Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

16

description

Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

Transcript of Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

Page 1: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

16Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Paskibraka

ksi Guru

KELUARGA besar SMAN 1 Denpasar (Smansa), Rabu (8/8) lalu menggelar puncak HUT ke-52 tahun. Puncak HUT ditandai dengan pelepasan balon oleh Kepala Smansa, Drs. I Nyoman Purnajaya,M.Pd., bersama Kadis-dikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya.

Tema HUT kali ini mening-katkan pembinaan kecerdasan, kreativitas dan tanggung jawab demi terciptanya generasi emas Indonesia. Saat itu juga diserah-kan piala dan hadiah aneka lomba serangkaian HUT dan cindera-mata kepada guru dan karyawan yang memasuki masa pensiun.

Kepala SMAN 1 Dempasar, Drs. I Nyoman Purnajaya,M.Pd., mengungkapkan di usia Smansa yang kian dewasa tetap tampil menjadi sekolah terpandang dan bermutu di Bali. Ini men-jadi tantangan sivitas akademika Smansa untuk terus berbenah diri dan meningkatkan diri.

Prestasi siswanya juga patut dibanggakan. Sejak Juli- Agustus, dari 13 event yang diikuti se-muanya mampu meraih prestasi. Ada yang meraih medali perak olimpiade di Singapura, lomba essay tingkat nasional, lomba basket dan LKTI. Bahkan sejum-lah siswanya dikirim ke AS atas prestasi itu.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya yang juga alumni Smansa berbangga Smansa

selain berkibar di sekolah juga di masyarakat lewat peran alum-ninya dan bertaburan prestasi.

Dia minta kembangkan upaya koordinasi dan komunikasi warga sekolah dan stakeholders guna memajukan Smansa. Untuk bisa mencapai itu program menuju perubahan. Warga sekolah selalu berpikir positif dan menjemput perubahan dengan pikiran yang baik. Smansa diminta menjadi sekolah model dengan tata kelola sekolah yang berbasis akuntabili-tas. Bahkan dia akan lombakan sekolah berbasis tranparansi dan akuntabilitas. Pemkot Den-pasar pun sudah menerapkan e-goverment dan pelayanan publik menjadi andalan kinerja peme-rintahan. Bahkan sekolah bagian dari pelayanan publik, makanya tak boleh menghindar dari tata kelola yang trasparansi dan akunt-abilitas.

Serangkaian HUT Smansa, digelar berbagai event yang me-libatkan siswa Smansa dan siswa di Bali. Ketua Panitia HUT ke-52 Smansa, Drs. I Ketut Loper Winartha,M.Pd., mengungkapkan serangkaian HUT digelar berbagai agenda lomba eksternal Olim-piade Fisika, Kimia, Komputer, LKTI, seni teater, mading, LKBB, Story Telling, Speech Contest, Quis Contest dan EDC. Di samp-ing itu ada Liga Karmani, aksi kebersihan, donor darah, festival band dan fun climbing. (*)

Smansa Sekolah Model Tata Kelola Berbasis Transparansi

BALON - Kadisdikpora IGN Eddy Mulya bersama Kasek Nyo-man Purnajaya, Prof. Rahmanta dan Prof. Supartha melepas balon pucak HUT ke- 52 Smansa.

PUNCAK HUT ke-6 SMAN 8 Denpasar yanag lebih dike-nal dengan sebutan Smapan, Rabu (8/8) lalu peringati secara sederhana dalam apel bendera. Hadir di acara itu Ketua Komite Smapan, A.A. Ngurah Gede Widiada,S.H., dengan Inspektur Upacara Kepala Smapan, Drs. Ida Bagus Ngurah,M.Si.

Puncak HUT ditandai dengan pelepasan balon dan potong tumpeng kue ultah. Saat itu para siswanya menyerahkan sejumlah piala prestasi dari tingkat regional hingga internasional. Di antarnya juara I gateball internasional, juara UDG, palawakya, futsal, tari oleg, menyanyai pop Bali dan bidang akademis lainnya.

Tahun lalu tema HUT Smapan adalat mulat sarira dan amus-ti sarira yakni introsfeksi dan mengembangkan diri. Tahun ini bertemakan “Hening-heningin Sarira”. Bagaiaman mempelajari diri memendam sifat yang kotor membangkitkan taksu kebaikan. Ida Bagus Ngurah mengatakan ibarat lumpur, kotoran dipendam sehingga yang muncul ke per-mukaan adalah sifat kebaikan. Makanya kasek yang juga dalang itu meminta siswanya mentaati aturan sekolah dan jika tak serius di Sampan siap dikembalikan kepada orangtuanya.

Ia menganggap Smapan adalah siswa kelas VI SD, namun

Ayu Werdhi Smapan, “Hening-heningin Sarira”

naik kelas percepatan karena baru lahir sudah banyak mengalami kemajuan. Ini dibuktikan prestasi siswanya dan kelulusan alumninya mencapai 100 persen sejak angkat-an pertama.

Ketua Komite A.A. Ngurah Gede Widiada mengungkapkan Smapan yang kelahirannya penuh dengan angka delapan tanggal delapan bu-lan delapan harus tampil berkuali-tas. Di HUT ke-6 Smapan perlu introsfeksi diri agar tak takabur, jus-tru warganya mengasah diri sesuai dengan swadharma-nya masing-masing meliputi kecerdasan intelek-tual, kecerdasan sosial, kecerdasan emosional dan spiritual.

Semua kecerdasan ini menen-tukan langkah maju Smapan ke depan. Makanya ia menilai pas tema tahun ini yakni “Hening-he-ningin Sarira”. Semua komponen dan potensi positif dikedepankan, yang tak bermanfaat dipinggirkan. Inilah yang dia katakan memba-ngun demokrasi guna menghasil-kan SDM unggul sesuai karakter jamannya.

Ketua Komite yang juga pe-ngelingsir Puri Peguyangan ini mengajak semua warga seko-lah mempertegas komitmenya menjadikan Smapan sebagai sekolah model dalam budaya dan agama. (*)

TUMPENG - Kasek IB Ngurah dan Ketua Komite,A.A. Ngurah Gede Widiada saat potong tumpeng Ultah ke- 6 Smapan.

PUNCAK HUT ke- 47 SMKN 4 Denpasar dilaksanakan, Senin (13/8) lalu lewat apel bende-ra. Puncak HUT ditandai de-ngan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon oleh Kepala SMKN 4 Denpasar, Drs. Nyoman Selem Darmana, M.M.

Di acara itu juga diserahkan cinderamata bagi guru yang me-masuki masa pensiun. SMKN 4 Denpasar 1965 bernama SKKA, SMKA dan 1997 menjadi SMKN 4 Denpasar dan 2007 meraih ISO 9001-2008.

Berbagai acara digelar serang-kaian HUT. Ketua Panitia I Made Suarta,S.Pd., mengatakan selain lomba intern seperti lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Bali, menulis aksara Bali, mekidung, making bed, dll, siswa SMKN 4 juga mempersembahkan piala juara I pramuka. kuliner. Made Suarta mengatakan agenda lomba bernuansa Bali dan pari-wisata.

Kasek Nyoman Selem Dar-mana mengungkapkan SMKN 4 Denpasar yang berstatus RSBI lulusannya kini berorientasi pada pasar kerja luar negeri. Jadi, lulusanya tak hanya disiapkan mengisi peluang kerja di dalam negeri saja juga berkiblat pada pasar luar negeri. Hal ini didukung kompetensi bidang keahlian di AP dan Tata Boga siswanya dengan penguatan pada bahasa asing. Siswanya mendapat 9 jam bahasa asing/minggu AP dengan tambahan Inggris dan Jepang dan Tata Boga (Inggris

HUT ke- 47 SMKN 4 Denpasar

Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing Tinggi

dan Prancis).Selem Darmana mengakui

tingginya daya saing lulusannya merambah pasar luar negeri dibuk-tikan sebagian siswanya diterima di AS, Kanada, Dubai dan Singapura baik bekerja di darat maupun kapal pesiar.

Dia mengakui HUT sengaja di-lakukan secara sederhana namun penuh makna. Dia menegaskan kado HUT kali ini yakni terbit-nya rekomendasi dari URS yang menyatakan SMKN 4 konsisten mengimplementasikan manajemen mutu ISO 9001-2008.

Dia menegaskan kunci itu semua adanya komitmen dan kerja keras semua warga sekolah. Makanya Selem Darmana mengucapkan teri-ma kasih atas kerjasama selama ini termasuk kepada mantan Wakasek Kesiswaan SMKN 4 yang juga

Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. Nengah Madiadyana,M.M. yang hadir di puncak HUT. Bah-kan dia mengajak warganya untuk tekun menerapkan 3-K yakni komitmen memberikan pelayanan terbaik dan maksimal, kedua konsisten dan ketiga konsekuen dengan tanggung jawab dan swadharmaning masing-masing.

Dia mengatakan SMKN 4 harus tampil unggul baik di dunia kerja maupun studi lanjut. Kunci-nya adalah konsisten memberi pelayanan terbaik. Pendidikan di SMKN 4 Denpasar harus berka-rakter, tegas dan jelas misinya, bukan mendidik asal-asalan tanpa arah. Makanya dia menyimpul-kan kuat dalam iman, santun perilakunya, tangguh ilmu penge-tahuannya dan tiada hari tanpa prestasi. (*)

HUT - Kepala SMKN 4 Denpasar, Nyoman Selem Darmana menda-pat ucapan selamat dari Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Nengah Madiadnyana.

SMP Negeri 7 Denpasar ada-lah salah satu sekolah menengah pertama yang memiliki ekstra Paskibra. Ekstra ini telah berkem-bang sejak tahun 1989 silam yang diprakarsai oleh Yosi Eko Pratomo. 23 tahun sudah Paski-bra SMP Negeri 7 Denpasar beru-saha mempertahankan kualitas dan eksistensi kegiatan maupun lulusannya.

Menghasilkan lulusan yang berkualitas merupakan salah satu visi Paskibra SMP Negeri 7 Den-pasar. Untuk merealisasikan hal tersebut, diadakanlah pelatihan bagi anggota Paskibra SMP Negeri 7 Denpasar yang lebih dikenal dengan Pusdiklat (Pusat Pendidikan dan Latihan) yang di-adakan setiap dua tahun sekali.

Pusdiklat SMP Negeri 7 Den-pasar pernah bekerja sama de-ngan beberapa sekolah, seperti SMA Negeri 5 Denpasar dan SMP PGRI 11 Badung (SMP PGRI 1 Denpasar). Kini Pusdiklat telah bekerja sama dan mempererat tali persaudaraan dengan Paski-bra SMP Negeri 4 Denpasar dan Paskibra SMP Sapta Andika Denpasar. Tahun ini Pusdiklat Ga-

bungan tersebut kembali diadakan di SMP Negeri 7 Denpasar.

Krisna D. Putra adalah dalang di balik terselenggaranya Pusdiklat Gabungan 2012. Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Udayana ini dipercaya memimpin acara dua tahunan Paskibra SMPN 7 Den-pasar, Paskibra SMPN 4 Denpasar dan Paskibra SMP Sapta Andika. Pusdiklat Gabungan 2012 diadakan mulai tanggal 24 Juni 2012 sampai 28 Juni 2012 dengan mengambil tema “Melalui Pusdiklat Gabungan 2012 Kita Wujudkan Generasi Muda yang Disiplin, Kreatif serta Berkarakter dalam Menghadapi Era Globalisasi”. Krisna Dp, begitu ia biasa dipanggil mengaku, “Tema ini dipilih beranjak dari kepedulian kita terhadap generasi muda. Kita ber-harap mereka tidak tumbuh menjadi pribadi yang manja dan mudah me-nyerah. Di sini kita melatih mereka lebih disiplin baik waktu maupun tingkah laku.” Secara umum, Pus-diklat Gabungan 2012 berharap dapat melahirkan lulusan yang dapat mengabdi bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat.

Berbagai acara diadakan dalam kegiatan ini, diantaranya semi-

nar dari beberapa narasumber (KOREM 163/Wira Satya, Badan Narkotika Nasional, KISARA dan Badan Perbenihan Tanaman Hu-tan), pelatihan baris berbaris oleh KOREM 163/Wira Satya, penghi-jauan dan bakti sosial.

Penghijauan dan bakti sosial adalah kegiatan yang menjadi bukti pengabdian Paskibra SMPN 7 Denpasar, SMPN 4 Denpasar dan SMP Sapta Andika Denpasar terhadap lingkungan sekitar. “Ke-giatan ini kita pilih untuk mengajak remaja khususnya peserta Pus-diklat Gabungan 2012 untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Dalam

kegiatan ini kita menyebar 500 bibit yang terbagi dalam tiga jenis ta-naman. 150 bibit geladak tiang, 50 bibit cempaka Sulawesi, 300 bibit majegau,” jelas Krisna.

Bibit ini disebar ke wilayah Pe-rumnas Monang-Maning, yaitu SD 19 Pemecutan, SD 26 Pemecutan, SD 32 Pemecutan, Banjar Sapta Bumi dan Pura Kemuda Sari, Desa Tegal Kerta. Pura Kemuda Sari adalah tempat utama kita melaku-kan penghijauan dan bakti sosial. Di dalam tempat ibadah tersebut, para peserta bekerja sama menanam dan melakukan upaya pembersih-an dengan tujuan melestarikan

lingkungan.Ditanya mengenai harapan

secara umum, Krisna berkata, “Semoga Pusdiklat ini dapat berlangsung tiap tahunnya dan kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah tradisi namun dapat mem-beri dampak positif bagi generasi muda dan masyarakat”. Semoga dengan kegiatan yang telah ber-hasil kita laksanakan ini dapat menjadi bekal yang berguna bagi peserta Pusdiklat Gabungan 2012 dan meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan.

(Paskibraka SMPN 7)

Page 2: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

OOpini

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek,dll. Naskah diketik 2 spa-si dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 15Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Pengetahuan

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tang-gal 24 Oktober, anggota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liput-an : Made Sueca. Anggota Redaksi : Pujawan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra

Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra Prayoga. Wartawan Sekolah : Dewa Agus Sanjaya Putra, Adri, Yuni Samstiari, Desak Putu Asmi Krishnayanthi, Indri Pratiwi Wulandari, Putu Suarningsih (SMAN 1 Rendang), Angga Sudiartama (SMAN 2 Sidemen), Luh Putu Maylandari Putri (SMAN 1 Selat), Ekayani Sri Trisniari (SMPN 1 Sidemen), Sri Febriyanti (SMA Saraswati Selat), Komang Wiary Parmiati (SMPN 1 Rendang), Kadek Suparmi (SMPN 3 Rendang), Astra Indrawan, Gede Sudiatmaja (SMAN 1 Sukawati), Putu Ririn Andreani, Kadek Ariasa (SMAN 1 Gianyar), Ayu Amanda Pramaiswari, Putu Nugraheni (SMAN 1 Ubud), Yumas Sukmatika, Windi Pranata Putra (SMAN 1 Tampaksiring), Ketut Doni Angga, Desy Adnya Dewi (SMAN 1 Blahbatuh), Damayanthi (SMAN 6 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafi s : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Dewa Nyoman Putra, Luh Gde Nitarini. Pemim-pin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

Pohon

Ketika istirahat Winda dan Amel asyik bermain tebak-tebakan.Winda : Mel, aku punya tebak-

tebakan nih, kalau kamu bisa jawab, PR matikmu aku yang kerjain deh.

Amel : Sip deh, aku pasti bisa jawab. Amel gitu…. Apa pertanyaannya?

Winda : Gini pertanyaannya, po-hon apa yang paling ba-nyak pada saat lebaran?

Amel : Pohon apa ya? Mana ada Win.

Winda : Makanya jangan sok dulu dong, jawabannya itu “po-hon maaf lahir dan bathin”. Hahaha.

Amel : Mohon maaf lahir dan bathin kali…. Ada-ada saja kamu.

Windha KuswaraSMA PGRI 2 Denpasar

Tabrak Lari

Terlihat seorang pemuda tengah mendekati seorang polisi.Pemuda : Pak polisi saya mau

lapor pak!Polisi : Lapor apa?Pemuda : Tadi ada orang tabrak

lari!Polisi : Di mana???Pemuda : Di koran, tadi pagi!Polisi : ????

Yanti Kartika SariSMP PGRI 6 Denpasar

Kerudung

Andy : Mama aku pergi ngaji dulu ya.

Mama : Jangan pergi Andy!Andy : Loh kenapa ma??Mama : Kamu kan laki-laki, kena-

pa kamu pakai kerudung mama?

Andy : Upzzzzz.

Made Ayu Dewi Yuni ASMP PGRI 6 Denpasar

Jeruk

Pada suatu hari, Wawan mem-beli jeruk di pasar.Wawan : Pak, berapa jeruknya

sekilo?Pedagang : Rp.7500 mas!Wawan : Waduh, mahal seka-

li, Rp 5000 saja ya!?Pedagang : Nggak bisa mas, har-

ganya sudah pas!Wawan : Kalau nggak manis,

gimana Pak?Pedagang : Kalau nggak manis,

nggak usah bayar!Wawan : Ya sudah, kalau gitu

yang nggak manis saja 20 kilo!

Pedagang : ???

ApriadiKaskusSkensa

Penemu Bola Lampu

Laksmi : Dedi, kamu tahu nggak siapa penemu bola lam-pu listrik?

Dedi : Tau donk! (Sombong).Laksmi : Siapa hayo?Dedi : Si Thomas kan.Laksmi : Thomas siapa? asal saja

kamu.Dedi : Itu lho, Thomas anaknya

Pak Edi. Hahahha….Laksmi : (Bingung).Dedi : Thomas Alpha Edi- SON.

Hehehe.Laksmi : Alaaah, joke toh. Haha-

haha.Eda

Sisma

Pintu

Pada suatu hari ada dua orang sahabat sedang bercakap-cakap di belakang sekolah.Sarah : Hallo…!Saras : Kenapa?Sarah : Nggak kenapa kok!. Main

tebak-tebakan yuk!Saras : Siapa takut!Sarah : Apa bahasa inggrisnya

pintu?Saras : Door!Sarah : Buka pintu?Saras : Open door!Sarah : Kalau nggak dibukain

pintu?Saras : Apa ya?Sarah : Apa hayo?Saras : Nyerah deh! Memang

jawabannya apa?Sarah : Gedor-gedor! Hahaha.

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

Ngebut

Suatu hari Anas dan Akbar se-dang berbicara di kantin. Di sela-sela omongan mereka yang asyik. Akbar melontarkan tebak-tebakan kepada Anas.Akbar : Nas, aku kasi perta-

nyaan, kalau bisa jawab nanti aku kasi Fruita-man.

Anas : Oke saja, aku siap!Akbar : Ente tahu nggak ibadah

apa yang bisa dijalanin saat naik kendaraan?

Anas : Hmm..., susah juga. Jawabannya DOA!

Akbar : Salah besar! Hahaha.Anas : Terus jawabannya?Akbar : Ya NGEBUT lah.Anas : Kok bisa? perasaan itu

bukan ibadah deh.Akbar : Bisa, ngebut itu ibadah,

semakin ngebut semakin dekat dengan Tuhan, haha….

Anas : Waduh Bar… Bar, ada saja ente ini.

ApriadiKaskusSkensa

Buah

Agus : Ayo Andi, buah apa yang membahayakan.

Adi : Buah duren.Agus : Salah. Yang benar BUAH-

an peledak.Andi : Haha….

Adi Ratna

Hewan Sekolah

Dede : Yan, aku punya tebakan nih.

Ryan : Ah, tebakan lagi! Aku pasti bisa jawab. Mak-lum aku kan juara satu di kelas.

Dede : Jangan sombong dulu, yang ini kamu pasti ng-gak bisa jawab.

Ryan : Emang apa tebakannya?Dede : Hewan apa yang sering

terlambat masuk seko-lah?

Ryan : Mana ada hewan masuk sekolah?

Dede : Yee, namanya juga tebak-tebakan. Ya ada lah. He-wan kaki seribu, karena lama pakai sepatunya. Hahaha.

Rya : Iya juga ya, hahaha.

Adya WiaraputraSmansa

Anjing dan Kucing

Adit : Ris kamu tahu nggak bi-natang yang paling diben-ci sama anjing laut?

Risky : Ya jelas tahu, pasti jawab-annya Kucing Laut kan?

Adit : Ya, benar…. Hebat kamu Ris!

Risky : Y iyalah… Risky gitu loh!

Meidika PutraSMP PGRI 2 Denpasar

Lele

Riko : Don, mau duit nggak? Ka-lau mau jawab tebakanku ya?

Doni : Oke deh, cepat kasi tahu tebakannya!

Riko : Lele apa yang ada di pinggir jalan?

Doni : Pecel Lele, benar kan?Riko : Salah, yang benar itu

LELEpon umum.Doni : Yah…, itu sih namanya

telepon umum.

Astama PutraSMK PGRI 5 Denpasar

Tulisan Jelek

Cerita ini hanya fi ktif belaka bila ada kesamaan mungkin hanya perasaan kamu saja.Cowo : Beb, sms aku kok ng-

gak dibalas sih??Cewe : Ah malu Beb.Cowo : Loh, malu kenapa?Cewek : Tulisanku jelek.Cowo : (Tiba-tiba sepi).

Kadek MartiniSMP PGRI 6 Denpasar

Anjing Pintar Nonton Film

Suatu hari, aku pergi ke bios-kop. Di baris depanku ada orang tua dan anjingnya. Filmnya lucu dan sedih. Di adegan fi lm yang se-dih, anjing itu menangis tersedu-sedu, dan di adegan yang lucu, anjing itu tertawa terbahak-bahak. Begitu terus sampai fi lmnya sele-sai. Setelah fi lmnya selesai, aku mendekati orang tua itu.

“Wah Pak, baru kali ini saya melihat kejadian seperti tadi,”

ujarku. “Anjing Anda kelihatannya suka sekali fi lmnya.”

Orang tua itu lalu menyahut, “Iya tuh. Padahal dia benci buku-nya lho.”

Ketut Sukma DewiSMA Dwijendra Denpasar

Trik Pulang Cepat

Suatu hari di kelas, seperti bi-asa, Pak Guru memberikan perta-nyaan sebelum pulang.

Yang bisa menjawab, bisa lang-sung pulang.Pak Guru : Iya anak-anak, se-

perti biasa, yang bisa menjawab pertanyaan bisa langsung pulang. (Tiba-tiba Jeremy me-lemparkan tasnya ke-luar jendela).

Pak Guru : Siapa yang tadi me-lempar tas?!!!

Jeremy : Saya Pak! Yee saya boleh pulang!!!

Pak Guru : ???

Rimba ErlanggaSMPN 1 Denpasar

Jujur

Seorang perantara sebuah pe-rusahaan real estate berkata ke-pada para calon pelanggannya :Wawan : Bersikap jujur terhadap

semua pelanggan ada-lah moto kami.

Dio : Coba jelaskan keku-rangannya rumah ini.

Wawan : Di sebelah utara kira-kira 3 mil dari rumah ini terdapat sebuah peter-nakan babi; di sebelah baratnya terdapat 2 pabrik pengolah air lim-bah; di sebelah timurnya terdapat sebuah pabrik kimia, dan di sebelah selatannya terdapat pabrik pembuat saus.

Dio : Kalau begitu, kelebihan rumah ini di mana?

Wawan : Kelebihannya ialah se-tiap hari kalian bisa memastikan dari arah mana angin sedang bertiup.

ApriadiKaskusSkensa

Ikan

Hari : Lang, aku punya tebak-tebakan nih!

Gilang : Memang apa perta-nyaannya? Hari jago-nya!

Hari : Coba jawab ya…, ikan apa yang matanya ba-nyak?

Gilang : Ikan apa ya? (sambil berpikir).

Hari : Nyerah saja kamu!Gilang : Iya deh, tapi apa jawab-

annya?Hari : Jawabannya Ikan Teri 1

ember.Gilang : Bisa saja kamu Har.

Astama PutraSMP PGRI 5 Denpasar

Ayam

Dodi : Gus, aku punya perta-nyaan nih!

Agus : Pertanyaan apa?Dodi : Menurutmu ada nggak

ayam di rumahmu yang berbunyi pagi-pagi?

Agus : Setahuku sih nggak ada, kalau ayam kan bunyinya ku… ku… ruyuk….

Dodi : Wah, kamu pintar Gus, ng-gak bisa dibohongin.

Meidika PutraSMP PGRI 2 Denpasar

SEIRING berjalannya waktu, ke-cepatan komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows mulai menurun. Ini akan terasa pada ke-nyataan bahwa sistem mengambil lebih banyak waktu untuk menang-gapi tindakan seperti membuka fi le, folder, berselancar di inter-net dan tugas-tugas lain. Na-mun kamu tak perlu khawatir, berikut beberapa cara yang dapat kamu tempuh untuk me-ningkatkan performa komputer kamu :

Pastikan HardwareHal yang mustahil untuk mem-

percepat komputer jika mainboard hanya mendukung Pentium 3. Jadi syarat pertama adalah hardware harus memungkinkan untuk lari kencang.

Bersihkan DesktopJangan terlalu banyak fi le ber-

serakan di desktop, karena secara signifi kan walaupun kecil akan mempengaruhi kinerja komputer. Jadi simpanlah fi le pada tempat-nya.

Scan System WindowsSebuah sistem operasi adalah

kumpulan fi le yang melakukan fungsi yang berbeda. Hal ini me-mungkinkan dari waktu ke waktu, satu atau lebih fi le-fi le sistem telah berubah atau menjadi rusak. Jika

hal ini terjadi, kecepatan sistem bisa berkurang. Dengan meng-gunakan utilitas yang disebut “System File

Checking”. Dia akan memeriksa fi le-fi le de-

ngan benar sehingga masalah bisa ditemukan.

Scan Virus, Spyware dan Adware

Setiap komputer Windows ren-tan terhadap virus apalagi yang basis Windows XP. Scanning berkala dan penghapusan Virus, Spyware dan Adware merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer.

Uninstall ProgramUninstall program yang tidak di-

gunakan. Menghapus program ini akan membebaskan ruang pada komputer kamu dan dapat mem-

percepat kinerja sistem.

Mengatur Efek VisualSebaiknya atur efek visual ke

posisi best performance. Untuk mempercepat vista di komputer tertentu kamu dapat menonaktif-kan fi tur dan fungsi yang tidak di-gunakan.

Perhatikan Pengoprasian Program

Jangan jalankan suatu program secara otomatis saat start up. Ke-cuali kamu selalu menggunakan program tersebut. Tetapi jika ja-rang digunakan lebih baik di non-aktifkan saja dari auto start. Ca-ranya adalah klik [Start] lalu pilih [Run] untuk XP lalu ketik msconfi g.exe lalu [Enter]. Untuk Vista cukup ketik msconfi g lalu [Enter]. Kemu-dian klik tab [Start Up] dan lihatlah mana saja program yang sangat jarang digunakan hapuslah tanda centangnya.

Defragment Hard DriveSemakin banyak informasi dan

program yang kamu miliki di kom-puter, semakin besar kemungkin-an Windows telah menempatkan bagian-bagian fi le yang sama di lokasi yang berbeda pada hard drive kamu.

Gusti Bagus Umbhara Dharma Putra

SMKN 3 Tabanan

OOpinOpin

SEIRING berjalannya waktu, ke-epatan komputer dengan sistem

i Mi ft Wi d l i

hal ini terjadi, kecepatan sistem bisa berkurang. Dengan meng-

percepat kinerja sistem.

Mengatur Efek Visual

Tips Mempercepat Kinerja KomputerTips Mempercepat Kinerja Komputer

HANDPHONE, ponsel atau HP saat ini jadi kebutuhan primer dalam aktifi tas sehari-hari. Komu-nikasi dengan keluarga, sahabat, teman, patner bisnis sampai pacar cukup dengan pijit melalui gadget ini. Yang paling bikin kesal ada-lah saat ada keperluan penting, lalu tiba-tiba HP lowbat atau ke-habisan baterai. Untuk menganti-sipasi supaya tidak terjadi hal de-mikian, berikut beberapa tips untuk menghemat baterai handphone :

1. Kurangi brightness atau keta-jaman layar LCD ponsel. Biasanya terletak di setting – display (ter-

gantung jenis HP yang diguna-kan).

2. Untuk setting GPRS pi-lihlah : ‘when needed’ jangan pilih ‘when available’. Karena untuk searching signal GPRS (3G juga) memerlukan daya yang besar. Atau jika sinyal tidak juga masuk ketika HP sudah restart berkali-kali se-baiknya matikan dulu HP kamu beberapa saat.

3. Lepaskanlah enhancement (headset, kabel data, dll) bila su-dah tidak terpakai serta matikan fi tur bluetooth, infrared, animasi dan fungsi getar pada ponsel, se-bisa mungkin hindari penggunaan mode getar dan mode ringing ber-samaan. Sedapat mungkin, guna-kan mode getar pada saat yang diperlukan saja.

4. Kurangilah volume ringtone dan volume speaker (volume per-cakapan) sampai batas optimal sesuai kemampuan pendengaran.

5. Charge baterai HP hanya bila sudah ada peringatan ‘Low bat’

jangan biasakan baterai HP keha-bisan total daya. Kalaupun kebetu-lan saat lowbat tidak membawa charger, lebih baik matikan saja HP, sebelum mati sendiri karena daya habis total. Jangan meng-gunakan charger mobil, pada saat posisi on, setengah-setengah atau gonta ganti charger.

