Wiyata Mandala- Kamis, 4 - 18 April 2013

16

description

Wiyata Mandala- Kamis, 4 - 18 April 2013

Transcript of Wiyata Mandala- Kamis, 4 - 18 April 2013

Mereka di antaranya SMPN 1 Rendang, SMPN 2 Rendang, SMPN 3 Rendang, SMAN 1 Rendang, SMK Giri Pandawa Rendang. Sementara dar i Denpasar diikuti Sispala SMAN 7 Denpasar, SMAN 8 Denpasar, SMAN 4 Denpasar dan SMK Saraswati 1 Denpasar.

Tugas mereka bukan saja memungut sampah plast ik di pinggir jalan juga di got-got. Bahkan mereka harus berhadapan dengan terjalnya medan yang justru dipakai tempat membuang sampah.

Wulandari Pakris, Ketua Sispala Sisma (SMAN 7 Denpasar) mengaku ajang ini sangat seru. Selain memungut sampah, mereka wajib memisahkan jenis sampah organik dan non organik. Dikatakan seru karena harus

membersihkan sampah plastik di tepian jurang di sekitar Pura Besakih.

Kedua juga menantang karena sambil belepotan dengan sampah, semangat tetap menggelora melestarikan alam Bali. Untuk itu ia mengajak sispala lain berpartisipasi termasuk menggarap pura yang ada di gunung-gunung untuk bebas dari sampah plastik.

Lingga dari Sispala Buana Yasa, SMAN 4 Denpasar juga sangat senang bisa terlibat bersama siswa sekolah lainnya. Bahkan dia mengatakan agenda ini perlu dilanjutkan baik ke pura maupun ke gunung di Bali. “Sambil refreshing kita beryadnya untuk bumi dan alam semesta,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan sispala SMAN 8 Denpasar yang berkekuatan 20 orang dipimpin langsung Pembina ekstra I Wayan Winarsa, S.Pd.

Sekitar 50 siswa dan guru SMK Saraswati 1 Denpasar juga terlibat di aksi ini. Guru pembina SMK Saraswati 1 Denpasar, Made

Wardana mengatakan kunci dari menjaga kebersihan ada pada diri kita sendiri. Di Besakih harus dimulai dari para pedagang untuk disiplin mengumpulkan dan memisahkan sampahnya sejak dini. Apalagi sampah plastik dikenal mencemari udara dan tanah hingga ratusan tahun.

Bagi dia, agenda ini selain bermanfaat bagi lingkungan juga ikut mengedukasi masyarakat. Makanya dia mengatakan lebih baik agenda ini dilanjutkan ke pura sad dan dang kahyangan di seluruh Bali.

Sementara itu siswa SMPN 1 Rendang, Weda Saput ra mengatakan kegiatan ini sangat menyenangkan dan pas dilakukan menjelang hari raya atau piodalan di pura-pura. Namun dia merasa heran harusnya warga pemilik warung malu sampai kawasan lingkungannya dibersihkan oleh warga lainnya. Untuk itu ia mengajak warga sekitar pura sad dan dang kahyangan peduli dengan bahaya sampah plastik. (sue)

16Kamis, 4 - 18 April 2013

Sangat Seru

OOpini

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek,dll. Naskah diketik 2 spa-si dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 Pengetahuan

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tanggal 24 Oktober, anggota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liputan : Made Sueca. Anggota Redaksi : Puja-wan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra

Prayoga. Wartawan Sekolah : Ni Wayan Meida Yunita Sari (SMAN 6 Denpasar), Sonia Kharisma (SMAN 1 Tabanan), Ayu Desi Darmawati (SMPN 1 Kerambitan), Ni Wayan Diyanti (SMA Surya Wisata Kediri), Ni Luh Gede Widya Saraswati (SMPN 2 Tabanan), Dyah Ayu Raka Natih Gustini (SMK Pariwisata Triatmajaya), Eko Aditya Ramadianto (SMKN 3 Tabanan), Pradina Ariyati (SMKN 1 Tabanan), Ni Luh Ayu Arista Dewi (SMAN 4 Den-pasar), Desak Nyoman Utami (SMA Dwijendra Denpasar), Pande Putu Dian Ayu Ardiani (SMK PGRI 1 Denpasar), Galuh Alfaranny P. (SMP PGRI 2 Denpasar), Intan Widya Pratiwi (SMAN 5 Denpasar), Ni Wayan Eka Wahyuni (SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar), Ni Kadek Laksmi Vira Santhi (SMPN 3 Denpasar), Made Nita Jayanti Tusandari (SMAN 6 Denpasar), Ni Made Sugiatini (SMK PGRI 3 Denpasar), A.A. Diah Satria Purnama (SMA Dwijendra Denpasar), Nyoman Manik Mas Genitri Putri (SMP Dwijendra Denpasar), Kadek Diah Sri Laksmi Dewi (SMAN 8 Denpasar), Ayu Giri Widiadnyani (SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafi s : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pemimpin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

Kamis, 4 - 18 April 2013

PENGGUNAAN bahasa se-hari-hari dan istilah yang sedang tren di kalangan remaja, pelajar ataupun masyarakat awam se-pertinya sudah mendarah daging dalam diri masyarakat Indonesia. Misalnya saja penggunaan kata-kata dalam sms yang sering di-singkat-singkat, seperti kata ‘tidak’ yang menjadi ‘enggak’, ‘gak’ atau ‘nggak’. Bahkan ada beberapa kata yang terkadang membuat si pembaca sendiri bingung seperti kata banget dan kata begitu yang hampir sama dalam bahasa sms menjadi ‘bgt’. Tidak hanya dalam bahasa sms, dalam bahasa sehari-hari masyarakat juga sering meng-gunakan kata-kata yang tidak se-mestinya, sudah menjadi ‘udah’, makan menjadi ‘maem’, kasih tahu menjadi ‘ngasik tau’ atau penggunaan kata aku menjadi ‘gue’ dan kamu menjadi ‘lo’ dan istilah atau kata-kata lainnya.

Selain penggunaan atau pe-ngucapan kata yang tidak semes-tinya tersebut, muncul juga be-berapa istilah-istilah baru. Seper-ti istilah ‘KEPO (Knowing Every Particular Object), Galau, Lebay, ataupun Alay’ yang marak diucap-kan oleh masyarakat awam sejak beberapa tahun terakhir yang kini di kalangan masyarakat. Bahasa-bahasa tersebut biasanya dipo-pulerkan lewat beberapa acara tv ataupun drama seri remaja dan jejaring sosial yang sedang digan-drungi oleh remaja seperti twitter, facebook, blackberry messenger, line dan jejaring sosial lainnya.

Dampak atau sisi positif dari penggunaan bahasa tersebut ada-lah meluasnya hubungan sosial-isasi di antara masyarakat, tidak

kaku dalam bahasa pertemanan, dan selalu mengikuti perkembang-an zaman. Namun tidak dapat dipungkiri, seiring berkembangnya zaman dan teknologi serta banyak-nya bermunculan istilah-istilah baru tersebut kian membuat baha-sa Indonesia yang baik dan benar semakin tersisihkan. Bahkan kini, anak-anak yang seharusnya ditem-pa dengan bahasa Indonesia baku juga ikut mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan ba-hasa atau istilah tersebut.

Ada baiknya jika anak-anak ditanamkan dengan bahasa In-donesia yang baik dan benar, sebelum mereka mulai mengikuti perkembangan teknologi ataupun pergaulan di luar. Sebab, bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat dibutuhkan untuk modal masyarakat di dalam pendidikan, pekerjaan ataupun sopan santun. Bukankah tidak ada salahnya jika kita membiasakan untuk menggu-nakan bahasa Indonesia yang baik dan benar? Karena menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan sangat menguntung-kan bagi kita di masa mendatang.

Selain penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahasa daerah pun sudah mu-lai tergerus oleh zaman. Bahasa daerah kini semakin ditinggal-kan masyarakat, hanya sedikit masyarakat yang masih menggu-nakan bahasa daerah. Walaupun bahasa daerah bukan bahasa na-sional, tapi ada baiknya jika kita lestarikan bahasa daerah untuk kita wariskan kepada generasi mendatang.

Budi Shantika (Tika-CB)SMAN 6 Denpasar

Bahasa Kita Tergerus ZamanKOMPUTER tablet kini menjadi sebuah tren baru di kalangan pe-cinta gadget. Hampir menggusur popularitas komputer jinjing, de-sain yang simple dan lebih futuris-tik membuat tablet banyak diminati oleh pecinta gadget. Ketika awal kemunculannya, komputer tablet hanya dimiliki oleh kalangan high class saja karena harganya yang cukup mahal. Namun seiring de-ngan banyaknya produsen yang memproduksi, maka harga dan jenisnya kini lebih variatif. Bahkan bisa dibilang kini banyak sekali tablet android murah yang beredar (khususnya produk dari China).

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki tablet Android denga har-ga murah, tak ada salahnya jika meilirik Tablet asal China tersebut. Namun, sebelum memutuskan membeli tablet android brand lokal/merk China ada baiknya memper-hatikan beberapa hal berikut ini.Layar

Tak hanya tablet branded, saat ini tablet android murah asal China juga menanamkan teknologi capa-tive display. Yang perlu diperhati-kan, bahwa teknologi ini menjadi pondasi utama sensitivitas layar. Jika tablet yang kamu pilih mempu-nyai respon lambat ketika diusap atau disentuh, sebaiknya pertim-bangkan lagi untuk membelinya.

OOpin

OOpin

BahaKOMPUTER tablet kini menjadi uah tren baru di kalangan pe-

Membeli Tablet AndroidMembeli Tablet Android

ResolusiResolusi layar sangat menentu-

kan kualitas grafi k yang tersaji. Un-tuk tablet dengan ukuran 7 inchi, sebaiknya kita memilih 1024 x 768 px sebagai resolusinya, sehingga gambar yang ditampilkan lebih jelas dan memnajakan mata.Performa

Mempunyai tablet android mu-rah tetapi lemot ketika dijalankan, tentu bukanlah suatu hal yang ba-gus. Pilihlah tablet android dengan performa yang baik, paling tidak prosesor sudah punya kecepatan 1 GHz dan RAM 1 GB. Pasalnya, OS Android semakin rakus akan “tenaga” berbanding lurus dengan versi software-nya. Dukungan Update

Pilih tablet android yang mem-

berikan dukung-an update di

masa menda-tang. sehingga

tidak akan ber-henti pada OS versi

itu itu saja tetapi bisa mengikuti perkem-

bangan.Konektivitas Jaringan

Beberapa tablet an-droid yang dijual murah di

bawah Rp. 1 juta ternyata mengorbankan fi tur jaringan

GSM dan hanya menanamkan Wi-Fi sebagai konektivitasnya. Hal ini tergantung keperluan kamu, jika lingkungan bekerja/sekolah/tempat tinggal terdapat koneksi Wi-Fi tentu tidak masalah, namun jika sama sekali tidak ada, sebaiknya jangan pernah berpikir untuk membelinya.Layanan Purna Jual

Pilihlah vendor yang memberi-kan layanan purna jual dengan baik. Kamu tentu tidak ingin hal buruk terjadi pada tablet kamu, meskipun harganya sangat murah tapi tidak didukung layanan cus-tomer service dan sparepart, sama saja bohong.

Wayan JuliartaGRISSA

ttid

henitu it

mengibangan

KonektivBebera

droid yangbawah Rp.

mengorbanka

HAMPIR setiap pengguna kom-puter yang menggunakan sistem windows pasti pernah mengalami komputer yang tiba-tiba “hang”. Pasti kesal, dan hal ini tentunya akan mengganggu dan mengham-bat pekerjaan. Nah, berikut ini tips mudah untuk menutup aplikasi yang not responding seperti itu.

Tanda aplikasi yang hang ada-lah pada title bar aplikasi tertera tulisan not responding. Aplikasi yang hang ini tak bisa ditutup ke-cuali menggunakan task manager windows. Menggunakan task ma-

Cara Mudah Mengatasi Komputer “Hang”nager sebenarnya tidak sulit, ting-gal tekan Ctrl+Alt+Del, kemudian klik start task manager. Setelah terbuka, cukup pilih aplikasi yang hang, kemudian klik tombol end task untuk menutup aplikasi yang hang tersebut.

Dengan memanfaatkan fi le task-kill.exe bawaan windows, kita bisa menutup aplikasi not responding dengan jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan membuat shortcut ke fi le taskkill.exe deangan lang-kah-langkah sebagai berikut:

* Klik kanan desktop, pilih “Cre-

ate New Shortcut”.* Copy-paste kode warna merah

di bawah ke fi eld location shortcut.Setelah melakukan langkah di

atas, maka akan ada sebuah short-cut dengan nama “taskkill”. Dengan men-double klik shortcut tersebut, komputer akan secara otomatis mengidentifi kasi dan menutup se-tiap program “Not Responding”. Tips ini bekerja pada Windows XP Pro, Vista dan Windows 7. Selamat mencoba.

AtmajaSpelden

DALAM menjalankan ujian-ujian tertentu seperti UN ataupun UAS, kita sering kali dihadapkan dengan LJK (Lembar Jawaban Komputer) yang tentunya ada beberapa per-syaratan agar lembar jawaban tersebut dapat terdeteksi oleh OMR (Perangkat yang memeriksa lembar jawaban komputer). Nah, berikut adalah tips dalam mengisi LJK agar terhindar dari kesalahan.Pensil yang Bisa Dipakai

Semua pensil bisa dipakai, inti-nya adalah membuat lingkaran hi-tam pekat di LJK tersebut, namun yang menjadi standar adalah pensil 2B karena kepekatannya cukup dan mudah untuk dihapus. Bila meng-gunakan pensil HB, memerlukan waktu lama untuk menghitamkan dan resiko kertas rusak semakin besar karena pensil HB cenderung keras. Bila menggunakan pensil 6B hasil bulatannya sangat pekat, bila dihapus dijamin akan mengotori kertas isian kamu.

Bila ada noda kotor di LJK misal-nya noda pensil, sebaiknya dihapus hingga bersih sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. Tapi, bila ada noda di bagian kotak-kotak hi-tam (Skunk Mark) disekeliling LJK sebaiknya kita lebih baik menukar LJK tersebut, mengingat scanner berkerja berdasarkan titik koordinat

“Skunk Mark” tersebut se-cara horizontal dan vertikal.Cara Membu-latkan Isian

D e n g a n pensil 2B tentu-nya, usahakan saat mengarsir harus penuh satu bulatan. Tidak masalah

bila keluar dari lingkaran, asalkan tidak mengenai lingkaran lainnya. Mengenai pengisian jawaban yang harus sempurna mengisi bulatan dan tidak boleh lebih dari bulatan, itu tidak sepenuhnya benar. Se-lama pensil tidak melebar ke area jawaban yang lain, jawaban akan tetap terbaca. Jika sampai melebar ke area jawaban yang lain, akan ada dua jawaban yang terbaca, maka OMR akan mengembalikan karakter (asterik) sebagai hasil-nya yang berarti bahwa data/ isian tidak benar.LJK Sobek atau Terlipat

Walaupun yang sobek atau ter-lipat bukan dibagian Skunk Mark sebaiknya kita lebih baik menggan-ti LJK. Perlu kamu ketahui ternyata sensor pada scanner sangat tipis sekitar 0,5 mm dan sangat sen-sitif, jadi bila LJK-nya sampai ter-lipat kemungkinan untuk nyang-kut di scanner sangat besar dan kemungkinan besar bisa sobek. Kalau hanya terjadi satu atau dua masalah mungkin akan diperbaiki oleh yang pengoreksi (contohnya dari penulisan Nama/ Nomor/ DLL). Sebenarnya, terlipat sedikit di ujung-ujung kertas bukanlah suatu masalah asal jangan sampai kotor dan berwarna gelap di area utama form yang akan di scan,

Tips Mengisi LJK Agar Terhindar dari Kesalahan“tecdCla

pnshsT

karena dikhawatirkan OMR akan menganggapnya sebagai jawaban. Tetapi, jika kertas terlipat cukup parah dikhawatirkan akan tersang-kut dan menyebabkan kemacetan pada perangkat OMR.

OMR adalah piranti yang da-pat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh kom-puter. Piranti ini membaca masuk-an dengan bantuan optis, de-ngan menggali ketebalan tulisan. Teknologi OMR ini semakin hari semakin maju, yang menarik selain kemampuan pembacaannya yang kian meningkat, harga OMR pun semakin turun. Sehingga tak heran kalau beberapa sekolah dan bim-bingan belajar pun mampu untuk membelinya, tentu saja fasilitas ini makin mempermudah proses ujian dan ujicoba ujian di masing-masing institusi tersebut.

Dhimita Indri AnggraeniSMP SLUB Saraswati 1 Denpasar

15

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komen-tarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

VOCABULARYNo English Indonesia 1 Above Di atas 2 Aboveboard Tulus hati 3 Backyard Halaman belakang 4 Cage Kandang 5 Cagey Cerdik 6 Darling Sayang 7 Darn Tambalan 8 East Timur 9 Easter Paskah 10 Faddist Pengikut mode 11 Fade Memudarkan 12 Gallery Balai/gedung kesenian 13 Halcyon Tenang dan damai 14 Hale Kuat dan sehat 15 Idleness Kemalasan 16 Idler Pemalas 17 Jejune Kurus kering 18 Jell Mengental 19 Kibitz Suka ikut campur 20 Kibosh Rintangan 21 Lair Sarang 22 Nationalistic Kebangsaan 23 Nationalization Nasionalisasi 24 Obliterate Menghapuskan 25 Obliteration Kehilangan

ANGGAN WM bi i i k t d id tit

Kamis, 4 - 18 April 2013

Nama : I Kadek Manabu Takaku-ra (B las te ran Ba l i–Jepang)

Panggilan : ManabuTTL : Gianyar,Sekolah : SMAN 3 DenpasarKelas : XI IPA 6

Cita-cita : Menjadi orang yang berguna dan dapat mensejahte-rakan orang lain.

Komentar : Untuk menjadi yang terbaik sangat mungkin. Tapi untuk menjaga dan memper-tahankannya yang su-lit. Setiap usaha sekecil apapun pasti berbuah manis.

Nama : Ni Made Wulan Widyaswari Ananta Putri

Panggilan : Wulan Celuk (Soalnya di kelasku saja ada nama Wulan)

Sekolah : SMAN 3 Den-pasar

Kelas : XI IPA 6Hobi : BisnisCita-cita : Menjadi pe-

ngusaha suksesAlamat : Jalan Nusa

Kambangan No. 166 Denpasar

Komentar : Politik lebih sadis dari bisnis. Tak ada kawan abadi. Yang ada kepentingan abadi. Makanya lebih asyik berbisnis.

Namaku : Bernart Dic-tus Fandi-nata Can-dra

Cukup dipanggil Fandi.Sekarang saya duduk di kelas XI IPA 6 Trisma OK.TTL : Denpasar, 5

Mei 1996Alamat : Jalan Ratna,

Denpasar, Bali, Indo-nesia

Cita-cita : B i n g u n g a n t a r a swasta dan PNS

Saya tamat-an SMPN 1 0 D e n -pasar.

Komentar : Banyak te-m a n i t u m e n y e -n a n g k a n . Yang pen-ting dalam be r t eman itu penger-tian. Saling menger t i , memahami dan berte-m a n d e -ngan hati.

uk disma

ar, 596atna,sar,

ndo-

u n gr a

dan

mat-MPN

e n -

k te-i t u

y e -a n .

pen-lam

manger-

alinger t i ,hamierte-d e -

ati.

-

-

-

-

-

-

-

--

Hay teman-teman WM kenalan sama aku yuk!!!Nama : Ida Ide Ayu Rini

AnggreniNama Panggilan : Gung RiniTTL : Bangli, 13 April

1996Sekolah : SMAN 2 BangliKelas : XI IPA 4Alamat : Puri Agung Bunu-

tin, BangliHobby : Cycl ing , main

game fashion, makan, nonton tv, baca komik.

Cita-cita : Awalnya jadi dok-ter, semenjak SMA berubah al iran jadi ar-sitek

Facebook : Reenee AngelTwitter : (Anggrewni) @rinikripZodiak : Aries Komentar : Save our earth.

ik i

k Mla

g)ur,36

di me

enngntupesucil

ah

Manabu Takaku-as te ran Ba l i–

Denpasar

orang yang ensejahte-

njadi gat ukr--l

VV

kelasOK.TTL

Alam

Cita-c

Kome

r earth.

Kenalankan nama saya : I Ketut

Hedi MahayanaBiar nggak kepanjangan panggil

saja Hedi.Saya sekolah di SMAN 3 Denpasar

kelas XI IPA 6.Lahir di Denpasar, 5 Februari 1997

Cita-cita : Antara pengusaha dan

penguasa. Ha, ha, ha….

ama

nggila

kolah

las obi ta-cita

amat

menta

Na

Pa

Se

KeHoCit

Ala

Ko

14 3

Bagi grup band sekolah yang mau nongol di WM, silahkan kirim naskah dan foto via email: [email protected]

Kamis, 4 - 18 April 2013Kamis, 4 - 18 April 2013

KEGIATAN Olimpiade Peneli-tian Sains & Humaiora TRISMA I 2013 yang diselenggarakan oleh Sma Negeri 3 Denpasar memang telah mencapai puncaknya pada Sabtu, 23 Februari 2013, namun di balik itu, ada satu nama yang pada malam pengumuman dapat disebut bintang. Ba-gaimana tidak, dari lima ka-tegori terbaik pada Kelompok Sains Dasar, dia menyabet tiga penghar-gaan sekaligus makalah ter-baik, interaksi terbaik dan presentasi ter-baik. Jadi wajar medali emas sains dasar berada dalam genggaman-nya.

Devi, begitu ia akrab disapa. Gadis dengan senyum manis kelahiran Denpasar, 5 Februari 1999 ini memiliki nama lengkap Ni Luh Devi Kusuma Wati. Siswi yang saat ini masih duduk di kelas VIII SMP Nusa Dua awalnya me-ngaku tidak percaya dengan apa yang telah berhasil diraihnya. “Te-rima kasih Tuhan, MESTAKUNG!” itulah kalimat pertama yang teru-cap dari bibir tipisnya yang ber-balut senyuman manis. Ketika di-tanya apa itu mestakung, dengan senyum dia menjawab “Semesta mendukung.” Devi percaya ka-lau Tuhan sayang pada kita dan semesta atau lingkungan akan selalu mendukung kita kalau kita mau maju. Ketika ditanya menge-nai rahasia keberhasilannya, Devi hanya tersenyum dan berkata “Berusaha dan berdoa.”

Devi Kusuma: “MESTAKUNG!!!”Awalnya Devi sama sekali tidak

tertarik pada dunia tulis menulis apalagi penelitian ilmiah. Tiba-tiba seseorang meyakinkannya kalau Devi punya potensi. Orang itu mengajak Devi untuk bermimpi dan berusaha mewujudkannya,

mengajarkan agar jangan mengeluh dan percaya pada mestakung.

“Hal itulah yang membuat saya terus berusaha dan berdoa untuk mewu judkan mimpi. Devi ucapin terima kasih buat se-mua yang men-dukung Devi hingga bisa sampai seperti ini. Hal ini juga menjadi bukti bahwa biarpun

sekolah Devi swasta, tapi SMP Nusa Dua adalah sekolah swasta yang berkualitas.”

Keberhasilan yang telah dica-pai Devi ternyata diperoleh berkat usaha keras untuk meraih mimpi. Diawali dengan kegagalan me-nembus fi nal LKTI SMA Negeri 5 Denpasar, Devi membalasnya dengan meraih juara II pada LKTI SMA Negeri 3 Denpasar pada Januari 2013 dengan karya tulis studi tentang “Golden Ratio pada Patra Samblung dalam Seni Ukir Bali.” Puncaknya adalah medali emas sains dasar Olimpiade Pe-nelitian Trisma dengan karya tulis “Pemanfaatan Senyawa Alkaloid dan Flavonoid pada Getah Tana-man Bintaro (Carberra Manghas) sebagai obat luka. Wah-wah, he-bat devi, semangat dan wujudkan mimpi-mimpimu. Mestakung!!! (atw)

mampm

ysbbmmukmdhsimb

SIAPA bilang kawin cerai hanya terjadi di kalangan selebritis. Tak sedikit masyarakat kebanyakan yang juga mengalami. Menurut I Putu Bhisama Labdajaya, mencu-atnya ke masyarakat perceraian di kalangan selebritis, lantaran yang bersangkutan itu menyandang predikat publik fi gur. Berbeda de-ngan masyarakat biasa, yang ka-susnya tidak seheboh publik fi gur.

Padahal angka perceraian di ka-langan masyarakat biasa terbilang tinggi akhir-akhir ini. Bhisama—begitu siswa SMP (SLUB) Saraswati, Denpasar ini akrab disapa, menilai cu-kup banyak adat-istiadat maupun tradisi yang ada di sejumlah daerah di Indonesia dan Bali khususnya, yang secara tidak lang-sung berdampak pada rendahnya angka perceraian. Seperti budaya “Ngejero” yang ada di Desa Adat Ngis, Karangasem, yang dapat menekan angka perceraian. Di luar dugaan, tradisi warisan leluhur itu, salah

satu tradisi kuno, yang sangat efektif menekan angka perceraian di desa adat tersebut.

“Kita sesungguhnya harus bangga dengan sejumlah desa adat di Bali yang memiliki adat-istiadat maupun tradisi yang dapat menyikapi permasalahan sosial yang terjadi akibat perkembangan zaman. Salah satunya menekan tingginya angka perceraian,’’ ujar

Bhisama.Lahir di Denpasar, 10 Desem-

ber 1998, ABG berbintang sagi-tarius ini, telah menunjukkan kemampuannya terbaik dengan bidang penelitian. Tak menghe-rankan juara olimpiade humaniora ini setelah besar nanti akan ber-cita-cita menjadi seorang peneliti masalah-masalah sosial yang ter-jadi di masyarakat Bali khususnya. Sulung dua bersaudara pasangan I Made Asmara Jaya - Dewa Ayu Sri R. ini mengaku sangat tertarik untuk meneliti permasalahan so-sial yang terjadi di masyarakat. Walaupun dia harus bolak-balik Denpasar-Karangasem untuk merampungkan penelitian, ada keasyikan dan tantangan tersen-diri bagi Bhisama.

Bhisama berharap remaja Bali untuk tidak alergi dengan tradisi maupun adat-istiadat warisan luhur. Cukup banyak budaya-bu-daya kuno tersebut sangat efektif untuk menangkal terjerumusnya masyarakat akibat dampak negatif perkembangan zaman. Tahapan demi tahapan yang bernuansa kekeluargaan dengan melibatkan tokoh desa adat, rupanya mampu menekan tingginya angka per-ceraian.

