20 september 2013

Post on 22-Mar-2016

216 views 0 download

description

Harian Xpresi Riau Pos

Transcript of 20 september 2013

YOUNG SMART ‘N CREATIVE

40Riau Pos

JUMAT20 SEPTEMBER 2013

TATA LETAK: SUHANDY G REDAKTUR: KHAIRUL AMRI

Basecamp xpresi Riau Pos Kantor Pemasaran Iklan Riau Pos Lt. 3 Jl. Soekarno-Hatta No 132 Pekanbaru info_xpresi@yahoo.comwww.xpresiripos.com

PROFILE200 pelajar SLTP/SLTA

sederajat di Pekanbaru

Responden Waktu

20 - 22

Agustus 2013

Metode Polling:Cluster

Random SamplingInstrumen Polling:

Questioner CloseQuestion

Model: Raisah &Rona Mahasiswi

Unri Foto: IqhelXpresi

Riau Pos

Jenis Kelamin

Pendidikan

Cewek 61%

Cowok 39 %

SLTA 46,6%

SLTP 53,4 %

IKLAN

Pernaah-hh..Manfaatnya untuk

mengirit uang.. Jadi sangatbermanfaat...

Nur Chiejlek

Bisa hematuang dan tidakjajan sm-barangan. .

Westycla-lu Cyngwal-iforever

ADRIAN EKO/RIAU POS

BERSAMA KASEK: Pemenang Olimpiade Fisikadan lomba debat bersama kepala sekolah danguru pendamping.

INFO PENTING!!!Kesempatan bagi siswa/i SMP/SMA sederajat dan sekolah

yang berprestasi di bidang apa aja, buat eksisdi halaman Xpresi Riau Pos. Buruan kirim berita/rilisnya

ke email xpresimagazine@gmail.comatau hubungi 081365671385. Chekidot!!!

Darius Chandra

SAAT ini, gak banyak yang menyukaipelajaran Fisika. Membosankan, menja-di salah satu alasan siswa kurang mema-hami pelajaran yangmelambungkan nama Al-bert Einstein tersebut.

Tapi tidak bagi DariusChandra, siswa SMAN 1Pekanbaru ini. Dengan metode pembela-jaran menarik berupa eksperimen, Chan-dra memahami Fisika seperti pelajaranlainnya. Bahkan, berkat ketertarikannyatersebut cowok ini dia meraih perunggusebagai wakil Riau pada Olimpiade SainsNasional (OSN) di Bandung kemarin.

“Fisika itu menyenangkan, bagaimanakita memandangnya saja. Yang pasti ka-lau sudah senang tentunya akan menarik.Untuk prestasi saya pribadi senang. Tapimembanggakan orang tua dan seokolahbahkan Riau itu yang paling saya senan-gi,” kata Darius, ketika disambangi

Perunggu NasionalBidang Fisika

Riau Pos.Prestasi yang diukir Darius merupa-

kan kedua kalinya. Pada perhelatan se-rupa tahun lalu di Jakarta, Darius jugamendapatkan mendali perunggu dibidang Fisika. Dia iuga menyatakan,tahun ini persaingan semakin meningkatnamun dia mampu berhuat agar tetapmenjadi yang terbaik.

Melihat prestasi yangdiraih siswanya, KepalaSMAN 1 Pekanbaru, DraWan Roswita MPd men-gaku, pihak sekolah sela-

lu mendukung dan memotivasi siswan-ya untuk terus berkarya dan berpresta-si. Tidak hanya itu, dia juga berharapprestasi tersebut dapat memotivasi siswalainnya.

“Semua tindakan siswa yang kreatifdan inovatif pasti kita dukung. Apalagidalam bidang ilmu pengetahuan kamiberi yang terbaik. sebenarnya masih adasigit Aris Munandar yang ikut iven ygsama. sayang, dia belum membawa pu-lang mendali. yang paling penting kede-pan akan banyak tumbuh Chandra lain-nya,” terangnya.(eko)

Ni’mahSuka.Selainhemat lebih

asyik bisa berbagi denganteman. Walau sedikit kalodimakan bersamatemennya jadi seger

Ulfatun

Manfaat

Bawa Bekal

HALOOO sobat Xpresi (sobeX).Kali ini Xpresi mau ngebahassesuatu yang masih berhubungansama isi di perut. Yuups,apalagikalau bukan mebawa bekal kesekolah! Hihihihi, kalau ngomonginsoal makanan aja para sobeX padasemangat. Hayooo, hari gini, siapayang masih terbiasa bawa bekal kesekolah?