6. Jika baterai rusak, ganti de-ngan baterai HP yang original, su-paya kualitas ponsel tetap terjaga.

7. Segera lepas charger HP jika sudah terlihat full. Sering kali bate-rai bocor dan drop disebabkan du-rasi pengisian baterai yang terlalu lama dan tidak tepat. Saat mengisi ulang baterai, sebaiknya pastikan kondisi HP dalam keadaan non-aktif (mati). Kondisi HP dalam keadaan mati membuat baterai HP menyerap tenaga dari sumber lis-trik lebih cepat dan mengisi tenaga dengan sempurna.

Ramartha Putra

Regrisma

Menghemat Baterai Handphone

FRONTAL menurut saya ada-lah suatu sikap terang-terangan yang mengarah ke radikalisme. Selain “galau”, kata frontal mulai banyak digandrungi anak muda jaman sekarang, terutama di jejar-ing sosial, salah satunya twitter. Namun yang perlu digaris bawahi disini apa yang dimaksud frontal di kalangan anak muda menga-lami pergeseran makna. Dimana frontal merupakan suatu sikap ke-bebasan dan keberanian seorang remaja dalam berpendapat, se-hingga frontal berseberangan dengan sifat munafi k. Di mana munafi k disini diartikan suatu sikap pura-pura baik, namun ke-mudian membicarakan keburukan orang lain di belakangnya. Intinya bagi remaja, lebih baik menjadi frontal daripada munafi k, mereka lebih baik berkata semau mereka,

dengan bahasa sesuka hati me-reka di ruang publik.

Memang kebebasan berbicara atau berekspresi merupakan hak dasar setiap orang, tapi yang i-ngin saya tanyakan bagaimana mental suatu generasi muda da-pat terbentuk dengan baik jika sejak muda mereka sudah men-jejali kehidupan mereka dengan bahasa yang radikal. Jejaring sosial memang merupakan tem-pat untuk kita berbagi, baik ilmu, persahabatan atau kehidupan se-hari-hari. Namun adanya kontrol dalam kebebasan itu sangatlah penting agar kita tahu dan kem-bali mengingat. Kita yang mengu-asai teknologi, bukan teknologi yang menguasai kita

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

Frontal pada Remaja, Perlukah?Frontal pada Remaja, Perlukah?

HANDPHONE l t

g

yts

g

ai e-bil g-a

-d

gunakan utilitas yang disebut “System File

Checking” Dia

i k tilit

POSISI laptop perlahan ter-gusur oleh kehadiran tablet PC, tapi tak sedikit yang masih memi-lih komputer portable ini untuk ke-pentingan sehari-hari. Harganya pun kian hari semakin merosot. Walau harga jualnya makin menu-run, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan perangkat yang satu ini, karena biaya servisnya tetap selangit.

Agar laptop tahan lama, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya lokasi penggunaan laptop. Berikut ini be-berapa tempat yang menjadi pan-tangan saat memakai laptop.

Tempat TidurMenyimpan laptop di tempat

yang lembut seperti tempat tidur, dapat menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop dan meng-hambat masuknya udara yang berguna untuk menyejukkan suhu laptop. Sebagai gantinya, gunakan alas khusus laptop, meja, atau setidaknya, buku dengan hard-cover untuk melapisi bagian bawah laptop kamu. Intinya, laptop memerlukan permu-kaan datar untuk menjaga asupan udara dan kestabilan suhu di dalamnya.

Di Dekat HewanBulu-bulu hewan yang ron-

tok dapat beterbangan masuk dan menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop. Hasilnya, sistem pendinginan pun terganggu dan dapat menyebabkan over-heating.

LantaiTak peduli sebersih apapun

ruangan kamu, menaruh laptop di lantai tetap tidak disarankan. Kamu tak pernah tahu betapa banyak partikel-partikel mungil serupa debu di lantai yang dapat tersumbat masuk ke dalam lubang ventilasi laptop. Taruhlah laptop di tempat yang cukup tinggi dari per-mukaan lantai, seperti meja atau kursi dengan alas laptop mat atau cooling fan.

Tempat BasahJangan coba-coba mengguna-

kan laptop sambil minum, apalagi kemudian menyimpan minuman di samping laptop. Tetesan air dari minuman dapat menimbulkan

Tempat Terlarang bagi Laptop kerusakan fatal dan konsleting da-lam laptop kamu, terlebih jika mi-numannya tumpah.

Di Dekat AsbakWell, lebih tepatnya, hindari

menggunakan laptop sambil me-rokok. Asap dan abu rokok dapat menyumbat kipas dalam lubang ventilasi laptop. Asap rokok yang dihembuskan ke arah laptop dapat menyebabkan keyboard mengu-ning. Menaruh asbak di samping laptop juga berbahaya, karena abu rokok yang terbawa angin dapat menyumbat ventilasi dan membuat kinerja laptop kamu jadi menurun.

Ari TayoriTrisma

p

BAGI yang suka telur, mungkin sekarang harus bijak untuk me-ngonsumsinya. Terutama kuning telur yang kini dikaitkan dengan tingginya risiko penyakit jantung.

Para peneliti Kanada menemu-kan, terlalu banyak mengonsumsi kuning telur dapat menyebabkan penumpukan plak karotis, yaitu zat lilin yang dapat menyumbat pem-buluh darah, berkurangnya aliran darah dan memicu risiko penyakit kardiovaskular.

Sebelumnya, peneliti telah melakukan penelitian terhadap

Kuning Telur Berbahaya bagi Jantung1.231 peserta dengan mengguna-kan USG. USG digunakan untuk mengukur jumlah total plak yang menyumbat di dinding pembuluh darah arteri. Kemudian, peserta diminta untuk menjawab kuesioner mengenai gaya hidup dan obat-obatan yang dikonsumsi, termasuk seberapa banyak mengonsumsi kuning telur dan kebiasaan me-rokok. Temuan yang dipublikasi-kan dalam journal Atherosclerosis menemukan bahwa mereka yang setidaknya mengonsumsi tiga ku-ning telur seminggu dapat memper-cepat penebalan penyumbat pem-buluh darah yang parahnya hampir sama dengan orang merokok.

Merokok tembakau dan makan kuning telur, menurut peneliti, da-pat meningkatkan ketebalan din-ding plak karotis degan cara yang sama. Namun, bagi mereka yang tidak merokok atau jarang me-ngonsumsi kuning telur, ketebalan plak karotis akan meningkat se-telah usia 40 tahun secara lambat.

Jaya Kusuma

SMP Dwijendra

Cover : Paskibraka SMPN 7 DenpasarLokasi : SMPN 7Foto : OSIS SMPN 7 Dps

Page 3: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

14Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

3Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

SEMPAT bingung ketika dihadapkan pada dua pi-lihan antara menyanyi dan menari, Gek Nia –begitu dia akrab di-sapa akhirnya memu-tuskan untuk menekuni keduanya. Menurut pemilik nama panjang Ida Ayu Triana Titania Manuaba ini, kedua aktivitas yang menjadi hobi beratnya itu di-yakini saling men-dukung. Bagi putri kesayangan Ida bagus Udayana-Ida Ayu Nyoman Ratnawati ini, nyanyi dan tari ibarat dua sisi mata uang, yang tidak bisa dipi-sahkan. Terlebih lagi selama ini siswi kelas IX SMPN 1 Denpasar ini, lebih banyak berkecim-pung dan mendulang prestasi di jenis lagu pop Bali. Justru dengan kemampuan menari yang dimi-liki Gek Nia, sederet prestasi me-nyanyi telah dikantongi. Tak hanya

DELAPAN grup band tampil pada lomba band semarakkan HUT ke-6 SMAN 8 di halaman sekolah setempat Denpasar Ming-gu (12/8) lalu. Lomba band yang mendapat sambutan antusias siswa Smapan itu, digelar seusai kegiatan funbike.

Kedelapan grup band yang tampil itu yakni NOR, Superim-pose, Restu Ibu, Superco, Flow Sunset, Asburry, Diskusi Singkat dan Alone, menurut ketua panitia Mira Ardini Trialita untuk memberi ruang berekspresi anak muda Smapan yang suka musik. Apalagi musik sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kese-harian kawula muda. Lagi pula kata Mira – musik merupakan ba-hasa universal, yang tidak men-genal batas usia, suku bangsa maupun sekat-sekat.

“Sekolah sangat mendukung kegiatan ini, sehingga lomba band ini dapat terselenggara,” ujarnya.

Selain mendatangkan juri dari Stingray yang menjadi salah satu sponsor lomba band, I Wayan Tisnawan dan Dra. Maria Rita Ani S.,M.Si, guru SMAN 8 Denpasar, mendapat kepercayaan untuk menilai aksi panggung mereka. Penilaian meliputi kekompakan, performance di atas panggung maupun lagu yang dibawakan. Se-tiap grup band yang tampil mem-

GENGSI Bahasa Inggris seba-gai bahasa internasional, tak ayal membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya. Ter-lebih lagi bagi tamatan SMA maupun SMK yang ingin mendulang dolar di luar negeri.

Sayangnya, banyak yang beranggapan jika ingin pintar ber-bahasa Inggris harus kursus ke tempat kursus bahasa Inggris bergengsi de-ngan bayaran tinggi. Lagi pula dijanjikan peserta kusus cepat bisa, terampil dan mahir berbahasa Inggris. Bagi Carrisa Tehpu-tri, jika ada kursus yang mengiklankan diri seperti itu, tak ubahnya iklan obat kuat yang marak ditempel-tempel di jalanan. Padahal belajar bahasa, baik itu bahasa Inggris maupun ba-hasa asing lainnya terpenting ada niat dari dalam diri untuk berani berkomunikasi. Alangkah baiknya jika niat itu diikuti dengan kursus, yang memudahkan dan menyem-purnakan kemampuan berbahasa Inggris.

“Bukankah bahasa pada hakekatnya alat untuk berkomu-nikasi. Baik itu komunikasi lisan maupun tertulis,” ujar siswi kelas XII IPS SMAN 4 Denpasar.

Carrisa –begitu dia akrab disa-pa, salah satu contoh siswi yang jago bahasa Inggris tidak jebolan kursus. Dia lebih banyak belajar sendiri. Belajar lewat musik, fi lm maupun dari buku-buku cerita yang menarik. Peraih best speaker 1 national school debating cham-

Nyanyi Yes, Tari OkNyanyi Yes, Tari OkGek Nia

di ajang lomba nyanyi PSR, juga sering tampil di arena

Pesta Kesenian Bali. Ter-masuk lomba nyanyi yang diadakan perusahaan maupun BUMN.

“Saya sudah suka nyanyi dan menari ketika

duduk di bangku TK. Ma-kanya kalau disuruh memi-

lih saya sering bingung. Susah memisahkan kedua aktivitas itu,” ujar Gek Nia.

Setumpuk piagam penghargaan kini te-lah menjadi koleksi pribadi Gek Nia. Prestasi paling gress Gek Nia, ketika dia terpilih menjadi pe-serta terbaik lomba vokal grup pada

Festival dan Lomba Seni Siswa SMP ting-

kat Propinsi Bali 2012 lalu. Prestasi itu me-

ngantarkan Gek Nia berangkat ke Propinsi Nusa Tenggara Ba-rat untuk mengikuti ajang yang sama tingkat nasional. Walaupun menempati pososi empat besar, Gek Nia mengaku tidak kecewa.

Baginya prestasi sekecil apapun harus disyukuri. Tak ada kata ke-cewa dengan prestasi yang telah diraih. Dia pun berprinsip prestasi hari itu hanya untuk hari itu. Masih banyak peluang untuk memper-baiki diri maupun meningkatkan kemampuan.

Gek Nia tak menampik jika di-rinya sering kesulitan mengatur jadwal latihan nyanyi, lomba mau-pun kegiatan sekolah. Apalagi dengan yang namanya sekolah tetap menjadi prioritas. Gek Nia tak ingin gara-gara kesibukannya nyanyi membuat sekolahnya ter-bengkalai. Apalagi saat ini sudah duduk di bangku kelas IX dan hanya beberapa bulan lagi akan ujian.

“Kalau latihan saya selalu sem-patkan diri bawa buku untuk di baca-baca. Mulai dari perjalanan atau ada jeda latihan,” katanya.

Beruntung Gek Nia punya ke-luarga yang sangat mendukung. Terutama Jik De, yang setia me-ngantarkan kemana saja dirinya latihan. Lomba, membuat tugas sekolah dan keperluan lain.

“Thanks berat Jik De. Pokoknya Jik De the best,” imbuhnya sambil tertawa. (ast)

ngadmGekra

a mme

Ma a

kmeitu

meputId

anamanni,ariisi ngipiebsi

PNlebih ecim-

lomringKe

k lomakanpun aya

da b

kalaayasahduaar GSetnghh mriba

PresGekerpsertvokest

ni SProp

lalu. Prengantarkan Gek

guuuuunggggg kkkketikaa dua pi-enyanyi

eeeek kkkkk NiNiNiNNNNNN a aaa aaa aaab bb did -memu-nekuni

Menurutpanjang Titania

kkkkkkkededededeedededduauauauauauu ennnjajaaaajaaaadididdddid u dididididid ----en-tri

da a-n

--ihi swi

N 1 bibb h

di ajang ljuga ser

Pesta masukdiadamaup

“Sanyanyi

duduud duk didkanyya a k

lih hhhh saSuSSSSSS skekkk duju a

peenlahhprrrrrPPPPPPPGGGGGtsv

FSeS n

kat P

SI Bahasa Inggris seba-i t i l t k l

Pilihan MenyenangkanPilihan MenyenangkanCarrisa

pionship ini, kurang sependapat jika pengajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah selama ini lebih

menitikberatkan pada teori ba-hasa. Bukan kemampuan berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris.

Seharusnya kedua ke-mampuan itu saling men-dukung dan ada kecend-erungan lebih dominan ke praktik. Lagi-lagi bungsu tiga bersaudara pasan-gan Herry Tasman-Ni Ketut Sri Ratnawati ini menekan-kan, jika be-lajar bahasa Inggris itu keberanian untuk berkomunikasi. Al-angkah baiknya jika memiliki keberanian berkomunikasi lang-sung dengan orang as-ing. Seharusnya pela-jar SMA, SMK maupun mahasiswa jurusan bahasa Inggris merasa

malu, dengan pedagang acung yang ada di objek-objek wisata yang ada di Bali. Padahal mereka itu ada yang buta huruf, namun kemampuan bahasa asing mereka tidak diragukan. Terutama kemampuan untuk menawarkan barang dagangannya.

“Saya pikir tujuan bahasa itu untuk berkomunikasi. Selama la-wan bicara mengerti maksud yang disampaikan, dapat dikatakan sudah berhasil. Ketimbang hanya tahu teori namun tidak bisa berko-munikasi kan sama saja bohong,” ujar Carrisa yang tamatan SMPN 3 Denpasar.

Carrisa yang bercita-cita jadi diplomat ini mengharapkan metode pengajaran bahasa Inggris di seko-lah-sekolah harus diubah, menjadi suasana yang menyenangkan dan banyak pilihan. (ast)

Lomba Band Semarakkan HUT ke-6 Smapan

bawakan dua buah lagu, satu lagu berbahasa Inggris dan satu lagi lagu berbahasa Indonesia. Sua-sana makin meriah ketika di sela-sela penampilan grup band itu, diberikan doorprize bagi mereka yang beruntung dalam mengikuti fun bike.

Ida Bagus Ketut Sukanegara dari Stingray menyambut gembira lomba yang yang diadakan SMAN 8 Denpasar. Selain sebagai media

untuk menyalurkan bakat dan mi-nat siswa yang suka musik, lomba band ini sangat efektif untuk mem-beri ruang pelajar untuk refresh-ing, setelah disibukkan dengan rutinitas belajar setiap hari.

“Saya pikir lomba band ini se-bagai langkah maju SMAN 8 Den-pasar. Ketimbang kebut-kebutan di jalan atau nongkrong-nongkrong tak karuan di atas trotoar, jauh lebih baik main musik,” ujar lelaki yang suka pakai topi itu. Pendapat senada disampaikan I Wayan Tis-nawan. Guru SMAN 8 Denpasar yang dikenal dekat dengan siswa ini. Pihak sekolah tentu akan ter-buka memberi ruang, waktu dan kesempatan kepada siswa, untuk berkreasi dan berekspresi. Tentu saja kegiatan yang bermanfaat. Tidak hanya untuk diri sendiri juga untuk orang lain.

Lain lagi pendapat Maria Rita Ani. S. Guru yang suka musik itu memberi dukungan grup band yang tampil. Ternyata cukup ba-nyak anak didiknya yang jago main musik.

“Siapa tahu dari Smapan akan lahir permain musik handal atau grup band yang sukses menem-bus pasar industri musik tanah air,” katanya.

Grup band terbaik nantinya akan mendapat kehormatan untuk tampil pada puncak HUT SMAN 8 Denpasar ke-6 Sabtu (25/8) men-datang. (ast)

obat

ak orang tertarik sekolah-sekolah sak orang tertarik jarinya. Ter-i tamatan

SMK yang g dolar di

banyakggapan

ber-ris es s -n atasa, ahir gris.hpu-rsus

nkan tak

obat

sekolah sekolah smenitikberatkan

hasa. Bukaberkomunikabahasa Ingg

Seharusmampuan dukung daerungan lepraktik. Ltiga bergan HKetut Smeneklajar itu keberkomangkamemiberkosung ding. Sjar SMmahasbahasa

Page 4: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

4 13Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012 Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Page 5: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

12 5

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuDiasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012Berlaku : Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Teman Baru WMTeman Baru WMPELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan

identitas diri di rubrik ini. Komentarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau menge-luh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Cara-nya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email: [email protected]

VOCABULARYVOCABULARYNo. Bahasa Inggris Bahasa Indonesia

ses, banyak mendukung dan orang yang simpati. Hendaknya bisa dimanfaatkan untuk menge-jar kemajuan dan keuntungan. Jangan ragu untuk melaksanakan rencana. Boleh speku-lasi dan kerja sama. Asmara : Yang hati-hati terhadap orang-orang yang mendekati atau ikut campur dalam hubungan cinta kamu dengan doi. Adakan perjanjian saling setia dan jujur. Studi : Jangan mengandalkan teman. Kerjakan sendiri.

AquariusPerjalanan menuju sukses, tidak secepat yang kamu inginkan. Masih memerlukan perjuangan dengan sabar, rajin dan tekun. Bintang pe-nolong akan datang di kala kamu memang sangat memerlukan. Jadi,

jangan putus asa. Asmara : Jangan janji dan jangan sampai dibohongi. Berpikir dan bertin-daklah dewasa. Hubungan cinta jangan dibuat permainan. Ada hukum karmanya. Studi : Yang disiplin dalam mengikuti pelajaran dan belajar.

PiscesPerjalanan menuju sukses, sudah diambang pintu. Tinggal me-nunggu kreatif dan keaktifan kamu. Kamu rajin, pangkal pan-dai, kamu malas tentu menyesal nanti. Ayo bangkit untuk mengejar ketinggalan, adakan perubahan cara dan rencana. Asmara : Harus diperkuat dengan saling mengisi dan memaklumi kekurangan. Tanamkan kesan-kesan yang

baik-baik supaya selalu dirindukan. Bertemu tidak untuk bertengkar. Studi : Pusatkan kon-sentrasi supaya dapat nilai tertinggi.

AriesPerjalanan menuju sukses, akan mendapat rintangan. Kamu harus bisa membaca maksud tujuan orang-orang yang mendekati. Sebab boleh dibilang ada udang di balik batu dan jangan sampai tertipu. Tingkatkan kewaspadaan. Asmara : Juga harus hati-hati dengan rayuan gombal. Dan sebaliknya kamu jangan nggombali, sebab bintang asmara ber-sinar terang. Studi : Pusatkan konsentrasi, pikiran jangan bercabang, supaya lebih ung-gul.

TaurusPerjalanan menuju sukses masih perlu kerja keras, jangan main-main bersenang-senang yang menyebabkan pemborosan dan kemacetan rencana dan tujuan.

Sebelum terlanjur, batasilah pergaulan utama-kan menyelesaikan tugas. Asmara : Jangan main gengsi sok kaya dan sok pinter. Bisa malu dan kebakaran jenggot. Ikuti saran dan nasihat orang-orang yang menyayangi kamu. Studi : Yang disiplin dan tegas. Rajin belajar dan ja-ngan ikut-ikutan teman.

GeminiPerjalanan menuju sukses, menda-pat bantuan dari beberapa pihak, sehingga memudahkan urusan yang sedang kamu rintis. Kesulitan bisa diatasi, kebutuhan terpenuhi dan kamu harus menunjukkan cara kerja profesional. Asmara : Semakin cinta dan saling

memberi spirit untuk mengejar cita-cita, melak-sanakan rencana-rencana demi kebutuhan hidup bersama. Studi : Banyak berhasil, ba-nyak yang puas dan banyak yang memuji.

CancerPerjalanan menuju sukses, sudah bisa kamu rasakan. Terbuka lapangan kerja dan lamaran kamu diterima. Yang tambah rajin, tekun dan bertang-gung jawab, bisa dipercaya, mam-pu menyelesaikan tugas atau rencana-rencana. Asmara : Mungkin makan hati, namun ja-ngan terlalu dipikirin. Carilah hiburan dan kegiatan yang bermanfaat buat kebutuhan hidup. Studi : Aturlah waktu supaya bisa tidur cukup, makan bergizi.

LeoPerjalanan menuju sukses, boleh dibilang banyak jalan menuju Roma. Silahkan maju, mencoba dan melaksanakan rencana yang kamu inginkan. Mungkin ada tawaran objek baru, bisa kamu pelajari dan

kalau kamu suka, terimalah. Asmara : Kehar-monisan atau kebahagiaan kamu bersama Doi, membuat orang lain irihati. Dan ingin merusak hubungan itu. Yang waspada. Studi : Jangan terpengaruh orang di sekitar kamu. Tetap pada kegiatan kamu.

VirgoPerjalanan menuju sukses ter-buka, pandai-pandailah men-cari terobosan memanfaatkan waktu dan kesempatan baik ini, untuk mengejar kemajuan dan keuntungan. Yang rajin, tekun dan keuangan selalu diperhi-tungkan. Asmara : Sangat menyenangkan dan memuaskan. Bagi yang sendiri bakal dapat Doi. Dan bagi yang sudah punya Doi,

tambah mesra. Studi : Akan ada kejutan yang menggembirakan. Sambutlah dengan baik.

LibraPerjalanan menuju sukses, tidak mulus. Kamu harus hati-hati bisa melaksanakan tugas atau ren-cana. Jangan gegabah dalam memberi keputusan penting. Banyak musuh yang mengincar kelemahan dan kelengahan kamu. Kamu ha-rus selalu waspada. Asmara : Boleh dibilang jinak-jinak merpati. Kamu dekati, dia menjauh dan bila ada yang jatuh cinta, kamu tidak suka. Bingung kan? Studi : Ayo kerjakan sendiri, tunjukkan kemampuan kamu.

ScorpioPerjalanan menuju sukses, mendapat angin segar. Majulah terus dan laksanakan apa yang

masih jadi idaman kamu. Jangan bimbang ragu atau nanti-nanti. Kemujuran belum tentu berjalan lama. Oleh sebab itu jangan kamu sia-siakan. Asmara : Untuk yang ini, ada kemungkinan berpisah. Entahlah. Putus cinta atau hanya

pergi jauh. Kamu yang sabar dan jangan emosi. Studi : Yang penting belajar dan berusaha. Jangan malas.

SagitariusPerjalanan menuju sukses, masih bisa terca-pai, namun tidak maksimal. Kamu harus tetap bersyukur, daripada tidak sama sekali. Ber-gaulah dengan orang-oprang yang sukses, mintalah pengarah-an tentang ide-ide kamu. As-mara : Jangan mau dikuasai atau diatur. Kamu juga anak orang terhormat. Harus berani ambil sikap dan keputusan te-gas. Studi : Hindari perselisihan. Tingkatkan prestasi supaya tidak dihina.

CapricornP e r j a l a n a n menuju suk-

Lukisan Kartini KiniTebaran debuKepulan asapTak jadi penghambat mereka untuk melakoni hidupMeskipun hidup di antara gemerlapnya duniaMengais serpihan asa dari insan-insan yang berhati

Walaupun ejek kian menghampiri merekaMenengadahkan tangan bukanlah jalan bagi merekaUntuk menyambung kehidupanTapi dengan melakoniParkir wanita

Derita tukang parkirTak pernah mereka tampakkanDengan semangat mengayomi insan-insan yang membutuhkannya

Inilah lukisan merekaDi antara gemerlapnya pertokoan dan kemewahanDi kota denpasar ini

Agus PranataSMAN 8 Denpasar

Untuk Pahlawan NegerikuUntuk negeriku…..Hancur lebur tulang belulangkuBerlimur darah sekujur tubuhBermandi keringat penyejuk hatiKurela demi tanah air negerikuiSangsaka merah beraniPutih suciMelambai-lambai ditiup anginAir mata bercucuran, menganjungkan doaUntuk pahlawan negeriBerpijak berdebu pasirBerderai kasih hanya untuk pahlawan jagad rayaHanya jasamu bisa kulihatHanya jasau bisa kukenangTubuhmu hancur hilang entah ke manaDemi darahmu….Demi tulangmu….Aku perjuangkan negeriku ini, Indonesia

Geg BintangSLUA

Sebuah HarapanMungkinkah akan terulang kembaliMungkinkah gelora semangat akan hadir kembaliMungkinkah semua itu terjadiRintihanku layaknya rintihan bunga kering di makam bunga bangsaRintihan sakit..Melihat putra bangsa hanya mampu bersandar di balik kesalahanAndaikan bunga itu mekar kembaliApakah gelora angin mampu mengobarkanSang saka merah putihTuk terus berkibar gagah di ujung tiang emas istana NegaraTuk rasakan indahnya sebuah kebebasanYang hadir dengan semerbak kuncup baruDirgahayu republik Indonesia

Diska N.L.SMAN 1 Kuta

Cinta SejatiKujalani hidup mengarungi samudrMengayuh dayung menjalankan bahteraMencari penawar rasa di hatiMencari makna cinta sejati

Kini ku tahu makna cintaCinta bukanlah sekadar rasaCinta bukanlah sekadar tutur kataDan cinta, bukan sekadar pengorbanan raga

Jika cinta sekadar rasaPasti hati kan tersiksaJika cinta sekadar ucapanManusia pasti dalam kebinasaanJika cinta sekadar pengorbananTiada jiwa ini merasa aman

Cinta sejati adalah perasaanTerungkap dengan ucapanTertuang dengan pengorbanan

Siska PratiwiSMP DJ

Kebun HatiMungkinHasrat yang kuuntaiDi balik tirai masa laluTelah memblokir hatiTuk melajukan langkahDia permadani kisah yang baruSehinggaKini ku terpuruk tak berdayaDi balik rendah harapan yang kunantiTak kurajut dengan benang asmaraNamunKetidakberdayaan mataOleh kabut kegelapanTelah membutakan hatiAkan suatu mimpi yang menanti

Adi KrisnandaSMA Perintis Denpasar

JikaJika cinta itu berwujudKetika cinta dan sayang berbentukJika cinta, sayang, dan rindu berupaKuingin cinta itu butaKuingin cinta,sayang itu tuliKuingin cinta, sayang, dan rindu itu busuk!Lebih dari itu, kuingin cinta kurang dari dirimu…Karena kau sangat indah dihatiku Jika cinta dating padaku,Ketika cinta dan sayang ditakdirkan menjadi miliku,Andai 1000 cinta sayang datang padaku,Ku akan usirKutendang hingga ujung dunia,KubakarLebih dari itu aku hanya perlu cinta darimuKarena kau lebih dari cinta

Adi SuaryaSMAN 3 Denpasar

Kemerdekaan17 Agustus 1945Tanggal dimanaNegara kita Indonesia Merdeka

Perjuangan...Yang telah banyakMenguras jiwa, harta, dan tenaga

Begitu banyak air mataYang terus menangisAkibat ketidakadilan

Begitu banyak pulaPahlawan yang rela berkorbanDalam medan pertempuranUntuk memperjuangkan negara kitaIndonesia tercinta

Hendaknya kitaSebagai generasi penerus bangsaHarus terus berjuangUntuk Indonesia Raya.

I.Gst.A.A.Ary Indah PertiwiSmansa

Pedihnya KehidupanBegitu sulit kehidupan yang aku Penuh tantangan dan cobaanSemua itu harus aku lewatiDengan penuh kesabaran

Pahit manis kehidupan aku rasakanSaja rintangan yang menghambatAku tetap bersabarMenghadapi semua rintangan itu

Kian rintangan itu pasti rumpuh dengan sendirinyaTuhan pasti tau seberapaKemampuan kita dalam menghadapi semuanyaJalanilah kehidupan dengan penuh canda dan tawa

Juny, SMK Giri Pendawa

Kekasih yang tak DianggapAku mentari tapi tak menghangatkanmuAku pelangi tak memberi warna di hidupmuAku sang bulan tak menerangi malammuAku lah bintang yang hilang ditelan kegelapan

Selalu itu yang kau ucapkan padakuSebagai kekasih yang tak dianggapAku hanya bisa mencoba mengalahMenahan setiap amarah

Aku sang bulan tak menerangi malammuAku lah bintang yang hilang ditelah kegelapan

Sebagai kekasih yang tak dianggapAku hanya bisa mencoba bersabarKu yakin kau kan berubah

Ni Kadek MartiniSMP PGRI 6 Denpasar

Lupakan Hari IniSaat daun kering berjatuhanAngin kemarau membelai diriKu terdiam terpakuSaat kau memilih tinggalkan ku

Tapi tak mengapaKu tak membendung tangisKepergianmuAnugrah bagiku

Semoga kau temukan kebahagiaan di sanaBersamanya lalui duniaKini ku bahagia bersama sepi

Tiada yang lebih baik darimuSelain seseorang yang mau mengerti dirikuKini ku larut dalam pencarian terakhirKuyakin tuhan bersamaku

Artha SaputraSMP Dwijendra Denpasar

Biarlah AkuBiarlah aku hanya menjadi rumput ilalangYang tak pernah dicumbui kumbangBebas bergoyang melambai tenangBiarlah aku hanya menjadi ranting pohonTak pernah bernyanyi terbang kesana kemariHanya diam dan memohon menunggu ajalku matiBiarkan aku damai menjadi ilalangBiarkan aku damai menjadi ranting pohonInilah diriku, inilah duniaku

Ni Wayan Sri RatminiSMAN 2 Amlapura

Nama : I Pt. Yoga Jaya KesumaPanggilan : Yoga JayaAsal : Denpasar

Sekolah : SMP Dwijendra Pusat Den pasar

Kelas : VIII GHobby : Service computerTelp. : 083119324933Komentar : Saya bangga menjadi paski- bra Dwijendra, karena saya bisa pede dan brani tampil.

