Materi 8 EYD Bagian 2

Post on 30-Jan-2016

8 views 2 download

description

g

Transcript of Materi 8 EYD Bagian 2

Gabungan KataGabungan kata ini ada tiga jenis, yaitu;Kata majemuk, yaitu gabungan dua kata

atau lebih yang membentuk satu kesatuan arti. Ciri yang dimiliki kata majemuk antara lain:- gabungan itu menjelmakan makna baru.- hubungan antar keduanya tidak dapat dipisahkan.- biasanya terdiri kata dasar- Frekwensi pemakaian tinggi

Sifat kata majemuk :- Kata majemuk eksosentris, ialah kata majemuk yang antar unsurnya tidak saling menerangkan. Contoh; laki bini, tua muda, dll.- Kata majemuk endosentris, ialah kata majemuk yang salah satu unsurnya menjadi inti sedang unsur yang lain menerangkannya. Contoh; rumah sakit, panjang tangan, sapu tangan, dll.

Macam kata majemuk ada dua, yaitu:

- Kata majemuk setara (dwandwa), menurut sifatnya kata majemuk ini digolongkan dalam kata majemuk eksosentris, contohnya: sanak saudara, tikar bantal.

- Kata majemuk tak setara, menurut sifatnya kata majemuk ini digolongkan dalam kata majemuk endosentris. Kata majemuk ini terdiri dari tiga jenis, yaitu (1) Tatpurusa, berpola DM, dalam hal ini unsur M bukan kata sifat, contoh rumah makan, kereta api.(2). Karmadharaya, berpola DM yang unsur M adalah kata sifat, contoh jalan rata, orang tua. (3) Bahuvrihi, berpola MD, contoh pancasila, purbakala.

Gabungan kata yang termasuk istilah khusus, gabungan kata ini biasanya ditulis dengan tanda hubung untuk menegaskan pertalian di antara unsur yang bersangkutan.

Contohnya: alat pandang – dengar, anak – istri saya.

Gabungan kata yang ditulis serangkai, gabungan kata ini misalnya acapkali, adakalanya, bagaimana, barangkali, beasiswa, dll.

Kata GantiKata ganti ini biasanya ditulis serangkaian

dengan kata yang mengikutinya.Misalnya;

- Apa yang kupunya boleh kauambil.- Bukuku, bukumu, bukunya tersimpan di perpustakaan.

Kata DepanKata depan di, ke dan dari ditulis terpisah

dari kata yang mengikutinya, kecuali di dalam gabungan kata yang sudah lazim dianggap sebagai satu kata seperti kepada dan daripada.

Contohnya: Di mana Siti sekarang?Ke mana saja ia selama ini?Ia datang dari Surabaya kemarin.

Kata SandangKata sandang ini ditulis terpisah dari kata

yang mengikutinya.Contohnya :

- Surat itu dikirimkan kepada si pengirim.- Sang ratu sedang berada di teras.