DIMENSI SOSIAL AGAMA

Post on 23-Jul-2015

151 views 17 download

Transcript of DIMENSI SOSIAL AGAMA

Sekularisasi

• Telah berabad-abad dunia ini ”dikuasai” oleh agama. Pada abad pertengahan (abad 4 s.d 14) agama sangat dominan. Pikiran dan perbuatan manusia digerakkan, diatur, dan dikendalikan oleh agama.

Arti harafiah Sekularisasi• Arti harafiah sekularisasi

adalah Negara merebut (mengambil alih) harta milik agama (gereja di Eropa). Sebagaimana ditulis di atas ideologi Nasionalisme mempunyai cita-cita yang terhambat oleh agama.

Sekularisasi di bidang keagamaan

• Di zaman modern agama pun mengalami proses pemurnian diri selaras dengan pemikiran modern. Dengan sekularisasi, maka kehidupan beragama pun semakin mempengaruhi akal sehat.

Sekularisme di Bidang Politik

• Sekularisasi dibidang politik berarti kehidupan politik terus menerus dikembangkan sehingga semakin rasional. Misal: dalam menetapkan pemimpin politik, sungguh-sungguh dipilih pemimpin yang mampu memimpin.

.

Batas-batas Kebebasan Beragama

• Kebebasan beragama dilihat dari tujuh dimensi di atas mutlak perlu agar seseorang dapat Satu-satu batas adalah kebaikan manusia, atau kewajaran sebagai manusia. Pengalaman keagamaan, cerita keagamaan, ritual, hukum atau peraturan keagamaan, persekutuan, dan sarana-sarana peribadatan, semuanya perlu bagi hidup beragama. menghayati agamanya secara penuh.