Ternyata 64,5 persen sobat Xpresi(sobeX) pada membawa bekal kesekolah. Wow, lumayan banyak yaa.walaupaun ada juga sih sebagianpara sobeX yang mengaku ogahbawa bekal ke sekolah (35,5 persen)lantaran malu bila dicibir dan diejekteman-teman. Alasan lain gengsi!Gengsi dong bawa bekal, emangnyakita anak TK? Atau alasan klise ini:ribet! Gak zaman! Gak sempat!Enakan jajan!

Sah-sah saja bila para sobeXenggan dan segan bawa bekal sendirike sekolah.Namun jika dipikir-pikirlagi, ternyata banyak looh nilaiplusnya. Salah satunya tubuh sehatdan uang jajan hemat. Jadi, gakheran deh kenapa para sobeX sukabanget bawa bekal ke sekolah.

Pertama, lantaran pulangsekolahnya yang ke sorean (62,8persen) sehingga membuat parasobeX mau nggak mau ya harusmembawa bekal. Seandainya parasobeX gak bawa bakal pastinya uangjajan sobeX gak bakal cukup buatmakan seharian di kantin sekolah(3,1 persen). Nah, kalau bawa bekalke sekolah juga bisa memberikankeuntungan sendiri bagi para sobeXkarena uang jajan yang seharusnyadi pakai untuk makan di kantin kinibisa di simpan dan di tabung di

Banyak

rumah (34,1 persen).Biasanya sobeX bawa bekal apa

aja siih ke sekolah? Menurut hasilsurvey , para sobeX mengakumembawa bekal roti tawar (15,5persen), ada juga yang sukamembawa nasi goreng (63,6persen) dan mi goreng (17,8persen) ke sekolah. Selain itupara sobeX ada juga yangmembawa nasi putih plussambal untuk santapanmakan siang (3,1persen).

Usia remaja adalahsaat di mana parasobeX sedang aktif-aktifnya. Saat sedangsemangat-semangat-nya berkegiatan.Nah, untuk menjagakondisi tubuh agarselalu fit saatberaktifitas sehari-hari, sobeX butuhasupan gizi yang taksedikit, mulai darikarbohidrat, protein,lemak hingga serat.

Seperti kata sobatXpresi yang satu ini,Annes Tasya Putri, sisiwiSMP Islam AS-Shofa.Cewek yang akrab dipang-gil Tasya ini, hampir tiaphari bawa bekal kesekolah. Katanya, memba-wa bekal ke sekolah memberi-kan banyak manfaat, salah satunya faktor kesehatan, udah pastimakanan yang dibawa dari rumahdijamin kebersihannya.

Selain Tasya, Nanda Rahmadani,siswi SMP Negeri 13 Pekanbaru

juga suka membawa bekal kesekolah lantaran hampir semuateman kelasnya pada bawa bekal kesekolah. “Bawa bekal ke sekolahhampir setiap hari karena di kelaskutuh, mayoritas siswanya pada bawabekal semua. Dengan begitu jugakita bisa berbagi bekal satu samalain,” cuapnya.(mg4cs/uli)

Apakah sobeX pernahbawa bekal ke sekolah?Pernah

64,5 %Gak

35,5 %

Uang jajangak cukup

3,1 %

Kenapa sobeX bawabekal ke sekolah?(3 tertinggi)

Karenapulangnyasore

62,8 %

Biar uang jajanbisa ditabung

34,1 %

Anak rumahan

12,5 %

BagaimanapendapatsobeXdengantemanyang bawabekal kesekolah?(3 tertinggi)

Hematuang jajan

45,0 %

Pengenhidup sehat

38,0 %

Senangkarena uangjajan bisaditabung45,0 %

Perasaan sobeX bawabekal ke sekolah?(3 tertinggi) Seru karena

bisa makanbarengsama teman

45,7 %

Bosan5,4 %

Model: Raisah &Rona Mahasiswi UnriFoto: Iqhel XpresiRiau Pos

Anak rumahan

12,5 %

Manfaat Bawa BekalKe Sekolah

3. Jadi lebih iritKita pun jadi lebih irit karenatidak harus mengeluarkan

uang jajan tambahan, idealisbanget ya.

Nah tunggu apalagi ayoo mulaisekarang biasakan membawabekal ke sekolah. (mg4cs/uli)

1. Makanan segarBekal yang kita bawa,

pasti dibuat dari bahanmakanan yang segar dansehat. Ibu sobex pastimemasak dengan bahan-bahan yang masih baru,masih segar, dansehat.

2. Hemat waktuIya, dong, begitu bel istirahat berbunyi,kita bisa langsung membawa bekal kekantin dan langsung menyantapnya.Tidak perlu mengantri memilih menumakanan. Jadi lebih hemat waktu danefisien, kan.