Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

16

description

Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Transcript of Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 1: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

FOURGRISKA IT Competititon yang digelar SMK PGRI 4 Denpasar sejak Senin lalu, Rabu (23/1) lalu berakhir. Penutupan ajang bergengsi ini ditandai dengan penyerahan piala dan hadiah bagi pemenang.

Penutupan Fourgr iska IT Competition ke- 4 juga diisi dengan pementasan musik kolaborasi oleh siswa dan guru dengan bintang tamu Dek Ulik.

Untuk katagori Microsof Exel juara I diraih Bagus Rai Atyanta dari SMP PGRI 5 Denpasar, juara II dan III masing-masing diraih Alan Pandu Dewanata (SMP PGRI 2 Denpasar) dan Bagus Arisanjaya Irawan ( SMPK 2 Harapan).

Untuk katagori lomba Microsof Word juara I diraih Febiana Wilanda

Kesembilan penari yang telah sukses menyabet sederet prestasi itu, Ida Bagus Eka Haristha, Nyoman Tr iyana Usadhi , I Nyoman Santiyasa, Ni Luh Desi Asri Antari, Nyoman Sutrisna Dewi, Ni Wayan Ditha Sasmitha, Ni Wayan Indah Purnamawati, Sri Ayu Pradnya Larasari dan Ida Ayu Ketut Julya Arcani. Dibalut dengan busana klasik yang didominasi warna-warna hitam, putih, merah dan keemasan.

Tar i Tr iSmaya menuru t penggagasanya Kepala SMAN 3 Denpasar Drs. Ketut Suyastra, M.Pd. menggambarkan kekuatan konsepsi sanghyang tiga wisesa jenyana, sebagai manifestasi keseimbangan kehidupan dalam bhuwana alit. Hidup digambarkan Tari TriSmaya terikat akan janji.

Didahului janji kelahiran sembari menunggu janji kematian, yang merupakan siklus alami utpeti, stiti, lilaning dadi Hyang Trimurti. Oleh karenanya, pendidikan berlangsung selama hayat di kandung badan, selama orang itu masih hidup. Pendidikan wajib dituntut setiap orang, guna membekali perjalanan dharma prawerti dalam kehidupan ini.

“Sudah menjadi tugas mulia p e n g u r u y a s a , m e m b e r i k a n pendidikan yang terbaik kepada anak-anak Trisma, yang datang dan pergi untuk sebuah cita-cita,” ujar Kasek Suyastra.

SMAN 3 Denpasar di bawah komando Kasek Suyastra, tetap mempertahankan dan menjungjung tinggi empat pilar tradisi. Keempat pilar tradisi tersebut kedisiplinan, kesederhanaan, kekeluargaan dan kebersamaaan. Pihak sekolah senantiasa melaksanakan berbagai terobosan untuk memberikan yang

terbaik kepada peserta didik di Trisma. Penanaman sikap mental maupun karakter serta kecintaan pada almamater, telah diupayakan dengan berbagai cara. Salah satunya lewat Tari TriSmaya, yang menjadi tari kebesaran sekaligus kebanggaan keluarga besar SMAN 3 Denpasar. Tak tanggung-tanggung di balik tari kebesaran SMAN 3 Denpasar itu, ada sejumlah pakar seni yang terlibat. Di antaranya Dr. I Nyoman Catra, S.ST., M.A yang bertanggung jawab sebagai penata artistik, sehingga Tari TriSmaya sukses menyedot perhat ian penonton. Penata tari A.A. Gde Agung Rahma Putra, S.ST., M.Sn., tokoh seni tari muda jebolan ISI Denpasar berhasil menciptakan gerak tari yang harmonis dan atraktif, seiring dengan alunan dan tata gamelan.

U n t u k p e n a t a k e r a w i t a n dipercayakan kepada I Nyoman Windha, S.A.Kar, M.A, yang

ketokohannya di bidang cipta karawitan sudah tidak diragukan lagi. Serta didukung penata fokal Desak Made Suarti Laksmi, S.S.Kar., M.A, untuk memberikan sentuhan keindahan lewat perpaduan vokal.

Kasek Suyastra berharap dengan tari kebesaran yang telah digagasanya itu, akan makin memantapkan tanggung jawab siswa dalam menjalankan swadharma sebagai siswa. Demikian juga dengan guru-guru, yang berada di barisan terdepan memberikan yang terbaik untuk anak-anak Trisma, sehingga kelak mereka mampu menjadi insan yang memiliki budi mulia, cerdas dan memiliki karakter dengan tetap berpijak pada prinsip kedisiplinan, kekeluargaan dan kesederhanaan.

“Saya punya keyakinan empat prinsip yang selalu dipertahankan Trisma, akan menghasilan lulusan yang tidak hanya cerdas akademis, juga cerdas secara sosial, yang

sangat dibutuhkan saat ini dan di tahun-tahun mendatang,” kata Kasek Suyastra

Kehadiran tari kebesaran trsima TriSmaya, yang diiringan sekaa tabuh anak-anak ekstra kurikuler tabuh, diyakini akan memberi suntikan motivasi baru, untuk menjadikan hari-hari di SMAN 3 Denpasar, menjadi hari-hari yang penuh semangat, penuh motivasi untuk berprestasi. Motto SMAN 3 Denpasar “Datang dan Pergi Untuk Sebuah Cita-Cita” mampu digambarkan dengan sentuhan seni bernilai tinggi, dengan garapan tari maupun tabuh serta alunan gegendingan yang tertata apik. Besar harapan Kasek Suyastra, lewat seni mampu menyentuh perasaan yang paling dalam, bersama-sama mengibarkan bendera Trisma, agar tetap berkibar dan jaya sepanjang masa.

(ast)

Fourgriska IT Competition

Juaranya Bebas Uang Gedung dan SPP(SMPN 9), juara II oleh A.A. Gede Fandhiananta W ( SMPN 1 Bangli) dan juara III Rivaldo Bagus Soepardhy (SMP K 2 Harapan). Sedangkan di lomba Power Point juara I, II dan III masing-masing diraih oleh I Gede Dharma Kusuma (SMPN 11), Ngurah Bramantha Patra (SMP Raj Yamuna) dan I Gede Bayu Samantara.

Sedangkan untuk katagori lomba desain grafis yang diikuti puluhan siswa SMA/ SMK juara I diraih I Putu Arya Wiguna (SMK Pembangunan Denpasar), juara II I Gede Arya Merta Yasa (SMK PGRI 1 Denpasar) dan juara III diraih Gede Dananjaya (SMKN 2 Dps.)

Penyerahan hadiah masing-masing dilakukan Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya,M.Pd., Ketua Komite SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. IGB Wiadnyana,M.M.M.Pd., Pembina PPLP Dasmen Kota Denpasar, Drs. Ketut Kontra, Sekretaris PPLP I Wayan Putra,S.H., dan I Made Bandung dan Wayan Suanda.

Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya mengungkapkan juara I, II dan III diterima langsung sebagai calon siswa baru, bebas uang gedung 100 persen dan SPP mulai dari selama enam bulan, sembilan bulan dan 12 bulan. Tentu dengan syarat memilih sekolah ini

sebagai pilihan pertama.Bagi peraih 10 besar, mereka

dibebaskan uang pendaftaran, uang gedung 50 persen dan bebas SPP tiga bulan. Sedangkan semua peserta yanag sudah menerima sertifikat dibebaskan dari biaya pendaftaran dan bebas uang gedung 25 persen.

Ia mengatakan pelaksanaan lomba berjalan lancar. Diharapkan t a h u n d e p a n k u a l i t a s d a n kuantitasnya semakin meningkat. Hanya saja saat ini tak ada yang meraih juara umum padahal sudah disiapkan hadiah laptop dan piala bergilir.

Ia mengatakan tujuan lomba s u d a h m e n g e n a i s a s a r a n . Diantaranya memberi penguatan kemampuan anak-anak di bidang TI, juga memperkenalkan keberadaan SMK PGRI 4 Denpasar sebagai sekolah aliansi bidang pariwisata dan TI serta mengantongi ISO 9001-2008. Bahkan kini sekolah denga siswa 1.519 orang ini memiliki Four Techno Club.

Di b idang TI , s iswa SMK PGRI 4 Denpasar, kata dia, tiap tahun langganan juara animasi di Denpasar, Bali hingga ke tingkat nasional. Sedangkan dari segi fasilitas, ia banyak dibantu oleh komite sekolah. (sue)

SMA Dwijendra Denpasar yang keren disebut SMA DJ mengawali semester baru ini meraih sukses ganda. Selain sukses nyanggra HUT Yayasan Dwijendra Pusat, juga sukses memboyong piala bergilir Rektor IHDN Denpasar setelah keluar sebagai juara umum I Lomba Yoga Asanas se- Bali.

Lomba yang d iadakan , Sabtu (19/1) lalu diikuti puluhan kelompok pegiat yoga dari SD, SPM, SMA dan masyarakat umum se- Bali.

Tim yoga SMA Dwijendra be rkekua tan enam o rang terdiri dari Cita Karismayoni, Dwi Mawarni Permana, Widya Adnyani, Yogi Pratama, Budiarta dan Hendra Hadinata. Tim Yoga Asanas SMA Dwijendra yang dibina oleh Gede Agus Jaya Negara,S.Ag. tampil maksimal tanpa cacat di ajang bergengsi itu.

Mereka menampilkan gerakan Suryanamaskar, asanas-asanas, dan kombinasi asanas selama 10-15 menit. Agus Jaya Negara mengatakan t im in i hanya disiapkan secara instensif selama seminggu karena sekolah sudah memiliki bibit-bibit yang sudah jadi, sehingga tinggal dipoles saja.

PUNCAK HUT ke-13 SMK PGRI 3 Denpasar, Jumat (25/1) lalu digelar secara sederhana di aula baru sekolah setempat. Kado HUT kali ini berupa peresmian hotel praktik oleh Kadisdikpora Kota Denpasar, Drs. IGN Eddy Mulya.

Puncak HUT diawali dengan upacara bendera. Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya setelah mengunjungi empat kamar hotel praktik siswa juga memotong kue ulang tahun diserahkan kepada Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana,M.M., dan Ketua Komite Dr. Myoman Madiun. Acara dihadiri juga Kabid Dikmen, Drs. Wayan Supartha,M.Pd., pembina Drs. Nyoman Selem Darmana, Pembina PPLP Dasmen PGRI Kota Denpasar, Ketut Kontra. Tema HUT kali ini “Budayakan disiplin menuju pendidikan berkualitas dan berkarakter”. Lewat disiplin, SMK PGRI 3 Denpasar ingin melahirkan SDM berkualitas dan teruji di dunia kerja.

Madiadnyana mengungkapkan serangkaian HUT melibatkan semua komponen siswa, guru dan karyawan. Berbagai lomba dilakukan secara intern guna menggali potensi siswa untuk penguatan pada p rogram keahlian. Termasuk memberi ruang kreativitas bagi siswa lewat pentas seni.

Dia mengatakan pada HUT ke- 13 SMK PGRI 3 Denpasar mendapat kado istimewa yakni gedung berlantai tiga. Gedung in i merupakan hasi l iuran komite, murni swadaya orangtua siswa. Gedung megah lantai tiga ini masing-masing lantai satu diamnfaatkan untuk ruang parkir, ruang guru, kantin mewah dan luas. Sementara itu lantai II dipakai hotel praktik siswa, sedangkan lantai III untuk lima ruang belajar.

Mad iadnyana juga me-

HUT ke-13 SMK PGRI 3 Denpasar

Miliki Hotel Praktik, Siswanya Pemilik Masa Depan

maparkan perkembangan SMK PGRI 3 Denpasar yang didirikan 24 Januari 2000, sejak 2007 sekolah ini membangun secara pesat. Siswa awalnya hanya 35 orang kini menjadi 1.788 siswa. Prestasinya meraih akreditasi A dan mengantongi sertifikat ISO 9001-2008. SDM gurunya, 80 persen guru SMKN 4 Denpasar, 20 orang sudah berkualifikasi S-2.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya menekankan melihat perkembangan SMK PGRI 3 Denpasar, ia yakin siswanya menjadi pemilik masa depan. Alasannya, mereka diproses secara berkualitas dengan PBM berbasiskan IT, lengkap sarananya dan mampu mencetak SDM siap pakai.

P a d a u s i a k e - 1 3 i a mengaku kasek dan komite sudah mampu memetakan dan menempatkan posisi SMK PGRI 3 Denpasar sebagai sekolah bermutu. Buktinya, kepercayaan masyarakat sangat tinggi dan dicintai. SMK, kata dia, kini dijadikan pusat pengembangan ekonomi kreatif. Program Tata Boga dan AP yang dibuka di SMK PGRI 3 Denpasar, termasuk tata kelola industri pariwisata sebagai ekonomi kreatif.

Sehari sebelumnya keluarga besar SMK PGRI 3 Denpasar, Kamis (24/1) lalu tumpah ruah mengikuti jalan sehat dan sepeda sehat. Madiadnyana mengatakan sengaja menggelar jalan sehat dan sepeda sehat untuk menjadi pelopor gerakan hemat energi. Gerakan ini perlu digalakkan lagi di tengah semakin mahalnya energi saat ini.

Jalan sehat dan sepeda sehat kemarin menempuh jarak 9 Km dengan hadiah utama sebuah laptop, sepeda gayung dan televisi. Acara itu juga diisi dengan hiburan band anak SMK PGRI 3 Denpasar. (sue)

SEPEDA SEHAT - Kasek Nengah Madiadnyana berbaur dengan siswa saat membuka sepeda dan jalan sehat HUT ke-13 SMK PGRI 3 Denpasar.

SMA Dwijendra Juara Umum I Lomba Yoga Asanas se- BaliKarena SMA Dwijendra memiliki pelajaran wajib yoga, dua jam per minggu. Jadwal yoga ditentukan per kelas.

Tim SMA Dwijendra berhak atas piala tetap, piala bergilir dan bonus hadiah Rp 1 juta. Tim yoga SMA DJ tahun lalu meraih juara umum II di yoga asanas di IHDN. Di samping itu juga juara umum II tingkat nasional di Jambore Hindu Nasional.

Kepala SMA Dwijendra Denpasar, Ida Bagus Alit Bajra Manuaba,S.Pd, tampak tersenyum manis ketika menerima tim yoga asanas. Ia bersyukur anak asuhnya mampu bersaing dengan kalangan umum dan asram di Bali. Perjuangan ini ia katakan sangat berat namun mampu dilakoni dengan baik karena disiplin dalam latihan.

Prestasi ini, kata dia, pas dengan visi dan misi Yayasan Dwijendra dan SMA Dwijendra sebagai sekolah umum berbasiskan spiritual. Mata pelajaran yoga yang wajib diikuti siswanya adalah bagian penting dalam pembentukan pendidikan karakter bangsa agar lulusannya menjadi manusia dan insan yang madani, cerdas intelektual, sosial dan sipiritualnya. “Prestasi ini menunjukkan bahwa pembinaan yang dilakukan secara kontinyuitas

tak sia-sia,” ujarnya.Selain di yoga asanas, siswa

SMA Dwijendra juga meraih juara III lomba tari Jauk Manis oleh Kevin Dian di Faksas Unud. Gurunya juga mengukir prestasi dimana Luh Putu Purnawati dan Gusti Ayu Nyoman Kartika meraih juara I matembang di Hari Guru Nasional se- Bali. Di samping itu Luh Putu Purnawati meraih juara II guru Agama Hindu berprestasi di Kota Denpasar.

(sue)

PIALA - Kasek Ida Bagus Alit Bajra Manuaba dan Agus Jaya Negara bergambar dengan Tim Yoga Asanas SMA Dwijendra yang meraih piala bergilir rektor IHDN Denpasar.

BERSMA - Para juara Fourgriska IT Competit ion bergambar bersama dengan Kasek Ketut Suarya dan Pembina dari PPLP Dasmen PGRI Kota Denpasar.

16Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Sederet Prestasi

Page 2: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

OOpini

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek,dll. Naskah diketik 2 spa-si dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 15Pengetahuan

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tang-gal 24 Oktober, anggota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liput-an : Made Sueca. Anggota Redaksi : Pujawan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra

Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra Prayoga. Wartawan Sekolah : Dewa Agus Sanjaya Putra, Adri, Yuni Samstiari, Desak Putu Asmi Krishnayanthi, Indri Pratiwi Wulandari, Putu Suarningsih (SMAN 1 Rendang), Angga Sudiartama (SMAN 2 Sidemen), Luh Putu Maylandari Putri (SMAN 1 Selat), Ekayani Sri Trisniari (SMPN 1 Sidemen), Sri Febriyanti (SMA Saraswati Selat), Komang Wiary Parmiati (SMPN 1 Rendang), Kadek Suparmi (SMPN 3 Rendang), Astra Indrawan, Gede Sudiatmaja (SMAN 1 Sukawati), Putu Ririn Andreani, Kadek Ariasa (SMAN 1 Gianyar), Ayu Amanda Pramaiswari, Putu Nugraheni (SMAN 1 Ubud), Yumas Sukmatika, Windi Pranata Putra (SMAN 1 Tampaksiring), Ketut Doni Angga, Desy Adnya Dewi (SMAN 1 Blahbatuh), Damayanthi (SMAN 6 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafi s : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pemimpin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

BUKAN hanya Samsung Galaxy Tab dan Apple iPad yang menjadi trend dalam dunia gadget saat ini. Banyak dari merk lainnya juga ikut meramaikan dalam pemasarannya, seperti huawei, ZTE, dan lain-lain. Dan memang Samsung Galaxy Tab serta Apple iPad menjadi top gadget dimana setiap orang memimpikan untuk dapat memilikinya.

Nah, untuk tetap mendapatkan kinerja yang maksimal dari gadget satu ini maka diperlukan perawat-an, untuk itu silahkan simak tips merawat tablet/iPad agar tetap awet digunakan.Kebersihan Layar

Seperti diketahui LCD menjadi bagian paling vital pada gadget ini, hampir 90% merupakan layar sentuh (touchscreen). Layar harus dijaga dan dirawat dengan baik jika ingin gadget tetap normal. Salah satu kebiasaan buruk yang harus dihilangkan adalah menggunakan ujung baju atau kaos untuk menge-lap layar. Cara ini secara refl ek bi-asanya dilakukan pengguna PDA phone kalau melihat berdebu atau berminyak. Mengelap dengan baju justru akan menyebabkan goresan karena kainnya mungkin kasar dan menekan partikel debu yang me-nempel pada layar.

Cara yang benar adalah meng-gunakan alat penghembus udara khusus untuk menghilangkan ko-toran lalu dengan hati-hati mengu-

sapnya dengan tisu khusus un-tuk lensa atau LCD. Lebih aman lagi kalau setelah dibersih-kan, LCD diberi lapisan pelin-dung LCD.K e a m a n a n “Body”

Selain ke-bersihan layar, keamanan dan kebersihan body juga harus di-jaga. Lebih baik dibelikan tas atau dompet khusus. Body juga bisa diberi sarung pelindung dari karet atau kulit supaya lebih aman dari benturan.Penempatan

Sebaiknya perangkat dijauhkan dari air, kelembaban dan panas yang tinggi serta sinar matahari langsung.Perawatan “Battery”

Pengisian battery jangan sam-pai terlambat atau kelebihan. Jangan sampai menunggu bat-tery mati total baru di charge. Saat charge perhatikan indikatornya, jika sudah full segera cabut. Bila dibiarkan dalam kondisi full terlalu lama over charge, battery pun jadi bocor dan tidak awet.Miliki Sistus Resmi

Kasus lain yang sering ditemui

adalah kerusakan software kare-na crash program. Penyebabnya adalah pengunduhan yang kurang sempurna. Pengguna iPad sebaik-nya memiliki akun pribadi di situs resmi Apple. Berbagai program bisa di-download dari situs resmi ini. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas koneksi internetnya saat download. Karena biasanya pemi-lik iPad melakukannya dengan PC. Jika koneksi kurang bagus, aplikasi tidak terunduh sempurna. Giliran di-install ke iPad kemungkinan be-sar akan terjadi crash. Jika sudah seperti ini, jalan keluarnya adalah membersihkan program penyebab crash atau format ulang iPad, ter-gantung tingkat kerusakan yang kita sebabkan.

Wisma AriRegrisma

OOpini

OOpini

KAN hanya Samsung Galaxyan Apple iPad yang menjadi

sapnya dengan tisu khusus un-t k l t

Agar Gadget Tetap AwetAgar Gadget Tetap Awet

dibelikan tas ataulikan t adalah kerusakan software kare

Tips Merawat Modem USB

BIOS adalah singkatan dari Basic Input System. BIOS muncul pada saat IBM mengeluarkan Per-sonal Computer pada tahun 1980-an. Pada sistem IBM, BIOS adalah perangkat lunak yang dijalankan pertama kali saat komputer ber-jalan. Sistem BIOS ini masih diper-tahankan sampai saat ini di kom-puter yang menggunakan konsep seperti IBM PC. Bahkan laptop dan netbook masih menggunakan BIOS ketika pertama kali komputer dihidupkan. Secara sederhana, BIOS memiliki fungsi mengatur dan mengendalikan perangkat keras

yang ada da-lam komputer.

BIOS akan menginisiasi dan menga-nalisa perang-kat keras apa saja yang ter-hubung pada komputer di mana dia di-jalankan. Ke-mudian BIOS m e n g e c e k kesiapan kerja dari perang-kat-perangkat keras yang

terpasang. Jika perangkat keras yang dibutuhkan tidak ada, maka BIOS akan mengeluarkan kode isyarat yang dapat dikenali oleh para teknisi komputer melalui bunyi atau tampilan pesan visual pada monitor. Begitu pula jika perang-kat keras yang dibutuhkan seperti RAM dan VGA card mengalami kerusakan, maka hal yang sama akan dilakukan oleh BIOS.

Bagi mereka yang suka me-ngutak-atik perangkat keras, uta-manya CPU, istilah BIOS tentu saja menjadi tidak asing lagi. Nama BIOS pasti sudah melekat

di telinga. Namun tentu saja akan berbeda dengan orang awam yang tidak mengerti komputer, hanya sekadar pemakai atau bahkan tidak mengerti seperti apa di dalam komputer yang ia miliki. Kata-kata BIOS akan sangat asing dan men-jelaskannya pasti akan sangat sulit sekali karena akan sulit dibayang-kan.

Berikut ini adalah urutan perangkat keras yang dideteksi oleh BIOS : kartu tampilan gratis atau video graphic card; keyboard dan mouse, baik USB; hardisk drive dan sejenisnya; optical drive seperti DVD atau CD; selanjutnya akan dilakukan deteksi terhadap perangkat lainnya sesuai dengan nomor registernya pada BIOS.

Setelah selesai mengecek perangkat keras dan dianggap normal, maka selanjutnya BIOS akan mencari sistem operasi yang biasanya tersimpan di dalam me-dia penyimpanan harddisk, yang sudah ditentukan sebagai Boot Device. Lalu jika sudah ketemu maka akan dimuat dan dijalankan. Ketika sistem operasi sudah ber-jalan, maka BIOS sudah bebas tugas. Semua perangkat keras ada d bawah kendali sistem operasi. Seluruh rangkaian proses dari pertama kali perangkat komputer dihidupkan, ditangani BIOS, kemu-dian sistem operasi disebut seba-

Cara Kerja Bios

PROSES pendidikan ternyata belum berhasil membangun ma-nusia Indonesia yang berkarakter. Bahkan banyak yang menyebut, pendidikan telah gagal mem-bangun karakter. Banyak lulusan sekolah dan sarjana yang piawai dalam menjawab soal ujian, berotak cerdas, tetapi mentalnya lemah, penakut, dan perilakunya tidak terpuji. Bahkan, bisa dikata-kan dunia pendidikan di Indone-sia kini sedang memasuki masa-masa pelik. Kucuran anggaran pendidikan yang sangat besar disertai berbagai program tero-bosan, sepertinya belum mampu dalam memecahkan persoalan mendasar dalam dunia pendidik-an, yakni mencetak alumni pen-didikan unggul, yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.

Pendidikan karakter merupa-kan program pemerintah yang diharapkan mampu membentuk karakter bangsa untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari jen-jang pendidikan dasar hingga per-guruan tinggi. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen

Bukan Hanya Berujung Slogan

pengetahuan, kesadaran atau ke-mauan, dan tindakan untuk melak-sanakan nilai-nilai tersebut.

Setidaknya, ada 18 pendidikan budaya dan karakter bangsa yang perlu ditanamkan kepada peserta didik melalui bangku pendidikan, antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandi-ri, demokratis, rasa ingin tahu, se-mangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersaha-bat/komunikatif, cinta damai, ge-mar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Secara bertahap dan berkelanjut-an, ke-18 karakter tersebut bisa ditanamkan kepada siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler, bimbing-an konseling, pembiasaaan, inte-grasi dalam mata pelajaran, dan muatan lokal (mulok).

Jika karakter sudah terbentuk sejak usia dini, maka tidak akan mudah untuk mengubah karakter seseorang. Melalui pendidikan karakter ini, mampu menciptakan bangsa Indonesia yang berkarak-ter dan pendidikan karakter yang di gembar-gemborkan pemerintah bukan hanya berujung slogan, tapi patut dipraktekan penerapannya.

Oleh Ni Wayan PebriyantiSMAN 3 Denpasar

gai booting up.BIOS disimpan di dalam sebuah

chip ROM yang tidak dapat diubah atau non-volatile dan dipasang pada motherboard sistem kom-puter. Pada masa lalu, BIOS tidak dapat diubah, namun BIOS saat ini bisa dirubah dengan sistem fl ash-ing atau menulis ulang ROM. Bi-

asanya alasan meng-upgrade BIOS adalah untuk meningkatkan perfor-ma atau menambahkan dukungan pada perangkat keras tertentu pada sistem komputer.

Made Satria TresnajayaSMP PGRI 1 Denpasar

BAGI kamu yang mempunyai modem USB, dan ingin modem kesayanganmu awet sampai ber-tahun-tahun maka kamu harus merawat modem tersebut seperti kamu menyayangi seseorang mi-salnya orangtua maupun saudara kamu. Dengan demikian modem pun akan “menyayangi” kamu dan siap menunggu untuk berselancar didunia maya. Nah, berikut Tips Merawat Modem USB :

* Pakailah mo-dem apabila perlu saja, jangan me-makai modem setiap detik (ada waktu istirahat-nya).

* Pastikan mo-dem terpasang secara kuat pada komputer, karena kalau kendor akan mudah terlepas dari komputer kamu.

* Jauhkan modem dari jang-kauan anak kecil.

* Jangan terlalu sering memakai barang elektronik, karena setiap barang elektronik ada lifetime-nya (masa hidup).

* Jangan menyimpan modem di sembarang tempat (didekat air atau tempat yang lembap) simpanlah ditempat tertutup seperti lemari.

* Ini yang paling penting, jangan sekali-kali kamu mencabut modem

dari komputer tanpa melakukan safety remove hardware, apalagi kamu sedang melakukan down-load maupun upload.

Verry DarmawanSMA PGRI 2 Denpasar

Tali

Pada suatu hari ada seorang siswa sedang bercakap-cakap di ruang kelas.Nopik : Eh, main tebak-tebakan

yuk? Aku bosan!Lindha : Ayo!Nopik : Tali pada yang lengket di

pinggang?Lindha : Tali Pinggang kali ya?

Sabuk maksudku!Nopik : Hore betul!

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

Kecelakaan Kereta

Terjadi kecelakaan hebat dalam terowongan kereta api, semua penumpang yang selamat terjebak ditengah terowongan, karena pada dua sisi terowongan tersebut terhalang gerbong kereta yang terbakar.

Saat itu semuanya panik, banyak penumpang yang berteriak kita tidak bisa keluar, kita terjebak, kita akan mati dan lain-lain.Tiba-tiba ada Pak Tua yang berteriak, “Tenang-tenang kita semua pasti akan keluar, saya berani menjamin.” Kemudian suasana menjadi tenang.

Lalu seorang penumpang bertanya, “Bagaimana caranya keluar? semua jalan keluar tertutup oleh gerbong yang terbakar.”

Dengan tenang Pak tua menjawab, “Kita pasti keluar di koran besok.”

Diah KartiniSMP Dwijendra

Gajah vs Semut

Bejo : Dul aku mau nanya nih.Adul : Nanya apa?

Bejo : Suatu hari gajah dan semut naik motor terus tabrakan tapi anehnya semutnya sehat walafi at tapi gajahnya luka parah. Nah kamu tahu nggak alasannya kenapa?

Adul : Pertanyaan yang aneh, nggak mungkin lah gajah tabrakan sama semut tapi semutnya nggak terluka.

Bejo : Kok malah ngeyel bisa jawab nggak?

Adul : Ya sudah nyerah.Bejo : Jawabnya karena si gajah

nggak pakai helm.Adul : ???

Ni Ketut Sukma DewiSMA Dwijendra

Tanda Tangan

Dalam mata pelajaran sejarah, seorang guru menceritakan bagaimana bangsa Indonesia berjuang memperoleh kemer-dekaan bangsa, sampai pada dideklarasi proklamasi Indonesia. Tiba-tiba, guru bertanya kepada salah seorang murid yang agak terkantuk-kantuk, “Coba di mana di-tandatangani naskah proklamasi?”Murid : (Agak tergagap karena

bangun tidur) “Saya ra…rasa, di se..sebelah bawah agak ke kanan, Pak.”

I Made Dwi Darma BudiawanResman

Mandiri

Seorang anak pergi ke kantor pos sambil menggenggam amplop di tangan kiri dan perangko di tangan kanan. Kedua benda itu

diserahkannya kepada petugas.“Apa yang harus saya kerjakan

sendiri, Pak?”“Kamu harus merekatkan sendiri

perangko itu.”“Wah, Bapak salah. Surat

itu milik temanku. Jadi, saya pulang saja biar temanku yang merekatkannya.”

Ni Ketut Sukma DewiSMA Dwijendra Denpasar

Kaki Sapi

Saat jam istirahat, dua orang siswa sedang bercakap-cakap!Dian : Lis, main tebak-tebakan

yuk!Lisa : Oke, apa tebakannya?Dina : Gini lho, di sebuah truk ada

13 ekor sapi. Kemudian sapinya jatuh 1, berapa jumlah kaki sapinya?

Lisda : Cuman kayak gitu tebak-annya, kecil. (meremeh-kan) Ya 13 x 4 jadinya 52.

Dina : Kamu itu, sudah salah sok ngajarin lagi!

Lisa : Trus apa jawabannya?Dina : Ya empat lah, dimana-

mana kaki sapi itu kan cuman empat. Aku kan nanya jumlah kaki sapi, bukan kaki sapi yang ada di dalam truk.

Lisa : Hahaha, iya juga ya.

Fitri SuyaniGrisda

Singa Di pementasan sirkus yang

terbilang penontonnya sangat ramai dan hampir memadati seluruh ruangan tersebut. Dan sirkus pun berjalan dengan baik dan lancar. Sesudah pementasan selesai seluruh hewan pun di kandangkan kembali. Tetapi bos sirkus pun marah kepada asistennya. “Wan! Kenapa kamu

lupa menutup kandang singa setelah pertunjukan semalam?” Tanya bos sirkus tersebut. “Santai saja bos, coba bos pikir. Siapa sih yang berani mencuri singa?” Tanya balik sang asisten. “Ohhh iya juga ya,” kata si bos.

AryaSmapan

Burung

Suatu hari seorang anak kecil datang ke sebuah toko burung. Setengah jam anak itu berdiri melihat burung-burung yang ada.Penjual burung : Dek, dari tadi lihat-

lihat, memang lagi nyari burung apa?

Anak kecil : Emm, angry bird ada nggak om?

Penjual burung : ???

Krisna Adi PrayogaSMKN 1 Denpasar

Bebek

Mardiana : Woe? Ngapain kamu? Ngelamun saja!

Hardian : Nggak kenapa.Mardiana : Main tebak-tebakan

yuk?Hardian : Ayo, terserah kamu saja.Mardiana : Bebek apa yang

jalannya selalu muter ke kiri terus?

Hardian : Tergantung dia disuruh di mana?

Mardiana : Maksudnya?Hardian : Gak tahu ah!Mardiana : Nyerah? Harian : Iya!Mardiana : Bebek dikunci stang!

Wkwkwk.

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

Atlet Di sebuah perlombaan bergeng-

si di suatu negara yaitu lomba marathon seluruh dunia. Seorang atlet dengan nomor punggung 16, tiba-tiba mengambil minuman dari salah satu panitia. “Lohh, kok Anda berhenti berlari dan mengambil minuman milik saya? Capek ya?” Tanya Panitia. “Ah, enggak,” jawabnya. Atlet itu pun menjelaskan. “Ibu saya bilang jangan makan dan minum sambil jalan, apalagi sambil berlari. Nggak sopan!”

Arya

Smapan

Rencana Kabur

Ada dua orang yang dirawat di rumah sakit jiwa sedang menyusun rencana untuk kabur. mereka berencana untuk menggunakan tangga yang akan diletakkan di pintu pagar RSJ tersebut. Rencana telah disusun dengan matang, sebelum mereka kabur diutuslah orang gila pertama untuk melihat situasi di depan. Kemudian dia melaporkan pada orang gila kedua.Gila 1 : Wah kacau, rencana kita

pasti gagal.Gila 2 : Mengapa? Apakah pintu

keluar dijaga ketat?Gila 1 : Tidak, sama sekali tidak

ada penjagaan.Gila 2 : Jadi mengapa?Gila 1 : Karena pintunya tidak

ada. Di mana kita akan meletakkan tangganya?

Gila 2 : Kalau begitu kita tunggu sampai mereka memasang pintu itu, baru kita kabur!

ApriadiKaskusSkensa

Panas

DP : Wah, ada tebak-tebakan nih.

Wah : Apaan Pe?DP : Apa yang semakin tinggi

semakin berat?Wah : Apaan tuh?

DP : Ada hubungannya sama tubuh manusia nih.

Wah : Apaan ya? Aku nyerah deh.DP : Jawabannya itu sakit

demam, semakin tinggi suhu tubuhnya, semakin berat penyakitnya.

Permana (Slavio)Regrisma

Berat Bayi

Rombongan orang menga-dakan kunjungan ke bagian bersalin sebuah rumah sakit. Ketika bayi baru dibawa ke kamar bayi, semua wanita mencoba mengira beratnya, tapi ada satu-satunya orang yang berani menyebut angka dengan tepat.

“Tampaknya seperti 4 kilo 3 ons,” ia percaya diri.

“Ini pastinya bukan pertama kalinya Anda ke sini,” kata seorang wanita di sampingnya.

“Oh,” katanya. “Ini pertama kali saya ke sini.”

“Lalu bagaimana kau bisa tahu berat bayi ini dengan tepat?” Tanyanya.

Dia mengangkat bahu, “Aku seorang nelayan.”

Adi Ratna

Es

Pada istirahat sinta dan jojo bermain tebak tebakanSinta : Eh Jo main tebak tebakan

yuk?Jojo : Yuk, tapi kalau aku bisa

jawab traktir ya?Sinta : Oke deh.Jojo : Apa pertanyaannya?Sinta : Es yang bikin panas dingin

dan pusing-pusing?Jojo : Ehm, apa ya? Nyerah deh.Sinta : Jawabannya essay.Jojo : Iya juga ya, yah nggak jadi

dapat traktiran deh.

Komang Tri Pramana UtamaTriska

Ibu Hamil

Di dalam kelas ada 2 orang anak yang sedang bercakap-cakap.Juni : Artha, main tebak-tebakan

yuk???Artha : Ayo, apa tebakannya???Juni : Apa bahasa jepangnya ibu

hamil berjemur di pantai?Artha : Hems, nggak tahu aku!Juni : Hahaha, gitu saja kamu

nggak tahu. Jawabannya ya kukira kura-kura donk.

Artha : ???Ayu Dewi

Terbang

Anto yang duduk dibangku SD ditanya Bu Fanny.

Bu Fanny bertanya, “Anto, ada lima bebek yang sedang mencari makan disawah. Kalau ditembak pemburu, kena satu yang tinggal berapa?”

Setelah berpikir sejenak, si Anto menjawab, “Nggak ada sisanya bu!”

Bu Fanny bertanya, “Kenapa nggak ada sisanya?