Nama : Md. Suwi Novita DewiPanggilan : OviSekolah : SMP Dwijendra DenpasarKelas : IX CHobby : BasketTelp. : 085738859450Komentar : Uaaah…. Selamat hari Ke- merdekaan buat seluruh Anak Indonesia. Bangga ikut Paskibra….

Nama : I Kadek Swarthana PutraPanggilan : SwarthanaAsal : KarangasemSekolah : SMP Dwijendra Den- pasarKelas : IX HHobby : Bermain game di kom- puter dan otak-atik komputer.

Telp. : 085739686928

Nama : Ida Ayu Made Putri Permata DewiPanggilan : Dayu PutriSekolah : SMP Dwijendra DenpasarKelas : VIII FHobby : Menyanyi Telp. : 085739981299Komentar : Saya bangga menjadi anak Bali. Semoga Bali tetap ajeg dan lestari. I Love You Bali. Untuk anak-anak Bali jangan lupakan budaya Bali. Tingkatkan terus prestasi. OK!

Komentar : Saya sangat bangga sekolah di Dwijendra ini. Dengan ikut Paskibra saya bisa tampil di depan banyak orang dan ikut meme-riahkan upacara 17 Agustus di lingkungan Ya-yasan Dwijendra ini.

1. adorable menarik2. aesthetic estetis3. agape ternganga4. allure daya tarik5. ardor semangat6. artistic artistik7. awesome mengagumkan8. bliss kebahagiaan9. caress membelai10. cynosure pusat perhatian11. delicate lembut12. delight kesenangan13. devotion kesetiaan14. embrace pelukan15. luxurious mewah16. magnifi cent bagus sekali17. majestic megah sekali18. marvelous menakjubkan19. picturesque indah20. splendid megah

Nama : Ananta Wicaksana Wiryagian. Cukup dipanggil AnantaTTL : Jaksel alias Jakarta Selatan, 12 Januari 1996. Sekarang tinggal di bilangan Nangka Se- latan.Saya alumnus SMPN 1 BangliSaat ini menuntut ilmu di kelas XI IPA 3 SMAN 3 Denpasar.Hobi berat main game online asal Korsel.Cita-cita : Melanjutkan ke UGM jurusan Teknik Sipil atau Fakultas Hu- kum. Meneruskan keinginan bapak yang gagal jadi pe- ngacara. Selangkah lebih maju. Siiiip.

Namaku : Nyoman ShantiyasaTTL : Denpasar, 18 Mei 1996Zodiak : VirgoSekolah : SMAN 3 Denpasar Hobi : Dengarin musik klasik ala Mozart dan Beethoven sampai musik cadas bin metal yang memekakkan telinga. Bagiku musik itu hasil kerja kreatif, asal tidak menjiplak wajib diapresiasi dan dihargai.Cita-cita : Ngebet pengen jadi arsitek dan sukses Peristiwa paling berkesan : Ketika duduk di bangku SD sarat prestasi akademis dan non aka-demis.

Kenalkan namaku : SuryaNama panjangku : Ngurah Putu Surya Prana

jaya UtamaTTL : Bumi Makepung, Jembrana,

29 September 1996 Saat ini aku sekolah di Tris- ma.Alamat : Jalan Palapa 14, Gang Sar- den 7 DenpasarNyanyi dan main musik salah satu hobiku.Cita-cita : Mengabdi pada bangsa dan negara lewat PNS. Di bidang bea cukai atau per- tanahan.Target : Ingin punya tanah yang luas. Untuk lahan pertanian yang kini makin menyempit.

Kenalkan Nama pan

TTL

e-

N

-

5

art dan bin

a. tif,

k di aka-

Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Page 6: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

11Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012Jumat, 24 Agustus 13

6Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

ANAK-ANAK SMPN 3 De-pasar (Spentri) sukses mem-boyong prestasi internasional dan memborong juara di Resman dan Smansa. Prestasi go internasional diukir Ida Bagus Gde Sutha Maha Lencana meraih medali perak di Olimpide International Matema-tech Contest di Singapura belum lama ini.

Dia bersama rekannya mewa-kili Indonesia di ajang bergengsi itu. Sementara Chindy Laurentia Chandra mewakili Bali di OSN Matematika. Siswa SMPN 3 Den-pasar juga sukses meraih presta-si serangkaian HUT di SMAN 2 Denpasar (Resman) dan SMAN 1 Denpasar (Smansa). Mereka mempersembahkan sejumlah pia-la kepada sekolah.

Tim Paskibraka Spentri meraih juara I di Resman. Tim yang didan-toni, I Made Dwi Arisoma sukses mengalahkan 10 tim se-Bali. Tim ini juga juara Harapan I PPI (Pur-na Paskibra Indonesia) di SMAN 7 Denpasar. Sedangkan Dwi Ari-soma sendiri meraih predikat dan-ton terbaik di Smansa.

Di Resman, siswa Spentri Putu Bagus Kesawa meraih juara I lomba Speech Contest. Siswa

kelas IX-A ini mengalahkan 30 pe-serta se-Bali. Ini prestasinya yang kedua setelah di Smansa meraih juara II di debat.

Di Smansa tim debat SMPN 3 Denpasar yang diperkuat oleh Gede Rama Darmawicaksana, Made Ayu Sayaka dan Putu Bagus Kesawa meraih juara II. Di fi nal tim ini dikalahkan SMPN 1 Den-pasar. Tim ini tiga kali main yakni di babak penyisihan menang atas tim SMP Harapan. Seleksi kedua kalah dari Taman Rama B, ketiga menang dari Taman Rama A. Di semifi nal berhadapan dengan SMP Taman Rama B lagi, akhirnya menang. Baru masuk fi nal ketemu dengan SMPN 1 Denpasar.

Selain tim debat, juara per-orangan diraih Putu Tati Dian Pertiwi yang meraih juara III story telling di Smansa. Perjuangannya sangat berat karena persaingan ketat dengan 25 peserta se- Bali. Siswa kelas XI-F juga juara II sto-ry telling se-Bali.

Di ajang yang sama siswa SMPN 3 Denpasar, Putu Anita Yudiari meraih juara III lomba cipta puisi di Smansa. Ini prestasi keduanya setelah meraih juara II pada Festival Lomba Seni Siswa

SUDAH menjadi tradisi pe-rayaan HUT SMAN 2 Denpasar (Resman) berlangsung meriah. Pada puncak HUT ke-47 di Ge-dung Lila Bhuana GOR Ngurah Rai, Sabtu (10/8) malam berbagai atraksi ditampilkan hingga larut malam.

Puncak HUT diisi dengan pe-motongan tumpeng ultah oleh Kepala SMAN 2 Denpasar Drs. I Ketut Sunarta, M.Hum., diserah-kan kepada Kadisdikpora Kota Denpasar diwakili Kabid Bida Program, Drs. Made Merta, M.Si., dan Ketua Komite Resman Prof. Dr. A.A. Gede Agung.

Ketut Sunarta mengungkapkan, HUT ke-47 ini menjadi momen istimewa dan menjadi tong-gak memperkokoh diri sebagai Sekolah Kategori Mandiri (SKM) Pendidikan Berbasis Keunggu-lan Lokal-Pusat Sumber Belajar (PBKL-PSB). Bahkan kado HUT kali ini adalah Resman ditetap-kan sebagai sekolah pelaksana Sistem Kredit Semetser (SKS). Ini artinya Resman semakin dituntut

lebih mandiri. Ini sesuai dengan tema “Melalui HUT ke-47 Meraih Kejayaan Resman”.

Dikatakannya, mulai tahun ini Resman merancang panduan penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS). Nantinya pola tersebut akan diimplementasikan pada tahun pelajaran 2013/2014 sesuai petunjuk Direktorat Pem-binaan SMA Kemendikbud. De-

“Welcome to Sixsma” sam-butan hangat dari Drs. I Nyo-man Sumahendra kepada siswa/siswi yang baru saja memasuki masa putih abu di mana mereka akan bela-jar dan berkembang secara mandiri. Masa SMA atau yang sering disebut dengan masa putih abu biasanya merupakan masa yang sangat ditunggu-tunggu kaum remaja, entah ia

menunggu karena hal apa tapi nampaknya masa-masa terse-but masa terindah saat meng-injak bangku sekolah. Tak da-pat dipungkiri saat SMA inilah para remaja mulai berkem-bang dengan pesat, mulai dari pertumbuhan, pola fi kir yang semakin dewasa,

Di tahun ini SMAN 6 Den-pasar kembali mengadakan tradisi tahunan yang bisa di sebut Masa Orientasi Siswa atau MOS. MOS dilaksanakan 16 - 20 Juli 2012 yang diikuti oleh 392 murid baru. Kali ini SMAN 6 Denpasar mengambil tema MOS yang “melalui MOS yang sejuk, sehat, kreatif, dan berbudaya kita wujudkan insan yang cerdas dan memiliki ka-rakter bangsa” kegiatan MOS tahun ini sama seperti pada MOS tiap tahunnya seperti sosialisasi-sosialisasi tentang narkoba, HIV AIDS, dan pe-ngenalan tentang lingkungan sekitar sekolah. Ada sedikit perbedaan dari MOS tahun Wiwik, Mitha, Eka Desi

HUT ▬ Kasek Ketut Sunarta (paling kanan) didampingi Made Merta dan Ketua Komite Prof. A.A. Gede Agung saat puncak HUT ke- 47 Resman.

ngan sistem SKS siswa dimung-kinkan tamat dua tahun atau empat semester.

Wakasek Kuri-kulum Resman sekaligus PJP Sekolah pelak-sana SKM, PBKL dan PSB SMAN 2 Denpasar, I Gusti Ngurah Arjana, S.Pd.,M.Pd., menambah-kan untuk pelak-sana SKM PBKL dan PSB wajib

PRESTASI ▬ Siswa berprestasi SMPN 3 Denpasar ber-gambar dengan Wakasek Kesiswaan I Ketut Budiartha (paling kanan).

DUA puluh dua Februari meru-pakan hari ulang tahun Baden Po-well. Memang benar, tapi di sini bu-kan itu yang aku maksud. Yang aku maksud adalah saat pertama kali aku menemuinya dalam sebuah lautan manusia yang penuh de-ngan bau kecut akibat keringat. Kini aku mencoba mengingat ba-gaimana suara tawa dan pesona in-dah senyumnya saat aku menatap langit penuh bintang di langit yang hitam di atas sana. Kelam. Tak ada senyummu di atas sana. Yang ada hanya masa lalu yang pahit bersama berton-ton air mata yang keluar dari mataku. Mungkin kau akan mengingatnya bila aku me-nyebutkan suatu kalimat sederhana “Jangan berpikir yang aneh-aneh”. Baiklah, di sini aku hanya ingin un-tuk sekedar bercerita tentang suatu masa yang indah nan sulit tentang suatu rahasia hati manusia.

Sebelum aku mengenalmu lebih dalam dari ini, aku hanya bisa meli-hat sorot mata bisumu dari kejauhan tanpa berpikir panjang, “Apakah arti semua itu?” Aku hanya tahu nama pendekmu tanpa menebak dari ma-na asalmu dan umurmu. Saat aku tak sengaja melihatmu, aku hanya bisa diam karena menurutku kita memang tidak pernah mendapat-kan sesuatu yang memang harus dibicarakan secara serius, tapi un-

tuk saat itu aku sadar kalau dalam satu tahun, tiga ratus enam puluh lima hari, aku masih dapat menghi-tung berapa kata bahkan kalimat yang kau ucapkan kepadaku. Kare-na seingatku, kau hanya mengu-capkan kata ‘iya’ dan ’tidak’. Dan hal itu yang membuatku untuk ber-pikir bahwa kau adalah lelaki baik-baik. Aku menjulukimu cowok tengil yang bodoh.

Sampai pada hari Selasa tang-gal 22 Februari, tidak ada yang spe-sial, tapi Tuhan berkehendak agar aku merasakan suatu rasa yang berbeda terhadap seseorang yang berbeda jenis denganku. Mulai saat itu, aku memiliki suatu kepercayaan baru. Aku memiliki penguasa baru yang aku sembah dalam hidupku saat itu. Karena mulai saat itu aku memujanya. Benar-benar memu-janya. Aku memulainya dengan perkenalan sederhana. Dia me-mang belum pernah berbicara pan-jang lebar tentang dirinya, tapi aku selalu mencoba menyiguk hati ke-cilnya agar dia ingin mengucapkan sepatah kata penting. Walaupun begitu, hingga saat ini aku tidak bisa menghitung berapa banyak pesan yang aku kirim terhadapnya dan berapa pesan balasan yang aku terima darinya. Yang aku tahu itu adalah awal yang sangat me-nyenangkan.

Aku selalu menunggu satu kata penting saat dia menyebut aku dan dia adalah ‘kita’, tapi aku tidak pernah mendengarnya. Yang dia katakan hanya aku dan kamu, bu-kan kita. Aku juga selalu menunggu satu kalimat sederhana kalau dia menyukaiku, tapi aku tidak pernah merasakannya. Selama penan-tianku, aku menunggu sambil me-nahan kerasnya suatu rasa sakit akibat abrasi berlebihan. Selama penantianku, aku berlatih untuk lebih bersabar, lebih, lebih dan le-bih hingga aku benar-benar gila.

Sejenak, aku mengatakan dia adalah sahabat. Inginkah kau ber-sahabat dengan orang aneh seper-tiku? Aku hanya menguji seberapa besar sikap baiknya dalam men-jaga suatu organ yang tidak per-nah disentuh oleh para ahli. Itu perasaan. Dia mengatakan tidak. Itu amat singkat. Hanya saja aku

ingin lebih dari kata tidak! Akan tetapi dia tidak pernah menuruti keinginanku dan aku masih menanti.

Di seperempat per-jalanan ini. Dia melaku-kan sesuatu yang membuatku benar-benar melayang. Dia membuka sepersepu-luh dari plester yang ada dimulutnya. Dia mulai berbicara sedikit. Hanya sedikit. Tapi aku merasa benar-benar gila. Aku merasa kalau

cinta itu pergi, aku baru sadar jika cinta itu menutupi segala hal bu-ruk tentang seseorang. Sekarang aku tidak menjulukinya sebagai cowok tengil yang lugu, tapi iblis jantan yang sempurna. Kini, dia melakukan segala hal yang aku kehendaki, tapi kepada seseorang yang menurutku mereka sangat cocok. Mungkin kau tidak menger-ti apa yang aku bicarakan. Selain itu, dia sangat pandai memancing. Dia menggunakan sahabat baikku menjadi umpan hidup! Pikir! Aku, manusia sewaras ini dapat me-nyukai seorang siluman manusia yang berhati iblis dan egois.

Sampai aku menutup percakap-an ini, aku hanya ingin mendengar-kan lagu kita bersenandung agar aku dapat selalu mengingat segala hal yang kau berikan padaku. Aku selalu ingin mengingat bagaimana kau membohongiku dengan seri-bu kata ajaib yang dapat meyakin-kanku dengan mudah. Kini, aku menyesal pernah melihat bayang-anmu memantul dalam retina ma-taku. Tapi, satu hal yang tidak aku lupa sebagai manusia seutuhnya. Terima kasih. Terima kasih karena kau dapat membuatku lebih kuat dan tegar untuk menghadapinya tanpa perlu berguling-guling untuk melewatinya. Dan satu kata muti-ara yang akan selalu aku pegang dalam hidupku “Bedakan yang na-manya gila dengan jatuh cinta!”.

Ni Putu Anita YudiariSMPN 3 Denpasar

Nasional (FL-S2N) se-Bali.

Di akademis, siswa SMPN 3 Denpasar, Nan-da Satria Yudis-tira meraih juara III katagori per-orangan Olim-piade Fisika di Smansa. Dia langsung menda-pat rekomendasi masuk gratis di Smansa. Siswa lainnya, Ni Ko-

mang Lebri Par-tami meraih juara

b d W k k K i I K t t B di th

a2

seaa

raamnaamin

man

lomba Speech Contest. Siswa pada Festival Lom

P

Na

PRESTASI ▬ I Siswa berprestasi SMPN 3 Denpasar ber-

NaS2

sisDedatirIIIorpiaSmlanpamSmlai

ma

II lomba lagu pop di Smansa. Se-mentara itu Mohammad Ridho Fir-daus meraih juara I lomba poster alerion, juara I poster SYRC dan juara I poster sanitasi se-Bali. Dia juga meraih juara nasional penu-lis narasi dan juara II karikatur se- Denpasar.

Wakasek Kesiswaan SMPN 3 Denpasar, I Ketut Budiartha, S.Pd., MPd. mengatakan prestasi anak-anak SMPN 3 terus me-ningkat setiap tahun. Ini disebab-kan pembinaan di sekolah yang kontinyu dan ke depan prestasi-nya lebih meningkat lagi. (*)

HUT Kasek Ketut Sunarta (paling kanan) didampingi M d M t d K t K it P f A A G d A

Kemendikbud. De-

H

KS g-ua

pat

ri-an JP ak-KL AN

I ah M.h-

ak-BKL HUT ▬T Kasek Ketut Sunarta (paling kanan) didampingi

melaksanakan SKS ini. Hanya saja perlu mendapat ijin dari Disdikpora. Tahun ini wajib mem-buat panduan penyelenggaraan SKS ini.

Program ini disambut positif Ketua Komite Prof. A.A. Gede Agung. Dia mendukung penuh langkah Resman sebagai pelak-sana SKS sehingga makin diper-caya oleh masyarakat. (*)

ANAK-ANAK SMPN 3 De-pasar (Spentri) sukses mem-

kelas IX-A ini mengalahkan 30 pe-serta se-Bali. Ini prestasinya yang

Ketut Sukan kepD

Raih Perak di Singapura, Boyong Juara di SmansaSMPN 3 Denpasar

yang lalu karena MOS yang tahun ini diajak melakukan kegiatan tirtayatra ke Pura Batu Karu.

Masa Orientasi Siswa ta-hun ini lebih mengacu me-ningkatkan kreatifi tas siswa dan pemahaman terhadap sekolah mereka sendiri serta meningkatkan kualitas sum-ber daya manusia. “MOS ta-hun ini seru banget soalnya kita diajarin berkreatifi tas le-wat mendaur ulang sampah menjadi tas dan ada acara di mana kita ngasi surat cinta sama salah satu instruktur di SMAN 6 Denpasar,” ujar salah satu siswa baru.

Tentu saja seluruh warga SMAN 6 Denpasar memiliki harapan besar untuk murid baru yang memasuki SMAN 6 Denpasar. “Ikuti pola-pola bu-daya SMAN 6 Denpasar de-ngan baik maka budaya kita itu lingkungan spiritual,” ujar Drs. I Nyoman Sumahendra.

H menjadi tradisi pe-UT SMAN 2 Denpasar

lebih mandiri. Ini sesuai dengantema “Melalui HUT ke-47 Meraih

melaksanakan SKS ini. Hanya saja perlu mendapat ijin dari

Resman Dijadikan Sekolah Pelaksana SKS di Bali

“Welcome to Sixsma” sam-butan hangat dari Drs. I Nyo-man Sumahendra kepada

menunggu karena hal apa tapinampaknya masa-masa terse-but masa terindah saat meng

yang lalu karena MOS yangtahun ini diajak melakukan kegiatan tirtayatra ke Pura

Wellcome to SixsmaWellcome to Sixsma

DUA puluh dua Februari meru-pakan hari ulang tahun Baden Po-

tuk saat itu aku sadar kalau dalam satu tahun, tiga ratus enam puluh

Nyanyian Masa Lalu

aku sangat senang dan itu sangat berlebihan. Tuhan! Aku ingin ini terjadi selamanya dan akan terus bahkan akan selalu makin berkem-bang.

Tapi, saat angin topan mulai me-nyebrang tanpa permisi. Dia me-ngatakan sesuatu yang tidak aku kehendaki. Dia bosan. Dia bosan denganku, perlakuanku, kata-ka-taku. Dia mengatakan aku adalah orang yang paling menjengkelkan yang pernah ada. Benarkah itu? Apakah aku seburuk itu? Kini aku sadar bahwa yang harusnya aku katakan adalah “Apakah kamu itu manusia yang waras dan berprike-manusiaan? Apakah kau sadar dengan kata-katamu yang menya-kitkan itu? Aku sakit!” Tapi kini aku terlambat untuk menyadarinya.

Dan kini, apakah aku masih akan mengatakan kalau dia adalah lelaki baik-baik? Tentu saja tidak. Saat

rayaan H(Resman)Pada pundung LilaRai, Sabtuatraksi dimalam.

PuncakanSMun

motongaKepala SKetut Su

Raih Perak di Singapura, Boyong Juara di SmansaRaih Perak di Singapura, Boyong Juara di SmansaSMPN

SUDAHyaan H

RResRes

Perak di Singapura Boyong Juara di SmansaPerak di Singapura Boyong Juara di SmansaN 3 Denpasar

esuatu yang memang harus rakan secara serius, tapi un-

itu adalah awal yang sangat me-nyenangkan.

Aksi Siswa

u se a u e u ggu satu ata

gddea

laae

eehduaela

aku sa gat se

in

Aku selalu menunggu satu kata

tidtidkem

jakambemluadmHamgi

aku sangat se

ebagai calon tenaga kerja (naker) di industri pariwisata tak cukup bermodal penge-

tahuan dan keterampilan saja. Penguatan mental dan kepriba-dian merupakan hal penting yang juga harus dimiliki. “Calon pekerja pariwisata perlu dibekali penguatan mental, desiplin dan budi pekerti,” kata Direktur Nipaka L’ecole Ho-teliére Deddy Satrya Wiguna saat membuka Pekan Orientasi Maha-siswa Baru (POMB), pekan lalu.

Karena itu, jelas Deddy, calon mahasiswa Nipaka L’ecole Ho-teliére diberikan pendidikan sikap dan mental melalui kegiatan POMB. Sebagai sumber daya manusia (SDM) pariwisata, perlu juga men-jaga fi sik agar bisa melaksanakan tugas. “Maka itu, selain menda-patkan ceramah budi pekerti, ten-tang bahaya narkoba narasumber khusus dari Polda, juga mendapat kesehatan fi sik yang diberikan oleh dokter,” ucapnya.

Di hadapan mahasiswa baru yang berasal dari Bali, Jawa, dan

Mahasiswa baru Nipaka L’ecole Hoteliére sedang mengikuti kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru di Kampus setempat.Nipaka L ecole Hoteliére sedang mengikuti kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru di Kampus setempat.Nipaka L’ecole Hoteliére sedang mengikuti kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru di Kampus setempat

Sulawesi itu, Dedy juga mema-parkan kesiapan Nipaka untuk menyalurkan lulusan Nipaka nantinya. Salah satunya be-kerjasama dengan Waterfront Agent of Carnival Cruise Line, DK Australia yang siap menerima mahasiswa yang ingin menerus-kan studi di 18 perguruan tinggi di Australia. “Sekarang saja, ada mahasiswa kita yang sudah bekerja di Carnival Cruise Line,” jelasnya.

Nipaka L’ecole Hoteliére ada-lah sekolah perhotelan yang me-miliki lima program studi. Yaitu Cruise Line (kapal pesiar) yang bekerjasama dengan Waterfront Agency & Carnival Cruice Line, Basic Level dengan jurusan Food Production, F&B Service dan Housekeeping, Middle Level dengan jurusan Food Production, F&B Service dan Room Devision, Upper Level yang memiliki Hotel Management serta Aplikasi de-ngan pendidikan. Ada juga Ad-ministrasi Rumah Sakit. (image/bud)

Nipaka Buka POMBNipaka Buka POMBGembleng Mental Calon Naker PariwisaGembleng Mental Calon Naker Pariwisatata

tenagastri parimodal pmpilandan kepenting

juga harus dimiliki. “Calon pi i l dib k li

tPd

Mahasiswa baru NMahasiswa baru NMahasiswa baru N

ebagai calon (naker) di industak cukup berm

tahuan dan keteramPenguatan mental dian merupakan hal

SS

Page 7: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

10Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

7Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Apa dan SiapaApa dan Siapa

No : 02 Kirim jawaban TTW ke:Email : Sueca@balipostatau dengan wesel pos ke Redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama uang Rp100 ribu untuk dua pemenang.

PENELIT IAN yang ada baru-baru ini menunjuk-kan bahwa orang-orang yang dalam keadaan mengan-tuk justru memiliki kecenderungan un-tuk mengonsumsi makanan-makanan junk food.

K e n a p a h a l itu bisa terjadi? Ternyata, ketika mengantuk otak akan mengasosiasi-kan junk food sebagai hadiah dan kesenangan. Dengan kata lain, cenderung tergoda untuk mengonsumsi makanan-makanan tidak sehat ketika merasa mengantuk.

Penelitian mengenai kaitan dua hal tersebut dilakukan oleh Marie-Pierre St-Onge dan rekannya di St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center dan Columbia University di NewYork. Mereka meneliti 25 orang pria dan wanita dengan berat badan normal untuk melacak aliran darah ke dalam otak selama mereka melihat gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat.

Dari hasil penelitian tersebut, orang-orang yang tidurnya dibatasi cenderung melihat makanan-makanan yang tidak sehat sebagai sesuatu yang menonjol daripada makanan lainnya. Mereka juga menganggap makanan ini sebagai sebuah hadiah bagi diri mereka, sehingga pengonsumsian makanan-makanan tidak sehat ini akan semakin meningkat.

Mereka yang kurang istirahat memiliki ketertarikan yang lebih besar kepada makanan tidak sehat karena ketika lelah, tubuh cen-derung menginginkan makanan padat kalori yang dapat memberikan energi seketika. Sayangnya, sekalipun mampu memberikan energi seketika, makanan ini hanya akan memberikan masalah kesehatan lainnya kepada tubuh.

Dephy PrasmidaSmanela

KAMERA pertama kali di-sebut sebagai camera obscu-ra, yang berasal dari bahasa latin yang berarti ruang gelap. Camera obscura merupakan sebuah alat yang terdiri dari ruang gelap atau kotak, yang dapat memantulkan cahaya melalui penggunaan dua buah lensa konveks, kemudian me-nempatkan gambar objek eks-ternal tersebut pada sebuah kertas/film, film tersebut di-letakkan pada pusat fokus dari lensa tersebut. Camera

obscura yang pertama kalinya ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim yang bernama Alhazen, yang terdapat seperti yang dijelaskan pada bukunya yang berjudul Books of Optics (1015-1021).

ArianiGrisda

Agar Ingatan Lebih TajamAgar Ingatan Lebih TajamAgar Ingatan Lebih TajamKETIKA kamu se-

dang belajar untuk meng-hadapi ujian, lebih baik gunakan metode bela-jar dengan menulis baik menggunakan pensil atau pena daripada mengetik menggunakan komputer. Sebuah studi menun-jukkan bahwa menulis dengan cara konven-sional dapat membantu otak bekerja lebih efektif dibandingkan mengetik dengan menggunakan komputer. Peneliti menemukan bahwa struktur tertentu dalam otak yang dikenal sebagai wilayah Broca, diaktifkan pada peserta yang belajar dengan menulis, tapi tidak dengan peserta yang belajar dengan mengetik. Area Broca tersebut sangat penting terhadap kemampuan berkomunikasi seseorang di depan umum dan persepsi terhadap tindakannya.

Para peneliti juga menyatakan bahwa belajar sambil menulis dapat menciptakan ‘memori motorik’ yang membantu seseorang untuk dapat belajar lebih baik. Memori motorik tersebut terbentuk karena adanya hubungan antara membaca dan menulis, tetapi tidak dengan mengetik. Ketika kamu menulis, otak mendapatkan umpan balik dari otot-otot yang melakukan pekerjaan melalui rangkaian pekerjaan yang dilakukan tangan dan mata, sehingga terbentuk memori yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa orang yang be-lajar menggunakan pensil atau pena lebih mudah dalam mengingat alfabet asing.

Susri Astari

KAMERA pertama kali di-sebut sebagai camera obscu-ra, yang berasal dari bahasa latin yang berarti ruang gelap.

Sejarah KameraSejarah KameraSejarah Kamera

SISWA SMK Pariwisata Harapan, 2-6 September nanti menjadi duta Bali dalam lomba debat bahasa tingkat nasional di Jakarta. Dari lima mata lomba, siswa SMK Pariwisata Harapan Denpasar di Jl. Raya Sesetan 62 Denpasar mewakili tiga mata lomba.