Ngejero kata Bhisama salah satu tradisi lokal yang patut dia-cungi jempol. Dia yakin desa-desa adat lainnya di Bali juga memi-liki tradisi serupa. Walaupun tidak khusus untuk menekan tingginya angka perceraian, juga mem-pertahankan eksistensi seni dan budaya maupun keseimbangan ekosistem, dengan menjaga tetap lestarinya lingkungan, bagian yang tidak dapat dipisahkan de-ngan kehidupan masyarakat. Be-lajar dari berbagai dampak sosial yang terjadi, tradisi lokal yang maha agung itu harus terus digali dan dimanfaatkan untuk mengatur kehidupan masyarakatnya. Tanpa target juara, karya tulis Bhisama dengan teman satu sekolahnya Dinda, sukses menyabet predikat karya tulis terbaik. Istimewanya lagi mendapat apresiasi dari Wali Kota Denpasar Rai Dharmawijaya Mantra pada puncak HUT Kota Denpasar belum lama ini. (ast)

KEGIATAtian Sains &s2013 yang dSma Negeri telah menca

Devi

Padahal angka perceraian di ka-angan masyarakat

Bhisama.Lahir di Denpasar, 10 Desem-

ber 1998 ABG berbintang sagi

Teliti Kasus PerceraianBhisama

lbtib(DdkitsIksspaS“dKdaDtl

Ppl

IDE untuk me-ngadakan pensi dari obrolan semata. Ke-tua panitia “Agus Vany Susanto” yang biasa disapa “Vany” bingung untuk me-mulai program ini. Karena ingin memi-liki gebrakan baru dan bisa Berawal dari obrolan semata merupakan sebuah mimpi yang dapat kami wujudkan disini. Niat dan tekad kami yang membuat kami yakin untuk bisa me-nyukseskan acara tersebut. Tanpa modal, dan mengandalkan spon-sor, dan permulaan dengan budget Rp 500.000,00 dari uang pribadi ketua panitia yang dialokasikan untuk pengadaan proposal pensi.

Road to RES’PORIAFESTNama Kegiatan : Pentas Seni SMA Negeri 2 DenpasarTanggal : 23 Februari 2013 Tempat : SMA Negeri 2 Denpasar

Berharap bisa dalam kesenangan di tanggal 23. Dalam rangka pensi ini kami juga mengadakan audisi band yang bekerjasama dengan pihak Yamaha untuk menyeleng-garakan audisi band tersebut yang dilaksanakan pada tanggal

8 Februari 2013 yang dilaksana-kan di SMAN 2 Denpasar. Dalam acaranya ini juga diramaikan oleh beberapa bintang tamu seperti as-troyboys, 6000 band, radiowave, goodmorning sunrise, dalam audi-si ini diikuti bukan hanya dari anak resman sendiri tetapi juga dari sekolah luar yang juga ikut berpar-tisipasi dalam lomba tersebut. Da-lam audisi ini tidak hanya menen-tukan pemenang untuk band yg akan tampil di Pensi Resman yang bernama “ResPoriaFest” tetapi juga ditentukan pemenang band yang akan menjadi band pembuka untuk NOAH band yang audisinya juga diselenggarakan pada tgl 9 Februari 2013 yang bertempat di UNHI Denpasar. Untuk juara yang akan tampil pada Pensi Resman yaitu adeline, wangsa dan vermil-ion. Dan band yang akan tampil sebagai band pembuka NOAH itu ditentukan oleh pihak Yamaha sendiri.

4 13Kamis, 4 - 18 April 2013Kamis, 4 - 18 April 2013

Informasi Studi Lanjut

IKIP PGRI Bali kini dikenal sebagai LPTK favorit di Bali. Bayangkan jumlah mahasiswanya kini mencapai 6.500 orang. Sebuah angka yang besar berkat keper-

UNIV. WARMADEWA semakin berkibar sejak memiliki Fak. Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). FKIK ini adalah fakultas kedokteran kedua setelah FK Unud. Maka-nya FKIK Unwar menjadi incaran bagi lulus-an SMA/SMK di Bali.

Nah ini kabar gembira bagi kamu yang lulus tahun ini untuk bergabung di FKIK Un-war. Bahkan FKIK ini sudah berjalan empat tahun dan tahun ini adalah wisuda pertama FKIK Unwar.

Acara pelepasan alias yudisium dilaku-kan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FK) Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.Par.K., Sabtu (2/3) lalu. Pada yudisium lulusan perdana sarjana kedokteran (S.Ked) Program Studi Pendi-dikan Dokter (PSPD) sebanyak dari 52 ang-katan pertama, 46 dinyatakan lulus dengan baik. Sementara enam orang ditunda kelu-lusannya karena harus menempuh sejumlah mata uji.

Ketua PSPD, dr. I Nyoman Sueta, PAK., mengatakan mereka yang ditunda kelulusan-nya diberi waktu dua minggu untuk mengiku-ti program remedial dan syarat kompetensi lainnya sebelum acara wisuda.

Tampil sebagai lulusan terbaik masing-masing Komang Gangga Eka Candra (3,60), I Gusti Ayu Nita Kusuma Dewi (3,60), I Nyo-

Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru lewat Dua GelombangFakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unwar

man Warigardita Susila (3,52) dan I Made Wiraguna (3,50).

Dekan FK Unwar, Dewa Putu Widjana mengatakan FKIK sebagai fakultas termuda di Unwar kini banyak diminati masyarakat. Sebagai pimpinan fakultas sangat ber-bahagia karena berhasil menghantarkan 46 mahasiswanya menjadi dokter muda berkualitas.

Usai menempuh sarjana kesehatan, lu-lusan FKIK ini akan menempuh pendidikan profesi dan UKDI yang jauh lebih berat. Ma-hasiswa akan berhadapan dengan dosen, pasien dan keluarga pasien semua berinter-aksi yang menentukan kesuksesan menjadi seorang doktor. Makanya dia menekankan pentingnya komunikasi skill untuk menjadi dokter yang sesungguhnya.

Ia menekankan persiapkan diri dengan baik agar lulus UKDI. Sebab UKDI ini me-nentukan citra lembaga karena tak gam-pang dilewati. “Secara nasional, seribu lebih tak lulus UKDI,” ujarnya.

Dia mengaku inginkan lulusan FKIK Un-war lulus UKDI sampai 80 persen. Untuk itu dokter muda diminta terus menggali pe-ngalaman dan menjalani pendidikan profesi sebaik-baiknya.

Pendaftaran mahasiswa baru FKIK Un-war melalui dua gelombang. Pendaftaran

gelombang pertama dibuka 14 Februari-31 Maret 2013, ujian seleksi 1-2 April 2013. Sedang-kan gelombang II dibuka 24 April - 4 Juli dengan ujian seleksi 5 - 6 Juli 2013. Caranya menye-rahkan tanda peserta UN, mengisi formulir, melunasi biaya seleksi Rp 750 ribu.

Rektor Unwar, Prof. Dr. I Made Sukarsa me-ngaku gembira karena jajaran FKIK Unwar be-kerja dengan baik dan mahasiswa mampu be-lajar dengan benar se-hingga menghasilkan lulusan perdana. Sukses ini juga berkat kerja keras orangtua mahasiswa.

Dia juga berterima kasih jajaran dosen FK Unud yang ikut membantu dan membidani lahirnya FKIK Unwar. Makanya dia menga-takan mereka SDM yang tepat mengelola FK Unwar karena langsung mendapat hibah dari Band Dunia. Bahkan dia mengatakan sejak FK Unwar berdiri jumlah mahasiswa

Terbaik I di Akreditasi, Cetak Calon Guru Bermutu

TERBAIK - Dekan FKIK Unwar, Dewa Putu Widjana menyerahkan penghargaan ke-pada lulusan terbaik saat yudisium per-dana FKIK.

Unwar sejak delapan tahun terus mengala-mi peningkatan. “Bahkan FKIK adalah ATM-nya Unwar,” ujarnya. (sue/adv)

IKIP PGRI Bali

cayaan masyarakat yang tinggi terhadap kampus ini.

Jumlah mahasiswa terbanyak ada di tiga fakultas yakni Fak. Pendidikan Olah-raga dan Kesehatan (FPOK), Fak. Matema-tika dan IPA (FMIPA) dan Fak. Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) Indonesia dan Bali. Mahasiswanya juga padat di Fak. Pen-didikan ilmu Penge-tahuan Sosial (FIPS) dan Fak. Ilmu Pendi-dikan (FIP).

Yang menarik IKIP PGRI Bali sepanjang tahun tetap memberi-kan SPP gratis bagi mahasiswa bahasa Bali yang mau kuliah pagi. Kedua, semua calon mahasiswa baru IKIP PGRI Bali bebas dari uang bangunan. Bahkan SPP/bulan menu-rut Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Su-

arta, S.H., M.Hum.Kualitas IKIP PGRI Bali sudah teruji. Ini

dibuktikan prestasi IKIP PGRI Bali meraih terbaik I di bidang akreditasi di Bali, NTB dan NTT. Penyerahan penghargaan akredi-tasi terbaik diserahkan Koordinator Kopertis VIII, Prof. Nyoman Sucipta diterima lang-sung Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Su-arta, S.H., M.Hum.

Penghargaan ini disambut gembira sivitas akademika IKIP PGRI Bali karena menunjukkan kualitas kerja terbaik tahun ini. Dari sembilan program studi, semuanya terakreditasi, sebagian besar meraih nilai B. Ini menunjukkan IKIP PGRI Bali, taat asas legalitas dan mencerminkan bahwa LPTK ini berjalan diatas rel dan ketentuan yang benar.

Dr. I Made Suarta mengatakan, salah satu syarat legal bisa mengeluarkan dan me-neken ijasah, program studi harus terakredi-tasi. Bahkan untuk bisa meraih akreditasi ini berarti lembaga itu sudah mengantongi ijin operasional dan epsbed berjalan bagus. Ini berarti multi demensi yang dipenuhi IKIP PGRI Bali yakni memiliki ijin operasional,

epsbed yang bagus dan terakreditasi.Bukan itu saja IKIP PGRI Bali dipercaya

Mendikbud menjadi tuan rumah Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ON MIPA) antar PT di lingkungan Wilayah VIII.

Kamu yang memilih IKIP PGRI Bali juga disiapkan berbagai beasiswa. Misalnya bea-siswa BBM, PPA dan Supersemar dan bea-siswa program kelangkaan dari Disdikpora Bali. Termasuk beasiswa langka di Jurusan Bahasa Bali, Seni Rupa dan Seni Tari.

Made Suarta mengatakan semua lu-lusannya terserap di dunia kerja. Mereka menjadi guru PNS, guru swasta. Di samping membuka kursus, guru dan usaha mandiri. Calon guru yang dicetak IKIP PGRI Bali yakni guru profesional yang memiliki pen-didikan karakter berbasiskan akar budaya yang kuat. Mereka harus profesional dalam bidang keguruan atau menguasai empat komptensi guru pedagogik, akademik, so-sial dan personal.

Tunggu apa lagi, silahkan daftarkan diri ke kampus IKIP PGRI Bali di Jl. Seroja Tonja Denpasar atau di kampus Akasia di Jl. Aka-sia, Tanjung Bungkak Denpasar. (sue/adv)

cyyk

tfPr(tdB(Bjdtdd

UNDIKNAS University sudah dikenal sejak dulu sebagai universitas berkualitas. Jika kamu setelah tamat dan sarjana cepat mendapat pekerjaan silahkan mendaftar di Undiknas University.

Salah satu prestasi yang diukir Undiknas University yakni membuktikan diri sebagai salah satu kampus terbaik di wilayah Bali, NTB dan NTT. Undiknas University Denpasar meraih dua penghargaan terbaik di dua katagori dari Kopertis Wilayah VIII.

Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. Nyoman Sucipta, menyerahkan penghargaan bagi kampus terbaik dalam bidang akreditasi, epsbed dan hibah penelitian. Undiknas University Denpasar satu-satunya PTS yang meraih dua penghargaan tiga terbaik dalam bidang akreditasi dan hibah penelitian. Dua penghargaan itu diterima langsung Rektor Undiknas University, Prof. Gede Sri Darma, DBA.

Rektor, Prof. Gede Sri Darma mengatakan tahun lalu Undiknas Denpasar meraih terbaik I dalam epsbed, tahun ini dikembangkan untuk tiga katagori terbaik. Atas prestasi itu Rektor Undiknas mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para dekan, direktur direktorat dan ketua jurusan. Alasannya, berkat kerja keras, dukungan, kerjasama dan kerja cerdas mereka selama ini menghantarkan Undiknas meraih prestasi itu.

Undiknas University

Kampus Terbaik, Berkarakter KewirausahaanPrestasi ini, kata Gede Sri Darma yang

juga Ketua Apisi Bali, bukan atas kerja sendiri-sendiri, melainkan atas kerjasama dan kerja kolektif. Makanya ia mengatakan penghargaan ini sekaligus sebagai kado istimewa HUT Undiknas.

Gede Sri Darma mengatakan prestasi ini sebagai cambuk bagi sivitas akademika Undiknas untuk bekerja lebih baik, selanjutnya memotivasi diri untuk menjadikan Undiknas selalu meraih prestasi dan prestise sepanjang tahun.

Untuk dua penghargaan yang diterima Undiknas University, kata dia, diperoleh dengan bersaing secara terbuka bersama 104 PTS di Bali, NTB dan NTT. Makanya ia berbangga suskes di katagori akreditasi dan hibah penelitian sebagai tolok ukur kampus bermutu.

Rektor Undiknas University Denpasar, Prof. Gede Sri Darma, DBA., mempersilahkan lulusan SMA/SMK tahun ini untuk memilih salah satu fakultas di Undiknas University. Bisa memilih FEB dengan Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Fak. Hukum dengan Jurusan Ilmu Hukum, FISIP dengan Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Negara, Fak. Teknik dengan Jurusan Teknik Sipil dan Teknik Elektro. Di samping itu Undiknas juga memiliki Magister Manajemen (MM) dan Magister Administrasi Publik (MAP).

Di Undiknas University selain l u l u s a n n y a d i s i a p k a n m e n j a d i i n t e r p r e n u r andal juga dilatih menulis di jurnal ilmiah. Karena jiwa en t rep reneur wajib dimiliki semua insan Undiknas. Ini d i b u k t i k a n makin banyak s takeho lde rs Undiknas yang m e m b e r i k a n bantuan modal untuk program kewirausahaan.

Undiknas berkepentingan menumbuhkan karakter kewirausahaan. Hal ini pas dengan komitmen Undiknas yakni move to global and digital baik dalam kerjasama internasional, peningkatan kualitas riset dan pengembangan kewirausahaan. Untuk

PENGHARGAAN - Dosen Undiknas didampingi Rektor Undiknas, Prof. Gede Sri Darma saat menerima award internasional.

itu lulusan Undiknas diminta bersikap kreatif dan iniovatif meniti karir mandiri. (sue/adv)

KAMPUS - Wajah baru kampus IKIP PGRI Bali.

masih mengecewakan.

LibraKendalikan diri kamu

terutama jangan dikuasai nafsu yang menambah kehancuran dan pen-deritaan. Dekatkan diri kamu kepada Tuhan YME. Banyak sabar, mendengarkan ajaran agama, jangan terpengaruh hal-hal yang tidak baik. Asmara: Janji yang tak bisa ditepati. Dan kamu harus bisa menghibur diri sendiri. Jangan hanyut oleh keadaan yang menyakitkan hati. Study: Malu bertanya sesat di jalan. Datangi guru pembimbing.

ScorpioSungguh mujur nasib

kamu. Ada berita yang menggembirakan dan ada rejeki yang tak disangka-sangka. Bersyukurlah kepada Tuhan, sembahyang di tempat ibadah. Luaskan pergaulan, mencari teman baru dan obyek baru. Asmara: Membingungkan. Kamu dekati, dia menjauh. Kalau ada yang jatuh cinta kepadamu, kamu tidak respon. Akhirnya terjadi pemborosan. Study: Pertahankan hasil dan prestasi kamu. Semangat berlatih.

SagitariusNama semakin tersohor,

keuntungan bertambah, b i s a m e n g a d a k a n ke r j a sama . Menca r i tambahan has i l , teman dan ilmu pengetahuan. Bila perlu pergi jauh supaya bisa mengukur kemampuan kamu. Manfaatkanlah kesempatan baik ini. Asmara: Kisruh, ruwet dan bingung. Sebaiknya jangan berkomentar. Jadilah pendengar dan tunjukkan kesetiaan dan kejujuran. Orang sabar tentu disayang. Study: Mulai mendapat pujian. Tunjukkan kemampuan kamu.

dan saling percaya. Study: Bagus sekali. Pengorbanan dan belajar, tidak sia-sia. Lanjutkan.

CancerBuatlah perubahan dan

perencanaan yang baru-baru, supaya terhibur dan tercapai idam-idaman kamu. Adakan tukar pendapat dengan orang-orang yang lebih maju, sudah sukses dan banyak pengalamannya. Jangan ragu-ragu. Asmara: Masih berlanjut dan bisa diajak musyawarah, mana yang harus didahulukan. Jangan ingkar janji dan jangan berpaling kepada yang lain. Study: Banyak saingan, kamu harus menambah jam belajar.

LeoPusatkan konsentrasi

pada tugas atau proyek yang sedang kamu tangani. Jangan ikut-ikutan teman yang tidak punya tanggungan. Hindari foya-foya, hemat keuangan, mau kerja keras. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Asmara: Butuh pertolongan atau pengarahan dari orang lain. Bisa Ortu, bisa sahabat. Tidak bisa kamu atasi sendiri. Study: Apapun yang terjadi, harus kamu terima. Jangan membantah jangan protes.

VirgoYang banyak sabar,

menghadapi rintangan atau tantangan. Kamu harus lebih profesional, jangan meng-hadapi orang-orang yang bukan level kamu. Percuma berdebat dengan orang gila, orang yang picik tapi sok pintar. Asmara: Mendapat dukungan dan kepercayaan. Namun kamu berdua jangan bohong. Kemna pergi harus pamit atau minta ijin orang tua. Study: Sudah memeras otak, berusaha sekuat tenaga, hasilnya

Capricorn

Berjuanglah dengan gigih, supaya keinginan kamu segera tercapai. Hubung i o rang -o rang y a n g b e r s a n g k u t a n atau terkait dengan urusan d a n rencanamu. Jangan takut, jangan ragu, yang penting sopan dan jujur. Asmara: Perlu kesabaran dan waktu untuk merenungkan. Jangan banyak sibuk, supaya tidak kecapean. Kesehatan kamu perlu diperhatikan. Study: Bisa mendapat pertolongan, sehingga terangkatlah nilai kamu.

AquariusMasih harus bekerja

keras dalam mendapatkan keuntungan. Walaupun m e n d a p a t p u j i a n d a n kepercayaan, kamu tidak boleh sembrono dan sombong. Hindari pergaulan yang bisa menjebak kamu dalam kesulitan. Asmara: Mengalami goncang dan peristiwa yang pelik. Sehingga sulit untuk didamaikan dan dipertahankan. Kamu harus banyak sabar dan sembahyang. Study: Mulailah be la ja r dan menebus keka lahan, membetulkan kesalahan.

PiscesMemang belum waktunya

kamu mendapatkan apa yang kamu harapkan. Tetapi dari yang lain, justru mendapatkan kegembiraan. Oleh sebab itu jangan patah semangat, tetap rajin dan maju terus. Nanti akan berjumpa dengan orang yang baik hati. Asmara: Sebaiknya jangan mencintai

tetapi pilihlah yang mencintai kamu. Niscaya kamu bagaikan raja. Berkuasa ngatur dan minta. Study: Semakin rajin belajar, akan semakin berprestasi.

AriesTingkatkan kewaspadaan

dan selalu bertindak hati-hati. Sebab salah sedikit saja, bisa berakibat fatal. Utamakan urusan atau kepentingan kamu sendiri, jangan ngurus orang lain dan jangan percaya kalau tidak ada buktinya. Asmara: Boleh dibilang kamu bermagnet seperti besi sembrani. Teman-teman, dan banyak orang pada sayang kepadamu. Namun jangan salah persepsi. Study: Mendapat penghargaan, orang tua ikut bangga.

TaurusKeadaan kamu memprihatin-

kan. Banyak peristiwa sedih dan masalah. Hadapi lah kenyataan yang terjadi, dengan lapang dada, sabar dan pasrah. Yang penting tetap sembahyang dan tidak cari keruwetan. Asmara: Bisa mencoba untuk mendekati atau curhat kepada lain jenis. Di situlah kamu akan merasa teduh dan nyaman. Namun jangan Ge-Er. Study: Banyak membutuhkan dana. Kamu harus pandai mengatur uang.

GeminiKalau sedang tidak enak

badan, periksakan ke Dokter. Kalau banyak pekerjaan, jangan dipaksa untuk diselesaikan sekarang. Tenaga dan pikiran kamu jangan diforsir atau memaksakan diri, kurang istirahat. Asmara: Akan terjadi perselisihan dan salah paham. Jangan egois dan jangan emosi. Selesaikan dengan baik-baik, jujur,

12

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Jumat, 5 - 18 April 2013

Kamis, 4 - 18 April 2013

Pertanda Cinta

Terhenti seketika langkahkuTerpaku menatap indah bola matamuTerdiam membisuKeindahan merasuki kalbuParas tampanmu menusuk hatiBerkeliaran pada pikir iniDetak jantung enggan berhentiSemua tiba-tiba terjadiEntah apa yang sedang kurasaApakah ini pertanda cintaCinta pada pandangan pertamaSungguh menggetarkan dadaSemakin lama semakin dalam rasa iniTak ada lagi basa basiDan tak ka nada keraguan lagiAdakah ini menjadi cinta yang abadi

Eka Laksmi DewiSMA Dwijendra Denpasar

Stasiun Hati

Saat menaiki kereta ituDan turun di peron hatikuKau, berhentilah!Kuizinkan kau singgahAkan kusambut dengan hangat

Kubukakan pintu tuaYang usang dan berdebu semuaKarena lama tak ada tamuYang mempesona sepertimu

Rel-rel kita sudah terjalinMembentuk jalur batinKasih, sayang, dan cintaYang kokoh tanpa dusta

Saat kau ingin lariKau tak akan bisa pergiKarena keretaku tak melaju lagiSetelah sampai di tempat iniDi sini, di stasiun hati

Ni Ketut Cintya Riska PrathiwiSMAN 1 Denpasar

Dengan atau Tanpamu

Jika aku tersenyumKau palingkan wajahmuMenggores hatiMeninggalkan luka yang dalam

Ketika ku ratapi kauKau pergi terikat alamMenggugah sanubariMembuat jiwaku merintih

Tingkah lakumuMengoyak hatikuMenyiksa batinkuAku lemah tanpamuTapi aku hancur denganmuKini aku gundah karenamuEntah mana yang kupilihTanpamu atau bersamamu

Nadya KardeviSisma

Maafkan Aku Ayah Tak mampu ucap lewat kataAtau lukis dengan isyaratSebuah ceritaKalbu pilu menyayat Dengarkan bedebah tuaRasa sesal iniSerasa enggan pergiYah aku tahu hingga akhir hayatTak jua kau hapus dihatiKini langkah terus terbayangiAkan kisah ini 13 tahun laluAku lahir ke duniaHarapmu ku dapat raih yang kau angankanNamun harap tinggal harap Sikapku bagai algojo pencabut nyawamuTapi tetap kau sabar hadapi daku Kini lewat puisi Kupersembahkan sepenggal maafMaaf yang tak bisa terima apa adamuMaaf tak pernah bisa wujudkan Segala mimpi anganTerpendam

Ayu Diah MaharaniGrisda

Tanah Berkarat

Ku berpijak dalam kelamPenuh dosa, luka ,dan kotorPikiranku terkupasAsa yang dulu Tak dapat ku gapai lagi

Ku terdengar langkahan kakiDalam tanah tak bertuahDikesunyian suciPenuh dilema yang hanyut

Dalam hening ku bersuaraAkankah aku keluar, dari lingkaran ini?Tidak kah kau sadari?Aku hancurHancur dalam tanah berkarat

TusvianiRegrisma

Jeritan Malam

Bukannya angkuh menyangkal rasaSebatas ragu hadirkan cintaGoresan kisah tinggalkan lukaHati terkatup enggan membukaHatiku berontak sesakkan dadaJiwa menjerit sarat kata tanpa suaraTerjepit erat dalam jeratnya dustaJungkirkan niat mengubur asa

Dhimita Indri AnggraeniSMP SLUB Saraswati 1 Denpasar

Hadiah Termulia

Haruskah kuuraikan pada kataAtau kupendam dalam sanubariAtau kutanya mentariKe mana langkah membawa kakiYang kian tersesat Ke jurang laknat Hadiah yang Kau beriBerupa buku petuahMenyadarkankuMeluruskan asaMelapangkan jalan berkabutMenuju kedamaian Dunia-akhirat

Kania Candra Dewi VIIIASMP PGRI 2 Denpasar

Derita

Kau bagai mentari yang mampu menghangatkanJika-kau,Kau balut luka-kuDengan ketulusan dan kejujuranmuKarnamu hidup ini terasa berartiKini aku terasa hidup lagiDari kebekuanYang lama terdampar dilaut yang dangkalDan bersalju

AA. RasmawanX.4 Regrisma

Yang Terabaikan

Ia yang disana,Bersembunyi dalam kejamnya duniaPerih bersama luka pecutan takdirTerhempas dashyatnya cobaan

Ia yang disana,Lantunkan harapan, impian dalam doaSendu air mata wakilkan ribuan kataTak mampu ungkap pada masa

Ia yang disana,lemah telah habiskan ikhtiar yang adaLelah terapung dalam ketidakpastian Terkapai-kapai secercah harapan yang enggan bertandang

Tapi, kini...Ia yang disana,Tutup usia dengan gembiraTerlepas dari bengisnya kehidupanTerbang bebas bersama udaraMeski kehampaan tak jarang menyapa

Agung DeviTriska

5Kamis, 4 - 18 April 2013

11Kamis, 4 - 18 April 2013

6 Kamis, 4 - 18 April 2013 , p

ENTAH dari kapan ini ber-mula dan entah dari kapan ini semua berakhir. Aku yang ha-nya seorang gadis kecil beru-mur 14 tahun sudah merasa-kan apa arti kehilangan yang sebenarnya. Ku akui aku tidak menyukai kehidupanku yang sekarang, kehidupan dimana aku harus berpura-pura tegar bertahan hidup dengan rasa sakit hati karena kehilangan-nya dan rasa sakit yang akhir-akhir ini mulai kurasakan di kepalaku.

