Workshop Dahsyatnya Bisnis Broker Properti

download Workshop Dahsyatnya Bisnis Broker Properti

of 23

  • date post

    21-Jul-2015
  • Category

    Real Estate

  • view

    249
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Workshop Dahsyatnya Bisnis Broker Properti

Workshop dahsyatnya bisnis broker properti

Workshop dahsyatnya bisnis broker properti

Wahyudi sudiyonoFounder Indobroker

Call/SMS/WA : 0819-898-777

Pin BB : 7D11E7E6

www.indobroker.co.id

SEKILAS MENGENAIBISNIS BROKER PROPERTI

PENGERTIAN BROKER PROPERTI

Broker adalah Seorang Perantara/Makelar/Calo yang menjualkan/menyewakan barang dagangan yang dititipkan kepadanyaPengertian Properti Sedangkan Properti adalah hak atas tanah dan bangunan yang dimiliki oleh si pemilik dengan bukti sebidang kavling tanah dan bangunan di atasnya yang disertai dengan surat-surat kepemilikan yang jelas.Pengertian broker propertiBroker Properti adalah Perantara Jual Beli Properti seperti Rumah, Apartemen, Ruko, Gudang, Tanah dll

JENIS PROPERTI

Pengertian bisnis broker propertiAdalah bisnis jasa dibidang properti dalam hal jual-beli, sewa-menyewa, dan lelang properti yang dimiliki dan dikuasakan oleh pemilik (owner/vendor) kepada broker properti (marketing associate) dengan kesepakatan harga jual atau sewa, yang besaran komisi (fee) nya diberikan dalam waktu yang telah ditentukan bersama oleh kedua belah pihak.KATEGORI PROFESIBROKER PROPERTI

Broker Properti menurut pola kerjanya dapat dikategorikan menjadi 2 bagian yaitu :1. BROKER TRADISIONAL (BT) atau BROKER INDEPENDENTBroker properti lepas yang menjalankan aktifitasnya tidak berdasarkan sistem atau aturan yang jelas (basic rules), bekerja secara sendiri-sendiri dan tidak bernaung dibawah sebuah lembaga institusi (tidak memiliki kantor) serta tidak memiliki ilmu dan manajemen brokerti yang luas.

Contoh : Tetangga pemilik rumah, tukang parkir, penjual rokok, penjual warung nasi, tukang becak, pengolah lahan, preman kampung, perangkat desa, dll.

2.BROKER PROFESIONAL

Broker yang dalam menjalankan profesinya bernaung dalam sebuah perusahaan/kantor dan memiliki Brand/Merk sehingga wajib mematuhi aturan main yang berlaku dalam dunia brokerage properti seperti tidak boleh me-Mark Up harga, tidak boleh meminta komisi dari Pembeli, Komisi hanya minta ke Penjual dengan persentasi proporsional.

Broker Profesional menurut Brand dibagi 2 yaitu :1. Kantor Broker yang memiliki Brand yang berafiliasi luar negeri (franchise) seperti :Dari USA : ERA, Century21, Coldwell BankerDari Australia : Ray White, Roy Weston, Proffesional, LJ HookerDari Belanda : Marvin Reeves

2. Kantor Broker yang menggunakan Brand Lokal seperti : DaVina Property, Realty 88, 5 Property, Metro Mansion, Ten Realy, Thomas & Mitra, Teras Realty, Chika Properti, dll.

KELEBIHAN PROFESI SEORANG BROKER PROPERTIDapat diandalkan untuk meningkatkan taraf hidup yang jauh lebih baik dan cepat.

Dihalalkan bermimpi untuk memiliki rumah baru, mobil baru, motor baru dsb karena mimpi tersebut dapat terlaksana dengan cepat tergantung usaha keras yang dilakukannya.

Profesi entrepreneur (wirausaha) yang penghasilannya bisa tak terbatas (unlimited Income).

Memiliki jam kerja yang fleksible sehingga dalam menjalankan profesinya lebih nyaman karena waktu kerja bisa diatur sesuai keinginan.

AKTIFITAS UTAMA SEORANG BROKER PROPERTISeorang Broker Properti wajib memahami seluk beluk transaksi jual beli properti antara lain :

Bagaimana cara mendapatkan Penjual (Melisting)Bagaimana cara mendatangkan Pembeli (Promosi)Bagaimana cara berpromosi yang efektifMengerti tentang jenis-jenis sertifikat tanahMengerti tentang pajak-pajak yang timbul baik untuk Penjual maupun PembeliMengetahui biaya-biaya NotarisMenentukan harga jual yang saleableMengerti akan teknik-teknik negosiasiMengerti teknik berkomunikasi yang baik

RUTINITAS PEKERJAAN SEORANG BROKER PROPERTI, STEP BY STEP

1. MENDAPATKAN LISTING SEBANYAK BANYAKNYA

Apakah itu Listing ?

