Magnet

Post on 20-Jun-2015

663 views 11 download

Transcript of Magnet

M agnet Masalah : Material apa saja yang ditarik magnet?

Alat dan Bahan yang Digunakan

:: Material yang diuji: aluminium foil, tembaga, kawat, kaca pualam, paku baja, kertas, baja, kayu korek api l Magnet batang::

Prosedur

1. Bentangkan material yang akan diuji di atas meja kayu.  2. Sentuhkan magnet ke tiap-tiap material dan secara perlahan jauhkan magnet dari tiap-tiap material.  3. Amati dan catat material mana yang melekat pada magnet.

Hasil Hanya paku dan baja yang menempel pada magnet. Mengapa? Magnet merupakan sebuah zat yang terbuat dari material magnetik dan dapat menarik benda-benda yang bersifat magnet. Material magnet dapat ditarik oleh magnet dan termasuk juga besi, kobalt, nikel, dan campuran logam-logam ini dengan tiap-tiap zat lain.Tarikan magnet terhadap material magnet, dan penolakan antara kutub-kutub magnet disebut gaya magnet. Gaya magnet juga disebut daya tarik magnet. Area di sekitar gaya magnet yang bekerja disebut medan magnet. Atom-atom dalam zat magnetik berkumpul bersama dalam kelompok-kelompok yang disebut bidang magnet. Bidang magnet merupakan suatu daerah dimana atom-atom tersusun sehingga medan magnetnya berbaris membentuk medan magnet yang lebih besar. Daerah dalam material magnetik bekerja seperti magnet kecil dengan sebuah kutub utara dan kutub selatan (ujung-ujung magnet yang saling berlawanan).

Mari Amati !1. Apakah hanya baja dan paku yang merupakan material magnetik?

Ulangi eksperimen dengan menguji material yang tidak terdapat dalam daftar di atas. Catat material yang ditemukan yang merupakan material magnet. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Catatan ini dapat digunakan sebagai bagian laporan tertulis untuk tampilan eksperimen kamu. 

2. Apakah magnet harus menyentuh material uji untuk menariknya? Ulangi eksperimen awal, pegang magnet sangat dekat dengan material tetapi tidak menyentuhnya. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Tampilkan foto-foto yang diambil selama eksperimen yang memperlihatkan magnet yang dipegang pada jarak yang berbeda-

beda untuk tiap-tiap material uji. Masukkan foto material magnetik yang menempel pada magnet, dan catat tinggi material yang dipindahkan untuk mencapai magnet. Coba tentukan material mana yang mempunyai sifat magnet yang paling kuat.

Saatnya Beraksi !1. Gunakan paku besi dan penjepit kertas yang belum di dekatkan ke

magnet, uji tarikan paku ke penjepit kertas. Kemudian, magnetisasi (membuatnya menjadi magnet) paku dengan meletakkannya di atas sebuah magnet selama satu menit atau lebih. Ujilah tarikan penjepit kertas ke paku yang telah dimagnetisasi. Siapkan gambar yang memperlihatkan bidang dari paku yang sudah diberi sifat magnet dan paku yang belum diberi sifat magnet. Tunjukkan dengan gambar penjepit kertas menarik paku yang berbeda-beda. 

2. Ketika menyampaikan presentasi lisan, peragakan bagaimana magnet dapat digunakan untuk memisahkan benda-benda magnetik dan tidak magnetik. Gabungkan 1sendok teh garam halus dan 1 sendok teh serbuk besi. Kamu bisa mendapatkan serbuk besi dalam mainan menggambar magnetik yang dijual di toko mainan. Tuangkan campuran ke atas selembar kertas. Lewatkan magnet batang dekat permukaan campuran, tetapi tidak menyentuhnya, serbuk besi akan menempel pada magnet dan garam akan tertinggal di atas kertas.

Amati Ini !Kemampuan magnet untuk memisahkan benda magnetik dari non magnetik merupakan hal penting dalam beberapa industri. Bacalah buku-buku tentang magnet dan siapkan diagram yang memperlihatkan apa yang telah kamu pelajari. Di sini terdapat beberapa contoh magnet yang digunakan sebagai pemisah: 

Memisahkan logam dari bijih besi  Arkeologis menemukan harta yang terpendam di dasar laut dengan

penyapu magnetik  Pabrik makanan menjaga makanan dari campuran partikel besi yang

kecil-kecil dengan menggosokkan magnet ke mesin.