Tiga lomba itu yakni lomba debat bahasa Inggris, lomba debat Bahasa Jepang dan debat Bahasa Man-darin. Banyak siswa sekolah SMK negeri yang tersisih untuk mewakili Bali.

Ditetapkannya SMK Pariwisata Harapan sebagai duta Bali karena memenangkan seleksi di tingkat provinsi belum lama ini. Lomba debat Bahasa Inggris diwakili Cynta Popi Sugianto. Pola debat kini memakai sistem perorangan. Debat Bahasa Jepang diwakili Eu-

SMK Pariwisata Harapan Duta Bali ke Lomba Debat Nasional

nike dan di debat Bahasa Mandarin diwakili Evi Jelina. Sedangkan siswa SMK Pariwisata Harapan ini selalu langganan juara I tingkat nasional di ketiga lomba ini.

Evi Jelina mengaku deg-degan namun akan bermuat maksimal kalau bisa membawa medali untuk Bali. Dia dibina oleh Laoshivonny. Dia kini jalani program intensif tiap hari.

Sejak 2005 SMK Parwisata Harapan yang dipimpin oleh Dra. Ni Luh Wardani,M.M., meraih juara I di Bali dan juara I tingkat nasional. Ini pas dengan komitmen sekolah untuk memberi media bagi pengembangan potensi siswa. Sukses ini diraih tak terlepas dari komit-men sekolah untuk memeberi kesempatan media pem-belajaran guna pengembangan potensi siswa sehingga lahirnya prestasi itu.

Selain itu SMK Pariwisata Harapan yang berada di bawah Yayasan Kristen Harapan Denpasar kini sukses meraih ISO 9001-2008. Tahun ajaran baru ini SMK Pariwisata Harapan menerima siswa baru sebanyak 258 siswa atau enam kelas, naik satu kelas dari tahun lalu.

SMK ini juga memiliki program exchanges student ke Australi ke Australia selama sebulan. Dua siswa ke Australia masing-masing Theresa Primasari Turker dan Marliana Erly Paradike akan berangkat 20 Agustus nanti di JSR.

Wakahumas SMK Pariwisata Harapan, Gusti Made Artika, S.Pd,, M.Pd., mengatakan prestasi ini menun-jukkan siswa SMK Pariwisata Harapan memiliki daya saing tinggi baik di tingkat provinsi dan tingkat nasional. Sukses ini dia katakan karena pembinaan intensif di sekolah lewat esktra dan klub debat. (*)

APEL bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke- 67 RI, Jumat (17/8) lalu di SMP PGRI 2 Denpasar sangat sumringah. Pasalnya, tim Pramuka Gudep 01249-01250 sukses meraih juara II lomba gerak jalan Pramuka se- Kota Denpasar. Piala diserahkan tim pra-muka kepada Kasek Gede Wenten Aryasudha.

Dia mengaku sebagai sekolah swasta prestasi ini sangat membanggakan karena mampu bersa-ing dengan sekolah negeri. Apalagai lomba ini baru digelar Kwarcab Denpasar. Diharapkan prestrasi ini memotivasi siswa lain untuk terus berprestasi. Bahkan Aryasudha mengatakan prestasi ini sebagai salah satu sukses sekolah menanamkan niilai-nilai proklamasi kemerdekaan.

Saat itu juga dilakukan pelantikan pengurus OSIS Grisda 2012/2013 oleh Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, Dr. Gede Wenten Aryasudha,M.Pd. Pelantikan pengu-rus OSIS ditandai dengan penyematan jasa almamater, atribut dan penyerahan panji OSIS dengan nama keren Grisda. Momentum 17 Agustus dinilai Gede Wenten Aryasudha sangat tepat untuk pelantikan OSIS guna merevitalisasi dan memperkokoh rasa nasionalisme bangsa. Apalagi di tengah kekhawatiran degradasi nilai nasionalisme di kalangan remaja. Termasuk adanya praktik sepe-ratisme yang menilai dirinya bukan lagi menjadi bagian bangsa Indonesia.

Dikatakan Aryasudha yang barusan menyelesaikan studi doktornya, OSIS adalah salah satu organisasi dalam sekolah yang tugasnya menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kemerdekaan kepada anggotanya. Sedangkan pengurus OSIS menjadi panutan dalam mengimplementasikan nilai-nilai itu. “Yang berat khan menjadi panutan dan menjadi contoh bagi yang lain,” ujarnya.

Pengurus OSIS Grisda kini diketuai I Putu Adi Narandra, Wakil Ketua I, Ni Nengah Srix Wahyuni, Wakil Ketua II, I Wayan Tedi Pranata. Sekretaris Umum IA Lisna Dwiyanti, dibantu PT Ayu Dian Maheni dan Dwi Novianti Suariani. Bendahara Luh Diah Agustini dan Wakil Bendahara Asri Ratna Suhita. Pembina OSIS Rudeg Mardika, Made Yudana, Ketut Abdi Jaya dan Ketut Jaya. (sue)

PIALA - Siswa SMP PGRI 2 Denpasar menyerahkan piala juara II gerak jalan Pramuka kepada Kasek Dr. Gede Wenten Aryasudha.

PUNCAK HUT ke -55 Taman Pendidikan (TP) 45 Denpasar diperingati secara sederhana dalam apel bendera Kamis (16/8) lalu. Tampil sebagai Irup Wakil Ketua Yayasan TP 45, Putu Suasta,M.A.

Puncak HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Putu Suasta diserahkan kepada para kepala sekolah di lingkungan TP 45 Denpasar masing-masing kepada Kepala SMP TP 45, Drs. Ketut Nuda., Kepala SMK TP 45, Drs. Wayan Dastera., Kepala SMA Komang Adnyana Suta, Ketua Sekolah Tnggi Manajemen, Gede Sudarma. Acara juga dihadiri pengurus yayasan IA Lilik Suryaningsih dan Ayu Hastuti Damma. Usai syukuran dilanjutkan tabur bunga ke makam pahlawanTaman Pujaan Bangsa Margarana.

Saat itu kasek menyerahkan prestasi siswanya kepada Putu Suasta. Ketut Nuda menyerahkan piala juara I dan II senam Pramuka di Undiksha dan piala juara III Pandhu Trisma Cup SMAN 3 Denpasar 2012. Sementara Kasek Wayan Dastera menyerahkan piala juara III senam Pramuka Undiksha, juara II LKS Akuntansi di Denpasar dan juara III kewirausahaan.

Putu Suasta mengungkapkan sekolah di bawah naungan Yayasan TP 45 akan djadikan sekolah swasta ung-gulan. Infrastruktur dan fasilitas sekolah kian lengkap. Tahun ini TP 45 akan membangun gedung barat lantai tiga, menambah 40 unit komputer dari 120 unit yang sudah tersedia.

Dia mengatakan untuk menjadi sekolah unggulan TP 45 harus tampil dengan gedung fi sik yang megah, PBM berkualitas, didukung sarana lengkap dan SDM guru yang berkualitas. Dia menyadari untuk menjadi sekolah unggulan sangat terbuka, dia mengacungkan jempol kepada kinerja gurunya. Kondisi ini menjadi modal utama untuk maju. Apalagi sekolah ini dikenal sebagai sekolah perjuangan berbasiskan kerakyatan. TP 45 akan mem-bantu siswa dari KK miskin hingga tamat alias tak sampai DO.

Ketua Panitia HUT Drs. Wayan Dastera menjelaskan serangkain HUT dilakukan gerakan kebersihan dilan-jutkan anjang sana ke Badan Pendiri Ibu Nyonya Pinda, Made Dama beserta istri, Sarja Udaya dan keluarga alm. Sujud dan IB Doster.

Keluarga besar TP 45 juga diajak sembahyang bersama dan aneka lomba antar siswa. Diantaranya makidung, pidato bahasa Jepang, bahasa Inggris, baca pusi, macepat dan kebersihan kelas. Predikat guru dan dosen ber-prestasi diraih Dwika Setyorini, Dewa Ayu Puspawati, Ni Ketut Norti, Ketut Murdani. Sedangkan siswa berprestasi diraih oleh Luh Outu Aris Sugianti, Ivan Lee Suhardianto, dan Luh Ayu Kurniawati dan pegawai berprestasi Ni Keyut Berni. (sue)

TTWM1 2

6

14 15

10

9

4

3

7

11

8

13

21

25

23

20

18

26

22

1716

19

24

5

12

PertanyaanMENDATAR :1. Pendidikan (Inggris); 4. jiwa

(Sansekerta); 6. dagangan laku banyak; 7. tertutup, tidak mekar; 9. Angkatan Darat; 10. naik (Inggris); 11. padang rumput dengan sedikit pepohonan; 14. pasangan suami; 16. logam berwarna kemerahan; 19. salah satu zodiak; 20. isi dari Undang-undang; 22. atau (Inggris); 23. potong tipis-tipis; 24. pewarna tembok; 25. ruang belajar di sekolah; 26. badan antariksa USA.

MENURUN :1. Hubungan timbal balik antara

makhluk hidup dengan lingkungan-nya; 2. arah mata angin; 3. biaya; 5. istirahat malam; 8. rencana (Inggris); 12. ribut; 13. hari raya Kristen; 15. daging ditusuk; 17. membeli semua; 18. si jago merah; 19. jenaka; 21. kekayaan perusahaan.

UNTUK kedua kalinya tim kesenian Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar sukses memikat penonton di kalang-an Angsoka Taman Budaya pada pameran pembangunan, Senin malam (20/8) lalu. Saat itu Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar mempersembahkan Topeng Prembon “Pemadegan Dalem Waturenggong”.

Pementasan kali ini menurut Kepala SMP Dwijendra selaku penanggung jawab, Ni Wayan Nadi Supartini,S.Pd.M.Pd., didukung 80 seniman Dwi-jendra yang dipersiapkan sejak tiga minggu lalu. Tim ini didukung penuh seniman dari siswa dan guru SMP Dwijendra, SMA Dwijendra dan SMK Dwijendra.

Yang menarik ratusan penonton tak beranjak dari tempat duduknya hingga pementasan berakhir, termasuk Ketua Yayasan Dwijendra Pusat, Drs Ida

Kegiatan Budaya di SMAN 3Denpasar Makin Menggeliat

SEMANGAT – Salah satu siswa SMAN 3 Denpasar yang sangat bersemangat menyelesaikan klakat yang dibuat pada waktu kegiatan budaya.

Termasuk komite SMAN 3 Denpasar,” ujarnya.

Koordinator kegiatan budaya SMAN 3 Denpasar Dra. Ni Luh Suryati optimis, kegiatan setiap Purnama itu suatu saat nanati akan menjadi tren tersendiri. Tak hanya di SMAN 3 Denpasar juga sekolah-sekolah lain yang melaksanakannya. Ke-terampilan budaya yang ada di Bali harus terus dikembangkan di kalangan pela-jar. Bagaimana pun mereka itu sebagai pewaris dan penerus berkembangnya seni dan budaya di Bali. Termasuk nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. (ast)

SMP Dwijendra Lestarikan Kesenian Prembon

PREMBON - Seniman SMP Dwijendra saat menabuh prembon.

TEROBOSAN yang dilakukan Kepala SMAN 3 Denpasar Drs. Ketut Suyastra, M.Pd dengan kegiatan budayanya setiap Purnama, mendapat sambutan berbagai kalangan. Bahkan tak sedikit sekolah mengikuti kegiatan budaya tersebut. Me-nurut Kasek Suyastra, kegiatan budaya yang melibatkan siswa, pegawai dan selu-ruh guru tersebut, sudah menjadi rencana cukup lama. Bagaimana pun kegiatan yang dilaksanakan di sekolah tidak mung-kin dengan sistem coba-coba, melainkan harus dengan perencanaan yang matang. Ditemui di sela-sela kegiatan budaya pada Purnama belum lama ini, kasek asal Kota

Bagus Gede Wiyana, Kepala SMA Dwijendra Drs. IB Alit Bajra Manuaba,S.Pd., Kepala SMK Dwijendra, Ketut Widia,M.Si., dan Kepala SD Dwijendra, Ketut Artana,S.Pd.

Pementasan berdurasi tiga jam ini dikoordina-tori oleh Indrayatni Pinatih,S.Pd., penata tabuh Ni Wayan Mudiari,S.Sn,, dan penata tari Ketut Jagra,B.A. Di pementasan ini juga menampilkan penari arja kehormatan Ni Wayan Rusti asal Sanur.

Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar, Drs. Ida Bagus Gede Wiyana mengungkapkan pementasan ini untuk memberi penguatan karak-ter pendidikan di Dwijendra yang berasaskan agama Hindu dan kesusastraan Bali. Sejak

berdiri, sebelum ada IHDN, ISI dan Unhi, Yayasan Dwijendra dikenal memayungi dua hal ini yakni agama Hindu dan kesusastraan Bali. Makanya malam iu juga ditampilkan mars dan Hymne Dwijendra selain berbahasa Indonesia juga berbahasa Bali.

Ida Bagus Gede Wiyana mengatakan se-mua ini adalah bagian dari proses pembelajar-an, termasuk materi prembonnya juga dalam rangka edukasi dan memberi pengalaman baru bagi siwa, guru dan masyarakat. Apa yang dilakukan Dwijendra adalah bentuk pertanggungjawaban pendidikan kepada masyarakat lewat pementasan. (sue)

DALAM rangka penutupan MOS, siswa baru tahun ajaran 2012/2013 SMA PGRI 1 Denpasar dan SMK PGRI 6 Denpasar pada hari Senin, (13/8) lalu, menyeleng-garakan Bakti Sosial pembersihan Pura Pengubengan yang ada di Besakih. Rom-

S e r o m b o t a n Klungkung ini, dengan me-n y a m p a i k a n terima kasih atas dukungan se-mua pihak, se-hingga menjadi nilai tambah bagi sekolah yang dipimpinnya.

“Saya tidak akan mungkin dapat melakukan sesuatu tanpa dukungan guru-guru, pegawai maupun siswa, yang menjadi lokomotif kegiat-an budaya ini.

bongan MOS dipimpin Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Denpasar yang juga selaku Ketua Yayasan SMK PGRI 6 Denpasar, Drs. I Made Karang,M.M. dan I Wayan Sukarta selaku Kepala Sekolah SMK PGRI 6 Denpasar.

Baksos SMA PGRI 1 dan SMK PGRI 6 Denpasar

SMP Wisata Sanur mengawali tahun pelajaran baru banyak sekali aktivitas yang dilakukan dan menuju sekolah yang lebih berkualitas. Berkat du-kungan Kepala Sekolah SMP Wisata Sanur, Drs. Gusti Made Raka dan semua guru-guru beserta staf yang ada di SMP Wisata Sanur kini sekolah pun harus dituntut lebih maju dan bisa bersaing dengan sekolah SMP lain yang ada di Denpasar pada khususnya dan Bali pada umumnya.

Aktivitas pertama yang mengawali sekolah SMP Wisata Sanur adalah lomba LT V Pramuka Penggalang sebagai peringkat 10 dari 33 provinsi di Indonesia yang dilakukan di Cibubur, Jakarta i 7-13 Juli 2012. Selanjutnya MOS (Masa Orien-tasi Siswa) yang dilakukan 16-19 Juli 2012 dan berlanjut mempersiapkan menuju lomba-lomba lintas sekolah se-Denpasar (SMAN 1 Denpasar, SMAN 2 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar). Di lomba lintas sekolah ini kita mengikuti beberapa lomba seperti lomba Olimpiade Fisika, Lomba

Karya Tulis Ilmiah, Lomba Mading, Lomba Baca Puisi, Lomba Poster, Lomba Meng-gambar, Lomba Komputer (Ms. Excel, MS. Word, Lomba Matematika Logika Pascal dan Lomba Cerdas Cermat Komputer), Lomba English Contest sampai dengan lomba Pra-muka Penggalang.

Selain itu kita juga mengikuti lomba tari Jempiring tingkat Umum se-Bali yang di-adakan Banjar Dangin Peken-Sanur serta lomba Dharma Gita yang diadakan Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Masing-masing lomba tersebut SMP Wisata Sanur menda-pat juara I, yaitu untuk lomba tari Jempiring mendapatkan Juara I kategori umum, Juara I Sloka Putri dan Juara Harapan I Sloka Putra (Dinas Kebudayaan Kota Denpasar).

Sejalan dengan perjalanan tahun ajaran baru ini Tim Drumband SMP Wisata Sanur menyabet Juara Umum I dalam acara Bali Marchingband On Stage 2012 dan juga mengisi acara Pembukaan YPS Cup 2012 di Lapangan Made Pica yang dilakukan pada 22 Juli 2012. Personil Drumband SMP Wisata Sanur ini diikuti oleh siswa kelas VIII dan kelas IX dari SMP Wisata Sanur.

Dalam lomba lintas sekolah kali ini di SMAN 3 Denpasar dalam lomba Mading memperoleh juara Harapan I dalam Press-list 2012. Lomba lintas sekolah yang lain di SMAN 1 Denpasar sekolah ini mendapatkan Juara Harapan II dalam lomba Poster Alerion electro Smansa 2012 pada 27 Juli 2012 dan Juara III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah KISS-1 Smansa pada 31 Juli 2012. (*)

Jawaban TTWM No : 01

MENDATAR :1. Tabanan4. Dia6. India7. Monas9. Min10. Klorofi l14. Edit15. Sial17. Anchor18. Sketsa21. Puasa22. Seoul23. Asa25. Insang26. Kawan27. Marah28. Gelang

MENURUN :1. Tempe2. Buncis3. Namun4. Dive5. Adik8. Artikel11. Langsing12. Odol13. Lupa16. Lusa19. Kuta

20. Asin/Asam22. SIM24. Aku

Dari 116 orang yang menajwab benar, akhirnya yang menajadi peme-nang TTWM No.01 adalah :

1. Winda Pratiwi SMAN 5 Denpasar

2. Pratama Anggi Kurnia Sinaga SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar

Kup

on

WM/sue

BAKSOS - Siswa SMA PGRI 1 dan SMK PGRI 6 Denpasar saat baksos.

Siswa yang mengikuti MOS beserta dewan guru berangkat dari Jl. Sudirman tiba di Besakih sekitar pk 10.30. Selanjutnya perjalanan menuju Pura Pengubengan ditem-puh dengan berjalan kaki sekitar 45 menit dari areal Pura Besakih.

Setelah seluruh rombongan tiba, kegiatan bakti sosial pun mulai dilakukan dengan mengadakan pembersihan di areal Pura Pe-ngubengan. Acara kemudian dilan-jutkan dengan kegiatan persem-bahyangan bersama yang dipimpin Jero Mangku yang bertugas di Pura setempat. (*)

WM/ist

DUTA - Siswa SMK Harapan yang menjadi duta

Page 8: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

Jumat, 24 Agustus-13 September 2012

9Jumat, 24 Agustus-13 September 2012

8

Gelombang Korea sendiri adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global. Hal-hal yang diminati masyarakat mulai dari K-pop atau musik, film, style berpakaian, bahkan bahasa Korea seperti annyeonghaseo, gamsahamnida, ataupun saranghae. Apakah gelombang Korea tersebut dapat mengalahkan budaya asli dari negara-negara yang menggandrungi hal-hal menarik dari negara tersebut?

Tanpa terkecuali negara Indonesia, apakah kebudayaan Indonesia dapat dengan mudah dilupakan oleh warga negaranya yang menggila akan Korea tersebut? Kita mendapat pelajaran dan memetik hikmahnya negara Korea mendapatkan keberhasilannya karena keseriusan industri entertaiment mereka dalam mengasah keterampilan warga Korea sendiri.

Dibandingkan dengan Indonesia, Korea memang lebih banyak memiliki

SECARA umum kondisi disiplin siswa pada akhir-akhir ini menurun. Dengan observasi langsung di lapangan, tanda-tanda penurunan disiplin terlihat dengan jelas. Tanda-tanda itu antara lain, disiplin waktu yaitu semakin seringnya siswa lambat sekolah, lambat mengumpulkan tugas, kemudian disiplin pelajaran yaitu seringkali siswa bolos atau semakin pintar mencari celah untuk mencari-cari alasan tidak mengikuti pembelajaran. Tanda-tanda yang lain tentu banyak sekali.

Tanda menurunnya disiplin siswa tidak saja terjadi di jenjang sekolah menengah, tetapi dari semua jenjang. Jenjang SD, SMP, SMA/SMK, atau jika digeneralisasi lebih jauh akan sampai pada jenjang perguruan tinggi ketidakdisiplinan tersebut. Meskipun tidak ada penelitian yang valid mengenai menurunnya tingkat disiplin ini, namun dengan observasi dilapangan cukup rasanya menyatakan bahwa tingkat disiplin siswa semakin menurun seiring berkembangnya zaman.

Kedisiplinan adalah sikap keteraturan, tanggung jawab, dan kepatuhan yang diterapkan pada saat siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran disekolah (Anita, 2008), perkembangan sikap siswalah

Tetap Mencintai Negaraku

keunggulan dalam bidang entertaiment, bukan berarti aktris Indonesia tidak memiliki potensi untuk kedepannya tetapi keseriusan mereka yang masih dianggap kurang maksimal. Mengenai budaya yang dimiliki oleh Korea, setiap negara memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lainnya, dan budaya dari masing-masing negara tersebut sangat dihormati dan menjadi kebanggaan oleh warga negaranya.

Siapa sih yang nggak tau tentang Korea? Jika remaja kita ditanya kembali mengenai kebudayaan mana yang mereka pilih, antara Indonesia dengan Korea, mereka tetap memilih kebudayaan mereka sendiri yaitu Indonesia. Mereka lahir di Indonesia dan mereka bertanah air disana suka cita mereka rasakan bersama dengan Indonesia. Jadi, walaupun mereka sangat mengidolakan aktris Korea, tapi mereka tetap memilih negara asal mereka sendiri yakni rasa

nasionalisme mereka sebagai warga negara Indonesia. Jadi intinya, boleh-boleh saja kita mengidolakan artis-artis Korea tapi sejatinya kita tidak boleh melupakan budaya kita sendiri yaitu budaya Indonesia yang telah mengakar rumput berabad-abad di Indonesia.

Satu lagi, bangsa bangsa Korea telah

menunjukkan mereka dapat memetik sebuah keberhasilan dari apa yang telah mereka tanamkan sebelumnya. Mengapa kita tidak mencobanya dari sekarang? Mungkin kita akan merasakan manfaatnya beberapa hari, bulan, atau tahun lagi.

(Jurnalistik Sixsma)

Tetap Mencintai Negaraku

TAK dapat dipungkiri lagi, trend luar negeri seperti Korea semakin mewabah di Indonesia bahkan di dunia. Tidak hanya menerjang negara-negara di Asia, “gelombang Korea” atau bahasa kerennya Korean Wave atau Hallyu, juga menerjang sampai ke benua Amerika bahkan benua biru Eropa.

Konsisten Tumbuhkan Disiplin SiswaPande Kurniawan: Guru SMKN 3 Denpasar

yang mencirikan ketidakdisiplinan tersebut. Perkembangan zaman biasanya dijadikan kambing hitam dalam penurunan disiplin ini. Zaman semakin berubah, dianggap nilai-nilai dalam masyarakat juga turut linear perubahannya. Misalnya seorang guru mengeluh mengenai disiplin berpakaian siswanya kepada sesama teman guru “Pada saat saya sekolah tidak begitu lho pakaian kita. Kita rapi, baju disetrika, rapi dan rambut pendek disisir rapi. Tapi sekarang, baju diketatkan, urakan, rambut gondrong”. Dari sini terlihat sepintas bahwa zaman berubah diikuti dengan perubahan nilai. Namun sebenarnya tidak demikian yang diharapkan. Yang semestinya terjadi adalah zaman boleh berubah, namun nilai-nilai yang baik diharapkan tetap ajeg. Seperti contoh diatas, cara dan jenis berpakain boleh berubah namun nilai kerapian dan kesopanan berpakaian harus tetap terjaga.

Lantas siapakah yang salah dalam hal ini? Siswa yang memang tidak disiplin ataukah guru yang tidak memperhatikan siswa ataukah keadaan masyarakat kita yang semakin tidak mau tahu tentang perubahan nilai-nilai disiplin? Tentu

saja kita tidak mau menyalahkan siapa-siapa. Yang perlu diupayakan sekarang adalah menberdayakan segala upaya dalam mengkondisikan disiplin siswa kea rah yang lebih baik. Salah satunya

penindakan. Tetapi sebagaimana diungkapkan diatas kata

kuncinya adalah konsistensi. Jika semuanya sumber daya ada untuk menumbuhkan disiplin siswa, namun konsistensi penegakan disiplin tidak berlangsung, semua tindakan hanya akan hangat-hangat tahi ayam. Konsistensi ide, perhatian guru, dan pemerintah sangat diperlukan dalam upaya menumbuhkan kembali sikap disiplin siswa. Mari kita upayakan bersama.

DENDAM adalah sebuah perasaan yang lahir dari perasaan benci atau marah, yang seringkali dipendam secara rahasia seorang individu. Padahal tak hanya buruk bagi kesehatan mental, dendam juga memiliki efek negatif bagi kesehatan fisik. Jadi untuk apa berlama-lama menahan dendam yang akhirnya hanya merugikan diri sendiri? Berikut ini adalah cara pintar yang dapat dicoba untuk melupakan dendam.Temukan Sumber Dendam

Cobalah untuk menemukan sumber dendam dan temukan cara untuk benar-benar memaafkan orang yang telah menyakitimu, dan melupakan kejadian tersebut.Sadari Pengaruh Buruk Dendam

Dendam memiliki efek buruk bagi hidupmu. Tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan mental, dendam juga akan mempengaruhi kesehatan fisik. Jika telah menyadari efek buruknya, buat apa menahan dendam berlarut-larut?Mengubah Hubungan

Mengubah hubungan dengan orang yang telah menyakitimu. Jika telah memutuskan untuk memaafkan orang tersebut dan bermaksud untuk memperbaiki hubungan dengannya, maka

SEIRING bertambahnya usia, maka memori otak akan semakin kehilangan ketajamannya. Kamu mulai melupakan sesuatu, seperti nama orang, lupa meletakkan sesuatu atau pekerjaan yang harus dilakukan. Agar otak selalu bisa terasah dan ingatannya pun tetap tajam, inilah beberapa tipsnya :

Fashion untuk Pria KurusFashion untuk Pria Kurus- Lupakan Dendam

sudah waktunya untuk berhenti melakukan perilaku agresif terhadapnya. Tetapi jika kamu menyadari bahwa perilaku orang tersebutlah yang menjadi sumber munculnya dendam, maka lebih baik mulai menjaga jarak dari dirinya.Tinggalkanlah Dendam Masa Lalu

Ketika ingin melepaskan dendam, akan ada tuntutan dari hal tersebut untuk menguji niat itu. Kamu akan diminta untuk mengubah sikap maupun cara berpikir, baik untuk memaafkan maupun melupakannya. Tetapi jika tidak kembali mengingatnya, akan dengan mudah melupakannya.

Dephy PrasmidaSmanela

Melatih Otak KiriOtak kiri kamu bekerja untuk kemampuan dalam penalaran,

bahasa, tulisan, logika dan berhitung. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika. Untuk mempertahankan kapasitas otak kiri kamu, cobalah untuk mempelajari bahasa atau melakukan permainan puzzles.

Melatih Otak KananFungsi otak kanan adalah untuk menangani proses berfikir

kreatif manusia. Otak kanan bisa diidentikkan tentang kreatifitas, khayalan, bentuk atau ruang, emosi dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Cara kerjanya tidak terstruktur dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Bila terjadi kerusakan pada otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi. Untuk menjaga ketajaman otak kanan, sebaiknya kamu berlatih bernyanyi atau membuat kerajianan tangan.

Diah KartiniSMP Dwijendra

SEBAGAI seorang perempuan siapa sih yang tidak tahu high heel. Sepatu berhak tinggi yang membuat penampilan betis menjadi lebih jenjang. Dengan memakai high heels banyak perampuan merasa tertolong dan jatuh cinta pada sepatu tersebut, namun tahukah kamu bagaimana menggunakan high heels dengan nyaman dan tanpa mengganggu kesehatan? Berikut ini berbagai tips nyaman menggunakan high heels.Pilihlah Ukuran Pas

Jika kamu membeli high heels, pilihlah yang pas ukuranya dengan kaki. Karena high heels yang kebesaran atau kekecilan akan membuat kaki kamu kesakitan.Berikan Waktu Kaki Bernafas

Cobalah bergantian untuk memakai high heels. Misalnya minggu pertama kamu memakai high heels, usahakan minggu kedua menggunakan flat shoes. Ini bertujuan untuk memberikan relaksasi

pada jari kaki, tumit dan betis kamu.Pilihlah yang Berkualitas

Seperti pepatah mengatakan harga barang menentukan kualitasnya. Belilah high heels yang cukup berkualitas. Karena hihg heels yang berkualitas akan membuat kaki kamu nyaman menggunakannya dan tentunya akan lebih awet.Bahan Dasar yang Lembut

Agar kaki tidak terlalu tersiksa, pilihlah high heels dengan bahan dasar dari kulit, atau rajutan nylon dibandingkan dengan bahan plastik. Karena kulit dan rajutan nylon cendrung lemas dan nyaman dikaki.

