodi S1 Manajemen olehProf. Drs. Augusty Tae Ferdinand, Ph.D dan

Communication Week,Padukan Belajar Sambil BerwirausahaFakultas Ilmu Komunikasi mengadakan Communication Week dengan tema “Tradisoundal” di Pluit Village, Sabtu (11/5). Kegiatan yang berlangsung dua hari ini diisi berbagai acara di antaranya pertunjukan seni, talkshow, workshop batik, dan lain lain.

Communication Week merupakan bagian dari praktik mata kuliah event organizing (EO) sekaligus rangkaian peringatan 60 tahun Untar. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa Fikom dapat belajar langsung bagaimana mengelola suatu acara dari tahap persiapan hingga penyelenggaraannya. Selain itu juga dapat menerapkan nilai entrepeneurship dalam pembelajaran.

Dr. Yunus Amar, SE., MT. Kedua Prodi ini juga sudah meraih akreditasi A dari BAN-PT pada periode sebelumnya.

Keputusan BAN PT untuk Prodi Akuntansi tertuang dalam SK BAN-PT No. 1326/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019 sedangkan prodi S1 ManajemenSK BAN-PT No. 1610/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggiberdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1326/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019, menyatakan bahwa

Program Studi Akuntansi, Pada Program Sarjana Universitas Tarumanagara, Kota Jakarta BaratTerakreditasi dengan peringkat

Terakreditasi ASertifikat akreditasi ini berlaku 5 (lima) tahun

sejak tanggal 7 - Mei - 2019 sampai dengan 7 - Mei - 2024

Jakarta, 7 - Mei - 2019

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggiberdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1610/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019, menyatakan bahwa

Program Studi Manajemen, Pada Program Sarjana Universitas Tarumanagara, Kota Jakarta BaratTerakreditasi dengan peringkat

Terakreditasi ASertifikat akreditasi ini berlaku 5 (lima) tahun

sejak tanggal 21 - Mei - 2019 sampai dengan 21 - Mei - 2024

Jakarta, 21 - Mei - 2019

3

Seminar Multidisiplin WadahKomunikasi Antarbidang IlmuPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta implementasinya di dalam kehidupan masyarakat dapat berkelanjutan melalui upaya yang dilaksanakan terus menerus, dan merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak, dan berbagai ilmu.

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Untar Jap Tji Beng, Ph.D. menyampaikan hal tersebut saat acara pembukaan Seminar Nasional Riset Multidisiplin ke III (SNRM III) yang diselenggarakan Untar dan berlangsung di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Jakarta, Jumat (26/4).

Ditambahkannya, konferensi atau seminar multidisiplin menjadi wadah komunikasi antarbidang ilmu dan memungkinkan terwujudnya inovasi yang mungkin tidak terpikirkan ketika seseorang dari sebuah bidang studi berkomunikasi hanya dengan orang-orang di dalam bidang studi sendiri.

SNRM III bertema “Peran Penelitian Multidisiplin dalam Mendorong pengembangan dan

pemanfaatan Ilmu Pengetahuan di Era Revolusi Industri 4.0” diselenggarakan dalam upaya mengakomodasi kebutuhan para peneliti, dosen, serta mahasiswa dengan latar belakang berbagai bidang ilmu. Seminar yang dibuka Kepala Sekretariat Untar Rasji, S.H., M.H. diikuti peserta dari 22 perguruan tinggi nasional ini menghadirkan pembicara utama dari Universitas Airlangga Dr. Rahkman Ardi, M.Psych dan Untar Dr. dr. Meilani Kumala, MS., Sp.GK (K).

Pameran Potehi Dedikasi JagaBudaya Indonesia

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Untar mengadakan pameran, pertunjukan dan gelar wicara seputar wayang Potehi yang diberi nama “Plug and Play- A Potehi Experiance Exhibition”, di kampus Untar, Selasa (14/5).

