Definisi Enzim

Post on 02-Oct-2015

21 views 5 download

description

rgrgr

Transcript of Definisi Enzim

Definisi Enzim

Kata enzim berasal dari bahasa Yunani enzyme yang berarti di dalam sel. Willy Kuchne (1876) mendefinisikan enzim sebagai fermen yang bentuknya tidak tertentu dan tidak teratur, yang dapat bekerja tanpa adanya mikroba dan dapat bekerja di luar mikroba. Definisi tersebut berubah setelah dilakukan penelitian lanjutan oleh Buchner pada tahun 1897. Enzim dapat diproduksi oleh mikroba atau bahan lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Enzim juga dapat diisolasi dalam bentuk murni. (Nelatury,2014)

Enzim atau biokatalisator adalah katalisator organik yang dihasilkan oleh sel. Enzim sangat penting dalam kehidupan, karena semua reaksi metabolisme dikatalis oleh enzim. Jika tidak ada enzim, atau aktivitas enzim terganggu maka reaksi metabolisme sel akan terhambat hingga pertumbuhan sel juga terganggu. Reaksi-reaksi enzimatik dibutuhkan agar bakteri dapat memperoleh makanan/ nutrient dalam keadaan terlarut yang dapat diserap ke dalam sel, memperoleh energi Kimia yang digunakan untuk biosintesis, perkembangbiakan, pergerakan, dan lain-lain (Muthukumar, 2013).

Enzim sebagai biokatalisator menyebabkan organisme hidup dapat memperoleh dan menggunakan energy dengan cepat. Enzim mengubah kecepatan reaksi, tetapi tidak mempengaruhi keseimbangan akhir. (Asscalbiass, 2015)

DAFTAR PUSTAKA

Nelatury, S.R., et al. (2014) Parameter Estimation in Different Enzyme Reactions. Advances in Enzyme Research, 2, 14-26.Asscalbiass. 2015. Buku Petunjuk Praktikum Biokimia Kedokteran Blok Sistem Digetive dan Nephro Urinari. Purwokerto. FK UNSOEDMuthukumar, s. (2013) Analytical expressions of the concentrations of substrate and product in enzyme inhibition process. Natural Science, 05 (09) : 1047-1055.