Ayu Laras DaniartiSmapan

MAKANAN yang masuk ke dalam tubuh sedikit demi sedikit tersimpan sebagai lemak di bagian perut. Jika tidak terbakar, lemak tersebut akan membuat lapisan, perut pun jadi membuncit. Ini merupakan lapisan lemak yang paling sulit untuk dikikis. Daripada kamu kerja keras untuk ‘membuang’ lemak perut, lebih baik cegah timbunan lemak dengan lima trik mudah berikut.Makan Sambil Duduk

Seringkali kita makan atau minum sambil berjalan karena diburu waktu. Kebiasaan makan sambil berdiri inilah yang membuat perut cepat buncit. Itu karena kita cenderung memilih makanan yang kurang sehat. Akibatnya, makanan menjelma menjadi lemak di perut.Kunyah Lebih Lama

Menurut ahli nutrisi Arnaud Cocaul, seperti dikutip dari Top Sante, mengunyah lebih lama dapat menekan keinginan kita untuk makan lebih banyak. Selain itu, juga membantu melepaskan histamin yang menimbulkan rasa kenyang. Potong makanan menjadi ukuran sekali suap, untuk mempermudah mengunyah.

Kurangi Asupan LemakTubuh memang perlu lemak. Namun yang sering terjadi,

asupan lemak ke dalam tubuh jauh lebih besar daripada yang diperlukan. Siasati dengan konsumsi makanan yang dapat membantu membakar lemak, seperti ikan laut yang kaya omega 3 atau minum teh hijau sebelum makan. Menurut penelitian, teh hijau dapat membantu mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan.Hindari Makanan yang Berfermentasi

Makanan seperti bawang, gandum, kubis berfermentasi dalam lambung saat dicerna. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung, proses ini juga dapat mengakibatkan perut menjadi buncit. Bernapas Lewat Perut

Pernapasan lewat perut akan menekan stres dan menstimulasi kerja otot bagian perut. Tarik napas panjang, simpan udara di bagian perut. Tahan lima detik, hembuskan. Lakukan ini terutama saat nafsu ingin ngemil begitu besar.

Dwija AbinawaDwisma

Indonesia merah darahkuPutih tulangkuBerpadu dengan semangatmuKebyar-kebyar ke langit jingga …

Andaikan matahari terbit dari baratKau tetap Indonesiaku

LAGU yang dinyanyikan penyanyi berpenampilan nyentrik (alm) Gombloh asal Kota Pahlawan Surabaya itu, sepertinya menjadi lagu wajib yang selalu mengumandang setiap peringatan hari-hari besar nasional. Seperti menjelang peringatan detik-detik proklamasi Indonesia ke-67, Jumat 17 Agustus 2012 belum lama ini. Lagu-lagu yang sarat pesan-pesan perjuangan, seharusnya tetap dikumandangkan di seluruh pelosok negeri ini. Tidak hanya pada peringatan hari-hari besar nasional, melainkan setiap hari. Terlebih lagi melihat remaja Indonesia saat ini makin kehilangan spirit perjuangan. Mereka itu tidak mau tahu jika kemerdekaan yang ada saat ini bukan pemberian negara penjajah. Melainkan harus direbut dengan senjata seadanya seperti bambu runcing, dengan

Remaja Makin Kehilangan Spirit Perjuangan

mempertaruhkan nyawa hingga tetes darah terakhir. Keprihatinan Drs. I Made Madra, guru sosiologi SMAN 8 Denpasar.

Lelaki asal Buleleng itu melihat, pengaruh globalisasi yang kian tak terbendung, berdampak tidak baik pada prilaku remaja saat ini. Walaupun masih ada remaja yang mempertahankan jati dirinya sebagai generasi muda Indonesia, namun yang memiliki fanatisme seperti itu dapat dihitung dengan jari. Sebagian besar mereka tidak menyadari jika di zaman merdeka saat ini, mereka telah dijajah pengaruh globalisasi yang berdampak sangat fatal.

“Kita tidak tahun dari mana harus memulai. Terutama meyakinkan generasi muda yang tidak lagi menyadari jika tanggungjawab mereka itu berat. Salah satunya sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan negeri ini,” katanya.

Madra yang juga Wakasek Kehumasan SMAN 8 Denpasar, mengingatkan generasi muda Indonesia, jika Bung Karno, Bung Hata dan mereka yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, tercatat sebagai tokoh-tokoh muda. Dapat dibayangkan bagaimana

mereka mampu membuat Indonesia merdeka, dengan segala tantangan dan resikonya.

Madra yang pernah bertugas di SMAN 1 Denpasar ini, semua elemen masyarakat dan siapa pun yang merasa menjadi warga negara Indonesia, harus bangkit dan memberikan yang terbaik untuk generasi muda saat ini. Tujuannya jangan sampai krisis spirit perjuangan. Empat pilar kebangsaan itu harus ditumbuhkan pada setiap sanubari genrasi muda Indonesia. Tak ada pilihan lain jika ingin menyelamatkan generasi muda Indonesia dari keterpurukan.

Terlebih lagi remaja Bali, yang bersentuhan langsung dengan budaya asing denga kehadiran wisatawan mancanegara di bali. Jika potenti yang dimiliki Bali mampu dimanfaatkan dengan baik, alhasil pengaruh postifnya tentu sangat banyak. Pengalaman dan wawasan global tidak lagi sebatas teori, melainkan sudah menjadi pengalaman sendiri.

“Kalau saja saya yang ketika zaman penjajahan ikut berjuang dengan taruhan nyawa dan melihat kemerdekaan yang ada saat ini disalah gunakan, tentu saya akan menangis. Perjuangan kami tentu saja sia-sia. Kami tidak menuntut banyak, hanya tolong hargai kemerdekaan ini dengan baik. Melakukan hal-hal yang bermanfaat,” imbuh alumnus FKIP Singaraja ini. (ast)

konsistensi terhadap aturan sekolah.

Biasanya pada tata tertib sekolah sudah diatur mengenai disiplin siswa., tetapi kadang-kadang enggan dilaksanakan karena butuh tenaga, biaya, dan waktu. Namun tidak ada jlan lain, untuk menumbuhkan kembali disiplin siswa harus melakukan pengorbanan ter-sebut. Setelah semuanya itu ada, diyakini akan ada t indakan-tindakan untuk menumbuhkan disiplin siswa baik tindakan pencegahan maupun tindakan

Merah Putih- Merah putih tetap menjadi identitas remaja Indonesia.

WM/sue

WM/sueDISPLIN - Disiplin menjadi kunci utama sukses.

Made Madra

MUNGKIN sebagian besar cowok yang bertubuh kurus tidak pede dengan bentuk tubuhnya. Apalagi dengan urusan fashion style, banyak dari mereka takut terlihat kurus jika salah memakai pakaian. Sebenarnya tidaklah sulit untuk memilih fashion yang co-cok untuk cowok berbadan kurus dan tinggi. Karena model untuk pakaian cowok tidak pernah berubah pada dasarnya, berbeda dengan paka-ian cewek yang mempunyai ber-bagai model pakaian. Berikut cara memilih pakaian yang co-cok :

1. Jangan menggunakan pa-kaian terlalu ngepres di badan ataupun kebesaran. Karena akan memperjelas bentuk tubuh kamu yang kurus. Usahakan se-mua pakaian ukurannya pas, dan jangan sekali-kali menggu-n a k a n b a j u model ketat. Agar t u -buh

bagian atas sedikit kelihatan berisi, cobalah pakai jas atau jaket yang ada bantalan bahu berbentuk menyatu dengan tubuh.

2. Jika menggunakan jaket, pastikan jaket yang dikenakan panjangnya sampai ke bawah pantat,

jika memakai di atas pantat bisa menambah kesan kurus.

3. Untuk celana panjang, kamu bisa menggunakan celana klasik dan seder-hana. Jangan takut untuk menggunakan celana yang bermotif, justru akan terlihat berisi. Jangan pernah menggunakan ce-lana stretch atau yang sedang tenar di ka-langan anak-anak muda zaman sekarang model ‘pensil’.

4. Pastikan panjang celana yang kamu gunakan melebihi mata kaki, karena jika kalian menggunakan celana yang panjang-

nya kurang dari pergelangan kaki, maka kaki akan terlihat kecil.

5. Untuk menutupi bentuk siku yang runcing, kamu bisa menutupinya dengan menggunakan kemeja atau t-shirt lengan panjang. Dengan b e - gitu lengan serta siku

akan terlihat lebih berisi, gunakan-lah untuk ke-seharian.

Ni Kadek MartiniSMP PGRI 6

Denpasar

Page 9: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

Jumat, 24 Agustus-13 September 2012

9Jumat, 24 Agustus-13 September 2012

8

Gelombang Korea sendiri adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global. Hal-hal yang diminati masyarakat mulai dari K-pop atau musik, film, style berpakaian, bahkan bahasa Korea seperti annyeonghaseo, gamsahamnida, ataupun saranghae. Apakah gelombang Korea tersebut dapat mengalahkan budaya asli dari negara-negara yang menggandrungi hal-hal menarik dari negara tersebut?

Tanpa terkecuali negara Indonesia, apakah kebudayaan Indonesia dapat dengan mudah dilupakan oleh warga negaranya yang menggila akan Korea tersebut? Kita mendapat pelajaran dan memetik hikmahnya negara Korea mendapatkan keberhasilannya karena keseriusan industri entertaiment mereka dalam mengasah keterampilan warga Korea sendiri.

Dibandingkan dengan Indonesia, Korea memang lebih banyak memiliki

SECARA umum kondisi disiplin siswa pada akhir-akhir ini menurun. Dengan observasi langsung di lapangan, tanda-tanda penurunan disiplin terlihat dengan jelas. Tanda-tanda itu antara lain, disiplin waktu yaitu semakin seringnya siswa lambat sekolah, lambat mengumpulkan tugas, kemudian disiplin pelajaran yaitu seringkali siswa bolos atau semakin pintar mencari celah untuk mencari-cari alasan tidak mengikuti pembelajaran. Tanda-tanda yang lain tentu banyak sekali.

Tanda menurunnya disiplin siswa tidak saja terjadi di jenjang sekolah menengah, tetapi dari semua jenjang. Jenjang SD, SMP, SMA/SMK, atau jika digeneralisasi lebih jauh akan sampai pada jenjang perguruan tinggi ketidakdisiplinan tersebut. Meskipun tidak ada penelitian yang valid mengenai menurunnya tingkat disiplin ini, namun dengan observasi dilapangan cukup rasanya menyatakan bahwa tingkat disiplin siswa semakin menurun seiring berkembangnya zaman.

Kedisiplinan adalah sikap keteraturan, tanggung jawab, dan kepatuhan yang diterapkan pada saat siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran disekolah (Anita, 2008), perkembangan sikap siswalah

Tetap Mencintai Negaraku

keunggulan dalam bidang entertaiment, bukan berarti aktris Indonesia tidak memiliki potensi untuk kedepannya tetapi keseriusan mereka yang masih dianggap kurang maksimal. Mengenai budaya yang dimiliki oleh Korea, setiap negara memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lainnya, dan budaya dari masing-masing negara tersebut sangat dihormati dan menjadi kebanggaan oleh warga negaranya.

Siapa sih yang nggak tau tentang Korea? Jika remaja kita ditanya kembali mengenai kebudayaan mana yang mereka pilih, antara Indonesia dengan Korea, mereka tetap memilih kebudayaan mereka sendiri yaitu Indonesia. Mereka lahir di Indonesia dan mereka bertanah air disana suka cita mereka rasakan bersama dengan Indonesia. Jadi, walaupun mereka sangat mengidolakan aktris Korea, tapi mereka tetap memilih negara asal mereka sendiri yakni rasa

nasionalisme mereka sebagai warga negara Indonesia. Jadi intinya, boleh-boleh saja kita mengidolakan artis-artis Korea tapi sejatinya kita tidak boleh melupakan budaya kita sendiri yaitu budaya Indonesia yang telah mengakar rumput berabad-abad di Indonesia.

Satu lagi, bangsa bangsa Korea telah

menunjukkan mereka dapat memetik sebuah keberhasilan dari apa yang telah mereka tanamkan sebelumnya. Mengapa kita tidak mencobanya dari sekarang? Mungkin kita akan merasakan manfaatnya beberapa hari, bulan, atau tahun lagi.

(Jurnalistik Sixsma)

Tetap Mencintai Negaraku

TAK dapat dipungkiri lagi, trend luar negeri seperti Korea semakin mewabah di Indonesia bahkan di dunia. Tidak hanya menerjang negara-negara di Asia, “gelombang Korea” atau bahasa kerennya Korean Wave atau Hallyu, juga menerjang sampai ke benua Amerika bahkan benua biru Eropa.

Konsisten Tumbuhkan Disiplin SiswaPande Kurniawan: Guru SMKN 3 Denpasar

yang mencirikan ketidakdisiplinan tersebut. Perkembangan zaman biasanya dijadikan kambing hitam dalam penurunan disiplin ini. Zaman semakin berubah, dianggap nilai-nilai dalam masyarakat juga turut linear perubahannya. Misalnya seorang guru mengeluh mengenai disiplin berpakaian siswanya kepada sesama teman guru “Pada saat saya sekolah tidak begitu lho pakaian kita. Kita rapi, baju disetrika, rapi dan rambut pendek disisir rapi. Tapi sekarang, baju diketatkan, urakan, rambut gondrong”. Dari sini terlihat sepintas bahwa zaman berubah diikuti dengan perubahan nilai. Namun sebenarnya tidak demikian yang diharapkan. Yang semestinya terjadi adalah zaman boleh berubah, namun nilai-nilai yang baik diharapkan tetap ajeg. Seperti contoh diatas, cara dan jenis berpakain boleh berubah namun nilai kerapian dan kesopanan berpakaian harus tetap terjaga.

Lantas siapakah yang salah dalam hal ini? Siswa yang memang tidak disiplin ataukah guru yang tidak memperhatikan siswa ataukah keadaan masyarakat kita yang semakin tidak mau tahu tentang perubahan nilai-nilai disiplin? Tentu

saja kita tidak mau menyalahkan siapa-siapa. Yang perlu diupayakan sekarang adalah menberdayakan segala upaya dalam mengkondisikan disiplin siswa kea rah yang lebih baik. Salah satunya

penindakan. Tetapi sebagaimana diungkapkan diatas kata

kuncinya adalah konsistensi. Jika semuanya sumber daya ada untuk menumbuhkan disiplin siswa, namun konsistensi penegakan disiplin tidak berlangsung, semua tindakan hanya akan hangat-hangat tahi ayam. Konsistensi ide, perhatian guru, dan pemerintah sangat diperlukan dalam upaya menumbuhkan kembali sikap disiplin siswa. Mari kita upayakan bersama.

DENDAM adalah sebuah perasaan yang lahir dari perasaan benci atau marah, yang seringkali dipendam secara rahasia seorang individu. Padahal tak hanya buruk bagi kesehatan mental, dendam juga memiliki efek negatif bagi kesehatan fisik. Jadi untuk apa berlama-lama menahan dendam yang akhirnya hanya merugikan diri sendiri? Berikut ini adalah cara pintar yang dapat dicoba untuk melupakan dendam.Temukan Sumber Dendam

Cobalah untuk menemukan sumber dendam dan temukan cara untuk benar-benar memaafkan orang yang telah menyakitimu, dan melupakan kejadian tersebut.Sadari Pengaruh Buruk Dendam

Dendam memiliki efek buruk bagi hidupmu. Tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan mental, dendam juga akan mempengaruhi kesehatan fisik. Jika telah menyadari efek buruknya, buat apa menahan dendam berlarut-larut?Mengubah Hubungan

Mengubah hubungan dengan orang yang telah menyakitimu. Jika telah memutuskan untuk memaafkan orang tersebut dan bermaksud untuk memperbaiki hubungan dengannya, maka

SEIRING bertambahnya usia, maka memori otak akan semakin kehilangan ketajamannya. Kamu mulai melupakan sesuatu, seperti nama orang, lupa meletakkan sesuatu atau pekerjaan yang harus dilakukan. Agar otak selalu bisa terasah dan ingatannya pun tetap tajam, inilah beberapa tipsnya :

Fashion untuk Pria KurusFashion untuk Pria Kurus- Lupakan Dendam

sudah waktunya untuk berhenti melakukan perilaku agresif terhadapnya. Tetapi jika kamu menyadari bahwa perilaku orang tersebutlah yang menjadi sumber munculnya dendam, maka lebih baik mulai menjaga jarak dari dirinya.Tinggalkanlah Dendam Masa Lalu

Ketika ingin melepaskan dendam, akan ada tuntutan dari hal tersebut untuk menguji niat itu. Kamu akan diminta untuk mengubah sikap maupun cara berpikir, baik untuk memaafkan maupun melupakannya. Tetapi jika tidak kembali mengingatnya, akan dengan mudah melupakannya.

Dephy PrasmidaSmanela

Melatih Otak KiriOtak kiri kamu bekerja untuk kemampuan dalam penalaran,

bahasa, tulisan, logika dan berhitung. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika. Untuk mempertahankan kapasitas otak kiri kamu, cobalah untuk mempelajari bahasa atau melakukan permainan puzzles.

Melatih Otak KananFungsi otak kanan adalah untuk menangani proses berfikir

kreatif manusia. Otak kanan bisa diidentikkan tentang kreatifitas, khayalan, bentuk atau ruang, emosi dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Cara kerjanya tidak terstruktur dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Bila terjadi kerusakan pada otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi. Untuk menjaga ketajaman otak kanan, sebaiknya kamu berlatih bernyanyi atau membuat kerajianan tangan.

Diah KartiniSMP Dwijendra

SEBAGAI seorang perempuan siapa sih yang tidak tahu high heel. Sepatu berhak tinggi yang membuat penampilan betis menjadi lebih jenjang. Dengan memakai high heels banyak perampuan merasa tertolong dan jatuh cinta pada sepatu tersebut, namun tahukah kamu bagaimana menggunakan high heels dengan nyaman dan tanpa mengganggu kesehatan? Berikut ini berbagai tips nyaman menggunakan high heels.Pilihlah Ukuran Pas

Jika kamu membeli high heels, pilihlah yang pas ukuranya dengan kaki. Karena high heels yang kebesaran atau kekecilan akan membuat kaki kamu kesakitan.Berikan Waktu Kaki Bernafas

Cobalah bergantian untuk memakai high heels. Misalnya minggu pertama kamu memakai high heels, usahakan minggu kedua menggunakan flat shoes. Ini bertujuan untuk memberikan relaksasi

pada jari kaki, tumit dan betis kamu.Pilihlah yang Berkualitas

Seperti pepatah mengatakan harga barang menentukan kualitasnya. Belilah high heels yang cukup berkualitas. Karena hihg heels yang berkualitas akan membuat kaki kamu nyaman menggunakannya dan tentunya akan lebih awet.Bahan Dasar yang Lembut

Agar kaki tidak terlalu tersiksa, pilihlah high heels dengan bahan dasar dari kulit, atau rajutan nylon dibandingkan dengan bahan plastik. Karena kulit dan rajutan nylon cendrung lemas dan nyaman dikaki.

Ayu Laras DaniartiSmapan

MAKANAN yang masuk ke dalam tubuh sedikit demi sedikit tersimpan sebagai lemak di bagian perut. Jika tidak terbakar, lemak tersebut akan membuat lapisan, perut pun jadi membuncit. Ini merupakan lapisan lemak yang paling sulit untuk dikikis. Daripada kamu kerja keras untuk ‘membuang’ lemak perut, lebih baik cegah timbunan lemak dengan lima trik mudah berikut.Makan Sambil Duduk

Seringkali kita makan atau minum sambil berjalan karena diburu waktu. Kebiasaan makan sambil berdiri inilah yang membuat perut cepat buncit. Itu karena kita cenderung memilih makanan yang kurang sehat. Akibatnya, makanan menjelma menjadi lemak di perut.Kunyah Lebih Lama

Menurut ahli nutrisi Arnaud Cocaul, seperti dikutip dari Top Sante, mengunyah lebih lama dapat menekan keinginan kita untuk makan lebih banyak. Selain itu, juga membantu melepaskan histamin yang menimbulkan rasa kenyang. Potong makanan menjadi ukuran sekali suap, untuk mempermudah mengunyah.

Kurangi Asupan LemakTubuh memang perlu lemak. Namun yang sering terjadi,

asupan lemak ke dalam tubuh jauh lebih besar daripada yang diperlukan. Siasati dengan konsumsi makanan yang dapat membantu membakar lemak, seperti ikan laut yang kaya omega 3 atau minum teh hijau sebelum makan. Menurut penelitian, teh hijau dapat membantu mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan.Hindari Makanan yang Berfermentasi

Makanan seperti bawang, gandum, kubis berfermentasi dalam lambung saat dicerna. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung, proses ini juga dapat mengakibatkan perut menjadi buncit. Bernapas Lewat Perut

Pernapasan lewat perut akan menekan stres dan menstimulasi kerja otot bagian perut. Tarik napas panjang, simpan udara di bagian perut. Tahan lima detik, hembuskan. Lakukan ini terutama saat nafsu ingin ngemil begitu besar.

Dwija AbinawaDwisma

Indonesia merah darahkuPutih tulangkuBerpadu dengan semangatmuKebyar-kebyar ke langit jingga …

Andaikan matahari terbit dari baratKau tetap Indonesiaku

LAGU yang dinyanyikan penyanyi berpenampilan nyentrik (alm) Gombloh asal Kota Pahlawan Surabaya itu, sepertinya menjadi lagu wajib yang selalu mengumandang setiap peringatan hari-hari besar nasional. Seperti menjelang peringatan detik-detik proklamasi Indonesia ke-67, Jumat 17 Agustus 2012 belum lama ini. Lagu-lagu yang sarat pesan-pesan perjuangan, seharusnya tetap dikumandangkan di seluruh pelosok negeri ini. Tidak hanya pada peringatan hari-hari besar nasional, melainkan setiap hari. Terlebih lagi melihat remaja Indonesia saat ini makin kehilangan spirit perjuangan. Mereka itu tidak mau tahu jika kemerdekaan yang ada saat ini bukan pemberian negara penjajah. Melainkan harus direbut dengan senjata seadanya seperti bambu runcing, dengan

Remaja Makin Kehilangan Spirit Perjuangan

mempertaruhkan nyawa hingga tetes darah terakhir. Keprihatinan Drs. I Made Madra, guru sosiologi SMAN 8 Denpasar.

Lelaki asal Buleleng itu melihat, pengaruh globalisasi yang kian tak terbendung, berdampak tidak baik pada prilaku remaja saat ini. Walaupun masih ada remaja yang mempertahankan jati dirinya sebagai generasi muda Indonesia, namun yang memiliki fanatisme seperti itu dapat dihitung dengan jari. Sebagian besar mereka tidak menyadari jika di zaman merdeka saat ini, mereka telah dijajah pengaruh globalisasi yang berdampak sangat fatal.

“Kita tidak tahun dari mana harus memulai. Terutama meyakinkan generasi muda yang tidak lagi menyadari jika tanggungjawab mereka itu berat. Salah satunya sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan negeri ini,” katanya.

Madra yang juga Wakasek Kehumasan SMAN 8 Denpasar, mengingatkan generasi muda Indonesia, jika Bung Karno, Bung Hata dan mereka yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, tercatat sebagai tokoh-tokoh muda. Dapat dibayangkan bagaimana

mereka mampu membuat Indonesia merdeka, dengan segala tantangan dan resikonya.

Madra yang pernah bertugas di SMAN 1 Denpasar ini, semua elemen masyarakat dan siapa pun yang merasa menjadi warga negara Indonesia, harus bangkit dan memberikan yang terbaik untuk generasi muda saat ini. Tujuannya jangan sampai krisis spirit perjuangan. Empat pilar kebangsaan itu harus ditumbuhkan pada setiap sanubari genrasi muda Indonesia. Tak ada pilihan lain jika ingin menyelamatkan generasi muda Indonesia dari keterpurukan.

Terlebih lagi remaja Bali, yang bersentuhan langsung dengan budaya asing denga kehadiran wisatawan mancanegara di bali. Jika potenti yang dimiliki Bali mampu dimanfaatkan dengan baik, alhasil pengaruh postifnya tentu sangat banyak. Pengalaman dan wawasan global tidak lagi sebatas teori, melainkan sudah menjadi pengalaman sendiri.

“Kalau saja saya yang ketika zaman penjajahan ikut berjuang dengan taruhan nyawa dan melihat kemerdekaan yang ada saat ini disalah gunakan, tentu saya akan menangis. Perjuangan kami tentu saja sia-sia. Kami tidak menuntut banyak, hanya tolong hargai kemerdekaan ini dengan baik. Melakukan hal-hal yang bermanfaat,” imbuh alumnus FKIP Singaraja ini. (ast)

konsistensi terhadap aturan sekolah.

Biasanya pada tata tertib sekolah sudah diatur mengenai disiplin siswa., tetapi kadang-kadang enggan dilaksanakan karena butuh tenaga, biaya, dan waktu. Namun tidak ada jlan lain, untuk menumbuhkan kembali disiplin siswa harus melakukan pengorbanan ter-sebut. Setelah semuanya itu ada, diyakini akan ada t indakan-tindakan untuk menumbuhkan disiplin siswa baik tindakan pencegahan maupun tindakan

Merah Putih- Merah putih tetap menjadi identitas remaja Indonesia.

WM/sue

WM/sueDISPLIN - Disiplin menjadi kunci utama sukses.

Made Madra

MUNGKIN sebagian besar cowok yang bertubuh kurus tidak pede dengan bentuk tubuhnya. Apalagi dengan urusan fashion style, banyak dari mereka takut terlihat kurus jika salah memakai pakaian. Sebenarnya tidaklah sulit untuk memilih fashion yang co-cok untuk cowok berbadan kurus dan tinggi. Karena model untuk pakaian cowok tidak pernah berubah pada dasarnya, berbeda dengan paka-ian cewek yang mempunyai ber-bagai model pakaian. Berikut cara memilih pakaian yang co-cok :

1. Jangan menggunakan pa-kaian terlalu ngepres di badan ataupun kebesaran. Karena akan memperjelas bentuk tubuh kamu yang kurus. Usahakan se-mua pakaian ukurannya pas, dan jangan sekali-kali menggu-n a k a n b a j u model ketat. Agar t u -buh

bagian atas sedikit kelihatan berisi, cobalah pakai jas atau jaket yang ada bantalan bahu berbentuk menyatu dengan tubuh.

2. Jika menggunakan jaket, pastikan jaket yang dikenakan panjangnya sampai ke bawah pantat,

jika memakai di atas pantat bisa menambah kesan kurus.

3. Untuk celana panjang, kamu bisa menggunakan celana klasik dan seder-hana. Jangan takut untuk menggunakan celana yang bermotif, justru akan terlihat berisi. Jangan pernah menggunakan ce-lana stretch atau yang sedang tenar di ka-langan anak-anak muda zaman sekarang model ‘pensil’.

4. Pastikan panjang celana yang kamu gunakan melebihi mata kaki, karena jika kalian menggunakan celana yang panjang-

nya kurang dari pergelangan kaki, maka kaki akan terlihat kecil.

5. Untuk menutupi bentuk siku yang runcing, kamu bisa menutupinya dengan menggunakan kemeja atau t-shirt lengan panjang. Dengan b e - gitu lengan serta siku

akan terlihat lebih berisi, gunakan-lah untuk ke-seharian.

Ni Kadek MartiniSMP PGRI 6

Denpasar

Page 10: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

10Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

7Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Apa dan SiapaApa dan Siapa

No : 02 Kirim jawaban TTW ke:Email : Sueca@balipostatau dengan wesel pos ke Redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama uang Rp100 ribu untuk dua pemenang.

PENELIT IAN yang ada baru-baru ini menunjuk-kan bahwa orang-orang yang dalam keadaan mengan-tuk justru memiliki kecenderungan un-tuk mengonsumsi makanan-makanan junk food.

K e n a p a h a l itu bisa terjadi? Ternyata, ketika mengantuk otak akan mengasosiasi-kan junk food sebagai hadiah dan kesenangan. Dengan kata lain, cenderung tergoda untuk mengonsumsi makanan-makanan tidak sehat ketika merasa mengantuk.

Penelitian mengenai kaitan dua hal tersebut dilakukan oleh Marie-Pierre St-Onge dan rekannya di St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center dan Columbia University di NewYork. Mereka meneliti 25 orang pria dan wanita dengan berat badan normal untuk melacak aliran darah ke dalam otak selama mereka melihat gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat.

Dari hasil penelitian tersebut, orang-orang yang tidurnya dibatasi cenderung melihat makanan-makanan yang tidak sehat sebagai sesuatu yang menonjol daripada makanan lainnya. Mereka juga menganggap makanan ini sebagai sebuah hadiah bagi diri mereka, sehingga pengonsumsian makanan-makanan tidak sehat ini akan semakin meningkat.

Mereka yang kurang istirahat memiliki ketertarikan yang lebih besar kepada makanan tidak sehat karena ketika lelah, tubuh cen-derung menginginkan makanan padat kalori yang dapat memberikan energi seketika. Sayangnya, sekalipun mampu memberikan energi seketika, makanan ini hanya akan memberikan masalah kesehatan lainnya kepada tubuh.

Dephy PrasmidaSmanela

KAMERA pertama kali di-sebut sebagai camera obscu-ra, yang berasal dari bahasa latin yang berarti ruang gelap. Camera obscura merupakan sebuah alat yang terdiri dari ruang gelap atau kotak, yang dapat memantulkan cahaya melalui penggunaan dua buah lensa konveks, kemudian me-nempatkan gambar objek eks-ternal tersebut pada sebuah kertas/film, film tersebut di-letakkan pada pusat fokus dari lensa tersebut. Camera

obscura yang pertama kalinya ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim yang bernama Alhazen, yang terdapat seperti yang dijelaskan pada bukunya yang berjudul Books of Optics (1015-1021).

