Download - Laporan ekspedisi kir

Page 1: Laporan ekspedisi kir

BAB I

PENDAHULUAN1.1 LATAR BELAKANG

Banyak siswa/i SMA sekarang yang akan melanjutkan study ke Universitas terutama Universitas Negri, mereka banyak yang kurang paham bahkan tidak tahu ingin melanjutkan study ke Universitas mana dan jurusan apa. Ketidakpedulian siswa/i juga menjadi salah satu penyebabnya, beberapa orang tua mereka juga ada yang kurang paham karena kurangnya pengalaman mereka dalam dunia perkuliahan. Semua itu harus difikirkan mulai dari kelas 10 agar nanti di kelas 12 mereka sudah mantap dengan tujuan yang ingin ia capai itu. Karena di kelas 12 yang harus kita fikirkan adalah belajar untuk Ujian Nasional bukan lagi untuk memilih jurusan/fakultas apa yang akan dipilih. Banyak media informasi yang bisa membantu dalam pemilihan jurusan maupun fakultas,yaitu dengan browsing. Kalau belum paham,juga bisa ditanyakan pada guru BK/BP di sekolah,yang siap memberikan beberapa informasi terkait tentang pemilihan Universitas maupun Fakultas yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan diri sendiri.

Terkait kasus diatas, Ekspedisi KIR tahun ini cukup berbeda dari tahun lalu. Ekspedisi KIR tahun ini adalah mengunjungi beberapa Universitas Negeri di daerah Jawa dan Bali. Fokus dari Ekspedisi tahun ini adalah untuk membantu para siswa/i untuk memilih Universitas dan Jurusan yang dikehendaki. Tahun lalu ekspedisi hanya diperuntukan hanya untuk anggota KIR saja,namun tahun ini berbeda. Yaitu mengikutsertakan seluruh siswa/i diluar anggota KIR yakni kelas 10 s/d kelas 12 yang mungkin masih bimbang dengan tujuan mereka nanti setelah lulus. Ekspedisi ini lebih menyenangkan karena siswa/i langsung datang ke beberapa Universitas Negeri di daerah Jawa dan Bali. Dan bisa melihat langsung lokasi serta keadaan di sekitar kampus.

1.2 MAKSUD DAN TUJUANa. Maksud dari kegiatan Ekspedisi KIR ini adalah untuk Membantu siswa/i dalam

menentukan pilihan study mereka setelah lulus SMA.

b. Tujuannya : Menambah wawasan siswa/i untuk menentukan Universitas dan jurusan yang

dikehendaki. Mencari pengalaman yang positif dan berguna untuk kehidupan di masa

mendatang Untuk mengetahui jurusan-jurusan unggulan di tiap Universitas Negeri yang

dikunjungi.

1.3 SASARANSasaran yang dilaksanakan meliputi sebagai berikut;1. Universitas Gajah Mada,Yogyakarta2. Institut Teknologi 10 November, Surabaya3. Universitas Brawijaya, Malang4. Politeknik Negeri Bali, Bali

Page 2: Laporan ekspedisi kir

BAB IIHASIL KUNJUNGAN

2.1 Hasil Kunjungan dari 4 kota tersebut adalah sebagai berikut: Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Perjalanan Ekspedisi dimulai pada hari minggu,01 Mei 2011 dari Jakarta jam 7 pagi menuju Yogya, lama perjalanan adalah ± 15 jam, jadi sampai yogya (penginapan) sekitar jam 10 malam. Esok paginya 02 Mei 2011 sebelum kami berkunjung ke LPPM UGM, kami mengunjungi Malioboro terlebih dahulu untuk melihat lihat dan membeli beberapa kerajinan ato makanan khas Yogyakarta. Siangnya sekitar pukul 12.00 kami bersiap berangkat menuju LPPM UGM. Disana mereka mempresentasikan tentang “Kiat Menghasilkan Karya Ilmiah Unggulan”. Beberapa riset unggulan mereka adalah:a. Science & Tecnology Smart Materials (fokus yang dikembangkan)b. Kesehatan & Kedokteran Cancerc. Agro (Pertanian) Food safety & securityd. Social & Hukum Social WealfareMereka juga menjelaskan cara mendapatkan sumber-sumber ide penelitian/penulisan, Penelitian Ilmiah, Isi dari Karya Tulis Ilmiah, Proses Menulis karya ilmiah dsb*. Selesai kunjungan kami bergegas menuju Surabaya.

Institut Teknologi 10 November, Surabaya Perjalanan menuju Surabaya ± 9 jam, jadi sampai Surabaya (penginapan) hari Selasa,3 mei 2011 sekitar pukul 01.00. Semalam kami disana,esok paginya setelah sarapan pukul 08.00 kami sudah bersiap kembali menuju ITS. Sampai ITS pukul 12.30 ,kami diajak oleh salah satu pengurus LPPM ITS untuk berkunjung ke Pusat Robotika yang berada di dalam kampus ITS. Disana kami dibagi beberapa kelompok untuk mengunjungi satu per satu ruangan yang di dalamnya berisi komponen, modul, chip dan alat pendukung lainnya yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pemandu kami adalah para mahasiswa semester 8 jurusan Teknik Elektro. Mereka menjelaskan dengan singkat dan jelas kepada kami tentang alat-alat tersebut. Sampai kunjungan ruangan terakhir disana adalah menunjukan salah satu robot unggulan mereka, beberapa pertanyaan pun kami ajukan kepada mereka*. Selesai kunjungan ini pukul 16.00. Mulai berangkat lagi menuju Malang sekitar jam 16.30.