Acara yang mengundang penggiat dan maestro Potehi Toni Harsono dan dalang Sony Fran Asmara dibuka Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Untar Jap Tji Beng, Ph.D .

Ketua Panitia Anny Valentina mengatakan pameran plug and play menampilkan karya-karya yang

merupakan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat selama tiga tahun berinteraksi dengan para pelaku Potehi.

“Semoga acara yang juga dalam rangkaian ulang tahun ke-60 Untar ini bisa memberikan sumbangan untuk menunjukan dedikasi Untar untuk ikut menjaga budaya Indonesia”, ujar Anny yang juga dosen di FSRD Untar.

4

Untar Tuan Rumah Kompetisi Greenmechdan Robot for Mission Tingkat NasionalDalam rangka mendukung industry 4.0 yang dicanangkan pemerintah, Untar melalui Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP) bekerja sama dengan Rumah Edukasi, dan Universitas Katolik Parahyangan Bandung menyelenggarakan kompetisi Greenmech dan Robot for Mission (R4M) tingkat nasional.

Greenmech adalah sebuah kompetisi membuat struktur mekanika Rube Goldberg Machine yang menyenangkan yang menghubungkan berbagai fungsi dari mekanika dan green energy melalui operasi yang kompleks untuk menyelesaikan tindakan yang sederhana. Sedangkan R4M adalah sebuah kompetisi merancang robot menggunakan prinsip saintifik berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) dan membuat program coding agar robot dapat menyelesaikan misi. Kompetisi regional kali ini adalah untuk memindahkan makanan dari tempat penyimpanan makanan ke kandang-kandang yang telah ditentukan.

Tahun ini terdapat 50 tim yang ikut serta dan mereka adalah yang sudah lolos kompetisi regional. Tim yang berhasil lolos dalam tingkat nasional berkesempatan mengikuti kompetisi tingkat dunia di Taiwan pada 1 Agustus 2019. Greenmech dan R4M juga didukung Pradita Institute,Universitas Ma Chung Malang, serta Perguruan Tinggi Eka Prasetya Medan.

Siswa SLTA Adu Inovasi di KompetisiModel Jembatan Kayu

Siswa SLTA dari Jabodetabek dan Jawa Barat mengikuti Lomba Model Jembatan Kayu (LMJK) ke-XXII di kampus 1 Untar, Sabtu (27/4). Lomba yang diselenggarakan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Untar dibuka Dekan Fakultas Teknik Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D.

Dalam lomba ini, peserta diminta membuat sebuah miniatur atau model jembatan dari kayu khusus yang telah disediakan panitia. Kayu boleh dipotong,

dicoak atau ditipiskan, dengan catatan semua potongan masih dapat menunjukkan keaslian kayu resmi. Peserta boleh memakai perekat pilihan sendiri dan model jembatan tidak boleh dicat atau diwarnai.

Model jembatan yang dibuat siswa-siswi SLTA peserta LMJK tersebut pertama-tama ditimbang dan dinilai oleh dewan juri. Selanjutnya, dilakukan pengujian terhadap model jembatan yang memenuhi persyaratan dengan membebani jembatan sampai jembatan tersebut patah.

Sebagai juara pertama dan kedua LMJK ke-XXII diraih siswa SMAIT Al Kahfi dan juara ketiga dari SMA Santo Aloysius. Juara pertama berhasil membuat model jembatan kayu yang mampu menahan beban terberat yaitu 50kg. Juri yang memberi penilaian adalah para pakar di bidang teknik sipil di antaranya Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D yang juga menjadi ketua dewan juri.

5

Kunjungan Delegasi Hua Qiao UniversityBuka Peluang Kerja Sama Delegasi Hua Qiao University, Tiongkok melakukan kunjungan ke kampus Untar dan diterima Pembina Yayasan Tarumanagara The Ning King, serta Pengurus Yayasan Eduard Tjahjadi, Dipl. Ing, dan Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. Selain itu turut menyambut Wakil Rektor Dr. Gatot P. Soemartono, S.E., S.H., M.M., LL.M., beserta jajaran pimpinan Untar, Rabu (24/4).

