EDISI 28 RABU 2013

Post on 07-Mar-2016

223 views 3 download

description

 

Transcript of EDISI 28 RABU 2013

Membangun Wawasan Masyarakat

Harga Eceran Rp 2.500,-www.bandarlampungnews.com No. 497 Thn. X • Rabu, 28 Agustus 2013

CMYK

CMYK

EMERINTAH provinsi (Pemprov)Lampung kemarin melepas 120

PNS purna bhakti sekaligus memberi-kan bentuk penghargaan atas pengab-dian selama bertugas yang disertai pem-berian tali asih. Pemberian tali asih yangmerupakan bentuk kepedulian pem-prov hendaknya tidak diartikan negatifatau besar kecilnya, mengingat peng-hargaan dan pemberian tali asih sudahdijadikan tradisi dan prosedur tetap(Protap) yang setiap berlangsungnyapelepasan.Gubernur Lampung Drs.Sjachroedin ZP telah menguraikan bah-wa pensiun atau purna bhakti bukanberarti selesai begitu saja, namun masihterus dapat berbuat mengawal, mem-berikan ide positif bagi pembangunandi Lampung. Bahkan mantan deputyOps Mabes Polri itu menggambarkanbahwa pensiun atau purna bhakti ad-alah hanya “Alih Tugas” dan jangan

Penghargaan

PNS

POleh: Heris Drianto

TABIK

TANJUNGKARANG TIMUR— Komisi PemilihanUmum Daerah (KPUD) Lampung, terkesan tidak

konsisten. Bagaimana tidak, beberapa waktu laluKPU sempat meminta Pemerintah Provinsi (Pem-

prov) setempat untuk lebih transparan terkaitanggaran pilgub.

Ironisnya, lembaga yang dinakhodai Nan-ang Trenggono itu justru terkesan tertutupsaat sejumlah awak media menanyakan peng-gunaan anggaran pemilihan legislatif (Pileg)2014.

Saat sejumlah awak media mencobamengkonfirmasi soal anggaran pileg, KetuaKPU Lampung, Nanang Trenggono enggan

menyebutkan. Bahkan, dia menyetakan harus adasurat resmi dari masing- masing media.

“Pasti dikasih, tapi saya minta harus ada surattertulis yang isinya meminta konfirmasi anggaran

yang sudah dipakai, maupun jumlah anggaran yangada,” ujar Nanang, di ruang kerjanya, Selasa (27/8).

Nanang menambahkan, surat tersebut nantin-ya ditujukan kepada dirinya untuk diteruskan keSekretaris KPU, Peturun AS.

Dia menyebutkan, penanggungjawab kebija-kan keuangan berada di tangan komisioner, bu-kan sekretariat.

Bersambung ke Hal-111

Sengketa Hutan Kota

Aming Diancam 6 Tahun PenjaraBANDARLAMPUNG— Sen-

gketa pemindahan hak dan kepe-milikan kawasan hutan kota Ban-darlampung, yang diprotes kalan-gan aktivis lingkungan bersamawarga yang berusaha di lahantersebut, akhirnya berujung ke per-sidangan.

Mintardi Halim atau Amingpimpinan PT Hasil Karya Kita Ber-sama (HKKB) yang mengklaimmemiliki lahan hutan kota dan ke-mudian melepaskan hak atas lahanitu, terancam hukuman enam tahunpenjara dalam persidangan di Pen-gadilan Negeri TanjungkarangBandarlampung, Senin (26/8).

Aming didakwa melanggarpasal 263 ayat 1 KUHP atas dug-aan memalsukan surat tanah yangmenjadi hutan Kota Bandarlam-pung tersebut.

“Aming didakwa pasal 263 ayat1 dengan ancaman penjara enamTahun penjara,” kata jaksa penun-tut umum (JPU) Tri Wahyu Agussaat membacakan dakwaan di PNTanjungkarang itu.

Tri Wahyu mengatakan, padatanggal 23 Juli 2009 PT HKKB melakukan perikatan dengan PTWay Halim Permai (WHP), men-genai pelepasan Hak Keperdataandari PT Way Halim Permai kepada

PT HKKB terhadap tanah ex serti-fikat Hak Guna Bangunan (HGB)yang berdiri di atas tanah negarayakni dengan HGB 38/KD di DesaJagabaya luas 80.200 meter perse-gi (m2), dengan jatuh tempo pada19 September 2001, HGB 39/KDDesa Jagabaya luas 10.000 m2 jatuhtempo 19 September 2001, HGB 40/KD Desa Jagabaya luas 10.000 m2jatuh tempo 19 September 2001.