Aku sendiripun lupa kapan terakhir kali aku melihatnya walau hanya di dalam mimpi dan terkadang aku mudah sekali lupa dengan semua ke-jadian yang pernah ku lalui. Yang masih aku ingat jelas hanya waktu itu, saat aku ha-rus mendengar kabar kema-tian yang dialami oleh orang yang setauku sangat ku cin-tai.

Aku ingat, walaupun aku tidak pernah memilikinya sela-ma dia masih hidup, aku ada-lah seorang gadis yang ceria sekalipun aku harus mena-

ngis, alasan terbesarku untuk menangis adalah karenanya.

Dia adalah pria yang ku kenal saat aku berumur 13 ta-hun. Hidupku yang datar dan biasa saja mendadak penuh warna dan arti disetiap de-tiknya, bahkan walaupun dia selalu menyakitiku dan aku ja-rang sekali bertemu dengan-nya rasa yang ku simpan un-tuknya tak pernah ku buang, karena saat itu aku sangat ya-kin kalau dia adalah jodohku dan mungkin bersamanyalah aku akan menghabiskan sisa umurku. Tapi, terkadang apa yang kita mau tak sesuai juga dengan apa yang Tuhan mau, aku hanya diberikan waktu satu tahun untuk mengenal-nya, dan bodohnya setahun itu aku buang percuma ka-rena keegoisanku sendiri.

Pria yang seharusnya men-jadi orang terdekatku malah berubah menjadi bayang semu yang tak akan pernah bisa aku gapai lagi. Dan se-jak itu aku mulai merasa letih untuk tetap hidup, mungkin ini terlalu melankolis dan ber-

lebihan, tapi memang inilah perasaan yang ku rasakan, perasaan seorang gadis yang selalu menebar senyum dan tawa dalam hidupnya menjadi seorang gadis yang hanya bisa menangis dan menyakiti dirinya secara perlahan.

Aku merasa hidupku se-makin berpura-pura saat aku mencoba melupakan pria itu dan membiarkannya tenang di alamnya, namun saat itu-lah Tuhan kembali mengujiku dengan selalu mengirimkan-nya ke dalam mimpiku dan merusak pikiranku secara perlahan, hingga akhirnya aku putuskan untuk tetap menyim-pan rasa ini untuknya dan tak berani mencoba membuang-nya walau sedikit saja.

Namun sekarang yang ku rasakan hanya rasa sakit yang semakin lama semakin parah menggerogoti fi sik dan mentalku, sakit di kepala yang sangat nyeri membuatku lelah berfi kir dan menguras memo-riku sedikit demi sedikit, aku jadi mulai terbiasa dengan ke-biasaan baruku untuk selalu

duduk di tepi kamarku sambil mendengar lagu-lagu lembut yang mengingatkanku pada pria itu, hingga akhirnya ku dengar suara lagu itu lama ke-lamaan mengecil dan menghi-lang.

Tak lama kemudian aku ter-bangun di sebuah tempat yang sangat asing, Aku rasa itu ada-lah rumah sakit karna aku bisa mencium bau khasnya, kulihat semua keluargaku berkumpul me-ngelilingiku dengan wajah lesu dan senyum yang sangat getir, tampak mata mereka

mulai berkaca-kaca melihatku yang mulai keku-rangan energi untuk bergerak. Aku mencoba ter-senyum kepada mereka dengan sedikit kekuatan yang ku punya, tapi tak lama kemudian mata ini mulai terasa berat dan se-makin berat hing-ga membuatku kembali terlelap.

Mungkin aku tertidur, tidur yang mungkin sangat lelap,

Fanny Nirmala SMAN 6 Denpasar

sampai-sampai di dalam tidur-ku aku bertemu dengan pria itu, pria yang membuatku se-perti ini, aku tak pernah mem-bencinya sedikitpun namun aku sangat marah karena dia meninggalkanku begitu cepat.

Hari itu dia tidak meninggal-kanku lagi bahkan dia malah menarikku ke dalam peluk-annya sampai akhirnya dia mengajakku pergi ke tempat-nya dan pergi meninggalkan duniaku bersamanya.

duduk di tepi kamarku sambil

mkyrauAsmsytakinbmgk

teys

sampai sampai

mkyruAsmsytkibmgk

tys

SUDAH menjadi tradisi, jajaran SMAN 6 Denpasar mensosialisasikan UN kepa-da para orangtua siswa kelas III. Kepala SMAN 6 Den-pasar, Drs. I Nyoman Mu-dhita, M.Pd., Minggu (17/3) lalu mengundang 330 orang-tua siswa kelas III yang akan mengghadi Ujian Nasional (UN). Rapat juga dihadiri Ke-tua Komite, Made Wirata, S.H. dan pengurus lainnya.

Saat itu Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Mudhita, M.Pd., menjelas-kan soal pentingnya UN dan syarat kelulusan. Sedangkan untuk ujian sekolah sudah di-lakukan sejak 4-15 Maret, se-dangkan UN mulai 15-18 April mendatang.

Kasek Nyoman Mudhita di-dampingi para wakasek Drs. Nengah Mudhana, I Ketut Ka-nia, S.Pd., Drs. I Nyoman Sudi-artha, Ni Nyoman Bandarayani, Drs. Jero Kum menegaskan tak akan merekayasa nilai siswanya agar bisa lulus me-lainkan mengedepankan keju-juran. Dia mengajak orangtua siswa untuk bersama memoti-vasi anak meraih prestasi ter-baik. Untuk itu ia menantang guru bidang studi UN untuk menghantarkan siswanya lu-lus 100 persen seperti yang diraih pada UN tahun lalu ser-

ta nilai rata-rata UN mening-kat dari tahun lalu. Alasannya, nilai UN murni mulai tahun ini akan dijadikan bahan pertim-bangan diterima di PTN .

Dia juga menjelaskan ma-teri UN untuk jurusan IPA meliputi BI, Inggris (15 soal listening, 35 pilihan ganda), Matematika, Fisika, Kimia, Bi-ologi. Untuk IPS diujikan BI, Inggris, ekonomi, geografi dan sosiologi. Tahun ini tak ada uji-an ulangan, untuk itu ia minta siswa dan orangtua jangan tergoda dengan SMS kunci jawaban yang mengacaukan konsentrasi belajar siswa. Yang penting, ikut mengawasi cara belajar anak dan men-jaga gizi makanan dan jangan membebani siswa dengan tu-gas berat lainnya.

Dia mengungkapkan salah satu tantangan siswa kelas III menghadapi UN saat ini yakni kebiasaan siswa berlama-lama di internet. Hal ini perlu dikontrol orangtua siswa di rumah agar TI itu benar-benar dimanfaatkan untuk penga-yaan pelajaran bukan untuk yang negatif.

Para orangtua siswa saat pertemuan tersebut juga me-nyatakan dukungannya ter-hadap program sekolah ter-masuk biaya penyelengaraan les tambahan. Made Nita,

KEMERIAHAN serangkai-an HUT ke-225 Kota Denpasar juga dilakukan di SMKN 2 Denpasar. Sekalipun sekolah disibukkan dengan UKK dan pemantapan, warga SMKN 2 Denpasar bersemangat menggelar berbagai lomba untuk memeriahkan HUT Kota Denpasar.

Aneka lomba yang digelar sepenuhnya bernuansa ajeg Bali. Lomba melibatkan siswa kelas X dan XI. Acara dibuka oleh Kepala SMKN 2 Den-pasar, Drs. Wayan Sarjana.

Ketua Panitia Tjok. Gede Adnyana, S.Pd., menjelaskan sengaja memilih lomba ber-nuansa ajeg Bali agar sesuai dengan Denpasar sebagai kota berwawasan budaya. Di antaranya lomba mem-buat canang raka yang berisi buah-buahan untuk kelas X, membuat pejati bagi siswa kelas XI. Di samping itu dige-lar lomba ugrawakia atau MC berbahasa Bali untuk kelas X dan XI.

Selanjutnya, hari Selasa siswa SMKN 2 Denpasar menggelar aksi kebersihan di lingkungan sekolah dan wilayah sekitarnya. SMKN 2 Denpasar mengerahkan 150 siswa untuk menjadikan Den-pasar kota bersih dan lestari.

Kasek Wayan Sarjana ber-bangga semua lomba ajeg

Bali yang digelar mendapat respons positif dari siswanya. Ini dibuktikan jumlah peserta lomba dan penontonya mem-bludak.

Wayan Sarjana mengung-kapkan lewat lomba ini anak-anak menghayati dan sadar bahwa kota Denpasar itu milik kita bersama. Ini pas dengan motto “Denpasar, kotaku ru-mahku”.

Lomba bernuansa ajeg Bali, kata dia, juga pas de-ngan penerapan Tri Hita Kara-na. Sebab semua hasil karya anak-anak dipersembahkan saat persembahyangan pur-nama di parahyangan setem-pat.

Kedua, dia juga mengim-plementasikan jiwa kewirau-sahaan sesuai bidang keah-lian di SMKN 2 Denpasar. Le-wat keterampilan ini siswanya memiliki inspirasi membuka usaha mandiri di bidang canang dan pejati serta men-jadikan kecakapan hidup un-tuk MC berbahasa Bali.

Selain sukses menggelar lomba, Tim Akuntansi SMKN 2 Denpasar kini sedang ber-juang di UI mengikuti Olim-piade Akuntansi tingkat na-sional. Sekolah ini dua kali meraih juara III dan sekali juara Harapan I. Tahun ini tim SMKN 2 Denpasar di-harapkan Wayan Sarjana bisa arapkan Wayan Sarjana bisa p y j

Bersama Motivasi Siswa Meraih Nilai Terbaik

SOSIALISASI UN - Kepala SMAN 6 Denpasar, Nyoman Mudhita (dua dari kanan) saat memberikan sosialisasi UN 2013.

Sudana dan Aris menyatakan sudah ikut serta membantu anaknya menghadapi UN baik dalam bentuk pengawasan belajar maupun dalam kegiat-an rekreasi agar mereka tak sampai stres meghadapi UN.

Ketua Komite SMAN 6 Den-pasar, I Made Wirata berteri-ma kasih para orangtua siswa sudah banyak membantu sekolah dalam mempersiap-kan anaknya menghadapi UN. Termasuk mendukung pendanaan untuk memberi-kan siswa kelas III les tam-bahan. (sue)

meraih juara umum karena sudah berada di ranking I di babak penyisihan.

Sementara itu 359 siswa kelas III SMKN 2 Denpasar sukses menjalani UKK 19-23 Februari untuk program keahlian akuntansi, perbank-an, administrasi perkantoran, pemasaraan dan usaha per-jalanan wisata (UPW) dan teknik komputer jaringan. UKK dilakukan tim dari dunia industri dengan target kelulus-an nilai delapan.

Di bulan Februari, siswan-ya juga banyak meraih juara di berbagai lomba di akade-mis dan non akademis. Di akademis, juara umum Olim-piade Akuntansi di FE Unud. Sementara di cabang olah-raga dan seni berupa juara II sambramawacana, juara I, II dan II tekwondo, juara III ka-rate, kriket juara III se- Kota Denpasar dan juara III se-pak takraw. Jadi, anak-amak SMKN 2 Denpasar selain ah-lai dalam program keahlian, dia juga juara di olahraga dan seni. Bahkan SMKN 2 Den-pasar meraih penghargaan sebagai sekolah Adi Wiyata di Denpasar. Sekolah ini diper-caya menjadi duta Denpasar dalam lomba cerdas cermat empat pilar kehidupan ber-bangsa se-Bali pada bulan Maret. (sue)

Meriahkan HUT Kota Denpasar

PEJATI - Kasek Wayan Sarjana dan Tjok. Gde Adyana menyaksikan siswa terlibat dalam lomba membuat pejati di SMKN 2 Denpasar.

KEMERIAHAN serangkai-n HUT ke-225 Kota Denpasar

dil k k di SMKN 2

Bali yang digelar mendapat respons positif dari siswanya.

meraih juara umum karena sudah berada di ranking I di

SMKN 2 Denpasar Gelar Lomba Ajeg BaliSMKN 2 Denpasar Gelar Lomba Ajeg Bali

SMAN 6 Denpasar Undang Orangtua Siswa

36. “ Set the knob to the minimum heat “ The synonym of the underlined word is … . A. adjust B. supply C. select D. choose

The text is for numbers 37 , 38 , 39 and 40 .

Hotels are places that provide lodging and usually meals and various personal services for the public. A good hotel provides many comforts and conveniences.

Travel is usually save and pleasant.Hotels with hundreeds of rooms are common . People can fi nd the advertisements of the hotels in

newspapers, brochures, internet, and magazines. Downtown hotels suvive and prosper because of two important factors. First, business travellers wish to stay close to the offi ces or industrial plants they plan to visit. Second, the location of the airport is close to the hotels.

As the pace of jet travel grows, hotels springs up near airports. Some travellers stay at airport inns when their fl ights are delayed. To save time, business executives often select airport hotels for meetings or conferences. Once the plane lands, the hotel is only minutes away .

37. Why do business executives often select airport hotels for meetings or conferences? A. To get good services B. To spend time C. To save time D. To get pleasure

38. Which of the statements is correct according to the above text? A. Business executives like to stay far away from the airport B. Threre are three kinds of written media stated in the text C. Internet is the only media where we can fi nd advertisements D. All travellers like to stay in airport hotels or inns

39. The last paragraph mostly tells us about … . A. the reasons why travellers like to stay at airport hotels B. the meetings or the conferences of business executives C. the reasons why the fl ights are delayed D. the hotels and the inns which are located close to airports

40. “Hotels are places that provide lodging and usually meals“ The underlined word means … . A. confi rm B. request C. recall D. offer

The text is for numbers 41 , 42 , 43 ,and 44.Dear grandmum, I’m now sitting in a nice restaurant, here in Lovina beach with mum and dad. From here I can see

beautiful views. Yesterday we saw dolphins. We started to go at about 5 a.m. with the boat captain and a guide. We saw a lot of jumping dolphins. They were unbeleivable.

Tomorrow we will go to Kintamani village to the lake views. We hope we will arrive in Ubud in the arternoon because we plan to walk around the monkey forest and see “Kecak dance“ in the evening. It’s really fantastic!, there‘re a lot of sight seeing to see here in Bali. Well grandmum, it would be nice if you are here, too.

I miss you grandmum, we will be back to see you next week.

With hugs and kisses, Carolina

41. Carolina and her parents saw dolphins … . A. early in the morning B. late at night C. in the afternoon D. in the evening

42. Where will Carolina see “ Kecak dance ? “ A. In Kintamani B. In Lovina C. In Ubud D. In Penelokan

43. The word “ they “ ( paragraph, line 3 ), refers to … . A. Carolina and her mother B. beautiful views C. Carolina and her father D. jumping dolphins

44. “They were unbeleivable!” The synonym of the underlined word is … . A. suitable B. incredible C. terrible D. fl exible

The text is fo no.45 - 46

Compelte the paragraph below with the right words!

10 7

No : 17 Kirim jawaban TTWM ke:Email : [email protected] dengan wesel pos ke Redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama uang Rp100 ribu untuk dua pemenang.

JAWABAN TTWM 16

PEMENANG TTWM NO.16 :

L a y a r

Kamis, 4 - 18 April 2013 Kamis, 4 - 18 April 2013

TTWM No. 171

PRIVATEPROPERTY

NO TRESPASSING

Latihan Soal UN

1 Mendatar:1. Garis tengah; 5. Bahan

pewarna; 7. Konsep diri sen-diri; 9. Saluran kemih bagian dalam; 10. Puncak (Inggris); 11. Perbuatan (Inggris); 13. Tidak mujur; 14. Penjara; 16. Wajah (Inggris); 17. Hancur lebur; 18. Makanan dari kedelai putih; 19. Tidak modern; 20. Bibi (Inggris); 21. Air gulai sayur/daging; 22. Binatang yang hidup di air.

Menurun:1. Menurunkan berat badan;

2. Pengangkatan anak; 3. Pen-didikan; 4. Akibat/pengaruh; 5. Jalan, aturan/sistem; 6. Senan-tiasa tunduk; 8. Pergi (Inggris); 12. Binatang melata; 14. Kain khas Indonesia; 15. Tunduk dan hormat; 16. Kenyataan; 17. Bagian tumbuhan.

2 3 4 5 6

7 8 9

10 11 12

13

14 15 16

17

18 19

20

21 22

Mendatar :

1. Warna4. Naik6. Irigasi7. Fana10. Pinata

11. Dunia12. Dagu14. Magister19. Arwah21. Bangau22. Saw23. Texas

Menurun :

2. Agresi3. Negara4. Naif5. Keranjang8. Alang

9. Madu 10. Padam 13. Ubi15. Abai16. Saat17. True18. Rasa20. Has

21. Arrange the sentences below into a coheren paragraph! 1. They bought some paintings and some handicrafts 2. After that, they visited Bella’s grandmother 3. Last week Shinta and Bella went to an art shop 4. They were very happy that day. 5. They wanted to get some souvenirs 6. They went back home late in the afternoon.

A. 3 – 5 – 1 – 2 – 6 – 4 B. 3 – 5 – 1 – 6 – 2 – 4 C. 3 – 5 – 2 – 1 – 6 – 4 D. 3 – 5 – 2 – 6 – 1 – 4The text is for no.22Complete the paragraph below with the right word! Last holiday I went to a zoo with my friend , Leo. We went there by a motor bike.We left at 6.00 a.m. and …( 22 ) at about 8.00 a. m. We saw various animals there We were very happy and we went home in the afternoon

22. A.walked B. stayed C. departed D. arrived

The text is for no. 23

RE : Ballroom Reservation From : Max Andryan ( Max- [email protected] ) Sent : Monday, June 08, 2009 2: 17PM To : [email protected]

Dear Mr Gede, Please confi rm the grand Baliroom for our meeting on Friday, June 12, 2009 Kindly prepare the Registration desk in front of the meeting room and VIP transit room for

100 persons. Please feel free to contact me for further information at +65 346 478900 87 ( my mobile phone )

Max Andryan Marketing Manager

23. The meeting will be held in … . A. the VIP transit room B. the Grand Baliroom C. the Registration desk D. the Condrad Bali

The text is for numbers 24 , 25 , 26 and 27 !

Once a lion, a fox, and a donkey set off a day hunting, after agreeing that each was to have an equal share of what was caught.

After a time, they were able to pull down a fat buck. As fairly he could, the donkey cut up the buck into three equal parts, and then he invited the lion to take his choice.

At this, the lion fl ew into a violent rage, sprang on the poor donkey, and kill him with a powerful blow. Then the lion told the fox to devide the meat. This the fox did ; but he was cun-ning. He put aside a big heap for the lion share, and kept a small piece for himself.

Seeing this, the lion looked very pleased. “Master Fox ,” he said, “this is indeedA most satisfactory divisor. Who taought you to be so clever?““The dead donkey has been my teacher, “replied the fox . “From his foolish conduct I have

learned to be wise“

24. Paragraph 2 tells us about … . A. how the donkey devided the buck. B. how the lion pull down the fat buck C. how the lion take his choice D. how the lion devided the buck

25.Who kept only a small piece of meat for himself? A. The lion B. The fox C. The donkey D. The buck

26. The suitable title of the above text is … . A. The clever judge B. The wise lion C.The stupid lion D. The lucky donkey

27. Who killed the donkey? A. The fox B. The hunter C. The lion D. The buck

The text is for number 28 and 29 .Complete the paragraph ! 68179766607Edward, I’m in Jakarta now, I just arrived at the … ( 28 ), the fl ight was exciting. I’m on the

way to the hotel .I’m travelling with my family to Jakarta and Yogjakarta. Actually I miss you, I hope I can see you in Bali soon.Well, I’ll … ( 29 ) you, when I arrive at the hotel. 28. A. airport B. bus station C. railway station D. harbour

29. A. meet B. see C. call D. fi nd

30. Arrange the sentences below into a coheren paragraph based on the pictures given!

Picture 1 Picture 2 Picure 3 Picture 4

1. Malin Kundang’s mother cursed her son, then the ship was wrecked and suddenly Malin Kundang turned into a stone statue. 2. One day, a pirate asked Malin Kundang to sail with him, Malin Kundang agreed.3. Once upon a time, in a small village near the beach in West Sumatra, lived a poor woman and her son, Malin Kundang. 4. Malin Kundang’s mother was so happy, but Malin Kundang denied to meet her.5. Years later, Malin Kundang was very rich , and hecame to the village with his wife. A. 3 – 2 – 4 – 1 – 5 B. 3 – 2 – 5 – 4 – 1 C. 3 – 5 – 2 – 4 – 1 D. 3 – 2 – 4 – 1 – 5

The text is for number 31,32 , and 33 .

ANNOUNCEMENT All students and teachers, please join the “ Let”s Clean Our Environment” The program will be held on Sunday, August 9, at 07.00. Bring tools needed to help you, such as broom, sickle, pail or hoe. The principle, Mr.

Johan will lead the program . Don’t miss it, Show that you care with the environment.

Coordinator, Karna Tha

31. How many kinds of tools should the students and the teachers bring? A. 7 B. 6 C. 5 D. 4

32. Who wrote the announcement? A. Mr. Johan B. Karna Tha C. The students D. The teachers

33. “ The principle, Mr. Johan will lead the program“ The synonym of the underlined word is … . A. headmaster B. committee C. organizer D. coordinator

The text is for numbers 34, 35 and 36 .

How to use the “SMART” electric iron. 1. Plug the supply cord to the electric which is 220 V AC 2. Turn on the iron and the indicator lamp will be on3. Set the heat needed by rounding the knob. The indicator lamp will be off if the

needed heat is reached. If the heat decreased , the thermostat will turn it on and the indicator lamp will be on

4. Stand the iron and wait for few minutes5. While you increase or decrease the heat, wait for few minutes before being used6. Set the knob to the minimum heat before the supply cord unplugged 34. How do we set the needed heat? A. Unplug the cord B.Plug the cord C. Round the knob D. Decrease the heat

35. After pugging the supply cord, we must … . A. stand the iron and wait for few minutes B. set the heat to the minimum heat C. increase the heat D. turn on the iron

ChimpanzeesChimpanzees are African apes. They look similar to gorillas. Their body are very much

the same. Chimpanzees mostly eat fruits. They … ( 45 ) the day searching for fruits, nuts, and eggs

as they move through their territory. They are strong animals and they can walk … ( 46 ) on their legs’

45. A. climb B. swim C. sleep D. spend

46. A. easily B. lazily C. wisely D. slowly

47. Arrange the word below into a meaningfull sentence! you - bring – school – for – own – trip – tomorrow – meals – the! 1 2 3 4 5 6 7 8 9

A. 7 – 8 – 2 – 1 – 5 – 4 – 3 – 6 – 9 B. 7 – 8 – 1 – 2 – 4 – 5 – 6 – 3 – 9 C. 2 – 1 – 5 – 8 – 4 – 9 – 3 – 6 – 7 D. 2 – 1 – 8 – 3 – 9 – 4 – 6 – 5 – 7

48. Arrange the word below into a meaningful sentence! you – was – seriously – studying – called – yesterday - I – when – me 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A. 7 – 2 – 4 – 3 – 8 – 9 – 5 – 1 – 6 B. 7 – 2 – 4 – 3 – 8 – 1 – 5 – 9 – 6 C. 6 – 8 – 1 – 5 – 9 – 3 – 7 – 2 – 4 D. 6 – 8 – 7 – 5 – 1 – 9 – 2 – 4 – 3 49. Arrange the sentences below int a choheren paragraph!

1. Suddenly the earth began to shake and formed a big lake with full of water.2. They were happily married and had two daughters who always brought him lunch every day3. Sahala was very angry when his daughters ate his lunch and he shouted, “You behave like daughters of a fi sh!“4. Once, a fi sherman named Batara Guru Sahala went to a river for fi shing; after a while he caught a fi sh. 5. The two daughters and their mother jumped and swam into the lake and now, this lake is

called Toba lake. 6. Then Sahala asked her to marry him; the woman agreed but she asked Sahala to keep the secreet that once she was a fi sh.7. Sahala was very surprise to fi nd that the fi sh he caught could talk, and it turned into a

beautiful woman when he set it free . A. 4 – 7 – 6 – 3 – 2 – I – 5 . B. 4 – 6 – 2 – 7 – 3 – 1 – 5 C. 4 – 2 – 6 – 7 – 1 – 3 – 5 D. 4 – 7 – 6 – 2 – 3 – 1 – 5

50. Arrange the sentences below into a coheren paragraph! 1. We continued walking into the forest, and then we had lunch in a small restaurant 2. While were walking around, suddenly a naughty monkey approached my sister, and tried to take her her bag 3. Actualy she was not afraid of the monkey,but she was just very surprise. 4. We walked around the area , and we saw a lot of big bats and monkeys, there 5. We went home at about 5 p.m; and we were very exited. 6. My sister and I went to Alas Kedaton, in Tabanan regency

A. 6 – 4 – 3 – 2 – 5 – 1 B. 6 – 4 – 2 – 3 – 1 – 5 C. 6 – 4 – 5 – 2 – 3 – 1 D. 6 – 4 – 1 – 3 – 2 – 5

KUNCI JAWABAN :

21. A 22. D 23. B 24. A 25. B 26. A 27. C 28. A 29. C 30. B 31. D 32. B 33. A 34. C 35. D 36. A 37. C 38. B 39. A 40. D 41. A 42. C 43. D 44. B 45. D 46. A 47. C 48. B 49. A 50. B

DI negara-negara tertentu, remaja atau mereka yang telah melewati akil balik dan menuju usia dewasa, terkena wajib militer. Mereka direkrut dan dididik secara militer dalam jangka waktu ter-tentu. Pendidikan bela negara tersebut sebagai bagian dari proses pendidikan cinta tanah air. Bila suatu saat negara terancam dan memerlukan tenaga, mereka telah mempunyai bekal untuk

Love and HonorBintang : Liam Hemsworth, Aimee Teegarden, Teresa

Palmer, Austin Stowell, Chris LowellSutradara : Danny MooneyProduser : Chip Diggins, Patrick Olson, Eddie Rubin, Peter

Pastorelli, Jim Burnstein, Garrett SchiffDistributor : Lighting Entertainment IFC Films

Antara Cinta dan Tugas Negara

diterjunkan langsung meng-hadapi perang.

Film arahan Danny Mooney ini menceritakan persoalan remaja pada tahun 70-an yang terlibat perang Vietnam dan gerakan anti perang. Film ini disebut-sebut mengambil kisah nyata seorang tentara AS yang pulang kampung ke Michigan untuk mendapatkan kembali cintanya .

Mooney ingin menawarkan persoalan perang dalam kaca-

mata remaja. Jadi sejak awal ingin ditekankan bahwa tak ada yang mu-luk-muluk dalam fi lm ini. ‘Love and Honor’ hanyalah drama yang memba-has persoalan mendasar anak muda seperti cinta, pengertian dan sedikit petulangan.

