Kesehatan Kulit Dan Perawatan Kulit Sehari

Post on 01-Jan-2016

12 views 4 download

Transcript of Kesehatan Kulit Dan Perawatan Kulit Sehari

KESEHATAN KULIT DAN PERAWATAN KULIT SEHARI-HARIBy maya ch.audy.Cos.Derm

Sering kita tidak menyadari pentingnya memelihara kesehatan kulit wajah, tanpa kita sadari kulit wajah yang tidak terawat akan terlihat lebih kusam, kasar, kering, bahkan berjerawat, timbul flek/ spotdari yang tipis dan kecil sampai menebal, dan timbul kerutan- kerutan atau kulit terlihat menua lebih dini.Faktor- faktor yang harus kita perhatikan yang berhubungan dengan masalah kulit yaitu:

- Lingkungan: radiasi sinar UV- Keadaaan umum yang buruk, misalnya malnutrisi, gizi buruk.- Merokok,polusi, yang dapat mempengaruhi elastisitas kulit .- Salah kosmetik,memakai produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit

kita.- Terapi obat- obatan dalam jangka waktu yang lama, misalnya obat2 kanker dll.- Efek samping obat- obat hormon, misalnya obat KB.- Penyakit hati,ginjal kronis, maupun faktor genetik.

Dewasa ini yang paling sering kita jumpai terutama wanita, adalah salah pemakaian kosmetik atau mengikuti trend setter/ berganti-ganti memakai kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya. contoh: pada kulit berminyak dan berjerawat tidak di anjurkan memakai alas bedak/ foundation, bedak compact,atau moisturizer/ pelembab.Sebelum kita memakai produk kosmetik, ada baiknya kita mengenal dulu jenis kulit kita,apakah kulit kita termasuk kulit normal, berminyak, kering, kombinasi atau sensitive, klasifikasinya sbb:

A. Kulit normal------------------------------- pada kulit jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus, selama tidak ada kelainan hendaknya mulai dgn perawatan pembersihan,sunblokCiri-ciri: - Halus - pori-pori hampir tidak tampak - Komedo kadang pada hidung dan dahi - Pada perabaan terasa lembab

B. Kulit kering------------------------- butuh moisturizer,pelembab untuk menghindari kulir kering dan penuaan dini.Ciri-ciri:

- Kencang tetapi mengerut - kusam tidak berkilat - Kerut di sekitar mata dan hidung _ Pori-pori halus - Perabaan tipis, kering dan agak kasar.

C. Kulit berminyak------------------ tidak dianjurkan untuk memakai foundation,bedak compact, liquid foundation. - Mengkilat pada daerah T - Pori melebar - Mudah berjerawat karena kulit berminyak.

D. Kulit Sensitif

Pada pengolesan bahan krim,salep mudah merah, ada sensasi seperti terbakar, gatal terutama daerah sekitar mata, lipatan hidung, sekitar mulut. E. Kulit kombinasi - Kombinasi kulit berminyak dan kering - Daerah T lebih berminyak dari daerah U

Penanganan perawatan kulit secara umum :

- Sering mencuci wajah 2-3x/ hari dengan sabun Ph seimbang dengan kulit kita (Ph 5,5). - Banyak minum agar kulit tidak cepat dehidrasi dan diet seimbang - Hidup sehat, teratur dan istirahat - Pada kulit yang berminyak, hindari makanan pemacu kelenjar minyak: minuman keras, pedas,gorengan, rokok. - Pilih kosmetik yang tepat, jangan mengikuti trendsetter kosmetik, tanpa mengetahui bahaya obat- obat kosmetik yang dipakai dalam jangka waktu panjang. - Bila sudah ada kelainan kulit segeralah konsultasi dengan dokter

Penanganan secara medis: - Perawatan kulit dengan tahapan :

a.Perawatan pembersihan : cleansing care baik dalam bentuk busa,milk, krim, toner, astrigent sesuai dengan jenis kulit kita b.Perawatan pengelupasan : peeling care - secara mekanis: menggosok dengan scrub, alat brush.

- secara kimiawi : chemical peeling dengan cairan kimia untuk peremajaan kulit yang dilakukan oleh dokter.

c. Perawatan pelembaban: contoh: ceramide,vitamin E,biasanya di perlukan untuk tipe kulit normal-kering, orang tua, terlalu banyak di ruangan ber AC dll.

d. Perawatan perlindungan sinar matahari: untuk mencegah flek, kerut, penuaan dini- tabir surya, macamnya: tabir surya untuk kulit kering, berminyak,kulit sensitive.