jawab soal

Post on 05-Dec-2015

223 views 3 download

description

tugas

Transcript of jawab soal

Hasil diskusi

Moderator : Coyo Wahyudi (016)

Notulen : Hawaina Nurus Soraya (012)

Pertanyaan

1. Royhan yahya (038)Siapa warga negara indonesia dan warga negara asing ? apa hak dan kewajibannya ?Jawab :-restiana aulia supendi (003)Warga negara indonesia adalah orang yang berkewarganegaraan indonesia karena indonesia sendiri menganut sistem kewarganegaraannya itu berdasarkan tempat kelahiran, sehingga orang yang lahir di indonesia status kewarganegaraannya adalah warga indonesia, sedangkan untuk warga asing adalah kebalikannya. Untuk kewajibannya baik warga negara indonesia maupun asing itu harus mematuhi aturan yang berlaku di indonesia dan haknya baik warga indonesia maupun asing berhak mendapat perlindungan dari pemerintah indonesia sendiri.-sutris (020)Pada undang-undang dasar 1945 telah dijelaskan tentang kewarganegaraan

2. Arif Sudrajat (034)Bagaimana jika seseorang pemain bola naturalisasi ingin melepas status kewarganegaraan indonesia ? bisa atau tidak ?Jawab :-restiana aulia supendi (003)Bisa, dianya saja naturalisasi dengan cara dia naturalisasi di negara lain saja dan di angkat menjadi warga negaranya, status kewarganegaraannya saja bisa hilang.

3. Siti khoerunnisa (014)Bagaimana cara anak yang tidak mempunyai ayah secara pernikahan resmi untuk membuat akta kelahiran ?Jawab :-Aisyah (011)Masalah tersebut terjadi karena perilaku mereka sendiri. Jika ingin mendapatkan akta kelahiran untuk si anak maka orang tua dari si ibu itu mengangkat banyi itu mnjadi anaknya -Nila narum sari (022)Menuntut keluarga ayah untuk bertanggunga jawab sehingga masih dapat membuat akte.-Sri koyimah(030)Menyuruh ibunya itu menikah lagi.

4. nila narum sari(022)Ada seorang anak ditinggal oleh orang tua kandung di rumah sakit, bagaimana jika ada orang berkewarganegaraan asing ingin mengangkat anak tersebut ?Jawab :

-ipta apipah (015)Bisa, dan untuk kewarganegaraan sianak mengikuti orang tua angkatnya.

5. Sri koyimah (030)Apakah gelandangan punya ktp ? apakah mereka diakui ?apakah mendapat hak pemilu dan hak lainnya ?Jawab :-ipta apipah (015)Punya, tapi bukan atas nama kabupaten daerah tersebut, melainkan indonesia.

6. Husnul Amri (035)Ada seorang anak yang dibuang di tepi jalan, dan diadopsi orang.Bagaimana orang tersebut mengetahui tanggal lahir dari anak tersebut?(anak tersebut masih bayi)Jawab :-aisyah (011)jika bayi tersebut dibuang oleh ibunya tanpa memberi akte kelahiran bayi, maka orang yang mengadopsi bayi tersebut membuat akte kelahiran bayi yang diadopsi tersebut adalah tanggal orang yang mengadopsi menemukan bayi tersebut.

7. Hilma Eka Masitoh (033)Jika studi dalam jangka waktu yang lama, apakah kita harus pindah warga Negara atau cukup dengan usia? Masa studi yang memakan waktu lebih dari 5 tahun.Jawab :-aisyah (011)jika masa studi yang memakan waktu lebih dari 5 tahun, itu masa paspot jika telah habis maka akan mendapatkan pemberitahuan dari pihak kedutaan, jika ingin lebih lama maka perpanjang masa paspot.

8. Eka Wulandari (043)Bagaimana menurut anda jika terdapat orang yang tidak mempunyai kewarganegaraan? Sedangkan untuk mengurus kewarganegaraannya dia tidak mengerti sama sekali(orang awam)Jawab :-restiana aulia supendi (003)Dari orang itu sendiriseharusnya walaupun dia orang awam, tidak mengerti dia semestinya bertanya kepada orang-orang terdekat seperti Rt Rw dll dan berusaha mencari tahu. dari pemerintah diadakan sosialisasi secara keseluruhan agar seluruh lapisan mayarakat tahu.

9. Rullie Ria pambayunBagaimana ketentuan pernikahan beda agama?saya pernah mendengar bahwa di Indonesia hanya mengizinkan pernikahan seagama, sehingga apabila ada orang beda agama menikah itu tetap dicantumkan salah satu saja. Itu bagaimana ?Jawab :-restiana aulia supendi (003)Memang benar di Indonesia itu hanya mengizinkan seagama saja,dan bagi orang yang melakukan pernikahan beda agama itu sebenarnya illegal,memang didalam masyarakat mereka diakui telah menikah dan suami istri, tetapi dinegara mereka tidak

tercatat sebagai suami istri. Dan kedudukannya sekarang ini, salah satu diantaranya pindah agama dan orang menikah beda agama itu biasanya jika cerai, ya cerai saja tidak melalui pengadilan.