Pencemaran air oleh industri 1

Post on 27-Jul-2015

52 views 7 download

Transcript of Pencemaran air oleh industri 1

Pencemaran air oleh industri

PRAYOGA ABDUL AZIZ41614010067

Limbah IndustriLimbah ini dihasilkan atau berasal dari hasil produksi oleh pabrik atau perusahaan tertentu besar maupun kecil. Limbah ini mengandung zat yang berbahaya diantaranya asam anorganik dan senyawa orgaik, zat-zat tersebut jika masuk ke perairan maka akan menimbulkanpencemaran yang dapat membahayakan makluk hidup pengguna air tersebut misalnya, ikan, microorganisme dan makluk hidup lainnya termasuk juga manusia.

Dampak limbah A. Dampak terhadap kesehatan

Dampaknya yaitu dapat menebabkan atau menimbulkan panyakit.Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut:1. Penyakit diare dan tifus, penyakit ini terjadi karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan yang tidak tepat2. Penyakit kulit misalnya kudis dan kurap

Dampak limbah B. Dampak terhadap lingkungan

Cairan dari limbah – limbah yang masuk ke sungai akan mencemarkan airnya sehingga mengandung virus-virus penyakit. Berbagai ikan dapat mati sehingga mungkin lama kelamaan akan punah. Tidak jarang manusia juga mengkonsumsi atau menggunakan air untuk kegiatan sehari-hari, sehingga menusia akan terkena dampak limbah baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain mencemari, air lingkungan juga menimbulkan banjir karena banyak orang-orang yang membuang limbah rumah tanggake sungai, sehingga pintu air mampet dan pada waktu musim hujan air tidak dapat mengalir dan air naik menggenangi rumah-rumah penduduk, sehingga dapat meresahkan para penduduk.

KESIMPULANKesimpulanLimbah industri tahu dan tempe merupakan

limbah dapat mencemari lingkunganLimbah dari industri tahu dan tempe belum

banyak dimanfaatkan secara maksimal dan dibuang secara sembarangan dilingkungan

Kurangnya pengetahuan masyarakat / industri kecil dalam pengolahan limbah tahu/tempe

Limbah tahu dan tempe sebenarnya bisa dimanfaatkan menjadi biogas dengan penanganan yang tepat.