LISTING Objek Properti yang dipasarkan baik dijual maupun disewakan dan telah mendapat kewenangan memasarkan dari pemiliknya yang sah.Objek Properti bisa berupa Rumah tinggal, Apartemen, Ruko, Tanah, Villa, Pabrik, Gudang dsb.

MEMPROMOSIKAN LISTING Memasang plang atau spanduk di lokasi listing (paling bagus dan biasanya cepat terjual karena iklan 24 jam)

Menawarkan terlebih dahulu kepada database buyer potensial milik sendiri (bila sudah punya)

Menawarkan kepada teman-teman sekantor mungkin saja diantara mereka memiliki database buyer yang sedang membutuhkan spesifikasi listing yang anda miliki.

Mengiklankan di Koran harian terkemuka (Kompas, Pikiran Rakyat, Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, Jawa Pos, dll)

Mengiklankan via internet (www.rumah123.com, www.rumah.com, www.olx.co.id, www.berniaga.com, atau www.indobroker.co.id)

Menawarkan kepada broker kantor kompetitor

SETELAH MENDAPATKAN CALON PEMBELI BAIK DARI PHONE CALL ATAU BERTEMU, USAHAKAN MENCATAT NAMA & NO TELP/HP-NYA YANG BISA DIHUBUNGI.

LANTAS TANYAKAN KEBUTUHAN ATAU SPESIFIKASI PROPERTI YANG SEDANG DICARINYA AGAR LEBIH CEPAT DAN TIDAK SALAH KASIH PROPERTI.

SETELAH MENGINFORMASIKAN DATA LISTING YANG TERSEDIA LALU USAHAKAN AJAK CALON PEMBELI TERSEBUT UNTUK MELIHAT ATAU SURVEY KE LOKASI LISTING YANG ANDA PASARKAN.INGAT !!! PEMBELI SEBELUM MEMBELI PASTILAH INGIN MELIHAT-LIHAT DAHULU PROPERTI YANG DITAWARKAN, SEKALIAN MEMBANDING-BANDINGKAN.

INGAT !!!MAKIN BANYAK ANTAR KLIEN LIHAT PROPERTI YANG KITA TAWARKAN MAKA SEMAKIN BESAR PELUANG KLOSING YANG DIDAPAT DAN LANTAS CLOSING.

PROMOSI BANYAK = CALON PEMBELI BANYAKCALON PEMBELI BANYAK = BANYAK SURVEYBANYAK SUVEI = BANYAK PELUANG CLOSINGBANYAK PELUANG CLOSING = CEPAT CLOSING

3. TAHAP NEGOSIASINegosiasi menentukan Deal Harga, Sistem Pembayaran, Tanggal Pelaksanaan AJB (Akte Jual Beli), Waktu Pengosongan, Pemilihan Notaris/PPAT

Tawar menawar awal biasanya by phone namun pada saat hampir deal atau tinggal sedikit selisihnya biasanya mereka minta dipertemukan

Kalau bisa hindari penjual dan calon pembeli tawar menawar langsung by phone

Kalau selisih harga mendekati deal dan deadlock usahakan adakan pertemuan antara penjual dan calon pembeli

DALAM TAHAP INI PASTI AKAN MEMBICARAKAN TENTANG BIAYA-BIAYA YANG TIMBUL UNTUK PENJUAL MAUPUN PEMBELI BILA TRANSAKSI AKAN TERJADI4. Tahap closingPembayaran/Penandatangan Akte Jual Beli (AJB)Sebelum penandatanganan AJB, Sertifikat wajib di cek keasliannya di kantor BPN oleh staf Notaris sehari sebelumnyaPenjual dan Pembeli hadir di NotarisLengkapi Persyaratan Dokumen Identitas Penjual/Pembeli KTP, KK, Surat Nikah, dll.Membayar biaya-biaya yang menjadi kewajiban Pembeli dan PenjualCara Pembayaran umumnya Transfer atau KPR Bank.

PEMBAYARAN KOMISI BIASANYA BERBARENGAN DENGAN DITANDA TANGANINYA AKTE JUAL BELI ATAU PALING LAMBAT KEESOKAN HARINYA BY TRANSFER ATAU CEK CASHPEMBAYARAN KOMISI WAJIB DISERAHKAN TERLEBIH DAHULU KE KANTOR ATAU TRANSFER KE REKENING KANTOR

SELAMAT MENIKMATI KOMISINYA BISA untuk :BELI RUMAHBELI TANAHBELI RUKOBELI APARTEMENBELI KIOSBELI EMASDAN LAIN-LAINCLOSING... CLOSING CLOSING... YES!