Situs acuan :   Kemagnetan Faktor apa yang menetukan kekuatan dari sebuah elektromagnet? http://www.studentcentral.co.uk/coursework/essays/149.html Apakah perubahan urutan kabel pada sebuah elektromagnet mempengaruhi kekuatannya? http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/BriannaB/electromagnets.html Situs acuan : http://www.howstuffworks.com/electromagnet.htm http://www.essaybank.co.uk/free_coursework/1940.html Dapatkah kita menggunakan kemagnetan memindahkan kereta? http://www.execpc.com/~rhoadley/magtrain.htm Disini banyak sifat magnet yang sulit pada model kereta. Bagaimana kekuatan dari medan magnet berubah dengan jarak dari magnet? Dapatkah medan magnet Bumi dideteksi oleh gulungan kabel yang rapat (koil)? http://www.eskimo.com/~billb/maglev/maglev.html 

Jika magnet permanen ditempatkan berlawanan medan magnet Bumi, apakah ada titik luar angkasa dimana medan magnet Bumi dihilangkan? http://www.askeric.org/Virtual/Lessons/Science/Earth_Science/EAR0022.html Memperagakan bagaimana elektromagnet digunakan untuk menciptakan barang yang berguna setiap hari. http://www.geocities.com/molerat1964/mag2.htm Memperagakan bagaimana kemagnetan dapat digunakann untuk meciptakan motor listrik. http://www.howstuffworks.com/motor.htm Situs acuan : http://buffy.eecs.berkeley.edu/Programs/doublex/motors.html Membuat generator listrik dan menguji pengaruh faktor keluarannya. http://www.amasci.com/amateur/coilgen.html Memperagakan kontruksi dan pengoperasian dari sebuah elektromagnet derek. http://www.education.eth.net/acads/experiments/ccorner_funtime19.htm Membuat model generator yang mengunakan angin sebagai sumber tenaganya. Membuat sebuah model kecil yang menunjukkan bagaimana listrik dapat membangkitkan gerakan gelombang. http://www.re-energy.ca/ridethewind/buildamodel-1.shtml http://www.infinitepower.org/pdf/13-Lesson-Plan.pdf Dapatkah kompas dibuat dari bahan rumah tangga biasa? Membuat dan menjelaskan pengoperasiann dari model generator listrik air. Memperagakan dan menjelaskan bagaimana listrik dapat dibangkitkan dari sesuatu dari medan magnet dan koil. http://members.aol.com/ScienzFair/compass.htm Membuat model rel percepat dan menunjukkan bagaimana alat dapat digunakan untuk gerakan orbit pesawat ruang angkasa atau satelit. http://www.scitoys.com/scitoys/scitoys/magnets/gauss.html Penelitian sejarah dan teknik pengoperasian dari sistem telegraf dan membangun sebuah sistem telegraf yang mampun mengirim sinyal antar ruangan. http://www.yesmag.bc.ca/projects/telegraph.html Situs acuan : http://www.chss.montclair.edu/~pererat/perbuild.html Dapatkah telegraf beroperasi seperti alat tanpa kabel? http://www.chss.montclair.edu/~pererat/perwirls.htm Memperagakan dan menjelaskan bagaimana gangguan sebuah rangkaian listrik dapat menyebabkan getaran yang menghasilkan suara. http://www.geocities.com/molerat1964/mag2.htm Apakah frekuensi gelombang radio yang khusus atau jaringan transmisi tegangan tinggi merupakan resiko kesehatan? http://ohioline.osu.edu/cd-fact/0185.html Untuk lebih mengetahui ide kelistrikan dan kemagnetan lihat halaman Ilmu Fisika. http://members.aol.com/ScienzFair/physics.htm Situs acuan untuk topik Kelistrikan dan Kemagnetan http://members.aol.com/ScienzFair/elecref.htm