Karenanya Mooney membawa aktor ganteng Liam Hemsworth yang melejit namanya saat memerankan Gale Hawthorne dalam fi lm ‘The Hunger Games’ (2012). Pacar penyanyi Miley Cyrus itu ditemani Teresa Palmer (‘Take Me Home Tonight’) dan Aimee Teegarden (‘Prom’) yang menjadikan fi lm ini benar-benar bergaya remaja.

Dalam fi lm ini Hemsworth berperan sebagai Mickey Wright yang meru-pakan sahabat Dalton Joiner (Austin Stowell) saat diterjunkan di Perang Vietnam pada 1969. Eratnya ikatan persahabatan mereka, membuat Mickey berusaha membantu Joiner mendapatkan kembali cintanya yang telah diputus oleh pacarnya, Jane lewat surat.

Mereka dengan diam-diam kembali memanfaatkan cuti mereka untuk menemui Jane (Aimee Teegarden). Pertemuan Joiner dan Jane meng-hasilkan banyak perbedaan sekarang. Joiner dengan seragam militer se-dangkan Jane terlibat dalam aliran kelompok anti perang. Bahkan Jane pun telah berganti nama menjadi Juniper lengkap dengan dandanan ala hippies yang sedang popular saat itu.

Mickey bertemu dengan teman Jane, Candace (Teresa Palmer) yang belakang saling menaruh hati. Berempat mereka menghabiskan masa sebagai AWOL (Absent Without Offi cial Leave) istilah militer untuk tidak melaporkan keberadaan mereka selama cuti. Mickey pun lebur dalam kelompok itu, tidak lagi mengenakan seragam militer namun kaos oblong bergambarkan tokoh pemberontak Che Guevara.

Tanpa sengaja mereka berurusan dengan aparat keamanan setelah unjuk rasa anti perang yang mereka lakukan berujung pada kerusuhan. Ini yang memaksa Joiner dan Mickey memikirkan kembali rencana me-reka, apakah akan kembali ke Vietnam ataukah tetap di Amerika namun berlabelkan sebagai pelarian. Disisi lain, Joiner telah mendapat kepastian tentang cintanya. Dan Mickey pun diminta Candage untuk tinggal di Ka-nada melanjutkan hubungan mereka. Joiner dan Mickey pada akhirnya menyadari pilihan hidup mereka dan tanggungjawab yang harus diemban termasuk di dalamnya cinta dan tugas negara. (yud)

1. Surya Darma I Gusti Putu SMA Negeri 4 Denpasar

2. I Dewa Made Budi Krisnajaya SMP Negeri 2 Kerambitan

Pemenang Polling Wiyata Mandala

Bunga Pandan Sari1. SMPN 3 Denpasar

Wayan Juliarta 2. SMP PGRI 1 Denpasar

I Made Agus Nawi Sugiartha 3. SMAN 6 Denpasar

Desak Made Novita 4. SMAN 7 Denpasar

Komang Yuniari5. SMK Negeri 3 Denpasar

Dipersilahkan mengambil hadiah di sekretariat Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar, lantai 2. Hadiah bisa diambil dua minggu setelah penerbitan ini.

PRESTASI luar biasa diraih Kepala SMP PGRI 1 Den-pasar, I Nengah Sukama, S.Pd., M,.M. Belum lama ini dia dikukuhkan meraih gelar doktor ekonomi di Pasca sarjana Univ. Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya.

Nengah Sukama dinyatakan lulus dengan sangat memuaskan dengan desertasi “Pengaruh kepemimpinan Asta Brata, kemampuan pelatih dan komitmen kepelatih-an terhadap kinerja kepelatihan dan character building pada atlet perguruan pencak silat Satria Muda Indonesia (SMI) Komisariat Daerah Bali”. Ini bagian dari manajamen SDM (ekonomi), salah satu cabang ilmu ekonomi. Nengah Sukama selain sibuk di Wakil Ketua PPLP Dasmen PGRI Denpasar dan Bali juga dikenal menjadi pelatih dan ketua umum SMI Bali dan Ketua Resimen Jala Satria Garuda-Bali. Sehari-hari sebagai Kepala SMP PGRI 1 Denpasar.

Sukama menyelesaikan program S-1 di FPOK IKIP PGRI Bali, S-2 UPB Surabaya dan doktor di Untag Surabaya. Gelar doktor diraih dalam waktu kurang dari tiga tahun. Sukses ini juga berkat promotor Prof. Dr. Haji Ujianto, M.S. dengan ko promotor Dr. Selamet Riyadi, MM.Ak., Di ujian terbuka dia diuji oleh 10 penguji dan dia mampu menjawab semua pertanyaan penguji dan penanya akademik.

Pimpinan sidang langsung diketuai Rektor Untag, Prof.

Sukana adalah anak ke enam dari pasangan I Wayan Kantor (alm) dan Ni Nyoman Nurasti, dilahirkan di lereng Batukaru, Br. Batungsel, Pupuan, Tabanan. Suami tercinta dari Ni Putu Suryani, S.Pd., dan ayah tercinta I Putu Gede Satria Bayu dan Kadek Mas Sonia Dewi ini banyak dipuji karena di tengah kesibukkanya bisa meraih doktor. “Inti-nya bukan waktu mengatur kita, tapi kita mengatur waktu. Kedua, cintailah pekerjaan itu,” ujarnya.

Sukses ini dia peruntukkan untuk membangkitkan generasi muda betapa pentingnya pendidikan, karena pendidikan sumber masa depan dan mengubah kehidupan bangsa dan negara. Dia ingin menjadi contoh bagi guru lainnya untuk menempuh S-3.

Kabid Dikdas Disdipora Kota Denpasar, I Made Raka, S.E.M.Si., Ak., di sela-sela memantau UN, Selasa (2/4) lalu memberi ucapan selamat kepada Sukama. Dia mengaku sangat mengapresiasi Sukama meraih gelar doktor dan menjadi contoh meningkatkan kualitas diri. Dia berharap peningkatan SDM para pimpinan dan kasek terus didorong karena akan berguna bagi anak didik dan bisa ditransfer pada PBM. Inilah, kata dia, bagian dari mencetak generasi muda emas Bali. (sue)

DOKTOR - Kabid Dikdas Made Raka memberi selamat kepada Nengah Sukama yang meraih gelar doktor.

Dr, drg. Hajjah Ida Ayu Brah-masari. Yang menarik, saat mempertahankan desertasi-nya dia didukung ratusan te-manya dari sekolah dan Bali. Akhirnya, Sukama dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai doktor baru di Untag.

Sukama yang memang dikenal sebagai pelatih di Satria Muda Indonesia ini mengatakan gelar doktor ini akan disum-bangsihkan untuk kehidupan demi kemajuan masyarakat. Makanya penelitian Sukama diakui sangat original menggu-nakan pendekatan statistik dan mengandung konsep Hindu. Hasil penelitiannya menun-jukkan lima variabel (Asta Brata, komitmen, kamampuan, kinerja dan character building) menunjukkan angka signifi kan. Semua variabel ini bermanfaat untuk meningkatkan prestasi atlet silat SMI Bali. Dia sengaja menggunakan konsep local genius untuk dibuktikan di penelitiannya.

98

Langkah Menberi Maaf

Kamis, 4 - 18 April 2013

Apa dan SiapaBahaya Tidur

Menggunakan Kipas Angin

BERAT badan yang belebihan memang cukup mengganggu. Selain mengganggu penampilan, yang paling utama dari kelebihan berat badan adalah menggangu kesehatan, karena kelebihan be-rat badan dapat memancing berbagai penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Nah, jika kamu merasa kelebihan berat badan, ini dapat dirasakan dari bentuk tubuh yang kurang ideal, dan me-ningkatnya proporsi lemak pada bagian tubuh tertentu seperti perut. Berikut ini adalah tips sederhana cara menurunkan berat badan.Kurangi Makan Gorengan

Makanan yang digoreng sangat erat dengan menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penim-bunan lemak berlebihan di dalam tubuh. dan sebaiknya makanlah makanan dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.Konsumsi Nasi Merah

Dengan mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kom-pleks yang berasal dari nasi merah akan semakin mempercepat proses pembentukan penurunan berat badan. Karbohidrat ini me-merlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut te-rasa kenyang lebih lama. Selain Nasi merah yang mengandung kar-bohidrat kompleks adalah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum.Jauhi Makanan Cepat Saji

Junk food atau makanan cepat saji erat hubungannya dengan lemak.Hindari Minuman Soda

Hindarilah minuman soda yang banyak mengandung kalori. Pada satu botol kecil minuman bersoda mengandung 250 kalori yang se-mua berasal dari gula. Dan dampak dari seringnya minum-minuman yang bersoda bagi wanita kemungkinan besar akan terkena obesi-tas, diabetes atau osteoporosis. Serta minuman bersoda ini tidak memiliki kandungan vitamin.Kurangi Porsi Makan Kamu

Mengurangi sedikit porsi makanan tiap hari, ini bisa dilakukan secara bertahap hingga setengah porsi dari kebiasaan sebelum-nya. Selain itu, makan sedikit tetapi lebih sering lebih baik dari pada makan banyak tetapi jarang yaitu makan 5 x sehari tetapi dengan porsi kecil membuat metabolisme tubuh lebih baik serta membantu cara menurunkan berat badan.Banyak Buah dan Sayur

Menggantikan makanan camilan dengan buah dan sayur sangat disarankan bila kita sedang ingin menurunkan berat badan, selain itu buah dan sayuran juga baik buat kesehatan karena mengandung gizi dan vitamin yang dibutuhkakn oleh tubuh.Minum Air Putih Sebelum Makan

Meminum air putih sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar,

Menurunkan Berat Badan

senantiasa berpegang pada pemaafan. Atmaja

Spelden

kamu. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menda-patkan mata sehat.

• Jalanigayahidupsehat,misalnyadenganmengon-sumsi makanan dengan gizi seimbang. Perbanyak me-ngonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A.

• Ketikaberaktivitasdiluarruangan,lindungimatade-ngan memakai kaca mata. Dan ketika kamu bekerja dengan komputer, pastikan layar monitornya sudah menggunakan kacafilteruntukmenangkalradiasikomputer.Istirahatkanmata setelah bekerja 30 menit di depan komputer. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali a-lihkan pandangan mata ke luar ruangan.

• Hindari menggosok-gosok mata secara kasar danberlebihan.

• Bekerja dan membacalah dengan cahaya dan pe-nerangan yang cukup.

• Jauhiasaprokok.• Bilamatamemerah,matakeringdanlelah,gunakan

obat tetes mata.• Kurangijamnontontelevisi.• Cekkesehatanmata,sedikitnyasetahunsekali.

Nadya kardeviSisma

SEMUA orang pasti ingin memiliki mata yang sehat dan berfungsi seoptimal mungkin. Jadi, be-gitu mata bermasalah, meski sekedar kelilipan, jika tidak segera diatasi, akan mengganggu aktivitas

sedikit waktu, seperti 45 menit atau bahkan 5 menit, dan mulailah mengerjakan tugas sampai waktunya habis. Setelah itu, akan lebih mudah memutuskan untuk melanjutkan.

Lihatlah Manfaat Salah satu alasan kita menjadi malas karena kita hanya melihat

kesulitan dari tugas ke depan tanpa memikirkan manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita menyelesaikannya. Jadi fokuskan pikiran kamu pada manfaat bukan kesulitan.

Menetapkan Hadiah Jika manfaat terlalu jauh dicapai di masa depan, maka mung-

kin tidak cukup kuat untuk memotivasi kamu untuk bertindak seka-rang. Dalam kasus tersebut, kamu dapat memberikan diri kamu ha-diah lebih cepat. Kamu mungkin membiarkan dirimu untuk makan makanan favorit kamu atau menonton bioskop sebagai hadiah telah menyelesaikan tugas.

Pikirkan yang Akan TerjadiSementara berpikir tentang manfaat yang dapat memotivasi

kamu, pikirkan juga tentang kerugian jika kamu tidak melakukan tugas-tugas tersebut. Apa konsekuensi jika tidak melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan?

Cari Partner. Partner dapat memotivasi kamu untuk mengatasi kemalasan. Meskipun motivasi dari dalam diri adalah yang terbaik, kadang-kadang kita juga perlu motivasi dari luar.

Bagilah TugasBagilah tugas menjadi bagian-bagian kecil yang lebih terkelola,

dan kemudian tangani mereka satu per satu.Tantang Diri Kamu. Buatlah tugas menjadi menyenangkan

dengan mengubahnya menjadi sebuah tantangan. Misalkan : Dapatkah kamu menyelesaikan tugas-tugas? Banyak orang bisa melakukannya, jadi mengapa kamu tidak bisa?

Indriati PutriSMP PGRI 3 Denpasar

sehingga bisa mengurangi kadar porsi makan kamu. Selain itu air putih juga bermanfaat mening-katkan metabolisme pada tubuh.Rajin Berolahraga

Apabila kamu mempunyai jadwal olahraga yang rutin, tam-bahkanlah porsi dan waktu untuk berolahraga, ini bisa membuat badan lebih sehar dan segar.

Fidi GunadhiSMA PGRI 2 Denpasar

Olah Raga Berolahraga adalah cara

yang baik untuk meningkatkan energi sehingga kamu merasa berenergi dan waspada sepan-jang hari.

Istirahat yang Cukup. Bagaimana kamu merasa an-tusias jika kamu mengantuk? Jadi pastikan kamu memiliki istirahat yang baik.

Tetapkan Waktu Memulai Hal yang paling sulit adalah untuk memulai, sisanya akan lebih mudah. Jadi tetapkan

TIDURmenggunakankipasanginatauACmemangmenyenangkan. Suhu panas jadi berkurang, tidur pun jadi lebih nyenyak. Tapi jangan senang dulu, ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan resiko yang lebih tinggi jika dibiasakan pada orang tua, atau orang yang memi-liki masalah dengan pernapasan.

Jika tubuh terlalu lama terkena hembusan kipas a-ngin,atauAC,makaakanmenyebabkantubuhkehilang-an air dan hipotermia. Selain itu juga dapat menyebab-kan kematian akibat peningkatan kejenuhan konsentrasi karbon dioksida dan penurunan konsentrasi oksigen.

Untuk mencegah sesak napas karena membiarkan kipasangindanACmenyalasepanjangmalam,pasangtimer 15-30 menit sebelum kamu tidur. Selain itu arah angin pada kipas harus diputar agar angin yang menga-rah ke tubuh kita tidak terlalu besar.

Jika memang tidak bisa tidur karena terlalu gerah, bu-kalah sedikit pintu kamar kamu atau setidaknya kamar memiliki ventilasi yang cukup. Tujuannya adalah untuk menghindari kejenuhan karbondioksida dalam ruangan dan sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik.

Diah LarassatiSLUA

Minuman Peluruh LemakA P A

yang kamu p i k i r k a n saat ingin adalah me-ngurang i l e m a k t u b u h ? U m u m -nya orang b e r p i k i r t e n t a n g o lahraga dan me-ngurang i a s u p a n kalori dari makanan. Faktanya, minuman juga ber-pengaruh

besar terhadap kadar lemak di dalam tubuh.Soda, jus buah, dan alkohol merupakan penyum-

bang besar kalori untuk tubuh kamu dan menimbulkan timbunan lemak. Maka dari itu, mengubah kebiasaan minum mungkin dapat membantu kamu menghilang-kan lemak berlebih pada tubuh.Air

Air putih sudah lama dikenal sebagai minuman ter-baik yang membantu menurunkan kadar lemak tubuh. Air, selain harganya yang relatif murah, juga turut mem-bantu membersihkan racun dari tubuh, serta memper-cepat metabolisme. Maka minumlah cukup air putih setiap harinya.Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak sekali kandungan se-nyawa kimia yang dapat membantu meluruhkan lemak tubuh. Kafein merupakan salah satu kandungan uta-manya. Namun, epigallocatechin gallate (EGCG)dankatekin merupakan dua kandungan dari teh hijau yang berfungsi membakar lemak.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nutri-tion menemukan bahwa teh hijau yang dikombinasikan dengan latihan rutin membantu menstimulasi penurun-an kadar lemak tubuh.Susu

Siapa bilang susu membuat kamu bertambah ge-muk? Susu rendah lemak justru akan membantu kamu cepat langsing. Susu mengandung kalsium yang mem-buat tulang kuat sehingga memelihara diet sehat kamu. Selain itu, susu sumber protein yang baik dan diper-lukan tubuh untuk membuat energi, membakar kalori dalam prosesnya.Jus Tomat

Buah tomat mengandung sedikit kalori dan kan-dungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kadar serat tinggi yang dimilikinya membantu kamu untuk merasa kenyang.

Wayan JuliartaGRISSA

BILA kamu merasa kesulitan memberi maaf, maka ada baiknya mengikuti petunjuk berikut ini. Untuk mem-bantu orang agar bisa memberi maaf secara tulus, Ev-erett L Worthington Jr, PhD, professor psikologi di Vir-giniaCommonwealthUniversity,menyiapkanprogramdalam lima langkah, seperti berikut ini:

1. Ingatlahperasaansakithatiataulukabatinyangkamu alami secara obyektif tanpa menyalahkan dan mengorbankan diri.

2. Cobalahberempatidenganorangyangmenyakitiperasaan kita. Renungkan mengapa ia melakukan hal itu, apa yang dirasakan orang itu sehingga perbuatan-nya menimbulkan sakit hati.

3. Bayangkan semua masalah dilihat dari sudut pandangnya.Carainiakanmempermudahkitamema-hami mengapa ia sampai menyakiti orang lain.

4. Bagian dari kita yang mengutamakan kepenting-an orang lain (altruistis) akan berpikir bahwa kita telah dimanfaatkan dan bagaimana rasanya memaafkan.

5. Ketika tiba saatnya untuk berkomitmen memberi maaf, orang biasanya mengucapkan “belum”, tetapi ketika akhirnya mereka melakukannya, mereka harus

CELANA denim atau celana jeans, memiliki pangsa pasar paling besar di dunia. Untuk tren di 2013, celana ini pun masih terus mendominasi dengan beberapa inovasi baru, kata pemilik Standard Denim Supply Co,Marcel Lukman. Kecenderungan ini terjadi karena banyak merek celana jeans yang memproduksi denim berwarna-warni seperti pink, merah, kuning, bahkan chino atau cokelat kehijauan.

Ada tiga hal utama yang diperhatikan dalam tren celana jeans, yaitu tiga ‘f’: fit, finishing, dan fabric. Bahan celana denim berjenis raw

material akan selalu digemari pecinta denim klasik. Denim berbahan

mentah ini disukai karena semakin lama akan semakin mengikuti bentuk tubuh pemakainya, sehingga akan semakin nyaman dan tampak trendi saat dikenakan. Warna denim mentah yang cenderung gelap, disukai para pecinta denim karena lebih mudah untuk padu badan.

Sementara untuk tren musim panas, jenis denim light finish akan digemari karena memberikan kesan santai dari warna belel yang dihasilkan. Untuk fabric dan cutting, denim jenis bahan stretch bermodel skinny dan lurus masih menjadi tren, dan orang-orang sudah tidak lagi menggunakan cut bray atau boot cut. Cut bray atau boot cut merupakan jenis celana yang pas pada pinggul hingga lutut, dan semakin melebar hingga mata kaki.

Wayan JuliartaGrissa

SEKALIPUN dalam suasana persiapan UN, perayaan HUT ke- 34 SMPN 3 Denpasar tetap semarak. Berbagai lomba digelar melibatkan siswa setempat dan siswa lainnya di Bali. Puncak HUT digelar 9 April secara sederhana.

Sabtu (23/3) lalu Kepala SMPN 3 Denpasar,IWayanMurdhana,S.Pd.,M.Psi.,bersamaparagurudanOSISmenyerahkansumbangan sosial ke dua panti asuhan yakni PA Dharmajati II di Penatih danPA Tatwamasi di Jaya Giri. Sementara di sekolah digelar lomba paduan suara, gebogan, memasang sengkui, membuat sanggah cucuk, klakat, tamiang, klangsah, dan nuansa budaya Bali lainnya.

Hal ini dilakukan untuk mendukung program Denpasar sebagai kota berwawasan budaya dan visi SMPN 3 Denpasar menuju prestasi bertaraf

BANTUAN - Kasek Wayan Murdhana bersama guru dan OSIS menyerahkan bantuan diterima Sekretaris Yayaysan Tattwamasi, Ni Wayan Suji.

HUT ke- 34 SMPN 3 Denpasar

Bantu Panti Asuhan, Gelar Olimpiade

internasional, berbudaya, berkarakter, beriman dan bertaqwa. Budaya sebagai ujung tombak keberhasilan pembangunan di Denpasar. Makanya perlu dipupuk sejak usia dini anak-anak mempratikkan budaya Bali yang berkaitan dengan agama Hindu. Akhirnya siswa semakian tumbuh rasa percaya dirinya terhadap budayanya sendiri. Ini sekaligus implementasipendididkan karakter karsena saat lomba terjadi komunikasi yang intens antara sesama, dan bekal ngayah di masyarakat.

Sedangkan kunjungan ke panti asuhan, untuk mengasah kepekaan sosial para siswa. Juga meningkatkan hubungan antara sesama dan menyadari masih banyak teman seusianya yang kurang mampu dan perlu mendapatkan uluran tangan. Ketiga, belajar mengintrosfeksi diri agar jangan merasa diri sombong bahwa

materi bukanlah segala-galanya.Di samping itu Murdhana

mengajak siswanya mensyukruri atas rahmat yang diterima lomba sehingga kian mampu berlaku jujur, hormat terhadap orang lain. Kuncinya mempertebal tenggang rasa terhadap orang lain.

Sementara lomba eksternal dilakukan untuk merekrut input berkualitas lewat olimpiade mata pelajaran untuk menjaga mutu yang diraih sekolah ini. Para juaraI,IIdanIIIditerimalangsungdi SMPN 3 Denpasar dengan syarat mereka mendaftarkan diri di sekolah.

Wayan Murdhana didampingi Wakasek I Gusti Made Bajra,S.Pd, menjelaskan olimpiade mata pelajaran diikuti 668 orang siswa SD se- Bali. Untuk BahasaInggris juara I, IIdanIIImasing-masing diraih Euginia Junitha, Widad Saputra (SD PublicSchool),danIDewaGedeDaniswara(CiptaDarma)

LombaMatematika juara I,IIdan III diraih KadekDwi BagusAnanta Udayana (Saraswati 4), Novi Rilinda (Santo Yoseph), INyoman Wigraha Yoga (CiptaDarma). Untuk IPA juara I, IIdan III diraih Putu Amrita Ajna(Saraswati 6), IGA BagusAdnyana Paramartha (Saraswati 5),danINyomanAdityaAriPutra(Saraswati 3).

Murdhana berharap dengan perayaan HUT di tahun pertama kepemimpinannya dia ingin menumbuhkan rasa jengah dan rasa memiliki bersama untuk memajukan sekolah. Makanya dia selalu berkoordinasi dengan komite, guru dan Disdikpora agar jadwal lomba tak sampai mengorbankan hari efektif belajar. (sue)

PENGURUS PPLP Dasmen PGRI Kota Denpasar, sejakJumat (22/3) lalu diserahterimakan dari Drs. I Made DasnaAstadi, MAP, kepada Drs. I Nengah Madiadnyana, M.M.PelantikanpengurusbarudilakuaknKetuaPGRIKotaDenpasar,Drs. Nyoman Winata, M.Hum.

Setelah dilantik, pengurus baru langsung dikukuhkan oleh KetuaPPLPDasmenPGRIBali,Drs.IMadeSuada,M.M.,M.Si.AcaratersebutjugadisaksikanKadisdikporaKotaDenpasar,IGNEddyMulya,KabidDikmenDrs.IWayanSupartha,M.Pd.,KetuaPGRI Bali, Dr. GedeWentenAryasudha, M.Pd., Ketua BMPSDenpasar, A.A. Sudarsana, Ketua Dewan Kehormatan Guru, sesepuhdankasekdilingkunganPPLPPGRIKotaDenpasar.

Struktur pengurus baru 2013-2018 dengan Pelindung Kadisdikpora Kota Denpasar, Penasihat Dr. I Gede Wenten

Madiadnyana Pimpin Ketua PPLP Dasmen PGRI Denpasar

Aryasudha, M.Pd., Drs. I Made Dasna Astadi dan IKetut Kontra. Pembina Drs. I Nyoman Winata, KetuaMadiadnyanadibantuolehWakilKetuaDrs. INengahSukama,M.M.,SekretarisDrsIGNWiadnyana,M.M.,M.Pd., Wakil Sekretaris Ishaq Jafar Nasution, S.Pd.,M.M., Bendahara Drs. I Made Rumpiuk anggota Dra.LuhGedongRenendanDrs.IGNWirata,M.M.

NengahMadiadnyanayangjugaKepalaSMKPGRI3 Denpasar terpilih secara aklamasi dengan suara dukungan terbanyak dari kasek dan direkomendasi olehPDPGRIKotaDenpasar.Untuk ituMadiadnyanamengungkapkan rasa terimakasihnya dan doa restu agar pengurus baru yang dipimpinnya bisa menjalankan tugas berat dan tantangan ke depan. Dengan model kerjasama dan dukungan pemerintah dan komponen lainnya, kata dia, tugas berat itu akan menjadi ringan.

Dia mengakui YPLP beda dengan yayasan lainnya yakni bukan sentralistik, namun mengacu pada Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah (MPBS). Makanya dia mengatakan pengawasan, pembinaan dan administrasi ada di unit sekolah. Hubungan ini ia katakan sebagai interaksi, konsultasi dan direktif.

Ketua PGRI Kota Denpasar, I Nyoman Winatamenegaskan PPLP PGRI tak hanya sekadar ada,melainkan leading alias memimpin di akademis dan non akademis.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya,PPLP Dasmen adalah kumpulan orang-orang yang bergerak di mimbar akademis, sehingga bukan yayasan profit oriented. Dia harus menjadi garda terdepan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mengedepankan kapabilitas akademik.

PPLP Denpasar diakui banyak memberi kontribusi besar dengan 22 sekolah menghantarkan APK dan APM Bali mencapai diatas rata-rata nasional dan Miliminum Development Gols. Dia berharap semua sekolah PPLPDasmen PGRI Kota Denpasarmenjadi sekolahprimadona dan pilihan masyarakat. Angka menunjukkan hampir60jumlahsiswabarumemilihsekolahPGRIdiDenpasar. (sue)

SELAMAT - Nyoman Winata menyerahkan panji PGRI kepada Nengah Madiadnyana saat dilantik Ketua PPLP PGRI Dasmen Kota Denpasar.

Kamis, 4 - 18 April 2013

98

Langkah Menberi Maaf

Kamis, 4 - 18 April 2013

Apa dan SiapaBahaya Tidur

Menggunakan Kipas Angin

BERAT badan yang belebihan memang cukup mengganggu. Selain mengganggu penampilan, yang paling utama dari kelebihan berat badan adalah menggangu kesehatan, karena kelebihan be-rat badan dapat memancing berbagai penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Nah, jika kamu merasa kelebihan berat badan, ini dapat dirasakan dari bentuk tubuh yang kurang ideal, dan me-ningkatnya proporsi lemak pada bagian tubuh tertentu seperti perut. Berikut ini adalah tips sederhana cara menurunkan berat badan.Kurangi Makan Gorengan

Makanan yang digoreng sangat erat dengan menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penim-bunan lemak berlebihan di dalam tubuh. dan sebaiknya makanlah makanan dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.Konsumsi Nasi Merah

Dengan mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kom-pleks yang berasal dari nasi merah akan semakin mempercepat proses pembentukan penurunan berat badan. Karbohidrat ini me-merlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut te-rasa kenyang lebih lama. Selain Nasi merah yang mengandung kar-bohidrat kompleks adalah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum.Jauhi Makanan Cepat Saji

Junk food atau makanan cepat saji erat hubungannya dengan lemak.Hindari Minuman Soda

Hindarilah minuman soda yang banyak mengandung kalori. Pada satu botol kecil minuman bersoda mengandung 250 kalori yang se-mua berasal dari gula. Dan dampak dari seringnya minum-minuman yang bersoda bagi wanita kemungkinan besar akan terkena obesi-tas, diabetes atau osteoporosis. Serta minuman bersoda ini tidak memiliki kandungan vitamin.Kurangi Porsi Makan Kamu

Mengurangi sedikit porsi makanan tiap hari, ini bisa dilakukan secara bertahap hingga setengah porsi dari kebiasaan sebelum-nya. Selain itu, makan sedikit tetapi lebih sering lebih baik dari pada makan banyak tetapi jarang yaitu makan 5 x sehari tetapi dengan porsi kecil membuat metabolisme tubuh lebih baik serta membantu cara menurunkan berat badan.Banyak Buah dan Sayur

Menggantikan makanan camilan dengan buah dan sayur sangat disarankan bila kita sedang ingin menurunkan berat badan, selain itu buah dan sayuran juga baik buat kesehatan karena mengandung gizi dan vitamin yang dibutuhkakn oleh tubuh.Minum Air Putih Sebelum Makan

Meminum air putih sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar,

Menurunkan Berat Badan

senantiasa berpegang pada pemaafan. Atmaja

Spelden

kamu. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menda-patkan mata sehat.

• Jalanigayahidupsehat,misalnyadenganmengon-sumsi makanan dengan gizi seimbang. Perbanyak me-ngonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A.

• Ketikaberaktivitasdiluarruangan,lindungimatade-ngan memakai kaca mata. Dan ketika kamu bekerja dengan komputer, pastikan layar monitornya sudah menggunakan kacafilteruntukmenangkalradiasikomputer.Istirahatkanmata setelah bekerja 30 menit di depan komputer. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali a-lihkan pandangan mata ke luar ruangan.

• Hindari menggosok-gosok mata secara kasar danberlebihan.

• Bekerja dan membacalah dengan cahaya dan pe-nerangan yang cukup.

• Jauhiasaprokok.• Bilamatamemerah,matakeringdanlelah,gunakan

obat tetes mata.• Kurangijamnontontelevisi.• Cekkesehatanmata,sedikitnyasetahunsekali.

Nadya kardeviSisma

SEMUA orang pasti ingin memiliki mata yang sehat dan berfungsi seoptimal mungkin. Jadi, be-gitu mata bermasalah, meski sekedar kelilipan, jika tidak segera diatasi, akan mengganggu aktivitas

sedikit waktu, seperti 45 menit atau bahkan 5 menit, dan mulailah mengerjakan tugas sampai waktunya habis. Setelah itu, akan lebih mudah memutuskan untuk melanjutkan.

Lihatlah Manfaat Salah satu alasan kita menjadi malas karena kita hanya melihat

kesulitan dari tugas ke depan tanpa memikirkan manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita menyelesaikannya. Jadi fokuskan pikiran kamu pada manfaat bukan kesulitan.

Menetapkan Hadiah Jika manfaat terlalu jauh dicapai di masa depan, maka mung-

kin tidak cukup kuat untuk memotivasi kamu untuk bertindak seka-rang. Dalam kasus tersebut, kamu dapat memberikan diri kamu ha-diah lebih cepat. Kamu mungkin membiarkan dirimu untuk makan makanan favorit kamu atau menonton bioskop sebagai hadiah telah menyelesaikan tugas.

Pikirkan yang Akan TerjadiSementara berpikir tentang manfaat yang dapat memotivasi

kamu, pikirkan juga tentang kerugian jika kamu tidak melakukan tugas-tugas tersebut. Apa konsekuensi jika tidak melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan?

Cari Partner. Partner dapat memotivasi kamu untuk mengatasi kemalasan. Meskipun motivasi dari dalam diri adalah yang terbaik, kadang-kadang kita juga perlu motivasi dari luar.

Bagilah TugasBagilah tugas menjadi bagian-bagian kecil yang lebih terkelola,

dan kemudian tangani mereka satu per satu.Tantang Diri Kamu. Buatlah tugas menjadi menyenangkan

dengan mengubahnya menjadi sebuah tantangan. Misalkan : Dapatkah kamu menyelesaikan tugas-tugas? Banyak orang bisa melakukannya, jadi mengapa kamu tidak bisa?

Indriati PutriSMP PGRI 3 Denpasar

sehingga bisa mengurangi kadar porsi makan kamu. Selain itu air putih juga bermanfaat mening-katkan metabolisme pada tubuh.Rajin Berolahraga

Apabila kamu mempunyai jadwal olahraga yang rutin, tam-bahkanlah porsi dan waktu untuk berolahraga, ini bisa membuat badan lebih sehar dan segar.

Fidi GunadhiSMA PGRI 2 Denpasar

Olah Raga Berolahraga adalah cara

yang baik untuk meningkatkan energi sehingga kamu merasa berenergi dan waspada sepan-jang hari.

Istirahat yang Cukup. Bagaimana kamu merasa an-tusias jika kamu mengantuk? Jadi pastikan kamu memiliki istirahat yang baik.

Tetapkan Waktu Memulai Hal yang paling sulit adalah untuk memulai, sisanya akan lebih mudah. Jadi tetapkan

TIDURmenggunakankipasanginatauACmemangmenyenangkan. Suhu panas jadi berkurang, tidur pun jadi lebih nyenyak. Tapi jangan senang dulu, ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan resiko yang lebih tinggi jika dibiasakan pada orang tua, atau orang yang memi-liki masalah dengan pernapasan.

Jika tubuh terlalu lama terkena hembusan kipas a-ngin,atauAC,makaakanmenyebabkantubuhkehilang-an air dan hipotermia. Selain itu juga dapat menyebab-kan kematian akibat peningkatan kejenuhan konsentrasi karbon dioksida dan penurunan konsentrasi oksigen.

Untuk mencegah sesak napas karena membiarkan kipasangindanACmenyalasepanjangmalam,pasangtimer 15-30 menit sebelum kamu tidur. Selain itu arah angin pada kipas harus diputar agar angin yang menga-rah ke tubuh kita tidak terlalu besar.

Jika memang tidak bisa tidur karena terlalu gerah, bu-kalah sedikit pintu kamar kamu atau setidaknya kamar memiliki ventilasi yang cukup. Tujuannya adalah untuk menghindari kejenuhan karbondioksida dalam ruangan dan sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik.

Diah LarassatiSLUA

Minuman Peluruh LemakA P A

yang kamu p i k i r k a n saat ingin adalah me-ngurang i l e m a k t u b u h ? U m u m -nya orang b e r p i k i r t e n t a n g o lahraga dan me-ngurang i a s u p a n kalori dari makanan. Faktanya, minuman juga ber-pengaruh

besar terhadap kadar lemak di dalam tubuh.Soda, jus buah, dan alkohol merupakan penyum-

bang besar kalori untuk tubuh kamu dan menimbulkan timbunan lemak. Maka dari itu, mengubah kebiasaan minum mungkin dapat membantu kamu menghilang-kan lemak berlebih pada tubuh.Air

Air putih sudah lama dikenal sebagai minuman ter-baik yang membantu menurunkan kadar lemak tubuh. Air, selain harganya yang relatif murah, juga turut mem-bantu membersihkan racun dari tubuh, serta memper-cepat metabolisme. Maka minumlah cukup air putih setiap harinya.Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak sekali kandungan se-nyawa kimia yang dapat membantu meluruhkan lemak tubuh. Kafein merupakan salah satu kandungan uta-manya. Namun, epigallocatechin gallate (EGCG)dankatekin merupakan dua kandungan dari teh hijau yang berfungsi membakar lemak.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nutri-tion menemukan bahwa teh hijau yang dikombinasikan dengan latihan rutin membantu menstimulasi penurun-an kadar lemak tubuh.Susu

Siapa bilang susu membuat kamu bertambah ge-muk? Susu rendah lemak justru akan membantu kamu cepat langsing. Susu mengandung kalsium yang mem-buat tulang kuat sehingga memelihara diet sehat kamu. Selain itu, susu sumber protein yang baik dan diper-lukan tubuh untuk membuat energi, membakar kalori dalam prosesnya.Jus Tomat

Buah tomat mengandung sedikit kalori dan kan-dungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kadar serat tinggi yang dimilikinya membantu kamu untuk merasa kenyang.

Wayan JuliartaGRISSA

BILA kamu merasa kesulitan memberi maaf, maka ada baiknya mengikuti petunjuk berikut ini. Untuk mem-bantu orang agar bisa memberi maaf secara tulus, Ev-erett L Worthington Jr, PhD, professor psikologi di Vir-giniaCommonwealthUniversity,menyiapkanprogramdalam lima langkah, seperti berikut ini:

1. Ingatlahperasaansakithatiataulukabatinyangkamu alami secara obyektif tanpa menyalahkan dan mengorbankan diri.

2. Cobalahberempatidenganorangyangmenyakitiperasaan kita. Renungkan mengapa ia melakukan hal itu, apa yang dirasakan orang itu sehingga perbuatan-nya menimbulkan sakit hati.

3. Bayangkan semua masalah dilihat dari sudut pandangnya.Carainiakanmempermudahkitamema-hami mengapa ia sampai menyakiti orang lain.

4. Bagian dari kita yang mengutamakan kepenting-an orang lain (altruistis) akan berpikir bahwa kita telah dimanfaatkan dan bagaimana rasanya memaafkan.

5. Ketika tiba saatnya untuk berkomitmen memberi maaf, orang biasanya mengucapkan “belum”, tetapi ketika akhirnya mereka melakukannya, mereka harus

CELANA denim atau celana jeans, memiliki pangsa pasar paling besar di dunia. Untuk tren di 2013, celana ini pun masih terus mendominasi dengan beberapa inovasi baru, kata pemilik Standard Denim Supply Co,Marcel Lukman. Kecenderungan ini terjadi karena banyak merek celana jeans yang memproduksi denim berwarna-warni seperti pink, merah, kuning, bahkan chino atau cokelat kehijauan.

Ada tiga hal utama yang diperhatikan dalam tren celana jeans, yaitu tiga ‘f’: fit, finishing, dan fabric. Bahan celana denim berjenis raw

material akan selalu digemari pecinta denim klasik. Denim berbahan

mentah ini disukai karena semakin lama akan semakin mengikuti bentuk tubuh pemakainya, sehingga akan semakin nyaman dan tampak trendi saat dikenakan. Warna denim mentah yang cenderung gelap, disukai para pecinta denim karena lebih mudah untuk padu badan.

Sementara untuk tren musim panas, jenis denim light finish akan digemari karena memberikan kesan santai dari warna belel yang dihasilkan. Untuk fabric dan cutting, denim jenis bahan stretch bermodel skinny dan lurus masih menjadi tren, dan orang-orang sudah tidak lagi menggunakan cut bray atau boot cut. Cut bray atau boot cut merupakan jenis celana yang pas pada pinggul hingga lutut, dan semakin melebar hingga mata kaki.

Wayan JuliartaGrissa

SEKALIPUN dalam suasana persiapan UN, perayaan HUT ke- 34 SMPN 3 Denpasar tetap semarak. Berbagai lomba digelar melibatkan siswa setempat dan siswa lainnya di Bali. Puncak HUT digelar 9 April secara sederhana.

Sabtu (23/3) lalu Kepala SMPN 3 Denpasar,IWayanMurdhana,S.Pd.,M.Psi.,bersamaparagurudanOSISmenyerahkansumbangan sosial ke dua panti asuhan yakni PA Dharmajati II di Penatih danPA Tatwamasi di Jaya Giri. Sementara di sekolah digelar lomba paduan suara, gebogan, memasang sengkui, membuat sanggah cucuk, klakat, tamiang, klangsah, dan nuansa budaya Bali lainnya.

Hal ini dilakukan untuk mendukung program Denpasar sebagai kota berwawasan budaya dan visi SMPN 3 Denpasar menuju prestasi bertaraf

BANTUAN - Kasek Wayan Murdhana bersama guru dan OSIS menyerahkan bantuan diterima Sekretaris Yayaysan Tattwamasi, Ni Wayan Suji.

HUT ke- 34 SMPN 3 Denpasar

Bantu Panti Asuhan, Gelar Olimpiade

internasional, berbudaya, berkarakter, beriman dan bertaqwa. Budaya sebagai ujung tombak keberhasilan pembangunan di Denpasar. Makanya perlu dipupuk sejak usia dini anak-anak mempratikkan budaya Bali yang berkaitan dengan agama Hindu. Akhirnya siswa semakian tumbuh rasa percaya dirinya terhadap budayanya sendiri. Ini sekaligus implementasipendididkan karakter karsena saat lomba terjadi komunikasi yang intens antara sesama, dan bekal ngayah di masyarakat.

Sedangkan kunjungan ke panti asuhan, untuk mengasah kepekaan sosial para siswa. Juga meningkatkan hubungan antara sesama dan menyadari masih banyak teman seusianya yang kurang mampu dan perlu mendapatkan uluran tangan. Ketiga, belajar mengintrosfeksi diri agar jangan merasa diri sombong bahwa

materi bukanlah segala-galanya.Di samping itu Murdhana

mengajak siswanya mensyukruri atas rahmat yang diterima lomba sehingga kian mampu berlaku jujur, hormat terhadap orang lain. Kuncinya mempertebal tenggang rasa terhadap orang lain.

Sementara lomba eksternal dilakukan untuk merekrut input berkualitas lewat olimpiade mata pelajaran untuk menjaga mutu yang diraih sekolah ini. Para juaraI,IIdanIIIditerimalangsungdi SMPN 3 Denpasar dengan syarat mereka mendaftarkan diri di sekolah.

Wayan Murdhana didampingi Wakasek I Gusti Made Bajra,S.Pd, menjelaskan olimpiade mata pelajaran diikuti 668 orang siswa SD se- Bali. Untuk BahasaInggris juara I, IIdanIIImasing-masing diraih Euginia Junitha, Widad Saputra (SD PublicSchool),danIDewaGedeDaniswara(CiptaDarma)

LombaMatematika juara I,IIdan III diraih KadekDwi BagusAnanta Udayana (Saraswati 4), Novi Rilinda (Santo Yoseph), INyoman Wigraha Yoga (CiptaDarma). Untuk IPA juara I, IIdan III diraih Putu Amrita Ajna(Saraswati 6), IGA BagusAdnyana Paramartha (Saraswati 5),danINyomanAdityaAriPutra(Saraswati 3).

Murdhana berharap dengan perayaan HUT di tahun pertama kepemimpinannya dia ingin menumbuhkan rasa jengah dan rasa memiliki bersama untuk memajukan sekolah. Makanya dia selalu berkoordinasi dengan komite, guru dan Disdikpora agar jadwal lomba tak sampai mengorbankan hari efektif belajar. (sue)

PENGURUS PPLP Dasmen PGRI Kota Denpasar, sejakJumat (22/3) lalu diserahterimakan dari Drs. I Made DasnaAstadi, MAP, kepada Drs. I Nengah Madiadnyana, M.M.PelantikanpengurusbarudilakuaknKetuaPGRIKotaDenpasar,Drs. Nyoman Winata, M.Hum.

Setelah dilantik, pengurus baru langsung dikukuhkan oleh KetuaPPLPDasmenPGRIBali,Drs.IMadeSuada,M.M.,M.Si.AcaratersebutjugadisaksikanKadisdikporaKotaDenpasar,IGNEddyMulya,KabidDikmenDrs.IWayanSupartha,M.Pd.,KetuaPGRI Bali, Dr. GedeWentenAryasudha, M.Pd., Ketua BMPSDenpasar, A.A. Sudarsana, Ketua Dewan Kehormatan Guru, sesepuhdankasekdilingkunganPPLPPGRIKotaDenpasar.

Struktur pengurus baru 2013-2018 dengan Pelindung Kadisdikpora Kota Denpasar, Penasihat Dr. I Gede Wenten

Madiadnyana Pimpin Ketua PPLP Dasmen PGRI Denpasar

Aryasudha, M.Pd., Drs. I Made Dasna Astadi dan IKetut Kontra. Pembina Drs. I Nyoman Winata, KetuaMadiadnyanadibantuolehWakilKetuaDrs. INengahSukama,M.M.,SekretarisDrsIGNWiadnyana,M.M.,M.Pd., Wakil Sekretaris Ishaq Jafar Nasution, S.Pd.,M.M., Bendahara Drs. I Made Rumpiuk anggota Dra.LuhGedongRenendanDrs.IGNWirata,M.M.

NengahMadiadnyanayangjugaKepalaSMKPGRI3 Denpasar terpilih secara aklamasi dengan suara dukungan terbanyak dari kasek dan direkomendasi olehPDPGRIKotaDenpasar.Untuk ituMadiadnyanamengungkapkan rasa terimakasihnya dan doa restu agar pengurus baru yang dipimpinnya bisa menjalankan tugas berat dan tantangan ke depan. Dengan model kerjasama dan dukungan pemerintah dan komponen lainnya, kata dia, tugas berat itu akan menjadi ringan.

Dia mengakui YPLP beda dengan yayasan lainnya yakni bukan sentralistik, namun mengacu pada Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah (MPBS). Makanya dia mengatakan pengawasan, pembinaan dan administrasi ada di unit sekolah. Hubungan ini ia katakan sebagai interaksi, konsultasi dan direktif.

Ketua PGRI Kota Denpasar, I Nyoman Winatamenegaskan PPLP PGRI tak hanya sekadar ada,melainkan leading alias memimpin di akademis dan non akademis.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya,PPLP Dasmen adalah kumpulan orang-orang yang bergerak di mimbar akademis, sehingga bukan yayasan profit oriented. Dia harus menjadi garda terdepan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mengedepankan kapabilitas akademik.

PPLP Denpasar diakui banyak memberi kontribusi besar dengan 22 sekolah menghantarkan APK dan APM Bali mencapai diatas rata-rata nasional dan Miliminum Development Gols. Dia berharap semua sekolah PPLPDasmen PGRI Kota Denpasarmenjadi sekolahprimadona dan pilihan masyarakat. Angka menunjukkan hampir60jumlahsiswabarumemilihsekolahPGRIdiDenpasar. (sue)

SELAMAT - Nyoman Winata menyerahkan panji PGRI kepada Nengah Madiadnyana saat dilantik Ketua PPLP PGRI Dasmen Kota Denpasar.

Kamis, 4 - 18 April 2013

36. “ Set the knob to the minimum heat “ The synonym of the underlined word is … . A. adjust B. supply C. select D. choose

The text is for numbers 37 , 38 , 39 and 40 .

Hotels are places that provide lodging and usually meals and various personal services for the public. A good hotel provides many comforts and conveniences.

Travel is usually save and pleasant.Hotels with hundreeds of rooms are common . People can fi nd the advertisements of the hotels in

newspapers, brochures, internet, and magazines. Downtown hotels suvive and prosper because of two important factors. First, business travellers wish to stay close to the offi ces or industrial plants they plan to visit. Second, the location of the airport is close to the hotels.

As the pace of jet travel grows, hotels springs up near airports. Some travellers stay at airport inns when their fl ights are delayed. To save time, business executives often select airport hotels for meetings or conferences. Once the plane lands, the hotel is only minutes away .

37. Why do business executives often select airport hotels for meetings or conferences? A. To get good services B. To spend time C. To save time D. To get pleasure

38. Which of the statements is correct according to the above text? A. Business executives like to stay far away from the airport B. Threre are three kinds of written media stated in the text C. Internet is the only media where we can fi nd advertisements D. All travellers like to stay in airport hotels or inns

39. The last paragraph mostly tells us about … . A. the reasons why travellers like to stay at airport hotels B. the meetings or the conferences of business executives C. the reasons why the fl ights are delayed D. the hotels and the inns which are located close to airports

40. “Hotels are places that provide lodging and usually meals“ The underlined word means … . A. confi rm B. request C. recall D. offer

The text is for numbers 41 , 42 , 43 ,and 44.Dear grandmum, I’m now sitting in a nice restaurant, here in Lovina beach with mum and dad. From here I can see

beautiful views. Yesterday we saw dolphins. We started to go at about 5 a.m. with the boat captain and a guide. We saw a lot of jumping dolphins. They were unbeleivable.

Tomorrow we will go to Kintamani village to the lake views. We hope we will arrive in Ubud in the arternoon because we plan to walk around the monkey forest and see “Kecak dance“ in the evening. It’s really fantastic!, there‘re a lot of sight seeing to see here in Bali. Well grandmum, it would be nice if you are here, too.

I miss you grandmum, we will be back to see you next week.

With hugs and kisses, Carolina

41. Carolina and her parents saw dolphins … . A. early in the morning B. late at night C. in the afternoon D. in the evening

42. Where will Carolina see “ Kecak dance ? “ A. In Kintamani B. In Lovina C. In Ubud D. In Penelokan

43. The word “ they “ ( paragraph, line 3 ), refers to … . A. Carolina and her mother B. beautiful views C. Carolina and her father D. jumping dolphins

44. “They were unbeleivable!” The synonym of the underlined word is … . A. suitable B. incredible C. terrible D. fl exible

The text is fo no.45 - 46

Compelte the paragraph below with the right words!

10 7

No : 17 Kirim jawaban TTWM ke:Email : [email protected] dengan wesel pos ke Redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama uang Rp100 ribu untuk dua pemenang.

JAWABAN TTWM 16

PEMENANG TTWM NO.16 :

L a y a r

Kamis, 4 - 18 April 2013 Kamis, 4 - 18 April 2013

TTWM No. 171

PRIVATEPROPERTY

NO TRESPASSING

Latihan Soal UN

1 Mendatar:1. Garis tengah; 5. Bahan

pewarna; 7. Konsep diri sen-diri; 9. Saluran kemih bagian dalam; 10. Puncak (Inggris); 11. Perbuatan (Inggris); 13. Tidak mujur; 14. Penjara; 16. Wajah (Inggris); 17. Hancur lebur; 18. Makanan dari kedelai putih; 19. Tidak modern; 20. Bibi (Inggris); 21. Air gulai sayur/daging; 22. Binatang yang hidup di air.

Menurun:1. Menurunkan berat badan;

2. Pengangkatan anak; 3. Pen-didikan; 4. Akibat/pengaruh; 5. Jalan, aturan/sistem; 6. Senan-tiasa tunduk; 8. Pergi (Inggris); 12. Binatang melata; 14. Kain khas Indonesia; 15. Tunduk dan hormat; 16. Kenyataan; 17. Bagian tumbuhan.

2 3 4 5 6

7 8 9

10 11 12

13

14 15 16

17

18 19

20

21 22

Mendatar :

1. Warna4. Naik6. Irigasi7. Fana10. Pinata

11. Dunia12. Dagu14. Magister19. Arwah21. Bangau22. Saw23. Texas

Menurun :

2. Agresi3. Negara4. Naif5. Keranjang8. Alang

9. Madu 10. Padam 13. Ubi15. Abai16. Saat17. True18. Rasa20. Has

21. Arrange the sentences below into a coheren paragraph! 1. They bought some paintings and some handicrafts 2. After that, they visited Bella’s grandmother 3. Last week Shinta and Bella went to an art shop 4. They were very happy that day. 5. They wanted to get some souvenirs 6. They went back home late in the afternoon.

A. 3 – 5 – 1 – 2 – 6 – 4 B. 3 – 5 – 1 – 6 – 2 – 4 C. 3 – 5 – 2 – 1 – 6 – 4 D. 3 – 5 – 2 – 6 – 1 – 4The text is for no.22Complete the paragraph below with the right word! Last holiday I went to a zoo with my friend , Leo. We went there by a motor bike.We left at 6.00 a.m. and …( 22 ) at about 8.00 a. m. We saw various animals there We were very happy and we went home in the afternoon

22. A.walked B. stayed C. departed D. arrived

The text is for no. 23

RE : Ballroom Reservation From : Max Andryan ( Max- [email protected] ) Sent : Monday, June 08, 2009 2: 17PM To : [email protected]

Dear Mr Gede, Please confi rm the grand Baliroom for our meeting on Friday, June 12, 2009 Kindly prepare the Registration desk in front of the meeting room and VIP transit room for

100 persons. Please feel free to contact me for further information at +65 346 478900 87 ( my mobile phone )

Max Andryan Marketing Manager

23. The meeting will be held in … . A. the VIP transit room B. the Grand Baliroom C. the Registration desk D. the Condrad Bali

The text is for numbers 24 , 25 , 26 and 27 !

Once a lion, a fox, and a donkey set off a day hunting, after agreeing that each was to have an equal share of what was caught.

After a time, they were able to pull down a fat buck. As fairly he could, the donkey cut up the buck into three equal parts, and then he invited the lion to take his choice.

At this, the lion fl ew into a violent rage, sprang on the poor donkey, and kill him with a powerful blow. Then the lion told the fox to devide the meat. This the fox did ; but he was cun-ning. He put aside a big heap for the lion share, and kept a small piece for himself.

Seeing this, the lion looked very pleased. “Master Fox ,” he said, “this is indeedA most satisfactory divisor. Who taought you to be so clever?““The dead donkey has been my teacher, “replied the fox . “From his foolish conduct I have

learned to be wise“

24. Paragraph 2 tells us about … . A. how the donkey devided the buck. B. how the lion pull down the fat buck C. how the lion take his choice D. how the lion devided the buck

25.Who kept only a small piece of meat for himself? A. The lion B. The fox C. The donkey D. The buck

26. The suitable title of the above text is … . A. The clever judge B. The wise lion C.The stupid lion D. The lucky donkey

27. Who killed the donkey? A. The fox B. The hunter C. The lion D. The buck

The text is for number 28 and 29 .Complete the paragraph ! 68179766607Edward, I’m in Jakarta now, I just arrived at the … ( 28 ), the fl ight was exciting. I’m on the

way to the hotel .I’m travelling with my family to Jakarta and Yogjakarta. Actually I miss you, I hope I can see you in Bali soon.Well, I’ll … ( 29 ) you, when I arrive at the hotel. 28. A. airport B. bus station C. railway station D. harbour

29. A. meet B. see C. call D. fi nd

30. Arrange the sentences below into a coheren paragraph based on the pictures given!

Picture 1 Picture 2 Picure 3 Picture 4

1. Malin Kundang’s mother cursed her son, then the ship was wrecked and suddenly Malin Kundang turned into a stone statue. 2. One day, a pirate asked Malin Kundang to sail with him, Malin Kundang agreed.3. Once upon a time, in a small village near the beach in West Sumatra, lived a poor woman and her son, Malin Kundang. 4. Malin Kundang’s mother was so happy, but Malin Kundang denied to meet her.5. Years later, Malin Kundang was very rich , and hecame to the village with his wife. A. 3 – 2 – 4 – 1 – 5 B. 3 – 2 – 5 – 4 – 1 C. 3 – 5 – 2 – 4 – 1 D. 3 – 2 – 4 – 1 – 5

The text is for number 31,32 , and 33 .

ANNOUNCEMENT All students and teachers, please join the “ Let”s Clean Our Environment” The program will be held on Sunday, August 9, at 07.00. Bring tools needed to help you, such as broom, sickle, pail or hoe. The principle, Mr.

Johan will lead the program . Don’t miss it, Show that you care with the environment.

Coordinator, Karna Tha

31. How many kinds of tools should the students and the teachers bring? A. 7 B. 6 C. 5 D. 4

32. Who wrote the announcement? A. Mr. Johan B. Karna Tha C. The students D. The teachers

33. “ The principle, Mr. Johan will lead the program“ The synonym of the underlined word is … . A. headmaster B. committee C. organizer D. coordinator

The text is for numbers 34, 35 and 36 .

How to use the “SMART” electric iron. 1. Plug the supply cord to the electric which is 220 V AC 2. Turn on the iron and the indicator lamp will be on3. Set the heat needed by rounding the knob. The indicator lamp will be off if the

needed heat is reached. If the heat decreased , the thermostat will turn it on and the indicator lamp will be on

4. Stand the iron and wait for few minutes5. While you increase or decrease the heat, wait for few minutes before being used6. Set the knob to the minimum heat before the supply cord unplugged 34. How do we set the needed heat? A. Unplug the cord B.Plug the cord C. Round the knob D. Decrease the heat

35. After pugging the supply cord, we must … . A. stand the iron and wait for few minutes B. set the heat to the minimum heat C. increase the heat D. turn on the iron

ChimpanzeesChimpanzees are African apes. They look similar to gorillas. Their body are very much

the same. Chimpanzees mostly eat fruits. They … ( 45 ) the day searching for fruits, nuts, and eggs

as they move through their territory. They are strong animals and they can walk … ( 46 ) on their legs’

45. A. climb B. swim C. sleep D. spend

46. A. easily B. lazily C. wisely D. slowly

47. Arrange the word below into a meaningfull sentence! you - bring – school – for – own – trip – tomorrow – meals – the! 1 2 3 4 5 6 7 8 9

A. 7 – 8 – 2 – 1 – 5 – 4 – 3 – 6 – 9 B. 7 – 8 – 1 – 2 – 4 – 5 – 6 – 3 – 9 C. 2 – 1 – 5 – 8 – 4 – 9 – 3 – 6 – 7 D. 2 – 1 – 8 – 3 – 9 – 4 – 6 – 5 – 7

48. Arrange the word below into a meaningful sentence! you – was – seriously – studying – called – yesterday - I – when – me 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A. 7 – 2 – 4 – 3 – 8 – 9 – 5 – 1 – 6 B. 7 – 2 – 4 – 3 – 8 – 1 – 5 – 9 – 6 C. 6 – 8 – 1 – 5 – 9 – 3 – 7 – 2 – 4 D. 6 – 8 – 7 – 5 – 1 – 9 – 2 – 4 – 3 49. Arrange the sentences below int a choheren paragraph!

1. Suddenly the earth began to shake and formed a big lake with full of water.2. They were happily married and had two daughters who always brought him lunch every day3. Sahala was very angry when his daughters ate his lunch and he shouted, “You behave like daughters of a fi sh!“4. Once, a fi sherman named Batara Guru Sahala went to a river for fi shing; after a while he caught a fi sh. 5. The two daughters and their mother jumped and swam into the lake and now, this lake is

called Toba lake. 6. Then Sahala asked her to marry him; the woman agreed but she asked Sahala to keep the secreet that once she was a fi sh.7. Sahala was very surprise to fi nd that the fi sh he caught could talk, and it turned into a

beautiful woman when he set it free . A. 4 – 7 – 6 – 3 – 2 – I – 5 . B. 4 – 6 – 2 – 7 – 3 – 1 – 5 C. 4 – 2 – 6 – 7 – 1 – 3 – 5 D. 4 – 7 – 6 – 2 – 3 – 1 – 5

50. Arrange the sentences below into a coheren paragraph! 1. We continued walking into the forest, and then we had lunch in a small restaurant 2. While were walking around, suddenly a naughty monkey approached my sister, and tried to take her her bag 3. Actualy she was not afraid of the monkey,but she was just very surprise. 4. We walked around the area , and we saw a lot of big bats and monkeys, there 5. We went home at about 5 p.m; and we were very exited. 6. My sister and I went to Alas Kedaton, in Tabanan regency

A. 6 – 4 – 3 – 2 – 5 – 1 B. 6 – 4 – 2 – 3 – 1 – 5 C. 6 – 4 – 5 – 2 – 3 – 1 D. 6 – 4 – 1 – 3 – 2 – 5

KUNCI JAWABAN :

21. A 22. D 23. B 24. A 25. B 26. A 27. C 28. A 29. C 30. B 31. D 32. B 33. A 34. C 35. D 36. A 37. C 38. B 39. A 40. D 41. A 42. C 43. D 44. B 45. D 46. A 47. C 48. B 49. A 50. B

DI negara-negara tertentu, remaja atau mereka yang telah melewati akil balik dan menuju usia dewasa, terkena wajib militer. Mereka direkrut dan dididik secara militer dalam jangka waktu ter-tentu. Pendidikan bela negara tersebut sebagai bagian dari proses pendidikan cinta tanah air. Bila suatu saat negara terancam dan memerlukan tenaga, mereka telah mempunyai bekal untuk

Love and HonorBintang : Liam Hemsworth, Aimee Teegarden, Teresa

Palmer, Austin Stowell, Chris LowellSutradara : Danny MooneyProduser : Chip Diggins, Patrick Olson, Eddie Rubin, Peter

Pastorelli, Jim Burnstein, Garrett SchiffDistributor : Lighting Entertainment IFC Films

Antara Cinta dan Tugas Negara

diterjunkan langsung meng-hadapi perang.

Film arahan Danny Mooney ini menceritakan persoalan remaja pada tahun 70-an yang terlibat perang Vietnam dan gerakan anti perang. Film ini disebut-sebut mengambil kisah nyata seorang tentara AS yang pulang kampung ke Michigan untuk mendapatkan kembali cintanya .

Mooney ingin menawarkan persoalan perang dalam kaca-

mata remaja. Jadi sejak awal ingin ditekankan bahwa tak ada yang mu-luk-muluk dalam fi lm ini. ‘Love and Honor’ hanyalah drama yang memba-has persoalan mendasar anak muda seperti cinta, pengertian dan sedikit petulangan.

Karenanya Mooney membawa aktor ganteng Liam Hemsworth yang melejit namanya saat memerankan Gale Hawthorne dalam fi lm ‘The Hunger Games’ (2012). Pacar penyanyi Miley Cyrus itu ditemani Teresa Palmer (‘Take Me Home Tonight’) dan Aimee Teegarden (‘Prom’) yang menjadikan fi lm ini benar-benar bergaya remaja.

Dalam fi lm ini Hemsworth berperan sebagai Mickey Wright yang meru-pakan sahabat Dalton Joiner (Austin Stowell) saat diterjunkan di Perang Vietnam pada 1969. Eratnya ikatan persahabatan mereka, membuat Mickey berusaha membantu Joiner mendapatkan kembali cintanya yang telah diputus oleh pacarnya, Jane lewat surat.

Mereka dengan diam-diam kembali memanfaatkan cuti mereka untuk menemui Jane (Aimee Teegarden). Pertemuan Joiner dan Jane meng-hasilkan banyak perbedaan sekarang. Joiner dengan seragam militer se-dangkan Jane terlibat dalam aliran kelompok anti perang. Bahkan Jane pun telah berganti nama menjadi Juniper lengkap dengan dandanan ala hippies yang sedang popular saat itu.

Mickey bertemu dengan teman Jane, Candace (Teresa Palmer) yang belakang saling menaruh hati. Berempat mereka menghabiskan masa sebagai AWOL (Absent Without Offi cial Leave) istilah militer untuk tidak melaporkan keberadaan mereka selama cuti. Mickey pun lebur dalam kelompok itu, tidak lagi mengenakan seragam militer namun kaos oblong bergambarkan tokoh pemberontak Che Guevara.

Tanpa sengaja mereka berurusan dengan aparat keamanan setelah unjuk rasa anti perang yang mereka lakukan berujung pada kerusuhan. Ini yang memaksa Joiner dan Mickey memikirkan kembali rencana me-reka, apakah akan kembali ke Vietnam ataukah tetap di Amerika namun berlabelkan sebagai pelarian. Disisi lain, Joiner telah mendapat kepastian tentang cintanya. Dan Mickey pun diminta Candage untuk tinggal di Ka-nada melanjutkan hubungan mereka. Joiner dan Mickey pada akhirnya menyadari pilihan hidup mereka dan tanggungjawab yang harus diemban termasuk di dalamnya cinta dan tugas negara. (yud)

1. Surya Darma I Gusti Putu SMA Negeri 4 Denpasar

2. I Dewa Made Budi Krisnajaya SMP Negeri 2 Kerambitan

Pemenang Polling Wiyata Mandala

Bunga Pandan Sari1. SMPN 3 Denpasar

Wayan Juliarta 2. SMP PGRI 1 Denpasar

I Made Agus Nawi Sugiartha 3. SMAN 6 Denpasar

Desak Made Novita 4. SMAN 7 Denpasar

Komang Yuniari5. SMK Negeri 3 Denpasar

Dipersilahkan mengambil hadiah di sekretariat Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar, lantai 2. Hadiah bisa diambil dua minggu setelah penerbitan ini.

PRESTASI luar biasa diraih Kepala SMP PGRI 1 Den-pasar, I Nengah Sukama, S.Pd., M,.M. Belum lama ini dia dikukuhkan meraih gelar doktor ekonomi di Pasca sarjana Univ. Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya.

Nengah Sukama dinyatakan lulus dengan sangat memuaskan dengan desertasi “Pengaruh kepemimpinan Asta Brata, kemampuan pelatih dan komitmen kepelatih-an terhadap kinerja kepelatihan dan character building pada atlet perguruan pencak silat Satria Muda Indonesia (SMI) Komisariat Daerah Bali”. Ini bagian dari manajamen SDM (ekonomi), salah satu cabang ilmu ekonomi. Nengah Sukama selain sibuk di Wakil Ketua PPLP Dasmen PGRI Denpasar dan Bali juga dikenal menjadi pelatih dan ketua umum SMI Bali dan Ketua Resimen Jala Satria Garuda-Bali. Sehari-hari sebagai Kepala SMP PGRI 1 Denpasar.

Sukama menyelesaikan program S-1 di FPOK IKIP PGRI Bali, S-2 UPB Surabaya dan doktor di Untag Surabaya. Gelar doktor diraih dalam waktu kurang dari tiga tahun. Sukses ini juga berkat promotor Prof. Dr. Haji Ujianto, M.S. dengan ko promotor Dr. Selamet Riyadi, MM.Ak., Di ujian terbuka dia diuji oleh 10 penguji dan dia mampu menjawab semua pertanyaan penguji dan penanya akademik.

Pimpinan sidang langsung diketuai Rektor Untag, Prof.

Sukana adalah anak ke enam dari pasangan I Wayan Kantor (alm) dan Ni Nyoman Nurasti, dilahirkan di lereng Batukaru, Br. Batungsel, Pupuan, Tabanan. Suami tercinta dari Ni Putu Suryani, S.Pd., dan ayah tercinta I Putu Gede Satria Bayu dan Kadek Mas Sonia Dewi ini banyak dipuji karena di tengah kesibukkanya bisa meraih doktor. “Inti-nya bukan waktu mengatur kita, tapi kita mengatur waktu. Kedua, cintailah pekerjaan itu,” ujarnya.

Sukses ini dia peruntukkan untuk membangkitkan generasi muda betapa pentingnya pendidikan, karena pendidikan sumber masa depan dan mengubah kehidupan bangsa dan negara. Dia ingin menjadi contoh bagi guru lainnya untuk menempuh S-3.

Kabid Dikdas Disdipora Kota Denpasar, I Made Raka, S.E.M.Si., Ak., di sela-sela memantau UN, Selasa (2/4) lalu memberi ucapan selamat kepada Sukama. Dia mengaku sangat mengapresiasi Sukama meraih gelar doktor dan menjadi contoh meningkatkan kualitas diri. Dia berharap peningkatan SDM para pimpinan dan kasek terus didorong karena akan berguna bagi anak didik dan bisa ditransfer pada PBM. Inilah, kata dia, bagian dari mencetak generasi muda emas Bali. (sue)

DOKTOR - Kabid Dikdas Made Raka memberi selamat kepada Nengah Sukama yang meraih gelar doktor.

Dr, drg. Hajjah Ida Ayu Brah-masari. Yang menarik, saat mempertahankan desertasi-nya dia didukung ratusan te-manya dari sekolah dan Bali. Akhirnya, Sukama dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai doktor baru di Untag.

Sukama yang memang dikenal sebagai pelatih di Satria Muda Indonesia ini mengatakan gelar doktor ini akan disum-bangsihkan untuk kehidupan demi kemajuan masyarakat. Makanya penelitian Sukama diakui sangat original menggu-nakan pendekatan statistik dan mengandung konsep Hindu. Hasil penelitiannya menun-jukkan lima variabel (Asta Brata, komitmen, kamampuan, kinerja dan character building) menunjukkan angka signifi kan. Semua variabel ini bermanfaat untuk meningkatkan prestasi atlet silat SMI Bali. Dia sengaja menggunakan konsep local genius untuk dibuktikan di penelitiannya.

11Kamis, 4 - 18 April 2013

6 Kamis, 4 - 18 April 2013 , p

ENTAH dari kapan ini ber-mula dan entah dari kapan ini semua berakhir. Aku yang ha-nya seorang gadis kecil beru-mur 14 tahun sudah merasa-kan apa arti kehilangan yang sebenarnya. Ku akui aku tidak menyukai kehidupanku yang sekarang, kehidupan dimana aku harus berpura-pura tegar bertahan hidup dengan rasa sakit hati karena kehilangan-nya dan rasa sakit yang akhir-akhir ini mulai kurasakan di kepalaku.

Aku sendiripun lupa kapan terakhir kali aku melihatnya walau hanya di dalam mimpi dan terkadang aku mudah sekali lupa dengan semua ke-jadian yang pernah ku lalui. Yang masih aku ingat jelas hanya waktu itu, saat aku ha-rus mendengar kabar kema-tian yang dialami oleh orang yang setauku sangat ku cin-tai.

Aku ingat, walaupun aku tidak pernah memilikinya sela-ma dia masih hidup, aku ada-lah seorang gadis yang ceria sekalipun aku harus mena-

ngis, alasan terbesarku untuk menangis adalah karenanya.

Dia adalah pria yang ku kenal saat aku berumur 13 ta-hun. Hidupku yang datar dan biasa saja mendadak penuh warna dan arti disetiap de-tiknya, bahkan walaupun dia selalu menyakitiku dan aku ja-rang sekali bertemu dengan-nya rasa yang ku simpan un-tuknya tak pernah ku buang, karena saat itu aku sangat ya-kin kalau dia adalah jodohku dan mungkin bersamanyalah aku akan menghabiskan sisa umurku. Tapi, terkadang apa yang kita mau tak sesuai juga dengan apa yang Tuhan mau, aku hanya diberikan waktu satu tahun untuk mengenal-nya, dan bodohnya setahun itu aku buang percuma ka-rena keegoisanku sendiri.

Pria yang seharusnya men-jadi orang terdekatku malah berubah menjadi bayang semu yang tak akan pernah bisa aku gapai lagi. Dan se-jak itu aku mulai merasa letih untuk tetap hidup, mungkin ini terlalu melankolis dan ber-

lebihan, tapi memang inilah perasaan yang ku rasakan, perasaan seorang gadis yang selalu menebar senyum dan tawa dalam hidupnya menjadi seorang gadis yang hanya bisa menangis dan menyakiti dirinya secara perlahan.

Aku merasa hidupku se-makin berpura-pura saat aku mencoba melupakan pria itu dan membiarkannya tenang di alamnya, namun saat itu-lah Tuhan kembali mengujiku dengan selalu mengirimkan-nya ke dalam mimpiku dan merusak pikiranku secara perlahan, hingga akhirnya aku putuskan untuk tetap menyim-pan rasa ini untuknya dan tak berani mencoba membuang-nya walau sedikit saja.

Namun sekarang yang ku rasakan hanya rasa sakit yang semakin lama semakin parah menggerogoti fi sik dan mentalku, sakit di kepala yang sangat nyeri membuatku lelah berfi kir dan menguras memo-riku sedikit demi sedikit, aku jadi mulai terbiasa dengan ke-biasaan baruku untuk selalu

duduk di tepi kamarku sambil mendengar lagu-lagu lembut yang mengingatkanku pada pria itu, hingga akhirnya ku dengar suara lagu itu lama ke-lamaan mengecil dan menghi-lang.

Tak lama kemudian aku ter-bangun di sebuah tempat yang sangat asing, Aku rasa itu ada-lah rumah sakit karna aku bisa mencium bau khasnya, kulihat semua keluargaku berkumpul me-ngelilingiku dengan wajah lesu dan senyum yang sangat getir, tampak mata mereka

mulai berkaca-kaca melihatku yang mulai keku-rangan energi untuk bergerak. Aku mencoba ter-senyum kepada mereka dengan sedikit kekuatan yang ku punya, tapi tak lama kemudian mata ini mulai terasa berat dan se-makin berat hing-ga membuatku kembali terlelap.

Mungkin aku tertidur, tidur yang mungkin sangat lelap,

Fanny Nirmala SMAN 6 Denpasar

sampai-sampai di dalam tidur-ku aku bertemu dengan pria itu, pria yang membuatku se-perti ini, aku tak pernah mem-bencinya sedikitpun namun aku sangat marah karena dia meninggalkanku begitu cepat.

Hari itu dia tidak meninggal-kanku lagi bahkan dia malah menarikku ke dalam peluk-annya sampai akhirnya dia mengajakku pergi ke tempat-nya dan pergi meninggalkan duniaku bersamanya.

duduk di tepi kamarku sambil

mkyrauAsmsytakinbmgk

teys

sampai sampai

mkyruAsmsytkibmgk

tys

SUDAH menjadi tradisi, jajaran SMAN 6 Denpasar mensosialisasikan UN kepa-da para orangtua siswa kelas III. Kepala SMAN 6 Den-pasar, Drs. I Nyoman Mu-dhita, M.Pd., Minggu (17/3) lalu mengundang 330 orang-tua siswa kelas III yang akan mengghadi Ujian Nasional (UN). Rapat juga dihadiri Ke-tua Komite, Made Wirata, S.H. dan pengurus lainnya.

Saat itu Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Mudhita, M.Pd., menjelas-kan soal pentingnya UN dan syarat kelulusan. Sedangkan untuk ujian sekolah sudah di-lakukan sejak 4-15 Maret, se-dangkan UN mulai 15-18 April mendatang.

Kasek Nyoman Mudhita di-dampingi para wakasek Drs. Nengah Mudhana, I Ketut Ka-nia, S.Pd., Drs. I Nyoman Sudi-artha, Ni Nyoman Bandarayani, Drs. Jero Kum menegaskan tak akan merekayasa nilai siswanya agar bisa lulus me-lainkan mengedepankan keju-juran. Dia mengajak orangtua siswa untuk bersama memoti-vasi anak meraih prestasi ter-baik. Untuk itu ia menantang guru bidang studi UN untuk menghantarkan siswanya lu-lus 100 persen seperti yang diraih pada UN tahun lalu ser-

ta nilai rata-rata UN mening-kat dari tahun lalu. Alasannya, nilai UN murni mulai tahun ini akan dijadikan bahan pertim-bangan diterima di PTN .

Dia juga menjelaskan ma-teri UN untuk jurusan IPA meliputi BI, Inggris (15 soal listening, 35 pilihan ganda), Matematika, Fisika, Kimia, Bi-ologi. Untuk IPS diujikan BI, Inggris, ekonomi, geografi dan sosiologi. Tahun ini tak ada uji-an ulangan, untuk itu ia minta siswa dan orangtua jangan tergoda dengan SMS kunci jawaban yang mengacaukan konsentrasi belajar siswa. Yang penting, ikut mengawasi cara belajar anak dan men-jaga gizi makanan dan jangan membebani siswa dengan tu-gas berat lainnya.

Dia mengungkapkan salah satu tantangan siswa kelas III menghadapi UN saat ini yakni kebiasaan siswa berlama-lama di internet. Hal ini perlu dikontrol orangtua siswa di rumah agar TI itu benar-benar dimanfaatkan untuk penga-yaan pelajaran bukan untuk yang negatif.

Para orangtua siswa saat pertemuan tersebut juga me-nyatakan dukungannya ter-hadap program sekolah ter-masuk biaya penyelengaraan les tambahan. Made Nita,

KEMERIAHAN serangkai-an HUT ke-225 Kota Denpasar juga dilakukan di SMKN 2 Denpasar. Sekalipun sekolah disibukkan dengan UKK dan pemantapan, warga SMKN 2 Denpasar bersemangat menggelar berbagai lomba untuk memeriahkan HUT Kota Denpasar.

Aneka lomba yang digelar sepenuhnya bernuansa ajeg Bali. Lomba melibatkan siswa kelas X dan XI. Acara dibuka oleh Kepala SMKN 2 Den-pasar, Drs. Wayan Sarjana.

Ketua Panitia Tjok. Gede Adnyana, S.Pd., menjelaskan sengaja memilih lomba ber-nuansa ajeg Bali agar sesuai dengan Denpasar sebagai kota berwawasan budaya. Di antaranya lomba mem-buat canang raka yang berisi buah-buahan untuk kelas X, membuat pejati bagi siswa kelas XI. Di samping itu dige-lar lomba ugrawakia atau MC berbahasa Bali untuk kelas X dan XI.

Selanjutnya, hari Selasa siswa SMKN 2 Denpasar menggelar aksi kebersihan di lingkungan sekolah dan wilayah sekitarnya. SMKN 2 Denpasar mengerahkan 150 siswa untuk menjadikan Den-pasar kota bersih dan lestari.

Kasek Wayan Sarjana ber-bangga semua lomba ajeg

Bali yang digelar mendapat respons positif dari siswanya. Ini dibuktikan jumlah peserta lomba dan penontonya mem-bludak.

Wayan Sarjana mengung-kapkan lewat lomba ini anak-anak menghayati dan sadar bahwa kota Denpasar itu milik kita bersama. Ini pas dengan motto “Denpasar, kotaku ru-mahku”.

Lomba bernuansa ajeg Bali, kata dia, juga pas de-ngan penerapan Tri Hita Kara-na. Sebab semua hasil karya anak-anak dipersembahkan saat persembahyangan pur-nama di parahyangan setem-pat.

Kedua, dia juga mengim-plementasikan jiwa kewirau-sahaan sesuai bidang keah-lian di SMKN 2 Denpasar. Le-wat keterampilan ini siswanya memiliki inspirasi membuka usaha mandiri di bidang canang dan pejati serta men-jadikan kecakapan hidup un-tuk MC berbahasa Bali.

Selain sukses menggelar lomba, Tim Akuntansi SMKN 2 Denpasar kini sedang ber-juang di UI mengikuti Olim-piade Akuntansi tingkat na-sional. Sekolah ini dua kali meraih juara III dan sekali juara Harapan I. Tahun ini tim SMKN 2 Denpasar di-harapkan Wayan Sarjana bisa arapkan Wayan Sarjana bisa p y j

Bersama Motivasi Siswa Meraih Nilai Terbaik

SOSIALISASI UN - Kepala SMAN 6 Denpasar, Nyoman Mudhita (dua dari kanan) saat memberikan sosialisasi UN 2013.

Sudana dan Aris menyatakan sudah ikut serta membantu anaknya menghadapi UN baik dalam bentuk pengawasan belajar maupun dalam kegiat-an rekreasi agar mereka tak sampai stres meghadapi UN.

Ketua Komite SMAN 6 Den-pasar, I Made Wirata berteri-ma kasih para orangtua siswa sudah banyak membantu sekolah dalam mempersiap-kan anaknya menghadapi UN. Termasuk mendukung pendanaan untuk memberi-kan siswa kelas III les tam-bahan. (sue)

meraih juara umum karena sudah berada di ranking I di babak penyisihan.

Sementara itu 359 siswa kelas III SMKN 2 Denpasar sukses menjalani UKK 19-23 Februari untuk program keahlian akuntansi, perbank-an, administrasi perkantoran, pemasaraan dan usaha per-jalanan wisata (UPW) dan teknik komputer jaringan. UKK dilakukan tim dari dunia industri dengan target kelulus-an nilai delapan.

Di bulan Februari, siswan-ya juga banyak meraih juara di berbagai lomba di akade-mis dan non akademis. Di akademis, juara umum Olim-piade Akuntansi di FE Unud. Sementara di cabang olah-raga dan seni berupa juara II sambramawacana, juara I, II dan II tekwondo, juara III ka-rate, kriket juara III se- Kota Denpasar dan juara III se-pak takraw. Jadi, anak-amak SMKN 2 Denpasar selain ah-lai dalam program keahlian, dia juga juara di olahraga dan seni. Bahkan SMKN 2 Den-pasar meraih penghargaan sebagai sekolah Adi Wiyata di Denpasar. Sekolah ini diper-caya menjadi duta Denpasar dalam lomba cerdas cermat empat pilar kehidupan ber-bangsa se-Bali pada bulan Maret. (sue)

Meriahkan HUT Kota Denpasar

PEJATI - Kasek Wayan Sarjana dan Tjok. Gde Adyana menyaksikan siswa terlibat dalam lomba membuat pejati di SMKN 2 Denpasar.

KEMERIAHAN serangkai-n HUT ke-225 Kota Denpasar

dil k k di SMKN 2

Bali yang digelar mendapat respons positif dari siswanya.

meraih juara umum karena sudah berada di ranking I di

SMKN 2 Denpasar Gelar Lomba Ajeg BaliSMKN 2 Denpasar Gelar Lomba Ajeg Bali

SMAN 6 Denpasar Undang Orangtua Siswa

masih mengecewakan.

LibraKendalikan diri kamu

terutama jangan dikuasai nafsu yang menambah kehancuran dan pen-deritaan. Dekatkan diri kamu kepada Tuhan YME. Banyak sabar, mendengarkan ajaran agama, jangan terpengaruh hal-hal yang tidak baik. Asmara: Janji yang tak bisa ditepati. Dan kamu harus bisa menghibur diri sendiri. Jangan hanyut oleh keadaan yang menyakitkan hati. Study: Malu bertanya sesat di jalan. Datangi guru pembimbing.

ScorpioSungguh mujur nasib

kamu. Ada berita yang menggembirakan dan ada rejeki yang tak disangka-sangka. Bersyukurlah kepada Tuhan, sembahyang di tempat ibadah. Luaskan pergaulan, mencari teman baru dan obyek baru. Asmara: Membingungkan. Kamu dekati, dia menjauh. Kalau ada yang jatuh cinta kepadamu, kamu tidak respon. Akhirnya terjadi pemborosan. Study: Pertahankan hasil dan prestasi kamu. Semangat berlatih.

SagitariusNama semakin tersohor,

keuntungan bertambah, b i s a m e n g a d a k a n ke r j a sama . Menca r i tambahan has i l , teman dan ilmu pengetahuan. Bila perlu pergi jauh supaya bisa mengukur kemampuan kamu. Manfaatkanlah kesempatan baik ini. Asmara: Kisruh, ruwet dan bingung. Sebaiknya jangan berkomentar. Jadilah pendengar dan tunjukkan kesetiaan dan kejujuran. Orang sabar tentu disayang. Study: Mulai mendapat pujian. Tunjukkan kemampuan kamu.

dan saling percaya. Study: Bagus sekali. Pengorbanan dan belajar, tidak sia-sia. Lanjutkan.

CancerBuatlah perubahan dan

perencanaan yang baru-baru, supaya terhibur dan tercapai idam-idaman kamu. Adakan tukar pendapat dengan orang-orang yang lebih maju, sudah sukses dan banyak pengalamannya. Jangan ragu-ragu. Asmara: Masih berlanjut dan bisa diajak musyawarah, mana yang harus didahulukan. Jangan ingkar janji dan jangan berpaling kepada yang lain. Study: Banyak saingan, kamu harus menambah jam belajar.

LeoPusatkan konsentrasi

pada tugas atau proyek yang sedang kamu tangani. Jangan ikut-ikutan teman yang tidak punya tanggungan. Hindari foya-foya, hemat keuangan, mau kerja keras. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Asmara: Butuh pertolongan atau pengarahan dari orang lain. Bisa Ortu, bisa sahabat. Tidak bisa kamu atasi sendiri. Study: Apapun yang terjadi, harus kamu terima. Jangan membantah jangan protes.

VirgoYang banyak sabar,

menghadapi rintangan atau tantangan. Kamu harus lebih profesional, jangan meng-hadapi orang-orang yang bukan level kamu. Percuma berdebat dengan orang gila, orang yang picik tapi sok pintar. Asmara: Mendapat dukungan dan kepercayaan. Namun kamu berdua jangan bohong. Kemna pergi harus pamit atau minta ijin orang tua. Study: Sudah memeras otak, berusaha sekuat tenaga, hasilnya

Capricorn

Berjuanglah dengan gigih, supaya keinginan kamu segera tercapai. Hubung i o rang -o rang y a n g b e r s a n g k u t a n atau terkait dengan urusan d a n rencanamu. Jangan takut, jangan ragu, yang penting sopan dan jujur. Asmara: Perlu kesabaran dan waktu untuk merenungkan. Jangan banyak sibuk, supaya tidak kecapean. Kesehatan kamu perlu diperhatikan. Study: Bisa mendapat pertolongan, sehingga terangkatlah nilai kamu.

AquariusMasih harus bekerja

keras dalam mendapatkan keuntungan. Walaupun m e n d a p a t p u j i a n d a n kepercayaan, kamu tidak boleh sembrono dan sombong. Hindari pergaulan yang bisa menjebak kamu dalam kesulitan. Asmara: Mengalami goncang dan peristiwa yang pelik. Sehingga sulit untuk didamaikan dan dipertahankan. Kamu harus banyak sabar dan sembahyang. Study: Mulailah be la ja r dan menebus keka lahan, membetulkan kesalahan.

PiscesMemang belum waktunya

kamu mendapatkan apa yang kamu harapkan. Tetapi dari yang lain, justru mendapatkan kegembiraan. Oleh sebab itu jangan patah semangat, tetap rajin dan maju terus. Nanti akan berjumpa dengan orang yang baik hati. Asmara: Sebaiknya jangan mencintai

tetapi pilihlah yang mencintai kamu. Niscaya kamu bagaikan raja. Berkuasa ngatur dan minta. Study: Semakin rajin belajar, akan semakin berprestasi.

AriesTingkatkan kewaspadaan

dan selalu bertindak hati-hati. Sebab salah sedikit saja, bisa berakibat fatal. Utamakan urusan atau kepentingan kamu sendiri, jangan ngurus orang lain dan jangan percaya kalau tidak ada buktinya. Asmara: Boleh dibilang kamu bermagnet seperti besi sembrani. Teman-teman, dan banyak orang pada sayang kepadamu. Namun jangan salah persepsi. Study: Mendapat penghargaan, orang tua ikut bangga.

TaurusKeadaan kamu memprihatin-

kan. Banyak peristiwa sedih dan masalah. Hadapi lah kenyataan yang terjadi, dengan lapang dada, sabar dan pasrah. Yang penting tetap sembahyang dan tidak cari keruwetan. Asmara: Bisa mencoba untuk mendekati atau curhat kepada lain jenis. Di situlah kamu akan merasa teduh dan nyaman. Namun jangan Ge-Er. Study: Banyak membutuhkan dana. Kamu harus pandai mengatur uang.

GeminiKalau sedang tidak enak

badan, periksakan ke Dokter. Kalau banyak pekerjaan, jangan dipaksa untuk diselesaikan sekarang. Tenaga dan pikiran kamu jangan diforsir atau memaksakan diri, kurang istirahat. Asmara: Akan terjadi perselisihan dan salah paham. Jangan egois dan jangan emosi. Selesaikan dengan baik-baik, jujur,

12

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Jumat, 5 - 18 April 2013

Kamis, 4 - 18 April 2013

Pertanda Cinta

Terhenti seketika langkahkuTerpaku menatap indah bola matamuTerdiam membisuKeindahan merasuki kalbuParas tampanmu menusuk hatiBerkeliaran pada pikir iniDetak jantung enggan berhentiSemua tiba-tiba terjadiEntah apa yang sedang kurasaApakah ini pertanda cintaCinta pada pandangan pertamaSungguh menggetarkan dadaSemakin lama semakin dalam rasa iniTak ada lagi basa basiDan tak ka nada keraguan lagiAdakah ini menjadi cinta yang abadi

Eka Laksmi DewiSMA Dwijendra Denpasar

Stasiun Hati

Saat menaiki kereta ituDan turun di peron hatikuKau, berhentilah!Kuizinkan kau singgahAkan kusambut dengan hangat

Kubukakan pintu tuaYang usang dan berdebu semuaKarena lama tak ada tamuYang mempesona sepertimu

Rel-rel kita sudah terjalinMembentuk jalur batinKasih, sayang, dan cintaYang kokoh tanpa dusta

Saat kau ingin lariKau tak akan bisa pergiKarena keretaku tak melaju lagiSetelah sampai di tempat iniDi sini, di stasiun hati

Ni Ketut Cintya Riska PrathiwiSMAN 1 Denpasar

Dengan atau Tanpamu

Jika aku tersenyumKau palingkan wajahmuMenggores hatiMeninggalkan luka yang dalam

Ketika ku ratapi kauKau pergi terikat alamMenggugah sanubariMembuat jiwaku merintih

Tingkah lakumuMengoyak hatikuMenyiksa batinkuAku lemah tanpamuTapi aku hancur denganmuKini aku gundah karenamuEntah mana yang kupilihTanpamu atau bersamamu

Nadya KardeviSisma

Maafkan Aku Ayah Tak mampu ucap lewat kataAtau lukis dengan isyaratSebuah ceritaKalbu pilu menyayat Dengarkan bedebah tuaRasa sesal iniSerasa enggan pergiYah aku tahu hingga akhir hayatTak jua kau hapus dihatiKini langkah terus terbayangiAkan kisah ini 13 tahun laluAku lahir ke duniaHarapmu ku dapat raih yang kau angankanNamun harap tinggal harap Sikapku bagai algojo pencabut nyawamuTapi tetap kau sabar hadapi daku Kini lewat puisi Kupersembahkan sepenggal maafMaaf yang tak bisa terima apa adamuMaaf tak pernah bisa wujudkan Segala mimpi anganTerpendam

Ayu Diah MaharaniGrisda

Tanah Berkarat

Ku berpijak dalam kelamPenuh dosa, luka ,dan kotorPikiranku terkupasAsa yang dulu Tak dapat ku gapai lagi

Ku terdengar langkahan kakiDalam tanah tak bertuahDikesunyian suciPenuh dilema yang hanyut

Dalam hening ku bersuaraAkankah aku keluar, dari lingkaran ini?Tidak kah kau sadari?Aku hancurHancur dalam tanah berkarat

TusvianiRegrisma

Jeritan Malam

Bukannya angkuh menyangkal rasaSebatas ragu hadirkan cintaGoresan kisah tinggalkan lukaHati terkatup enggan membukaHatiku berontak sesakkan dadaJiwa menjerit sarat kata tanpa suaraTerjepit erat dalam jeratnya dustaJungkirkan niat mengubur asa

Dhimita Indri AnggraeniSMP SLUB Saraswati 1 Denpasar

Hadiah Termulia

Haruskah kuuraikan pada kataAtau kupendam dalam sanubariAtau kutanya mentariKe mana langkah membawa kakiYang kian tersesat Ke jurang laknat Hadiah yang Kau beriBerupa buku petuahMenyadarkankuMeluruskan asaMelapangkan jalan berkabutMenuju kedamaian Dunia-akhirat

Kania Candra Dewi VIIIASMP PGRI 2 Denpasar

Derita

Kau bagai mentari yang mampu menghangatkanJika-kau,Kau balut luka-kuDengan ketulusan dan kejujuranmuKarnamu hidup ini terasa berartiKini aku terasa hidup lagiDari kebekuanYang lama terdampar dilaut yang dangkalDan bersalju

AA. RasmawanX.4 Regrisma

Yang Terabaikan

Ia yang disana,Bersembunyi dalam kejamnya duniaPerih bersama luka pecutan takdirTerhempas dashyatnya cobaan

Ia yang disana,Lantunkan harapan, impian dalam doaSendu air mata wakilkan ribuan kataTak mampu ungkap pada masa

Ia yang disana,lemah telah habiskan ikhtiar yang adaLelah terapung dalam ketidakpastian Terkapai-kapai secercah harapan yang enggan bertandang

Tapi, kini...Ia yang disana,Tutup usia dengan gembiraTerlepas dari bengisnya kehidupanTerbang bebas bersama udaraMeski kehampaan tak jarang menyapa

Agung DeviTriska

5Kamis, 4 - 18 April 2013

4 13Kamis, 4 - 18 April 2013Kamis, 4 - 18 April 2013

Informasi Studi Lanjut

IKIP PGRI Bali kini dikenal sebagai LPTK favorit di Bali. Bayangkan jumlah mahasiswanya kini mencapai 6.500 orang. Sebuah angka yang besar berkat keper-

UNIV. WARMADEWA semakin berkibar sejak memiliki Fak. Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). FKIK ini adalah fakultas kedokteran kedua setelah FK Unud. Maka-nya FKIK Unwar menjadi incaran bagi lulus-an SMA/SMK di Bali.

Nah ini kabar gembira bagi kamu yang lulus tahun ini untuk bergabung di FKIK Un-war. Bahkan FKIK ini sudah berjalan empat tahun dan tahun ini adalah wisuda pertama FKIK Unwar.

Acara pelepasan alias yudisium dilaku-kan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FK) Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.Par.K., Sabtu (2/3) lalu. Pada yudisium lulusan perdana sarjana kedokteran (S.Ked) Program Studi Pendi-dikan Dokter (PSPD) sebanyak dari 52 ang-katan pertama, 46 dinyatakan lulus dengan baik. Sementara enam orang ditunda kelu-lusannya karena harus menempuh sejumlah mata uji.

Ketua PSPD, dr. I Nyoman Sueta, PAK., mengatakan mereka yang ditunda kelulusan-nya diberi waktu dua minggu untuk mengiku-ti program remedial dan syarat kompetensi lainnya sebelum acara wisuda.

Tampil sebagai lulusan terbaik masing-masing Komang Gangga Eka Candra (3,60), I Gusti Ayu Nita Kusuma Dewi (3,60), I Nyo-

Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru lewat Dua GelombangFakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unwar

man Warigardita Susila (3,52) dan I Made Wiraguna (3,50).

Dekan FK Unwar, Dewa Putu Widjana mengatakan FKIK sebagai fakultas termuda di Unwar kini banyak diminati masyarakat. Sebagai pimpinan fakultas sangat ber-bahagia karena berhasil menghantarkan 46 mahasiswanya menjadi dokter muda berkualitas.

Usai menempuh sarjana kesehatan, lu-lusan FKIK ini akan menempuh pendidikan profesi dan UKDI yang jauh lebih berat. Ma-hasiswa akan berhadapan dengan dosen, pasien dan keluarga pasien semua berinter-aksi yang menentukan kesuksesan menjadi seorang doktor. Makanya dia menekankan pentingnya komunikasi skill untuk menjadi dokter yang sesungguhnya.

Ia menekankan persiapkan diri dengan baik agar lulus UKDI. Sebab UKDI ini me-nentukan citra lembaga karena tak gam-pang dilewati. “Secara nasional, seribu lebih tak lulus UKDI,” ujarnya.

Dia mengaku inginkan lulusan FKIK Un-war lulus UKDI sampai 80 persen. Untuk itu dokter muda diminta terus menggali pe-ngalaman dan menjalani pendidikan profesi sebaik-baiknya.

Pendaftaran mahasiswa baru FKIK Un-war melalui dua gelombang. Pendaftaran

gelombang pertama dibuka 14 Februari-31 Maret 2013, ujian seleksi 1-2 April 2013. Sedang-kan gelombang II dibuka 24 April - 4 Juli dengan ujian seleksi 5 - 6 Juli 2013. Caranya menye-rahkan tanda peserta UN, mengisi formulir, melunasi biaya seleksi Rp 750 ribu.

Rektor Unwar, Prof. Dr. I Made Sukarsa me-ngaku gembira karena jajaran FKIK Unwar be-kerja dengan baik dan mahasiswa mampu be-lajar dengan benar se-hingga menghasilkan lulusan perdana. Sukses ini juga berkat kerja keras orangtua mahasiswa.

Dia juga berterima kasih jajaran dosen FK Unud yang ikut membantu dan membidani lahirnya FKIK Unwar. Makanya dia menga-takan mereka SDM yang tepat mengelola FK Unwar karena langsung mendapat hibah dari Band Dunia. Bahkan dia mengatakan sejak FK Unwar berdiri jumlah mahasiswa

Terbaik I di Akreditasi, Cetak Calon Guru Bermutu

TERBAIK - Dekan FKIK Unwar, Dewa Putu Widjana menyerahkan penghargaan ke-pada lulusan terbaik saat yudisium per-dana FKIK.

Unwar sejak delapan tahun terus mengala-mi peningkatan. “Bahkan FKIK adalah ATM-nya Unwar,” ujarnya. (sue/adv)

IKIP PGRI Bali

cayaan masyarakat yang tinggi terhadap kampus ini.

Jumlah mahasiswa terbanyak ada di tiga fakultas yakni Fak. Pendidikan Olah-raga dan Kesehatan (FPOK), Fak. Matema-tika dan IPA (FMIPA) dan Fak. Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) Indonesia dan Bali. Mahasiswanya juga padat di Fak. Pen-didikan ilmu Penge-tahuan Sosial (FIPS) dan Fak. Ilmu Pendi-dikan (FIP).

Yang menarik IKIP PGRI Bali sepanjang tahun tetap memberi-kan SPP gratis bagi mahasiswa bahasa Bali yang mau kuliah pagi. Kedua, semua calon mahasiswa baru IKIP PGRI Bali bebas dari uang bangunan. Bahkan SPP/bulan menu-rut Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Su-

arta, S.H., M.Hum.Kualitas IKIP PGRI Bali sudah teruji. Ini

dibuktikan prestasi IKIP PGRI Bali meraih terbaik I di bidang akreditasi di Bali, NTB dan NTT. Penyerahan penghargaan akredi-tasi terbaik diserahkan Koordinator Kopertis VIII, Prof. Nyoman Sucipta diterima lang-sung Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Su-arta, S.H., M.Hum.

Penghargaan ini disambut gembira sivitas akademika IKIP PGRI Bali karena menunjukkan kualitas kerja terbaik tahun ini. Dari sembilan program studi, semuanya terakreditasi, sebagian besar meraih nilai B. Ini menunjukkan IKIP PGRI Bali, taat asas legalitas dan mencerminkan bahwa LPTK ini berjalan diatas rel dan ketentuan yang benar.

Dr. I Made Suarta mengatakan, salah satu syarat legal bisa mengeluarkan dan me-neken ijasah, program studi harus terakredi-tasi. Bahkan untuk bisa meraih akreditasi ini berarti lembaga itu sudah mengantongi ijin operasional dan epsbed berjalan bagus. Ini berarti multi demensi yang dipenuhi IKIP PGRI Bali yakni memiliki ijin operasional,

epsbed yang bagus dan terakreditasi.Bukan itu saja IKIP PGRI Bali dipercaya

Mendikbud menjadi tuan rumah Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ON MIPA) antar PT di lingkungan Wilayah VIII.

Kamu yang memilih IKIP PGRI Bali juga disiapkan berbagai beasiswa. Misalnya bea-siswa BBM, PPA dan Supersemar dan bea-siswa program kelangkaan dari Disdikpora Bali. Termasuk beasiswa langka di Jurusan Bahasa Bali, Seni Rupa dan Seni Tari.

Made Suarta mengatakan semua lu-lusannya terserap di dunia kerja. Mereka menjadi guru PNS, guru swasta. Di samping membuka kursus, guru dan usaha mandiri. Calon guru yang dicetak IKIP PGRI Bali yakni guru profesional yang memiliki pen-didikan karakter berbasiskan akar budaya yang kuat. Mereka harus profesional dalam bidang keguruan atau menguasai empat komptensi guru pedagogik, akademik, so-sial dan personal.

Tunggu apa lagi, silahkan daftarkan diri ke kampus IKIP PGRI Bali di Jl. Seroja Tonja Denpasar atau di kampus Akasia di Jl. Aka-sia, Tanjung Bungkak Denpasar. (sue/adv)

cyyk

tfPr(tdB(Bjdtdd

UNDIKNAS University sudah dikenal sejak dulu sebagai universitas berkualitas. Jika kamu setelah tamat dan sarjana cepat mendapat pekerjaan silahkan mendaftar di Undiknas University.

Salah satu prestasi yang diukir Undiknas University yakni membuktikan diri sebagai salah satu kampus terbaik di wilayah Bali, NTB dan NTT. Undiknas University Denpasar meraih dua penghargaan terbaik di dua katagori dari Kopertis Wilayah VIII.

Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. Nyoman Sucipta, menyerahkan penghargaan bagi kampus terbaik dalam bidang akreditasi, epsbed dan hibah penelitian. Undiknas University Denpasar satu-satunya PTS yang meraih dua penghargaan tiga terbaik dalam bidang akreditasi dan hibah penelitian. Dua penghargaan itu diterima langsung Rektor Undiknas University, Prof. Gede Sri Darma, DBA.

Rektor, Prof. Gede Sri Darma mengatakan tahun lalu Undiknas Denpasar meraih terbaik I dalam epsbed, tahun ini dikembangkan untuk tiga katagori terbaik. Atas prestasi itu Rektor Undiknas mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para dekan, direktur direktorat dan ketua jurusan. Alasannya, berkat kerja keras, dukungan, kerjasama dan kerja cerdas mereka selama ini menghantarkan Undiknas meraih prestasi itu.

Undiknas University

Kampus Terbaik, Berkarakter KewirausahaanPrestasi ini, kata Gede Sri Darma yang

juga Ketua Apisi Bali, bukan atas kerja sendiri-sendiri, melainkan atas kerjasama dan kerja kolektif. Makanya ia mengatakan penghargaan ini sekaligus sebagai kado istimewa HUT Undiknas.

Gede Sri Darma mengatakan prestasi ini sebagai cambuk bagi sivitas akademika Undiknas untuk bekerja lebih baik, selanjutnya memotivasi diri untuk menjadikan Undiknas selalu meraih prestasi dan prestise sepanjang tahun.

Untuk dua penghargaan yang diterima Undiknas University, kata dia, diperoleh dengan bersaing secara terbuka bersama 104 PTS di Bali, NTB dan NTT. Makanya ia berbangga suskes di katagori akreditasi dan hibah penelitian sebagai tolok ukur kampus bermutu.

Rektor Undiknas University Denpasar, Prof. Gede Sri Darma, DBA., mempersilahkan lulusan SMA/SMK tahun ini untuk memilih salah satu fakultas di Undiknas University. Bisa memilih FEB dengan Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Fak. Hukum dengan Jurusan Ilmu Hukum, FISIP dengan Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Negara, Fak. Teknik dengan Jurusan Teknik Sipil dan Teknik Elektro. Di samping itu Undiknas juga memiliki Magister Manajemen (MM) dan Magister Administrasi Publik (MAP).

Di Undiknas University selain l u l u s a n n y a d i s i a p k a n m e n j a d i i n t e r p r e n u r andal juga dilatih menulis di jurnal ilmiah. Karena jiwa en t rep reneur wajib dimiliki semua insan Undiknas. Ini d i b u k t i k a n makin banyak s takeho lde rs Undiknas yang m e m b e r i k a n bantuan modal untuk program kewirausahaan.

Undiknas berkepentingan menumbuhkan karakter kewirausahaan. Hal ini pas dengan komitmen Undiknas yakni move to global and digital baik dalam kerjasama internasional, peningkatan kualitas riset dan pengembangan kewirausahaan. Untuk

PENGHARGAAN - Dosen Undiknas didampingi Rektor Undiknas, Prof. Gede Sri Darma saat menerima award internasional.

itu lulusan Undiknas diminta bersikap kreatif dan iniovatif meniti karir mandiri. (sue/adv)

KAMPUS - Wajah baru kampus IKIP PGRI Bali.

14 3

Bagi grup band sekolah yang mau nongol di WM, silahkan kirim naskah dan foto via email: [email protected]

Kamis, 4 - 18 April 2013Kamis, 4 - 18 April 2013

KEGIATAN Olimpiade Peneli-tian Sains & Humaiora TRISMA I 2013 yang diselenggarakan oleh Sma Negeri 3 Denpasar memang telah mencapai puncaknya pada Sabtu, 23 Februari 2013, namun di balik itu, ada satu nama yang pada malam pengumuman dapat disebut bintang. Ba-gaimana tidak, dari lima ka-tegori terbaik pada Kelompok Sains Dasar, dia menyabet tiga penghar-gaan sekaligus makalah ter-baik, interaksi terbaik dan presentasi ter-baik. Jadi wajar medali emas sains dasar berada dalam genggaman-nya.

Devi, begitu ia akrab disapa. Gadis dengan senyum manis kelahiran Denpasar, 5 Februari 1999 ini memiliki nama lengkap Ni Luh Devi Kusuma Wati. Siswi yang saat ini masih duduk di kelas VIII SMP Nusa Dua awalnya me-ngaku tidak percaya dengan apa yang telah berhasil diraihnya. “Te-rima kasih Tuhan, MESTAKUNG!” itulah kalimat pertama yang teru-cap dari bibir tipisnya yang ber-balut senyuman manis. Ketika di-tanya apa itu mestakung, dengan senyum dia menjawab “Semesta mendukung.” Devi percaya ka-lau Tuhan sayang pada kita dan semesta atau lingkungan akan selalu mendukung kita kalau kita mau maju. Ketika ditanya menge-nai rahasia keberhasilannya, Devi hanya tersenyum dan berkata “Berusaha dan berdoa.”

Devi Kusuma: “MESTAKUNG!!!”Awalnya Devi sama sekali tidak

tertarik pada dunia tulis menulis apalagi penelitian ilmiah. Tiba-tiba seseorang meyakinkannya kalau Devi punya potensi. Orang itu mengajak Devi untuk bermimpi dan berusaha mewujudkannya,

mengajarkan agar jangan mengeluh dan percaya pada mestakung.

“Hal itulah yang membuat saya terus berusaha dan berdoa untuk mewu judkan mimpi. Devi ucapin terima kasih buat se-mua yang men-dukung Devi hingga bisa sampai seperti ini. Hal ini juga menjadi bukti bahwa biarpun

sekolah Devi swasta, tapi SMP Nusa Dua adalah sekolah swasta yang berkualitas.”

Keberhasilan yang telah dica-pai Devi ternyata diperoleh berkat usaha keras untuk meraih mimpi. Diawali dengan kegagalan me-nembus fi nal LKTI SMA Negeri 5 Denpasar, Devi membalasnya dengan meraih juara II pada LKTI SMA Negeri 3 Denpasar pada Januari 2013 dengan karya tulis studi tentang “Golden Ratio pada Patra Samblung dalam Seni Ukir Bali.” Puncaknya adalah medali emas sains dasar Olimpiade Pe-nelitian Trisma dengan karya tulis “Pemanfaatan Senyawa Alkaloid dan Flavonoid pada Getah Tana-man Bintaro (Carberra Manghas) sebagai obat luka. Wah-wah, he-bat devi, semangat dan wujudkan mimpi-mimpimu. Mestakung!!! (atw)

mampm

ysbbmmukmdhsimb

SIAPA bilang kawin cerai hanya terjadi di kalangan selebritis. Tak sedikit masyarakat kebanyakan yang juga mengalami. Menurut I Putu Bhisama Labdajaya, mencu-atnya ke masyarakat perceraian di kalangan selebritis, lantaran yang bersangkutan itu menyandang predikat publik fi gur. Berbeda de-ngan masyarakat biasa, yang ka-susnya tidak seheboh publik fi gur.