Si Anto menjawab, “Yang lain terbang.”

Diah KartiniSMP Dwijendra

Cek Palsu

Seorang petani masuk ke sebuah toko pertanian untuk membeli tiga kantung pupuk kompos.

Dia memberikan cek dalam pembayarannya dan berkata kepada petugas, “Saya kira Anda ingin melihat kartu identitas saya.”

Petugas menjawab, tanpa ragu-ragu, “Tidak, Pak, itu tidak diperlukan....”

“Kenapa?” tanya petani.“Penipu cek palsu tidak akan

membeli pupuk kompos,” jawab petugas.

Nedi PK

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 3: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

14Jumat, 1 - 14 Februari 2013

3

Bagi grup band sekolah yang mau nongol di WM, silahkan kirim naskah dan foto via

email: [email protected]

JUARA lomba makendang tunggal tingkat SMP se-Bali, be-lum lama ini disabet I Gede Putra Bagaswara. Salah satu lomba ka-tagori terfavorit serangkaian hari jadi SMAN 3 Denpasar yang dige-lar tiap tahun, mendapat sambut-an antusias peserta. Peserta tak hanya dari Kota Denpasar, juga dari luar Denpasar. Bagas –begitu siswa kelas VIII D SMPN 1 Den-

LAGU penuh se-mangat dan sarat motivasi, di-launching bertepatan dengan puncak HUT ke- 36 Trisma belum lama ini. Lagu berjudul Jaya-jayalah Trisma ini, di-prakarsai Kasek Drs. Ketut Suyastra, M.Pd, diciptakan sekaligus diaransemen I Ko-mang Darmayuda, S.Sn., M.Si. Empat penyanyi Trisma yang sarat prestasi Putu Ayu Sada Devi Prad-nyadari, Putu Esa Naranata Dewi, Putu Wiyata Widya Wira-nata dan Deva Ekada, tampil membawakan lagu enerjik ini. Apa-lagi didukung puluhan anak-anak ekskul vokal SMAN 3 Denpasar.

“Ide memunculkan lagu ini me-lihat semangat anak-anak untuk berprestasi sekarang ini berbeda dengan ketika saya masih sekolah dulu. Dalam situasi dan kondisi bagaimana pun, mereka yang ber-prestasi yang akan mampu bersa-ing,” ujar Kasek Suyastra.

Walaupun SMAN 3 Denpasar telah memiliki lagu hymne dan mars, kehadiran lagu Jaya-Jayalah Trisma ini, akan makin memantap-kan kecintaan anak-anak Trisma pada almamater tercinta.

Seperti disampaikan pencipta sekaligus yang mengaransemen lagu Jaya-jayalah Trisma I Komang Darmayuda. Musik menurut dosen ISI Denpasar ini, sangat universal dan mampu menyemangati siapa saja. Tak berlebihan jika harap-an itu juga diinginkan lagu yang diciptakannya itu. Apa-lagi lagu

Tari Yes, Tabuh OKBagaswara

pasar ini akrab disapa, mengaku tak ada persiapan khusus. Menurut ABG kelahiran Bekasi, 23 Maret 1999, sudah dita-namkan sejak ke-cil kedua orang-tuanya, menekuni seni tari maupun tabuh tidak se-mata-mata un-tuk lomba yang berujung prestasi. Ada tujuan yang lebih mulia, untuk melestarikan seni dan budaya Bali. Tak kalah pen-tingnya untuk bisa ngayah, serang-kaian kegiatan upacara adat.

“Kalau pun saya sering dapat juara, saya syukuri saja.

Saya menekuni seni tabuh mau-pun tari bukan target prestasi yang menjadi prioritas,” ujarnya.

Ditemui seusai tampil men-demonstrasikan kepiawaiannya makendang tunggal, Bagas yang tamatan SD Cipta Dharma, Den-pasar, menuturkan jika dirinya ingin menepis jika pelajar kota itu hanya bisa hura-hura atau menekuni se-suatu yang berbau teknologi. Ba-gas sendiri telah membuktikan,

LAGU penuh se-

Penuh Semangat & InspiratifPenuh Semangat & InspiratifJaya-jayalah Trisma

KOMPAK - Ayu Sada, Deva Ekada, Esa Naranata dan Wiyata Widya, begitu kompak menyanyikan lagu Jaya-Jayalah Trisma bersama pu-luhan penari latar.

S

Informasi Studi Lanjut

SELAMA ini, kalau masyarakat mendengar nama Undiknas Uni-versity, pastilah selalu diidentikkan dengan hanya salah satu fakultas yang ada, yakni Fakultas Ekono-mi & Bisnis (FEB). Padahal ada 3 fakultas yang lain, yaitu Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan Fakultas Teknik & Informatika (FTI).

Mind set masyarakat yang mengidentikkan dengan hanya FEB sebenarnya juga tidaklah salah, sebab cikal bakal Undiknas berasal dari FEB, yang sudah ada sejak tanggal 17 Pebruari 1969 yang saat itu bernama Akademi Keuangan dan Perbankan (AKA-BA) yang kemudian menjadi Seko-lah Tinggi Ilmu Keuangan (STIK) tahun 1978. Sejak tahun 1984 STIK berubah menjadi Fakultas Ekonomi, bergabung dengan be-berapa PTS lain menjadi Univer-sitas Pendidikan Nasional Den-pasar, yang kini mempunyai brand name Undiknas University.

Berbekal pengalaman yang cukup lama dan dibarengi berba-

FKIP Univ. Dwijendra kini men-jadi LPTK favorit yang mencetak calon guru professional di bidang-

FAK. TEKNIK (FT) Unwar di bawah pimpinan dekan Dr. Ir. I Wayan Parwata, M.T., yang juga adalah alumni FT Unwar tahun 1986 banyak mengalami kema-juan.

Jika kamu tamat SMA tahun ini, FT Unwar salah satu pilihan uta-ma. Parwata ingin fakultas yang dipimpinnya meningkat akredi-tasinya baik di fakultas maupun di program studi. Kerjasama dengan alumni yang tergabung dalam Kabatek (keluarga besar teknik Unwar) tetap dijalin untuk mening-katkan jumlah mahasiswa dan kemajuan FT Unwar.

Ia menerapkan manajemen terbuka, transparan sesuai komit-men yayasan dan universitas di era otonomi kampus berbasis ki-nerja. Ia menepis anggapan kuliah di FT sangat lama. Caranya de-ngan mensinergiskan kurikukum dan dunia kerja. Mahasiswa yang pintar bisa tamat 3,5 tahun dan pa-ling lambat 4 tahun. Dosen harus care dengan perkembangan ma-hasiswa sehingga mahasiswa tak

Kualitasnya Tak Perlu DiragukanFakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Undiknas University

gai terobosan yang terus menerus dilakukan, menempa pengelolaan fakultas ke arah yang semakin maju. Hasilnya adalah kualitas lulusan yang diakui masyarakat. “Kalau berbicara kualitas, sampai saat ini lulusan kami masih diakui oleh masyarakat, terbukti daya serap di dunia kerja yang tinggi serta kemampuan membuka lapangan kerja menjadi seorang entrepreneurship menjadi tolok ukurnya,” jelas Dekan FEB Un-diknas, Prof. Dr. Ida Bagus Raka Suardana, SE.,MM saat ditemui di ruangannya minggu lalu.

“Semua itu akibat kami menerapkan kurikulum yang mengedepankan kebutuhan pasar, serta menekankan proses pembe-lajaran yang berkualitas dengan me-libatkan mahasiswa lebih banyak,” lanjut Prof. Raka Suardana.

Saat ini, FEB Undiknas telah mempunyai alumni lebih dari 17 ribu yang tersebar tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri dengan jabatan-jabatan prestisius dan prestasi-prestasi ke-

suksesan dalam bidang yang diteku-ni, baik di dunia usaha, perbankan, industri manufaktur maupun jasa.

Dosen yang mengasuh di FEB Undiknas University mempunyai kaliber yang handal dan memiliki reputasi yang baik, 3 di antaranya adalah Profesor (guru besar) yang dari dari segi umur ketiganya cu-kup muda karena di bawah 50 ta-hun. Sementara dosen-dosen lain, bergelar doktor dan master, se-hingga tidak lagi ada dosen yang masih sarjana (S1).

“Di tengah tuntutan persaing-an yang semakin ketat dewasa ini, FEB Undiknas tampil dengan keunggulan pengembangan en-trepreneurship bagi mahasiswa-nya, sehingga saat lulus tidak lagi mengandalkan pencarian peker-jaan, namun mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” jelas Prof. Raka Suardana.

Setiap dua tahun sekali, pimpi-nan fakultas mengundang stake-holder (birokrat, pengusaha, pimpi-nan bank dan pihak terkait lain-nya) untuk memberikan masukan

dalam perubahan kurikulum, dengan maksud melakukan updating (pemba-haruan) kurikulum. “Tujuannya agar kurikulum yang di-terima mahasiswa sesuai dengan tun-tutan dunia nyata,” papar Prof. Raka Suardana, yang pernah menjadi mahasiswa teladan nasional 1987 dan dosen berprestasi nasional mewakili Kopertis VIII tahun 1998 dan 2007 ini.

Soft skill ma-hasiwa juga diasah melalui beberapa kegiatan studi non sks, yakni personality devel-opment (pengembangan kepriba-dian), table manner, aktivitas Com-pany Visit minimal 4 kali dan wajib memiliki sertifi kat TOEFL skor 500. Yang menjadi keunggulan FEB Undiknas selama ini adalah selain kualitas, juga kecepatan menyele-saikan studi. “Jika mahasiswa lu-lus terus dan indeks prestasi (IP)

Cetak Guru yang Berkarakter dan ReligiusFKIP Univ. Dwijendra

nya. Lulusannya teruji di dunia kerja sebagai guru yang berkualitas. Apalagi saat ini guru sangat diperlukan di semua kabupaten/kota di Bali. Jika kamu lulus SMA/SMK tahun ini, kesempatan memilih FKIP Univ. Dwijendra.

Di sini kamu disiap-kan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indone-sia dan Daerah dan PPKn. Dekan FKIP Univ. Dwijendra (Un-dwi) Denpasar, Drs. I Made Sila, M.Pd., mengungkapkan FKIP Undwi hingga kini tetap dipercaya pe-merintah sebagai pe-nyelenggara uji ser-

tifi kasi guru dalam jabatan dan kini menjadi mitra Undiksha untuk sebagai instruktur menyeleng-garakan Pendidikan Latihan Pro-fesi Guru (PLPG) bersama LPTK

lainnya di Bali. Bahkan tahun ini FKIP Undwi akan menambah pro-gram studi baru yakni S-1 PGSD, Matematika, FPOK dan Bahasa Inggris.

Selain itu FKIP Undwi akan terus mengembangkan diri de-ngan membuka program studi baru. Menurut Made Sila didam-pingi PD I Drs. Made Sutika, M.Si., Dra. A.A. Sagung Mas Darwathi, M,Si., dan PD III Drs. Nyoman Gu-nadhi, ke depan FKIP Undwi akan menjadi fakultas lengkap guna melayani keperluan calon guru di Bali termasuk kekurangan guru di desa-desa. Ini berkat dukung-an Ketua Yayasan Dwijendra Ida Bagus Gede Wiyana yang all out mendukung FKIP Univ. Dwijen-dra dan Rektor Univ. Dwijendra, Dr. Ketut Wirawan, S.H.,M.Hum., yang barusan menyelesaikan studi doktor ilmu hukum.

Made Sila mengakui penem-patan guru di Bali saat ini belum seimbang. Kebanyakan numplek di kota kabupaten dan di Kota Denpasar, itupun kebanyakan di

sekolah-sekolah favorit. Kebijakan ini perlu diubah dengan cara pemera-taan penyebaran guru, tambahnya.

Yang menarik, FKIP Univ. Dwi-jendra mendapat bantuan unggul-an doble degree dari Kemendik-bud. Program ini berlanjut sepan-jang tahun. Lulusannya mendapat dua ijasah dari Dwijendra dan PTS di luar negeri yang diajak beker-jasama. Program ini gratis bagi calon mahasiswa baru. Di sam-ping itu mendapat beasiswa dari Pemrov. Bali.

Made Sila mengungkapkan FKIP Undwi sudah berkomitmen untuk mencetak calon guru yang profesional dan berkarakter. Calon guru yang berkarakter ini ditandai dengan guru yang bertanggung jawab, cerdas secara intelektual bermoral dan beretika.

Selain itu guru yang dicetak FKIP Undwi ditekankan pada karakter cinta tanah air dan pro-fesinya, memiliki olahpikir, olah-rasa, olahkarsa serta sehat. Guru yang dicetak FKIP Undwi, kata dia, juga kental dengan nuansa reli-

Bisa Tamat 4 Tahun, Langsung KerjaFak. Teknik Unwar

mendahulukan bekerja daripada menyelesaikan studi.

Ia menegaskan FT Unwar tak mencetak pengangguran ka-rena semua lulusannya bekerja sebelum tamat. Aluminya banyak berkiprah di bidang konstruksi, konsultan, property dan PNS. Bah-kan banyak yang menjadi leader serta pemimpin perusahaan besar di Bali.

Sekitar lima persen alumninya berkiprah di lembaga legislatif (DPRD Bali dan kabupaten), se-bagian lagi menjadi pengajar dan berbisnis. Ia yakin FT Unwar akan terus dikejar masyarakat karena mutunya. Apalagi saat ini peme-rintah memerlukan 2 juta sarjana te-nik tiap tahun untuk pembangunan infrastruktur di kota dan di desa.

Jika kamu kuliah di FT Un-war, kamu akan diajak terjun ke masyarakat lewat pengabdian masyarakat. Belum lama ini pro-gram ini digelar di Desa Pekra-man Candi Kuning. Desa ini sudah menjadi desa binaan FT Unwar sejak 2006 hingga sekarang.

Selama tiga hari di desa, do-sen, mahasiswa bersinergi dengan masyarakat melakukan gotong royong di Pura Prajapati Candi Kuning, juga menggelar seminar internasional.

Juga digelar Kimar (Kemah Ilmi-ah Mahasiswa Arsitektur) dengan mendesain Pura Ulun Danu Berat-an. Kimas (Kemah Ilmiah Maha-siswa Sipil) mengadakan pengu-kuran dan pendataan Pura Ulun Danu Beratan. Selain itu meng-gelar lokakarya, membuat Renstra (Rencana Strategis), Renja (Ren-cana Kerja), Renop (Rencana Operasional), buku kebijakan dan standar akademik, dan buku pan-duan Penjaminan Mutu.

Dekan FT Unwar, Dr. Wayan Parwata mengungkapkan ke de-pan pihaknya akan meningkatkan jumlah donator untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki ke-inginan besar untuk melanjutkan pendidikan di FT Unwar. Di sam-ping itu juga meningkatkan jum-lah mahasiswa yang akan masuk

ke FT Unwar periode 2012/2013 mendatang dengan membantu memberikan beasiswa bekerja sama dengan Kabatek Unwar.

Program lainnya yakni me-ningkatkan kerja sama dengan pihak ketiga guna menanggulangi kemiskinan melalui kegiatan be-

SARASWATI - Dekan FT Unwar Dr. Wayan Parwata bersama dosen dan mahasiswa saat perayaan Saraswati.

-a

n-

ta bersama do

dah rumah, bedah sekolah dan se-bagainya.

Ia menambahkan alumni FT Unwar banyak berkiprah di bidang konstruksi, konsultan, property dan PNS. Bahkan banyak menjadi leader serta pemimpin perusahaan besar di Bali. (adv/sue)

ndgAssdSkF

kPdsPUdImUtmn

giusnya, siap menjadi teladan dan panutan. Ini sesuai dengan visi Dwijendra sebagai pusat pengem-bangan dan pelestarian budaya Bali dan agama Hindu.

Ditambahkannya, dengan tun-tutan kemajuan di dunia pendidik-an, guru tak boleh berhenti belajar. Makanya ia menyarankan lulusan FKIP Undwi untuk terus melanjut-kan studi ke S-2 sambil bekerja. Sebab, ke depan, syarat guru di Bali minimal S-2 atau setara do-sen.

Menariknya, kamu kuliah sore hari dilengkapi fasilitas lengkap diantaranya lab computer, lab ba-hasa dan microteaching. Semen-tara dosennya minimal berkuali-fi kasi S-2, dan lima dosen sedang menyelesaikan program doktor. Bahkan untuk memantapkan kom-potensi pedagogik dan keprofesio-nalisme seorang guru, FKIP Univ. Dwijendra memiliki sekolah lab tersendiri. Termasuk kamu rutin diajak berstudi banding ke lem-baga (LPTK) terkemuka di Indo-nesia. (sue/adv)

Drs. Made Sila, M.Pd.

di atas 3 terus menerus serta tepat memprogramkan kuliah regular dan ekstra kurikuler, maka dalam 3 tahun bisa lulus menjadi sarjana,” jelas Prof. Raka Suardana. (adv/*)

Dekan FEB Undiknas Univer-sity, Prof. Dr. IB Raka Suardana, SE.,MM bergambar bersama be-berapa mahasiswi saat berkun-jung ke BRDC Bali.

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

jika dirinya begitu getol menekuni seni tabuh maupun tari. Bagi su-lung tiga bersaudara pasangan Ir. I Made Budiadnya-Ni Ketut Nurasti ini, seni tari dan tabuh sepertinya sudah tidak dapat dipisahkan de-ngan kesehariannya. Tentunya tetap seperti ABG kebanyakan yang sesekali waktu juga suka in-ternetan maupun main games.

Bagas yang beralamat di Br. Puseh Kanginan, Sanur dikenal sebagai seniman belia berbakat.

Sejak tahun 2008 lalu, dia sudah bergabung dengan duta seni Kota Denpasar, tampil di arena Pesta Kesenian Bali. Tiap tahun Bagas yang jago menarikan Tari Kebyar Duduk ini, tak pernah absen tampil di PKB. Jika di seni tabuh kemam-puan makendang sudah tidak tertandingi, demikian juga dengan bidang tari. Berlatih di Sanggar Tari Warisi asuhan Ibu Arini, S.ST., Bagas sukses menjadi penari ter-

baik pada perhelatan seni pelajar tahunan Kota Denpasar belum lama ini.

Ditanya cita-cita, Bagas be-lum teralalu memikirkan. Baginya pekerjaan apapun jika ditekuni sungguh-sungguh pasti membuah-kan hasil termasuk seni sekalipun. Terpenting saat ini dia berusaha mengisi hari-harinya dengan baik untuk menekuni seni dengan prin-sip tari yes, tabuh OK. (ast)

tersebut senantiasa diperdengar-kan ketika jam istirahat. Dengan lirik yang sederhana dan dengan aransemen musik yang gembira, dosen asal Sukawati ini optimis, lagu Jaya-jayalah Trisma akan me-motivasi siswa untuk menunjukkan prestasi terbaiknya.

Salah seorang penyanyi lagu Jaya-jayalah Trisma Deva Eka merasa bangga mendapat kesem-patan menyanyikan pertama kali lagu tersebut. Mantan penyanyi je-bolan Idola Cilik salah satu stasiun TV swasta nasional ini melihat, lagu

tersebut, dapat memberikan sema-ngat untuk berpacu dalam prestasi.

“Pokoknya lagunya asyik dan gembira serta penuh semangat,” ujar siswa kelas X 5 ini.

Pendapat yang sama disampai-kan Ayu Sada, Esa dan Wiyata. Apalagi jika dinyanyikan ramai-ra-mai, lagunya menjadi makin asyik. Belum lagu ditampilkan dengan paduan koreo garapan I Kadek Sumariasa, S.Sn. “Pokoknya sik asyik lagu ini jika ada lomba,” kata mereka kompak. (ast)

Page 4: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

ploma yang mendapatkan beasiswa setiap tahunnya sebanyak 30 orang yang tersebar di ke empat jurusan. Prasyarat mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa disamping In-deks prestasi 2,50 – 3,50 juga keadaan eko-nomi dan perilaku mahasiswa. (r/adv)

4 13

Informasi Studi Lanjut

Berita Kampus

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

PROGRAM Diploma III FE Unud memi-liki 4 (empat) Program Studi (PS) yaitu PS Akuntansi, PS Keuangan dan Perbankan, PS Perpajakan dan PS Pemasaran. Untuk mencapai tujuan pendidikan, semua PS me-nerapkan sistem kredit paket untuk masa perkuliahan enam semester.

Dalam kurikulum masing-masing PS, pengelompokan mata kuliah terdiri atas kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MPB), dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Kurikulum Program Diploma III mengacu pada Kurikulum Nasional berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI No. 232/U/2000.

Dalam rangka mengantisipasi persaingan yang semakin ketat serta kebutuhan pasar kerja yang menghendaki lulusan yang se-makin berkualitas dan memiliki kompetensi yang semakin spesifi k, maka Program Studi Pemasaran serta Program Studi Keuangan Perbankan Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Udayana melakukan pembe-nahan dalam bidang kurikulum untuk me-nyesuaikan dengan kebutuhan industri dan pasar kerja yang dinamis seiring dengan perubahan praktik bisnis. Selama ini, pemi-nat Program Studi Pemasaran cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

POLITEKNIK Negeri Bali (Poltek Bali) terus menggeliat untuk menggapai asanya sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi penghasil Sumber Daya Manusia yang pro-fesional. Berbagai terobosan telah dilakukan baik peningkapan kualitas sarana dan pra-sarana penunjang belajar maupun kualitas Sumber Daya Manusianya. Oleh karena itu, kiprahnya dalam pembangunan di bidang pendidikan di negeri ini sudah tidak diragu-

Revitalisasi Kurikulum Program Diploma III Revitalisasi Kurikulum Program Diploma III Fakultas Ekonomi Unud

Berdasarkan atas kondisi ini, Program Studi Pemasaran melakukan pembenahan de-ngan cara mengadakan perubahan kuriku-lum untuk menghasilkan lulusan yang tidak saja kompeten dalam bidang keterampilan pemasaran, namun juga diberikan penge-tahuan, teknik, dan sikap agar mampu mengadministrasikan kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, Program Studi Pemasaran mengambil kekhususan Administrasi Bisnis.

Begitupun halnya dengan Program Studi Keuangan dan Perbankan melakukan pem-benahan dengan cara mengadakan peru-bahan kurikulum untuk menghasilkan lulus-an yang tidak saja kompeten dalam bidang keterampilan keuangan dan perbankan, namun juga diberikan pengetahuan, teknik, dan sikap agar mampu mengelola risiko yang muncul dalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, Program Studi Keuangan dan Perbankan mengambil kekhususan Manajemen Resiko.

Pedoman yang dipakai untuk mencapai kompetensi bidang pemasaran dan admin-istrasi bisnis serta manajemen risiko ini adalah Peraturan Presiden No. 12 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifi kasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengharuskan learning Outcome lulusan perguruan tinggi harus memiliki kemampuan berdasarkan pada kualifi kasi kerja sesuai dengan kuali-fi kasi KKNI.

Program Diploma III FE Unud juga melak-sanakan beberapa kegiatan untuk mening-katkan kompetensi lulusannya seperti Studi Lapangan (SL) yang merupakan kegiatan rutin tahunan dimana tahun 2012 yang lalu dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 10 November 2012 dengan tujuan Surabaya dan Malang dengan tema “Melalui Studi Lapangan Kita Tingkatkan Kompetensi Keilmuan dan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Program Diploma III Fakultas Ekonomi Unud”. Adapun yang dikunjungi oleh para peserta SL di Surabaya adalah Kampus Universitas Negeri Surabaya, House of Sampoerna, serta Armatim. Sedangkan di Malang yang akan dikunjungi adalah Industri kreatif dan Agrowisata petik buah. Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah Olimpiade Akuntansi (OA) yang merupakan kegiatan Program Diploma III FE-Unud yang bertu-juan untuk menggairahkan dunia pendidi-kan akuntansi di tingkat SMA dan SMK di wilayah Bali, Lombok dan Jawa (khususnya Jawa Timur). OA merupakan wadah siswa-siswi SMA dan SMK berkompetisi mengenai bidang ilmu akuntansi.

Setiap tahun terbuka pula kesempatan bagi mahasiswa Program Diploma III FE Unud untuk memperoleh beasiswa. Ada 32 (tiga puluh dua) lembaga yang menye-diakan dana untuk beasiswa diantaranya Supersemar, PPA, POMA, Pegadaian dan BBBM. Rata-rata mahasiswa Program Di-

kan lagi. Menurut Direkturnya, Ir. Made Mudhina,

M.T., kini, di samping menjalankan tugas u-tamanya sebagai lembaga pendidikan ting-gi, Poltek Bali juga mengemban tugas un-tuk melaksanakan Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) pada koridor V dalam bidang pariwisata un-tuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Hal ini merupakan kebanggaan sekaligus tantang-an untuk mewujudkannya. Walau demikian, seiring perkembangan zaman yang penuh tantangan dan pesatnya kemajuan teknologi Poltek Bali tetap bertekad memainkan peran dan fungsinya sebagai penghasil Sumber Daya Manusia yang mampu menguasai IP-TEK, berkompeten, disiplin, beretika, dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Saat ini Poltek Bali menyelenggarakan program pendidikan D III dan D IV (S1 Te-rapan) dengan enam jurusan dan tiga belas program studi. Jurusan dan prodi tersebut adalah: (1) Jurusan Teknik Sipil dengan Prodi D III Teknik Sipil Aplikasi Komputer Rancang Bangun dan D IV Manajemen Proyek Konstruksi, (2) Jurusan Teknik Me-sin dengan Prodi D III Teknik Mesin dan D III Teknik Pendingin dan Tata Udara (Teknik Mesin Pendingin), (3) Jurusan Teknik Elek-tro dengan Prodi D III Teknik Listrik dan D

III Manajemen Informatika, (4) Jurusan Akuntansi dengan Prodi D III Akuntansi dan D IV Akuntansi Manajerial, (5) Jurusan Ad-ministrasi Niaga dengan Prodi D III Admin-istrasi Bisnis dan D IV Manajemen Bisnis Internasional, dan (5) Jurusan Pariwisata dengan Prodi D III Usaha Perjalanan Wisata (Travel and Tourism), D III Perhotelan (Hotel and Hospitality), dan D IV Manajemen Bis-nis Pariwisata.

Pada Tahun Akademik 2013-2014, Poltek Bali kembali memberikan kesempatan ke-pada para lulusan SMA dan SMK atau yang sederajat untuk menempuh pendidikan di lembaga pendidikan tinggi vokasi ini. Pene-rimaan mahasiswa baru dilakukan dengan tiga cara, yaitu: 1. UMPN Undangan melalui Penerimaan

Mahasiswa Bebas Tes (PMBT) yang diseleksi berdasarkan prestasi akademik dan pendukung yang relevan dengan persyarat diatur oleh direktur. Pendaf-taran: 14 Januari s.d. 12 April 2013, pe-ngumuman: 26 April 2013, formulir bisa didapatkan di Kampus Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, di sekolah masing-masing, atau dapat diunduh melalui la-man http://www.pnb.ac.id, dan bebas biaya pendaftaran.

2. Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)

se-Indonesia dengan ketentuan: pendaf-taran: 29 April s.d. 31 Mei 2013, tes : 8 Juni 2013, formulir bisa didapatkan di Kampus Politeknik Negeri Bali, Bukit Jim-baran atau dapat diunduh melalui laman http://www.pnb.ac.id, membayar uang pendaftaran Rp 150.000,00 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

3. UMPN Mandiri melalui Tes Bakat Sko-lastik (TBS) yang diseleksi berdasarkan kemampuan skolastik sesuai dengan ketentuan: pendaftaran: 10 Juni s.d. 11 Juli 2013, tes: 13 Juli 2013, formulir bisa didapatkan di Kampus Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran atau dapat diunduh melalui laman http://www.pnb.ac.id, mem-bayar uang pendaftaran Rp 150.000,00 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)Dengan proses pembelajaran yang ketat

dan pelayanan administrasi yang optimal, Poltek Bali siap menjadi lembaga Pendidik-an Tinggi Vokasi yang Terdepan, Profe-sional, dan Berdaya Saing Internasional.

Informasi selengkapnya dapat hubungi kami di:

Kampus Politeknik Negeri BaliBukit Jimbaran, Kuta selatan, Badung,

Bali, PO Box 1064 Tuban, Telp. (0361) 701981, Fax. (0361) 701128, Email: [email protected], Web: www.pnb.ac.id

Menjawab Animo Masyarakat,Poltek Bali Perbanyak Prodi D IV (Program S1 Terapan)

t

t

t

t

T

SALAH satu fakultas terbanyak maha-siswanya di IKIP PGRI Bali adalah Fakul-tas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK). Jangan heran jumlah mahasiswa-nya mencapai ratusan tiap tahun. Kamu yang tamat tahun ini bisa sejak awal menen-tukan pilihan di FPOK IKIP PGRI Bali.

Ini bukan mustahil karena peluang ker-janya relatif bervariasi. Bisa menjadi guru profesional, menjadi atlet dan bisa menjadi pelatih. Dekan IKIP PGRI Bali, Drs. Ketut Sumerta, M.For., tiap wisuda paling tidak melepas 200 sarjana guru pendidikan jas-mani dan kesehatan (penjaskes). Hingga kini FPOK sudah menamatkan 1.989 guru penjaskes.

Ia mengatakan lulusan FPOK IKIP PGRI Bali sudah kehabisan stok alias semuanya bekerja. Makanya dia menilai tak tepat mo-ratorium CPNS khususnya guru di Bali. Bali, kata dia, saat ini kekurangan sekitar 4.000 guru penjaskes untuk pendidikan dasar di SD dan SMP.

Saat ini di tiap SD di desa hanya terse-dia satu guru penjaskes menangani semua

kelas. Padahal idealnya minimal tersedia dua guru penjaskes. Jika ada 4.000 SD dan SMP di Bali, dia berani mengatakan Bali masih kekurangan 4.000 guru penjaskes. Itu belum terhitung guru yang pensiun. Apa-lagi di tingkat SMA/SMK paling idiel tiap dua kelas diasuh satu guru penjaskes. Untuk itu ia menegaskan lulusan FPOK IKIP PGRI Bali tak akan sampai menganggur karena dunia pendidikan terus memerlukan guru yang profesional.

Ketut Sumerta didampingi Pembantu De-kan Drs. Agus Dei Segu, S.H.,M. Fis., Dra. I Putu Mertayasa. M.Si., dan I Nyoman Su-artana, S.Pd., menambahkan FPOK IKIP PGRI Bali satu-satunya LPTK swasta yang mencetak guru penjaskes. Calon guru yang dicetak memang disiapkan untuk mampu mengatasi persaingan global, menjadi guru profesional di olahraga dan kesehatan seka-ligus sebagai pelatih olahraga. Makanya Ketut Sumerta mengatakan lulusannya memiliki daya saing tinggi dan sudah digem-bleng dengan pendidikan karakter lewat PBM dan jiwa sportivitas di lapangan.

Hal ini dibenarkan Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta bahwa calon guru yang dicetak FPOK IKIP PGRI Bali sangat lengkap. Dikatakan lengkap karena mereka digembleng secara kontinyu dalam hal pendidi-kan karakter. Di lapangan mereka sudah dilatih dengan bekerja ulet, tangguh, pantang menyerah dan disiplin. Dengan butir-butir pen-didikan karakter ini diharapkan lu-lusan FPOK bisa mentransfer ilmu itu kepada anak didiknya.

Kedua, lulusan FPOK IKIP PGRI Bali bukan saja menguasai teori namun juga praktisi. Me-reka adalah alet andalan Bali dan menjadi pelatih olahraga. Makanya Rek-tor mengatakan FPOK Bali sarat dengan prestasi nasional dan internasional. IKIP PGRI Bali memiliki atlet juara dunia lompat jangkit, Maria Londa yang meraih emas di Taiwan Terbuka. Kini Maria disiapkan terjun di Seagames. Sedangkan atlet lompat jauh Made Sukarida meraih emas di Pormanas.

SALAH satu fakultas terbanyak maha-siswanya di IKIP PGRI Bali adalah Fakul

kelas. Padahal idealnya minimal tersedia dua guru penjaskes Jika ada 4 000 SD dan

Hal ini dibenarkan Rektor IKIP PGRI Bali Dr I Made Suarta bahwa

Cetak Guru Berkarakter, Bali Kekurangan 4.000 Guru PenjaskesFPOK IKIP PGRI Bali

YUDISIUM - Dekan FPOK IKIP PGRI Bali, Ketut Sumerta beserta pembantu dekan saat meyudisium 200 sarjana penjaskes.

an

K IKIP PGRI Bal

Bahkan atlet silatnya yang langganan juara umum di Pormanas banyak melahirkan juara dunia. (adv/sue)

HADIAH - Dekan FE Unud saat menye-rahkan hadiah bagi pemenang lomba.

MAHASISWA - Mahasiswa Poltek Bali di depan kampus yang megah.

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 5: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

harus sabar. Percuma diperdebatkan.

LibraKamu yang berbintang

ini, posisinya berada di kiri, mendekati puncak. Berarti harus berani menghadapi angin ken-cang, yaitu isu-isu atau gosip. Harus bisa menerima panasnya Matahari, yaitu harus tabah dan sabar. Asmara: Yang membara, banyak yang mendekati, sampai bingung mana yang akan dijadikan doi. Sampai-sampai yang sudah punya doi, bisa lupa. Study: Kalau kamu ingin menonjol, bukan janji atau uang yang diandalkan.

ScorpioKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di seperempat kiri. Ada keberhasilan, namun jangan puas sampai disitu saja. Kamu banyak kesempatan baik untuk meraih semua yang kamu cita-citakan. Silahkan mencoba.

Asmara: Sudah ada persetujuan dari dua belah pihak. Sebaiknya segera diresmikan. Pernikahan atau pertunangan, supaya bisa konsen dalam mengejar cita-cita. Study: Jeblok. Bisa banyak salah, dimarahi. Adakan intropeksi.

SagitariusKamu yang berbintang ini,

posisisnya berada di seper-empat kanan. Ada penurunan, kamu tidak boleh memaksakan diri. Aturlah waktu istirahat yang cukup, makannya teratur. Bibit penyakit se-dang mengintai kelelahan kamu. Asmara: Segala permasalahan masih bisa disele-saikan dengan baik. Malah akan menambah kemesraan dan mempererat hubungan. Sabarlah dan senyumlah. Study: Prestasi bagus, mendapat sambutan bagus. Ada hadiah untuk kamu.

h

L

inmbcHymbSlub

S

AbPkJin

S

skSbh

dan disesali. Study: Banyak tugas, banyak makan pikiran. Jaga kesehatan badan.

CancerKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di sebelah atas kiri. Berarti ada pening-katan, namun ada orang yang iri. Tingkatkan kewaspadaan supaya tidak tertipu. Selalu hati-hati dalam melangkah dan bertindak supaya tidak salah. Asmara: Maju terus, sesuaikan dengan keadaan, saling pengertian, saling membantu dan saling keterbukaan. Supaya tambah mesra dan dirindukan. Study: Jangan bangga kalau mendapat pujian. Pertahankan prestasi kamu.

LeoKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di ufuk barat, hampir tenggelam. Oleh sebab itu manfaatkan kesempatan kesempatan ini untuk berjuang mencari tambahan hasil dan

menabung. Bergaul dengan orang-orang sukses. Asmara: Mengalami kekecewaan, namun jangan terlalu dibesar-besarkan. Carilah kesibukan dan hiburan yang positif, demi masa depan kamu sendiri. Study: Selalu belajar dengan rajin dan rutin. Kamu masih bisa.

VirgoKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di timur jauh. Berarti masih belum bisa me-raih apa yang kamu inginkan. Semua rencana boleh dilaku-kan dan kamu masih harus kerja untuk bisa mendapatkannya. Asmara: Hanya menggoda. Kamu kejar, dia lari dan kalau ada yang mengejar, kamu yang pergi. Untuk harus sedia uang banyak. Atau jujur sajalah. Study: Hasilnya menyakitkan sekali. Kamu

CapricornKamu yang

berbintang ini, posisinya berada di atas, agak condong ke barat. Jadi akan menurun. Oleh sebab itu mana yang belum tercapai harus dikejar dan yang belum selesai di-selesaikan. Mulai menabung. Asmara: Ada kurang harmonis. Perlu pembenahan dan menyendiri. Renungkan apa yang terjadi, jangan sombong dan egois. Ikuti nasehat doi. Study: Butuh konsentrasi penuh, ja-ngan diremehkan, asal-asalan.

AquariusKamu yang berbintang ini, po-

sisinya berada di samping kanan menurun. Pertanda harus selalu hati-hati dalam menjaga kesehat-an badan. Jangan banyak yang dipikirkan. Makan, tidur yang

teratur, tenaga jangan diforsir. Asmara: Masih ada yang menolong. Jadi jangan besusah hati dan jangan putus asa. Tetap-lah mendekati dengan sabar dan lakukan permintaan doi. Study: Meskipun sudah puas, namun harus tetap belajar.

PiscesKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di atas. Ber-arti ada bendera kemenangan dan keberhasilan. Kalau punya rencana untuk maju segera dilaksanakan saja, boleh main spekulasi, tapi jangan sombong. Asmara: Semakin ada kecocokan, kalau ada yang dibicarakan nyambung. Menyenangkan dan ada manfaatnya. Silahkan dilanjut dan kenalkan kepada ortu. Study: Harus per-

da

atakatiri.supmesademetamJaPe

Le

suknaCadeSema

Vir

oe

aieas

meadahaStu

caya diri, jangan mengandalkan teman.

AriesKamu yang berbintang ini, po-

sisinya berada di bawah, berarti ja-ngan neko-neko. Artinya tidak boleh melakukan spekulasi, bisa sabar menahan diri, rajin sembahyang, taati nasehat dan selalu waspada serta hati-hati. Asmara: Lupakan masa lalu yang kelam. Yang buruk jangan diomong lagi, supaya bisa merasakan dan mendengarkan berita-berita baru yang indah-indah. Study: hasilnya memuaskan, banyak yang simpati. Perjuangan yang tidak sia-sia.

TaurusKamu yang berbintang ini, po-

sisinya berada di ufuk timur, berarti akan ada kenaikan. Silahkan maju, mengejar sesuatu yang masih kamu inginkan. Jangan bimbang, ragu, atau takut. Bisa mengadakan kunjungan menimba ilmu. As-

mara: Rasa-rasanya ada yang tidak beres. Kamu harus sabar dan cari dulu apa sebab musababnya. Sebaiknya bertemu langsung dengan sumbernya. Study: Tetap berusaha, belajar dan jangan putus asa.

GeminiKamu yang berbintang ini, po-

sisinya berada di kiri agak ke atas. Pertanda banyak uang masuk, namun tidak lama akan keluar lagi. Kalau kamu tidak selau kontrol, malah meremehkan atau cuek, akan terjadi kerugian. Asmara: Mati tidak bergairah. Mengalami sedih atau berpisah. Semua ini sudah men-jadi putaran roda bercinta. Tidak perlu emosi

12 5n dise

akan p

ancerKam

sisinyas kirCapricorn

dama

Ca

poata

caya diri, jangan mengandalkan teman.

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuDiasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Jumat, 1 - 14 Februari 2013Berlaku : Jumat, 1 - 14 Februari 2013

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komen-tarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

VOCABULARYNo English Indonesia 1 Abolishment Penghapusan 2 Abominable Buruk sekali 3 Backstroke Gaya punggung 4 Backtrack Mundur/menarik kembali 5 Cadet Calon perwira 6 Cadre Kader 7 Dangle Membayangkan 8 Danish Kue masakan Denmark 9 Dank Lembab/basah 10 Earthen Terbuat dari tanah 11 Earthquake Gempa bumi 12 Facsimile Jiplakan 13 Fact Fakta 14 Gait Gaya berjalan 15 Gala Pesta besar 16 Haircut Potongan rambut 17 Hairdo Tatanan rambut 18 Idiocy Kebodohan 19 Idiolect Gaya bahasa 20 Jasmine Bunga melati 21 Jaunt Tamasya pesiar 22 Kennel Kandang anjing 23 Kerosene Minyak tanah 24 Ladida Berlagak 25 Ladle Sendok besar 26 Madam Nyonya 27 Madden Menjengkelkan 28 Narrow Sempit 29 Nasal Bunyi sengau 30 Objectionable Dapat disetujui

ismsdmtJ

--h r ,

a n masa lalu

l i

r

Ksisinakanmenkamragukunj

mara: Rasa-rasKamu harus sa

poBeraSekabim

r ntrol, malahdi kerugian

o-skar

-.,r

,-naanng. Asmara:

selesai di-

sismehaandip

teratur, tena

imbc

y

ih

ggn ti-hati dalam

tid k

, h -g n

Kaosisiampiu maesem

mencenabung. Bergkses Asmara:

mesuk

pohaitkem

pek

c

S

pekdcdSkerja untuk

a Matahari

Kposikiri. jangKamuntucita-

Asmara: SudaA

j

i, r-n, n g it penyakit se-

UUULLUUULsh shhmennable

3 Backstroke 4 Backtrack 5 Cadet 6 Cadre 7 Dangle 8 Danish 9 Dank 10 Earthen 11 Earthquake 12 Facsimile 13 Fact 14 Gait 15 Gala 16 Haircut 17 Hairdo 18 Idiocy 19 Idiolect 20 Jasmine 21 Jaunt 22 Kennel 23 Kerosene 24 Ladida 25 Ladle 26 Madam 27 Madden 28 Narrow 29 Nasal 30 Objectionab

BUBCACAVOCOV UUCCAABBAAVVVVVOCABVOCOC BVOCABUEnglisEnglisNo No

1 Abolish 2 Abomin

3 Backst

RALA YLARYUULBCAO AVOCVOCABU

Sanjungan Angin Disini kita berdiriMenengadah menuju mentariSaat kuberikan serpih kenangankuUntuk kausimpan dalam hatimu Disini kita berdiriMenanti angin yang kian mengiringiSaat senyuman itu mulai rapuhDan tak ada lagi hal yang berarti Disini kita menemaniSaat mentari mulai tenggelamMenyisakan hari kegelapanYang masih meninggalkan harapan

Melda DharmahayuSmansa

Nama : Dewa Putu Aris SadanaAsal sekolah : SMAN 1 DenpasarKelas : XII IPA 3Ekstrakurikuler : MBSSMDHobby : Bermain musikCita-cita : Dokter

Saya ingin berbagi sedikit kesan dan pesan kepada teman-teman di SMAN 1 Denpasar, khususnya kelas XII yang se-dang mempersiapkan diri untuk menempuh ujian nasional maupun ujian akhir sekolah, persiapkanlah diri dengan sebaik-baiknya. Saya harap kelas XII angkatan ke-50 lulus ujian nasional 100% dengan nilai yang memuaskan.

Prioritaskan cita-citamu demi masa depanmu, berjuanglah sekuat tenaga untuk masa depanmu dan lekaslah lakukan itu, karena WAKTU TIDAK AKAN PERNAH MENUNGGUMU KETIKA KAU DIAM. Terima kasih.

Nama : A.A. Istri Intan JuliartiniNama Panggilan : Gung GekTanggal Lahir : 21 Juli 1997Zodiak : LeoSekolah : SMKN 3 DenpasarKelas : X Akomodasi

Perhotelan CAlamat : Jln. Pengembak

No.15 Sanur, Denpasar

Hobby : BasketKomentar : Kesuksesan itu

gampang diraih daripada memper-tahankannya.

Nama : Kadek Anggi Krisnawan

Panggilan : AnggikTTL : Kerobokan, Kuta

Utara, 5 Mei 1997Sekolah : SMAN 1 Kuta

(X2)Twitter : @anggig_birdsAlamat : UmalasKomentar :Salam saja deh sama alumni dan guru-guru SMPN 1 Kuta Utara. Keluarga be-sar Smansaku khusunya X2 dan dpers_us. Buat WM, sukses terus yaaa!

Halo teman-teman WM ku di manapun kalian berada. Hmmm, perkenalkanlah :Nama lengkapku : I Gd Agus Cikko Eka GunaNama panggilan : Cikko.TTL : Bantas Gelogor,Selemadeg

Timur,Tabanan 01 Mei 1997Alamat : Jl.Hos Cokroaminoto Gang

Perum. Mirah Delima No 15 B,Ubung Denpasar

Sekolah : Tk-SD (Anugrah Denpasar), SMP (SMPK 1 Harapan Denpasar) saat ini saya sekolah di SMK PGRI 3 Denpasar.

Facebook : Agus CikkoTwitter : @CikkoagusHobby : Selain menyanyi, masak dan

fotografi aku juga senang sekali main layangan dan olahraga ringan (jogging, bulu tangkis, dll).

Target dalam hidupku : Ingin menjadi orang yang berhasil dan juga bisa membahagiakan kedua

orang tua serta keluarga juga anak/cucu tersayang di masa mendatang.

Komentar buat teman WM: Selamat Tahun Baru 2013 ya. Semoga apa yang kita kerjakan atau laksana-kan di tahun ular ini bisa lancar dan hasilnya bisa me-muaskan untuk kepentingan

kita bersama.

d

Agmonua

ag

dana

dan AN 1 g se-mpuh olah, nya.ulusang

asa ga

Nama : Dwi Sintya SusantiSekolah : SMKN 2 DenpasarKelas : XI Akuntansi 2Hobi : TravelingZodiak : ScorpioKomentar : Terima kasih WM

sudah pilih komentar saya. Dengan adanya WM generasi muda jadi bisa mengeks-presikan kreativitas mereka. Mau salam buat teman-teman di sekolah, biar makin meningkatkan prestasinya di bidang akademik maupun non akademik. Buat generasi muda saat ini ayo jadi gene-rasi yang berkualitas untuk bangsa dan pastinya untuk diri kalian sendiri. Jangan mau jadi korban dari modernisasi saat ini.

uliartini

sar

er-

Ku19a

d

m

uta 997

s

mni

Perum. Mir, gB,Ubung D

Sekolah : Tk-SD (An(SMPK 1 Hsaat ini sayPGRI 3 De

Facebook : Agus CikkoTwitter : @CikkoaguHobby : Selain meny

fotografi akmain layanringan (jog

Target dalam hidupku : Ingberhasil dan juga bisa m

orang tua serta ketersayang di m

KoKKK menWM: 2013 ykita kekan di lancar dmuaska

kita bers

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Hujan Malam Ini

Hujan malam ini Mengiringi dukaku yang kehilanganmuHujan malam iniMengganti sang embun bekukan hati iniHatiku yang kian rapuhAku ini sang violetYang bermimpi hendak sebuah mawar dalam hatimuAku sang violet Yang dahannya kian merunduk sesalkan kepergianmuMungkinkah aku harus bertahan?Aku tak bermata…Aku buta tanpa hadirmuKe mana sinarmu kasih…Sepercik bayangan kelamkan jiwakuHingga menghilang menyeretku Dalam pusaran penantian tanpa akhir

Ratna UmbariSMAN 6 Denpasar

SaSaSaSaSannnnjungan Angin

p y g jHingga menghilililillaaana g menyeretkuyeretkDaDaDaDaalal m m m m puppp saraaaaannn n pepeepenananananantnnn ian tanpa akhiranpa akhirkhirkhi

SMMSM

Puing-puing Ilusi

Menatap rembulan ke arah tenggaraSepercik sinar ituSangat melekat dalam memori ingatanEntah apa yang tersirat?Saat semua telah enyah dalam kehempasanBertahan walau perih menyengatIngin dan berharap jiwamu dan jiwaku selaras

Dhimita Indri AnggraeniSMP SLUB Sararaswati 1 Denpasar

Dharmagita

Barisan nada yang indahLantunan suara kendangAlunan seruling Buatku seakan memberikanAngan-angan keindahanRasa nyaman yang terdengarOh, betapa ku tak sanggupYakinkan kebahagiaan iniEntah mengapa memberikan ketenangan hati

Bagus Dharma IswaraFoursma

Hujan

Malam ini ia datangDan kau berjanji akan menembusnyaMeletakkan jejak-jejak percumaDan tak pernah berusaha mengenangnya

Kami bersama tak saling tahuIa mengalir dari tempat yang jauhTak jelas menangis ataukah luruh

Kami mencinta tak tahu caraMemelukku ia menyakitikuMenghangatkannya aku membunuhnya

Daun-daun telah memilihnya sebagai kekasihDan anginnya menyisirku jauh-jauhAkhirnya kami berpisahSetelah aku sakit dan ia musnah

Kemudian aku bermimpiMelihatnya mengalir di balik jendelaAku tahu ia bukan luruhMeski kami saling sentuh

Geg BintangSLUA

Tangis dalam Hujan

Desir angin menusuk kalbuNamun tak sejukkan hatiAwan hitam selimuti langitGelap… sama halnya perasaan iniRintik hujan basahi pertiwiSeakan ikut tangisi kepergianmu

Dikala terbayang wajahmuHatiku semakin piluKerinduan akan dirimuBuat ku semakin lemah

Dan kini aku...Hanya diam dalam hujanMenatap langit…Dan biarkan butiran air mataHanyut tersapu hujanAgar tak seorang pun melihat..Tangisku, piluku, lemahnya dirikuSaat kau pergi dan tak pernah kem-bali

Oka NoviSMKN 3 Denpasar

Api di Dalam Hati

Saat api kecil menyala Selalu hidup dihatikuWalaupun kecilTapi api itu akan besarApi kecil tak sebanding dengannya

Tapi....Kalapun api ituBerubah menjadi api cintaTak sanggupku matikanWalaupun berubah besar

Jika hati sakitApi kita akan perlahan kecilSakit yang menyayatBertambah kecilnya apiSeperti api yang ditiup oleh anginDiambang-ambang kematian

Tapi jika bahagiaSenang dan membuatku ceriaApi itu akan kembaliKembali bertambah besarDisini, disini Hati tempat kebahagiaanYang sesungguhnya

Tusviani X.4Regrisma

Hati Berucap Harap

Dingin sifat membuat hati terpikat Kala senyum jiwa pun kagum Indah tawa lalu raga tak berdaya Wajah manis memulangkan pesimis Risau tiba kehadiranmu kudamba Sempurna dirimu membuat sipu

Tak ada waktu perguna temu Surat tak terbaca membuat duka Terhubung lalu bingung Ramai kembang api menambah paci Gemetar jemari tak ada henti Tak ingin usai tanpa rampai

Cerah langit kicau burung sengit Samar asap pandang terbekap Mendung tiba hati menyala bertanya Akankah hujan mengguyur sang idaman? Doa terpanjat berharap selamat Tanpa tangis berlampau dengan optimis

Satu harapan terucap sopan Hati berharap terisi Oleh sosok tangguh pelawan gemuruh Namun lembut layak selimut Serta sabar jiwa membagi cinta Semoga manis di akhir gerimis

Okky RahmanSMK Negeri 1 Denpasar

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 6: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

116 Jumat, 1 - 14 Februari 2013

ku selalu menurut saja, tapi untuk melakukan hal yang terburuk da-lam hidupku, aku tak-

kan mau untuk menurutnya. Ba-gas menarikku dengan paksa. Entah kemana aku akan dia-jaknya. Dengan keras dan tanpa basa-basi, ia tak menghiraukan keadaan sekelilingnya yang kini memperhatikan aku dan Bagas. Sejurus kemudian, aku sudah duduk di hadapannya, dan kini matanya melotot kearahku.

Aku tak mengerti mengapa Bagas kali ini bisa menjadi seri-gala pemburu manusia, dengan wajah memerah dan melotot dia kini siap menerkam mangsanya dengan buas. Dan mangsanya itu pasti aku. Aku dengan tampang tak berdosa, hanya bisa melongo dan menunduk.

“Apa-apaan sih kamu?! Berani begitu saja berpelukan dengan cowok lain dihadapanku?! Apa kamu tidak menghargai aku?!” Bagas memulai dengan buas.

Aku yang awalnya tak me-ngerti, seakan memiliki energi un-tuk bisa melawannya. “Apa?! Aku tidak menghargaimu?! Untuk apa aku menghargaimu?!” Aku mem-balas dengan sinis. “Kamu seka-rang sudah berani denganku?! Aku tak suka dengan kelakuanmu itu, seperti cewek gampangan,” katanya tak kalah sinis.

“Apa kamu bilang?! Aku cewek gampangan?!” Aku mulai naik pitam dan seakan darahku men-didih di kepala dan siap untuk menumpahkan semuanya. Ba-gas kini mencengkeram tanganku kuat-kuat dan apa yang terjadi, aku tak bisa melepaskan geng-gaman itu. “Apa kamu tak sadar dengan apa yang kamu lakukan?! Berpelukan dihadapanku dengan mesra?!” Bagas mulai mendidih.

“Mengapa?! kau tidak suka melihatnya?! Apa kamu cembu-ru?! Dan apa hakmu untuk cem-

buru padaku?! Memang kamu siapa?! Pacarku saja bukan!” Kekesalanku rasanya sudah be-rakar dan kini aku memberontak. “Lepaskan tanganku!”

“Aku seperti ini. Karena aku….” Bagas tak melanjutkan kata-katanya. Dan melepaskan ceng-keramannya dengan buas. Dan pergi meninggalkanku sendirian.

***“Kamu ada masalah apa lagi,

Bin? Bagas?” Maya kemudian duduk disampingku dan aku hanya terdiam terpaku dan tak membalas ucapannya. “Kamu berantem lagi sama Bagas?” La-gi-lagi aku tak membalas ucapan Maya.

“Apakah kamu suka dengan Bagas?” Ucapan Maya kemudian membuatku berpaling.

Deg..“Apa kamu bilang? Untuk apa

aku menyukai sahabatku sendiri? Aku dan Bagas hanya berteman dan tidak lebih dari itu,” kataku akhirnya.

“Tapi aku menangkap hal lain dalam dirimu, dan dari dulu kamu tak pernah menyadarinya?” Ka-tanya sedikit menyelidik. Aku ter-diam, dan Maya pun ikut terdiam. “Kamu tak pernah menyadari sebenarnya kamu mencintainya, Bin. Egomu selalu mengalahkan-nya. Dan itu berhasil hingga saat ini,”

Kata-kata Maya sulit untuk ku cerna. Aku berpikir terlalu lama, hingga tak menyadari Maya telah beranjak pergi, dan yang ada aku

kini duduk. Ditemani sepi, dite-mani debu, dan ditemani bangku-bangku kosong tak berpenghuni. Dan tatapanku kosong, melihat sekelilingku, dan mencerna kata-kata Maya.

Apakah benar aku menyukai Bagas? Sejak kapan? Sejak da-hulu? Dan aku baru menyadari-nya?

***“Darimana kamu bisa me-

narik kesimpulan kalau aku me-nyukai Bagas?,” tanyaku sambil mengaduk-aduk bakso yang kini berada di hadapanku. “Apa kamu sampai saat ini belum sadar juga? Kamu selalu cemburu saat dia bersama wanita lain bukan? Dan begitu sebaliknya dengan Bagas? Selalu cemburu ketika melihatmu berpelukan di kafe dua hari yang lalu?” Kata Maya sembari me-nyuapkan sesendok bakso ke mulutnya.

“Aku tidak cemburu, Maya,” kataku membela diri. “Itu Cuma alasan klasik buatku. Dan me-ngapa setiap dia bersama wan-ita lain kamu selalu menangis?” Maya kini meneguk es teh manis dihadapannya. “Apakah itu tidak namanya cemburu? Dan kamu mau mengungkapkan alasan apalagi untuk membela dirimu? Aku sudah memegang kartu Asmu, Bintang,” lanjutnya.

“Arah, aku tidak mau mende-ngarnya!” Kataku sambil memu-kul meja. Keras sekali.

***Aku tak bisa berpaling. Pria di

hadapanku kini memelukku. Pelu-kan hangat dan erat sekali. “Aku berjanji, di depan pusara ibumu, aku akan selalu menjagamu, Bin-tang,” janji seseorang yang kini aku pinjam bahunya sambil me-nangis sesenggukan.

Tepat di depan makam ibu, aku mengingat kejadian 10 tahun yang lalu. Dan disisiku saat ini tak ada lagi janji yang mengikat, dan tak lagi ada seseorang yang bisa aku peluk dan berbagi hangat untukku. “Ibu, apakah aku benar-benar menyukainya? Dan ia juga menyukaiku?”Aku bertanya pada rumput di hadapanku. Dan tak akan ada jawaban. Tiba-tiba saja, bunga mawar putih yang berhias manis di makam ibuku jatuh. Aku tak percaya tak ada angin yang berhembus. Jika, kelopak bunga ini ganjil, berarti aku menyukai-nya dan ia juga menyukaiku. En-tah darimana aku mendapat bisi-kan itu.

Aku kemudian menghitung, perlahan, sambil memetik ke-lopak mawar putih yang ada di hadapanku. Satu demi satu aku petik, dan hingga akhirnya tiba saat beberapa kelopak terakhir. Aku memejamkan mata, dan kembali memetik kelopak demi

kelopak sambil menghitung. Dan oh my god, dadaku berde-

sir hebat. Ternyata kelopak mawar putih ini berjumlah ganjil. Apakah ini benar? Atau hanya kebetulan? Aku bertanya dalam hati. Lagi-lagi tak ada jawaban. Tiba-tiba a-ngin berhembus begitu kencang, seakan semua ini terasa benar. Dan ku dengar langkah kaki yang tak kukenal, terus saja mendekat dan mendekat.

“Aku benar-benar menyu-kaimu, Bintang,” kata seseorang dengan nada lembut. “Menyu-kaimu secara sederhana. Seperti tiupan angin, seperti waktu. Dan aku tidak bisa mengungkapkan padamu,” lanjutnya yang mem-buat aku seakan tidak percaya.

“Apakah kamu benar? Aku tidak percaya padamu,” aku me-mukul bahu Bagas pelan. Bagas hanya mengangguk sembari me-melukku erat. Erat sekali.

***Aku mencintaimu secara sederhanaSeperti waktu yang terus berputarSeperti teman, seperti sahabatSeperti kata yang sulit terucap

buru padaku?! Memang kamu kini duduk Ditemani sepi dite

Aku mencintaimu secara sederhanaSeperti rasa yang tak lagi bisa ku kecap

Seperti bulan yang setia menemani malamSeperti patahan hujan

Seperti angin, seperti air

PebriyantiSMAN 3 Denpasar

adapanku kini memelukku. Peluh d k li “Ak

kelopak sambil menghitung. haadapanku kini memelukku. Pelu- kelopak sambil menghitung.

BILA salah merencanakan se-suatu berarti kita telah merencana-kan suatu kesalahan. Didalam melakukan perubahan manusia hendaknya dapat menguasai pe-rubahan itu, maka akan selamatlah peradaban itu berjalan. Tetapi bila beban itu merupakan letupan dan suatu kejutan dan manusia tidak menguasainya, maka hancurlah peradaban manusia.

Demikian juga terhadap Ba-hasa Bali, bila diadakan perubah-an kurikulum SISDIKNAS 2013, yang mengintegrasikan pelajaran Bahasa Daerah (mulok) kedalam Seni Budaya. Ini merupakan suatu hentakan yang kurang mendapat-kan kajian secara utuh baik ilmiah, rokaniah maupun cultural. Jelas akan menimbulkan guncangan bahkan tenggelamnya Bahasa Bali di tengah gelombang global-isasi. Karena konsep perubahan lahir tanpa keseimbangan rasa dan logika.

Kalau sudah demikian tak ubahnya ibarat pribahasa kacang lupa akan kulitnya. Bahasa Dae-rah merupakan penunjang Bahasa Nasional, dari konsep rasa hen-daknya diawali dari kosong yang berarti bulat. Bulat bermakna utuh pikiran yang utuh tidak terkontami-nasi dengan kepentingan politik lain. Melalui UUD 1945 Pasal 32 ayat 2 menyebutkan Negara meng-hormati dan memelihara Bahasa Daerah sebagai Kekayaan Bu-daya Nasional, ini berarti Negara

Oleh :I Nyoman Nuadiana, S.Pd., S.Si.

Guru Bahasa Bali di SMAN 8 DenpasarKetua Sabha Desa, Desa Adat Sibanggede

telah menjamin keberadaban dan keberlangsungan hidup bahasa daerah di bumi Nusantara ini.

Dalam UUD 1945 disebutkan untuk menyelidiki hukum dasar (Droit Constitutionelle) suatu Ne-gara tidak cukup hanya menye-lidiki pasal-pasal, Undang-Undang Dasarnya (Soi Constitutional) saja, akan tetapi harus menyelidiki pula bagaimana prakteknya dan ba-gaimana suasana kebatinannya dari Undang-Undang Dasar itu. Makna kalimat tersebut di atas se-cara terimplisit menyiratkan baha-sa daerah telah mampu merekam seluruh alam kegiatan manusia termasuk yang bersifat religius yang mampu menyalakan obor taksu Bali. Pancasila telah me-ngakui “Kebinekaan, alam, suku, adat istiadat, budaya, agama dan bahasa daerah”.

Bahasa Daerah di Nusantara ini yang telah dipakai dan terpeli-hara oleh penuturnya hendaknya mendapat perhatian dan perlin-dungan dari Pemerintah Pusat serta perhatian dan penanganan yang serius dari Pemerintah Dae-rah. Mengamankan serta mereal-isasikan Perda No. 22-Tahun 1999 tentang Muatan Lokal Bahasa Bali. Perda No. 3 Tahun 1992 tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Selanjutnya Konggres Bahasa Bali Tahun 2001 tentang kegunaan Bahasa Bali yang dirumuskan, ke-bijakan pembinaan Bahasa Bali sebagai berikut :

Meningkatkan sikap positif dan kebanggaan penuturnya terhadap Bahasa Bali

Hakikat belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi dan belajar sastra adalah sesuai dengan tata krama masyarakat menghargai manusia dan nilai-nilai kemanu-siannya termasuk hasil karyanya. Untuk itu sudah semestinya Ba-hasa Daerah (Bali) mendapatkan pembinaan dan mengembangan melalui pengajaran Bahasa Bali (Mulok) sebagai mata pelajaran tersendiri yang diajarkan di seko-lah di Bali dari jenjang pendidikan TK sampai dengan SMA/SMK dengan durasi waktu 2 jam pelaja-ran per minggu.

Belajar bahasa asing adalah bagus, tetapi jangan lupa dengan bahasa daerah (Bali) sebagai ba-hasa Ibu. Ibu ibarat pertiwi, pertiwi adalah tanah realitasnya kaki kita berpijak di tanah, sepatutnya kita selaku orang Bali secara batiniah lebih dekat dengan Ibu sewa-jarnya bahasa Ibu tetap disayang dan tidak terlupakan begitu saja. Bila dilupakan apalagi sampai punah dan mati, semestinya kita

merasa amat berdosa dan kualat, alangkah bodohnya anak manusia yang memiliki unsur Tri Premana sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang paling utama tidak mampu melestarikan warisan adiluhung leluhur kita.

Pudarnya Bahasa Daerah (Bali) yang memiliki ciri khas kedaerahan yang mencerminkan prilaku pen-duduknya, ketika itu orang akan mulai kehilangan jati diri, tidak lagi memiliki kebanggaan hidup, kurang dapat mensyukuri dan lupa dengan konsep Hindu, Luwan-Teben, Suci Leteh, sehingga linglung tak tahu arah (benar salah) karena berba-hasa merupakan cermin prilaku. Berbahasa tidak hanya berfungsi untuk berburu uang tapi juga un-tuk memenuhi kebutuhan batiniah yang mampu menjaga ketenangan bathin penuturnya sehingga timbul dan tercipta Santi Jagadhita.

Jangan lupa Bahasa Bali bu-kan Bahasa yang tergolong Mu-lok dalam artian lokal dan sempit. Bahasa Bali mungkin tidak sama kebermanfaatannya dengan ba-hasa daerah lain di Kepulauan Nu-santara ini. Bahasa Daerah (Bali)

adalah Mulok yang global dan Bali sejak dahulu telah mendunia hal ini terbukti antara lain :

Para seniman barat berkaliber dunia banyak yang kepincut dan jatuh cinta dengan budaya dan ta-nah Bali, seperti Wollter Spase, Ary Semitt, Lemayour, Antunio Blanko dan yang lainnya sudah berjasa pula menduniakan Bali melalui ha-sil cipta Karya Seni Beliau.

Perhatian para Sarjana dan Bu-dayawan Indonesia pun tidak luput termasuk orang Bali antara lain :Prof.Dr. Ida Bagus Mantra, Prof. Ap. I Gusti Ngurah Bagus, I Gusti Bagus Sugriwa, I Wayan Simpen AB, I Nengah Tinggen dan yang lainnya sudah sepatutnya nama beliau ditulis dengan tinta emas karena jasanya dalam membina dan mengembangkan serta me-lestarikan Budaya dan Bahasa Daerah Bali.

Kuntjaraningrat (1979 dalam Agastia) menyatakan manusia harus mempelajari kebudayaan-nya sejak lahir, selama seluruh jangka waktu hidupnya, hingga saatnya ia mati, semuanya de-ngan jerih payah.

Bahasa Bali Punah

Siapa yang Bertanggung Jawab?

t l h j i k b d b d

B

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 7: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

10 7Apa dan SiapaApa dan Siapa

No : 13 Kirim jawaban TTWM ke:Email : [email protected] dengan wesel pos ke Redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama uang Rp100 ribu untuk dua pemenang.

TTWM No. 13

JAWABAN TTWM 12

PEMENANG TTWM NO.12 :

L a y a r

Poling Wiyata MandalaAwignamastu,Hingga usia yang ke-16 tahun, Wiyata Mandala menjadi sum-

ber bacaan unggulan anak sekolah dan remaja. Untuk melakukan perbaikan terus-menerus, kami mengadakan poling pembaca. Untuk itu kami mohonkan jawaban sejujur-jujurnya. Caranya, kirimkan jawaban ke Wiyata Mandala melalui email : [email protected]. Kami menyiapkan hadiah masing-masing Rp 200.000 untuk lima pemenang.

Apakah Wiyata Mandala memenuhi keperluan 1. pembacanya?

Yaa.

Tidakb.

ulis lima rubrik/kolom yang paling kamu sukai 2.

Tulis lima rubrik/kolom yang paling tak disukai3.

Jumat, 1 - 14 Februari 2013 Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Mendatar: 1. Matahari7. Alam8. Cat10. Lele12. AB13. Ilham15. Buku

Menurun:1. Mandi2. AL3. Tabah4. Am5. Agen6. Ice9. Tabuh

1. Putu Indra Jaya Karunia SMK Farmasi Saraswati 3

Denpasar

Cara Kerja Balon UdaraCARA ker ja balon

udara sangat sederhana yaitu dengan cara me-manaskan udara di dalam balon agar lebih panas dari udara di luarnya sehingga balon udara mengembang dan dapat naik (terbang). Udara yang lebih panas akan lebih ringan karena masa per unit volumenya lebih sedikit.

Untuk dapat terbang, udara di dalam envelope dipanaskan menggunakan burner dengan temperatur

sekitar 100 derajat Celcius. Udara panas ini akan ter-perangkap di dalam envelope sehingga balon udara pun akan mengembang dan bergerak naik di dorong oleh udara yang bertekanan lebih kuat. Jika ingin mendarat, udara didinginkan dengan cara mengecilkan burner. Udara yang mulai mendingin di dalam envelope mem-buat balon bergerak turun.

Bagaimana caranya balon udara berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain? Jawabanya adalah dengan cara memanfaatkan hembusan angin untuk bergerak secara horizontal. Arah tiupan angin berbeda pada se-tiap ketinggian tertentu. Perbedaan arah tiupan angin inilah yang dimanfaatkan oleh pengemudi balon udara untuk mengendalikan balon udara dari satu lokasi ke lokasi yang diinginkan.

Diah KartiniSMP Dwijendra

Es Mengapung di Air?KITA pasti

berfikir bahwa benda pada t akan tenggelam jika diletakkan d i da lam a i r. Ternyata tidak semuanya ben-da padat seper-ti itu loh. Con-tohnya adalah es. Meskipun es berbentuk pa-dat, namun es memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada air. Saat air berubah wujud menjadi es, molekul air mengatur diri mereka sendiri sedemikian rupa se-hingga menciptakan ruang antara molekul yang tidak ada sebelumnya. Volume es menjadi lebih besar daripada volume air. Hal ini menyebabkan massa jenis es menjadi lebih kecil dari massa jenis air.

Pada dasarnya prinsipnya sama saja dengan kapal laut yang mengapung di lautan. Tekanan ke atas ter-hadap es yang dimasukkan ke dalam air selalu lebih besar dari berat es (gaya tekan es ke bawah). Sehingga jika tidak ada gaya lain yang menekan es maka es akan selalu mengapung di atas air.

Adi Ratna

Waspadai Pusing Waspadai Pusing saat Berdirisaat Berdiri

JIKA kalian sering merasa sak i t kepa la saat bangun dari duduk atau ketika berdiri, mungkin kalian berisiko tinggi mengalami ga-gal jantung.

Rasa pusing mendadak yang dialami setelah berdiri disebab-kan oleh penu-runan tekanan darah yang ce-

pat, yang dikenal sebagai hipotensi ortostatik. Peneliti berasumsi, orang yang mengalami gejala tersebut 54 persen lebih mungkin mengembangkan penyakit gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak. Sebaliknya, orang yang memiliki hipertensi risikonya menurun hingga 34 persen.

Gagal jantung kini mengancam jutaan nyawa di se-luruh dunia. Gagal jantung merupakan sebuah kondisi dimana jantung mengalami kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh, yang biasanya disebabkan oleh otot jantung yang menjadi terlalu lemah atau kaku, sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Untuk itu, kita harus mencegah sejak dini, yakni dengan menjalani pola makan dan hidup sehat dan hindari stress.

A. A. Ayu Devi AndriyaniSMKN 3 Denpasar

WAKIL Gubernur (Wagub) Bali, A.A. Puspayoga berbaur bersama ribuan siswa, guru, dosen dan karyawan di lingkung-an Yayasan Dwijendra Pusat, Jumat (25/1) lalu menanam pohon mangrove (bakau) di kawasan Serangan. Aksi sosial ini dilakukan serangkaian HUT ke- 60 Yayasan Dwiendra Pusat dan untuk mengimbangi pihak yang justru membabat hutan bakau demi pembangunan fasilitas pariwisata.

Semangat mereka patut dipuji karena dalam kondisi basah kuyup karena hujan deras mereka menjalankan tugas dengan baik. Wagub Bali Puspayoga menamam pohon bakau bersama Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar, Drs. Ida Bagus Gede Wiyana.

Wagub Puspayoga memberi apreasiasi positif aksi sosial yang rutin dilakukan keluarga besar Dwijendra. Penanaman pohon mangrove, kata Wagub, memberi nilai manfaat ganda bagi masyarakat. Selain untuk pelestarian lingkungan, juga mengandung nilai edukasi yakni pendidikan lingkungan dan sarat dengan nilai kebersamaana yakni gotong royong. Apalagi Badung dan Denpasar memiliki lahan bakau yang kian sempit yakni 1500 hektar.

Dia menekankan program Bali Clean and Green jangan disalahartikan. Clean artinya kita bersama membersihkan sampah-sampah yang menganggu pertumbuhan bakau, dan green berarti menanam kembali. Bali Clean and Green jangan diartikan kita membabat hutan bakau demi kepentingan tertentu seperti fasilitas pariwisata.

Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar, Drs. Ida Bagus Gede Wiyana mengaku tak akan pernah berhenti beryadnya untuk lingkungan. Sebab, apa yang dilakukan keluarga besar Dwijendra adalah yadnya untuk Bali. Menanam dan melestari-kan hutan bakau , kata dia, bagian dari Sad Krettih yakni Wana Krettih. Hanya saja dia berpesan kalau anak sekolah banyak menanam mangrove jangan pihak lain justru mengorbankan hutan bakau demi kepentingan lain. (sue)

TANAM BAKAU - Wagub Puspayoga didampingi Ida Bagus Gede Wiyana menanam pohon bakau di Serangan.

Wagub Puspayoga Bersama Siswa Dwijendra Tanam Pohon Bakau

WALI Kota Denpasar yang juga alumni SMAN 1 Denpasar, Ida Bagus Rai Dharwawijaya Mantra,S.E.M.Si, Sabtu (19/1) lalu menghadiri acara Festifal Karmany Smansa (FKS). Acara dibuka oleh Walikota ditandai dengan pelepasan balon.

Acara FKS tahun 2013 berlangsung semarak hingga pukul 21.00 wita diisi dengan berbagai atraksi seni dan musik dengan bintang tamu. Menurut Ketua Panitia, Made Padma Batiari semua acara berlangsung semarak dengan bintang tamu Nostress.

Kepala SMA 1 Denpasar, Drs. I Nyoman Purnajaya,M.Pd., mengungkapkan dengan event ini Smansa menginginkan tiga target. Pertama, interpreneurship (kewirausahaan) bagaimana mereka menggali dana dan mengelola secara ekonomis de-ngan jalan menjual berbagai atraksi.

Kedua, proses pembelajaran berorgaisasi dan kepem-impinan (leadership). Bagaimana meng-event organizser dan mengkoordinasikan tugas-tugas untuk mencapai tujuan dari FKS. Terakhir, memberikan hiburan dan proses pembe-lajaran mengelola hiburan kepada siswa setelah sehari-hari disibukkan dengan PBM. Termasuk para guru mengajar dan siswa belajar.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra memuji kegiatan FKS ini karena mampu menampilkan bidang kewirausahaan yang bersifat mandiri. Inilah yang dia katakan belajar memandirikan diri. Bahkan Wali Kota memuji Smansa satu-satunya sekolah yang mampu menggelar event seakbar ini hingga perlu digarap secara kontinyu. Apalagi didukung penuh oleh alumni dan komite.

Kberfibenakanjika d i d

WALI Kota Denpasar yang juga alumni SMAN 1 Denpasar, Ida Bagus Rai Dharwawijaya Mantra,S.E.M.Si, Sabtu (19/1) lalu menghadiri acara Festifal Karmany Smansa (FKS). Acara

Wali KotaWali Kota Puji FKS SmansaPuji FKS Smansa

DIRAMAL - Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra saat diramal oleh siswa Smansa di ajang FKS.

Yang menarik, di acara itu Wali Kota juga mencoba salah satu stand ramalan “Taron”. Wali Kota mengatakan anak-anak Smansa berbakat dalam segala hal.

Di FKS ini ada juga dipamerkan berbagai stand kewirausa-haan dari berbagai sektor sesuai kreativitas siswa. Di antaranya ramalan nasib, kuliner, busana, pernak-pernik,dll. (sue)

SISWA SMPN 3 Denpasar yang akrab dengan sebutan Spentri sukses memborong sejumlah gelar dan juara di Olim-piade Mata Pelajaran serangkaian HUT ke- 36 SMAN 3 Den-pasar (Trisma). Tercatat enam siswa berprestasi di ajang itu.

Yang menarik, mereka sukses di ajang akademik dan non akademik. Juara I dan II Gempita Matematika diukir oleh Ida Bagus Gde Sutha Maha Lencana dan juara II oleh Cindy

Laurentia Chandra.IB Sutha Maha Lencana dikenal jagonya matematika. Selain

itu juga pemegang juara III Olimpiade Matematika di Unud. Berarti kualitasnya setara SMA.

Jago matematika lainnya Cindy Laurentia Chandra puas di posisi kedua. Padahal siswa kelas VII-A ini sudah teruji ke-mampuannya di tingkat nasional. Di antaranya meraih perunggu

1 2 3 4 5 6

7

8

10 11

12

14

20

22

21

23

24

17 18 19

13

15 16

9

Mendatar:1. nama bulan; 5. tidak bersuara; 7. rusuk; 8. tanya (Inggris); 9. kuku

(Inggris); 10. alat pemutar sekrup; 13. keluar (Inggris); 14. kompetisi; 17. makanan bulat berkuah; 19. Air Susu Ibu; 20. kita (Inggris); 21. negara kangguru; 22. tanda (Inggris); 23. kata ganti orang kedua; 24. berbuku.

Menurun:1. organ lunak dalam tengkorak; 2. tempat menjual barang; 3.

sepeda (Inggris); 4. arena tinju; 5. genangan air yang luas; 6. nama negara; 11. tidak tetap hati; 12. angan-angan/khayalan; 13. penerangan tradisional; 15. yang ditangkap indra pencium; 16. tindakan/sikap yang dibuat-buat; 18. bintang (Inggris); 19. bulu di atas mata; 20. United States of America.

di NSO antar RSBI di Jateng, juara III matematika di di Undiksha, juara I lomba logika di Unud dan berhak atas piala bergilir Gubernur. Di ajang ICAS di Australia Cindy meraih perak dan menjadi duta Bali di OSN.

Masih di akademis, di LKTI, Ni kadek Adnya Kusumasari, meraih juara III LKTI di Trisma. I Gusti Ngurah Prana Jagannatha meraih juara I di lomba fotografi . Sementara itu Kadek Astri Candra Dewi, siswa kelas VIII-H meraih juara II lomba ICT Com-petition Trisma. Ini prestasi ketiga bagi Astri setelah meraih juara III di Trisma tahun lalu dan juara III di SMK TI Global.

Di non akademis lainnya Putu Astawa, siswa ke-las IX-D berhasil meraih juara II nyurat aksara Bali di Trisma. Sementara itu Kadek Ary Putri Sanjiwani yang juga Ketua OSIS baru Spentri meraih juara II nyurat lontar katagori putri.

Kepala SMPN 3 Denpasar, I Wayan Murdhana,S.Pd., M.Psi., didampingi Wakasek, I Gusti Made Bajra,S.Pd., berterima kasih kepada siswanya yang nyaris setiap hari melahirkan prestasi baru. Sekalipun predikat RSBI sekolah ini dihapus oleh MK, namun ia tetap memberikan pengalaman berlomba bagi anak didiknya. “Model pembinaan tetap berjalan, tanpa RSBI kami bisa berprestasi,” ujarnya. (sue)

PRESTASI - Siswa Spentri yang berprestasi di Trisma bergambar den-gan Wakasek I Gusti Made Bajra dan Pembina I Gede Bagus Sunia.

AMERIKA menggelar Opera-si Cakar Garuda (Eagle Claw) setelah terjadi penyanderaan di Kedutaan AS di Teheran pada 4 November 1979. Misi pembe-basan 54 warga AS itu dilakukan oleh Pasukan Khusus Delta Force dengan persetujuan Presiden Jim-my Carter.

Operasi yang digelar 24 April 1980 itu dibatalkan karena badai pasir serta serangkaian kecela-kaan yang melibatkan pesawat Hercules pengangkut bahan ba-kar dengan helicopter pembawa

ArgoBintang : Ben Affl eck, Alan Arkin, John Goodman, Bryan Cran

ston, Taylor Schilling, Scoot McNairySutradara : Ben Affl eckDistributor : Warner Bros. Pictures Distribution

Film Palsu Dengan Misi Rahasiapasukan. Misi yang menewaskan delapan tentara AS dan 1 warga Iran itu, juga melibatkan kapal in-duk USS Nimitz.

Krisis itu mencapai babak baru setelah mantan pemimpin Iran yang digulingkan Shah meninggal di pengasingan pada 27 Juli 1980. Iran juga dihadapkan pada invasi pasukan Presiden Irak Saddam Hussein dua bulan kemudian.

Iran kemudian sepakat menuju meja perundingan dan dengan bantuan Aljazair, tercapailah pe-

nyelesaian kasus penyanderaan ini. “Perjanjian Aljazair ditandata-ngani beberapa saat setelah Pre-siden baru AS Ronald Reagan di-ambil sumpahnya. Penyanderaan ini berakhir pada 20 Januari 1981 atau setelah berlangsung selama 444 hari.

Namun bukan itu yang menjadi latar belakang fi lm berjudul ‘Argo’ ini. Film arahan sutradara dan pe-main Ben Affl eck justru bercerita tentang sisi lain lain drama penyan-deraan itu.

Saat kejadian ternyata ada serombongan diplomat AS yang berhasil menyelinap keluar dari gedung kedutaan setelah kantor tersebut diserbu pengunjukrasa. Mereka yakni Robert Anders (Tate Donovan), Cora Amburn-Lijek (Clea DuVall), Mark Lijek (Christopher Denham), Joseph Stafford (Scoot McNairy), Kathleen Stafford (Kerry Bishe) dan Lee Schatz (Rory Co-chrane), akhirnya mendapat tempat aman di rumah Duta Besar Kanada Ken Taylor yang diperankan Victor Garber.

Sebelum me-ninggalkan gedung kedutaan mereka sempat menghan-curkan seluruh do-kumen termasuk data tentang ke-beradaan diri me-reka. Hilangnya keenam orang itu membuat petugas kebingung-an dan mereka meng-gabung-gabungkan dokumen yang dihancurkan untuk menge-tahui wajah dan identitas keenam diplomat itu.

Taylor mengirim telegram raha-sia pada pemerintah Kanada untuk diteruskan AS tentang keberadaan enam diplomat itu. Agen rahasia AS (CIA) kemudian membentuk misi penyelamatan mereka selain operasi Cakar Garuda.

Jack O’Donnell (Bryan Cranston) ditunjuk untuk memimpin operasi itu. Dia memilih Tony Mendez (Af-fl eck) yang ahli penyamaran untuk menjalankan operasi itu.

Operasi ini tergolong sulit dan Mendez hampir tak memiliki opsi untuk membawa keenam warga AS itu keluar dari Teheran. Saat dia menelfon anaknya, Mendez me-nyaksikan penggalan fi lm televisi ‘Battle for the Planet of the Apes’ yang kemudian memberinya in-spirasi.

Operasi pembuatan fi lm ‘Argo’ dilakukan dengan menyamarkan keenam diplomat itu sebagai kru fi lm fi ksi ilmiah ala Star Wars yang tengah mencari lokasi pengambil-an gambar di Iran. Mereka semua dirancang menjadi warga Kanada termasuk Mendez sendiri.

Mendez pun bekerjasama de-ngan John Chambers (John Good-man), ahli tata busana Hollywood serta produser Lester Siegel (Alan Arkin) untuk membuat Studio 6 dan memastikan pembuatan fi lm Argo.

Mendez memasuki Iran dan me-minta surat persetujuan dari kantor Kebudayaan untuk membuat fi lm di Iran. Itu menguntungkan di ke-mudian hari karena perwakilan dari kantor itu menyelamatkan Mendez dan keenam diplomat itu dari ke-marahan warga di sebuah pasar.

Dengan memberikan identi-tas baru dan penampilan baru, Mendez dan enam diplomat itu menuju bandara. Operasi itu nyaris batal karena AS juga melakukan operasi mili-ter. Namun Mendez memaksa O’Donnel untuk segera men-carikan tiket penerbangan de-ngan menggunakan masakapai Swissair.

Ketegangan meningkat saat di bandara karena rombongan itu menghadapi serangkaian pemeriksaan termasuk pada petugas keamanan yang curi-ga dengan kepergian mereka. Terlebih, konfi rmasi atas tiket mereka juga terlambat.

Pada saat bersamaan di lain tempat, petugas akhirnya menemukan data dan gambar keenam diplomat itu. Mereka melakukan operasi pencarian termasuk ke kediaman Taylor. Untungnya Taylor dan keluar-ganya telah keluar Iran, se-dangkan pembantunya menuju ke Irak.

Film ini diangkat dari buku ‘The Master of Disguise’ karya Antonio J. Mendez serta ar-tikel majalah Wired ‘The Great Escape’ karya Joshuah Bear-man. Argo yang telah meraih penghargaan Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di Golden Globe, dinominasikan meraih penghargaan Oscar untuk se-jumlah katagori termasuk fi lm terbaik. Namun ‘Argo’ harus menyisihkan ‘Lincoln,’ ‘Life of Pi,’ ‘Armour,’ ‘Silver Linings Playbook,’ ‘Zero Dark Thirthy,’ ‘Beasts of the Southern Wild,’ ‘Django Unchained,’ dan ‘Les Misérables’. (yud)

2. Ni Made Ayu Ardani SMP PGRI 5 Denpasar

17. Tanah18. IPA20. Tali21. Komet22. Agrobisnis

11. Laba12. Akademi14. Lupa16. UN17. Taksi18. It19. Alur

Page 8: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Aktivitas yang Meningkatkan Kemampuan Otak

Memilih Warna Baju

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

98

UNTUK meningkatkan ke-mampuan berpikir ternyata tak perlu kegiatan rumit. Beberapa aktivitas ringan bisa membantu menyegarkan fungsi otak. Ter-lalu lama bekerja sering mem-buat pikiran buntu dan terasa penat. Jika merasa kemam-puan otak menurun, beberapa aktivitas ini bisa membantu kamu.

Duduk Tegak Sepertinya sepele, tapi

postur yang baik bisa membantu kemam-puan berpikir kamu. Bangun dari duduk yang santai ke posisi tegak. Posisi tegak bisa membantu meningkatkan ke-siagaan dan ke-mampuan berpikir lebih baik.

Olahraga Olahraga ringan

dan teratur bisa mem-bantu meningkatkan kin-erja otak. Ketika kita bergerak atau berolahraga, asupan ok-sigen ke otak pun semakin meningkat. Selain baik untuk menyegarkan otak, olahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari juga bisa mem-bantu meningkatkan kemam-puan otak dan melindungi sel otak secara jangka panjang.

Hubungan Sosial Sebuah studi yang dilaku-

kan Harvard School of Public Health, Amerika, menemukan orang dengan kehidupan so-sial yang aktif menunjukkan penurunan memori yang lebih kecil ketimbang orang yang kurang aktif dalam hubungan sosial. Hubungan yang me-

HitamIni adalah warna paling

gelap dari yang lain. Paling cocok bagi kamu yang nggak suka tampil blak-blakan. Karakter misterius terpancar pada kegelapan warna hitam. Kecuali itu, hitam juga sangat representatif untuk sebuah penampilan yang elegan dan seksi. Pink

Warna ini memang identik dengan kesan girly dan feminim. Berkesan lembut dan cukup mewakili perasaan jatuh cinta yang berbunga-bunga. Tidak ada salahnya dinner dengan pacar dengan balutan nuansa soft pink.Merah

Cermin tangguh dan independen. Selain mewakili keberanian dan kemandirian, merah juga sering dipandang sebagai warna seksi dan menggoda.Biru

Mewakili kecerahan dan kenyamanan. Penyuka warna biru biasanya sangat menyukai ketenangan. Bila ingin merasa nyaman dan diterima tanpa harus tampil sangat percaya diri, warna biru bisa menjadu pilihan. Oranye

Perpaduan antara warna kuning dan merah ini identik dengan tipikal orang yang menyukai tantangan dan senang tampil sebagai pusat perhatian. Warna cerahnya juga akan membuat mood kamu naik.Kuning

Warna cerah ini melambangkan

JIKA kamu termasuk orang yang sibuk dengan berbagai macam deadline, mungkin kamu harus jeli untuk mengetahui ma-kanan bergizi apa saja yang bisa kamu konsumsi sebagai cara mengatasi depresi dan mencegah-nya. Kebanyakan orang mengenal penyebab depresi biasanya terja-di karena tekanan baik dalam diri sendiri maupun lingkungan, tapi ternyata depresi juga bisa muncul

Ambil Napas Dalam-dalamSebelum kamu bereaksi dari

situasi yang memancing emosi kamu, ambil waktu sejenak untuk mengambil napas dalam-dalam dan hitung dari 1-10. Memper-lambat reaksi dapat membantu meredakan emosi kamu. Jika perlu, pergi sejenak dari orang-orang yang membuat kamu marah dan ambil tindakan saat amarah mereda. Pikir Sebelum Bicara

Saat emosi memuncak, sa-ngat mudah bagi kamu untuk mengeluarkan kata-kata tak sedap yang bisa kamu sesali nantinya. Ambil beberapa saat untuk menata pikiran kamu sebe-lum mengeluarkan kata-kata. Kalau perlu, sampaikan kepada orang-orang di sekitar bahwa kamu sedang marah dan bu-tuh waktu untuk berpikir sejenak sebelum mengambil keputusan.Selipkan Humor

Amarah memang tidak bisa disembunyikan dari raut muka, tapi dengan sedikit joke yang te-pat, amarah kamu akan mereda seiring cairnya suasana.

Aktivitas yang Meningkatkan Kemampuan Otak

nyenangkan dengan orang lain membuat hidup bahagia sekali-gus menyehatkan otak.

TertawaSaat tertawa, tubuh melepas-

kan hormon endorfin yang mem-bantu menurunkan tingkat stres. Mengurangi stres secara jangka panjang baik untuk kesehatan

otak. Tertawa juga dipercaya bisa membantu membuat seseorang lebih terbuka terhadap ide dan pendapat baru. Mendengarkan cerita

lucu atau melihat se-suatu yang lucu bisa mengaktifkan beberapa bagian otak yang berfungsi

untuk mening-katkan kreatifi-tas dan proses

belajar.

Makan Buah Beberapa

buah memi-liki kandungan yang

baik untuk kesehatan otak. Stroberi atau blueberry memi-liki kandungan anti oksidan tinggi yang baik untuk memperbaiki kerusakan sel pada otak.

Asupan makanan yang baik untuk otak didukung oleh aktivitas yang menstimulasi otak seperti di atas bisa membantu kerja otak menjadi lebih maksimal. Seperti bagian tubuh lainnya otak juga perlu istirahat. Karena itu tidur yang cukup paling tidak 7-8 jam sehari juga bisa membantu me-mulihkan kembali kondisi otak dan memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Selain itu jangan lupa selalu lakukan relaksasi dan ke-giatan yang mengurangi stres un-tuk menjaga kesehatan otak.

PebriyantiSMAN 3 Denpasar

Memilih Warna Baju

Cara Efektif Kendalikan AmarahCatat di Buku

Cobalah luapkan emosi kamu pada sebuah buku. Bukan dengan menyobek buku-buku tersebut, me-lainkan dengan menulis segala ben-tuk ekspresi

kamu pada buku tersebut hingga rasa kesal dan marah berkurang.Dengarkan Musik

Dengarkan musik bernada slow dan harmonis, hal ini bisa membuat kerja otak menjadi stabil. Musik yang tepat dapat membantu pikiran kamu rileks dan memperbaiki mood se-telah mengalami luapan emosi. Ekspresikan dengan Berolahraga

Lakukan olahraga seperti lari, sandsack boxing, atau bodyweight

training untuk meredakan emosi kamu. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat kamu merasa le-bih bahagia dan lebih santai. Tidur

Tidur akan membantu kamu mendapatkan suasana hati yang lebih santai. Selain itu, tidur dapat memulihkan tubuh dan meredakan ketegangan. Orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah marah daripada orang yang cukup tidur. Jika kamu merasa sulit tidur, coba untuk mendengarkan alunan musik instrumental, atau mandi dengan air hangat.Jangan Menyimpan Dendam

Memaafkan adalah alat yang paling ampuh untuk meredam amarah. Jangan pernah menyim-pan dendam terhadap orang yang membuat kamu marah. Jalinlah komunikasi seperti biasa agar hubungan kekerabatan kamu tetap harmonis di masa mendatang.

Komang Tri PramanaTriska

Atasi Depresi Dengan Makanan Bergizidari makanan yang kita konsumsi.

Cara mengatasi depresi ini bisa kamu dapatkan dari beberapa jenis makanan bergizi. Apabila kondisi ke-jiwaan kita berada pada posisi yang stabil, tentunya kita akan merasa lebih nyaman dalam melakukan ak-tivitas. Mencegah depresi bukan saja membuat tubuh kita bekerja lebih optimal, namun lebih dari itu kon-trol diri yang baik bisa memberikan pengaruh positif pada hubungan kita dengan sesama. Berikut ini ada be-berapa makanan bergizi yang bisa kamu gunakan sebagai cara menga-tasi depresi dan mencegahnya.Ikan Salmon

Bahan makanan ini mengan-dung DHA/Asam Lemak Omega 3 yang dikenal sebagai bahan makan-an yang bisa memperbaiki mood sekaligus bisa mencegah depresi dan berkurangnya daya ingat sejalan dengan bertambahnya usia. Meng-konsumsi ikan salmon tentunya akan lebih baik ketimbang mengkonsumsi obat-obatan antidepresan yang me-ngandung bahan kimia yang ber-pengaruh kurang baik bagi organ tubuh.Kacang-kacangan

Makanan dari kacang-kacangan mengandung vitamin E, Arginine

(yang merupakan sejenis asal amino) serta magnesium. Kacang kedelai memiliki indeks glikemiks yang rendah, sehingga ia tidak meningkatkan kadar gula darah secara mendadak yang kerap menyebabkan mood gampang berubah.Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini membantu menurunkan kadar hormon penyebab stress. Apabila kamu rajin mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup, maka kamu akan lebih bisa mengendalikan ber-bagai situasi dengan lebih tenang.Sayur Hijau

Sayur hijau memiliki kandungan azam folat yang mampu melancar-kan aliran darah ke otak. Konsum-silah satu mangkuk sayur berdaun hijau setiap harinya, seperti bayam atau kangkung. Kebiasaan makan makanan bergizi ini bisa membuat kamu terhindar dari depresi.

Nah, ternyata tak perlu biaya mahal kan cara mengatasi depresi? Selain konsumsi makanan bergizi, berpikir positif juga berkontribusi untuk mengoptimalkan kesehatan kita. Ida Ayu Pristina Pidada

SMA PGRI 2 Denpasar

JIKA berencana menambah isi lemari atau tampil gaya dengan koleksi busana

dan aksesori terkini, sembilan fashion item yang bakal jadi tren 2013 ini bisa

jadi pilihannya.1. Sepatu Boot

Sepatu boot yang akan menjadi tren tahun ini bukan boot biasa, melainkan flat b o o t dengan aksen gesper pada

bagian depan. Gaya punk-rock yang edgy ini memberikan

kesan penampilan berani. Kamu bisa memadukannya de-ngan dress vintage untuk mendapatkan penampilan feminin.2. Blus Digital Printing

Konsep penampilan futuristik juga menjadi

tren tahun ini. Kamu bisa mendapatkannya

dari blus digital printing. Padukan dengan jas formal atau celana jeans untuk penampilan kasual.3. Warna Terang Senada

Alih-alih mencari aman dengan atasan dan bawahan serba hitam, tampilkan diri kamu dengan busana warna senada tapi lebih terang untuk atasan dan bawahan.

Penampilan monokromatik akan lebih menarik dengan cara ini.4. Sneaker Metalik

Warna metalik tak hanya berlaku untuk dress atau jaket, tapi juga sepatu. Kamu bisa memadukan gaya feminin-sporty dengan mengenakan sepatu sneaker metalik, padukan dengan skinny jeans dan atasan blus serta jaket bersiluet feminin.5. Clutch Kotak

Clutch berbentuk kotak dengan desain unik menjadi aksesori pilihan untuk 2013. 6. Sweater Berslogan

Pemikiran kamu tentang isu tertentu bisa disuarakan melalui busana. Sweater bertuliskan slogan tertentu yang menjadi bentuk pernyataan sikap kamu bakal jadi tren tahun ini.7. Kalung Besar

Pakai kalung warna emas berukuran besar dengan desain unik untuk mewakili gaya urban yang jadi tren 2013.8. Racer-front Dress

Berani tampil seksi juga jadi tren tahun ini. Dress seksi model racer-front menjadi pilihannya.9. Gelang Cuff

Gaya ladylike lebih lengkap dengan gelang cuff berwarna berani. Aksesori simpel ini bakal bikin penampilan kamu lebih memukau.

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

BERAGAM lomba akademis, seni maupun olah raga, senantiasa digelar serangkaian hari jadi SMAN 3 Denpasar tiap tahun. Menurut Ketua Panitia HUT ke-36 Trisma I Wayan Suana, S.Pd., untuk tahun ini lomba yang digelar selain melibatkan intern siswa SMAN 3 Denpasar, juga siswa SMP, SMA maupun SMK se-Bali untuk menjaring siswa berprestasi.

Lomba yang mendapat sambutan antusias siswa SMP, SMA dan SMK se-Bali itu meliputi 3 On 3 Trisma Basketball, lomba poster, fotografi, Utsawa Dharma Gita dan aksara Bali, gempita sains, kompetisi bahasa Inggris, karya tulis ilmiah, makendang tunggal dan ICT Competition.

Melalui seleksi yang cukup ketat dan kompetitif, untuk lomba Gempita Sains, dimenangkan Cindy Wifayani (SMP Cipta Dharma, Denpasar), Putu Agastya Satryana (SMPN 1 Denpasar) dan I Nyoman Tri Pramartha (SMPN 1 Kuta). Gempita matematika dimenangkan Ida Bagus Gde Sutha Maha Lencana (SMPN 3 Denpasar). Cindy Laurentia Chandra (SMPN 3 Denpasar) dan Dian Cordana Sanjaya (SMPN 1 Negara).

Pemenang english olympiad Ida bagus Kresnasandi (SMP Rajyamuna, Denpasar), Komang Alit Arta Wiguna (SMPN 1 Negara) dan I Gusti Agung Ngurah Dicky H. (SMPN 2 Denpasar). Lomba fotografi yang mengusung tema Denpasar Bersih dimenangkan I Gusti Ngurah Prana Jangannatha (SMPN 3 Denpasar) dengan judul foto Membersihkan Kota., Ni Kadek Winda Suvira Dewi (SMPN 12 Denpasar) dengan judul foto Jaga Kebersihan Sanur dan foto berjudul Patung di Tengah Kota karya I Wayan Angga Raditya (SMP Harapan Nusantara, Denpasar) menempati posisi ketiga.

Lomba poster dimenangkan Ni Kadek danis Lisyaningsih (SMAN 4 Denpasar), Rara Candita (SMAN 4 Denpasar) dan Putu P. Wrestra Sari Dewi (SMAN 8 Denpasar). Lomba karya ilmiah (IPA) pemenangnya : Kadek Anindya Pradnya Putri (SMPN 1 Denpasar), Ni Luh Devi Kusuma Wati (SMP Nusa Dua Badung), Ni Kadek Adnya Kusuma Sari (SMPN 3 Denpasar. Lomba Karya ilmiah IPS dimenangkan Ni Putu Rila Aris Tariana (SMP (SLUB) Saraswati, Denpasar, Ni Luh Made Mirah Rahayu (SMPN 2 Denpasar), A.A. Made Desni Sensini (SMP (SLUB) Saraswati,

Denpasar. Juri lomba makendang tunggal

masing-masing I Ketut Gede Rudta, S.Sn, A.A. Putra dan I Ketut Suarjana, S.Sn., menetapkan I Gede Putera Bagaswara (SMPN 1 Denpasar) sebagai juara pertama, I Nyoman Adi Swarna (SMPN 10 Denpasar) juara dua dan posisi ketiga Made Janhar Winatha Gautama (SMPN 1 Denpasar).

Pemenang lomba ICT Competition : I Wayan dede Krisna (SMP Cipta Dharma Denpasar), Kadek Astri Candra Dewi. (SMPN 3 Denpasar) dan Oliver Delano (SMPN 9 Denpasar). Khusus untuk intern siswa SMAN 3 Denpasar digelar lomba daur ulang barang bekas dan profil ekskul. Ekskul Madyapadma, KIR dan Voice of Generation (VOG) ditetapkan juri sebagai juara. (ast)

Suwartini, satu-satunya pegawai yang tahun ini pensiun.

Kepala SMAN 3 Denpasar Drs. Ketut Suyastra, didamping Ketua Komite Ir.. Ida Bagus Putu Bintana memberikan penghargaan, sekaligus mengucapkan selamat berkumpul kembali dengan kelurga dan terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya selama bergabung menjadi keluarga besar SMAN 3 Denpasar. “Sudah menjadi tradisi bagi guru-guru maupun pegawai yang pensiun mendapat penghargaan berupa cinderamata, sebagai bentuk terima kasih atas pengabdiannya selama ini,” ujar Kasek Suyastra.

Pada kesempatan itu Kasek Suyastra juga menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi. Ada 64 siswa berprestasi di bidang akademis, seni maupun olah raga, yang menerima penghargaan dari sekolah.

Para siswa yang menerima penghargaan itu I Gusti Ngurah Adi Wicaksana, Luh Putu Ratih Kumala Dewi, Reisa Pratiwi, Erika Suciari, Gusti Ayiu Indah Lestari, I Dewa Ayu Sudiari Dewi, I Putu Eka Sucipta Dewi, Crisna Wijaya, Ari Anindita, Ni Luh Sinta Suryani, Sumi Arcani, Wicitra Winansari, Adi Radha Iswara, Devianto, Putu Yukti Pradnyanita, Intan Kartika Dewi, Luh Gede Febby, Arisaswari, Ida Ayu Agung Saraswati, Mawi Ariwati, Wira Bhuana Putra, Triadhi Wisesa, Triyana Usadhi, A.A. Gede Ari Paramartha, Adnya Sawitri,

Apriana Sucipta, Gena Utari, Ida Ayu Ketut Julya Arcani, Merry Sukma Sasmita, Ni Ketut Suastini Narada, Putu Ayu Suasti Dewi, Yudi Setiyadi, Deliana Tuesdayanti, I Made Suryadharmika, Indah Dianti Putri, Indah Purnamawati, Kompiang Ratna Dewi,Nadia Rastafary, Ni Made Wedayani, Tika Kumara, Tria Nareswari, Wawan Suryawan, Pradita, Dhrti Indriyani Sukadana, Rai Raditya, I Gusti Agung Bagus Candrastika, Oger Vihikan, Esa Naranata Dewi, I Gede Dalem Elang Erlangga, Ida Ayu Made Widiantari, Nesa Nirma Mudianti, Ni Made Rasmi Himawari, Ryan Andhita Febbriana, Tara Anggita Indyaswari, Wahyudi Wijaya, A.A. Abiyoga, Hendrawan Dwi Saputra, I Gusti Ngurah Agung Suyasa Swambhawa, I Gusti Bagus Angga Wiguna, I Putu Gede Sumantri W.P., Laura Apriana, Made Mega Pratiwi, Oka Sri Indah Lestari, Putu Gede Satrya Adi P dan Rina Sandra Dewi.

Selain siswa berprestasi yang menerima penghargaan, guru-guru pun menerima penghargaan atas prestasinya membina para siswa yang sukses menorehkan pretasi terbaiknya di tingkat Kota Denpasar, Provinsi Bali maupun tingkat nasional. Kesemarakan puncak HUT ke-36 Trisma menjadi main seru dengan penampilan pantomin berjudul “Datang & Pergi Untuk Sebuah Cita-Cita” oleh anak-anak Teater Tiga dan cheerleader pocahontas. (ast)

KESEDERHANAAN sepertinya benar-benar sudah menjadi tradisi yang mengakar di SMAN 3 Denpasar. Termasuk dalam peringatan puncak HUT ke-36 Kamis (17/1) lalu. Trisma yang menjungjung tinggi kedisiplinan, kesederhanaan, kekeluargaan dan kebersamaan itu, memperingati puncak hari jadinya dengan melaksanakan sembahyang bersama.

Langit Kota Denpasar yang biasanya mendung dan turun hujan, saat itu lagit sangat cerah. Pelaksanaan persembahyangan pun berjalan dengan lancar dan tertib. Tradisi lainnya yang

sampai saat ini tetap dipertahankan, dengan memberikan penghargaan kepada guru dan pegawai yang telah memasuki masa purna bakti alias pensiun.

Pada puncak HUT ke-36 Trisma tahun ini, ada tiga guru dan seorang pegawai yang telah mengakhiri masa tugasnya di SMAN 3 Denpasar. Ketiga guru yang memasuki masa purna bakti itu yaitu Drs. I Made Badrawan, M.Pd., Lora Siringo-ringo, S.Pd. dan Drs. Dewa Nyoman Jaya.

Menariknya ketiga guru yang pensiun itu, ketiganya mengajar bidang studi bahasa Inggris. Sedangkan Ni Nyoman

ADA yang istimewa pada peringatan HUT ke-36 SMAN 3 Denpasar tahun ini. Sebuah buku berjudul “Mereka Bicara Trisma” diterbitkan Madyapadma Jornalistic Park. Buku yang ditulis anak-anak ekskul jurnalistik Madyapadma ini, menulis 137 pendapat, pujian maupun harapan dari berbagai kalangan untuk SMAN 3 Denpasar. Untuk mendapatkan pendapat dari nara sumber, penulis-penulis belia pun diturunkan ke lapangan.

Menariknya, narasumber itu ada yang mantan menteri sampai dagang suun, yang menjadi langganan anak-anak Trisma. Penulis-penulis muda yang punya andil besar terwujudnya buku “Mereka Bicara Trisma” yakni Adnya Sawitri, Adi Wiguna, Asti, Novi, Adi Sukariawan, Bagus Kresna,Prana, Sri Utami, Dinary, Reninda, Mawi, Yogiswara, Adnya Swari, Gung Mas, Febri, Mutya, Elang, Hemma, Nala, Nurul, Nadia,

MP “Launching” Buku“Mereka Bicara Trisma”

Chintya, Indah Dianti, Gena, Indah Sayta, Anisca, Sinta, Kopang, Dayu Arik, Shinta Prasista, Adi Prabawa, Tara I.B. Satya, Natha, Yana, Govinda, Nandini, Abhi, Tarate, Phala, Nur Ariatami, Tami, Inal, Krisna, Nugraheni, Radha Swari, Dinda dan Rahma. Layout dipercayakan kepada I Gusti Agung Made Yogiswara, desain sampul I Gusti Ngurah Adi Wicaksana dan editor I Wayan Ananta Wijaya, yang juga pembina ekskul Madyapadma.

Kepala SMAN 3 Denpasar Drs Ketut Suyastra. M.Pd., menyampikan puji syukur dengan terbitnya buku “Mereka Bicara Trisma”. Mereka bicara tentang Trisma yang didasari kecintaan dan kepedulian. Buku tersebut tentu sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kejayaan Trisma.

“Kita harus terbiasa dengan pendapat maupun kritikan. Bukan sebaliknya terbiasa dengan pujian, yang tak jarang menyesatkan dan menjerumuskan,” ujarnya.

Pendapat senada disampaikan Ketua Komite SMAN 3 Denpasar Ir. Ida Bagus Putu Bintana. Alumni SMAN 3 Denpasar ini. Ada ungkapan puitis disampaikan Ida Bagus Putu Bintana, jika sebuah penghargaan dan pengharapan akan lebih jernih bila diutarakan oleh mereka yangmenjaga jarak terhadap apa yang mereka berikan penghargaan. Bagaimana pun pendapat tentang Trisma ini sebuah kejujuran dan kejernihan hati. “Kejujuran dan kejernihan hati sebagai pentuk kepedulian dan kecintaan terhadap

yang juga mantan Menteri Lingkungan Hiudp. Dr. I Dewa Gede Palguna, S.H., M.H, mantan Hakim Konstitusi RI dan sederet tokoh-tokoh penting dari berbagai kalangan, profesi maupun praktisi. Uniknya lagi, petugas kebersihan, dagang suun keliling pun berhak dan mendapat kesempatan bicara tentang Trisma. Salah satunya Ni Luh Made Resi, dagang suun keliling, yang sering “transit” menjuala berbagai buah segar maupun panganan tradisional di SMAN 3 Denpasar. (ast)

Siswa dan Guru Berprestasi Terima Penghargaan

SMAN 3 Denpasar,” katanya.

Tantangan terberat bagaiamana men-jaga Trisma dengan penuh kesadaran, tetap berpijak pada empat pilar Trisma, kedisiplinan, kebersamaan, ke-keluargaan dan kesederhanaan.

Sejumlah tokoh penting pun urun pendapat dalam buku “Mereka Bicara Trisma”. Sebut saja Emil Salim, Dewan Pembina KEHATI

Bersaing Dalam PotensiMenjaring Siswa Berprestasi

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

kecerdasan dan intelektual yang tinggi. Kuning juga sering diidentikkan dengan warna outdoor. Penyuka warna ini seorang yang optimis, tangguh, dan tahan banting.Putih

Semua orang tahu warna satu ini identik dengan suci dan bersih. Putih juga termasuk warna paling aman selain hitam, karena bisa dipadu dengan segala warna. Bila kamu orang yang penuh pertimbangan, pasti sebagian besar isi lemari pakaian kamu terdiri dari warna ini.Hijau

Sangat identik dengan alam dan segala yang berbau natural. Penggemar warna ini adalah

penyuka hal-hal yang natural

dan pencinta kedamaian.