Wakil Rektor mengatakan kedua pihak punya peluang untuk melakukan kerja sama selain pertukaran mahasiswa juga dapat dilakukan riset bersama dan publikasi bersama, termasuk mengadakan konferensi bersama.

“Saat ini Untar telah memiliki kerja sama, antara lain dengan Malaysia, Jerman, Taiwan, dan ke depannya berharap dengan Tiongkok melalui Hua Qiao University,” ungkapnya.

Dalam pertemuan ini diusulkan kerja sama untuk mengadakan pertukaran mahasiswa serta penyelenggaraan seminar internasional yang akan diadakan Untar dalam waktu dekat.

Delegasi Hua Qiao University beranggotakan antara lain Chairman of the Council Guan Yi Fan, Director of the Admissions Office Hong Xue Hui, dan Director of the Council Sun Hui Xuan.

Melangkah Global, Untar jadiAnggota Asia University Union

Rektor Untar Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan memenuhi undangan President of Kun Shan University untuk menghadiri kegiatan Asia University Union atau AU+ dan 2019 Global President Forum di Taiwan.

Rektor hadir sebagai delegasi peninjau kegiatan AU+ yang beranggotakan perguruan-perguruan tinggi dari Taiwan, Jepang, China, Korea dan Malaysia. Pada pertemuan tersebut Untar diterima menjadi anggota AU+.

Dalam 2019 Global President Forum, Rektor mempresentasikan berbagai kegiatan di Untar dengan judul presentasi "The Implementation of the Community Engagement by Lecturers and Students as Part of Building University’s Excellent Reputation".

Pada kesempatan tersebut dipaparkannya berbagai capaian Untar dalam rangka meningkatkan reputasi. Termasuk kesiapan Untar untuk berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi dari berbagai negara atas dasar saling menghargai dan memberi manfaat bersama.

Rektor yang berada di KSU pada 26-29 April 2019 didampingi Direktur Kemahasiswaan dan AlumniDr. Adianto, M.Sc dan Kepala HumasPaula T. Anggarina.

Selamat Hari Raya

Idulfitri 1440 HMohon Maaf Lahir dan Batin

6

Tarumanagara Festival 2019 Wadah Bakatdan Entrepreneurship Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Tarumanagara (BEM Untar) kembali menyelenggarakan Tarumanagara Festival 2019 dengan tema “Nu-Sound Tara” di Kampus 2 Untar, Sabtu (27/4).

Festival ini menjadi wadah berkumpul dan melakukan kegiatan bersama seluruh mahasiswa UNTAR. Selain itu juga untuk pengembangan entrepreneurship mahasiswa. Festival ini dapat membangun citra dari organisasi kemahasiswaandi Untar.

Ketua BEM Untar Martin Martin Setiawan mengatakan Tarumanagara Festival menjadi sebuah ajang mahasiswa yang punya minat dalam bidang musik dan dance dapat mengembangkan bakatnya untuk lebih dikenal.

Tarumanagara Festival juga menjadi ajang pemilihan Duta Mahasiswa Untar. Juara pertama terpilih Jhofan Dinata Rudi (mahasiswa Fikom angkatan 2017) dan Vivian Patricia (mahasiswi manajemen FE angkatan 2018).

Acara dimeriahkan penampilan antara lain Naif, Maliq & D'Essentials dan Lalahuta. Pengunjung juga dapat menikmati bazaar yang diisi produk bisnis yang dirintis mahasiswa Untar termasuk hiburan dari anggota unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada.

Untar Pamerkan Karya IPTEKdi Indonesia Science Day 2019Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Untar melalui Fakultas Seni Rupa & Design, Fakultas Teknik, serta Fakultas Teknologi Informasi mengikuti Indonesia Science Day (ISD) 2019 yang diadakan Pusat Peragaan (PP)-IPTEK yang berada di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Acara yang mengangkat tema “Mendorong Terciptanya Sumber Daya Iptek Memasuki Era Industri 4.0” dibuka Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe mewakili Menristekdikti bersama Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi Soetanto Soehodho, Kamis (25/4) di Gedung PP-IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Stand Untar sendiri memamerkan karya-karya yang merupakan hasil dari penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa.