Padahal angka perceraian di ka-langan masyarakat biasa terbilang tinggi akhir-akhir ini. Bhisama—begitu siswa SMP (SLUB) Saraswati, Denpasar ini akrab disapa, menilai cu-kup banyak adat-istiadat maupun tradisi yang ada di sejumlah daerah di Indonesia dan Bali khususnya, yang secara tidak lang-sung berdampak pada rendahnya angka perceraian. Seperti budaya “Ngejero” yang ada di Desa Adat Ngis, Karangasem, yang dapat menekan angka perceraian. Di luar dugaan, tradisi warisan leluhur itu, salah

satu tradisi kuno, yang sangat efektif menekan angka perceraian di desa adat tersebut.

“Kita sesungguhnya harus bangga dengan sejumlah desa adat di Bali yang memiliki adat-istiadat maupun tradisi yang dapat menyikapi permasalahan sosial yang terjadi akibat perkembangan zaman. Salah satunya menekan tingginya angka perceraian,’’ ujar

Bhisama.Lahir di Denpasar, 10 Desem-

ber 1998, ABG berbintang sagi-tarius ini, telah menunjukkan kemampuannya terbaik dengan bidang penelitian. Tak menghe-rankan juara olimpiade humaniora ini setelah besar nanti akan ber-cita-cita menjadi seorang peneliti masalah-masalah sosial yang ter-jadi di masyarakat Bali khususnya. Sulung dua bersaudara pasangan I Made Asmara Jaya - Dewa Ayu Sri R. ini mengaku sangat tertarik untuk meneliti permasalahan so-sial yang terjadi di masyarakat. Walaupun dia harus bolak-balik Denpasar-Karangasem untuk merampungkan penelitian, ada keasyikan dan tantangan tersen-diri bagi Bhisama.

Bhisama berharap remaja Bali untuk tidak alergi dengan tradisi maupun adat-istiadat warisan luhur. Cukup banyak budaya-bu-daya kuno tersebut sangat efektif untuk menangkal terjerumusnya masyarakat akibat dampak negatif perkembangan zaman. Tahapan demi tahapan yang bernuansa kekeluargaan dengan melibatkan tokoh desa adat, rupanya mampu menekan tingginya angka per-ceraian.

Ngejero kata Bhisama salah satu tradisi lokal yang patut dia-cungi jempol. Dia yakin desa-desa adat lainnya di Bali juga memi-liki tradisi serupa. Walaupun tidak khusus untuk menekan tingginya angka perceraian, juga mem-pertahankan eksistensi seni dan budaya maupun keseimbangan ekosistem, dengan menjaga tetap lestarinya lingkungan, bagian yang tidak dapat dipisahkan de-ngan kehidupan masyarakat. Be-lajar dari berbagai dampak sosial yang terjadi, tradisi lokal yang maha agung itu harus terus digali dan dimanfaatkan untuk mengatur kehidupan masyarakatnya. Tanpa target juara, karya tulis Bhisama dengan teman satu sekolahnya Dinda, sukses menyabet predikat karya tulis terbaik. Istimewanya lagi mendapat apresiasi dari Wali Kota Denpasar Rai Dharmawijaya Mantra pada puncak HUT Kota Denpasar belum lama ini. (ast)

KEGIATAtian Sains &s2013 yang dSma Negeri telah menca

Devi

Padahal angka perceraian di ka-angan masyarakat

Bhisama.Lahir di Denpasar, 10 Desem-

ber 1998 ABG berbintang sagi

Teliti Kasus PerceraianBhisama

lbtib(DdkitsIksspaS“dKdaDtl

Ppl

IDE untuk me-ngadakan pensi dari obrolan semata. Ke-tua panitia “Agus Vany Susanto” yang biasa disapa “Vany” bingung untuk me-mulai program ini. Karena ingin memi-liki gebrakan baru dan bisa Berawal dari obrolan semata merupakan sebuah mimpi yang dapat kami wujudkan disini. Niat dan tekad kami yang membuat kami yakin untuk bisa me-nyukseskan acara tersebut. Tanpa modal, dan mengandalkan spon-sor, dan permulaan dengan budget Rp 500.000,00 dari uang pribadi ketua panitia yang dialokasikan untuk pengadaan proposal pensi.

Road to RES’PORIAFESTNama Kegiatan : Pentas Seni SMA Negeri 2 DenpasarTanggal : 23 Februari 2013 Tempat : SMA Negeri 2 Denpasar

Berharap bisa dalam kesenangan di tanggal 23. Dalam rangka pensi ini kami juga mengadakan audisi band yang bekerjasama dengan pihak Yamaha untuk menyeleng-garakan audisi band tersebut yang dilaksanakan pada tanggal

8 Februari 2013 yang dilaksana-kan di SMAN 2 Denpasar. Dalam acaranya ini juga diramaikan oleh beberapa bintang tamu seperti as-troyboys, 6000 band, radiowave, goodmorning sunrise, dalam audi-si ini diikuti bukan hanya dari anak resman sendiri tetapi juga dari sekolah luar yang juga ikut berpar-tisipasi dalam lomba tersebut. Da-lam audisi ini tidak hanya menen-tukan pemenang untuk band yg akan tampil di Pensi Resman yang bernama “ResPoriaFest” tetapi juga ditentukan pemenang band yang akan menjadi band pembuka untuk NOAH band yang audisinya juga diselenggarakan pada tgl 9 Februari 2013 yang bertempat di UNHI Denpasar. Untuk juara yang akan tampil pada Pensi Resman yaitu adeline, wangsa dan vermil-ion. Dan band yang akan tampil sebagai band pembuka NOAH itu ditentukan oleh pihak Yamaha sendiri.

OOpini

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek,dll. Naskah diketik 2 spa-si dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 Pengetahuan

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tanggal 24 Oktober, anggota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liputan : Made Sueca. Anggota Redaksi : Puja-wan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra

Prayoga. Wartawan Sekolah : Ni Wayan Meida Yunita Sari (SMAN 6 Denpasar), Sonia Kharisma (SMAN 1 Tabanan), Ayu Desi Darmawati (SMPN 1 Kerambitan), Ni Wayan Diyanti (SMA Surya Wisata Kediri), Ni Luh Gede Widya Saraswati (SMPN 2 Tabanan), Dyah Ayu Raka Natih Gustini (SMK Pariwisata Triatmajaya), Eko Aditya Ramadianto (SMKN 3 Tabanan), Pradina Ariyati (SMKN 1 Tabanan), Ni Luh Ayu Arista Dewi (SMAN 4 Den-pasar), Desak Nyoman Utami (SMA Dwijendra Denpasar), Pande Putu Dian Ayu Ardiani (SMK PGRI 1 Denpasar), Galuh Alfaranny P. (SMP PGRI 2 Denpasar), Intan Widya Pratiwi (SMAN 5 Denpasar), Ni Wayan Eka Wahyuni (SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar), Ni Kadek Laksmi Vira Santhi (SMPN 3 Denpasar), Made Nita Jayanti Tusandari (SMAN 6 Denpasar), Ni Made Sugiatini (SMK PGRI 3 Denpasar), A.A. Diah Satria Purnama (SMA Dwijendra Denpasar), Nyoman Manik Mas Genitri Putri (SMP Dwijendra Denpasar), Kadek Diah Sri Laksmi Dewi (SMAN 8 Denpasar), Ayu Giri Widiadnyani (SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafi s : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pemimpin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

Kamis, 4 - 18 April 2013

PENGGUNAAN bahasa se-hari-hari dan istilah yang sedang tren di kalangan remaja, pelajar ataupun masyarakat awam se-pertinya sudah mendarah daging dalam diri masyarakat Indonesia. Misalnya saja penggunaan kata-kata dalam sms yang sering di-singkat-singkat, seperti kata ‘tidak’ yang menjadi ‘enggak’, ‘gak’ atau ‘nggak’. Bahkan ada beberapa kata yang terkadang membuat si pembaca sendiri bingung seperti kata banget dan kata begitu yang hampir sama dalam bahasa sms menjadi ‘bgt’. Tidak hanya dalam bahasa sms, dalam bahasa sehari-hari masyarakat juga sering meng-gunakan kata-kata yang tidak se-mestinya, sudah menjadi ‘udah’, makan menjadi ‘maem’, kasih tahu menjadi ‘ngasik tau’ atau penggunaan kata aku menjadi ‘gue’ dan kamu menjadi ‘lo’ dan istilah atau kata-kata lainnya.

Selain penggunaan atau pe-ngucapan kata yang tidak semes-tinya tersebut, muncul juga be-berapa istilah-istilah baru. Seper-ti istilah ‘KEPO (Knowing Every Particular Object), Galau, Lebay, ataupun Alay’ yang marak diucap-kan oleh masyarakat awam sejak beberapa tahun terakhir yang kini di kalangan masyarakat. Bahasa-bahasa tersebut biasanya dipo-pulerkan lewat beberapa acara tv ataupun drama seri remaja dan jejaring sosial yang sedang digan-drungi oleh remaja seperti twitter, facebook, blackberry messenger, line dan jejaring sosial lainnya.

Dampak atau sisi positif dari penggunaan bahasa tersebut ada-lah meluasnya hubungan sosial-isasi di antara masyarakat, tidak

kaku dalam bahasa pertemanan, dan selalu mengikuti perkembang-an zaman. Namun tidak dapat dipungkiri, seiring berkembangnya zaman dan teknologi serta banyak-nya bermunculan istilah-istilah baru tersebut kian membuat baha-sa Indonesia yang baik dan benar semakin tersisihkan. Bahkan kini, anak-anak yang seharusnya ditem-pa dengan bahasa Indonesia baku juga ikut mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan ba-hasa atau istilah tersebut.

Ada baiknya jika anak-anak ditanamkan dengan bahasa In-donesia yang baik dan benar, sebelum mereka mulai mengikuti perkembangan teknologi ataupun pergaulan di luar. Sebab, bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat dibutuhkan untuk modal masyarakat di dalam pendidikan, pekerjaan ataupun sopan santun. Bukankah tidak ada salahnya jika kita membiasakan untuk menggu-nakan bahasa Indonesia yang baik dan benar? Karena menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan sangat menguntung-kan bagi kita di masa mendatang.

Selain penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahasa daerah pun sudah mu-lai tergerus oleh zaman. Bahasa daerah kini semakin ditinggal-kan masyarakat, hanya sedikit masyarakat yang masih menggu-nakan bahasa daerah. Walaupun bahasa daerah bukan bahasa na-sional, tapi ada baiknya jika kita lestarikan bahasa daerah untuk kita wariskan kepada generasi mendatang.

Budi Shantika (Tika-CB)SMAN 6 Denpasar

Bahasa Kita Tergerus ZamanKOMPUTER tablet kini menjadi sebuah tren baru di kalangan pe-cinta gadget. Hampir menggusur popularitas komputer jinjing, de-sain yang simple dan lebih futuris-tik membuat tablet banyak diminati oleh pecinta gadget. Ketika awal kemunculannya, komputer tablet hanya dimiliki oleh kalangan high class saja karena harganya yang cukup mahal. Namun seiring de-ngan banyaknya produsen yang memproduksi, maka harga dan jenisnya kini lebih variatif. Bahkan bisa dibilang kini banyak sekali tablet android murah yang beredar (khususnya produk dari China).

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki tablet Android denga har-ga murah, tak ada salahnya jika meilirik Tablet asal China tersebut. Namun, sebelum memutuskan membeli tablet android brand lokal/merk China ada baiknya memper-hatikan beberapa hal berikut ini.Layar

Tak hanya tablet branded, saat ini tablet android murah asal China juga menanamkan teknologi capa-tive display. Yang perlu diperhati-kan, bahwa teknologi ini menjadi pondasi utama sensitivitas layar. Jika tablet yang kamu pilih mempu-nyai respon lambat ketika diusap atau disentuh, sebaiknya pertim-bangkan lagi untuk membelinya.

OOpin

OOpin

BahaKOMPUTER tablet kini menjadi uah tren baru di kalangan pe-

Membeli Tablet AndroidMembeli Tablet Android

ResolusiResolusi layar sangat menentu-

kan kualitas grafi k yang tersaji. Un-tuk tablet dengan ukuran 7 inchi, sebaiknya kita memilih 1024 x 768 px sebagai resolusinya, sehingga gambar yang ditampilkan lebih jelas dan memnajakan mata.Performa

Mempunyai tablet android mu-rah tetapi lemot ketika dijalankan, tentu bukanlah suatu hal yang ba-gus. Pilihlah tablet android dengan performa yang baik, paling tidak prosesor sudah punya kecepatan 1 GHz dan RAM 1 GB. Pasalnya, OS Android semakin rakus akan “tenaga” berbanding lurus dengan versi software-nya. Dukungan Update

Pilih tablet android yang mem-

berikan dukung-an update di

masa menda-tang. sehingga

tidak akan ber-henti pada OS versi

itu itu saja tetapi bisa mengikuti perkem-

bangan.Konektivitas Jaringan

Beberapa tablet an-droid yang dijual murah di

bawah Rp. 1 juta ternyata mengorbankan fi tur jaringan

GSM dan hanya menanamkan Wi-Fi sebagai konektivitasnya. Hal ini tergantung keperluan kamu, jika lingkungan bekerja/sekolah/tempat tinggal terdapat koneksi Wi-Fi tentu tidak masalah, namun jika sama sekali tidak ada, sebaiknya jangan pernah berpikir untuk membelinya.Layanan Purna Jual

Pilihlah vendor yang memberi-kan layanan purna jual dengan baik. Kamu tentu tidak ingin hal buruk terjadi pada tablet kamu, meskipun harganya sangat murah tapi tidak didukung layanan cus-tomer service dan sparepart, sama saja bohong.

Wayan JuliartaGRISSA

ttid

henitu it

mengibangan

KonektivBebera

droid yangbawah Rp.

mengorbanka

HAMPIR setiap pengguna kom-puter yang menggunakan sistem windows pasti pernah mengalami komputer yang tiba-tiba “hang”. Pasti kesal, dan hal ini tentunya akan mengganggu dan mengham-bat pekerjaan. Nah, berikut ini tips mudah untuk menutup aplikasi yang not responding seperti itu.

Tanda aplikasi yang hang ada-lah pada title bar aplikasi tertera tulisan not responding. Aplikasi yang hang ini tak bisa ditutup ke-cuali menggunakan task manager windows. Menggunakan task ma-

Cara Mudah Mengatasi Komputer “Hang”nager sebenarnya tidak sulit, ting-gal tekan Ctrl+Alt+Del, kemudian klik start task manager. Setelah terbuka, cukup pilih aplikasi yang hang, kemudian klik tombol end task untuk menutup aplikasi yang hang tersebut.

Dengan memanfaatkan fi le task-kill.exe bawaan windows, kita bisa menutup aplikasi not responding dengan jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan membuat shortcut ke fi le taskkill.exe deangan lang-kah-langkah sebagai berikut:

* Klik kanan desktop, pilih “Cre-

ate New Shortcut”.* Copy-paste kode warna merah

di bawah ke fi eld location shortcut.Setelah melakukan langkah di

atas, maka akan ada sebuah short-cut dengan nama “taskkill”. Dengan men-double klik shortcut tersebut, komputer akan secara otomatis mengidentifi kasi dan menutup se-tiap program “Not Responding”. Tips ini bekerja pada Windows XP Pro, Vista dan Windows 7. Selamat mencoba.

AtmajaSpelden

DALAM menjalankan ujian-ujian tertentu seperti UN ataupun UAS, kita sering kali dihadapkan dengan LJK (Lembar Jawaban Komputer) yang tentunya ada beberapa per-syaratan agar lembar jawaban tersebut dapat terdeteksi oleh OMR (Perangkat yang memeriksa lembar jawaban komputer). Nah, berikut adalah tips dalam mengisi LJK agar terhindar dari kesalahan.Pensil yang Bisa Dipakai

Semua pensil bisa dipakai, inti-nya adalah membuat lingkaran hi-tam pekat di LJK tersebut, namun yang menjadi standar adalah pensil 2B karena kepekatannya cukup dan mudah untuk dihapus. Bila meng-gunakan pensil HB, memerlukan waktu lama untuk menghitamkan dan resiko kertas rusak semakin besar karena pensil HB cenderung keras. Bila menggunakan pensil 6B hasil bulatannya sangat pekat, bila dihapus dijamin akan mengotori kertas isian kamu.

Bila ada noda kotor di LJK misal-nya noda pensil, sebaiknya dihapus hingga bersih sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. Tapi, bila ada noda di bagian kotak-kotak hi-tam (Skunk Mark) disekeliling LJK sebaiknya kita lebih baik menukar LJK tersebut, mengingat scanner berkerja berdasarkan titik koordinat

“Skunk Mark” tersebut se-cara horizontal dan vertikal.Cara Membu-latkan Isian

D e n g a n pensil 2B tentu-nya, usahakan saat mengarsir harus penuh satu bulatan. Tidak masalah

bila keluar dari lingkaran, asalkan tidak mengenai lingkaran lainnya. Mengenai pengisian jawaban yang harus sempurna mengisi bulatan dan tidak boleh lebih dari bulatan, itu tidak sepenuhnya benar. Se-lama pensil tidak melebar ke area jawaban yang lain, jawaban akan tetap terbaca. Jika sampai melebar ke area jawaban yang lain, akan ada dua jawaban yang terbaca, maka OMR akan mengembalikan karakter (asterik) sebagai hasil-nya yang berarti bahwa data/ isian tidak benar.LJK Sobek atau Terlipat

Walaupun yang sobek atau ter-lipat bukan dibagian Skunk Mark sebaiknya kita lebih baik menggan-ti LJK. Perlu kamu ketahui ternyata sensor pada scanner sangat tipis sekitar 0,5 mm dan sangat sen-sitif, jadi bila LJK-nya sampai ter-lipat kemungkinan untuk nyang-kut di scanner sangat besar dan kemungkinan besar bisa sobek. Kalau hanya terjadi satu atau dua masalah mungkin akan diperbaiki oleh yang pengoreksi (contohnya dari penulisan Nama/ Nomor/ DLL). Sebenarnya, terlipat sedikit di ujung-ujung kertas bukanlah suatu masalah asal jangan sampai kotor dan berwarna gelap di area utama form yang akan di scan,

Tips Mengisi LJK Agar Terhindar dari Kesalahan“tecdCla

pnshsT

karena dikhawatirkan OMR akan menganggapnya sebagai jawaban. Tetapi, jika kertas terlipat cukup parah dikhawatirkan akan tersang-kut dan menyebabkan kemacetan pada perangkat OMR.

OMR adalah piranti yang da-pat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh kom-puter. Piranti ini membaca masuk-an dengan bantuan optis, de-ngan menggali ketebalan tulisan. Teknologi OMR ini semakin hari semakin maju, yang menarik selain kemampuan pembacaannya yang kian meningkat, harga OMR pun semakin turun. Sehingga tak heran kalau beberapa sekolah dan bim-bingan belajar pun mampu untuk membelinya, tentu saja fasilitas ini makin mempermudah proses ujian dan ujicoba ujian di masing-masing institusi tersebut.

Dhimita Indri AnggraeniSMP SLUB Saraswati 1 Denpasar

15

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komen-tarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

VOCABULARYNo English Indonesia 1 Above Di atas 2 Aboveboard Tulus hati 3 Backyard Halaman belakang 4 Cage Kandang 5 Cagey Cerdik 6 Darling Sayang 7 Darn Tambalan 8 East Timur 9 Easter Paskah 10 Faddist Pengikut mode 11 Fade Memudarkan 12 Gallery Balai/gedung kesenian 13 Halcyon Tenang dan damai 14 Hale Kuat dan sehat 15 Idleness Kemalasan 16 Idler Pemalas 17 Jejune Kurus kering 18 Jell Mengental 19 Kibitz Suka ikut campur 20 Kibosh Rintangan 21 Lair Sarang 22 Nationalistic Kebangsaan 23 Nationalization Nasionalisasi 24 Obliterate Menghapuskan 25 Obliteration Kehilangan

ANGGAN WM bi i i k t d id tit

Kamis, 4 - 18 April 2013

Nama : I Kadek Manabu Takaku-ra (B las te ran Ba l i–Jepang)

Panggilan : ManabuTTL : Gianyar,Sekolah : SMAN 3 DenpasarKelas : XI IPA 6

Cita-cita : Menjadi orang yang berguna dan dapat mensejahte-rakan orang lain.

Komentar : Untuk menjadi yang terbaik sangat mungkin. Tapi untuk menjaga dan memper-tahankannya yang su-lit. Setiap usaha sekecil apapun pasti berbuah manis.

Nama : Ni Made Wulan Widyaswari Ananta Putri

Panggilan : Wulan Celuk (Soalnya di kelasku saja ada nama Wulan)

Sekolah : SMAN 3 Den-pasar

Kelas : XI IPA 6Hobi : BisnisCita-cita : Menjadi pe-

ngusaha suksesAlamat : Jalan Nusa

Kambangan No. 166 Denpasar

Komentar : Politik lebih sadis dari bisnis. Tak ada kawan abadi. Yang ada kepentingan abadi. Makanya lebih asyik berbisnis.

Namaku : Bernart Dic-tus Fandi-nata Can-dra

Cukup dipanggil Fandi.Sekarang saya duduk di kelas XI IPA 6 Trisma OK.TTL : Denpasar, 5

Mei 1996Alamat : Jalan Ratna,

Denpasar, Bali, Indo-nesia

Cita-cita : B i n g u n g a n t a r a swasta dan PNS

Saya tamat-an SMPN 1 0 D e n -pasar.

Komentar : Banyak te-m a n i t u m e n y e -n a n g k a n . Yang pen-ting dalam be r t eman itu penger-tian. Saling menger t i , memahami dan berte-m a n d e -ngan hati.

uk disma

ar, 596atna,sar,

ndo-

u n gr a

dan

mat-MPN

e n -

k te-i t u

y e -a n .

pen-lam

manger-

alinger t i ,hamierte-d e -

ati.

-

-

-

-

-

-

-

--

Hay teman-teman WM kenalan sama aku yuk!!!Nama : Ida Ide Ayu Rini

AnggreniNama Panggilan : Gung RiniTTL : Bangli, 13 April

1996Sekolah : SMAN 2 BangliKelas : XI IPA 4Alamat : Puri Agung Bunu-

tin, BangliHobby : Cycl ing , main

game fashion, makan, nonton tv, baca komik.

Cita-cita : Awalnya jadi dok-ter, semenjak SMA berubah al iran jadi ar-sitek

Facebook : Reenee AngelTwitter : (Anggrewni) @rinikripZodiak : Aries Komentar : Save our earth.

ik i

k Mla

g)ur,36

di me

enngntupesucil

ah

Manabu Takaku-as te ran Ba l i–

Denpasar

orang yang ensejahte-

njadi gat ukr--l

VV

kelasOK.TTL

Alam

Cita-c

Kome

r earth.

Kenalankan nama saya : I Ketut

Hedi MahayanaBiar nggak kepanjangan panggil

saja Hedi.Saya sekolah di SMAN 3 Denpasar

kelas XI IPA 6.Lahir di Denpasar, 5 Februari 1997

Cita-cita : Antara pengusaha dan

penguasa. Ha, ha, ha….

ama

nggila

kolah

las obi ta-cita

amat

menta

Na

Pa

Se

KeHoCit

Ala

Ko

Mereka di antaranya SMPN 1 Rendang, SMPN 2 Rendang, SMPN 3 Rendang, SMAN 1 Rendang, SMK Giri Pandawa Rendang. Sementara dar i Denpasar diikuti Sispala SMAN 7 Denpasar, SMAN 8 Denpasar, SMAN 4 Denpasar dan SMK Saraswati 1 Denpasar.

Tugas mereka bukan saja memungut sampah plast ik di pinggir jalan juga di got-got. Bahkan mereka harus berhadapan dengan terjalnya medan yang justru dipakai tempat membuang sampah.

Wulandari Pakris, Ketua Sispala Sisma (SMAN 7 Denpasar) mengaku ajang ini sangat seru. Selain memungut sampah, mereka wajib memisahkan jenis sampah organik dan non organik. Dikatakan seru karena harus

membersihkan sampah plastik di tepian jurang di sekitar Pura Besakih.

Kedua juga menantang karena sambil belepotan dengan sampah, semangat tetap menggelora melestarikan alam Bali. Untuk itu ia mengajak sispala lain berpartisipasi termasuk menggarap pura yang ada di gunung-gunung untuk bebas dari sampah plastik.

Lingga dari Sispala Buana Yasa, SMAN 4 Denpasar juga sangat senang bisa terlibat bersama siswa sekolah lainnya. Bahkan dia mengatakan agenda ini perlu dilanjutkan baik ke pura maupun ke gunung di Bali. “Sambil refreshing kita beryadnya untuk bumi dan alam semesta,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan sispala SMAN 8 Denpasar yang berkekuatan 20 orang dipimpin langsung Pembina ekstra I Wayan Winarsa, S.Pd.

Sekitar 50 siswa dan guru SMK Saraswati 1 Denpasar juga terlibat di aksi ini. Guru pembina SMK Saraswati 1 Denpasar, Made

Wardana mengatakan kunci dari menjaga kebersihan ada pada diri kita sendiri. Di Besakih harus dimulai dari para pedagang untuk disiplin mengumpulkan dan memisahkan sampahnya sejak dini. Apalagi sampah plastik dikenal mencemari udara dan tanah hingga ratusan tahun.

Bagi dia, agenda ini selain bermanfaat bagi lingkungan juga ikut mengedukasi masyarakat. Makanya dia mengatakan lebih baik agenda ini dilanjutkan ke pura sad dan dang kahyangan di seluruh Bali.

Sementara itu siswa SMPN 1 Rendang, Weda Saput ra mengatakan kegiatan ini sangat menyenangkan dan pas dilakukan menjelang hari raya atau piodalan di pura-pura. Namun dia merasa heran harusnya warga pemilik warung malu sampai kawasan lingkungannya dibersihkan oleh warga lainnya. Untuk itu ia mengajak warga sekitar pura sad dan dang kahyangan peduli dengan bahaya sampah plastik. (sue)

16Kamis, 4 - 18 April 2013

Sangat Seru