Peranan Db Dalam Sim

Post on 16-Jan-2016

8 views 0 download

description

peranan data base dalam sim

Transcript of Peranan Db Dalam Sim

PERANAN DB DALAM SIM

Database

adalah suatu kumpulan data terhubung(interrelated data) yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satusama lain atau tidak perlu suatu kerangkapan data (controlled redundancy) dengan cara tertentusehingga mudah digunakan atau ditampilkankembali; dapat digunakan oleh satu atau lebihprogram aplikasi secara optimal; data disimpantanpa mengalami ketergantungan pada programyang akan menggunakannya; data disimpan sedemikian rupa sehingga penambahan,pengambilan, dan modifikasi dapat dilakukandengan mudah dan terkontrol.

Database

adalah suatu kumpulan data terhubung(interrelated data) yang disimpan secarabersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satu sama lain atau tidak perlu suatu kerangkapandatadengan cara tertentu sehingga mudah digunakanatau ditampilkan kembali, dapat digunakan olehsatu atau lebih program aplikasi secara optimal;data disimpan tanpa mengalami ketergantunganpada program yang akan menggunakannya.

Tujuan system database penyediaan sarana akses yang fleksibel

pemeliharaan integritas data proteksi data dari kerusakan, dan penggunaan yang

tidak legal serta penyediaan sarana untuk penggunaan secara bersama(share) seperti keterhubungan data

pengurangan atau meminimalkan kerangkapan data menghilangkanketergantungan data pada program-

program aplikasi menstandarkan definisi elemen data

meningkatkan produktifitas personil systeminformasi.

Sistem data base mempunyai beberapa criteria yang penting, yaitu:a. Bersifat data oriented dan bukan program orientedb. Dapat digunakan oleh beberapa programaplikasi tanpa perlu mengubah databasenya.c. Dapat berkembang dengan mudah baik volume maupun strukturnyad. Dapat memenuhi kebutuhan system baru secara mudahe. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbedaf. Kerangkapan data (data redundancy) minimal. Keenam criteria tersebut membedakan secara nyata/jelas antara file database dan file tradisional yang bersifat program oriented, yaitu hanya dapatdigunakan oleh satu program aplikasi; berhubungan dengan suatu persoalan tertentuuntuk system yang direncanakan; perkembangan data hanya mungkin terjadi pada bolume data saja; kerangkapan data terlalu sering muncul/ tidak terkontrol dan hanya dapat digunakandengan satu cara tertentu saja

Elemen pokok penyusun system database adalah sebagai berikut:

A. Data baseB. Sofware (perangkat lunak)C. Hardwere (perangkat keras) D. Manusia (Brainware)

Organisasi File Sistem Database yangdigunakan, yaitu susunan berurutan (sequential), berurutan diindexs(indexed sequential), acak (random).

Tujuan dari organisasi dalam system databaseadalah: a. Menyediakan sarana pencarian record bagipengolah, seleksi/penyaringanb. Memudahkan penciptaan atau pemeliharaan file

Organisasi file database harus mempertimbangkan beberapa hal penting , yaitu:a. Kemudahan dalam menyimpan dan mengambil datab. Kecepatan akses/efisiensi aksesc. Efisiensi penggunaan media penyimpan (storagedevice)

jenis penyimpana file yang digunakan, yaitu:A. Piranti Akses SerialB. Piranti Akses Direct

Ciri-ciri piranti akses seriala. Proses pembacaan rekaman harus berurutanb. Tidak ada pengalamatanc. Data disimpan dalam blok-blok]d. Proses write hanya bias dilakukan sekali sajae. Kecepatan akses datanya sangat tergantung pada:1. Kerapatan pita (char/inci)2. Kecepatan pita (inci/detik)3. Lebar celah/gap antarblok

Piranti akses direct mempunyai cirri-ciri:a. Pembacaan rekaman tidak harus urut

b. Mempunyai alamatc. Data dapat disimpan dalam karakter atau blokd. Proses write dapat dilakukan beberapa kali

1. SequentialMetode ini mempunyai cirri-ciri sebagai berikut:a. Rekaman disimpan berdasarkan suatu kunci b. Pencarian rekaman tertentu dilakukan recorddemi record sesuai kuncinya. Metode ini baikdigunakan apabila pengolahan terhadap databasebersifat periodic dan menyeluruh.

2. RandomDalam metode ini kunci rekaman ditransformasikan kealamat penyimpan dalammedia fisik secara acak (random). Metode ini akan menimbulkan beberapa masalah, yaitu adanya alamat yang muncul lebih dari satu kali dan ada alamat yang tidak pernah muncul sama sekali. Permasalahan seperti ini diatasi dengan teknik overflow location, yaitu dengan menggunakan alamat yang ada disampingnya.

3. Indexed SequentialMetode ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:a. Merupakan gabungan antara metode sequentialdan randomb. Record disimpan secara berurutan denganpenggunaan kunci c. Masing-masing record diberi indeksd. Pengamatan dilakukan secara acake. Perlunya penyimpanan tambahan, yaitu untukfile indeks Sistem data base sebagai infrastruktur SIM Sistem data base mempunyai fungsi yang sangatpenting didalam suatu SIM yaitu sebagai sumberatau penyedia utama kebutuhan data bagi parapemakai atau informasi bagi para pengambilkeputusan.

Beberapa contoh dukungan system database bagiperencanaan strategis adalah sebagai berikut:a. Evaluasi kemampuan yang ada, yang dapatdidasarkan atas data intern yang ditimbulkan oleh kebutuhan pengolahan operasional. Akan tetapidalam hal ini perlu diikhtisarkan ke dalam suatu cara yang khusus untuk perencanaan.b. Proyeksi kemampuan mendatang, yang dpatdikembangkan melalui data pada masa yanglampau dan kemudian diproyeksikan kemasa yangakan datangc. Data tentang industry dan saingan merupakan data pasaran dasar yang mungkin bias/perludirekam dalam database.