ArianiGrisda

Agar Ingatan Lebih TajamAgar Ingatan Lebih TajamAgar Ingatan Lebih TajamKETIKA kamu se-

dang belajar untuk meng-hadapi ujian, lebih baik gunakan metode bela-jar dengan menulis baik menggunakan pensil atau pena daripada mengetik menggunakan komputer. Sebuah studi menun-jukkan bahwa menulis dengan cara konven-sional dapat membantu otak bekerja lebih efektif dibandingkan mengetik dengan menggunakan komputer. Peneliti menemukan bahwa struktur tertentu dalam otak yang dikenal sebagai wilayah Broca, diaktifkan pada peserta yang belajar dengan menulis, tapi tidak dengan peserta yang belajar dengan mengetik. Area Broca tersebut sangat penting terhadap kemampuan berkomunikasi seseorang di depan umum dan persepsi terhadap tindakannya.

Para peneliti juga menyatakan bahwa belajar sambil menulis dapat menciptakan ‘memori motorik’ yang membantu seseorang untuk dapat belajar lebih baik. Memori motorik tersebut terbentuk karena adanya hubungan antara membaca dan menulis, tetapi tidak dengan mengetik. Ketika kamu menulis, otak mendapatkan umpan balik dari otot-otot yang melakukan pekerjaan melalui rangkaian pekerjaan yang dilakukan tangan dan mata, sehingga terbentuk memori yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa orang yang be-lajar menggunakan pensil atau pena lebih mudah dalam mengingat alfabet asing.

Susri Astari

KAMERA pertama kali di-sebut sebagai camera obscu-ra, yang berasal dari bahasa latin yang berarti ruang gelap.

Sejarah KameraSejarah KameraSejarah Kamera

SISWA SMK Pariwisata Harapan, 2-6 September nanti menjadi duta Bali dalam lomba debat bahasa tingkat nasional di Jakarta. Dari lima mata lomba, siswa SMK Pariwisata Harapan Denpasar di Jl. Raya Sesetan 62 Denpasar mewakili tiga mata lomba.

Tiga lomba itu yakni lomba debat bahasa Inggris, lomba debat Bahasa Jepang dan debat Bahasa Man-darin. Banyak siswa sekolah SMK negeri yang tersisih untuk mewakili Bali.

Ditetapkannya SMK Pariwisata Harapan sebagai duta Bali karena memenangkan seleksi di tingkat provinsi belum lama ini. Lomba debat Bahasa Inggris diwakili Cynta Popi Sugianto. Pola debat kini memakai sistem perorangan. Debat Bahasa Jepang diwakili Eu-

SMK Pariwisata Harapan Duta Bali ke Lomba Debat Nasional

nike dan di debat Bahasa Mandarin diwakili Evi Jelina. Sedangkan siswa SMK Pariwisata Harapan ini selalu langganan juara I tingkat nasional di ketiga lomba ini.

Evi Jelina mengaku deg-degan namun akan bermuat maksimal kalau bisa membawa medali untuk Bali. Dia dibina oleh Laoshivonny. Dia kini jalani program intensif tiap hari.

Sejak 2005 SMK Parwisata Harapan yang dipimpin oleh Dra. Ni Luh Wardani,M.M., meraih juara I di Bali dan juara I tingkat nasional. Ini pas dengan komitmen sekolah untuk memberi media bagi pengembangan potensi siswa. Sukses ini diraih tak terlepas dari komit-men sekolah untuk memeberi kesempatan media pem-belajaran guna pengembangan potensi siswa sehingga lahirnya prestasi itu.

Selain itu SMK Pariwisata Harapan yang berada di bawah Yayasan Kristen Harapan Denpasar kini sukses meraih ISO 9001-2008. Tahun ajaran baru ini SMK Pariwisata Harapan menerima siswa baru sebanyak 258 siswa atau enam kelas, naik satu kelas dari tahun lalu.

SMK ini juga memiliki program exchanges student ke Australi ke Australia selama sebulan. Dua siswa ke Australia masing-masing Theresa Primasari Turker dan Marliana Erly Paradike akan berangkat 20 Agustus nanti di JSR.

Wakahumas SMK Pariwisata Harapan, Gusti Made Artika, S.Pd,, M.Pd., mengatakan prestasi ini menun-jukkan siswa SMK Pariwisata Harapan memiliki daya saing tinggi baik di tingkat provinsi dan tingkat nasional. Sukses ini dia katakan karena pembinaan intensif di sekolah lewat esktra dan klub debat. (*)

APEL bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke- 67 RI, Jumat (17/8) lalu di SMP PGRI 2 Denpasar sangat sumringah. Pasalnya, tim Pramuka Gudep 01249-01250 sukses meraih juara II lomba gerak jalan Pramuka se- Kota Denpasar. Piala diserahkan tim pra-muka kepada Kasek Gede Wenten Aryasudha.

Dia mengaku sebagai sekolah swasta prestasi ini sangat membanggakan karena mampu bersa-ing dengan sekolah negeri. Apalagai lomba ini baru digelar Kwarcab Denpasar. Diharapkan prestrasi ini memotivasi siswa lain untuk terus berprestasi. Bahkan Aryasudha mengatakan prestasi ini sebagai salah satu sukses sekolah menanamkan niilai-nilai proklamasi kemerdekaan.

Saat itu juga dilakukan pelantikan pengurus OSIS Grisda 2012/2013 oleh Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, Dr. Gede Wenten Aryasudha,M.Pd. Pelantikan pengu-rus OSIS ditandai dengan penyematan jasa almamater, atribut dan penyerahan panji OSIS dengan nama keren Grisda. Momentum 17 Agustus dinilai Gede Wenten Aryasudha sangat tepat untuk pelantikan OSIS guna merevitalisasi dan memperkokoh rasa nasionalisme bangsa. Apalagi di tengah kekhawatiran degradasi nilai nasionalisme di kalangan remaja. Termasuk adanya praktik sepe-ratisme yang menilai dirinya bukan lagi menjadi bagian bangsa Indonesia.

Dikatakan Aryasudha yang barusan menyelesaikan studi doktornya, OSIS adalah salah satu organisasi dalam sekolah yang tugasnya menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kemerdekaan kepada anggotanya. Sedangkan pengurus OSIS menjadi panutan dalam mengimplementasikan nilai-nilai itu. “Yang berat khan menjadi panutan dan menjadi contoh bagi yang lain,” ujarnya.

Pengurus OSIS Grisda kini diketuai I Putu Adi Narandra, Wakil Ketua I, Ni Nengah Srix Wahyuni, Wakil Ketua II, I Wayan Tedi Pranata. Sekretaris Umum IA Lisna Dwiyanti, dibantu PT Ayu Dian Maheni dan Dwi Novianti Suariani. Bendahara Luh Diah Agustini dan Wakil Bendahara Asri Ratna Suhita. Pembina OSIS Rudeg Mardika, Made Yudana, Ketut Abdi Jaya dan Ketut Jaya. (sue)

PIALA - Siswa SMP PGRI 2 Denpasar menyerahkan piala juara II gerak jalan Pramuka kepada Kasek Dr. Gede Wenten Aryasudha.

PUNCAK HUT ke -55 Taman Pendidikan (TP) 45 Denpasar diperingati secara sederhana dalam apel bendera Kamis (16/8) lalu. Tampil sebagai Irup Wakil Ketua Yayasan TP 45, Putu Suasta,M.A.

Puncak HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Putu Suasta diserahkan kepada para kepala sekolah di lingkungan TP 45 Denpasar masing-masing kepada Kepala SMP TP 45, Drs. Ketut Nuda., Kepala SMK TP 45, Drs. Wayan Dastera., Kepala SMA Komang Adnyana Suta, Ketua Sekolah Tnggi Manajemen, Gede Sudarma. Acara juga dihadiri pengurus yayasan IA Lilik Suryaningsih dan Ayu Hastuti Damma. Usai syukuran dilanjutkan tabur bunga ke makam pahlawanTaman Pujaan Bangsa Margarana.

Saat itu kasek menyerahkan prestasi siswanya kepada Putu Suasta. Ketut Nuda menyerahkan piala juara I dan II senam Pramuka di Undiksha dan piala juara III Pandhu Trisma Cup SMAN 3 Denpasar 2012. Sementara Kasek Wayan Dastera menyerahkan piala juara III senam Pramuka Undiksha, juara II LKS Akuntansi di Denpasar dan juara III kewirausahaan.

Putu Suasta mengungkapkan sekolah di bawah naungan Yayasan TP 45 akan djadikan sekolah swasta ung-gulan. Infrastruktur dan fasilitas sekolah kian lengkap. Tahun ini TP 45 akan membangun gedung barat lantai tiga, menambah 40 unit komputer dari 120 unit yang sudah tersedia.

Dia mengatakan untuk menjadi sekolah unggulan TP 45 harus tampil dengan gedung fi sik yang megah, PBM berkualitas, didukung sarana lengkap dan SDM guru yang berkualitas. Dia menyadari untuk menjadi sekolah unggulan sangat terbuka, dia mengacungkan jempol kepada kinerja gurunya. Kondisi ini menjadi modal utama untuk maju. Apalagi sekolah ini dikenal sebagai sekolah perjuangan berbasiskan kerakyatan. TP 45 akan mem-bantu siswa dari KK miskin hingga tamat alias tak sampai DO.

Ketua Panitia HUT Drs. Wayan Dastera menjelaskan serangkain HUT dilakukan gerakan kebersihan dilan-jutkan anjang sana ke Badan Pendiri Ibu Nyonya Pinda, Made Dama beserta istri, Sarja Udaya dan keluarga alm. Sujud dan IB Doster.

Keluarga besar TP 45 juga diajak sembahyang bersama dan aneka lomba antar siswa. Diantaranya makidung, pidato bahasa Jepang, bahasa Inggris, baca pusi, macepat dan kebersihan kelas. Predikat guru dan dosen ber-prestasi diraih Dwika Setyorini, Dewa Ayu Puspawati, Ni Ketut Norti, Ketut Murdani. Sedangkan siswa berprestasi diraih oleh Luh Outu Aris Sugianti, Ivan Lee Suhardianto, dan Luh Ayu Kurniawati dan pegawai berprestasi Ni Keyut Berni. (sue)

TTWM1 2

6

14 15

10

9

4

3

7

11

8

13

21

25

23

20

18

26

22

1716

19

24

5

12

PertanyaanMENDATAR :1. Pendidikan (Inggris); 4. jiwa

(Sansekerta); 6. dagangan laku banyak; 7. tertutup, tidak mekar; 9. Angkatan Darat; 10. naik (Inggris); 11. padang rumput dengan sedikit pepohonan; 14. pasangan suami; 16. logam berwarna kemerahan; 19. salah satu zodiak; 20. isi dari Undang-undang; 22. atau (Inggris); 23. potong tipis-tipis; 24. pewarna tembok; 25. ruang belajar di sekolah; 26. badan antariksa USA.

MENURUN :1. Hubungan timbal balik antara

makhluk hidup dengan lingkungan-nya; 2. arah mata angin; 3. biaya; 5. istirahat malam; 8. rencana (Inggris); 12. ribut; 13. hari raya Kristen; 15. daging ditusuk; 17. membeli semua; 18. si jago merah; 19. jenaka; 21. kekayaan perusahaan.

UNTUK kedua kalinya tim kesenian Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar sukses memikat penonton di kalang-an Angsoka Taman Budaya pada pameran pembangunan, Senin malam (20/8) lalu. Saat itu Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar mempersembahkan Topeng Prembon “Pemadegan Dalem Waturenggong”.

Pementasan kali ini menurut Kepala SMP Dwijendra selaku penanggung jawab, Ni Wayan Nadi Supartini,S.Pd.M.Pd., didukung 80 seniman Dwi-jendra yang dipersiapkan sejak tiga minggu lalu. Tim ini didukung penuh seniman dari siswa dan guru SMP Dwijendra, SMA Dwijendra dan SMK Dwijendra.

Yang menarik ratusan penonton tak beranjak dari tempat duduknya hingga pementasan berakhir, termasuk Ketua Yayasan Dwijendra Pusat, Drs Ida

Kegiatan Budaya di SMAN 3Denpasar Makin Menggeliat

SEMANGAT – Salah satu siswa SMAN 3 Denpasar yang sangat bersemangat menyelesaikan klakat yang dibuat pada waktu kegiatan budaya.

Termasuk komite SMAN 3 Denpasar,” ujarnya.

Koordinator kegiatan budaya SMAN 3 Denpasar Dra. Ni Luh Suryati optimis, kegiatan setiap Purnama itu suatu saat nanati akan menjadi tren tersendiri. Tak hanya di SMAN 3 Denpasar juga sekolah-sekolah lain yang melaksanakannya. Ke-terampilan budaya yang ada di Bali harus terus dikembangkan di kalangan pela-jar. Bagaimana pun mereka itu sebagai pewaris dan penerus berkembangnya seni dan budaya di Bali. Termasuk nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. (ast)

SMP Dwijendra Lestarikan Kesenian Prembon

PREMBON - Seniman SMP Dwijendra saat menabuh prembon.

TEROBOSAN yang dilakukan Kepala SMAN 3 Denpasar Drs. Ketut Suyastra, M.Pd dengan kegiatan budayanya setiap Purnama, mendapat sambutan berbagai kalangan. Bahkan tak sedikit sekolah mengikuti kegiatan budaya tersebut. Me-nurut Kasek Suyastra, kegiatan budaya yang melibatkan siswa, pegawai dan selu-ruh guru tersebut, sudah menjadi rencana cukup lama. Bagaimana pun kegiatan yang dilaksanakan di sekolah tidak mung-kin dengan sistem coba-coba, melainkan harus dengan perencanaan yang matang. Ditemui di sela-sela kegiatan budaya pada Purnama belum lama ini, kasek asal Kota

Bagus Gede Wiyana, Kepala SMA Dwijendra Drs. IB Alit Bajra Manuaba,S.Pd., Kepala SMK Dwijendra, Ketut Widia,M.Si., dan Kepala SD Dwijendra, Ketut Artana,S.Pd.

Pementasan berdurasi tiga jam ini dikoordina-tori oleh Indrayatni Pinatih,S.Pd., penata tabuh Ni Wayan Mudiari,S.Sn,, dan penata tari Ketut Jagra,B.A. Di pementasan ini juga menampilkan penari arja kehormatan Ni Wayan Rusti asal Sanur.

Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar, Drs. Ida Bagus Gede Wiyana mengungkapkan pementasan ini untuk memberi penguatan karak-ter pendidikan di Dwijendra yang berasaskan agama Hindu dan kesusastraan Bali. Sejak

berdiri, sebelum ada IHDN, ISI dan Unhi, Yayasan Dwijendra dikenal memayungi dua hal ini yakni agama Hindu dan kesusastraan Bali. Makanya malam iu juga ditampilkan mars dan Hymne Dwijendra selain berbahasa Indonesia juga berbahasa Bali.

Ida Bagus Gede Wiyana mengatakan se-mua ini adalah bagian dari proses pembelajar-an, termasuk materi prembonnya juga dalam rangka edukasi dan memberi pengalaman baru bagi siwa, guru dan masyarakat. Apa yang dilakukan Dwijendra adalah bentuk pertanggungjawaban pendidikan kepada masyarakat lewat pementasan. (sue)

DALAM rangka penutupan MOS, siswa baru tahun ajaran 2012/2013 SMA PGRI 1 Denpasar dan SMK PGRI 6 Denpasar pada hari Senin, (13/8) lalu, menyeleng-garakan Bakti Sosial pembersihan Pura Pengubengan yang ada di Besakih. Rom-

S e r o m b o t a n Klungkung ini, dengan me-n y a m p a i k a n terima kasih atas dukungan se-mua pihak, se-hingga menjadi nilai tambah bagi sekolah yang dipimpinnya.

“Saya tidak akan mungkin dapat melakukan sesuatu tanpa dukungan guru-guru, pegawai maupun siswa, yang menjadi lokomotif kegiat-an budaya ini.

bongan MOS dipimpin Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Denpasar yang juga selaku Ketua Yayasan SMK PGRI 6 Denpasar, Drs. I Made Karang,M.M. dan I Wayan Sukarta selaku Kepala Sekolah SMK PGRI 6 Denpasar.

Baksos SMA PGRI 1 dan SMK PGRI 6 Denpasar

SMP Wisata Sanur mengawali tahun pelajaran baru banyak sekali aktivitas yang dilakukan dan menuju sekolah yang lebih berkualitas. Berkat du-kungan Kepala Sekolah SMP Wisata Sanur, Drs. Gusti Made Raka dan semua guru-guru beserta staf yang ada di SMP Wisata Sanur kini sekolah pun harus dituntut lebih maju dan bisa bersaing dengan sekolah SMP lain yang ada di Denpasar pada khususnya dan Bali pada umumnya.

Aktivitas pertama yang mengawali sekolah SMP Wisata Sanur adalah lomba LT V Pramuka Penggalang sebagai peringkat 10 dari 33 provinsi di Indonesia yang dilakukan di Cibubur, Jakarta i 7-13 Juli 2012. Selanjutnya MOS (Masa Orien-tasi Siswa) yang dilakukan 16-19 Juli 2012 dan berlanjut mempersiapkan menuju lomba-lomba lintas sekolah se-Denpasar (SMAN 1 Denpasar, SMAN 2 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar). Di lomba lintas sekolah ini kita mengikuti beberapa lomba seperti lomba Olimpiade Fisika, Lomba

Karya Tulis Ilmiah, Lomba Mading, Lomba Baca Puisi, Lomba Poster, Lomba Meng-gambar, Lomba Komputer (Ms. Excel, MS. Word, Lomba Matematika Logika Pascal dan Lomba Cerdas Cermat Komputer), Lomba English Contest sampai dengan lomba Pra-muka Penggalang.

Selain itu kita juga mengikuti lomba tari Jempiring tingkat Umum se-Bali yang di-adakan Banjar Dangin Peken-Sanur serta lomba Dharma Gita yang diadakan Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Masing-masing lomba tersebut SMP Wisata Sanur menda-pat juara I, yaitu untuk lomba tari Jempiring mendapatkan Juara I kategori umum, Juara I Sloka Putri dan Juara Harapan I Sloka Putra (Dinas Kebudayaan Kota Denpasar).

Sejalan dengan perjalanan tahun ajaran baru ini Tim Drumband SMP Wisata Sanur menyabet Juara Umum I dalam acara Bali Marchingband On Stage 2012 dan juga mengisi acara Pembukaan YPS Cup 2012 di Lapangan Made Pica yang dilakukan pada 22 Juli 2012. Personil Drumband SMP Wisata Sanur ini diikuti oleh siswa kelas VIII dan kelas IX dari SMP Wisata Sanur.

Dalam lomba lintas sekolah kali ini di SMAN 3 Denpasar dalam lomba Mading memperoleh juara Harapan I dalam Press-list 2012. Lomba lintas sekolah yang lain di SMAN 1 Denpasar sekolah ini mendapatkan Juara Harapan II dalam lomba Poster Alerion electro Smansa 2012 pada 27 Juli 2012 dan Juara III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah KISS-1 Smansa pada 31 Juli 2012. (*)

Jawaban TTWM No : 01

MENDATAR :1. Tabanan4. Dia6. India7. Monas9. Min10. Klorofi l14. Edit15. Sial17. Anchor18. Sketsa21. Puasa22. Seoul23. Asa25. Insang26. Kawan27. Marah28. Gelang

MENURUN :1. Tempe2. Buncis3. Namun4. Dive5. Adik8. Artikel11. Langsing12. Odol13. Lupa16. Lusa19. Kuta

20. Asin/Asam22. SIM24. Aku

Dari 116 orang yang menajwab benar, akhirnya yang menajadi peme-nang TTWM No.01 adalah :

1. Winda Pratiwi SMAN 5 Denpasar

2. Pratama Anggi Kurnia Sinaga SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar

Kup

on

WM/sue

BAKSOS - Siswa SMA PGRI 1 dan SMK PGRI 6 Denpasar saat baksos.

Siswa yang mengikuti MOS beserta dewan guru berangkat dari Jl. Sudirman tiba di Besakih sekitar pk 10.30. Selanjutnya perjalanan menuju Pura Pengubengan ditem-puh dengan berjalan kaki sekitar 45 menit dari areal Pura Besakih.

Setelah seluruh rombongan tiba, kegiatan bakti sosial pun mulai dilakukan dengan mengadakan pembersihan di areal Pura Pe-ngubengan. Acara kemudian dilan-jutkan dengan kegiatan persem-bahyangan bersama yang dipimpin Jero Mangku yang bertugas di Pura setempat. (*)

WM/ist

DUTA - Siswa SMK Harapan yang menjadi duta

Page 11: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

11Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012Jumat, 24 Agustus 13

6Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

ANAK-ANAK SMPN 3 De-pasar (Spentri) sukses mem-boyong prestasi internasional dan memborong juara di Resman dan Smansa. Prestasi go internasional diukir Ida Bagus Gde Sutha Maha Lencana meraih medali perak di Olimpide International Matema-tech Contest di Singapura belum lama ini.

Dia bersama rekannya mewa-kili Indonesia di ajang bergengsi itu. Sementara Chindy Laurentia Chandra mewakili Bali di OSN Matematika. Siswa SMPN 3 Den-pasar juga sukses meraih presta-si serangkaian HUT di SMAN 2 Denpasar (Resman) dan SMAN 1 Denpasar (Smansa). Mereka mempersembahkan sejumlah pia-la kepada sekolah.

Tim Paskibraka Spentri meraih juara I di Resman. Tim yang didan-toni, I Made Dwi Arisoma sukses mengalahkan 10 tim se-Bali. Tim ini juga juara Harapan I PPI (Pur-na Paskibra Indonesia) di SMAN 7 Denpasar. Sedangkan Dwi Ari-soma sendiri meraih predikat dan-ton terbaik di Smansa.

Di Resman, siswa Spentri Putu Bagus Kesawa meraih juara I lomba Speech Contest. Siswa

kelas IX-A ini mengalahkan 30 pe-serta se-Bali. Ini prestasinya yang kedua setelah di Smansa meraih juara II di debat.

Di Smansa tim debat SMPN 3 Denpasar yang diperkuat oleh Gede Rama Darmawicaksana, Made Ayu Sayaka dan Putu Bagus Kesawa meraih juara II. Di fi nal tim ini dikalahkan SMPN 1 Den-pasar. Tim ini tiga kali main yakni di babak penyisihan menang atas tim SMP Harapan. Seleksi kedua kalah dari Taman Rama B, ketiga menang dari Taman Rama A. Di semifi nal berhadapan dengan SMP Taman Rama B lagi, akhirnya menang. Baru masuk fi nal ketemu dengan SMPN 1 Denpasar.

Selain tim debat, juara per-orangan diraih Putu Tati Dian Pertiwi yang meraih juara III story telling di Smansa. Perjuangannya sangat berat karena persaingan ketat dengan 25 peserta se- Bali. Siswa kelas XI-F juga juara II sto-ry telling se-Bali.

Di ajang yang sama siswa SMPN 3 Denpasar, Putu Anita Yudiari meraih juara III lomba cipta puisi di Smansa. Ini prestasi keduanya setelah meraih juara II pada Festival Lomba Seni Siswa

SUDAH menjadi tradisi pe-rayaan HUT SMAN 2 Denpasar (Resman) berlangsung meriah. Pada puncak HUT ke-47 di Ge-dung Lila Bhuana GOR Ngurah Rai, Sabtu (10/8) malam berbagai atraksi ditampilkan hingga larut malam.

Puncak HUT diisi dengan pe-motongan tumpeng ultah oleh Kepala SMAN 2 Denpasar Drs. I Ketut Sunarta, M.Hum., diserah-kan kepada Kadisdikpora Kota Denpasar diwakili Kabid Bida Program, Drs. Made Merta, M.Si., dan Ketua Komite Resman Prof. Dr. A.A. Gede Agung.

Ketut Sunarta mengungkapkan, HUT ke-47 ini menjadi momen istimewa dan menjadi tong-gak memperkokoh diri sebagai Sekolah Kategori Mandiri (SKM) Pendidikan Berbasis Keunggu-lan Lokal-Pusat Sumber Belajar (PBKL-PSB). Bahkan kado HUT kali ini adalah Resman ditetap-kan sebagai sekolah pelaksana Sistem Kredit Semetser (SKS). Ini artinya Resman semakin dituntut

lebih mandiri. Ini sesuai dengan tema “Melalui HUT ke-47 Meraih Kejayaan Resman”.

Dikatakannya, mulai tahun ini Resman merancang panduan penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS). Nantinya pola tersebut akan diimplementasikan pada tahun pelajaran 2013/2014 sesuai petunjuk Direktorat Pem-binaan SMA Kemendikbud. De-

“Welcome to Sixsma” sam-butan hangat dari Drs. I Nyo-man Sumahendra kepada siswa/siswi yang baru saja memasuki masa putih abu di mana mereka akan bela-jar dan berkembang secara mandiri. Masa SMA atau yang sering disebut dengan masa putih abu biasanya merupakan masa yang sangat ditunggu-tunggu kaum remaja, entah ia

menunggu karena hal apa tapi nampaknya masa-masa terse-but masa terindah saat meng-injak bangku sekolah. Tak da-pat dipungkiri saat SMA inilah para remaja mulai berkem-bang dengan pesat, mulai dari pertumbuhan, pola fi kir yang semakin dewasa,

Di tahun ini SMAN 6 Den-pasar kembali mengadakan tradisi tahunan yang bisa di sebut Masa Orientasi Siswa atau MOS. MOS dilaksanakan 16 - 20 Juli 2012 yang diikuti oleh 392 murid baru. Kali ini SMAN 6 Denpasar mengambil tema MOS yang “melalui MOS yang sejuk, sehat, kreatif, dan berbudaya kita wujudkan insan yang cerdas dan memiliki ka-rakter bangsa” kegiatan MOS tahun ini sama seperti pada MOS tiap tahunnya seperti sosialisasi-sosialisasi tentang narkoba, HIV AIDS, dan pe-ngenalan tentang lingkungan sekitar sekolah. Ada sedikit perbedaan dari MOS tahun Wiwik, Mitha, Eka Desi

HUT ▬ Kasek Ketut Sunarta (paling kanan) didampingi Made Merta dan Ketua Komite Prof. A.A. Gede Agung saat puncak HUT ke- 47 Resman.

ngan sistem SKS siswa dimung-kinkan tamat dua tahun atau empat semester.

Wakasek Kuri-kulum Resman sekaligus PJP Sekolah pelak-sana SKM, PBKL dan PSB SMAN 2 Denpasar, I Gusti Ngurah Arjana, S.Pd.,M.Pd., menambah-kan untuk pelak-sana SKM PBKL dan PSB wajib

PRESTASI ▬ Siswa berprestasi SMPN 3 Denpasar ber-gambar dengan Wakasek Kesiswaan I Ketut Budiartha (paling kanan).

DUA puluh dua Februari meru-pakan hari ulang tahun Baden Po-well. Memang benar, tapi di sini bu-kan itu yang aku maksud. Yang aku maksud adalah saat pertama kali aku menemuinya dalam sebuah lautan manusia yang penuh de-ngan bau kecut akibat keringat. Kini aku mencoba mengingat ba-gaimana suara tawa dan pesona in-dah senyumnya saat aku menatap langit penuh bintang di langit yang hitam di atas sana. Kelam. Tak ada senyummu di atas sana. Yang ada hanya masa lalu yang pahit bersama berton-ton air mata yang keluar dari mataku. Mungkin kau akan mengingatnya bila aku me-nyebutkan suatu kalimat sederhana “Jangan berpikir yang aneh-aneh”. Baiklah, di sini aku hanya ingin un-tuk sekedar bercerita tentang suatu masa yang indah nan sulit tentang suatu rahasia hati manusia.

Sebelum aku mengenalmu lebih dalam dari ini, aku hanya bisa meli-hat sorot mata bisumu dari kejauhan tanpa berpikir panjang, “Apakah arti semua itu?” Aku hanya tahu nama pendekmu tanpa menebak dari ma-na asalmu dan umurmu. Saat aku tak sengaja melihatmu, aku hanya bisa diam karena menurutku kita memang tidak pernah mendapat-kan sesuatu yang memang harus dibicarakan secara serius, tapi un-

tuk saat itu aku sadar kalau dalam satu tahun, tiga ratus enam puluh lima hari, aku masih dapat menghi-tung berapa kata bahkan kalimat yang kau ucapkan kepadaku. Kare-na seingatku, kau hanya mengu-capkan kata ‘iya’ dan ’tidak’. Dan hal itu yang membuatku untuk ber-pikir bahwa kau adalah lelaki baik-baik. Aku menjulukimu cowok tengil yang bodoh.

Sampai pada hari Selasa tang-gal 22 Februari, tidak ada yang spe-sial, tapi Tuhan berkehendak agar aku merasakan suatu rasa yang berbeda terhadap seseorang yang berbeda jenis denganku. Mulai saat itu, aku memiliki suatu kepercayaan baru. Aku memiliki penguasa baru yang aku sembah dalam hidupku saat itu. Karena mulai saat itu aku memujanya. Benar-benar memu-janya. Aku memulainya dengan perkenalan sederhana. Dia me-mang belum pernah berbicara pan-jang lebar tentang dirinya, tapi aku selalu mencoba menyiguk hati ke-cilnya agar dia ingin mengucapkan sepatah kata penting. Walaupun begitu, hingga saat ini aku tidak bisa menghitung berapa banyak pesan yang aku kirim terhadapnya dan berapa pesan balasan yang aku terima darinya. Yang aku tahu itu adalah awal yang sangat me-nyenangkan.

Aku selalu menunggu satu kata penting saat dia menyebut aku dan dia adalah ‘kita’, tapi aku tidak pernah mendengarnya. Yang dia katakan hanya aku dan kamu, bu-kan kita. Aku juga selalu menunggu satu kalimat sederhana kalau dia menyukaiku, tapi aku tidak pernah merasakannya. Selama penan-tianku, aku menunggu sambil me-nahan kerasnya suatu rasa sakit akibat abrasi berlebihan. Selama penantianku, aku berlatih untuk lebih bersabar, lebih, lebih dan le-bih hingga aku benar-benar gila.

Sejenak, aku mengatakan dia adalah sahabat. Inginkah kau ber-sahabat dengan orang aneh seper-tiku? Aku hanya menguji seberapa besar sikap baiknya dalam men-jaga suatu organ yang tidak per-nah disentuh oleh para ahli. Itu perasaan. Dia mengatakan tidak. Itu amat singkat. Hanya saja aku

ingin lebih dari kata tidak! Akan tetapi dia tidak pernah menuruti keinginanku dan aku masih menanti.

Di seperempat per-jalanan ini. Dia melaku-kan sesuatu yang membuatku benar-benar melayang. Dia membuka sepersepu-luh dari plester yang ada dimulutnya. Dia mulai berbicara sedikit. Hanya sedikit. Tapi aku merasa benar-benar gila. Aku merasa kalau

cinta itu pergi, aku baru sadar jika cinta itu menutupi segala hal bu-ruk tentang seseorang. Sekarang aku tidak menjulukinya sebagai cowok tengil yang lugu, tapi iblis jantan yang sempurna. Kini, dia melakukan segala hal yang aku kehendaki, tapi kepada seseorang yang menurutku mereka sangat cocok. Mungkin kau tidak menger-ti apa yang aku bicarakan. Selain itu, dia sangat pandai memancing. Dia menggunakan sahabat baikku menjadi umpan hidup! Pikir! Aku, manusia sewaras ini dapat me-nyukai seorang siluman manusia yang berhati iblis dan egois.

Sampai aku menutup percakap-an ini, aku hanya ingin mendengar-kan lagu kita bersenandung agar aku dapat selalu mengingat segala hal yang kau berikan padaku. Aku selalu ingin mengingat bagaimana kau membohongiku dengan seri-bu kata ajaib yang dapat meyakin-kanku dengan mudah. Kini, aku menyesal pernah melihat bayang-anmu memantul dalam retina ma-taku. Tapi, satu hal yang tidak aku lupa sebagai manusia seutuhnya. Terima kasih. Terima kasih karena kau dapat membuatku lebih kuat dan tegar untuk menghadapinya tanpa perlu berguling-guling untuk melewatinya. Dan satu kata muti-ara yang akan selalu aku pegang dalam hidupku “Bedakan yang na-manya gila dengan jatuh cinta!”.

Ni Putu Anita YudiariSMPN 3 Denpasar

Nasional (FL-S2N) se-Bali.

Di akademis, siswa SMPN 3 Denpasar, Nan-da Satria Yudis-tira meraih juara III katagori per-orangan Olim-piade Fisika di Smansa. Dia langsung menda-pat rekomendasi masuk gratis di Smansa. Siswa lainnya, Ni Ko-

mang Lebri Par-tami meraih juara

b d W k k K i I K t t B di th

a2

seaa

raamnaamin

man

lomba Speech Contest. Siswa pada Festival Lom

P

Na

PRESTASI ▬ I Siswa berprestasi SMPN 3 Denpasar ber-

NaS2

sisDedatirIIIorpiaSmlanpamSmlai

ma

II lomba lagu pop di Smansa. Se-mentara itu Mohammad Ridho Fir-daus meraih juara I lomba poster alerion, juara I poster SYRC dan juara I poster sanitasi se-Bali. Dia juga meraih juara nasional penu-lis narasi dan juara II karikatur se- Denpasar.

Wakasek Kesiswaan SMPN 3 Denpasar, I Ketut Budiartha, S.Pd., MPd. mengatakan prestasi anak-anak SMPN 3 terus me-ningkat setiap tahun. Ini disebab-kan pembinaan di sekolah yang kontinyu dan ke depan prestasi-nya lebih meningkat lagi. (*)

HUT Kasek Ketut Sunarta (paling kanan) didampingi M d M t d K t K it P f A A G d A

Kemendikbud. De-

H

KS g-ua

pat

ri-an JP ak-KL AN

I ah M.h-

ak-BKL HUT ▬T Kasek Ketut Sunarta (paling kanan) didampingi

melaksanakan SKS ini. Hanya saja perlu mendapat ijin dari Disdikpora. Tahun ini wajib mem-buat panduan penyelenggaraan SKS ini.

Program ini disambut positif Ketua Komite Prof. A.A. Gede Agung. Dia mendukung penuh langkah Resman sebagai pelak-sana SKS sehingga makin diper-caya oleh masyarakat. (*)

ANAK-ANAK SMPN 3 De-pasar (Spentri) sukses mem-

kelas IX-A ini mengalahkan 30 pe-serta se-Bali. Ini prestasinya yang

Ketut Sukan kepD

Raih Perak di Singapura, Boyong Juara di SmansaSMPN 3 Denpasar

yang lalu karena MOS yang tahun ini diajak melakukan kegiatan tirtayatra ke Pura Batu Karu.

Masa Orientasi Siswa ta-hun ini lebih mengacu me-ningkatkan kreatifi tas siswa dan pemahaman terhadap sekolah mereka sendiri serta meningkatkan kualitas sum-ber daya manusia. “MOS ta-hun ini seru banget soalnya kita diajarin berkreatifi tas le-wat mendaur ulang sampah menjadi tas dan ada acara di mana kita ngasi surat cinta sama salah satu instruktur di SMAN 6 Denpasar,” ujar salah satu siswa baru.

Tentu saja seluruh warga SMAN 6 Denpasar memiliki harapan besar untuk murid baru yang memasuki SMAN 6 Denpasar. “Ikuti pola-pola bu-daya SMAN 6 Denpasar de-ngan baik maka budaya kita itu lingkungan spiritual,” ujar Drs. I Nyoman Sumahendra.

H menjadi tradisi pe-UT SMAN 2 Denpasar

lebih mandiri. Ini sesuai dengantema “Melalui HUT ke-47 Meraih

melaksanakan SKS ini. Hanya saja perlu mendapat ijin dari

Resman Dijadikan Sekolah Pelaksana SKS di Bali

“Welcome to Sixsma” sam-butan hangat dari Drs. I Nyo-man Sumahendra kepada

menunggu karena hal apa tapinampaknya masa-masa terse-but masa terindah saat meng

yang lalu karena MOS yangtahun ini diajak melakukan kegiatan tirtayatra ke Pura

Wellcome to SixsmaWellcome to Sixsma

DUA puluh dua Februari meru-pakan hari ulang tahun Baden Po-

tuk saat itu aku sadar kalau dalam satu tahun, tiga ratus enam puluh

Nyanyian Masa Lalu

aku sangat senang dan itu sangat berlebihan. Tuhan! Aku ingin ini terjadi selamanya dan akan terus bahkan akan selalu makin berkem-bang.

Tapi, saat angin topan mulai me-nyebrang tanpa permisi. Dia me-ngatakan sesuatu yang tidak aku kehendaki. Dia bosan. Dia bosan denganku, perlakuanku, kata-ka-taku. Dia mengatakan aku adalah orang yang paling menjengkelkan yang pernah ada. Benarkah itu? Apakah aku seburuk itu? Kini aku sadar bahwa yang harusnya aku katakan adalah “Apakah kamu itu manusia yang waras dan berprike-manusiaan? Apakah kau sadar dengan kata-katamu yang menya-kitkan itu? Aku sakit!” Tapi kini aku terlambat untuk menyadarinya.

Dan kini, apakah aku masih akan mengatakan kalau dia adalah lelaki baik-baik? Tentu saja tidak. Saat

rayaan H(Resman)Pada pundung LilaRai, Sabtuatraksi dimalam.

PuncakanSMun

motongaKepala SKetut Su

Raih Perak di Singapura, Boyong Juara di SmansaRaih Perak di Singapura, Boyong Juara di SmansaSMPN

SUDAHyaan H

RResRes

Perak di Singapura Boyong Juara di SmansaPerak di Singapura Boyong Juara di SmansaN 3 Denpasar

esuatu yang memang harus rakan secara serius, tapi un-

itu adalah awal yang sangat me-nyenangkan.

Aksi Siswa

u se a u e u ggu satu ata

gddea

laae

eehduaela

aku sa gat se

in

Aku selalu menunggu satu kata

tidtidkem

jakambemluadmHamgi

aku sangat se

ebagai calon tenaga kerja (naker) di industri pariwisata tak cukup bermodal penge-

tahuan dan keterampilan saja. Penguatan mental dan kepriba-dian merupakan hal penting yang juga harus dimiliki. “Calon pekerja pariwisata perlu dibekali penguatan mental, desiplin dan budi pekerti,” kata Direktur Nipaka L’ecole Ho-teliére Deddy Satrya Wiguna saat membuka Pekan Orientasi Maha-siswa Baru (POMB), pekan lalu.

Karena itu, jelas Deddy, calon mahasiswa Nipaka L’ecole Ho-teliére diberikan pendidikan sikap dan mental melalui kegiatan POMB. Sebagai sumber daya manusia (SDM) pariwisata, perlu juga men-jaga fi sik agar bisa melaksanakan tugas. “Maka itu, selain menda-patkan ceramah budi pekerti, ten-tang bahaya narkoba narasumber khusus dari Polda, juga mendapat kesehatan fi sik yang diberikan oleh dokter,” ucapnya.

Di hadapan mahasiswa baru yang berasal dari Bali, Jawa, dan

Mahasiswa baru Nipaka L’ecole Hoteliére sedang mengikuti kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru di Kampus setempat.Nipaka L ecole Hoteliére sedang mengikuti kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru di Kampus setempat.Nipaka L’ecole Hoteliére sedang mengikuti kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru di Kampus setempat

Sulawesi itu, Dedy juga mema-parkan kesiapan Nipaka untuk menyalurkan lulusan Nipaka nantinya. Salah satunya be-kerjasama dengan Waterfront Agent of Carnival Cruise Line, DK Australia yang siap menerima mahasiswa yang ingin menerus-kan studi di 18 perguruan tinggi di Australia. “Sekarang saja, ada mahasiswa kita yang sudah bekerja di Carnival Cruise Line,” jelasnya.

Nipaka L’ecole Hoteliére ada-lah sekolah perhotelan yang me-miliki lima program studi. Yaitu Cruise Line (kapal pesiar) yang bekerjasama dengan Waterfront Agency & Carnival Cruice Line, Basic Level dengan jurusan Food Production, F&B Service dan Housekeeping, Middle Level dengan jurusan Food Production, F&B Service dan Room Devision, Upper Level yang memiliki Hotel Management serta Aplikasi de-ngan pendidikan. Ada juga Ad-ministrasi Rumah Sakit. (image/bud)

Nipaka Buka POMBNipaka Buka POMBGembleng Mental Calon Naker PariwisaGembleng Mental Calon Naker Pariwisatata

tenagastri parimodal pmpilandan kepenting

juga harus dimiliki. “Calon pi i l dib k li

tPd

Mahasiswa baru NMahasiswa baru NMahasiswa baru N

ebagai calon (naker) di industak cukup berm

tahuan dan keteramPenguatan mental dian merupakan hal

SS

Page 12: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

12 5

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuDiasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012Berlaku : Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Teman Baru WMTeman Baru WMPELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan

identitas diri di rubrik ini. Komentarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau menge-luh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Cara-nya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email: [email protected]

VOCABULARYVOCABULARYNo. Bahasa Inggris Bahasa Indonesia

ses, banyak mendukung dan orang yang simpati. Hendaknya bisa dimanfaatkan untuk menge-jar kemajuan dan keuntungan. Jangan ragu untuk melaksanakan rencana. Boleh speku-lasi dan kerja sama. Asmara : Yang hati-hati terhadap orang-orang yang mendekati atau ikut campur dalam hubungan cinta kamu dengan doi. Adakan perjanjian saling setia dan jujur. Studi : Jangan mengandalkan teman. Kerjakan sendiri.

AquariusPerjalanan menuju sukses, tidak secepat yang kamu inginkan. Masih memerlukan perjuangan dengan sabar, rajin dan tekun. Bintang pe-nolong akan datang di kala kamu memang sangat memerlukan. Jadi,

jangan putus asa. Asmara : Jangan janji dan jangan sampai dibohongi. Berpikir dan bertin-daklah dewasa. Hubungan cinta jangan dibuat permainan. Ada hukum karmanya. Studi : Yang disiplin dalam mengikuti pelajaran dan belajar.

PiscesPerjalanan menuju sukses, sudah diambang pintu. Tinggal me-nunggu kreatif dan keaktifan kamu. Kamu rajin, pangkal pan-dai, kamu malas tentu menyesal nanti. Ayo bangkit untuk mengejar ketinggalan, adakan perubahan cara dan rencana. Asmara : Harus diperkuat dengan saling mengisi dan memaklumi kekurangan. Tanamkan kesan-kesan yang

baik-baik supaya selalu dirindukan. Bertemu tidak untuk bertengkar. Studi : Pusatkan kon-sentrasi supaya dapat nilai tertinggi.

AriesPerjalanan menuju sukses, akan mendapat rintangan. Kamu harus bisa membaca maksud tujuan orang-orang yang mendekati. Sebab boleh dibilang ada udang di balik batu dan jangan sampai tertipu. Tingkatkan kewaspadaan. Asmara : Juga harus hati-hati dengan rayuan gombal. Dan sebaliknya kamu jangan nggombali, sebab bintang asmara ber-sinar terang. Studi : Pusatkan konsentrasi, pikiran jangan bercabang, supaya lebih ung-gul.

TaurusPerjalanan menuju sukses masih perlu kerja keras, jangan main-main bersenang-senang yang menyebabkan pemborosan dan kemacetan rencana dan tujuan.

Sebelum terlanjur, batasilah pergaulan utama-kan menyelesaikan tugas. Asmara : Jangan main gengsi sok kaya dan sok pinter. Bisa malu dan kebakaran jenggot. Ikuti saran dan nasihat orang-orang yang menyayangi kamu. Studi : Yang disiplin dan tegas. Rajin belajar dan ja-ngan ikut-ikutan teman.

GeminiPerjalanan menuju sukses, menda-pat bantuan dari beberapa pihak, sehingga memudahkan urusan yang sedang kamu rintis. Kesulitan bisa diatasi, kebutuhan terpenuhi dan kamu harus menunjukkan cara kerja profesional. Asmara : Semakin cinta dan saling

memberi spirit untuk mengejar cita-cita, melak-sanakan rencana-rencana demi kebutuhan hidup bersama. Studi : Banyak berhasil, ba-nyak yang puas dan banyak yang memuji.

CancerPerjalanan menuju sukses, sudah bisa kamu rasakan. Terbuka lapangan kerja dan lamaran kamu diterima. Yang tambah rajin, tekun dan bertang-gung jawab, bisa dipercaya, mam-pu menyelesaikan tugas atau rencana-rencana. Asmara : Mungkin makan hati, namun ja-ngan terlalu dipikirin. Carilah hiburan dan kegiatan yang bermanfaat buat kebutuhan hidup. Studi : Aturlah waktu supaya bisa tidur cukup, makan bergizi.

LeoPerjalanan menuju sukses, boleh dibilang banyak jalan menuju Roma. Silahkan maju, mencoba dan melaksanakan rencana yang kamu inginkan. Mungkin ada tawaran objek baru, bisa kamu pelajari dan

kalau kamu suka, terimalah. Asmara : Kehar-monisan atau kebahagiaan kamu bersama Doi, membuat orang lain irihati. Dan ingin merusak hubungan itu. Yang waspada. Studi : Jangan terpengaruh orang di sekitar kamu. Tetap pada kegiatan kamu.

VirgoPerjalanan menuju sukses ter-buka, pandai-pandailah men-cari terobosan memanfaatkan waktu dan kesempatan baik ini, untuk mengejar kemajuan dan keuntungan. Yang rajin, tekun dan keuangan selalu diperhi-tungkan. Asmara : Sangat menyenangkan dan memuaskan. Bagi yang sendiri bakal dapat Doi. Dan bagi yang sudah punya Doi,

tambah mesra. Studi : Akan ada kejutan yang menggembirakan. Sambutlah dengan baik.

LibraPerjalanan menuju sukses, tidak mulus. Kamu harus hati-hati bisa melaksanakan tugas atau ren-cana. Jangan gegabah dalam memberi keputusan penting. Banyak musuh yang mengincar kelemahan dan kelengahan kamu. Kamu ha-rus selalu waspada. Asmara : Boleh dibilang jinak-jinak merpati. Kamu dekati, dia menjauh dan bila ada yang jatuh cinta, kamu tidak suka. Bingung kan? Studi : Ayo kerjakan sendiri, tunjukkan kemampuan kamu.

ScorpioPerjalanan menuju sukses, mendapat angin segar. Majulah terus dan laksanakan apa yang

masih jadi idaman kamu. Jangan bimbang ragu atau nanti-nanti. Kemujuran belum tentu berjalan lama. Oleh sebab itu jangan kamu sia-siakan. Asmara : Untuk yang ini, ada kemungkinan berpisah. Entahlah. Putus cinta atau hanya

pergi jauh. Kamu yang sabar dan jangan emosi. Studi : Yang penting belajar dan berusaha. Jangan malas.

SagitariusPerjalanan menuju sukses, masih bisa terca-pai, namun tidak maksimal. Kamu harus tetap bersyukur, daripada tidak sama sekali. Ber-gaulah dengan orang-oprang yang sukses, mintalah pengarah-an tentang ide-ide kamu. As-mara : Jangan mau dikuasai atau diatur. Kamu juga anak orang terhormat. Harus berani ambil sikap dan keputusan te-gas. Studi : Hindari perselisihan. Tingkatkan prestasi supaya tidak dihina.

CapricornP e r j a l a n a n menuju suk-

Lukisan Kartini KiniTebaran debuKepulan asapTak jadi penghambat mereka untuk melakoni hidupMeskipun hidup di antara gemerlapnya duniaMengais serpihan asa dari insan-insan yang berhati

Walaupun ejek kian menghampiri merekaMenengadahkan tangan bukanlah jalan bagi merekaUntuk menyambung kehidupanTapi dengan melakoniParkir wanita

Derita tukang parkirTak pernah mereka tampakkanDengan semangat mengayomi insan-insan yang membutuhkannya

Inilah lukisan merekaDi antara gemerlapnya pertokoan dan kemewahanDi kota denpasar ini

Agus PranataSMAN 8 Denpasar

Untuk Pahlawan NegerikuUntuk negeriku…..Hancur lebur tulang belulangkuBerlimur darah sekujur tubuhBermandi keringat penyejuk hatiKurela demi tanah air negerikuiSangsaka merah beraniPutih suciMelambai-lambai ditiup anginAir mata bercucuran, menganjungkan doaUntuk pahlawan negeriBerpijak berdebu pasirBerderai kasih hanya untuk pahlawan jagad rayaHanya jasamu bisa kulihatHanya jasau bisa kukenangTubuhmu hancur hilang entah ke manaDemi darahmu….Demi tulangmu….Aku perjuangkan negeriku ini, Indonesia

Geg BintangSLUA

Sebuah HarapanMungkinkah akan terulang kembaliMungkinkah gelora semangat akan hadir kembaliMungkinkah semua itu terjadiRintihanku layaknya rintihan bunga kering di makam bunga bangsaRintihan sakit..Melihat putra bangsa hanya mampu bersandar di balik kesalahanAndaikan bunga itu mekar kembaliApakah gelora angin mampu mengobarkanSang saka merah putihTuk terus berkibar gagah di ujung tiang emas istana NegaraTuk rasakan indahnya sebuah kebebasanYang hadir dengan semerbak kuncup baruDirgahayu republik Indonesia

Diska N.L.SMAN 1 Kuta

Cinta SejatiKujalani hidup mengarungi samudrMengayuh dayung menjalankan bahteraMencari penawar rasa di hatiMencari makna cinta sejati

Kini ku tahu makna cintaCinta bukanlah sekadar rasaCinta bukanlah sekadar tutur kataDan cinta, bukan sekadar pengorbanan raga

Jika cinta sekadar rasaPasti hati kan tersiksaJika cinta sekadar ucapanManusia pasti dalam kebinasaanJika cinta sekadar pengorbananTiada jiwa ini merasa aman

Cinta sejati adalah perasaanTerungkap dengan ucapanTertuang dengan pengorbanan

Siska PratiwiSMP DJ

Kebun HatiMungkinHasrat yang kuuntaiDi balik tirai masa laluTelah memblokir hatiTuk melajukan langkahDia permadani kisah yang baruSehinggaKini ku terpuruk tak berdayaDi balik rendah harapan yang kunantiTak kurajut dengan benang asmaraNamunKetidakberdayaan mataOleh kabut kegelapanTelah membutakan hatiAkan suatu mimpi yang menanti

Adi KrisnandaSMA Perintis Denpasar

JikaJika cinta itu berwujudKetika cinta dan sayang berbentukJika cinta, sayang, dan rindu berupaKuingin cinta itu butaKuingin cinta,sayang itu tuliKuingin cinta, sayang, dan rindu itu busuk!Lebih dari itu, kuingin cinta kurang dari dirimu…Karena kau sangat indah dihatiku Jika cinta dating padaku,Ketika cinta dan sayang ditakdirkan menjadi miliku,Andai 1000 cinta sayang datang padaku,Ku akan usirKutendang hingga ujung dunia,KubakarLebih dari itu aku hanya perlu cinta darimuKarena kau lebih dari cinta

Adi SuaryaSMAN 3 Denpasar

Kemerdekaan17 Agustus 1945Tanggal dimanaNegara kita Indonesia Merdeka

Perjuangan...Yang telah banyakMenguras jiwa, harta, dan tenaga

Begitu banyak air mataYang terus menangisAkibat ketidakadilan

Begitu banyak pulaPahlawan yang rela berkorbanDalam medan pertempuranUntuk memperjuangkan negara kitaIndonesia tercinta

Hendaknya kitaSebagai generasi penerus bangsaHarus terus berjuangUntuk Indonesia Raya.

I.Gst.A.A.Ary Indah PertiwiSmansa

Pedihnya KehidupanBegitu sulit kehidupan yang aku Penuh tantangan dan cobaanSemua itu harus aku lewatiDengan penuh kesabaran

Pahit manis kehidupan aku rasakanSaja rintangan yang menghambatAku tetap bersabarMenghadapi semua rintangan itu

Kian rintangan itu pasti rumpuh dengan sendirinyaTuhan pasti tau seberapaKemampuan kita dalam menghadapi semuanyaJalanilah kehidupan dengan penuh canda dan tawa

Juny, SMK Giri Pendawa

Kekasih yang tak DianggapAku mentari tapi tak menghangatkanmuAku pelangi tak memberi warna di hidupmuAku sang bulan tak menerangi malammuAku lah bintang yang hilang ditelan kegelapan

Selalu itu yang kau ucapkan padakuSebagai kekasih yang tak dianggapAku hanya bisa mencoba mengalahMenahan setiap amarah

Aku sang bulan tak menerangi malammuAku lah bintang yang hilang ditelah kegelapan

Sebagai kekasih yang tak dianggapAku hanya bisa mencoba bersabarKu yakin kau kan berubah

Ni Kadek MartiniSMP PGRI 6 Denpasar

Lupakan Hari IniSaat daun kering berjatuhanAngin kemarau membelai diriKu terdiam terpakuSaat kau memilih tinggalkan ku

Tapi tak mengapaKu tak membendung tangisKepergianmuAnugrah bagiku

Semoga kau temukan kebahagiaan di sanaBersamanya lalui duniaKini ku bahagia bersama sepi

Tiada yang lebih baik darimuSelain seseorang yang mau mengerti dirikuKini ku larut dalam pencarian terakhirKuyakin tuhan bersamaku

Artha SaputraSMP Dwijendra Denpasar

Biarlah AkuBiarlah aku hanya menjadi rumput ilalangYang tak pernah dicumbui kumbangBebas bergoyang melambai tenangBiarlah aku hanya menjadi ranting pohonTak pernah bernyanyi terbang kesana kemariHanya diam dan memohon menunggu ajalku matiBiarkan aku damai menjadi ilalangBiarkan aku damai menjadi ranting pohonInilah diriku, inilah duniaku

Ni Wayan Sri RatminiSMAN 2 Amlapura

Nama : I Pt. Yoga Jaya KesumaPanggilan : Yoga JayaAsal : Denpasar

Sekolah : SMP Dwijendra Pusat Den pasar

Kelas : VIII GHobby : Service computerTelp. : 083119324933Komentar : Saya bangga menjadi paski- bra Dwijendra, karena saya bisa pede dan brani tampil.

Nama : Md. Suwi Novita DewiPanggilan : OviSekolah : SMP Dwijendra DenpasarKelas : IX CHobby : BasketTelp. : 085738859450Komentar : Uaaah…. Selamat hari Ke- merdekaan buat seluruh Anak Indonesia. Bangga ikut Paskibra….

Nama : I Kadek Swarthana PutraPanggilan : SwarthanaAsal : KarangasemSekolah : SMP Dwijendra Den- pasarKelas : IX HHobby : Bermain game di kom- puter dan otak-atik komputer.

Telp. : 085739686928

Nama : Ida Ayu Made Putri Permata DewiPanggilan : Dayu PutriSekolah : SMP Dwijendra DenpasarKelas : VIII FHobby : Menyanyi Telp. : 085739981299Komentar : Saya bangga menjadi anak Bali. Semoga Bali tetap ajeg dan lestari. I Love You Bali. Untuk anak-anak Bali jangan lupakan budaya Bali. Tingkatkan terus prestasi. OK!

Komentar : Saya sangat bangga sekolah di Dwijendra ini. Dengan ikut Paskibra saya bisa tampil di depan banyak orang dan ikut meme-riahkan upacara 17 Agustus di lingkungan Ya-yasan Dwijendra ini.

1. adorable menarik2. aesthetic estetis3. agape ternganga4. allure daya tarik5. ardor semangat6. artistic artistik7. awesome mengagumkan8. bliss kebahagiaan9. caress membelai10. cynosure pusat perhatian11. delicate lembut12. delight kesenangan13. devotion kesetiaan14. embrace pelukan15. luxurious mewah16. magnifi cent bagus sekali17. majestic megah sekali18. marvelous menakjubkan19. picturesque indah20. splendid megah

Nama : Ananta Wicaksana Wiryagian. Cukup dipanggil AnantaTTL : Jaksel alias Jakarta Selatan, 12 Januari 1996. Sekarang tinggal di bilangan Nangka Se- latan.Saya alumnus SMPN 1 BangliSaat ini menuntut ilmu di kelas XI IPA 3 SMAN 3 Denpasar.Hobi berat main game online asal Korsel.Cita-cita : Melanjutkan ke UGM jurusan Teknik Sipil atau Fakultas Hu- kum. Meneruskan keinginan bapak yang gagal jadi pe- ngacara. Selangkah lebih maju. Siiiip.

Namaku : Nyoman ShantiyasaTTL : Denpasar, 18 Mei 1996Zodiak : VirgoSekolah : SMAN 3 Denpasar Hobi : Dengarin musik klasik ala Mozart dan Beethoven sampai musik cadas bin metal yang memekakkan telinga. Bagiku musik itu hasil kerja kreatif, asal tidak menjiplak wajib diapresiasi dan dihargai.Cita-cita : Ngebet pengen jadi arsitek dan sukses Peristiwa paling berkesan : Ketika duduk di bangku SD sarat prestasi akademis dan non aka-demis.

Kenalkan namaku : SuryaNama panjangku : Ngurah Putu Surya Prana

jaya UtamaTTL : Bumi Makepung, Jembrana,

29 September 1996 Saat ini aku sekolah di Tris- ma.Alamat : Jalan Palapa 14, Gang Sar- den 7 DenpasarNyanyi dan main musik salah satu hobiku.Cita-cita : Mengabdi pada bangsa dan negara lewat PNS. Di bidang bea cukai atau per- tanahan.Target : Ingin punya tanah yang luas. Untuk lahan pertanian yang kini makin menyempit.

Kenalkan Nama pan

TTL

e-

N

-

5

art dan bin

a. tif,

k di aka-

Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Page 13: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

4 13Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012 Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Page 14: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

14Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

3Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

SEMPAT bingung ketika dihadapkan pada dua pi-lihan antara menyanyi dan menari, Gek Nia –begitu dia akrab di-sapa akhirnya memu-tuskan untuk menekuni keduanya. Menurut pemilik nama panjang Ida Ayu Triana Titania Manuaba ini, kedua aktivitas yang menjadi hobi beratnya itu di-yakini saling men-dukung. Bagi putri kesayangan Ida bagus Udayana-Ida Ayu Nyoman Ratnawati ini, nyanyi dan tari ibarat dua sisi mata uang, yang tidak bisa dipi-sahkan. Terlebih lagi selama ini siswi kelas IX SMPN 1 Denpasar ini, lebih banyak berkecim-pung dan mendulang prestasi di jenis lagu pop Bali. Justru dengan kemampuan menari yang dimi-liki Gek Nia, sederet prestasi me-nyanyi telah dikantongi. Tak hanya

DELAPAN grup band tampil pada lomba band semarakkan HUT ke-6 SMAN 8 di halaman sekolah setempat Denpasar Ming-gu (12/8) lalu. Lomba band yang mendapat sambutan antusias siswa Smapan itu, digelar seusai kegiatan funbike.