Page 3: Laporan ekspedisi kir

Universitas Brawijaya,Malang Perjalanan menuju Malang ± 2 jam,sampai penginapan pukul 20.00. Esok pagi Rabu,4 Mei 2011 pukul 07.00 beberapa siswa/i melakukan kegiatan bebas ada yang jogging, berjalan-jalan di sekitar daerah penginapan, dan ada yang hanya duduk-duduk santai di ruang kamar. Setelah sarapan kami bergegas meninggalkan kembali penginapan menuju LPPM UNIBRAW yang letaknya tidak jauh dari penginapan kami. Sampai di LPPM UNIBRAW pukul 11.00. Disana di hadiri oleh Rektor dan beberapa Dekan dari UNIBRAW, mereka menjelaskan tentang beberapa fakultas yang ada di UNIBRAW, cara mendapatkan beasiswa, dan sesekali memberi motivasi pada kami khususnya anak IPA agar melatih kejujuran dan komitmennya. Setelah pertemuan tersebut selesai Dekan dari fakultas Teknik mengajak kami melihat beberapa mesin-mesin modern beliau yang cukup modern untuk saat ini.Salah satunya mesin yang berfungsi untuk menggeringkan pisang agar bisa menghasilkan kripik pisang yang lebih banyak dan cepat. Yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam pengerjaannya*. Selesai pertemuan di UNIBRAW pukul 16.15, sekitar pukul 16.30 kami bergegas pergi menuju Pelabuhan Ketapang,Banyuwangi. Perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang ± 6 jam, sampai disana pukul 00.30 dini hari. Perjalanan di kapal ± 45 menit menuju Pelabuhan Gilimanuk,Bali.

Politeknik Negeri Bali, Bali Delapan jam perjalanan menuju penginapan yang berada di daerah Nusa Dua. Sekitar pukul 10.40 hari Kamis,5 Mei 2011. Istirahat sejenak, setelah makan siang pukul 12.00 kami bersiap menuju kunjungan terakhir dari Ekspedisi ini yakni ke Politeknik Negeri Bali. Pukul 14.00 sampai LPPM Politeknik Bali. Disana mereka menjelaskan tentang jurusan yang ada di Poltek Bali beserta visi misi dari tiap fakultas berikut jenjang-jenjangnya. Salah satu jurusan favorite/unggulan yang cukup banyak diminati di Poltek Bali adalah jurusan D3 Teknik Mesin . Ada juga jurusan baru di Poltek Bali yakni Teknik Pendingin yang digunakan untuk mendinginkan mesin-mesin kerja berat seperti yang ada di kapal-kapal*.

Selesai pertemuan tersebut pukul 16.00, kami memanfaatkan waktu tersebut untuk menikmati keindahan di Pantai Kuta yang sangat terkenal hingga ke mancanegara tersebut. Pukul 18.35 kami pun kembali ke bis untuk balik ke penginapan untuk beristirahat. Sampai di Homestay jam 20.00.

Page 4: Laporan ekspedisi kir

Jumat,6 Mei 2011 kami memutuskan untuk menghabiskan waktu sehari ini untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata terkenal di Bali. Pertama kami mengunjungi Pusat oleh-oleh khas Bali, setelah itu kami ke Tanjung Benoa. Ada beberapa siswa/i yang melakukan kunjungan ke pulau penyu ada pula yang melakukan paracelling dan ada yang sedang bersantai saja menikmati udara dan keindahan dari pantai ini. Sekitar pukul 14.00 kami out dari pantai ini menuju Gudang kata-kata khas Bali yaitu JOGER. Pukul 17.00 kami meninggalkan JOGER dan langsung menuju Homestay.

Sabtu,06 Mei 2011 kami bersiap-siap, membereskan barang-barang untuk kembali ke jakarta. Sekitar pukul 09.00 kami pun berangkat menuju ke Jakarta. Perjalanan ke Jakarta benar-benar lebih lambat dari yang diperkirakan karena ada beberapa kendala di jalan. Akhirnya pukul 02.30 pun kami baru sampai di Jakarta.

*Foto terlampir

Page 5: Laporan ekspedisi kir

BAB IIIPENUTUP

3.1 KESIMPULANDengan dilaksanakannya Ekspedisi ini diharapkan dapat mengambil hal positifnya

dan bisa menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan kita baik tentang ilmu pengetahuan maupun keindahan alam bumi Indonesia. Kunjungan yang dilakukan di beberapa Universitas juga bisa menambah reverensi kita untuk lebih mudah menentukan jurusan dan Universitas yang sesuai minat siswa/i. Jadi ketika di kelas 12 mereka sudah mantap dengan pilihannya tersebut. Adapun selingan dari kegiatan selain kunjungan adalah untuk refresing semata dari lelahnya saat perjalanan.

3.2 SARAN Bagi Sekolah : Perlu dilaksanakan Ekspedisi lagi untuk tahun berikutnya

yang lebih baik dari tahun ini.

Bagi Siswa : Diharapkan semua siswa dapat ikut serta dalam kegiatan tersebut karena banyak manfaatnya untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman.