Olimpiade Sains, Bahasa dan Agama se-Jawa...

Post on 06-Feb-2018

306 views 10 download

Transcript of Olimpiade Sains, Bahasa dan Agama se-Jawa...

14 MPA 309 / Juni 2012

Suasana asrama hajiSukolilo pada tanggal 16Mei 2012, ramai sesak olehpara peserta Olimpiade Sa-ins, Bahasa dan Agamatingkat MTs/MA dari sean-tero Jawa Timur. Mereka-mereka ini adalah para wakilterbaik dari 38 Kab./Kotase-Jatim yang telah lolosseleksi.

Ketua pelaksana yangjuga Kasi Kurikulum Bi-dang Mapenda Kanwil Ke-menag Provinsi Jawa Ti-mur, Abd. Hakim, M.Ag,pada saat melaporkan pelaksanaankegiatan mengatakan bahwa tujuandiadakan olimpiade Sains, Bahasadan Agama ini adalah untuk menum-buhkembangkan budaya kompetitifyang sehat baik di kalangan siswa-siswi MI, MTs maupun MA. Di sam-ping itu juga untuk menanamkanukhuwah Islamiyah antar keluargabesar Madrasah di lingkungan Keme-nterian Agama Provinsi Jawa Timur.

Kabag TU Kanwil Kemenag Pro-vinsi Jawa Timur, Drs. Hartoyo, M.Si,pada kesempatan yang sama juga me-yakinkan kepada stakeholder madra-sah, bahwa jika madrasah diberi ke-sempatan berprestasi, maka yakinlahbahwa madrasah akan bisa berpres-tasi lebih baik. Karena di beberapakesempatan, madrasah lebih unggul.

Sementara itu pada sambutanpembukaannya, Kabid Mapenda Kan-wil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Drs.Mustai’in, M.Ag., mengatakan bah-wa meski pelaksanaan olimpiade initerkesan mendadak, tapi setidaknyaini menjadi ajang pemetaan kemam-puan siswa dalam bidang yang di-lombakan. “Tahun depan kami akanmempersiapkan lebih matang dan me-laksanakan lebih siap lagi,” ujarnyameyakinkan.

Pada olimpiade tingkat provinsiyang kedua kalinya ini, materi pelajar-an yang dilombakan bertambah. Jikatahun sebelumnya hanya sains saja,tetapi tahun ini ditambah dengan ba-hasa dan agama. “Ini memberikan ke-sempatan bagi siswa-siswi yang me-mang mempunyai kemampuan di bi-dang tersebut, apalagi mata pelajar-an agama merupakan ciri khas dariKemenag, ”ungkapnya menambah-kan.

Pada mata pelajaran Bahasa dan

Agama, memperebutkan piala Kakan-wil Kemenag Provinsi Jawa Timur.Sedangkan juara di bidang sains a-kan dikirimkan ke Jakarta untuk me-ngikuti perlombaan serupa tingkatnasional, yang akan dilaksanakan pa-da tanggal 25-29 Juni 2012 menda-tang.

Sekitar pukul 08.00 para pesertamulai mengerjakan soal-soal lombayang telah disiapkan panitia bekerja-sama dengan UNAIR Surabaya danIAIN Sunan Ampel Surabaya. Perlom-baan ini diadakan dalam beberapababak. Hingga nantinya akan dipilihjuara I, II, III dan juga juara harapanI, II, dan III.

Di tempat yang sama, pada tang-gal 23 Mei 2012, juga telah dilaksa-nakan Olimpiade Sains dan AgamaTingkat MI se-Jawa Timur yang di-hadiri langsung oleh Kakanwil Ke-menterian Agama Provinsi Jawa Ti-mur. Mapel yang dilombakan adalahIPA, Matematika dan PAI.

Pada olimpiade kali ini, para juaramendapatkan piala, piagam dan uang

pembinaan. Peraih juara Ipada tingkat MI kategorimapel IPA adalah AkbarWisesa W (MIM 15 Banjar-wati Lamongan). Pada ma-pel matematika diraih olehPandu Setyo Wibiseno (MIMuhammadiyah 1 Jember),sementara pada mapel PAIdiraih oleh Fadhilah Laras-ati (MI Darul MutaaliminNganjuk).

Pada tingkat MTs, ju-ara I kategori mapel Mate-matika diraih oleh Muham-mad Syahrul Munir (MTsN

2 Kediri), mapel IPA diraih oleh BayuTri Prabowo (MTsN Tulungagung).Sedangkan Mohammad Fikry Al Ak-rom dari MTsN Malang III meraih Ju-ara I pada mapel IPS. Mapel BahasaInggris juara pertamanya diraih olehperwakilan MTsN Kediri 2 Kota Ke-diri atas nama Fina Fitri Yunita. Se-mentara pada mapel PAI, KabupatenJombang mendapatkan juara I lewatLailatur Maghfiroh yang berasal dariMTsN Diwek Jombang.

Sedangkan dari tingkat MA, pa-da kategori mapel Matematika, juaraI diraih oleh Muhammad Handoyono(MA Matholi’ul Anwar Lamongan).Sedangkan mapel Fisika diraih olehCendekia Abdi (MAN 3 Malang).Mapel Kimi diraih oleh Ucik MirzatulAfroch (MA Amanatul Ummah Sura-baya). Sementara Biologi dan Ekono-mi diraih oleh Siti Aminatul M (MANMalang I Kota Malang) dan Rizkimaulida Agustin (MAN Kota Kediri3). Dan Mapel PAI diraih oleh AlfiNur Azizah (MA Nurul Ulum KotaMalang). Hisy

Olimpiade Sains, Bahasa dan Agama se-Jawa Timur

Drs. H. Hartoyo, M.Si

15MPA 309 / Juni 2012