Mat • Apr ~- ~-- RUUPTTeta AlokasikanDana...

Post on 06-May-2019

221 views 0 download

Transcript of Mat • Apr ~- ~-- RUUPTTeta AlokasikanDana...

SEPUTAR INDONESIAivlinygu

............................. c: .

1429

1530

1631

117

218

4 0 620 21..................................................................................= .Mat • Apr~- ...............•........ ~-- -----.................. . .

319

722

Rabu • Kamis

8 :; 1024 25

1126

12 1327 28

Se/::1S2

23

RUUPTTetaAlokasikanDana PTN

Mendikbud Jamin Pro KerakyatanJAKARTA- Pemerintah dan DPRtetapmemberikan bantuan operasionalkepada perquruan tinggi negeri (PTN)dalam Rancangan Undang-UndangPendidikan Tinggi (RUU PT).Menteri Pendidikan dan Ke-budayaan (Mendikbud) Mo-hammad Nuh mengatakan,2,5% anggaran fungsi pen-didikan akan dialokasikan kebantuan operasional PTN. Sa-ma halnya seperti bantuan ope-rasional sekolah (BOS) di SMP,SMA,dan SMK,biaya tersebutakan digunakan untuk mem-beli kertas, alat kebersihan,dan bahan praktikum.

"Bantuan operasional juga

dapat digunakan untuk mem-bayar gaji dosen namun akan .dibatasi berapa persentase-nya,'" katanya di Jakarta ke-marin.

Sebagaimana diketahui,DPR menunda pengesahanRUU PT akibat belum disetu-juinya mekanisme pembiaya-an kampus. Dalam RUU PTterkesan pihak kampus akandiotonomikan sehingga mun-cul komersialisasi pendidikan.

MOHAMMAD NUH

rasional, beasiswa, dan ang-garan penelitian, pemerintahjuga menegaskan tata kelolaPTN harus nirlaba, akuntabel,transparansi, efisien sehinggatidak ada celah komersialisasilagi.

Selain itu, me skip un tatakelola PTN adalah otonomi.

khusus, dia yakin pemerintahtidak akan kecolongan. Pasal-nya, seluruh PTN akan meng-hormati keputusan dalamRUU PT itu agar dunia pen-didikan dapat inenjangkau se-luruh lapisan masyarakat."Kan yang menggaji PNS di,PTN itu pemerintah, masa me-reka mau melawan," ujarnya.

Prinsip kedua dalam RUUPT itu ialah perluasan dan ja-minan akses di mana seluruhprovinsi akan dibangun per-guruan tinggi dan institut. Se-lain itu, ada community collegedi setiap kabupaten kota danpendidikan jarak jauh di dae-rah terpencil, terluar, dan ter-. tinggal (3T).

Menurut dia, nantinya ada i

Mantan nienkominfo inimenjelaskan, pemerintah ma-sih membahas bagaimana pro-sedur pemberianbantuan ope-rasional tersebut, apakah di-berikan ke per satuan maha-siswa ataupun per programstudio Menurut dia, pihaknyaharus menentukan biaya perprogram studio Nanti akandibedakan man a yang butuhpraktikum dan tidak sehinggaakan diketahuialokasi besaranbiaya operasionalnya.

Mendikbud meyakini bah-wa RUU PT tidak akan adayang memprotes kembali kare-na pemerintah sudah menyu-sun pasal per pasal sesuai de-ngan pro kerakyatan. Menurutdia, selain ada bantuan ope-

pendidikan khusus dan layan-an khusus di jenjang di seluruhpendidikan tinggi. Tentangketerjangkauan, ujarnya, pe-netapan standar biaya danpembatasan pungutan akan

. , menjadisyaratwajib.Lalu.adajaminan pembiayaan bagi ma-syarakat miskin yang meme-nuhi syarat akademik dan alo-kasi20%PTNuntukpenerima-an mahasiswa miskin.

Dirjen Pendidikan Tinggi(Dikti) Kemendikbud DjokoSantoso belum mau rnenjelas-kan lebih detail ten tang bantu-.an operasional itu. Namun se-cara singkat dia menjelaskan,ban tu an operasionalini terkaitdengan dilarangnya PTN me-naikkan sumbangan pendidik-

an dan pembangunan (SPP) kecalon mahasiswanya. Dampakdari dibatasinya SPP itu makabiaya operasional PTN pun ber-kurang. Oleh karena itu, je-lasnya, Kemendikbud pun wa-jib memberikan tambahan bia-ya tersebut.

Mantan Rektor lTB inimenjelaskan, besaran bantuanoperasional akan ditentukandengan kinerja yang baik.Kinerj a yang baik itu, jelasnya,tidak termasu k dari hasil pene-litian, tetapi dari outcome lainseperti transparansi, akuntabi-litas, dan prestasi akademiklainnya. "Kami akan susunpersyaratan lagi nanti malam,"terangDjoko.

• neneng zubaidah

!( lip i n g Hum a sUn pad 2 0 i :2