8 7

Direktur Kemahasiswaan dan alumni Dr. Adianto, M. Sc (tengah)bersama Ketua BEM terpilih Hugo Pratama (kiri)dan ketua BEM periode 2018/2019 Martin Setiawan.

Wakil Rektor Dr. R.M. Gatot P. Soemartono, S.H., S.E., M.M., LL.M.saat membuka Entrepreneur Week ke 13.

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan meninjau peserta pameran.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tarumanagara (Untar) mengadakan sidang umum dengan agenda memilih Ketua BEM periode2019/2020.

Sidang Umum yang berlangsung 17- 19 Mei 2019 di Hotel Puncak Raya, Bogor ini bertemakan “Meningkatkan Sinergitas Antarlembaga Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa Tarumanagara (IKBMT) dalam Mencapai Mufakat”.

Kegiatan yang berjalan baik dan lancar itu diikuti perwakilan organisasi mahasiswa di tingkat fakultas dan unit kegiatan mahasiswa di bawah BEM. Hadir dalam Sidang Umum Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Untar Dr. Adianto, M.Sc. serta para dosen pembina mahasiswa di setiap fakultas.

Dalam Sidang Umum terpilih Hugo Pratama dari Fakultas Hukum sebagai Ketua BEM UNTAR periode 2019/2020 menggantikan Martin Setiawan yang akan berakhir masa jabatannya.

Sidang Umum Pilih Ketua BEMPeriode 2019/2020

Pameran Implementasi Business Plan Entrepreneur Week ke-13 (EW ke-13) oleh Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Bisnis dengan konsentrasi Kewirausahaan Untar berlangsung pada 17-19 Mei 2019 di Pluit Village Mall.

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan berkesempatan meninjau sekaligus menutup pameran yang mengangkat tema “Innovation to Explore Business Opportunity”, Minggu (19/5).

EW 13 merupakan kegiatan yang memberi kesempatan mahasiswa untuk mempratikkan

berbagai konsep entrepreneurship, dengan menampilkan kepada khalayak ramai dan bersimulasi di dalam lingkungan bisnis yang sesungguhnya.

Selain itu, mahasiswa juga diberi pengalaman dalam berwirausaha dengan memamerkan business start-up yang sedang mereka kembangkan.

Pameran yang dibuka Wakil RektorDr. R.M. Gatot P. Soemartono, S.H., S.E., M.M., LL.M. Jumat (17/5) lalu tersebut menampilkan pameran produk mahasiswa dan alumni, simulasi bisnis, serta pameran poster.

Entrepreneur Week SiapkanMahasiswa Kembangkan Bisnis

Tim Redaksi

Agenda Dies Natalis ke-60 Untar

Penanggung Jawab

Rektor: Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan

Wakil Penanggung Jawab

Warek: Dr. R.M. Gatot P. Soemartono S.E., S.H., M.M., LL.M.

Kepala Sekretariat: Rasji S.H., M.H.

Pemimpin Redaksi

Kahumas: Paula T. Anggarina, S.E., M.M.

Staf Redaksi

Yugih Setyanto, S.Sos., M.Si.

Septia Winduwati, S.Sos., M.Si.

Jessica Stefanus, S.I.Kom.

