Efek Compton

Post on 06-Dec-2015

320 views 32 download

description

Compton mampu menerangkan hasil-hasil eksperimennya dengan mendalilkan bahwa sinar- X yang menumbuk grafit bukanlah sebuah gelombang tetapi merupakan kumpulan foton yang energinya E =hv. Foton-foton ini mengalami tumbukan yang menyerupai tumbukan bola billiard dengan elektron-elektron bebas di dalam grafit penghambur tersebut. Foton yang melompat dan muncul keluar dari grafit tersebut akan merupakan radiasi yang dihamburkan.

Transcript of Efek Compton

EFEK COMPTON

Demi Roma Wina

NIM.0402514002

#

Pendahuluan Compton mampu menerangkan hasil-hasil

eksperimennya dengan mendalilkan bahwa sinar- X yang menumbuk grafit bukanlah sebuah gelombang tetapi merupakan kumpulan foton yang energinya E =hv. Foton-foton ini mengalami tumbukan yang menyerupai tumbukan bola billiard dengan elektron-elektron bebas di dalam grafit penghambur tersebut. Foton yang melompat dan muncul keluar dari grafit tersebut akan merupakan radiasi yang dihamburkan.

#

Pembahasan Pada tahun 1923, Compton mengamati

hamburan sinar-X oleh suatu sasaran dari bahan grafit, ketika ia menembakkan sinar-X monokromatik pada grafit tersebut. Ditemukannya bahwa sinar-X yang terhambur mempunyai panjang gelombang lebih besar dari sinar-X aslinya. Compton menyimpulkan bahwa efek ini dapat dipahami sebagai benturan / tumbukan antara foton-foton dengan elektron-elektron, dan foton berperilaku seperti partikel.

#

Efek Compton Gambar disamping

memperlihatkan sebuah tumbukan antara foton dan sebuah elektron, di mana

elektron tersebut mula-mula dianggap diam dan yang

pada pokoknya dapat dianggap bebas,

yakni tidak terikat kepada atom-atom penghambur.

Foton datang

Elektron hambur

Foton hambur

E,p E ',p'

Ee,pe

#

Dari pembahasan tentang gelombang dan juga dari asas relativitas, hubungan antara energi dan momentum cahaya adalah sebagai berikut :

h

v

vh

.

.

c

E p

keterangan : λ = panjang gelombang foton sebelum tumbukan (m) h = konstanta Planck (J/s)

λ' = panjang gelombang foton setelah terhambur (m)c = kecepatan cahaya (m/s)

E = energi foton (J) p = momentum foton (Kg m/s) v = frekuensi foton (Hz)

Ke ' = Energi kinetik elektron hambur (eV)

#

Pada peristiwa tumbukan di atas berlaku kekekalan momentum dan kekekalan energi. Pada gambar di atas menampilkan proses tumbukan dari kerangka S dengan sumbu x+ searah dengan momentum foton yang datang (p) menumbuk elektron yang rehat (diam). Sesudah tumbukan momentum foton berubah menjadi p’ yang membentuk sudut hamburan (θ ) dengan sumbu x, sedangkan elektron terpelanting dengan momentum pe ke arah yang membentuk sudut dengan sumbu x.

#

#

#

#

#

#

#

#

#

Kesimpulan

1. Pada peristiwa tumbukan antara sinar-X dengan elektron (pada percobaan Efek Compton) berlaku hukum kekekalan energi dan hukum kekekalan momentum.

2. Foton yang terhambur memiliki panjang gelombang yang lebih besar dibandingkan dengan foton semula ( sebelum terhambur ) yaitu dengan perbedaan

)cos1( cm

h

e

I