Seluruh lahan itu dilepas hakn-ya dengan harga Rp16 miliar, dantertuang dalam surat pernyataanpelepasan hak keperdataan atastanah tertanggal 23 Juli 2009 yangdibuat rangkap dua.

TELUKBETUNG UTARA— Pemer-intah Provinsi (Pemprov) Lampung se-dang mengusulkan penambahan CalonPegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Kemen-pan sebanyak 125 orang. Sebelumnya,Kemenpan telah menetapkan kuotaCPNS untuk Lampung sebanyak 100orang.

Kepala Badan Kepegawaian Daer-ah (BKD) Lampung, Syarip Anwar men-gatakan, permintaan penambahan kuo-ta tersebut belum dijawab oleh pemer-intah pusat. Hingga kini, pihaknyamasih menunngu izin prinsif dari Ke-menpan.

“Jika permohonan disetujui dan izinprinsip telah keluar, maka total kuotaPemprov Lampung tahun 2013 seban-yak 225, tapi itu belum pasti,” kataSyarip, di ruang kerjanya, Selasa (27/8).

Menurutnya, usulan penambahan

Bersambung ke Hal-111

kuota tersebut untuk menutupi sejum-lah kekurangan formasi di sejumlahsatuan kerja perangkat daerah (SKPD)yang pegawainya telah pensiun.

Dia mengungkapkan, sejak 3 bulanterakhir jumlah PNS yang memasukimasa purnabakti (pensiun) mencapai1.000 orang. Sementara kuota hanya 100orang. “Makanya kita minta tambah lagi125 orang,” katanya.

Mantan Asisten I Bidang Pemerin-tahan Provinsi Lampung itu menambah-kan, saat ini pihaknya sedang menung-gu hasil keputusan dari pusat berupaijin prisip. Jika izin tersebut direalisasi-kan maka pemprov Lampung mendap-atkan tambahan CPNS sebanyak 225orang untuk tahun 2013.

“Ya, mudah- mudahan penambah-

Bersambung ke Hal-111

’Tutupi’Anggaran Pileg

Puncaknya, lembaga penyeleng-gara pemilu itu akan mengumpulkanpara calon gubernur (Cagub) untukmeminta dukungan agar pilgub tetapdigelar di 2013. Pertemuan itu di-agendakan hari ini (28/8), di Sekretar-iat KPU setempat, sekitar pukul 13.00WIB.

Berdasarkan informasi yang ber-hasil dihimpun di lingkun-gan KPU, para komi-sioner mulai kuala-han menghadapisikap GubernurLampung, Sjach-roedin ZP, yangenggan menga-nggarkan dana ppelak-sanaan pilgub.

“Kalau saya cermati,para komisioner terutamaPak Nanang mulai ken-dur semangatnyamenghadapi Pak Gu-bernur,” ujar sumber diKPU, kemarin (27/8).

Menurut dia, selain

TANJUNGKARANGTIMUR— KomisiPemilihan Umum(KPU) Lampung,

tampaknya semakinterjepit soal anggaran

pelaksanaan pemilihangubernur (pilgub),

yang kian buramalias tidak

jelas.

mendatangkan cagub,KPU Lampung juga sedangmempersiapkan pen-gacara (kuasa hu-kum) untukm e l a k u k a ngugatan keM a h k a m a hKonstitusi.

Bersambungke Hal-11

“Aming telah memalsukan su-rat pernyataan pelepasan hakkeperdataan atas tanah tersebutsebagai dasar permohonan pener-bitan sertifikat HGB baru atas namaPT HKKB,” kata JPU pula.

Setelah itu, Aming juga men-gusir paksa para pedagang tana-man hias yang telah mendapatkanizin dari Walikota Bandarlampunguntuk berada di lokasi tanah terse-but yang peruntukannya sebagaiRuang Terbuka Hijau (RTH) danHutan Kota Bandarlampung.

Sedangkan dalam dakwaankedua, Aming didakwa melanggarpasal 263 ayat 2 KUHP karena den-

gan sengaja memperkuat suratyang palsu atau yang dipalsukanitu seolah-olah surat itu asli dantidak dipalsukan dan pemakaian-nya dapat menimbulkan sesuatukerugian.

Dalam sidang yang dipimpinketua majelis hakim FX Suryadi ter-ungkap bahwa perbuatan Amingyang memalsukan Surat Pern-yataan Pelepasan Hak Keper-dataan Atas Tanah tertanggal 23juli 2009, dan kemudian meng-gunakan surat tersebut sebagaidasar permohonan sertifikat HGB

Pemprov Usulkan Tambahan 125 CPNS

Kepala BKD Syarip Anwar

Bersambung ke Hal-111