Program Sarjana (S1)

Manajemen Bisnis

Akuntansi Bisnis

Hukum

Arsitektur

Teknik Sipil

Perencanaan Wilayah & Kota

Teknik Mesin

Teknik Elektro

Teknik Industri

Kedokteran

Psikologi

Teknik Informatika

Sistem Informasi

Desain Interior

Desain Komunikasi Visual

Ilmu Komunikasi

Lomba Teknik Industri

FTI Competition

Tarumanagara Business Competition

Lomba Jembatan Kayu

Kompetisi Matematika,Fisika & Program Komputer

Lomba Peradilan Semu Konstitusi

Lomba Ilmu Ekonomi & Akuntansi

Lomba Tari Tradisional

Lomba Modern Dance

Lomba Padus

Lomba Gamelan

Lomba Kegiatan Fikom (Comweek)

Lomba Architecture Week (ADW)

Lomba Kompetisi Mediasi

Accounting Festival

National Expo

Lomba Meme, Foto, & Video

Lomba Fisika

Lomba Karya Tulis Ilmiah

Lomba Cerdas Cermat

Lomba Debat

Lomba Kompetisi Mediasi

Lomba Biokimia & Biologi Molekular

Lomba Karya Ilmiah (LKIM)

Lomba Pidato Bahasa Inggris

Kompetisi Structured Query Language & Virtual Reality Content

Pesta Padus Gerejawi (Pesparawi)

Lomba Basket

Lomba Volley

Lomba Bulu Tangkis

Lomba OR HUT RI

Lomba Fotografi

Public Expose

Informatics Exhibition

Architecture Design Week (ADW)

Entrepreneur Week

Pameran Foto

Pameran Pancasila (poster)

Design Week

Program Profesi, Magister (S2) dan Doktor (S3)

Profesi Dokter

Pendidikan Profesi Akuntansi

Magister Akuntansi

Magister Manajemen

Magister Hukum

Magister Kenotariatan

Magister Teknik Sipil

Magister Psikologi

Magister Psikologi Profesi

Magister Arsitektur

Magister Perencanaan

Wilayah & Kota

Doktor Hukum

Doktor Teknik Sipil

Bidang Akademik

Bidang Seni & OR Pameran Karya

Entrepreneur Week

Pameran Arsitek

Research Week

Pameran Sumpah Pemuda (poster)

Seminar Etik Dasar Penelitian

National Seminar and Career Development Days

Seminar Nasional Riset Multidisiplin

International Medical Conference

Kuliah Tamu Animasi 3D

Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI)

Fikom Expo

Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis.

Seminar Mediasi

International Con Humaniora

Commweek (Seminar, Lomba, Talkshow)

Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Telekomunikasi (SNTKT)

International Con on Urbanism

Seminar Pancasila (speaker only)

Conference on Management and Behavioral StudiesSeminar Biokimia &

Biologi Molekular

Seminar/conference

Seminar Ilmiah (Round table)

Seminar untuk Lansia

Seminar Nasional Teknologi Informasi ke 16

Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

International Con Arbitrase dan ADR

Konferensi Nasional Teknik Sipil

Internal Medicine Annual Update

Seminar Konstitusi

Konferensi Nasional Komunikasi Humanis

International Conference on Economics and Business Management (ICEBM)

Tarumanagara International Conference on the Applications of Technology and Engineering (TICATE)

PKM FK

60 Kegiatan PKM

60 Relawan Pajak

Winter Program Kunshan University

Students Exchange Universitas Malaya

PKM Kerjasama Luar Negeri

Perayaan Imlek

Raker Universitas

Hardiknas

Halal Bi Halal

PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru)

Upacara 17 Agustus

HUT UNTAR 60

Resepsi / Pemberian penghargaan (DIKTI, LLDIKTI, Prodi, Dosen, dll.)

Peluncuran Buku 60th

Pagelaran Wayang Kulit

Fun Walk & Kuliner

Kegiatan Universitas Acara Puncak

Administrasi

Sulastri, S.Sos.

Kreatif dan Desain

Adeline Djohan

Alamat Redaksi

Kantor Rektorat Kampus 1

Gedung Utama Lt. 5

Jl. Letjen S. Parman No.1

Jakarta Barat 11440

Telp. 021-569 58747

567 1747 (hunting)

Fax. 021-569 58738

email: humas@untar.ac.id

Marketing

Telp. 021-563 8337

email. marketing@untar.ac.id

Admisi

Telp. 021-5695.8723

8