Aman menjadi pekerja freelance

Post on 19-Jul-2015

74 views 2 download

Transcript of Aman menjadi pekerja freelance

Aman Menjadi Pekerja Freelance

Bekerja freelance memangmengasyikkan bagi banyak orang,karena waktunya yang fleksibel dandapat bekerja di manapun berada.

Sebelum memutuskan bekerjafreelance, perhatikan dulu beberapahal di bawah ini agar Anda bisabekerja freelance dengan aman dannyaman.

Kontrak Kerja

Meski Anda bekerja secarafreelance, bukan berartikontrak kerja harusdilupakan. Adanya kontrakkerja yang jelas dan resmimembuat Anda dapatterhindar dari hal-hal yangmerugikan sepertipemutusan kerja di tengahjalan atau pembayaranyang tidak tepat waktu.

Sistem Kerja

Jika Anda sudah merasacocok bekerja denganklien atau perusahaantersebut, Anda harusmempelajari bagaimanasistem kerja perusahaanatau klien tersebut.

Kenali dan Mengerti Klien

Sebelum bekerja, Anda harusmencari informasi yanglengkap mengenai klien atauperusahaan yang akanmemakai jasa Anda. Hal inidimaksudkan untuk memahamiselera dan cara kerjaperusahaan danmenghindarkan diri Anda darikecurangan yang merekaperbuat, terutama jika Andabekerja sebagai freelanceonline

Selesaikan Deadline

Seorang freelancerharus mampumenyelesaikandeadline yang telahdisepakati, jika tidak,mungkin reputasiAnda terancammenjadi buruk.

Berbuat Lebih

Anda memang harusmengerjakan apa yangdiinginkan oleh klien.Tapi tak ada salahnyajika Anda berbuat lebihdan berbeda denganfreelancer lainnya agarAnda memiliki nilai plusdi mata klien.

Beberapa hal di atas harus Andaperhatikan sebelum bekerja menjadiseorang freelancer.

Selamat Mencoba dan Sukses !