Siska PratiwiSMP

Dwijendra

Page 9: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Aktivitas yang Meningkatkan Kemampuan Otak

Memilih Warna Baju

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

98

UNTUK meningkatkan ke-mampuan berpikir ternyata tak perlu kegiatan rumit. Beberapa aktivitas ringan bisa membantu menyegarkan fungsi otak. Ter-lalu lama bekerja sering mem-buat pikiran buntu dan terasa penat. Jika merasa kemam-puan otak menurun, beberapa aktivitas ini bisa membantu kamu.

Duduk Tegak Sepertinya sepele, tapi

postur yang baik bisa membantu kemam-puan berpikir kamu. Bangun dari duduk yang santai ke posisi tegak. Posisi tegak bisa membantu meningkatkan ke-siagaan dan ke-mampuan berpikir lebih baik.

Olahraga Olahraga ringan

dan teratur bisa mem-bantu meningkatkan kin-erja otak. Ketika kita bergerak atau berolahraga, asupan ok-sigen ke otak pun semakin meningkat. Selain baik untuk menyegarkan otak, olahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari juga bisa mem-bantu meningkatkan kemam-puan otak dan melindungi sel otak secara jangka panjang.

Hubungan Sosial Sebuah studi yang dilaku-

kan Harvard School of Public Health, Amerika, menemukan orang dengan kehidupan so-sial yang aktif menunjukkan penurunan memori yang lebih kecil ketimbang orang yang kurang aktif dalam hubungan sosial. Hubungan yang me-

HitamIni adalah warna paling

gelap dari yang lain. Paling cocok bagi kamu yang nggak suka tampil blak-blakan. Karakter misterius terpancar pada kegelapan warna hitam. Kecuali itu, hitam juga sangat representatif untuk sebuah penampilan yang elegan dan seksi. Pink

Warna ini memang identik dengan kesan girly dan feminim. Berkesan lembut dan cukup mewakili perasaan jatuh cinta yang berbunga-bunga. Tidak ada salahnya dinner dengan pacar dengan balutan nuansa soft pink.Merah

Cermin tangguh dan independen. Selain mewakili keberanian dan kemandirian, merah juga sering dipandang sebagai warna seksi dan menggoda.Biru

Mewakili kecerahan dan kenyamanan. Penyuka warna biru biasanya sangat menyukai ketenangan. Bila ingin merasa nyaman dan diterima tanpa harus tampil sangat percaya diri, warna biru bisa menjadu pilihan. Oranye

Perpaduan antara warna kuning dan merah ini identik dengan tipikal orang yang menyukai tantangan dan senang tampil sebagai pusat perhatian. Warna cerahnya juga akan membuat mood kamu naik.Kuning

Warna cerah ini melambangkan

JIKA kamu termasuk orang yang sibuk dengan berbagai macam deadline, mungkin kamu harus jeli untuk mengetahui ma-kanan bergizi apa saja yang bisa kamu konsumsi sebagai cara mengatasi depresi dan mencegah-nya. Kebanyakan orang mengenal penyebab depresi biasanya terja-di karena tekanan baik dalam diri sendiri maupun lingkungan, tapi ternyata depresi juga bisa muncul

Ambil Napas Dalam-dalamSebelum kamu bereaksi dari

situasi yang memancing emosi kamu, ambil waktu sejenak untuk mengambil napas dalam-dalam dan hitung dari 1-10. Memper-lambat reaksi dapat membantu meredakan emosi kamu. Jika perlu, pergi sejenak dari orang-orang yang membuat kamu marah dan ambil tindakan saat amarah mereda. Pikir Sebelum Bicara

Saat emosi memuncak, sa-ngat mudah bagi kamu untuk mengeluarkan kata-kata tak sedap yang bisa kamu sesali nantinya. Ambil beberapa saat untuk menata pikiran kamu sebe-lum mengeluarkan kata-kata. Kalau perlu, sampaikan kepada orang-orang di sekitar bahwa kamu sedang marah dan bu-tuh waktu untuk berpikir sejenak sebelum mengambil keputusan.Selipkan Humor

Amarah memang tidak bisa disembunyikan dari raut muka, tapi dengan sedikit joke yang te-pat, amarah kamu akan mereda seiring cairnya suasana.

Aktivitas yang Meningkatkan Kemampuan Otak

nyenangkan dengan orang lain membuat hidup bahagia sekali-gus menyehatkan otak.

TertawaSaat tertawa, tubuh melepas-

kan hormon endorfin yang mem-bantu menurunkan tingkat stres. Mengurangi stres secara jangka panjang baik untuk kesehatan

otak. Tertawa juga dipercaya bisa membantu membuat seseorang lebih terbuka terhadap ide dan pendapat baru. Mendengarkan cerita

lucu atau melihat se-suatu yang lucu bisa mengaktifkan beberapa bagian otak yang berfungsi

untuk mening-katkan kreatifi-tas dan proses

belajar.

Makan Buah Beberapa

buah memi-liki kandungan yang

baik untuk kesehatan otak. Stroberi atau blueberry memi-liki kandungan anti oksidan tinggi yang baik untuk memperbaiki kerusakan sel pada otak.

Asupan makanan yang baik untuk otak didukung oleh aktivitas yang menstimulasi otak seperti di atas bisa membantu kerja otak menjadi lebih maksimal. Seperti bagian tubuh lainnya otak juga perlu istirahat. Karena itu tidur yang cukup paling tidak 7-8 jam sehari juga bisa membantu me-mulihkan kembali kondisi otak dan memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Selain itu jangan lupa selalu lakukan relaksasi dan ke-giatan yang mengurangi stres un-tuk menjaga kesehatan otak.

PebriyantiSMAN 3 Denpasar

Memilih Warna Baju

Cara Efektif Kendalikan AmarahCatat di Buku

Cobalah luapkan emosi kamu pada sebuah buku. Bukan dengan menyobek buku-buku tersebut, me-lainkan dengan menulis segala ben-tuk ekspresi

kamu pada buku tersebut hingga rasa kesal dan marah berkurang.Dengarkan Musik

Dengarkan musik bernada slow dan harmonis, hal ini bisa membuat kerja otak menjadi stabil. Musik yang tepat dapat membantu pikiran kamu rileks dan memperbaiki mood se-telah mengalami luapan emosi. Ekspresikan dengan Berolahraga

Lakukan olahraga seperti lari, sandsack boxing, atau bodyweight

training untuk meredakan emosi kamu. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat kamu merasa le-bih bahagia dan lebih santai. Tidur

Tidur akan membantu kamu mendapatkan suasana hati yang lebih santai. Selain itu, tidur dapat memulihkan tubuh dan meredakan ketegangan. Orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah marah daripada orang yang cukup tidur. Jika kamu merasa sulit tidur, coba untuk mendengarkan alunan musik instrumental, atau mandi dengan air hangat.Jangan Menyimpan Dendam

Memaafkan adalah alat yang paling ampuh untuk meredam amarah. Jangan pernah menyim-pan dendam terhadap orang yang membuat kamu marah. Jalinlah komunikasi seperti biasa agar hubungan kekerabatan kamu tetap harmonis di masa mendatang.

Komang Tri PramanaTriska

Atasi Depresi Dengan Makanan Bergizidari makanan yang kita konsumsi.

Cara mengatasi depresi ini bisa kamu dapatkan dari beberapa jenis makanan bergizi. Apabila kondisi ke-jiwaan kita berada pada posisi yang stabil, tentunya kita akan merasa lebih nyaman dalam melakukan ak-tivitas. Mencegah depresi bukan saja membuat tubuh kita bekerja lebih optimal, namun lebih dari itu kon-trol diri yang baik bisa memberikan pengaruh positif pada hubungan kita dengan sesama. Berikut ini ada be-berapa makanan bergizi yang bisa kamu gunakan sebagai cara menga-tasi depresi dan mencegahnya.Ikan Salmon

Bahan makanan ini mengan-dung DHA/Asam Lemak Omega 3 yang dikenal sebagai bahan makan-an yang bisa memperbaiki mood sekaligus bisa mencegah depresi dan berkurangnya daya ingat sejalan dengan bertambahnya usia. Meng-konsumsi ikan salmon tentunya akan lebih baik ketimbang mengkonsumsi obat-obatan antidepresan yang me-ngandung bahan kimia yang ber-pengaruh kurang baik bagi organ tubuh.Kacang-kacangan

Makanan dari kacang-kacangan mengandung vitamin E, Arginine

(yang merupakan sejenis asal amino) serta magnesium. Kacang kedelai memiliki indeks glikemiks yang rendah, sehingga ia tidak meningkatkan kadar gula darah secara mendadak yang kerap menyebabkan mood gampang berubah.Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini membantu menurunkan kadar hormon penyebab stress. Apabila kamu rajin mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup, maka kamu akan lebih bisa mengendalikan ber-bagai situasi dengan lebih tenang.Sayur Hijau

Sayur hijau memiliki kandungan azam folat yang mampu melancar-kan aliran darah ke otak. Konsum-silah satu mangkuk sayur berdaun hijau setiap harinya, seperti bayam atau kangkung. Kebiasaan makan makanan bergizi ini bisa membuat kamu terhindar dari depresi.

Nah, ternyata tak perlu biaya mahal kan cara mengatasi depresi? Selain konsumsi makanan bergizi, berpikir positif juga berkontribusi untuk mengoptimalkan kesehatan kita. Ida Ayu Pristina Pidada

SMA PGRI 2 Denpasar

JIKA berencana menambah isi lemari atau tampil gaya dengan koleksi busana

dan aksesori terkini, sembilan fashion item yang bakal jadi tren 2013 ini bisa

jadi pilihannya.1. Sepatu Boot

Sepatu boot yang akan menjadi tren tahun ini bukan boot biasa, melainkan flat b o o t dengan aksen gesper pada

bagian depan. Gaya punk-rock yang edgy ini memberikan

kesan penampilan berani. Kamu bisa memadukannya de-ngan dress vintage untuk mendapatkan penampilan feminin.2. Blus Digital Printing

Konsep penampilan futuristik juga menjadi

tren tahun ini. Kamu bisa mendapatkannya

dari blus digital printing. Padukan dengan jas formal atau celana jeans untuk penampilan kasual.3. Warna Terang Senada

Alih-alih mencari aman dengan atasan dan bawahan serba hitam, tampilkan diri kamu dengan busana warna senada tapi lebih terang untuk atasan dan bawahan.

Penampilan monokromatik akan lebih menarik dengan cara ini.4. Sneaker Metalik

Warna metalik tak hanya berlaku untuk dress atau jaket, tapi juga sepatu. Kamu bisa memadukan gaya feminin-sporty dengan mengenakan sepatu sneaker metalik, padukan dengan skinny jeans dan atasan blus serta jaket bersiluet feminin.5. Clutch Kotak

Clutch berbentuk kotak dengan desain unik menjadi aksesori pilihan untuk 2013. 6. Sweater Berslogan

Pemikiran kamu tentang isu tertentu bisa disuarakan melalui busana. Sweater bertuliskan slogan tertentu yang menjadi bentuk pernyataan sikap kamu bakal jadi tren tahun ini.7. Kalung Besar

Pakai kalung warna emas berukuran besar dengan desain unik untuk mewakili gaya urban yang jadi tren 2013.8. Racer-front Dress

Berani tampil seksi juga jadi tren tahun ini. Dress seksi model racer-front menjadi pilihannya.9. Gelang Cuff

Gaya ladylike lebih lengkap dengan gelang cuff berwarna berani. Aksesori simpel ini bakal bikin penampilan kamu lebih memukau.

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

BERAGAM lomba akademis, seni maupun olah raga, senantiasa digelar serangkaian hari jadi SMAN 3 Denpasar tiap tahun. Menurut Ketua Panitia HUT ke-36 Trisma I Wayan Suana, S.Pd., untuk tahun ini lomba yang digelar selain melibatkan intern siswa SMAN 3 Denpasar, juga siswa SMP, SMA maupun SMK se-Bali untuk menjaring siswa berprestasi.

Lomba yang mendapat sambutan antusias siswa SMP, SMA dan SMK se-Bali itu meliputi 3 On 3 Trisma Basketball, lomba poster, fotografi, Utsawa Dharma Gita dan aksara Bali, gempita sains, kompetisi bahasa Inggris, karya tulis ilmiah, makendang tunggal dan ICT Competition.

Melalui seleksi yang cukup ketat dan kompetitif, untuk lomba Gempita Sains, dimenangkan Cindy Wifayani (SMP Cipta Dharma, Denpasar), Putu Agastya Satryana (SMPN 1 Denpasar) dan I Nyoman Tri Pramartha (SMPN 1 Kuta). Gempita matematika dimenangkan Ida Bagus Gde Sutha Maha Lencana (SMPN 3 Denpasar). Cindy Laurentia Chandra (SMPN 3 Denpasar) dan Dian Cordana Sanjaya (SMPN 1 Negara).

Pemenang english olympiad Ida bagus Kresnasandi (SMP Rajyamuna, Denpasar), Komang Alit Arta Wiguna (SMPN 1 Negara) dan I Gusti Agung Ngurah Dicky H. (SMPN 2 Denpasar). Lomba fotografi yang mengusung tema Denpasar Bersih dimenangkan I Gusti Ngurah Prana Jangannatha (SMPN 3 Denpasar) dengan judul foto Membersihkan Kota., Ni Kadek Winda Suvira Dewi (SMPN 12 Denpasar) dengan judul foto Jaga Kebersihan Sanur dan foto berjudul Patung di Tengah Kota karya I Wayan Angga Raditya (SMP Harapan Nusantara, Denpasar) menempati posisi ketiga.

Lomba poster dimenangkan Ni Kadek danis Lisyaningsih (SMAN 4 Denpasar), Rara Candita (SMAN 4 Denpasar) dan Putu P. Wrestra Sari Dewi (SMAN 8 Denpasar). Lomba karya ilmiah (IPA) pemenangnya : Kadek Anindya Pradnya Putri (SMPN 1 Denpasar), Ni Luh Devi Kusuma Wati (SMP Nusa Dua Badung), Ni Kadek Adnya Kusuma Sari (SMPN 3 Denpasar. Lomba Karya ilmiah IPS dimenangkan Ni Putu Rila Aris Tariana (SMP (SLUB) Saraswati, Denpasar, Ni Luh Made Mirah Rahayu (SMPN 2 Denpasar), A.A. Made Desni Sensini (SMP (SLUB) Saraswati,

Denpasar. Juri lomba makendang tunggal

masing-masing I Ketut Gede Rudta, S.Sn, A.A. Putra dan I Ketut Suarjana, S.Sn., menetapkan I Gede Putera Bagaswara (SMPN 1 Denpasar) sebagai juara pertama, I Nyoman Adi Swarna (SMPN 10 Denpasar) juara dua dan posisi ketiga Made Janhar Winatha Gautama (SMPN 1 Denpasar).

Pemenang lomba ICT Competition : I Wayan dede Krisna (SMP Cipta Dharma Denpasar), Kadek Astri Candra Dewi. (SMPN 3 Denpasar) dan Oliver Delano (SMPN 9 Denpasar). Khusus untuk intern siswa SMAN 3 Denpasar digelar lomba daur ulang barang bekas dan profil ekskul. Ekskul Madyapadma, KIR dan Voice of Generation (VOG) ditetapkan juri sebagai juara. (ast)

Suwartini, satu-satunya pegawai yang tahun ini pensiun.

Kepala SMAN 3 Denpasar Drs. Ketut Suyastra, didamping Ketua Komite Ir.. Ida Bagus Putu Bintana memberikan penghargaan, sekaligus mengucapkan selamat berkumpul kembali dengan kelurga dan terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya selama bergabung menjadi keluarga besar SMAN 3 Denpasar. “Sudah menjadi tradisi bagi guru-guru maupun pegawai yang pensiun mendapat penghargaan berupa cinderamata, sebagai bentuk terima kasih atas pengabdiannya selama ini,” ujar Kasek Suyastra.

Pada kesempatan itu Kasek Suyastra juga menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi. Ada 64 siswa berprestasi di bidang akademis, seni maupun olah raga, yang menerima penghargaan dari sekolah.

Para siswa yang menerima penghargaan itu I Gusti Ngurah Adi Wicaksana, Luh Putu Ratih Kumala Dewi, Reisa Pratiwi, Erika Suciari, Gusti Ayiu Indah Lestari, I Dewa Ayu Sudiari Dewi, I Putu Eka Sucipta Dewi, Crisna Wijaya, Ari Anindita, Ni Luh Sinta Suryani, Sumi Arcani, Wicitra Winansari, Adi Radha Iswara, Devianto, Putu Yukti Pradnyanita, Intan Kartika Dewi, Luh Gede Febby, Arisaswari, Ida Ayu Agung Saraswati, Mawi Ariwati, Wira Bhuana Putra, Triadhi Wisesa, Triyana Usadhi, A.A. Gede Ari Paramartha, Adnya Sawitri,

Apriana Sucipta, Gena Utari, Ida Ayu Ketut Julya Arcani, Merry Sukma Sasmita, Ni Ketut Suastini Narada, Putu Ayu Suasti Dewi, Yudi Setiyadi, Deliana Tuesdayanti, I Made Suryadharmika, Indah Dianti Putri, Indah Purnamawati, Kompiang Ratna Dewi,Nadia Rastafary, Ni Made Wedayani, Tika Kumara, Tria Nareswari, Wawan Suryawan, Pradita, Dhrti Indriyani Sukadana, Rai Raditya, I Gusti Agung Bagus Candrastika, Oger Vihikan, Esa Naranata Dewi, I Gede Dalem Elang Erlangga, Ida Ayu Made Widiantari, Nesa Nirma Mudianti, Ni Made Rasmi Himawari, Ryan Andhita Febbriana, Tara Anggita Indyaswari, Wahyudi Wijaya, A.A. Abiyoga, Hendrawan Dwi Saputra, I Gusti Ngurah Agung Suyasa Swambhawa, I Gusti Bagus Angga Wiguna, I Putu Gede Sumantri W.P., Laura Apriana, Made Mega Pratiwi, Oka Sri Indah Lestari, Putu Gede Satrya Adi P dan Rina Sandra Dewi.

Selain siswa berprestasi yang menerima penghargaan, guru-guru pun menerima penghargaan atas prestasinya membina para siswa yang sukses menorehkan pretasi terbaiknya di tingkat Kota Denpasar, Provinsi Bali maupun tingkat nasional. Kesemarakan puncak HUT ke-36 Trisma menjadi main seru dengan penampilan pantomin berjudul “Datang & Pergi Untuk Sebuah Cita-Cita” oleh anak-anak Teater Tiga dan cheerleader pocahontas. (ast)

KESEDERHANAAN sepertinya benar-benar sudah menjadi tradisi yang mengakar di SMAN 3 Denpasar. Termasuk dalam peringatan puncak HUT ke-36 Kamis (17/1) lalu. Trisma yang menjungjung tinggi kedisiplinan, kesederhanaan, kekeluargaan dan kebersamaan itu, memperingati puncak hari jadinya dengan melaksanakan sembahyang bersama.

Langit Kota Denpasar yang biasanya mendung dan turun hujan, saat itu lagit sangat cerah. Pelaksanaan persembahyangan pun berjalan dengan lancar dan tertib. Tradisi lainnya yang

sampai saat ini tetap dipertahankan, dengan memberikan penghargaan kepada guru dan pegawai yang telah memasuki masa purna bakti alias pensiun.

Pada puncak HUT ke-36 Trisma tahun ini, ada tiga guru dan seorang pegawai yang telah mengakhiri masa tugasnya di SMAN 3 Denpasar. Ketiga guru yang memasuki masa purna bakti itu yaitu Drs. I Made Badrawan, M.Pd., Lora Siringo-ringo, S.Pd. dan Drs. Dewa Nyoman Jaya.

Menariknya ketiga guru yang pensiun itu, ketiganya mengajar bidang studi bahasa Inggris. Sedangkan Ni Nyoman

ADA yang istimewa pada peringatan HUT ke-36 SMAN 3 Denpasar tahun ini. Sebuah buku berjudul “Mereka Bicara Trisma” diterbitkan Madyapadma Jornalistic Park. Buku yang ditulis anak-anak ekskul jurnalistik Madyapadma ini, menulis 137 pendapat, pujian maupun harapan dari berbagai kalangan untuk SMAN 3 Denpasar. Untuk mendapatkan pendapat dari nara sumber, penulis-penulis belia pun diturunkan ke lapangan.

Menariknya, narasumber itu ada yang mantan menteri sampai dagang suun, yang menjadi langganan anak-anak Trisma. Penulis-penulis muda yang punya andil besar terwujudnya buku “Mereka Bicara Trisma” yakni Adnya Sawitri, Adi Wiguna, Asti, Novi, Adi Sukariawan, Bagus Kresna,Prana, Sri Utami, Dinary, Reninda, Mawi, Yogiswara, Adnya Swari, Gung Mas, Febri, Mutya, Elang, Hemma, Nala, Nurul, Nadia,

MP “Launching” Buku“Mereka Bicara Trisma”

Chintya, Indah Dianti, Gena, Indah Sayta, Anisca, Sinta, Kopang, Dayu Arik, Shinta Prasista, Adi Prabawa, Tara I.B. Satya, Natha, Yana, Govinda, Nandini, Abhi, Tarate, Phala, Nur Ariatami, Tami, Inal, Krisna, Nugraheni, Radha Swari, Dinda dan Rahma. Layout dipercayakan kepada I Gusti Agung Made Yogiswara, desain sampul I Gusti Ngurah Adi Wicaksana dan editor I Wayan Ananta Wijaya, yang juga pembina ekskul Madyapadma.

Kepala SMAN 3 Denpasar Drs Ketut Suyastra. M.Pd., menyampikan puji syukur dengan terbitnya buku “Mereka Bicara Trisma”. Mereka bicara tentang Trisma yang didasari kecintaan dan kepedulian. Buku tersebut tentu sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kejayaan Trisma.

“Kita harus terbiasa dengan pendapat maupun kritikan. Bukan sebaliknya terbiasa dengan pujian, yang tak jarang menyesatkan dan menjerumuskan,” ujarnya.

Pendapat senada disampaikan Ketua Komite SMAN 3 Denpasar Ir. Ida Bagus Putu Bintana. Alumni SMAN 3 Denpasar ini. Ada ungkapan puitis disampaikan Ida Bagus Putu Bintana, jika sebuah penghargaan dan pengharapan akan lebih jernih bila diutarakan oleh mereka yangmenjaga jarak terhadap apa yang mereka berikan penghargaan. Bagaimana pun pendapat tentang Trisma ini sebuah kejujuran dan kejernihan hati. “Kejujuran dan kejernihan hati sebagai pentuk kepedulian dan kecintaan terhadap

yang juga mantan Menteri Lingkungan Hiudp. Dr. I Dewa Gede Palguna, S.H., M.H, mantan Hakim Konstitusi RI dan sederet tokoh-tokoh penting dari berbagai kalangan, profesi maupun praktisi. Uniknya lagi, petugas kebersihan, dagang suun keliling pun berhak dan mendapat kesempatan bicara tentang Trisma. Salah satunya Ni Luh Made Resi, dagang suun keliling, yang sering “transit” menjuala berbagai buah segar maupun panganan tradisional di SMAN 3 Denpasar. (ast)

Siswa dan Guru Berprestasi Terima Penghargaan

SMAN 3 Denpasar,” katanya.

Tantangan terberat bagaiamana men-jaga Trisma dengan penuh kesadaran, tetap berpijak pada empat pilar Trisma, kedisiplinan, kebersamaan, ke-keluargaan dan kesederhanaan.

Sejumlah tokoh penting pun urun pendapat dalam buku “Mereka Bicara Trisma”. Sebut saja Emil Salim, Dewan Pembina KEHATI

Bersaing Dalam PotensiMenjaring Siswa Berprestasi

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

kecerdasan dan intelektual yang tinggi. Kuning juga sering diidentikkan dengan warna outdoor. Penyuka warna ini seorang yang optimis, tangguh, dan tahan banting.Putih

Semua orang tahu warna satu ini identik dengan suci dan bersih. Putih juga termasuk warna paling aman selain hitam, karena bisa dipadu dengan segala warna. Bila kamu orang yang penuh pertimbangan, pasti sebagian besar isi lemari pakaian kamu terdiri dari warna ini.Hijau

Sangat identik dengan alam dan segala yang berbau natural. Penggemar warna ini adalah

penyuka hal-hal yang natural

dan pencinta kedamaian.

Siska PratiwiSMP

Dwijendra

Page 10: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

10 7Apa dan SiapaApa dan Siapa

No : 13 Kirim jawaban TTWM ke:Email : [email protected] dengan wesel pos ke Redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama uang Rp100 ribu untuk dua pemenang.

TTWM No. 13

JAWABAN TTWM 12

PEMENANG TTWM NO.12 :

L a y a r

Poling Wiyata MandalaAwignamastu,Hingga usia yang ke-16 tahun, Wiyata Mandala menjadi sum-

ber bacaan unggulan anak sekolah dan remaja. Untuk melakukan perbaikan terus-menerus, kami mengadakan poling pembaca. Untuk itu kami mohonkan jawaban sejujur-jujurnya. Caranya, kirimkan jawaban ke Wiyata Mandala melalui email : [email protected]. Kami menyiapkan hadiah masing-masing Rp 200.000 untuk lima pemenang.

Apakah Wiyata Mandala memenuhi keperluan 1. pembacanya?

Yaa.

Tidakb.

ulis lima rubrik/kolom yang paling kamu sukai 2.

Tulis lima rubrik/kolom yang paling tak disukai3.

Jumat, 1 - 14 Februari 2013 Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Mendatar: 1. Matahari7. Alam8. Cat10. Lele12. AB13. Ilham15. Buku

Menurun:1. Mandi2. AL3. Tabah4. Am5. Agen6. Ice9. Tabuh

1. Putu Indra Jaya Karunia SMK Farmasi Saraswati 3

Denpasar

Cara Kerja Balon UdaraCARA ker ja balon

udara sangat sederhana yaitu dengan cara me-manaskan udara di dalam balon agar lebih panas dari udara di luarnya sehingga balon udara mengembang dan dapat naik (terbang). Udara yang lebih panas akan lebih ringan karena masa per unit volumenya lebih sedikit.

Untuk dapat terbang, udara di dalam envelope dipanaskan menggunakan burner dengan temperatur

sekitar 100 derajat Celcius. Udara panas ini akan ter-perangkap di dalam envelope sehingga balon udara pun akan mengembang dan bergerak naik di dorong oleh udara yang bertekanan lebih kuat. Jika ingin mendarat, udara didinginkan dengan cara mengecilkan burner. Udara yang mulai mendingin di dalam envelope mem-buat balon bergerak turun.

Bagaimana caranya balon udara berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain? Jawabanya adalah dengan cara memanfaatkan hembusan angin untuk bergerak secara horizontal. Arah tiupan angin berbeda pada se-tiap ketinggian tertentu. Perbedaan arah tiupan angin inilah yang dimanfaatkan oleh pengemudi balon udara untuk mengendalikan balon udara dari satu lokasi ke lokasi yang diinginkan.

Diah KartiniSMP Dwijendra

Es Mengapung di Air?KITA pasti

berfikir bahwa benda pada t akan tenggelam jika diletakkan d i da lam a i r. Ternyata tidak semuanya ben-da padat seper-ti itu loh. Con-tohnya adalah es. Meskipun es berbentuk pa-dat, namun es memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada air. Saat air berubah wujud menjadi es, molekul air mengatur diri mereka sendiri sedemikian rupa se-hingga menciptakan ruang antara molekul yang tidak ada sebelumnya. Volume es menjadi lebih besar daripada volume air. Hal ini menyebabkan massa jenis es menjadi lebih kecil dari massa jenis air.

Pada dasarnya prinsipnya sama saja dengan kapal laut yang mengapung di lautan. Tekanan ke atas ter-hadap es yang dimasukkan ke dalam air selalu lebih besar dari berat es (gaya tekan es ke bawah). Sehingga jika tidak ada gaya lain yang menekan es maka es akan selalu mengapung di atas air.

Adi Ratna

Waspadai Pusing Waspadai Pusing saat Berdirisaat Berdiri

JIKA kalian sering merasa sak i t kepa la saat bangun dari duduk atau ketika berdiri, mungkin kalian berisiko tinggi mengalami ga-gal jantung.

Rasa pusing mendadak yang dialami setelah berdiri disebab-kan oleh penu-runan tekanan darah yang ce-

pat, yang dikenal sebagai hipotensi ortostatik. Peneliti berasumsi, orang yang mengalami gejala tersebut 54 persen lebih mungkin mengembangkan penyakit gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak. Sebaliknya, orang yang memiliki hipertensi risikonya menurun hingga 34 persen.

Gagal jantung kini mengancam jutaan nyawa di se-luruh dunia. Gagal jantung merupakan sebuah kondisi dimana jantung mengalami kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh, yang biasanya disebabkan oleh otot jantung yang menjadi terlalu lemah atau kaku, sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Untuk itu, kita harus mencegah sejak dini, yakni dengan menjalani pola makan dan hidup sehat dan hindari stress.

A. A. Ayu Devi AndriyaniSMKN 3 Denpasar

WAKIL Gubernur (Wagub) Bali, A.A. Puspayoga berbaur bersama ribuan siswa, guru, dosen dan karyawan di lingkung-an Yayasan Dwijendra Pusat, Jumat (25/1) lalu menanam pohon mangrove (bakau) di kawasan Serangan. Aksi sosial ini dilakukan serangkaian HUT ke- 60 Yayasan Dwiendra Pusat dan untuk mengimbangi pihak yang justru membabat hutan bakau demi pembangunan fasilitas pariwisata.

Semangat mereka patut dipuji karena dalam kondisi basah kuyup karena hujan deras mereka menjalankan tugas dengan baik. Wagub Bali Puspayoga menamam pohon bakau bersama Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar, Drs. Ida Bagus Gede Wiyana.

Wagub Puspayoga memberi apreasiasi positif aksi sosial yang rutin dilakukan keluarga besar Dwijendra. Penanaman pohon mangrove, kata Wagub, memberi nilai manfaat ganda bagi masyarakat. Selain untuk pelestarian lingkungan, juga mengandung nilai edukasi yakni pendidikan lingkungan dan sarat dengan nilai kebersamaana yakni gotong royong. Apalagi Badung dan Denpasar memiliki lahan bakau yang kian sempit yakni 1500 hektar.

Dia menekankan program Bali Clean and Green jangan disalahartikan. Clean artinya kita bersama membersihkan sampah-sampah yang menganggu pertumbuhan bakau, dan green berarti menanam kembali. Bali Clean and Green jangan diartikan kita membabat hutan bakau demi kepentingan tertentu seperti fasilitas pariwisata.

Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar, Drs. Ida Bagus Gede Wiyana mengaku tak akan pernah berhenti beryadnya untuk lingkungan. Sebab, apa yang dilakukan keluarga besar Dwijendra adalah yadnya untuk Bali. Menanam dan melestari-kan hutan bakau , kata dia, bagian dari Sad Krettih yakni Wana Krettih. Hanya saja dia berpesan kalau anak sekolah banyak menanam mangrove jangan pihak lain justru mengorbankan hutan bakau demi kepentingan lain. (sue)

TANAM BAKAU - Wagub Puspayoga didampingi Ida Bagus Gede Wiyana menanam pohon bakau di Serangan.

Wagub Puspayoga Bersama Siswa Dwijendra Tanam Pohon Bakau

WALI Kota Denpasar yang juga alumni SMAN 1 Denpasar, Ida Bagus Rai Dharwawijaya Mantra,S.E.M.Si, Sabtu (19/1) lalu menghadiri acara Festifal Karmany Smansa (FKS). Acara dibuka oleh Walikota ditandai dengan pelepasan balon.

Acara FKS tahun 2013 berlangsung semarak hingga pukul 21.00 wita diisi dengan berbagai atraksi seni dan musik dengan bintang tamu. Menurut Ketua Panitia, Made Padma Batiari semua acara berlangsung semarak dengan bintang tamu Nostress.

Kepala SMA 1 Denpasar, Drs. I Nyoman Purnajaya,M.Pd., mengungkapkan dengan event ini Smansa menginginkan tiga target. Pertama, interpreneurship (kewirausahaan) bagaimana mereka menggali dana dan mengelola secara ekonomis de-ngan jalan menjual berbagai atraksi.

Kedua, proses pembelajaran berorgaisasi dan kepem-impinan (leadership). Bagaimana meng-event organizser dan mengkoordinasikan tugas-tugas untuk mencapai tujuan dari FKS. Terakhir, memberikan hiburan dan proses pembe-lajaran mengelola hiburan kepada siswa setelah sehari-hari disibukkan dengan PBM. Termasuk para guru mengajar dan siswa belajar.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra memuji kegiatan FKS ini karena mampu menampilkan bidang kewirausahaan yang bersifat mandiri. Inilah yang dia katakan belajar memandirikan diri. Bahkan Wali Kota memuji Smansa satu-satunya sekolah yang mampu menggelar event seakbar ini hingga perlu digarap secara kontinyu. Apalagi didukung penuh oleh alumni dan komite.

Kberfibenakanjika d i d

WALI Kota Denpasar yang juga alumni SMAN 1 Denpasar, Ida Bagus Rai Dharwawijaya Mantra,S.E.M.Si, Sabtu (19/1) lalu menghadiri acara Festifal Karmany Smansa (FKS). Acara

Wali KotaWali Kota Puji FKS SmansaPuji FKS Smansa

DIRAMAL - Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra saat diramal oleh siswa Smansa di ajang FKS.

Yang menarik, di acara itu Wali Kota juga mencoba salah satu stand ramalan “Taron”. Wali Kota mengatakan anak-anak Smansa berbakat dalam segala hal.

Di FKS ini ada juga dipamerkan berbagai stand kewirausa-haan dari berbagai sektor sesuai kreativitas siswa. Di antaranya ramalan nasib, kuliner, busana, pernak-pernik,dll. (sue)

SISWA SMPN 3 Denpasar yang akrab dengan sebutan Spentri sukses memborong sejumlah gelar dan juara di Olim-piade Mata Pelajaran serangkaian HUT ke- 36 SMAN 3 Den-pasar (Trisma). Tercatat enam siswa berprestasi di ajang itu.

Yang menarik, mereka sukses di ajang akademik dan non akademik. Juara I dan II Gempita Matematika diukir oleh Ida Bagus Gde Sutha Maha Lencana dan juara II oleh Cindy

Laurentia Chandra.IB Sutha Maha Lencana dikenal jagonya matematika. Selain

itu juga pemegang juara III Olimpiade Matematika di Unud. Berarti kualitasnya setara SMA.

Jago matematika lainnya Cindy Laurentia Chandra puas di posisi kedua. Padahal siswa kelas VII-A ini sudah teruji ke-mampuannya di tingkat nasional. Di antaranya meraih perunggu

1 2 3 4 5 6

7

8

10 11

12

14

20

22

21

23

24

17 18 19

13

15 16

9

Mendatar:1. nama bulan; 5. tidak bersuara; 7. rusuk; 8. tanya (Inggris); 9. kuku

(Inggris); 10. alat pemutar sekrup; 13. keluar (Inggris); 14. kompetisi; 17. makanan bulat berkuah; 19. Air Susu Ibu; 20. kita (Inggris); 21. negara kangguru; 22. tanda (Inggris); 23. kata ganti orang kedua; 24. berbuku.

Menurun:1. organ lunak dalam tengkorak; 2. tempat menjual barang; 3.

sepeda (Inggris); 4. arena tinju; 5. genangan air yang luas; 6. nama negara; 11. tidak tetap hati; 12. angan-angan/khayalan; 13. penerangan tradisional; 15. yang ditangkap indra pencium; 16. tindakan/sikap yang dibuat-buat; 18. bintang (Inggris); 19. bulu di atas mata; 20. United States of America.

di NSO antar RSBI di Jateng, juara III matematika di di Undiksha, juara I lomba logika di Unud dan berhak atas piala bergilir Gubernur. Di ajang ICAS di Australia Cindy meraih perak dan menjadi duta Bali di OSN.

Masih di akademis, di LKTI, Ni kadek Adnya Kusumasari, meraih juara III LKTI di Trisma. I Gusti Ngurah Prana Jagannatha meraih juara I di lomba fotografi . Sementara itu Kadek Astri Candra Dewi, siswa kelas VIII-H meraih juara II lomba ICT Com-petition Trisma. Ini prestasi ketiga bagi Astri setelah meraih juara III di Trisma tahun lalu dan juara III di SMK TI Global.

Di non akademis lainnya Putu Astawa, siswa ke-las IX-D berhasil meraih juara II nyurat aksara Bali di Trisma. Sementara itu Kadek Ary Putri Sanjiwani yang juga Ketua OSIS baru Spentri meraih juara II nyurat lontar katagori putri.

Kepala SMPN 3 Denpasar, I Wayan Murdhana,S.Pd., M.Psi., didampingi Wakasek, I Gusti Made Bajra,S.Pd., berterima kasih kepada siswanya yang nyaris setiap hari melahirkan prestasi baru. Sekalipun predikat RSBI sekolah ini dihapus oleh MK, namun ia tetap memberikan pengalaman berlomba bagi anak didiknya. “Model pembinaan tetap berjalan, tanpa RSBI kami bisa berprestasi,” ujarnya. (sue)

PRESTASI - Siswa Spentri yang berprestasi di Trisma bergambar den-gan Wakasek I Gusti Made Bajra dan Pembina I Gede Bagus Sunia.

AMERIKA menggelar Opera-si Cakar Garuda (Eagle Claw) setelah terjadi penyanderaan di Kedutaan AS di Teheran pada 4 November 1979. Misi pembe-basan 54 warga AS itu dilakukan oleh Pasukan Khusus Delta Force dengan persetujuan Presiden Jim-my Carter.

Operasi yang digelar 24 April 1980 itu dibatalkan karena badai pasir serta serangkaian kecela-kaan yang melibatkan pesawat Hercules pengangkut bahan ba-kar dengan helicopter pembawa

ArgoBintang : Ben Affl eck, Alan Arkin, John Goodman, Bryan Cran

ston, Taylor Schilling, Scoot McNairySutradara : Ben Affl eckDistributor : Warner Bros. Pictures Distribution

Film Palsu Dengan Misi Rahasiapasukan. Misi yang menewaskan delapan tentara AS dan 1 warga Iran itu, juga melibatkan kapal in-duk USS Nimitz.

Krisis itu mencapai babak baru setelah mantan pemimpin Iran yang digulingkan Shah meninggal di pengasingan pada 27 Juli 1980. Iran juga dihadapkan pada invasi pasukan Presiden Irak Saddam Hussein dua bulan kemudian.

Iran kemudian sepakat menuju meja perundingan dan dengan bantuan Aljazair, tercapailah pe-

nyelesaian kasus penyanderaan ini. “Perjanjian Aljazair ditandata-ngani beberapa saat setelah Pre-siden baru AS Ronald Reagan di-ambil sumpahnya. Penyanderaan ini berakhir pada 20 Januari 1981 atau setelah berlangsung selama 444 hari.

Namun bukan itu yang menjadi latar belakang fi lm berjudul ‘Argo’ ini. Film arahan sutradara dan pe-main Ben Affl eck justru bercerita tentang sisi lain lain drama penyan-deraan itu.

Saat kejadian ternyata ada serombongan diplomat AS yang berhasil menyelinap keluar dari gedung kedutaan setelah kantor tersebut diserbu pengunjukrasa. Mereka yakni Robert Anders (Tate Donovan), Cora Amburn-Lijek (Clea DuVall), Mark Lijek (Christopher Denham), Joseph Stafford (Scoot McNairy), Kathleen Stafford (Kerry Bishe) dan Lee Schatz (Rory Co-chrane), akhirnya mendapat tempat aman di rumah Duta Besar Kanada Ken Taylor yang diperankan Victor Garber.

Sebelum me-ninggalkan gedung kedutaan mereka sempat menghan-curkan seluruh do-kumen termasuk data tentang ke-beradaan diri me-reka. Hilangnya keenam orang itu membuat petugas kebingung-an dan mereka meng-gabung-gabungkan dokumen yang dihancurkan untuk menge-tahui wajah dan identitas keenam diplomat itu.

Taylor mengirim telegram raha-sia pada pemerintah Kanada untuk diteruskan AS tentang keberadaan enam diplomat itu. Agen rahasia AS (CIA) kemudian membentuk misi penyelamatan mereka selain operasi Cakar Garuda.

Jack O’Donnell (Bryan Cranston) ditunjuk untuk memimpin operasi itu. Dia memilih Tony Mendez (Af-fl eck) yang ahli penyamaran untuk menjalankan operasi itu.

Operasi ini tergolong sulit dan Mendez hampir tak memiliki opsi untuk membawa keenam warga AS itu keluar dari Teheran. Saat dia menelfon anaknya, Mendez me-nyaksikan penggalan fi lm televisi ‘Battle for the Planet of the Apes’ yang kemudian memberinya in-spirasi.

Operasi pembuatan fi lm ‘Argo’ dilakukan dengan menyamarkan keenam diplomat itu sebagai kru fi lm fi ksi ilmiah ala Star Wars yang tengah mencari lokasi pengambil-an gambar di Iran. Mereka semua dirancang menjadi warga Kanada termasuk Mendez sendiri.

Mendez pun bekerjasama de-ngan John Chambers (John Good-man), ahli tata busana Hollywood serta produser Lester Siegel (Alan Arkin) untuk membuat Studio 6 dan memastikan pembuatan fi lm Argo.

Mendez memasuki Iran dan me-minta surat persetujuan dari kantor Kebudayaan untuk membuat fi lm di Iran. Itu menguntungkan di ke-mudian hari karena perwakilan dari kantor itu menyelamatkan Mendez dan keenam diplomat itu dari ke-marahan warga di sebuah pasar.

Dengan memberikan identi-tas baru dan penampilan baru, Mendez dan enam diplomat itu menuju bandara. Operasi itu nyaris batal karena AS juga melakukan operasi mili-ter. Namun Mendez memaksa O’Donnel untuk segera men-carikan tiket penerbangan de-ngan menggunakan masakapai Swissair.

Ketegangan meningkat saat di bandara karena rombongan itu menghadapi serangkaian pemeriksaan termasuk pada petugas keamanan yang curi-ga dengan kepergian mereka. Terlebih, konfi rmasi atas tiket mereka juga terlambat.

Pada saat bersamaan di lain tempat, petugas akhirnya menemukan data dan gambar keenam diplomat itu. Mereka melakukan operasi pencarian termasuk ke kediaman Taylor. Untungnya Taylor dan keluar-ganya telah keluar Iran, se-dangkan pembantunya menuju ke Irak.

Film ini diangkat dari buku ‘The Master of Disguise’ karya Antonio J. Mendez serta ar-tikel majalah Wired ‘The Great Escape’ karya Joshuah Bear-man. Argo yang telah meraih penghargaan Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di Golden Globe, dinominasikan meraih penghargaan Oscar untuk se-jumlah katagori termasuk fi lm terbaik. Namun ‘Argo’ harus menyisihkan ‘Lincoln,’ ‘Life of Pi,’ ‘Armour,’ ‘Silver Linings Playbook,’ ‘Zero Dark Thirthy,’ ‘Beasts of the Southern Wild,’ ‘Django Unchained,’ dan ‘Les Misérables’. (yud)

2. Ni Made Ayu Ardani SMP PGRI 5 Denpasar

17. Tanah18. IPA20. Tali21. Komet22. Agrobisnis

11. Laba12. Akademi14. Lupa16. UN17. Taksi18. It19. Alur

Page 11: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

116 Jumat, 1 - 14 Februari 2013

ku selalu menurut saja, tapi untuk melakukan hal yang terburuk da-lam hidupku, aku tak-

kan mau untuk menurutnya. Ba-gas menarikku dengan paksa. Entah kemana aku akan dia-jaknya. Dengan keras dan tanpa basa-basi, ia tak menghiraukan keadaan sekelilingnya yang kini memperhatikan aku dan Bagas. Sejurus kemudian, aku sudah duduk di hadapannya, dan kini matanya melotot kearahku.

Aku tak mengerti mengapa Bagas kali ini bisa menjadi seri-gala pemburu manusia, dengan wajah memerah dan melotot dia kini siap menerkam mangsanya dengan buas. Dan mangsanya itu pasti aku. Aku dengan tampang tak berdosa, hanya bisa melongo dan menunduk.

“Apa-apaan sih kamu?! Berani begitu saja berpelukan dengan cowok lain dihadapanku?! Apa kamu tidak menghargai aku?!” Bagas memulai dengan buas.

Aku yang awalnya tak me-ngerti, seakan memiliki energi un-tuk bisa melawannya. “Apa?! Aku tidak menghargaimu?! Untuk apa aku menghargaimu?!” Aku mem-balas dengan sinis. “Kamu seka-rang sudah berani denganku?! Aku tak suka dengan kelakuanmu itu, seperti cewek gampangan,” katanya tak kalah sinis.

“Apa kamu bilang?! Aku cewek gampangan?!” Aku mulai naik pitam dan seakan darahku men-didih di kepala dan siap untuk menumpahkan semuanya. Ba-gas kini mencengkeram tanganku kuat-kuat dan apa yang terjadi, aku tak bisa melepaskan geng-gaman itu. “Apa kamu tak sadar dengan apa yang kamu lakukan?! Berpelukan dihadapanku dengan mesra?!” Bagas mulai mendidih.

“Mengapa?! kau tidak suka melihatnya?! Apa kamu cembu-ru?! Dan apa hakmu untuk cem-

buru padaku?! Memang kamu siapa?! Pacarku saja bukan!” Kekesalanku rasanya sudah be-rakar dan kini aku memberontak. “Lepaskan tanganku!”

“Aku seperti ini. Karena aku….” Bagas tak melanjutkan kata-katanya. Dan melepaskan ceng-keramannya dengan buas. Dan pergi meninggalkanku sendirian.

***“Kamu ada masalah apa lagi,

Bin? Bagas?” Maya kemudian duduk disampingku dan aku hanya terdiam terpaku dan tak membalas ucapannya. “Kamu berantem lagi sama Bagas?” La-gi-lagi aku tak membalas ucapan Maya.

“Apakah kamu suka dengan Bagas?” Ucapan Maya kemudian membuatku berpaling.

Deg..“Apa kamu bilang? Untuk apa

aku menyukai sahabatku sendiri? Aku dan Bagas hanya berteman dan tidak lebih dari itu,” kataku akhirnya.

“Tapi aku menangkap hal lain dalam dirimu, dan dari dulu kamu tak pernah menyadarinya?” Ka-tanya sedikit menyelidik. Aku ter-diam, dan Maya pun ikut terdiam. “Kamu tak pernah menyadari sebenarnya kamu mencintainya, Bin. Egomu selalu mengalahkan-nya. Dan itu berhasil hingga saat ini,”

Kata-kata Maya sulit untuk ku cerna. Aku berpikir terlalu lama, hingga tak menyadari Maya telah beranjak pergi, dan yang ada aku

kini duduk. Ditemani sepi, dite-mani debu, dan ditemani bangku-bangku kosong tak berpenghuni. Dan tatapanku kosong, melihat sekelilingku, dan mencerna kata-kata Maya.

Apakah benar aku menyukai Bagas? Sejak kapan? Sejak da-hulu? Dan aku baru menyadari-nya?

***“Darimana kamu bisa me-

narik kesimpulan kalau aku me-nyukai Bagas?,” tanyaku sambil mengaduk-aduk bakso yang kini berada di hadapanku. “Apa kamu sampai saat ini belum sadar juga? Kamu selalu cemburu saat dia bersama wanita lain bukan? Dan begitu sebaliknya dengan Bagas? Selalu cemburu ketika melihatmu berpelukan di kafe dua hari yang lalu?” Kata Maya sembari me-nyuapkan sesendok bakso ke mulutnya.

“Aku tidak cemburu, Maya,” kataku membela diri. “Itu Cuma alasan klasik buatku. Dan me-ngapa setiap dia bersama wan-ita lain kamu selalu menangis?” Maya kini meneguk es teh manis dihadapannya. “Apakah itu tidak namanya cemburu? Dan kamu mau mengungkapkan alasan apalagi untuk membela dirimu? Aku sudah memegang kartu Asmu, Bintang,” lanjutnya.

“Arah, aku tidak mau mende-ngarnya!” Kataku sambil memu-kul meja. Keras sekali.

***Aku tak bisa berpaling. Pria di

hadapanku kini memelukku. Pelu-kan hangat dan erat sekali. “Aku berjanji, di depan pusara ibumu, aku akan selalu menjagamu, Bin-tang,” janji seseorang yang kini aku pinjam bahunya sambil me-nangis sesenggukan.

Tepat di depan makam ibu, aku mengingat kejadian 10 tahun yang lalu. Dan disisiku saat ini tak ada lagi janji yang mengikat, dan tak lagi ada seseorang yang bisa aku peluk dan berbagi hangat untukku. “Ibu, apakah aku benar-benar menyukainya? Dan ia juga menyukaiku?”Aku bertanya pada rumput di hadapanku. Dan tak akan ada jawaban. Tiba-tiba saja, bunga mawar putih yang berhias manis di makam ibuku jatuh. Aku tak percaya tak ada angin yang berhembus. Jika, kelopak bunga ini ganjil, berarti aku menyukai-nya dan ia juga menyukaiku. En-tah darimana aku mendapat bisi-kan itu.

Aku kemudian menghitung, perlahan, sambil memetik ke-lopak mawar putih yang ada di hadapanku. Satu demi satu aku petik, dan hingga akhirnya tiba saat beberapa kelopak terakhir. Aku memejamkan mata, dan kembali memetik kelopak demi

kelopak sambil menghitung. Dan oh my god, dadaku berde-

sir hebat. Ternyata kelopak mawar putih ini berjumlah ganjil. Apakah ini benar? Atau hanya kebetulan? Aku bertanya dalam hati. Lagi-lagi tak ada jawaban. Tiba-tiba a-ngin berhembus begitu kencang, seakan semua ini terasa benar. Dan ku dengar langkah kaki yang tak kukenal, terus saja mendekat dan mendekat.

“Aku benar-benar menyu-kaimu, Bintang,” kata seseorang dengan nada lembut. “Menyu-kaimu secara sederhana. Seperti tiupan angin, seperti waktu. Dan aku tidak bisa mengungkapkan padamu,” lanjutnya yang mem-buat aku seakan tidak percaya.

“Apakah kamu benar? Aku tidak percaya padamu,” aku me-mukul bahu Bagas pelan. Bagas hanya mengangguk sembari me-melukku erat. Erat sekali.

***Aku mencintaimu secara sederhanaSeperti waktu yang terus berputarSeperti teman, seperti sahabatSeperti kata yang sulit terucap

buru padaku?! Memang kamu kini duduk Ditemani sepi dite

Aku mencintaimu secara sederhanaSeperti rasa yang tak lagi bisa ku kecap

Seperti bulan yang setia menemani malamSeperti patahan hujan

Seperti angin, seperti air

PebriyantiSMAN 3 Denpasar

adapanku kini memelukku. Peluh d k li “Ak

kelopak sambil menghitung. haadapanku kini memelukku. Pelu- kelopak sambil menghitung.

BILA salah merencanakan se-suatu berarti kita telah merencana-kan suatu kesalahan. Didalam melakukan perubahan manusia hendaknya dapat menguasai pe-rubahan itu, maka akan selamatlah peradaban itu berjalan. Tetapi bila beban itu merupakan letupan dan suatu kejutan dan manusia tidak menguasainya, maka hancurlah peradaban manusia.

Demikian juga terhadap Ba-hasa Bali, bila diadakan perubah-an kurikulum SISDIKNAS 2013, yang mengintegrasikan pelajaran Bahasa Daerah (mulok) kedalam Seni Budaya. Ini merupakan suatu hentakan yang kurang mendapat-kan kajian secara utuh baik ilmiah, rokaniah maupun cultural. Jelas akan menimbulkan guncangan bahkan tenggelamnya Bahasa Bali di tengah gelombang global-isasi. Karena konsep perubahan lahir tanpa keseimbangan rasa dan logika.

Kalau sudah demikian tak ubahnya ibarat pribahasa kacang lupa akan kulitnya. Bahasa Dae-rah merupakan penunjang Bahasa Nasional, dari konsep rasa hen-daknya diawali dari kosong yang berarti bulat. Bulat bermakna utuh pikiran yang utuh tidak terkontami-nasi dengan kepentingan politik lain. Melalui UUD 1945 Pasal 32 ayat 2 menyebutkan Negara meng-hormati dan memelihara Bahasa Daerah sebagai Kekayaan Bu-daya Nasional, ini berarti Negara

Oleh :I Nyoman Nuadiana, S.Pd., S.Si.

Guru Bahasa Bali di SMAN 8 DenpasarKetua Sabha Desa, Desa Adat Sibanggede

telah menjamin keberadaban dan keberlangsungan hidup bahasa daerah di bumi Nusantara ini.

Dalam UUD 1945 disebutkan untuk menyelidiki hukum dasar (Droit Constitutionelle) suatu Ne-gara tidak cukup hanya menye-lidiki pasal-pasal, Undang-Undang Dasarnya (Soi Constitutional) saja, akan tetapi harus menyelidiki pula bagaimana prakteknya dan ba-gaimana suasana kebatinannya dari Undang-Undang Dasar itu. Makna kalimat tersebut di atas se-cara terimplisit menyiratkan baha-sa daerah telah mampu merekam seluruh alam kegiatan manusia termasuk yang bersifat religius yang mampu menyalakan obor taksu Bali. Pancasila telah me-ngakui “Kebinekaan, alam, suku, adat istiadat, budaya, agama dan bahasa daerah”.

Bahasa Daerah di Nusantara ini yang telah dipakai dan terpeli-hara oleh penuturnya hendaknya mendapat perhatian dan perlin-dungan dari Pemerintah Pusat serta perhatian dan penanganan yang serius dari Pemerintah Dae-rah. Mengamankan serta mereal-isasikan Perda No. 22-Tahun 1999 tentang Muatan Lokal Bahasa Bali. Perda No. 3 Tahun 1992 tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Selanjutnya Konggres Bahasa Bali Tahun 2001 tentang kegunaan Bahasa Bali yang dirumuskan, ke-bijakan pembinaan Bahasa Bali sebagai berikut :

Meningkatkan sikap positif dan kebanggaan penuturnya terhadap Bahasa Bali

Hakikat belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi dan belajar sastra adalah sesuai dengan tata krama masyarakat menghargai manusia dan nilai-nilai kemanu-siannya termasuk hasil karyanya. Untuk itu sudah semestinya Ba-hasa Daerah (Bali) mendapatkan pembinaan dan mengembangan melalui pengajaran Bahasa Bali (Mulok) sebagai mata pelajaran tersendiri yang diajarkan di seko-lah di Bali dari jenjang pendidikan TK sampai dengan SMA/SMK dengan durasi waktu 2 jam pelaja-ran per minggu.

Belajar bahasa asing adalah bagus, tetapi jangan lupa dengan bahasa daerah (Bali) sebagai ba-hasa Ibu. Ibu ibarat pertiwi, pertiwi adalah tanah realitasnya kaki kita berpijak di tanah, sepatutnya kita selaku orang Bali secara batiniah lebih dekat dengan Ibu sewa-jarnya bahasa Ibu tetap disayang dan tidak terlupakan begitu saja. Bila dilupakan apalagi sampai punah dan mati, semestinya kita

merasa amat berdosa dan kualat, alangkah bodohnya anak manusia yang memiliki unsur Tri Premana sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang paling utama tidak mampu melestarikan warisan adiluhung leluhur kita.

Pudarnya Bahasa Daerah (Bali) yang memiliki ciri khas kedaerahan yang mencerminkan prilaku pen-duduknya, ketika itu orang akan mulai kehilangan jati diri, tidak lagi memiliki kebanggaan hidup, kurang dapat mensyukuri dan lupa dengan konsep Hindu, Luwan-Teben, Suci Leteh, sehingga linglung tak tahu arah (benar salah) karena berba-hasa merupakan cermin prilaku. Berbahasa tidak hanya berfungsi untuk berburu uang tapi juga un-tuk memenuhi kebutuhan batiniah yang mampu menjaga ketenangan bathin penuturnya sehingga timbul dan tercipta Santi Jagadhita.

Jangan lupa Bahasa Bali bu-kan Bahasa yang tergolong Mu-lok dalam artian lokal dan sempit. Bahasa Bali mungkin tidak sama kebermanfaatannya dengan ba-hasa daerah lain di Kepulauan Nu-santara ini. Bahasa Daerah (Bali)

adalah Mulok yang global dan Bali sejak dahulu telah mendunia hal ini terbukti antara lain :

Para seniman barat berkaliber dunia banyak yang kepincut dan jatuh cinta dengan budaya dan ta-nah Bali, seperti Wollter Spase, Ary Semitt, Lemayour, Antunio Blanko dan yang lainnya sudah berjasa pula menduniakan Bali melalui ha-sil cipta Karya Seni Beliau.

Perhatian para Sarjana dan Bu-dayawan Indonesia pun tidak luput termasuk orang Bali antara lain :Prof.Dr. Ida Bagus Mantra, Prof. Ap. I Gusti Ngurah Bagus, I Gusti Bagus Sugriwa, I Wayan Simpen AB, I Nengah Tinggen dan yang lainnya sudah sepatutnya nama beliau ditulis dengan tinta emas karena jasanya dalam membina dan mengembangkan serta me-lestarikan Budaya dan Bahasa Daerah Bali.

Kuntjaraningrat (1979 dalam Agastia) menyatakan manusia harus mempelajari kebudayaan-nya sejak lahir, selama seluruh jangka waktu hidupnya, hingga saatnya ia mati, semuanya de-ngan jerih payah.

Bahasa Bali Punah

Siapa yang Bertanggung Jawab?

t l h j i k b d b d

B

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 12: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

harus sabar. Percuma diperdebatkan.

LibraKamu yang berbintang

ini, posisinya berada di kiri, mendekati puncak. Berarti harus berani menghadapi angin ken-cang, yaitu isu-isu atau gosip. Harus bisa menerima panasnya Matahari, yaitu harus tabah dan sabar. Asmara: Yang membara, banyak yang mendekati, sampai bingung mana yang akan dijadikan doi. Sampai-sampai yang sudah punya doi, bisa lupa. Study: Kalau kamu ingin menonjol, bukan janji atau uang yang diandalkan.

ScorpioKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di seperempat kiri. Ada keberhasilan, namun jangan puas sampai disitu saja. Kamu banyak kesempatan baik untuk meraih semua yang kamu cita-citakan. Silahkan mencoba.

Asmara: Sudah ada persetujuan dari dua belah pihak. Sebaiknya segera diresmikan. Pernikahan atau pertunangan, supaya bisa konsen dalam mengejar cita-cita. Study: Jeblok. Bisa banyak salah, dimarahi. Adakan intropeksi.

SagitariusKamu yang berbintang ini,

posisisnya berada di seper-empat kanan. Ada penurunan, kamu tidak boleh memaksakan diri. Aturlah waktu istirahat yang cukup, makannya teratur. Bibit penyakit se-dang mengintai kelelahan kamu. Asmara: Segala permasalahan masih bisa disele-saikan dengan baik. Malah akan menambah kemesraan dan mempererat hubungan. Sabarlah dan senyumlah. Study: Prestasi bagus, mendapat sambutan bagus. Ada hadiah untuk kamu.

h

L

inmbcHymbSlub

S

AbPkJin

S

skSbh

dan disesali. Study: Banyak tugas, banyak makan pikiran. Jaga kesehatan badan.

CancerKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di sebelah atas kiri. Berarti ada pening-katan, namun ada orang yang iri. Tingkatkan kewaspadaan supaya tidak tertipu. Selalu hati-hati dalam melangkah dan bertindak supaya tidak salah. Asmara: Maju terus, sesuaikan dengan keadaan, saling pengertian, saling membantu dan saling keterbukaan. Supaya tambah mesra dan dirindukan. Study: Jangan bangga kalau mendapat pujian. Pertahankan prestasi kamu.

LeoKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di ufuk barat, hampir tenggelam. Oleh sebab itu manfaatkan kesempatan kesempatan ini untuk berjuang mencari tambahan hasil dan

menabung. Bergaul dengan orang-orang sukses. Asmara: Mengalami kekecewaan, namun jangan terlalu dibesar-besarkan. Carilah kesibukan dan hiburan yang positif, demi masa depan kamu sendiri. Study: Selalu belajar dengan rajin dan rutin. Kamu masih bisa.

VirgoKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di timur jauh. Berarti masih belum bisa me-raih apa yang kamu inginkan. Semua rencana boleh dilaku-kan dan kamu masih harus kerja untuk bisa mendapatkannya. Asmara: Hanya menggoda. Kamu kejar, dia lari dan kalau ada yang mengejar, kamu yang pergi. Untuk harus sedia uang banyak. Atau jujur sajalah. Study: Hasilnya menyakitkan sekali. Kamu

CapricornKamu yang

berbintang ini, posisinya berada di atas, agak condong ke barat. Jadi akan menurun. Oleh sebab itu mana yang belum tercapai harus dikejar dan yang belum selesai di-selesaikan. Mulai menabung. Asmara: Ada kurang harmonis. Perlu pembenahan dan menyendiri. Renungkan apa yang terjadi, jangan sombong dan egois. Ikuti nasehat doi. Study: Butuh konsentrasi penuh, ja-ngan diremehkan, asal-asalan.

AquariusKamu yang berbintang ini, po-

sisinya berada di samping kanan menurun. Pertanda harus selalu hati-hati dalam menjaga kesehat-an badan. Jangan banyak yang dipikirkan. Makan, tidur yang

teratur, tenaga jangan diforsir. Asmara: Masih ada yang menolong. Jadi jangan besusah hati dan jangan putus asa. Tetap-lah mendekati dengan sabar dan lakukan permintaan doi. Study: Meskipun sudah puas, namun harus tetap belajar.

PiscesKamu yang berbintang ini,

posisinya berada di atas. Ber-arti ada bendera kemenangan dan keberhasilan. Kalau punya rencana untuk maju segera dilaksanakan saja, boleh main spekulasi, tapi jangan sombong. Asmara: Semakin ada kecocokan, kalau ada yang dibicarakan nyambung. Menyenangkan dan ada manfaatnya. Silahkan dilanjut dan kenalkan kepada ortu. Study: Harus per-

da

atakatiri.supmesademetamJaPe

Le

suknaCadeSema

Vir

oe

aieas

meadahaStu

caya diri, jangan mengandalkan teman.

AriesKamu yang berbintang ini, po-

sisinya berada di bawah, berarti ja-ngan neko-neko. Artinya tidak boleh melakukan spekulasi, bisa sabar menahan diri, rajin sembahyang, taati nasehat dan selalu waspada serta hati-hati. Asmara: Lupakan masa lalu yang kelam. Yang buruk jangan diomong lagi, supaya bisa merasakan dan mendengarkan berita-berita baru yang indah-indah. Study: hasilnya memuaskan, banyak yang simpati. Perjuangan yang tidak sia-sia.

TaurusKamu yang berbintang ini, po-

sisinya berada di ufuk timur, berarti akan ada kenaikan. Silahkan maju, mengejar sesuatu yang masih kamu inginkan. Jangan bimbang, ragu, atau takut. Bisa mengadakan kunjungan menimba ilmu. As-

mara: Rasa-rasanya ada yang tidak beres. Kamu harus sabar dan cari dulu apa sebab musababnya. Sebaiknya bertemu langsung dengan sumbernya. Study: Tetap berusaha, belajar dan jangan putus asa.

GeminiKamu yang berbintang ini, po-

sisinya berada di kiri agak ke atas. Pertanda banyak uang masuk, namun tidak lama akan keluar lagi. Kalau kamu tidak selau kontrol, malah meremehkan atau cuek, akan terjadi kerugian. Asmara: Mati tidak bergairah. Mengalami sedih atau berpisah. Semua ini sudah men-jadi putaran roda bercinta. Tidak perlu emosi

12 5n dise

akan p

ancerKam

sisinyas kirCapricorn

dama

Ca

poata

caya diri, jangan mengandalkan teman.

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuDiasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Jumat, 1 - 14 Februari 2013Berlaku : Jumat, 1 - 14 Februari 2013

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komen-tarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

VOCABULARYNo English Indonesia 1 Abolishment Penghapusan 2 Abominable Buruk sekali 3 Backstroke Gaya punggung 4 Backtrack Mundur/menarik kembali 5 Cadet Calon perwira 6 Cadre Kader 7 Dangle Membayangkan 8 Danish Kue masakan Denmark 9 Dank Lembab/basah 10 Earthen Terbuat dari tanah 11 Earthquake Gempa bumi 12 Facsimile Jiplakan 13 Fact Fakta 14 Gait Gaya berjalan 15 Gala Pesta besar 16 Haircut Potongan rambut 17 Hairdo Tatanan rambut 18 Idiocy Kebodohan 19 Idiolect Gaya bahasa 20 Jasmine Bunga melati 21 Jaunt Tamasya pesiar 22 Kennel Kandang anjing 23 Kerosene Minyak tanah 24 Ladida Berlagak 25 Ladle Sendok besar 26 Madam Nyonya 27 Madden Menjengkelkan 28 Narrow Sempit 29 Nasal Bunyi sengau 30 Objectionable Dapat disetujui

ismsdmtJ

--h r ,

a n masa lalu

l i

r

Ksisinakanmenkamragukunj

mara: Rasa-rasKamu harus sa

poBeraSekabim

r ntrol, malahdi kerugian

o-skar

-.,r

,-naanng. Asmara:

selesai di-

sismehaandip

teratur, tena

imbc

y

ih

ggn ti-hati dalam

tid k

, h -g n

Kaosisiampiu maesem

mencenabung. Bergkses Asmara:

mesuk

pohaitkem

pek

c

S

pekdcdSkerja untuk

a Matahari

Kposikiri. jangKamuntucita-

Asmara: SudaA

j

i, r-n, n g it penyakit se-

UUULLUUULsh shhmennable

3 Backstroke 4 Backtrack 5 Cadet 6 Cadre 7 Dangle 8 Danish 9 Dank 10 Earthen 11 Earthquake 12 Facsimile 13 Fact 14 Gait 15 Gala 16 Haircut 17 Hairdo 18 Idiocy 19 Idiolect 20 Jasmine 21 Jaunt 22 Kennel 23 Kerosene 24 Ladida 25 Ladle 26 Madam 27 Madden 28 Narrow 29 Nasal 30 Objectionab

BUBCACAVOCOV UUCCAABBAAVVVVVOCABVOCOC BVOCABUEnglisEnglisNo No

1 Abolish 2 Abomin

3 Backst

RALA YLARYUULBCAO AVOCVOCABU

Sanjungan Angin Disini kita berdiriMenengadah menuju mentariSaat kuberikan serpih kenangankuUntuk kausimpan dalam hatimu Disini kita berdiriMenanti angin yang kian mengiringiSaat senyuman itu mulai rapuhDan tak ada lagi hal yang berarti Disini kita menemaniSaat mentari mulai tenggelamMenyisakan hari kegelapanYang masih meninggalkan harapan

Melda DharmahayuSmansa

Nama : Dewa Putu Aris SadanaAsal sekolah : SMAN 1 DenpasarKelas : XII IPA 3Ekstrakurikuler : MBSSMDHobby : Bermain musikCita-cita : Dokter

Saya ingin berbagi sedikit kesan dan pesan kepada teman-teman di SMAN 1 Denpasar, khususnya kelas XII yang se-dang mempersiapkan diri untuk menempuh ujian nasional maupun ujian akhir sekolah, persiapkanlah diri dengan sebaik-baiknya. Saya harap kelas XII angkatan ke-50 lulus ujian nasional 100% dengan nilai yang memuaskan.

Prioritaskan cita-citamu demi masa depanmu, berjuanglah sekuat tenaga untuk masa depanmu dan lekaslah lakukan itu, karena WAKTU TIDAK AKAN PERNAH MENUNGGUMU KETIKA KAU DIAM. Terima kasih.

Nama : A.A. Istri Intan JuliartiniNama Panggilan : Gung GekTanggal Lahir : 21 Juli 1997Zodiak : LeoSekolah : SMKN 3 DenpasarKelas : X Akomodasi

Perhotelan CAlamat : Jln. Pengembak

No.15 Sanur, Denpasar

Hobby : BasketKomentar : Kesuksesan itu

gampang diraih daripada memper-tahankannya.

Nama : Kadek Anggi Krisnawan

Panggilan : AnggikTTL : Kerobokan, Kuta

Utara, 5 Mei 1997Sekolah : SMAN 1 Kuta

(X2)Twitter : @anggig_birdsAlamat : UmalasKomentar :Salam saja deh sama alumni dan guru-guru SMPN 1 Kuta Utara. Keluarga be-sar Smansaku khusunya X2 dan dpers_us. Buat WM, sukses terus yaaa!

Halo teman-teman WM ku di manapun kalian berada. Hmmm, perkenalkanlah :Nama lengkapku : I Gd Agus Cikko Eka GunaNama panggilan : Cikko.TTL : Bantas Gelogor,Selemadeg

Timur,Tabanan 01 Mei 1997Alamat : Jl.Hos Cokroaminoto Gang

Perum. Mirah Delima No 15 B,Ubung Denpasar

Sekolah : Tk-SD (Anugrah Denpasar), SMP (SMPK 1 Harapan Denpasar) saat ini saya sekolah di SMK PGRI 3 Denpasar.

Facebook : Agus CikkoTwitter : @CikkoagusHobby : Selain menyanyi, masak dan

fotografi aku juga senang sekali main layangan dan olahraga ringan (jogging, bulu tangkis, dll).

Target dalam hidupku : Ingin menjadi orang yang berhasil dan juga bisa membahagiakan kedua

orang tua serta keluarga juga anak/cucu tersayang di masa mendatang.

Komentar buat teman WM: Selamat Tahun Baru 2013 ya. Semoga apa yang kita kerjakan atau laksana-kan di tahun ular ini bisa lancar dan hasilnya bisa me-muaskan untuk kepentingan

kita bersama.

d

Agmonua

ag

dana

dan AN 1 g se-mpuh olah, nya.ulusang

asa ga

Nama : Dwi Sintya SusantiSekolah : SMKN 2 DenpasarKelas : XI Akuntansi 2Hobi : TravelingZodiak : ScorpioKomentar : Terima kasih WM

sudah pilih komentar saya. Dengan adanya WM generasi muda jadi bisa mengeks-presikan kreativitas mereka. Mau salam buat teman-teman di sekolah, biar makin meningkatkan prestasinya di bidang akademik maupun non akademik. Buat generasi muda saat ini ayo jadi gene-rasi yang berkualitas untuk bangsa dan pastinya untuk diri kalian sendiri. Jangan mau jadi korban dari modernisasi saat ini.

uliartini

sar

er-

Ku19a

d

m

uta 997

s

mni

Perum. Mir, gB,Ubung D

Sekolah : Tk-SD (An(SMPK 1 Hsaat ini sayPGRI 3 De

Facebook : Agus CikkoTwitter : @CikkoaguHobby : Selain meny

fotografi akmain layanringan (jog

Target dalam hidupku : Ingberhasil dan juga bisa m

orang tua serta ketersayang di m

KoKKK menWM: 2013 ykita kekan di lancar dmuaska

kita bers

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Hujan Malam Ini

Hujan malam ini Mengiringi dukaku yang kehilanganmuHujan malam iniMengganti sang embun bekukan hati iniHatiku yang kian rapuhAku ini sang violetYang bermimpi hendak sebuah mawar dalam hatimuAku sang violet Yang dahannya kian merunduk sesalkan kepergianmuMungkinkah aku harus bertahan?Aku tak bermata…Aku buta tanpa hadirmuKe mana sinarmu kasih…Sepercik bayangan kelamkan jiwakuHingga menghilang menyeretku Dalam pusaran penantian tanpa akhir

Ratna UmbariSMAN 6 Denpasar

SaSaSaSaSannnnjungan Angin

p y g jHingga menghilililillaaana g menyeretkuyeretkDaDaDaDaalal m m m m puppp saraaaaannn n pepeepenananananantnnn ian tanpa akhiranpa akhirkhirkhi

SMMSM

Puing-puing Ilusi

Menatap rembulan ke arah tenggaraSepercik sinar ituSangat melekat dalam memori ingatanEntah apa yang tersirat?Saat semua telah enyah dalam kehempasanBertahan walau perih menyengatIngin dan berharap jiwamu dan jiwaku selaras

Dhimita Indri AnggraeniSMP SLUB Sararaswati 1 Denpasar

Dharmagita

Barisan nada yang indahLantunan suara kendangAlunan seruling Buatku seakan memberikanAngan-angan keindahanRasa nyaman yang terdengarOh, betapa ku tak sanggupYakinkan kebahagiaan iniEntah mengapa memberikan ketenangan hati

Bagus Dharma IswaraFoursma

Hujan

Malam ini ia datangDan kau berjanji akan menembusnyaMeletakkan jejak-jejak percumaDan tak pernah berusaha mengenangnya

Kami bersama tak saling tahuIa mengalir dari tempat yang jauhTak jelas menangis ataukah luruh

Kami mencinta tak tahu caraMemelukku ia menyakitikuMenghangatkannya aku membunuhnya

Daun-daun telah memilihnya sebagai kekasihDan anginnya menyisirku jauh-jauhAkhirnya kami berpisahSetelah aku sakit dan ia musnah

Kemudian aku bermimpiMelihatnya mengalir di balik jendelaAku tahu ia bukan luruhMeski kami saling sentuh

Geg BintangSLUA

Tangis dalam Hujan

Desir angin menusuk kalbuNamun tak sejukkan hatiAwan hitam selimuti langitGelap… sama halnya perasaan iniRintik hujan basahi pertiwiSeakan ikut tangisi kepergianmu

Dikala terbayang wajahmuHatiku semakin piluKerinduan akan dirimuBuat ku semakin lemah

Dan kini aku...Hanya diam dalam hujanMenatap langit…Dan biarkan butiran air mataHanyut tersapu hujanAgar tak seorang pun melihat..Tangisku, piluku, lemahnya dirikuSaat kau pergi dan tak pernah kem-bali

Oka NoviSMKN 3 Denpasar

Api di Dalam Hati

Saat api kecil menyala Selalu hidup dihatikuWalaupun kecilTapi api itu akan besarApi kecil tak sebanding dengannya

Tapi....Kalapun api ituBerubah menjadi api cintaTak sanggupku matikanWalaupun berubah besar

Jika hati sakitApi kita akan perlahan kecilSakit yang menyayatBertambah kecilnya apiSeperti api yang ditiup oleh anginDiambang-ambang kematian

Tapi jika bahagiaSenang dan membuatku ceriaApi itu akan kembaliKembali bertambah besarDisini, disini Hati tempat kebahagiaanYang sesungguhnya

Tusviani X.4Regrisma

Hati Berucap Harap

Dingin sifat membuat hati terpikat Kala senyum jiwa pun kagum Indah tawa lalu raga tak berdaya Wajah manis memulangkan pesimis Risau tiba kehadiranmu kudamba Sempurna dirimu membuat sipu

Tak ada waktu perguna temu Surat tak terbaca membuat duka Terhubung lalu bingung Ramai kembang api menambah paci Gemetar jemari tak ada henti Tak ingin usai tanpa rampai

Cerah langit kicau burung sengit Samar asap pandang terbekap Mendung tiba hati menyala bertanya Akankah hujan mengguyur sang idaman? Doa terpanjat berharap selamat Tanpa tangis berlampau dengan optimis

Satu harapan terucap sopan Hati berharap terisi Oleh sosok tangguh pelawan gemuruh Namun lembut layak selimut Serta sabar jiwa membagi cinta Semoga manis di akhir gerimis

Okky RahmanSMK Negeri 1 Denpasar

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 13: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

ploma yang mendapatkan beasiswa setiap tahunnya sebanyak 30 orang yang tersebar di ke empat jurusan. Prasyarat mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa disamping In-deks prestasi 2,50 – 3,50 juga keadaan eko-nomi dan perilaku mahasiswa. (r/adv)

4 13

Informasi Studi Lanjut

Berita Kampus

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

PROGRAM Diploma III FE Unud memi-liki 4 (empat) Program Studi (PS) yaitu PS Akuntansi, PS Keuangan dan Perbankan, PS Perpajakan dan PS Pemasaran. Untuk mencapai tujuan pendidikan, semua PS me-nerapkan sistem kredit paket untuk masa perkuliahan enam semester.

Dalam kurikulum masing-masing PS, pengelompokan mata kuliah terdiri atas kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MPB), dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Kurikulum Program Diploma III mengacu pada Kurikulum Nasional berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI No. 232/U/2000.

Dalam rangka mengantisipasi persaingan yang semakin ketat serta kebutuhan pasar kerja yang menghendaki lulusan yang se-makin berkualitas dan memiliki kompetensi yang semakin spesifi k, maka Program Studi Pemasaran serta Program Studi Keuangan Perbankan Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Udayana melakukan pembe-nahan dalam bidang kurikulum untuk me-nyesuaikan dengan kebutuhan industri dan pasar kerja yang dinamis seiring dengan perubahan praktik bisnis. Selama ini, pemi-nat Program Studi Pemasaran cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

POLITEKNIK Negeri Bali (Poltek Bali) terus menggeliat untuk menggapai asanya sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi penghasil Sumber Daya Manusia yang pro-fesional. Berbagai terobosan telah dilakukan baik peningkapan kualitas sarana dan pra-sarana penunjang belajar maupun kualitas Sumber Daya Manusianya. Oleh karena itu, kiprahnya dalam pembangunan di bidang pendidikan di negeri ini sudah tidak diragu-

Revitalisasi Kurikulum Program Diploma III Revitalisasi Kurikulum Program Diploma III Fakultas Ekonomi Unud

Berdasarkan atas kondisi ini, Program Studi Pemasaran melakukan pembenahan de-ngan cara mengadakan perubahan kuriku-lum untuk menghasilkan lulusan yang tidak saja kompeten dalam bidang keterampilan pemasaran, namun juga diberikan penge-tahuan, teknik, dan sikap agar mampu mengadministrasikan kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, Program Studi Pemasaran mengambil kekhususan Administrasi Bisnis.

Begitupun halnya dengan Program Studi Keuangan dan Perbankan melakukan pem-benahan dengan cara mengadakan peru-bahan kurikulum untuk menghasilkan lulus-an yang tidak saja kompeten dalam bidang keterampilan keuangan dan perbankan, namun juga diberikan pengetahuan, teknik, dan sikap agar mampu mengelola risiko yang muncul dalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, Program Studi Keuangan dan Perbankan mengambil kekhususan Manajemen Resiko.

Pedoman yang dipakai untuk mencapai kompetensi bidang pemasaran dan admin-istrasi bisnis serta manajemen risiko ini adalah Peraturan Presiden No. 12 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifi kasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengharuskan learning Outcome lulusan perguruan tinggi harus memiliki kemampuan berdasarkan pada kualifi kasi kerja sesuai dengan kuali-fi kasi KKNI.

Program Diploma III FE Unud juga melak-sanakan beberapa kegiatan untuk mening-katkan kompetensi lulusannya seperti Studi Lapangan (SL) yang merupakan kegiatan rutin tahunan dimana tahun 2012 yang lalu dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 10 November 2012 dengan tujuan Surabaya dan Malang dengan tema “Melalui Studi Lapangan Kita Tingkatkan Kompetensi Keilmuan dan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Program Diploma III Fakultas Ekonomi Unud”. Adapun yang dikunjungi oleh para peserta SL di Surabaya adalah Kampus Universitas Negeri Surabaya, House of Sampoerna, serta Armatim. Sedangkan di Malang yang akan dikunjungi adalah Industri kreatif dan Agrowisata petik buah. Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah Olimpiade Akuntansi (OA) yang merupakan kegiatan Program Diploma III FE-Unud yang bertu-juan untuk menggairahkan dunia pendidi-kan akuntansi di tingkat SMA dan SMK di wilayah Bali, Lombok dan Jawa (khususnya Jawa Timur). OA merupakan wadah siswa-siswi SMA dan SMK berkompetisi mengenai bidang ilmu akuntansi.

Setiap tahun terbuka pula kesempatan bagi mahasiswa Program Diploma III FE Unud untuk memperoleh beasiswa. Ada 32 (tiga puluh dua) lembaga yang menye-diakan dana untuk beasiswa diantaranya Supersemar, PPA, POMA, Pegadaian dan BBBM. Rata-rata mahasiswa Program Di-

kan lagi. Menurut Direkturnya, Ir. Made Mudhina,

M.T., kini, di samping menjalankan tugas u-tamanya sebagai lembaga pendidikan ting-gi, Poltek Bali juga mengemban tugas un-tuk melaksanakan Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) pada koridor V dalam bidang pariwisata un-tuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Hal ini merupakan kebanggaan sekaligus tantang-an untuk mewujudkannya. Walau demikian, seiring perkembangan zaman yang penuh tantangan dan pesatnya kemajuan teknologi Poltek Bali tetap bertekad memainkan peran dan fungsinya sebagai penghasil Sumber Daya Manusia yang mampu menguasai IP-TEK, berkompeten, disiplin, beretika, dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Saat ini Poltek Bali menyelenggarakan program pendidikan D III dan D IV (S1 Te-rapan) dengan enam jurusan dan tiga belas program studi. Jurusan dan prodi tersebut adalah: (1) Jurusan Teknik Sipil dengan Prodi D III Teknik Sipil Aplikasi Komputer Rancang Bangun dan D IV Manajemen Proyek Konstruksi, (2) Jurusan Teknik Me-sin dengan Prodi D III Teknik Mesin dan D III Teknik Pendingin dan Tata Udara (Teknik Mesin Pendingin), (3) Jurusan Teknik Elek-tro dengan Prodi D III Teknik Listrik dan D

III Manajemen Informatika, (4) Jurusan Akuntansi dengan Prodi D III Akuntansi dan D IV Akuntansi Manajerial, (5) Jurusan Ad-ministrasi Niaga dengan Prodi D III Admin-istrasi Bisnis dan D IV Manajemen Bisnis Internasional, dan (5) Jurusan Pariwisata dengan Prodi D III Usaha Perjalanan Wisata (Travel and Tourism), D III Perhotelan (Hotel and Hospitality), dan D IV Manajemen Bis-nis Pariwisata.

Pada Tahun Akademik 2013-2014, Poltek Bali kembali memberikan kesempatan ke-pada para lulusan SMA dan SMK atau yang sederajat untuk menempuh pendidikan di lembaga pendidikan tinggi vokasi ini. Pene-rimaan mahasiswa baru dilakukan dengan tiga cara, yaitu: 1. UMPN Undangan melalui Penerimaan

Mahasiswa Bebas Tes (PMBT) yang diseleksi berdasarkan prestasi akademik dan pendukung yang relevan dengan persyarat diatur oleh direktur. Pendaf-taran: 14 Januari s.d. 12 April 2013, pe-ngumuman: 26 April 2013, formulir bisa didapatkan di Kampus Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, di sekolah masing-masing, atau dapat diunduh melalui la-man http://www.pnb.ac.id, dan bebas biaya pendaftaran.

2. Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)

se-Indonesia dengan ketentuan: pendaf-taran: 29 April s.d. 31 Mei 2013, tes : 8 Juni 2013, formulir bisa didapatkan di Kampus Politeknik Negeri Bali, Bukit Jim-baran atau dapat diunduh melalui laman http://www.pnb.ac.id, membayar uang pendaftaran Rp 150.000,00 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

3. UMPN Mandiri melalui Tes Bakat Sko-lastik (TBS) yang diseleksi berdasarkan kemampuan skolastik sesuai dengan ketentuan: pendaftaran: 10 Juni s.d. 11 Juli 2013, tes: 13 Juli 2013, formulir bisa didapatkan di Kampus Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran atau dapat diunduh melalui laman http://www.pnb.ac.id, mem-bayar uang pendaftaran Rp 150.000,00 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)Dengan proses pembelajaran yang ketat

dan pelayanan administrasi yang optimal, Poltek Bali siap menjadi lembaga Pendidik-an Tinggi Vokasi yang Terdepan, Profe-sional, dan Berdaya Saing Internasional.

Informasi selengkapnya dapat hubungi kami di:

Kampus Politeknik Negeri BaliBukit Jimbaran, Kuta selatan, Badung,

Bali, PO Box 1064 Tuban, Telp. (0361) 701981, Fax. (0361) 701128, Email: [email protected], Web: www.pnb.ac.id

Menjawab Animo Masyarakat,Poltek Bali Perbanyak Prodi D IV (Program S1 Terapan)

t

t

t

t

T

SALAH satu fakultas terbanyak maha-siswanya di IKIP PGRI Bali adalah Fakul-tas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK). Jangan heran jumlah mahasiswa-nya mencapai ratusan tiap tahun. Kamu yang tamat tahun ini bisa sejak awal menen-tukan pilihan di FPOK IKIP PGRI Bali.

Ini bukan mustahil karena peluang ker-janya relatif bervariasi. Bisa menjadi guru profesional, menjadi atlet dan bisa menjadi pelatih. Dekan IKIP PGRI Bali, Drs. Ketut Sumerta, M.For., tiap wisuda paling tidak melepas 200 sarjana guru pendidikan jas-mani dan kesehatan (penjaskes). Hingga kini FPOK sudah menamatkan 1.989 guru penjaskes.

Ia mengatakan lulusan FPOK IKIP PGRI Bali sudah kehabisan stok alias semuanya bekerja. Makanya dia menilai tak tepat mo-ratorium CPNS khususnya guru di Bali. Bali, kata dia, saat ini kekurangan sekitar 4.000 guru penjaskes untuk pendidikan dasar di SD dan SMP.

Saat ini di tiap SD di desa hanya terse-dia satu guru penjaskes menangani semua

kelas. Padahal idealnya minimal tersedia dua guru penjaskes. Jika ada 4.000 SD dan SMP di Bali, dia berani mengatakan Bali masih kekurangan 4.000 guru penjaskes. Itu belum terhitung guru yang pensiun. Apa-lagi di tingkat SMA/SMK paling idiel tiap dua kelas diasuh satu guru penjaskes. Untuk itu ia menegaskan lulusan FPOK IKIP PGRI Bali tak akan sampai menganggur karena dunia pendidikan terus memerlukan guru yang profesional.

Ketut Sumerta didampingi Pembantu De-kan Drs. Agus Dei Segu, S.H.,M. Fis., Dra. I Putu Mertayasa. M.Si., dan I Nyoman Su-artana, S.Pd., menambahkan FPOK IKIP PGRI Bali satu-satunya LPTK swasta yang mencetak guru penjaskes. Calon guru yang dicetak memang disiapkan untuk mampu mengatasi persaingan global, menjadi guru profesional di olahraga dan kesehatan seka-ligus sebagai pelatih olahraga. Makanya Ketut Sumerta mengatakan lulusannya memiliki daya saing tinggi dan sudah digem-bleng dengan pendidikan karakter lewat PBM dan jiwa sportivitas di lapangan.

Hal ini dibenarkan Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta bahwa calon guru yang dicetak FPOK IKIP PGRI Bali sangat lengkap. Dikatakan lengkap karena mereka digembleng secara kontinyu dalam hal pendidi-kan karakter. Di lapangan mereka sudah dilatih dengan bekerja ulet, tangguh, pantang menyerah dan disiplin. Dengan butir-butir pen-didikan karakter ini diharapkan lu-lusan FPOK bisa mentransfer ilmu itu kepada anak didiknya.

Kedua, lulusan FPOK IKIP PGRI Bali bukan saja menguasai teori namun juga praktisi. Me-reka adalah alet andalan Bali dan menjadi pelatih olahraga. Makanya Rek-tor mengatakan FPOK Bali sarat dengan prestasi nasional dan internasional. IKIP PGRI Bali memiliki atlet juara dunia lompat jangkit, Maria Londa yang meraih emas di Taiwan Terbuka. Kini Maria disiapkan terjun di Seagames. Sedangkan atlet lompat jauh Made Sukarida meraih emas di Pormanas.

SALAH satu fakultas terbanyak maha-siswanya di IKIP PGRI Bali adalah Fakul

kelas. Padahal idealnya minimal tersedia dua guru penjaskes Jika ada 4 000 SD dan

Hal ini dibenarkan Rektor IKIP PGRI Bali Dr I Made Suarta bahwa

Cetak Guru Berkarakter, Bali Kekurangan 4.000 Guru PenjaskesFPOK IKIP PGRI Bali

YUDISIUM - Dekan FPOK IKIP PGRI Bali, Ketut Sumerta beserta pembantu dekan saat meyudisium 200 sarjana penjaskes.

an

K IKIP PGRI Bal

Bahkan atlet silatnya yang langganan juara umum di Pormanas banyak melahirkan juara dunia. (adv/sue)

HADIAH - Dekan FE Unud saat menye-rahkan hadiah bagi pemenang lomba.

MAHASISWA - Mahasiswa Poltek Bali di depan kampus yang megah.

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 14: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

14Jumat, 1 - 14 Februari 2013

3

Bagi grup band sekolah yang mau nongol di WM, silahkan kirim naskah dan foto via

email: [email protected]

JUARA lomba makendang tunggal tingkat SMP se-Bali, be-lum lama ini disabet I Gede Putra Bagaswara. Salah satu lomba ka-tagori terfavorit serangkaian hari jadi SMAN 3 Denpasar yang dige-lar tiap tahun, mendapat sambut-an antusias peserta. Peserta tak hanya dari Kota Denpasar, juga dari luar Denpasar. Bagas –begitu siswa kelas VIII D SMPN 1 Den-

LAGU penuh se-mangat dan sarat motivasi, di-launching bertepatan dengan puncak HUT ke- 36 Trisma belum lama ini. Lagu berjudul Jaya-jayalah Trisma ini, di-prakarsai Kasek Drs. Ketut Suyastra, M.Pd, diciptakan sekaligus diaransemen I Ko-mang Darmayuda, S.Sn., M.Si. Empat penyanyi Trisma yang sarat prestasi Putu Ayu Sada Devi Prad-nyadari, Putu Esa Naranata Dewi, Putu Wiyata Widya Wira-nata dan Deva Ekada, tampil membawakan lagu enerjik ini. Apa-lagi didukung puluhan anak-anak ekskul vokal SMAN 3 Denpasar.

“Ide memunculkan lagu ini me-lihat semangat anak-anak untuk berprestasi sekarang ini berbeda dengan ketika saya masih sekolah dulu. Dalam situasi dan kondisi bagaimana pun, mereka yang ber-prestasi yang akan mampu bersa-ing,” ujar Kasek Suyastra.

Walaupun SMAN 3 Denpasar telah memiliki lagu hymne dan mars, kehadiran lagu Jaya-Jayalah Trisma ini, akan makin memantap-kan kecintaan anak-anak Trisma pada almamater tercinta.

Seperti disampaikan pencipta sekaligus yang mengaransemen lagu Jaya-jayalah Trisma I Komang Darmayuda. Musik menurut dosen ISI Denpasar ini, sangat universal dan mampu menyemangati siapa saja. Tak berlebihan jika harap-an itu juga diinginkan lagu yang diciptakannya itu. Apa-lagi lagu

Tari Yes, Tabuh OKBagaswara

pasar ini akrab disapa, mengaku tak ada persiapan khusus. Menurut ABG kelahiran Bekasi, 23 Maret 1999, sudah dita-namkan sejak ke-cil kedua orang-tuanya, menekuni seni tari maupun tabuh tidak se-mata-mata un-tuk lomba yang berujung prestasi. Ada tujuan yang lebih mulia, untuk melestarikan seni dan budaya Bali. Tak kalah pen-tingnya untuk bisa ngayah, serang-kaian kegiatan upacara adat.

“Kalau pun saya sering dapat juara, saya syukuri saja.

Saya menekuni seni tabuh mau-pun tari bukan target prestasi yang menjadi prioritas,” ujarnya.

Ditemui seusai tampil men-demonstrasikan kepiawaiannya makendang tunggal, Bagas yang tamatan SD Cipta Dharma, Den-pasar, menuturkan jika dirinya ingin menepis jika pelajar kota itu hanya bisa hura-hura atau menekuni se-suatu yang berbau teknologi. Ba-gas sendiri telah membuktikan,

LAGU penuh se-

Penuh Semangat & InspiratifPenuh Semangat & InspiratifJaya-jayalah Trisma

KOMPAK - Ayu Sada, Deva Ekada, Esa Naranata dan Wiyata Widya, begitu kompak menyanyikan lagu Jaya-Jayalah Trisma bersama pu-luhan penari latar.

S

Informasi Studi Lanjut

SELAMA ini, kalau masyarakat mendengar nama Undiknas Uni-versity, pastilah selalu diidentikkan dengan hanya salah satu fakultas yang ada, yakni Fakultas Ekono-mi & Bisnis (FEB). Padahal ada 3 fakultas yang lain, yaitu Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan Fakultas Teknik & Informatika (FTI).

Mind set masyarakat yang mengidentikkan dengan hanya FEB sebenarnya juga tidaklah salah, sebab cikal bakal Undiknas berasal dari FEB, yang sudah ada sejak tanggal 17 Pebruari 1969 yang saat itu bernama Akademi Keuangan dan Perbankan (AKA-BA) yang kemudian menjadi Seko-lah Tinggi Ilmu Keuangan (STIK) tahun 1978. Sejak tahun 1984 STIK berubah menjadi Fakultas Ekonomi, bergabung dengan be-berapa PTS lain menjadi Univer-sitas Pendidikan Nasional Den-pasar, yang kini mempunyai brand name Undiknas University.

Berbekal pengalaman yang cukup lama dan dibarengi berba-

FKIP Univ. Dwijendra kini men-jadi LPTK favorit yang mencetak calon guru professional di bidang-

FAK. TEKNIK (FT) Unwar di bawah pimpinan dekan Dr. Ir. I Wayan Parwata, M.T., yang juga adalah alumni FT Unwar tahun 1986 banyak mengalami kema-juan.

Jika kamu tamat SMA tahun ini, FT Unwar salah satu pilihan uta-ma. Parwata ingin fakultas yang dipimpinnya meningkat akredi-tasinya baik di fakultas maupun di program studi. Kerjasama dengan alumni yang tergabung dalam Kabatek (keluarga besar teknik Unwar) tetap dijalin untuk mening-katkan jumlah mahasiswa dan kemajuan FT Unwar.

Ia menerapkan manajemen terbuka, transparan sesuai komit-men yayasan dan universitas di era otonomi kampus berbasis ki-nerja. Ia menepis anggapan kuliah di FT sangat lama. Caranya de-ngan mensinergiskan kurikukum dan dunia kerja. Mahasiswa yang pintar bisa tamat 3,5 tahun dan pa-ling lambat 4 tahun. Dosen harus care dengan perkembangan ma-hasiswa sehingga mahasiswa tak

Kualitasnya Tak Perlu DiragukanFakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Undiknas University

gai terobosan yang terus menerus dilakukan, menempa pengelolaan fakultas ke arah yang semakin maju. Hasilnya adalah kualitas lulusan yang diakui masyarakat. “Kalau berbicara kualitas, sampai saat ini lulusan kami masih diakui oleh masyarakat, terbukti daya serap di dunia kerja yang tinggi serta kemampuan membuka lapangan kerja menjadi seorang entrepreneurship menjadi tolok ukurnya,” jelas Dekan FEB Un-diknas, Prof. Dr. Ida Bagus Raka Suardana, SE.,MM saat ditemui di ruangannya minggu lalu.

“Semua itu akibat kami menerapkan kurikulum yang mengedepankan kebutuhan pasar, serta menekankan proses pembe-lajaran yang berkualitas dengan me-libatkan mahasiswa lebih banyak,” lanjut Prof. Raka Suardana.

Saat ini, FEB Undiknas telah mempunyai alumni lebih dari 17 ribu yang tersebar tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri dengan jabatan-jabatan prestisius dan prestasi-prestasi ke-

suksesan dalam bidang yang diteku-ni, baik di dunia usaha, perbankan, industri manufaktur maupun jasa.

Dosen yang mengasuh di FEB Undiknas University mempunyai kaliber yang handal dan memiliki reputasi yang baik, 3 di antaranya adalah Profesor (guru besar) yang dari dari segi umur ketiganya cu-kup muda karena di bawah 50 ta-hun. Sementara dosen-dosen lain, bergelar doktor dan master, se-hingga tidak lagi ada dosen yang masih sarjana (S1).

“Di tengah tuntutan persaing-an yang semakin ketat dewasa ini, FEB Undiknas tampil dengan keunggulan pengembangan en-trepreneurship bagi mahasiswa-nya, sehingga saat lulus tidak lagi mengandalkan pencarian peker-jaan, namun mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” jelas Prof. Raka Suardana.

Setiap dua tahun sekali, pimpi-nan fakultas mengundang stake-holder (birokrat, pengusaha, pimpi-nan bank dan pihak terkait lain-nya) untuk memberikan masukan

dalam perubahan kurikulum, dengan maksud melakukan updating (pemba-haruan) kurikulum. “Tujuannya agar kurikulum yang di-terima mahasiswa sesuai dengan tun-tutan dunia nyata,” papar Prof. Raka Suardana, yang pernah menjadi mahasiswa teladan nasional 1987 dan dosen berprestasi nasional mewakili Kopertis VIII tahun 1998 dan 2007 ini.

Soft skill ma-hasiwa juga diasah melalui beberapa kegiatan studi non sks, yakni personality devel-opment (pengembangan kepriba-dian), table manner, aktivitas Com-pany Visit minimal 4 kali dan wajib memiliki sertifi kat TOEFL skor 500. Yang menjadi keunggulan FEB Undiknas selama ini adalah selain kualitas, juga kecepatan menyele-saikan studi. “Jika mahasiswa lu-lus terus dan indeks prestasi (IP)

Cetak Guru yang Berkarakter dan ReligiusFKIP Univ. Dwijendra

nya. Lulusannya teruji di dunia kerja sebagai guru yang berkualitas. Apalagi saat ini guru sangat diperlukan di semua kabupaten/kota di Bali. Jika kamu lulus SMA/SMK tahun ini, kesempatan memilih FKIP Univ. Dwijendra.

Di sini kamu disiap-kan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indone-sia dan Daerah dan PPKn. Dekan FKIP Univ. Dwijendra (Un-dwi) Denpasar, Drs. I Made Sila, M.Pd., mengungkapkan FKIP Undwi hingga kini tetap dipercaya pe-merintah sebagai pe-nyelenggara uji ser-

tifi kasi guru dalam jabatan dan kini menjadi mitra Undiksha untuk sebagai instruktur menyeleng-garakan Pendidikan Latihan Pro-fesi Guru (PLPG) bersama LPTK

lainnya di Bali. Bahkan tahun ini FKIP Undwi akan menambah pro-gram studi baru yakni S-1 PGSD, Matematika, FPOK dan Bahasa Inggris.

Selain itu FKIP Undwi akan terus mengembangkan diri de-ngan membuka program studi baru. Menurut Made Sila didam-pingi PD I Drs. Made Sutika, M.Si., Dra. A.A. Sagung Mas Darwathi, M,Si., dan PD III Drs. Nyoman Gu-nadhi, ke depan FKIP Undwi akan menjadi fakultas lengkap guna melayani keperluan calon guru di Bali termasuk kekurangan guru di desa-desa. Ini berkat dukung-an Ketua Yayasan Dwijendra Ida Bagus Gede Wiyana yang all out mendukung FKIP Univ. Dwijen-dra dan Rektor Univ. Dwijendra, Dr. Ketut Wirawan, S.H.,M.Hum., yang barusan menyelesaikan studi doktor ilmu hukum.

Made Sila mengakui penem-patan guru di Bali saat ini belum seimbang. Kebanyakan numplek di kota kabupaten dan di Kota Denpasar, itupun kebanyakan di

sekolah-sekolah favorit. Kebijakan ini perlu diubah dengan cara pemera-taan penyebaran guru, tambahnya.

Yang menarik, FKIP Univ. Dwi-jendra mendapat bantuan unggul-an doble degree dari Kemendik-bud. Program ini berlanjut sepan-jang tahun. Lulusannya mendapat dua ijasah dari Dwijendra dan PTS di luar negeri yang diajak beker-jasama. Program ini gratis bagi calon mahasiswa baru. Di sam-ping itu mendapat beasiswa dari Pemrov. Bali.

Made Sila mengungkapkan FKIP Undwi sudah berkomitmen untuk mencetak calon guru yang profesional dan berkarakter. Calon guru yang berkarakter ini ditandai dengan guru yang bertanggung jawab, cerdas secara intelektual bermoral dan beretika.

Selain itu guru yang dicetak FKIP Undwi ditekankan pada karakter cinta tanah air dan pro-fesinya, memiliki olahpikir, olah-rasa, olahkarsa serta sehat. Guru yang dicetak FKIP Undwi, kata dia, juga kental dengan nuansa reli-

Bisa Tamat 4 Tahun, Langsung KerjaFak. Teknik Unwar

mendahulukan bekerja daripada menyelesaikan studi.

Ia menegaskan FT Unwar tak mencetak pengangguran ka-rena semua lulusannya bekerja sebelum tamat. Aluminya banyak berkiprah di bidang konstruksi, konsultan, property dan PNS. Bah-kan banyak yang menjadi leader serta pemimpin perusahaan besar di Bali.

Sekitar lima persen alumninya berkiprah di lembaga legislatif (DPRD Bali dan kabupaten), se-bagian lagi menjadi pengajar dan berbisnis. Ia yakin FT Unwar akan terus dikejar masyarakat karena mutunya. Apalagi saat ini peme-rintah memerlukan 2 juta sarjana te-nik tiap tahun untuk pembangunan infrastruktur di kota dan di desa.

Jika kamu kuliah di FT Un-war, kamu akan diajak terjun ke masyarakat lewat pengabdian masyarakat. Belum lama ini pro-gram ini digelar di Desa Pekra-man Candi Kuning. Desa ini sudah menjadi desa binaan FT Unwar sejak 2006 hingga sekarang.

Selama tiga hari di desa, do-sen, mahasiswa bersinergi dengan masyarakat melakukan gotong royong di Pura Prajapati Candi Kuning, juga menggelar seminar internasional.

Juga digelar Kimar (Kemah Ilmi-ah Mahasiswa Arsitektur) dengan mendesain Pura Ulun Danu Berat-an. Kimas (Kemah Ilmiah Maha-siswa Sipil) mengadakan pengu-kuran dan pendataan Pura Ulun Danu Beratan. Selain itu meng-gelar lokakarya, membuat Renstra (Rencana Strategis), Renja (Ren-cana Kerja), Renop (Rencana Operasional), buku kebijakan dan standar akademik, dan buku pan-duan Penjaminan Mutu.

Dekan FT Unwar, Dr. Wayan Parwata mengungkapkan ke de-pan pihaknya akan meningkatkan jumlah donator untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki ke-inginan besar untuk melanjutkan pendidikan di FT Unwar. Di sam-ping itu juga meningkatkan jum-lah mahasiswa yang akan masuk

ke FT Unwar periode 2012/2013 mendatang dengan membantu memberikan beasiswa bekerja sama dengan Kabatek Unwar.

Program lainnya yakni me-ningkatkan kerja sama dengan pihak ketiga guna menanggulangi kemiskinan melalui kegiatan be-

SARASWATI - Dekan FT Unwar Dr. Wayan Parwata bersama dosen dan mahasiswa saat perayaan Saraswati.

-a

n-

ta bersama do

dah rumah, bedah sekolah dan se-bagainya.

Ia menambahkan alumni FT Unwar banyak berkiprah di bidang konstruksi, konsultan, property dan PNS. Bahkan banyak menjadi leader serta pemimpin perusahaan besar di Bali. (adv/sue)

ndgAssdSkF

kPdsPUdImUtmn

giusnya, siap menjadi teladan dan panutan. Ini sesuai dengan visi Dwijendra sebagai pusat pengem-bangan dan pelestarian budaya Bali dan agama Hindu.

Ditambahkannya, dengan tun-tutan kemajuan di dunia pendidik-an, guru tak boleh berhenti belajar. Makanya ia menyarankan lulusan FKIP Undwi untuk terus melanjut-kan studi ke S-2 sambil bekerja. Sebab, ke depan, syarat guru di Bali minimal S-2 atau setara do-sen.

Menariknya, kamu kuliah sore hari dilengkapi fasilitas lengkap diantaranya lab computer, lab ba-hasa dan microteaching. Semen-tara dosennya minimal berkuali-fi kasi S-2, dan lima dosen sedang menyelesaikan program doktor. Bahkan untuk memantapkan kom-potensi pedagogik dan keprofesio-nalisme seorang guru, FKIP Univ. Dwijendra memiliki sekolah lab tersendiri. Termasuk kamu rutin diajak berstudi banding ke lem-baga (LPTK) terkemuka di Indo-nesia. (sue/adv)

Drs. Made Sila, M.Pd.

di atas 3 terus menerus serta tepat memprogramkan kuliah regular dan ekstra kurikuler, maka dalam 3 tahun bisa lulus menjadi sarjana,” jelas Prof. Raka Suardana. (adv/*)

Dekan FEB Undiknas Univer-sity, Prof. Dr. IB Raka Suardana, SE.,MM bergambar bersama be-berapa mahasiswi saat berkun-jung ke BRDC Bali.

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

jika dirinya begitu getol menekuni seni tabuh maupun tari. Bagi su-lung tiga bersaudara pasangan Ir. I Made Budiadnya-Ni Ketut Nurasti ini, seni tari dan tabuh sepertinya sudah tidak dapat dipisahkan de-ngan kesehariannya. Tentunya tetap seperti ABG kebanyakan yang sesekali waktu juga suka in-ternetan maupun main games.

Bagas yang beralamat di Br. Puseh Kanginan, Sanur dikenal sebagai seniman belia berbakat.

Sejak tahun 2008 lalu, dia sudah bergabung dengan duta seni Kota Denpasar, tampil di arena Pesta Kesenian Bali. Tiap tahun Bagas yang jago menarikan Tari Kebyar Duduk ini, tak pernah absen tampil di PKB. Jika di seni tabuh kemam-puan makendang sudah tidak tertandingi, demikian juga dengan bidang tari. Berlatih di Sanggar Tari Warisi asuhan Ibu Arini, S.ST., Bagas sukses menjadi penari ter-

baik pada perhelatan seni pelajar tahunan Kota Denpasar belum lama ini.

Ditanya cita-cita, Bagas be-lum teralalu memikirkan. Baginya pekerjaan apapun jika ditekuni sungguh-sungguh pasti membuah-kan hasil termasuk seni sekalipun. Terpenting saat ini dia berusaha mengisi hari-harinya dengan baik untuk menekuni seni dengan prin-sip tari yes, tabuh OK. (ast)

tersebut senantiasa diperdengar-kan ketika jam istirahat. Dengan lirik yang sederhana dan dengan aransemen musik yang gembira, dosen asal Sukawati ini optimis, lagu Jaya-jayalah Trisma akan me-motivasi siswa untuk menunjukkan prestasi terbaiknya.

Salah seorang penyanyi lagu Jaya-jayalah Trisma Deva Eka merasa bangga mendapat kesem-patan menyanyikan pertama kali lagu tersebut. Mantan penyanyi je-bolan Idola Cilik salah satu stasiun TV swasta nasional ini melihat, lagu

tersebut, dapat memberikan sema-ngat untuk berpacu dalam prestasi.

“Pokoknya lagunya asyik dan gembira serta penuh semangat,” ujar siswa kelas X 5 ini.

Pendapat yang sama disampai-kan Ayu Sada, Esa dan Wiyata. Apalagi jika dinyanyikan ramai-ra-mai, lagunya menjadi makin asyik. Belum lagu ditampilkan dengan paduan koreo garapan I Kadek Sumariasa, S.Sn. “Pokoknya sik asyik lagu ini jika ada lomba,” kata mereka kompak. (ast)

Page 15: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

OOpini

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek,dll. Naskah diketik 2 spa-si dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 15Pengetahuan

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tang-gal 24 Oktober, anggota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liput-an : Made Sueca. Anggota Redaksi : Pujawan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra

Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra Prayoga. Wartawan Sekolah : Dewa Agus Sanjaya Putra, Adri, Yuni Samstiari, Desak Putu Asmi Krishnayanthi, Indri Pratiwi Wulandari, Putu Suarningsih (SMAN 1 Rendang), Angga Sudiartama (SMAN 2 Sidemen), Luh Putu Maylandari Putri (SMAN 1 Selat), Ekayani Sri Trisniari (SMPN 1 Sidemen), Sri Febriyanti (SMA Saraswati Selat), Komang Wiary Parmiati (SMPN 1 Rendang), Kadek Suparmi (SMPN 3 Rendang), Astra Indrawan, Gede Sudiatmaja (SMAN 1 Sukawati), Putu Ririn Andreani, Kadek Ariasa (SMAN 1 Gianyar), Ayu Amanda Pramaiswari, Putu Nugraheni (SMAN 1 Ubud), Yumas Sukmatika, Windi Pranata Putra (SMAN 1 Tampaksiring), Ketut Doni Angga, Desy Adnya Dewi (SMAN 1 Blahbatuh), Damayanthi (SMAN 6 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafi s : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pemimpin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

BUKAN hanya Samsung Galaxy Tab dan Apple iPad yang menjadi trend dalam dunia gadget saat ini. Banyak dari merk lainnya juga ikut meramaikan dalam pemasarannya, seperti huawei, ZTE, dan lain-lain. Dan memang Samsung Galaxy Tab serta Apple iPad menjadi top gadget dimana setiap orang memimpikan untuk dapat memilikinya.

Nah, untuk tetap mendapatkan kinerja yang maksimal dari gadget satu ini maka diperlukan perawat-an, untuk itu silahkan simak tips merawat tablet/iPad agar tetap awet digunakan.Kebersihan Layar

Seperti diketahui LCD menjadi bagian paling vital pada gadget ini, hampir 90% merupakan layar sentuh (touchscreen). Layar harus dijaga dan dirawat dengan baik jika ingin gadget tetap normal. Salah satu kebiasaan buruk yang harus dihilangkan adalah menggunakan ujung baju atau kaos untuk menge-lap layar. Cara ini secara refl ek bi-asanya dilakukan pengguna PDA phone kalau melihat berdebu atau berminyak. Mengelap dengan baju justru akan menyebabkan goresan karena kainnya mungkin kasar dan menekan partikel debu yang me-nempel pada layar.

Cara yang benar adalah meng-gunakan alat penghembus udara khusus untuk menghilangkan ko-toran lalu dengan hati-hati mengu-

sapnya dengan tisu khusus un-tuk lensa atau LCD. Lebih aman lagi kalau setelah dibersih-kan, LCD diberi lapisan pelin-dung LCD.K e a m a n a n “Body”

Selain ke-bersihan layar, keamanan dan kebersihan body juga harus di-jaga. Lebih baik dibelikan tas atau dompet khusus. Body juga bisa diberi sarung pelindung dari karet atau kulit supaya lebih aman dari benturan.Penempatan

Sebaiknya perangkat dijauhkan dari air, kelembaban dan panas yang tinggi serta sinar matahari langsung.Perawatan “Battery”

Pengisian battery jangan sam-pai terlambat atau kelebihan. Jangan sampai menunggu bat-tery mati total baru di charge. Saat charge perhatikan indikatornya, jika sudah full segera cabut. Bila dibiarkan dalam kondisi full terlalu lama over charge, battery pun jadi bocor dan tidak awet.Miliki Sistus Resmi

Kasus lain yang sering ditemui

adalah kerusakan software kare-na crash program. Penyebabnya adalah pengunduhan yang kurang sempurna. Pengguna iPad sebaik-nya memiliki akun pribadi di situs resmi Apple. Berbagai program bisa di-download dari situs resmi ini. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas koneksi internetnya saat download. Karena biasanya pemi-lik iPad melakukannya dengan PC. Jika koneksi kurang bagus, aplikasi tidak terunduh sempurna. Giliran di-install ke iPad kemungkinan be-sar akan terjadi crash. Jika sudah seperti ini, jalan keluarnya adalah membersihkan program penyebab crash atau format ulang iPad, ter-gantung tingkat kerusakan yang kita sebabkan.

Wisma AriRegrisma

OOpini

OOpini

KAN hanya Samsung Galaxyan Apple iPad yang menjadi

sapnya dengan tisu khusus un-t k l t

Agar Gadget Tetap AwetAgar Gadget Tetap Awet

dibelikan tas ataulikan t adalah kerusakan software kare

Tips Merawat Modem USB

BIOS adalah singkatan dari Basic Input System. BIOS muncul pada saat IBM mengeluarkan Per-sonal Computer pada tahun 1980-an. Pada sistem IBM, BIOS adalah perangkat lunak yang dijalankan pertama kali saat komputer ber-jalan. Sistem BIOS ini masih diper-tahankan sampai saat ini di kom-puter yang menggunakan konsep seperti IBM PC. Bahkan laptop dan netbook masih menggunakan BIOS ketika pertama kali komputer dihidupkan. Secara sederhana, BIOS memiliki fungsi mengatur dan mengendalikan perangkat keras

yang ada da-lam komputer.

BIOS akan menginisiasi dan menga-nalisa perang-kat keras apa saja yang ter-hubung pada komputer di mana dia di-jalankan. Ke-mudian BIOS m e n g e c e k kesiapan kerja dari perang-kat-perangkat keras yang

terpasang. Jika perangkat keras yang dibutuhkan tidak ada, maka BIOS akan mengeluarkan kode isyarat yang dapat dikenali oleh para teknisi komputer melalui bunyi atau tampilan pesan visual pada monitor. Begitu pula jika perang-kat keras yang dibutuhkan seperti RAM dan VGA card mengalami kerusakan, maka hal yang sama akan dilakukan oleh BIOS.

Bagi mereka yang suka me-ngutak-atik perangkat keras, uta-manya CPU, istilah BIOS tentu saja menjadi tidak asing lagi. Nama BIOS pasti sudah melekat

di telinga. Namun tentu saja akan berbeda dengan orang awam yang tidak mengerti komputer, hanya sekadar pemakai atau bahkan tidak mengerti seperti apa di dalam komputer yang ia miliki. Kata-kata BIOS akan sangat asing dan men-jelaskannya pasti akan sangat sulit sekali karena akan sulit dibayang-kan.

Berikut ini adalah urutan perangkat keras yang dideteksi oleh BIOS : kartu tampilan gratis atau video graphic card; keyboard dan mouse, baik USB; hardisk drive dan sejenisnya; optical drive seperti DVD atau CD; selanjutnya akan dilakukan deteksi terhadap perangkat lainnya sesuai dengan nomor registernya pada BIOS.

Setelah selesai mengecek perangkat keras dan dianggap normal, maka selanjutnya BIOS akan mencari sistem operasi yang biasanya tersimpan di dalam me-dia penyimpanan harddisk, yang sudah ditentukan sebagai Boot Device. Lalu jika sudah ketemu maka akan dimuat dan dijalankan. Ketika sistem operasi sudah ber-jalan, maka BIOS sudah bebas tugas. Semua perangkat keras ada d bawah kendali sistem operasi. Seluruh rangkaian proses dari pertama kali perangkat komputer dihidupkan, ditangani BIOS, kemu-dian sistem operasi disebut seba-

Cara Kerja Bios

PROSES pendidikan ternyata belum berhasil membangun ma-nusia Indonesia yang berkarakter. Bahkan banyak yang menyebut, pendidikan telah gagal mem-bangun karakter. Banyak lulusan sekolah dan sarjana yang piawai dalam menjawab soal ujian, berotak cerdas, tetapi mentalnya lemah, penakut, dan perilakunya tidak terpuji. Bahkan, bisa dikata-kan dunia pendidikan di Indone-sia kini sedang memasuki masa-masa pelik. Kucuran anggaran pendidikan yang sangat besar disertai berbagai program tero-bosan, sepertinya belum mampu dalam memecahkan persoalan mendasar dalam dunia pendidik-an, yakni mencetak alumni pen-didikan unggul, yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.

Pendidikan karakter merupa-kan program pemerintah yang diharapkan mampu membentuk karakter bangsa untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari jen-jang pendidikan dasar hingga per-guruan tinggi. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen

Bukan Hanya Berujung Slogan

pengetahuan, kesadaran atau ke-mauan, dan tindakan untuk melak-sanakan nilai-nilai tersebut.

Setidaknya, ada 18 pendidikan budaya dan karakter bangsa yang perlu ditanamkan kepada peserta didik melalui bangku pendidikan, antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandi-ri, demokratis, rasa ingin tahu, se-mangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersaha-bat/komunikatif, cinta damai, ge-mar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Secara bertahap dan berkelanjut-an, ke-18 karakter tersebut bisa ditanamkan kepada siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler, bimbing-an konseling, pembiasaaan, inte-grasi dalam mata pelajaran, dan muatan lokal (mulok).

Jika karakter sudah terbentuk sejak usia dini, maka tidak akan mudah untuk mengubah karakter seseorang. Melalui pendidikan karakter ini, mampu menciptakan bangsa Indonesia yang berkarak-ter dan pendidikan karakter yang di gembar-gemborkan pemerintah bukan hanya berujung slogan, tapi patut dipraktekan penerapannya.

Oleh Ni Wayan PebriyantiSMAN 3 Denpasar

gai booting up.BIOS disimpan di dalam sebuah

chip ROM yang tidak dapat diubah atau non-volatile dan dipasang pada motherboard sistem kom-puter. Pada masa lalu, BIOS tidak dapat diubah, namun BIOS saat ini bisa dirubah dengan sistem fl ash-ing atau menulis ulang ROM. Bi-

asanya alasan meng-upgrade BIOS adalah untuk meningkatkan perfor-ma atau menambahkan dukungan pada perangkat keras tertentu pada sistem komputer.

Made Satria TresnajayaSMP PGRI 1 Denpasar

BAGI kamu yang mempunyai modem USB, dan ingin modem kesayanganmu awet sampai ber-tahun-tahun maka kamu harus merawat modem tersebut seperti kamu menyayangi seseorang mi-salnya orangtua maupun saudara kamu. Dengan demikian modem pun akan “menyayangi” kamu dan siap menunggu untuk berselancar didunia maya. Nah, berikut Tips Merawat Modem USB :

* Pakailah mo-dem apabila perlu saja, jangan me-makai modem setiap detik (ada waktu istirahat-nya).

* Pastikan mo-dem terpasang secara kuat pada komputer, karena kalau kendor akan mudah terlepas dari komputer kamu.

* Jauhkan modem dari jang-kauan anak kecil.

* Jangan terlalu sering memakai barang elektronik, karena setiap barang elektronik ada lifetime-nya (masa hidup).

* Jangan menyimpan modem di sembarang tempat (didekat air atau tempat yang lembap) simpanlah ditempat tertutup seperti lemari.

* Ini yang paling penting, jangan sekali-kali kamu mencabut modem

dari komputer tanpa melakukan safety remove hardware, apalagi kamu sedang melakukan down-load maupun upload.

Verry DarmawanSMA PGRI 2 Denpasar

Tali

Pada suatu hari ada seorang siswa sedang bercakap-cakap di ruang kelas.Nopik : Eh, main tebak-tebakan

yuk? Aku bosan!Lindha : Ayo!Nopik : Tali pada yang lengket di

pinggang?Lindha : Tali Pinggang kali ya?

Sabuk maksudku!Nopik : Hore betul!

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

Kecelakaan Kereta

Terjadi kecelakaan hebat dalam terowongan kereta api, semua penumpang yang selamat terjebak ditengah terowongan, karena pada dua sisi terowongan tersebut terhalang gerbong kereta yang terbakar.

Saat itu semuanya panik, banyak penumpang yang berteriak kita tidak bisa keluar, kita terjebak, kita akan mati dan lain-lain.Tiba-tiba ada Pak Tua yang berteriak, “Tenang-tenang kita semua pasti akan keluar, saya berani menjamin.” Kemudian suasana menjadi tenang.

Lalu seorang penumpang bertanya, “Bagaimana caranya keluar? semua jalan keluar tertutup oleh gerbong yang terbakar.”

Dengan tenang Pak tua menjawab, “Kita pasti keluar di koran besok.”

Diah KartiniSMP Dwijendra

Gajah vs Semut

Bejo : Dul aku mau nanya nih.Adul : Nanya apa?

Bejo : Suatu hari gajah dan semut naik motor terus tabrakan tapi anehnya semutnya sehat walafi at tapi gajahnya luka parah. Nah kamu tahu nggak alasannya kenapa?

Adul : Pertanyaan yang aneh, nggak mungkin lah gajah tabrakan sama semut tapi semutnya nggak terluka.

Bejo : Kok malah ngeyel bisa jawab nggak?

Adul : Ya sudah nyerah.Bejo : Jawabnya karena si gajah

nggak pakai helm.Adul : ???

Ni Ketut Sukma DewiSMA Dwijendra

Tanda Tangan

Dalam mata pelajaran sejarah, seorang guru menceritakan bagaimana bangsa Indonesia berjuang memperoleh kemer-dekaan bangsa, sampai pada dideklarasi proklamasi Indonesia. Tiba-tiba, guru bertanya kepada salah seorang murid yang agak terkantuk-kantuk, “Coba di mana di-tandatangani naskah proklamasi?”Murid : (Agak tergagap karena

bangun tidur) “Saya ra…rasa, di se..sebelah bawah agak ke kanan, Pak.”

I Made Dwi Darma BudiawanResman

Mandiri

Seorang anak pergi ke kantor pos sambil menggenggam amplop di tangan kiri dan perangko di tangan kanan. Kedua benda itu

diserahkannya kepada petugas.“Apa yang harus saya kerjakan

sendiri, Pak?”“Kamu harus merekatkan sendiri

perangko itu.”“Wah, Bapak salah. Surat

itu milik temanku. Jadi, saya pulang saja biar temanku yang merekatkannya.”

Ni Ketut Sukma DewiSMA Dwijendra Denpasar

Kaki Sapi

Saat jam istirahat, dua orang siswa sedang bercakap-cakap!Dian : Lis, main tebak-tebakan

yuk!Lisa : Oke, apa tebakannya?Dina : Gini lho, di sebuah truk ada

13 ekor sapi. Kemudian sapinya jatuh 1, berapa jumlah kaki sapinya?

Lisda : Cuman kayak gitu tebak-annya, kecil. (meremeh-kan) Ya 13 x 4 jadinya 52.

Dina : Kamu itu, sudah salah sok ngajarin lagi!

Lisa : Trus apa jawabannya?Dina : Ya empat lah, dimana-

mana kaki sapi itu kan cuman empat. Aku kan nanya jumlah kaki sapi, bukan kaki sapi yang ada di dalam truk.

Lisa : Hahaha, iya juga ya.

Fitri SuyaniGrisda

Singa Di pementasan sirkus yang

terbilang penontonnya sangat ramai dan hampir memadati seluruh ruangan tersebut. Dan sirkus pun berjalan dengan baik dan lancar. Sesudah pementasan selesai seluruh hewan pun di kandangkan kembali. Tetapi bos sirkus pun marah kepada asistennya. “Wan! Kenapa kamu

lupa menutup kandang singa setelah pertunjukan semalam?” Tanya bos sirkus tersebut. “Santai saja bos, coba bos pikir. Siapa sih yang berani mencuri singa?” Tanya balik sang asisten. “Ohhh iya juga ya,” kata si bos.

AryaSmapan

Burung

Suatu hari seorang anak kecil datang ke sebuah toko burung. Setengah jam anak itu berdiri melihat burung-burung yang ada.Penjual burung : Dek, dari tadi lihat-

lihat, memang lagi nyari burung apa?

Anak kecil : Emm, angry bird ada nggak om?

Penjual burung : ???

Krisna Adi PrayogaSMKN 1 Denpasar

Bebek

Mardiana : Woe? Ngapain kamu? Ngelamun saja!

Hardian : Nggak kenapa.Mardiana : Main tebak-tebakan

yuk?Hardian : Ayo, terserah kamu saja.Mardiana : Bebek apa yang

jalannya selalu muter ke kiri terus?

Hardian : Tergantung dia disuruh di mana?

Mardiana : Maksudnya?Hardian : Gak tahu ah!Mardiana : Nyerah? Harian : Iya!Mardiana : Bebek dikunci stang!

Wkwkwk.

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

Atlet Di sebuah perlombaan bergeng-

si di suatu negara yaitu lomba marathon seluruh dunia. Seorang atlet dengan nomor punggung 16, tiba-tiba mengambil minuman dari salah satu panitia. “Lohh, kok Anda berhenti berlari dan mengambil minuman milik saya? Capek ya?” Tanya Panitia. “Ah, enggak,” jawabnya. Atlet itu pun menjelaskan. “Ibu saya bilang jangan makan dan minum sambil jalan, apalagi sambil berlari. Nggak sopan!”

Arya

Smapan

Rencana Kabur

Ada dua orang yang dirawat di rumah sakit jiwa sedang menyusun rencana untuk kabur. mereka berencana untuk menggunakan tangga yang akan diletakkan di pintu pagar RSJ tersebut. Rencana telah disusun dengan matang, sebelum mereka kabur diutuslah orang gila pertama untuk melihat situasi di depan. Kemudian dia melaporkan pada orang gila kedua.Gila 1 : Wah kacau, rencana kita

pasti gagal.Gila 2 : Mengapa? Apakah pintu

keluar dijaga ketat?Gila 1 : Tidak, sama sekali tidak

ada penjagaan.Gila 2 : Jadi mengapa?Gila 1 : Karena pintunya tidak

ada. Di mana kita akan meletakkan tangganya?

Gila 2 : Kalau begitu kita tunggu sampai mereka memasang pintu itu, baru kita kabur!

ApriadiKaskusSkensa

Panas

DP : Wah, ada tebak-tebakan nih.

Wah : Apaan Pe?DP : Apa yang semakin tinggi

semakin berat?Wah : Apaan tuh?

DP : Ada hubungannya sama tubuh manusia nih.

Wah : Apaan ya? Aku nyerah deh.DP : Jawabannya itu sakit

demam, semakin tinggi suhu tubuhnya, semakin berat penyakitnya.

Permana (Slavio)Regrisma

Berat Bayi

Rombongan orang menga-dakan kunjungan ke bagian bersalin sebuah rumah sakit. Ketika bayi baru dibawa ke kamar bayi, semua wanita mencoba mengira beratnya, tapi ada satu-satunya orang yang berani menyebut angka dengan tepat.

“Tampaknya seperti 4 kilo 3 ons,” ia percaya diri.

“Ini pastinya bukan pertama kalinya Anda ke sini,” kata seorang wanita di sampingnya.

“Oh,” katanya. “Ini pertama kali saya ke sini.”

“Lalu bagaimana kau bisa tahu berat bayi ini dengan tepat?” Tanyanya.

Dia mengangkat bahu, “Aku seorang nelayan.”

Adi Ratna

Es

Pada istirahat sinta dan jojo bermain tebak tebakanSinta : Eh Jo main tebak tebakan

yuk?Jojo : Yuk, tapi kalau aku bisa

jawab traktir ya?Sinta : Oke deh.Jojo : Apa pertanyaannya?Sinta : Es yang bikin panas dingin

dan pusing-pusing?Jojo : Ehm, apa ya? Nyerah deh.Sinta : Jawabannya essay.Jojo : Iya juga ya, yah nggak jadi

dapat traktiran deh.

Komang Tri Pramana UtamaTriska

Ibu Hamil

Di dalam kelas ada 2 orang anak yang sedang bercakap-cakap.Juni : Artha, main tebak-tebakan

yuk???Artha : Ayo, apa tebakannya???Juni : Apa bahasa jepangnya ibu

hamil berjemur di pantai?Artha : Hems, nggak tahu aku!Juni : Hahaha, gitu saja kamu

nggak tahu. Jawabannya ya kukira kura-kura donk.

Artha : ???Ayu Dewi

Terbang

Anto yang duduk dibangku SD ditanya Bu Fanny.

Bu Fanny bertanya, “Anto, ada lima bebek yang sedang mencari makan disawah. Kalau ditembak pemburu, kena satu yang tinggal berapa?”

Setelah berpikir sejenak, si Anto menjawab, “Nggak ada sisanya bu!”

Bu Fanny bertanya, “Kenapa nggak ada sisanya?

Si Anto menjawab, “Yang lain terbang.”

Diah KartiniSMP Dwijendra

Cek Palsu

Seorang petani masuk ke sebuah toko pertanian untuk membeli tiga kantung pupuk kompos.

Dia memberikan cek dalam pembayarannya dan berkata kepada petugas, “Saya kira Anda ingin melihat kartu identitas saya.”

Petugas menjawab, tanpa ragu-ragu, “Tidak, Pak, itu tidak diperlukan....”

“Kenapa?” tanya petani.“Penipu cek palsu tidak akan

membeli pupuk kompos,” jawab petugas.

Nedi PK

Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Page 16: Wiyata mandala-Bali post. Jumat, 1 - 14 Februari 2013

FOURGRISKA IT Competititon yang digelar SMK PGRI 4 Denpasar sejak Senin lalu, Rabu (23/1) lalu berakhir. Penutupan ajang bergengsi ini ditandai dengan penyerahan piala dan hadiah bagi pemenang.

Penutupan Fourgr iska IT Competition ke- 4 juga diisi dengan pementasan musik kolaborasi oleh siswa dan guru dengan bintang tamu Dek Ulik.

Untuk katagori Microsof Exel juara I diraih Bagus Rai Atyanta dari SMP PGRI 5 Denpasar, juara II dan III masing-masing diraih Alan Pandu Dewanata (SMP PGRI 2 Denpasar) dan Bagus Arisanjaya Irawan ( SMPK 2 Harapan).

Untuk katagori lomba Microsof Word juara I diraih Febiana Wilanda

Kesembilan penari yang telah sukses menyabet sederet prestasi itu, Ida Bagus Eka Haristha, Nyoman Tr iyana Usadhi , I Nyoman Santiyasa, Ni Luh Desi Asri Antari, Nyoman Sutrisna Dewi, Ni Wayan Ditha Sasmitha, Ni Wayan Indah Purnamawati, Sri Ayu Pradnya Larasari dan Ida Ayu Ketut Julya Arcani. Dibalut dengan busana klasik yang didominasi warna-warna hitam, putih, merah dan keemasan.

Tar i Tr iSmaya menuru t penggagasanya Kepala SMAN 3 Denpasar Drs. Ketut Suyastra, M.Pd. menggambarkan kekuatan konsepsi sanghyang tiga wisesa jenyana, sebagai manifestasi keseimbangan kehidupan dalam bhuwana alit. Hidup digambarkan Tari TriSmaya terikat akan janji.

Didahului janji kelahiran sembari menunggu janji kematian, yang merupakan siklus alami utpeti, stiti, lilaning dadi Hyang Trimurti. Oleh karenanya, pendidikan berlangsung selama hayat di kandung badan, selama orang itu masih hidup. Pendidikan wajib dituntut setiap orang, guna membekali perjalanan dharma prawerti dalam kehidupan ini.

“Sudah menjadi tugas mulia p e n g u r u y a s a , m e m b e r i k a n pendidikan yang terbaik kepada anak-anak Trisma, yang datang dan pergi untuk sebuah cita-cita,” ujar Kasek Suyastra.

SMAN 3 Denpasar di bawah komando Kasek Suyastra, tetap mempertahankan dan menjungjung tinggi empat pilar tradisi. Keempat pilar tradisi tersebut kedisiplinan, kesederhanaan, kekeluargaan dan kebersamaaan. Pihak sekolah senantiasa melaksanakan berbagai terobosan untuk memberikan yang

terbaik kepada peserta didik di Trisma. Penanaman sikap mental maupun karakter serta kecintaan pada almamater, telah diupayakan dengan berbagai cara. Salah satunya lewat Tari TriSmaya, yang menjadi tari kebesaran sekaligus kebanggaan keluarga besar SMAN 3 Denpasar. Tak tanggung-tanggung di balik tari kebesaran SMAN 3 Denpasar itu, ada sejumlah pakar seni yang terlibat. Di antaranya Dr. I Nyoman Catra, S.ST., M.A yang bertanggung jawab sebagai penata artistik, sehingga Tari TriSmaya sukses menyedot perhat ian penonton. Penata tari A.A. Gde Agung Rahma Putra, S.ST., M.Sn., tokoh seni tari muda jebolan ISI Denpasar berhasil menciptakan gerak tari yang harmonis dan atraktif, seiring dengan alunan dan tata gamelan.

U n t u k p e n a t a k e r a w i t a n dipercayakan kepada I Nyoman Windha, S.A.Kar, M.A, yang

ketokohannya di bidang cipta karawitan sudah tidak diragukan lagi. Serta didukung penata fokal Desak Made Suarti Laksmi, S.S.Kar., M.A, untuk memberikan sentuhan keindahan lewat perpaduan vokal.

Kasek Suyastra berharap dengan tari kebesaran yang telah digagasanya itu, akan makin memantapkan tanggung jawab siswa dalam menjalankan swadharma sebagai siswa. Demikian juga dengan guru-guru, yang berada di barisan terdepan memberikan yang terbaik untuk anak-anak Trisma, sehingga kelak mereka mampu menjadi insan yang memiliki budi mulia, cerdas dan memiliki karakter dengan tetap berpijak pada prinsip kedisiplinan, kekeluargaan dan kesederhanaan.

“Saya punya keyakinan empat prinsip yang selalu dipertahankan Trisma, akan menghasilan lulusan yang tidak hanya cerdas akademis, juga cerdas secara sosial, yang

sangat dibutuhkan saat ini dan di tahun-tahun mendatang,” kata Kasek Suyastra

Kehadiran tari kebesaran trsima TriSmaya, yang diiringan sekaa tabuh anak-anak ekstra kurikuler tabuh, diyakini akan memberi suntikan motivasi baru, untuk menjadikan hari-hari di SMAN 3 Denpasar, menjadi hari-hari yang penuh semangat, penuh motivasi untuk berprestasi. Motto SMAN 3 Denpasar “Datang dan Pergi Untuk Sebuah Cita-Cita” mampu digambarkan dengan sentuhan seni bernilai tinggi, dengan garapan tari maupun tabuh serta alunan gegendingan yang tertata apik. Besar harapan Kasek Suyastra, lewat seni mampu menyentuh perasaan yang paling dalam, bersama-sama mengibarkan bendera Trisma, agar tetap berkibar dan jaya sepanjang masa.

(ast)

Fourgriska IT Competition

Juaranya Bebas Uang Gedung dan SPP(SMPN 9), juara II oleh A.A. Gede Fandhiananta W ( SMPN 1 Bangli) dan juara III Rivaldo Bagus Soepardhy (SMP K 2 Harapan). Sedangkan di lomba Power Point juara I, II dan III masing-masing diraih oleh I Gede Dharma Kusuma (SMPN 11), Ngurah Bramantha Patra (SMP Raj Yamuna) dan I Gede Bayu Samantara.

Sedangkan untuk katagori lomba desain grafis yang diikuti puluhan siswa SMA/ SMK juara I diraih I Putu Arya Wiguna (SMK Pembangunan Denpasar), juara II I Gede Arya Merta Yasa (SMK PGRI 1 Denpasar) dan juara III diraih Gede Dananjaya (SMKN 2 Dps.)

Penyerahan hadiah masing-masing dilakukan Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya,M.Pd., Ketua Komite SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. IGB Wiadnyana,M.M.M.Pd., Pembina PPLP Dasmen Kota Denpasar, Drs. Ketut Kontra, Sekretaris PPLP I Wayan Putra,S.H., dan I Made Bandung dan Wayan Suanda.

Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya mengungkapkan juara I, II dan III diterima langsung sebagai calon siswa baru, bebas uang gedung 100 persen dan SPP mulai dari selama enam bulan, sembilan bulan dan 12 bulan. Tentu dengan syarat memilih sekolah ini

sebagai pilihan pertama.Bagi peraih 10 besar, mereka

dibebaskan uang pendaftaran, uang gedung 50 persen dan bebas SPP tiga bulan. Sedangkan semua peserta yanag sudah menerima sertifikat dibebaskan dari biaya pendaftaran dan bebas uang gedung 25 persen.

Ia mengatakan pelaksanaan lomba berjalan lancar. Diharapkan t a h u n d e p a n k u a l i t a s d a n kuantitasnya semakin meningkat. Hanya saja saat ini tak ada yang meraih juara umum padahal sudah disiapkan hadiah laptop dan piala bergilir.

Ia mengatakan tujuan lomba s u d a h m e n g e n a i s a s a r a n . Diantaranya memberi penguatan kemampuan anak-anak di bidang TI, juga memperkenalkan keberadaan SMK PGRI 4 Denpasar sebagai sekolah aliansi bidang pariwisata dan TI serta mengantongi ISO 9001-2008. Bahkan kini sekolah denga siswa 1.519 orang ini memiliki Four Techno Club.

Di b idang TI , s iswa SMK PGRI 4 Denpasar, kata dia, tiap tahun langganan juara animasi di Denpasar, Bali hingga ke tingkat nasional. Sedangkan dari segi fasilitas, ia banyak dibantu oleh komite sekolah. (sue)

SMA Dwijendra Denpasar yang keren disebut SMA DJ mengawali semester baru ini meraih sukses ganda. Selain sukses nyanggra HUT Yayasan Dwijendra Pusat, juga sukses memboyong piala bergilir Rektor IHDN Denpasar setelah keluar sebagai juara umum I Lomba Yoga Asanas se- Bali.

Lomba yang d iadakan , Sabtu (19/1) lalu diikuti puluhan kelompok pegiat yoga dari SD, SPM, SMA dan masyarakat umum se- Bali.

Tim yoga SMA Dwijendra be rkekua tan enam o rang terdiri dari Cita Karismayoni, Dwi Mawarni Permana, Widya Adnyani, Yogi Pratama, Budiarta dan Hendra Hadinata. Tim Yoga Asanas SMA Dwijendra yang dibina oleh Gede Agus Jaya Negara,S.Ag. tampil maksimal tanpa cacat di ajang bergengsi itu.

Mereka menampilkan gerakan Suryanamaskar, asanas-asanas, dan kombinasi asanas selama 10-15 menit. Agus Jaya Negara mengatakan t im in i hanya disiapkan secara instensif selama seminggu karena sekolah sudah memiliki bibit-bibit yang sudah jadi, sehingga tinggal dipoles saja.

PUNCAK HUT ke-13 SMK PGRI 3 Denpasar, Jumat (25/1) lalu digelar secara sederhana di aula baru sekolah setempat. Kado HUT kali ini berupa peresmian hotel praktik oleh Kadisdikpora Kota Denpasar, Drs. IGN Eddy Mulya.

Puncak HUT diawali dengan upacara bendera. Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya setelah mengunjungi empat kamar hotel praktik siswa juga memotong kue ulang tahun diserahkan kepada Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana,M.M., dan Ketua Komite Dr. Myoman Madiun. Acara dihadiri juga Kabid Dikmen, Drs. Wayan Supartha,M.Pd., pembina Drs. Nyoman Selem Darmana, Pembina PPLP Dasmen PGRI Kota Denpasar, Ketut Kontra. Tema HUT kali ini “Budayakan disiplin menuju pendidikan berkualitas dan berkarakter”. Lewat disiplin, SMK PGRI 3 Denpasar ingin melahirkan SDM berkualitas dan teruji di dunia kerja.

Madiadnyana mengungkapkan serangkaian HUT melibatkan semua komponen siswa, guru dan karyawan. Berbagai lomba dilakukan secara intern guna menggali potensi siswa untuk penguatan pada p rogram keahlian. Termasuk memberi ruang kreativitas bagi siswa lewat pentas seni.

Dia mengatakan pada HUT ke- 13 SMK PGRI 3 Denpasar mendapat kado istimewa yakni gedung berlantai tiga. Gedung in i merupakan hasi l iuran komite, murni swadaya orangtua siswa. Gedung megah lantai tiga ini masing-masing lantai satu diamnfaatkan untuk ruang parkir, ruang guru, kantin mewah dan luas. Sementara itu lantai II dipakai hotel praktik siswa, sedangkan lantai III untuk lima ruang belajar.

Mad iadnyana juga me-

HUT ke-13 SMK PGRI 3 Denpasar

Miliki Hotel Praktik, Siswanya Pemilik Masa Depan

maparkan perkembangan SMK PGRI 3 Denpasar yang didirikan 24 Januari 2000, sejak 2007 sekolah ini membangun secara pesat. Siswa awalnya hanya 35 orang kini menjadi 1.788 siswa. Prestasinya meraih akreditasi A dan mengantongi sertifikat ISO 9001-2008. SDM gurunya, 80 persen guru SMKN 4 Denpasar, 20 orang sudah berkualifikasi S-2.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya menekankan melihat perkembangan SMK PGRI 3 Denpasar, ia yakin siswanya menjadi pemilik masa depan. Alasannya, mereka diproses secara berkualitas dengan PBM berbasiskan IT, lengkap sarananya dan mampu mencetak SDM siap pakai.

P a d a u s i a k e - 1 3 i a mengaku kasek dan komite sudah mampu memetakan dan menempatkan posisi SMK PGRI 3 Denpasar sebagai sekolah bermutu. Buktinya, kepercayaan masyarakat sangat tinggi dan dicintai. SMK, kata dia, kini dijadikan pusat pengembangan ekonomi kreatif. Program Tata Boga dan AP yang dibuka di SMK PGRI 3 Denpasar, termasuk tata kelola industri pariwisata sebagai ekonomi kreatif.

Sehari sebelumnya keluarga besar SMK PGRI 3 Denpasar, Kamis (24/1) lalu tumpah ruah mengikuti jalan sehat dan sepeda sehat. Madiadnyana mengatakan sengaja menggelar jalan sehat dan sepeda sehat untuk menjadi pelopor gerakan hemat energi. Gerakan ini perlu digalakkan lagi di tengah semakin mahalnya energi saat ini.

Jalan sehat dan sepeda sehat kemarin menempuh jarak 9 Km dengan hadiah utama sebuah laptop, sepeda gayung dan televisi. Acara itu juga diisi dengan hiburan band anak SMK PGRI 3 Denpasar. (sue)

SEPEDA SEHAT - Kasek Nengah Madiadnyana berbaur dengan siswa saat membuka sepeda dan jalan sehat HUT ke-13 SMK PGRI 3 Denpasar.

SMA Dwijendra Juara Umum I Lomba Yoga Asanas se- BaliKarena SMA Dwijendra memiliki pelajaran wajib yoga, dua jam per minggu. Jadwal yoga ditentukan per kelas.

Tim SMA Dwijendra berhak atas piala tetap, piala bergilir dan bonus hadiah Rp 1 juta. Tim yoga SMA DJ tahun lalu meraih juara umum II di yoga asanas di IHDN. Di samping itu juga juara umum II tingkat nasional di Jambore Hindu Nasional.

Kepala SMA Dwijendra Denpasar, Ida Bagus Alit Bajra Manuaba,S.Pd, tampak tersenyum manis ketika menerima tim yoga asanas. Ia bersyukur anak asuhnya mampu bersaing dengan kalangan umum dan asram di Bali. Perjuangan ini ia katakan sangat berat namun mampu dilakoni dengan baik karena disiplin dalam latihan.

Prestasi ini, kata dia, pas dengan visi dan misi Yayasan Dwijendra dan SMA Dwijendra sebagai sekolah umum berbasiskan spiritual. Mata pelajaran yoga yang wajib diikuti siswanya adalah bagian penting dalam pembentukan pendidikan karakter bangsa agar lulusannya menjadi manusia dan insan yang madani, cerdas intelektual, sosial dan sipiritualnya. “Prestasi ini menunjukkan bahwa pembinaan yang dilakukan secara kontinyuitas

tak sia-sia,” ujarnya.Selain di yoga asanas, siswa

SMA Dwijendra juga meraih juara III lomba tari Jauk Manis oleh Kevin Dian di Faksas Unud. Gurunya juga mengukir prestasi dimana Luh Putu Purnawati dan Gusti Ayu Nyoman Kartika meraih juara I matembang di Hari Guru Nasional se- Bali. Di samping itu Luh Putu Purnawati meraih juara II guru Agama Hindu berprestasi di Kota Denpasar.

(sue)

PIALA - Kasek Ida Bagus Alit Bajra Manuaba dan Agus Jaya Negara bergambar dengan Tim Yoga Asanas SMA Dwijendra yang meraih piala bergilir rektor IHDN Denpasar.

BERSMA - Para juara Fourgriska IT Competit ion bergambar bersama dengan Kasek Ketut Suarya dan Pembina dari PPLP Dasmen PGRI Kota Denpasar.

16Jumat, 1 - 14 Februari 2013

Sederet Prestasi