Kedelapan grup band yang tampil itu yakni NOR, Superim-pose, Restu Ibu, Superco, Flow Sunset, Asburry, Diskusi Singkat dan Alone, menurut ketua panitia Mira Ardini Trialita untuk memberi ruang berekspresi anak muda Smapan yang suka musik. Apalagi musik sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kese-harian kawula muda. Lagi pula kata Mira – musik merupakan ba-hasa universal, yang tidak men-genal batas usia, suku bangsa maupun sekat-sekat.

“Sekolah sangat mendukung kegiatan ini, sehingga lomba band ini dapat terselenggara,” ujarnya.

Selain mendatangkan juri dari Stingray yang menjadi salah satu sponsor lomba band, I Wayan Tisnawan dan Dra. Maria Rita Ani S.,M.Si, guru SMAN 8 Denpasar, mendapat kepercayaan untuk menilai aksi panggung mereka. Penilaian meliputi kekompakan, performance di atas panggung maupun lagu yang dibawakan. Se-tiap grup band yang tampil mem-

GENGSI Bahasa Inggris seba-gai bahasa internasional, tak ayal membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya. Ter-lebih lagi bagi tamatan SMA maupun SMK yang ingin mendulang dolar di luar negeri.

Sayangnya, banyak yang beranggapan jika ingin pintar ber-bahasa Inggris harus kursus ke tempat kursus bahasa Inggris bergengsi de-ngan bayaran tinggi. Lagi pula dijanjikan peserta kusus cepat bisa, terampil dan mahir berbahasa Inggris. Bagi Carrisa Tehpu-tri, jika ada kursus yang mengiklankan diri seperti itu, tak ubahnya iklan obat kuat yang marak ditempel-tempel di jalanan. Padahal belajar bahasa, baik itu bahasa Inggris maupun ba-hasa asing lainnya terpenting ada niat dari dalam diri untuk berani berkomunikasi. Alangkah baiknya jika niat itu diikuti dengan kursus, yang memudahkan dan menyem-purnakan kemampuan berbahasa Inggris.

“Bukankah bahasa pada hakekatnya alat untuk berkomu-nikasi. Baik itu komunikasi lisan maupun tertulis,” ujar siswi kelas XII IPS SMAN 4 Denpasar.

Carrisa –begitu dia akrab disa-pa, salah satu contoh siswi yang jago bahasa Inggris tidak jebolan kursus. Dia lebih banyak belajar sendiri. Belajar lewat musik, fi lm maupun dari buku-buku cerita yang menarik. Peraih best speaker 1 national school debating cham-

Nyanyi Yes, Tari OkNyanyi Yes, Tari OkGek Nia

di ajang lomba nyanyi PSR, juga sering tampil di arena

Pesta Kesenian Bali. Ter-masuk lomba nyanyi yang diadakan perusahaan maupun BUMN.

“Saya sudah suka nyanyi dan menari ketika

duduk di bangku TK. Ma-kanya kalau disuruh memi-

lih saya sering bingung. Susah memisahkan kedua aktivitas itu,” ujar Gek Nia.

Setumpuk piagam penghargaan kini te-lah menjadi koleksi pribadi Gek Nia. Prestasi paling gress Gek Nia, ketika dia terpilih menjadi pe-serta terbaik lomba vokal grup pada

Festival dan Lomba Seni Siswa SMP ting-

kat Propinsi Bali 2012 lalu. Prestasi itu me-

ngantarkan Gek Nia berangkat ke Propinsi Nusa Tenggara Ba-rat untuk mengikuti ajang yang sama tingkat nasional. Walaupun menempati pososi empat besar, Gek Nia mengaku tidak kecewa.

Baginya prestasi sekecil apapun harus disyukuri. Tak ada kata ke-cewa dengan prestasi yang telah diraih. Dia pun berprinsip prestasi hari itu hanya untuk hari itu. Masih banyak peluang untuk memper-baiki diri maupun meningkatkan kemampuan.

Gek Nia tak menampik jika di-rinya sering kesulitan mengatur jadwal latihan nyanyi, lomba mau-pun kegiatan sekolah. Apalagi dengan yang namanya sekolah tetap menjadi prioritas. Gek Nia tak ingin gara-gara kesibukannya nyanyi membuat sekolahnya ter-bengkalai. Apalagi saat ini sudah duduk di bangku kelas IX dan hanya beberapa bulan lagi akan ujian.

“Kalau latihan saya selalu sem-patkan diri bawa buku untuk di baca-baca. Mulai dari perjalanan atau ada jeda latihan,” katanya.

Beruntung Gek Nia punya ke-luarga yang sangat mendukung. Terutama Jik De, yang setia me-ngantarkan kemana saja dirinya latihan. Lomba, membuat tugas sekolah dan keperluan lain.

“Thanks berat Jik De. Pokoknya Jik De the best,” imbuhnya sambil tertawa. (ast)

ngadmGekra

a mme

Ma a

kmeitu

meputId

anamanni,ariisi ngipiebsi

PNlebih ecim-

lomringKe

k lomakanpun aya

da b

kalaayasahduaar GSetnghh mriba

PresGekerpsertvokest

ni SProp

lalu. Prengantarkan Gek

guuuuunggggg kkkketikaa dua pi-enyanyi

eeeek kkkkk NiNiNiNNNNNN a aaa aaa aaab bb did -memu-nekuni

Menurutpanjang Titania

kkkkkkkededededeedededduauauauauauu ennnjajaaaajaaaadididdddid u dididididid ----en-tri

da a-n

--ihi swi

N 1 bibb h

di ajang ljuga ser

Pesta masukdiadamaup

“Sanyanyi

duduud duk didkanyya a k

lih hhhh saSuSSSSSS skekkk duju a

peenlahhprrrrrPPPPPPPGGGGGtsv

FSeS n

kat P

SI Bahasa Inggris seba-i t i l t k l

Pilihan MenyenangkanPilihan MenyenangkanCarrisa

pionship ini, kurang sependapat jika pengajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah selama ini lebih

menitikberatkan pada teori ba-hasa. Bukan kemampuan berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris.

Seharusnya kedua ke-mampuan itu saling men-dukung dan ada kecend-erungan lebih dominan ke praktik. Lagi-lagi bungsu tiga bersaudara pasan-gan Herry Tasman-Ni Ketut Sri Ratnawati ini menekan-kan, jika be-lajar bahasa Inggris itu keberanian untuk berkomunikasi. Al-angkah baiknya jika memiliki keberanian berkomunikasi lang-sung dengan orang as-ing. Seharusnya pela-jar SMA, SMK maupun mahasiswa jurusan bahasa Inggris merasa

malu, dengan pedagang acung yang ada di objek-objek wisata yang ada di Bali. Padahal mereka itu ada yang buta huruf, namun kemampuan bahasa asing mereka tidak diragukan. Terutama kemampuan untuk menawarkan barang dagangannya.

“Saya pikir tujuan bahasa itu untuk berkomunikasi. Selama la-wan bicara mengerti maksud yang disampaikan, dapat dikatakan sudah berhasil. Ketimbang hanya tahu teori namun tidak bisa berko-munikasi kan sama saja bohong,” ujar Carrisa yang tamatan SMPN 3 Denpasar.

Carrisa yang bercita-cita jadi diplomat ini mengharapkan metode pengajaran bahasa Inggris di seko-lah-sekolah harus diubah, menjadi suasana yang menyenangkan dan banyak pilihan. (ast)

Lomba Band Semarakkan HUT ke-6 Smapan

bawakan dua buah lagu, satu lagu berbahasa Inggris dan satu lagi lagu berbahasa Indonesia. Sua-sana makin meriah ketika di sela-sela penampilan grup band itu, diberikan doorprize bagi mereka yang beruntung dalam mengikuti fun bike.

Ida Bagus Ketut Sukanegara dari Stingray menyambut gembira lomba yang yang diadakan SMAN 8 Denpasar. Selain sebagai media

untuk menyalurkan bakat dan mi-nat siswa yang suka musik, lomba band ini sangat efektif untuk mem-beri ruang pelajar untuk refresh-ing, setelah disibukkan dengan rutinitas belajar setiap hari.

“Saya pikir lomba band ini se-bagai langkah maju SMAN 8 Den-pasar. Ketimbang kebut-kebutan di jalan atau nongkrong-nongkrong tak karuan di atas trotoar, jauh lebih baik main musik,” ujar lelaki yang suka pakai topi itu. Pendapat senada disampaikan I Wayan Tis-nawan. Guru SMAN 8 Denpasar yang dikenal dekat dengan siswa ini. Pihak sekolah tentu akan ter-buka memberi ruang, waktu dan kesempatan kepada siswa, untuk berkreasi dan berekspresi. Tentu saja kegiatan yang bermanfaat. Tidak hanya untuk diri sendiri juga untuk orang lain.

Lain lagi pendapat Maria Rita Ani. S. Guru yang suka musik itu memberi dukungan grup band yang tampil. Ternyata cukup ba-nyak anak didiknya yang jago main musik.

“Siapa tahu dari Smapan akan lahir permain musik handal atau grup band yang sukses menem-bus pasar industri musik tanah air,” katanya.

Grup band terbaik nantinya akan mendapat kehormatan untuk tampil pada puncak HUT SMAN 8 Denpasar ke-6 Sabtu (25/8) men-datang. (ast)

obat

ak orang tertarik sekolah-sekolah sak orang tertarik jarinya. Ter-i tamatan

SMK yang g dolar di

banyakggapan

ber-ris es s -n atasa, ahir gris.hpu-rsus

nkan tak

obat

sekolah sekolah smenitikberatkan

hasa. Bukaberkomunikabahasa Ingg

Seharusmampuan dukung daerungan lepraktik. Ltiga bergan HKetut Smeneklajar itu keberkomangkamemiberkosung ding. Sjar SMmahasbahasa

Page 15: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

OOpini

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek,dll. Naskah diketik 2 spa-si dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 15Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Pengetahuan

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tang-gal 24 Oktober, anggota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liput-an : Made Sueca. Anggota Redaksi : Pujawan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra

Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra Prayoga. Wartawan Sekolah : Dewa Agus Sanjaya Putra, Adri, Yuni Samstiari, Desak Putu Asmi Krishnayanthi, Indri Pratiwi Wulandari, Putu Suarningsih (SMAN 1 Rendang), Angga Sudiartama (SMAN 2 Sidemen), Luh Putu Maylandari Putri (SMAN 1 Selat), Ekayani Sri Trisniari (SMPN 1 Sidemen), Sri Febriyanti (SMA Saraswati Selat), Komang Wiary Parmiati (SMPN 1 Rendang), Kadek Suparmi (SMPN 3 Rendang), Astra Indrawan, Gede Sudiatmaja (SMAN 1 Sukawati), Putu Ririn Andreani, Kadek Ariasa (SMAN 1 Gianyar), Ayu Amanda Pramaiswari, Putu Nugraheni (SMAN 1 Ubud), Yumas Sukmatika, Windi Pranata Putra (SMAN 1 Tampaksiring), Ketut Doni Angga, Desy Adnya Dewi (SMAN 1 Blahbatuh), Damayanthi (SMAN 6 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafi s : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Dewa Nyoman Putra, Luh Gde Nitarini. Pemim-pin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

Pohon

Ketika istirahat Winda dan Amel asyik bermain tebak-tebakan.Winda : Mel, aku punya tebak-

tebakan nih, kalau kamu bisa jawab, PR matikmu aku yang kerjain deh.

Amel : Sip deh, aku pasti bisa jawab. Amel gitu…. Apa pertanyaannya?

Winda : Gini pertanyaannya, po-hon apa yang paling ba-nyak pada saat lebaran?

Amel : Pohon apa ya? Mana ada Win.

Winda : Makanya jangan sok dulu dong, jawabannya itu “po-hon maaf lahir dan bathin”. Hahaha.

Amel : Mohon maaf lahir dan bathin kali…. Ada-ada saja kamu.

Windha KuswaraSMA PGRI 2 Denpasar

Tabrak Lari

Terlihat seorang pemuda tengah mendekati seorang polisi.Pemuda : Pak polisi saya mau

lapor pak!Polisi : Lapor apa?Pemuda : Tadi ada orang tabrak

lari!Polisi : Di mana???Pemuda : Di koran, tadi pagi!Polisi : ????

Yanti Kartika SariSMP PGRI 6 Denpasar

Kerudung

Andy : Mama aku pergi ngaji dulu ya.

Mama : Jangan pergi Andy!Andy : Loh kenapa ma??Mama : Kamu kan laki-laki, kena-

pa kamu pakai kerudung mama?

Andy : Upzzzzz.

Made Ayu Dewi Yuni ASMP PGRI 6 Denpasar

Jeruk

Pada suatu hari, Wawan mem-beli jeruk di pasar.Wawan : Pak, berapa jeruknya

sekilo?Pedagang : Rp.7500 mas!Wawan : Waduh, mahal seka-

li, Rp 5000 saja ya!?Pedagang : Nggak bisa mas, har-

ganya sudah pas!Wawan : Kalau nggak manis,

gimana Pak?Pedagang : Kalau nggak manis,

nggak usah bayar!Wawan : Ya sudah, kalau gitu

yang nggak manis saja 20 kilo!

Pedagang : ???

ApriadiKaskusSkensa

Penemu Bola Lampu

Laksmi : Dedi, kamu tahu nggak siapa penemu bola lam-pu listrik?

Dedi : Tau donk! (Sombong).Laksmi : Siapa hayo?Dedi : Si Thomas kan.Laksmi : Thomas siapa? asal saja

kamu.Dedi : Itu lho, Thomas anaknya

Pak Edi. Hahahha….Laksmi : (Bingung).Dedi : Thomas Alpha Edi- SON.

Hehehe.Laksmi : Alaaah, joke toh. Haha-

haha.Eda

Sisma

Pintu

Pada suatu hari ada dua orang sahabat sedang bercakap-cakap di belakang sekolah.Sarah : Hallo…!Saras : Kenapa?Sarah : Nggak kenapa kok!. Main

tebak-tebakan yuk!Saras : Siapa takut!Sarah : Apa bahasa inggrisnya

pintu?Saras : Door!Sarah : Buka pintu?Saras : Open door!Sarah : Kalau nggak dibukain

pintu?Saras : Apa ya?Sarah : Apa hayo?Saras : Nyerah deh! Memang

jawabannya apa?Sarah : Gedor-gedor! Hahaha.

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

Ngebut

Suatu hari Anas dan Akbar se-dang berbicara di kantin. Di sela-sela omongan mereka yang asyik. Akbar melontarkan tebak-tebakan kepada Anas.Akbar : Nas, aku kasi perta-

nyaan, kalau bisa jawab nanti aku kasi Fruita-man.

Anas : Oke saja, aku siap!Akbar : Ente tahu nggak ibadah

apa yang bisa dijalanin saat naik kendaraan?

Anas : Hmm..., susah juga. Jawabannya DOA!

Akbar : Salah besar! Hahaha.Anas : Terus jawabannya?Akbar : Ya NGEBUT lah.Anas : Kok bisa? perasaan itu

bukan ibadah deh.Akbar : Bisa, ngebut itu ibadah,

semakin ngebut semakin dekat dengan Tuhan, haha….

Anas : Waduh Bar… Bar, ada saja ente ini.

ApriadiKaskusSkensa

Buah

Agus : Ayo Andi, buah apa yang membahayakan.

Adi : Buah duren.Agus : Salah. Yang benar BUAH-

an peledak.Andi : Haha….

Adi Ratna

Hewan Sekolah

Dede : Yan, aku punya tebakan nih.

Ryan : Ah, tebakan lagi! Aku pasti bisa jawab. Mak-lum aku kan juara satu di kelas.

Dede : Jangan sombong dulu, yang ini kamu pasti ng-gak bisa jawab.

Ryan : Emang apa tebakannya?Dede : Hewan apa yang sering

terlambat masuk seko-lah?

Ryan : Mana ada hewan masuk sekolah?

Dede : Yee, namanya juga tebak-tebakan. Ya ada lah. He-wan kaki seribu, karena lama pakai sepatunya. Hahaha.

Rya : Iya juga ya, hahaha.

Adya WiaraputraSmansa

Anjing dan Kucing

Adit : Ris kamu tahu nggak bi-natang yang paling diben-ci sama anjing laut?

Risky : Ya jelas tahu, pasti jawab-annya Kucing Laut kan?

Adit : Ya, benar…. Hebat kamu Ris!

Risky : Y iyalah… Risky gitu loh!

Meidika PutraSMP PGRI 2 Denpasar

Lele

Riko : Don, mau duit nggak? Ka-lau mau jawab tebakanku ya?

Doni : Oke deh, cepat kasi tahu tebakannya!

Riko : Lele apa yang ada di pinggir jalan?

Doni : Pecel Lele, benar kan?Riko : Salah, yang benar itu

LELEpon umum.Doni : Yah…, itu sih namanya

telepon umum.

Astama PutraSMK PGRI 5 Denpasar

Tulisan Jelek

Cerita ini hanya fi ktif belaka bila ada kesamaan mungkin hanya perasaan kamu saja.Cowo : Beb, sms aku kok ng-

gak dibalas sih??Cewe : Ah malu Beb.Cowo : Loh, malu kenapa?Cewek : Tulisanku jelek.Cowo : (Tiba-tiba sepi).

Kadek MartiniSMP PGRI 6 Denpasar

Anjing Pintar Nonton Film

Suatu hari, aku pergi ke bios-kop. Di baris depanku ada orang tua dan anjingnya. Filmnya lucu dan sedih. Di adegan fi lm yang se-dih, anjing itu menangis tersedu-sedu, dan di adegan yang lucu, anjing itu tertawa terbahak-bahak. Begitu terus sampai fi lmnya sele-sai. Setelah fi lmnya selesai, aku mendekati orang tua itu.

“Wah Pak, baru kali ini saya melihat kejadian seperti tadi,”

ujarku. “Anjing Anda kelihatannya suka sekali fi lmnya.”

Orang tua itu lalu menyahut, “Iya tuh. Padahal dia benci buku-nya lho.”

Ketut Sukma DewiSMA Dwijendra Denpasar

Trik Pulang Cepat

Suatu hari di kelas, seperti bi-asa, Pak Guru memberikan perta-nyaan sebelum pulang.

Yang bisa menjawab, bisa lang-sung pulang.Pak Guru : Iya anak-anak, se-

perti biasa, yang bisa menjawab pertanyaan bisa langsung pulang. (Tiba-tiba Jeremy me-lemparkan tasnya ke-luar jendela).

Pak Guru : Siapa yang tadi me-lempar tas?!!!

Jeremy : Saya Pak! Yee saya boleh pulang!!!

Pak Guru : ???

Rimba ErlanggaSMPN 1 Denpasar

Jujur

Seorang perantara sebuah pe-rusahaan real estate berkata ke-pada para calon pelanggannya :Wawan : Bersikap jujur terhadap

semua pelanggan ada-lah moto kami.

Dio : Coba jelaskan keku-rangannya rumah ini.

Wawan : Di sebelah utara kira-kira 3 mil dari rumah ini terdapat sebuah peter-nakan babi; di sebelah baratnya terdapat 2 pabrik pengolah air lim-bah; di sebelah timurnya terdapat sebuah pabrik kimia, dan di sebelah selatannya terdapat pabrik pembuat saus.

Dio : Kalau begitu, kelebihan rumah ini di mana?

Wawan : Kelebihannya ialah se-tiap hari kalian bisa memastikan dari arah mana angin sedang bertiup.

ApriadiKaskusSkensa

Ikan

Hari : Lang, aku punya tebak-tebakan nih!

Gilang : Memang apa perta-nyaannya? Hari jago-nya!

Hari : Coba jawab ya…, ikan apa yang matanya ba-nyak?

Gilang : Ikan apa ya? (sambil berpikir).

Hari : Nyerah saja kamu!Gilang : Iya deh, tapi apa jawab-

annya?Hari : Jawabannya Ikan Teri 1

ember.Gilang : Bisa saja kamu Har.

Astama PutraSMP PGRI 5 Denpasar

Ayam

Dodi : Gus, aku punya perta-nyaan nih!

Agus : Pertanyaan apa?Dodi : Menurutmu ada nggak

ayam di rumahmu yang berbunyi pagi-pagi?

Agus : Setahuku sih nggak ada, kalau ayam kan bunyinya ku… ku… ruyuk….

Dodi : Wah, kamu pintar Gus, ng-gak bisa dibohongin.

Meidika PutraSMP PGRI 2 Denpasar

SEIRING berjalannya waktu, ke-cepatan komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows mulai menurun. Ini akan terasa pada ke-nyataan bahwa sistem mengambil lebih banyak waktu untuk menang-gapi tindakan seperti membuka fi le, folder, berselancar di inter-net dan tugas-tugas lain. Na-mun kamu tak perlu khawatir, berikut beberapa cara yang dapat kamu tempuh untuk me-ningkatkan performa komputer kamu :

Pastikan HardwareHal yang mustahil untuk mem-

percepat komputer jika mainboard hanya mendukung Pentium 3. Jadi syarat pertama adalah hardware harus memungkinkan untuk lari kencang.

Bersihkan DesktopJangan terlalu banyak fi le ber-

serakan di desktop, karena secara signifi kan walaupun kecil akan mempengaruhi kinerja komputer. Jadi simpanlah fi le pada tempat-nya.

Scan System WindowsSebuah sistem operasi adalah

kumpulan fi le yang melakukan fungsi yang berbeda. Hal ini me-mungkinkan dari waktu ke waktu, satu atau lebih fi le-fi le sistem telah berubah atau menjadi rusak. Jika

hal ini terjadi, kecepatan sistem bisa berkurang. Dengan meng-gunakan utilitas yang disebut “System File

Checking”. Dia akan memeriksa fi le-fi le de-

ngan benar sehingga masalah bisa ditemukan.

Scan Virus, Spyware dan Adware

Setiap komputer Windows ren-tan terhadap virus apalagi yang basis Windows XP. Scanning berkala dan penghapusan Virus, Spyware dan Adware merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer.

Uninstall ProgramUninstall program yang tidak di-

gunakan. Menghapus program ini akan membebaskan ruang pada komputer kamu dan dapat mem-

percepat kinerja sistem.

Mengatur Efek VisualSebaiknya atur efek visual ke

posisi best performance. Untuk mempercepat vista di komputer tertentu kamu dapat menonaktif-kan fi tur dan fungsi yang tidak di-gunakan.

Perhatikan Pengoprasian Program

Jangan jalankan suatu program secara otomatis saat start up. Ke-cuali kamu selalu menggunakan program tersebut. Tetapi jika ja-rang digunakan lebih baik di non-aktifkan saja dari auto start. Ca-ranya adalah klik [Start] lalu pilih [Run] untuk XP lalu ketik msconfi g.exe lalu [Enter]. Untuk Vista cukup ketik msconfi g lalu [Enter]. Kemu-dian klik tab [Start Up] dan lihatlah mana saja program yang sangat jarang digunakan hapuslah tanda centangnya.

Defragment Hard DriveSemakin banyak informasi dan

program yang kamu miliki di kom-puter, semakin besar kemungkin-an Windows telah menempatkan bagian-bagian fi le yang sama di lokasi yang berbeda pada hard drive kamu.

Gusti Bagus Umbhara Dharma Putra

SMKN 3 Tabanan

OOpinOpin

SEIRING berjalannya waktu, ke-epatan komputer dengan sistem

i Mi ft Wi d l i

hal ini terjadi, kecepatan sistem bisa berkurang. Dengan meng-

percepat kinerja sistem.

Mengatur Efek Visual

Tips Mempercepat Kinerja KomputerTips Mempercepat Kinerja Komputer

HANDPHONE, ponsel atau HP saat ini jadi kebutuhan primer dalam aktifi tas sehari-hari. Komu-nikasi dengan keluarga, sahabat, teman, patner bisnis sampai pacar cukup dengan pijit melalui gadget ini. Yang paling bikin kesal ada-lah saat ada keperluan penting, lalu tiba-tiba HP lowbat atau ke-habisan baterai. Untuk menganti-sipasi supaya tidak terjadi hal de-mikian, berikut beberapa tips untuk menghemat baterai handphone :

1. Kurangi brightness atau keta-jaman layar LCD ponsel. Biasanya terletak di setting – display (ter-

gantung jenis HP yang diguna-kan).

2. Untuk setting GPRS pi-lihlah : ‘when needed’ jangan pilih ‘when available’. Karena untuk searching signal GPRS (3G juga) memerlukan daya yang besar. Atau jika sinyal tidak juga masuk ketika HP sudah restart berkali-kali se-baiknya matikan dulu HP kamu beberapa saat.

3. Lepaskanlah enhancement (headset, kabel data, dll) bila su-dah tidak terpakai serta matikan fi tur bluetooth, infrared, animasi dan fungsi getar pada ponsel, se-bisa mungkin hindari penggunaan mode getar dan mode ringing ber-samaan. Sedapat mungkin, guna-kan mode getar pada saat yang diperlukan saja.

4. Kurangilah volume ringtone dan volume speaker (volume per-cakapan) sampai batas optimal sesuai kemampuan pendengaran.

5. Charge baterai HP hanya bila sudah ada peringatan ‘Low bat’

jangan biasakan baterai HP keha-bisan total daya. Kalaupun kebetu-lan saat lowbat tidak membawa charger, lebih baik matikan saja HP, sebelum mati sendiri karena daya habis total. Jangan meng-gunakan charger mobil, pada saat posisi on, setengah-setengah atau gonta ganti charger.

6. Jika baterai rusak, ganti de-ngan baterai HP yang original, su-paya kualitas ponsel tetap terjaga.

7. Segera lepas charger HP jika sudah terlihat full. Sering kali bate-rai bocor dan drop disebabkan du-rasi pengisian baterai yang terlalu lama dan tidak tepat. Saat mengisi ulang baterai, sebaiknya pastikan kondisi HP dalam keadaan non-aktif (mati). Kondisi HP dalam keadaan mati membuat baterai HP menyerap tenaga dari sumber lis-trik lebih cepat dan mengisi tenaga dengan sempurna.

Ramartha Putra

Regrisma

Menghemat Baterai Handphone

FRONTAL menurut saya ada-lah suatu sikap terang-terangan yang mengarah ke radikalisme. Selain “galau”, kata frontal mulai banyak digandrungi anak muda jaman sekarang, terutama di jejar-ing sosial, salah satunya twitter. Namun yang perlu digaris bawahi disini apa yang dimaksud frontal di kalangan anak muda menga-lami pergeseran makna. Dimana frontal merupakan suatu sikap ke-bebasan dan keberanian seorang remaja dalam berpendapat, se-hingga frontal berseberangan dengan sifat munafi k. Di mana munafi k disini diartikan suatu sikap pura-pura baik, namun ke-mudian membicarakan keburukan orang lain di belakangnya. Intinya bagi remaja, lebih baik menjadi frontal daripada munafi k, mereka lebih baik berkata semau mereka,

dengan bahasa sesuka hati me-reka di ruang publik.

Memang kebebasan berbicara atau berekspresi merupakan hak dasar setiap orang, tapi yang i-ngin saya tanyakan bagaimana mental suatu generasi muda da-pat terbentuk dengan baik jika sejak muda mereka sudah men-jejali kehidupan mereka dengan bahasa yang radikal. Jejaring sosial memang merupakan tem-pat untuk kita berbagi, baik ilmu, persahabatan atau kehidupan se-hari-hari. Namun adanya kontrol dalam kebebasan itu sangatlah penting agar kita tahu dan kem-bali mengingat. Kita yang mengu-asai teknologi, bukan teknologi yang menguasai kita

Wayan JuliartaSMP PGRI 1 Denpasar

Frontal pada Remaja, Perlukah?Frontal pada Remaja, Perlukah?

HANDPHONE l t

g

yts

g

ai e-bil g-a

-d

gunakan utilitas yang disebut “System File

Checking” Dia

i k tilit

POSISI laptop perlahan ter-gusur oleh kehadiran tablet PC, tapi tak sedikit yang masih memi-lih komputer portable ini untuk ke-pentingan sehari-hari. Harganya pun kian hari semakin merosot. Walau harga jualnya makin menu-run, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan perangkat yang satu ini, karena biaya servisnya tetap selangit.

Agar laptop tahan lama, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya lokasi penggunaan laptop. Berikut ini be-berapa tempat yang menjadi pan-tangan saat memakai laptop.

Tempat TidurMenyimpan laptop di tempat

yang lembut seperti tempat tidur, dapat menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop dan meng-hambat masuknya udara yang berguna untuk menyejukkan suhu laptop. Sebagai gantinya, gunakan alas khusus laptop, meja, atau setidaknya, buku dengan hard-cover untuk melapisi bagian bawah laptop kamu. Intinya, laptop memerlukan permu-kaan datar untuk menjaga asupan udara dan kestabilan suhu di dalamnya.

Di Dekat HewanBulu-bulu hewan yang ron-

tok dapat beterbangan masuk dan menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop. Hasilnya, sistem pendinginan pun terganggu dan dapat menyebabkan over-heating.

LantaiTak peduli sebersih apapun

ruangan kamu, menaruh laptop di lantai tetap tidak disarankan. Kamu tak pernah tahu betapa banyak partikel-partikel mungil serupa debu di lantai yang dapat tersumbat masuk ke dalam lubang ventilasi laptop. Taruhlah laptop di tempat yang cukup tinggi dari per-mukaan lantai, seperti meja atau kursi dengan alas laptop mat atau cooling fan.

Tempat BasahJangan coba-coba mengguna-

kan laptop sambil minum, apalagi kemudian menyimpan minuman di samping laptop. Tetesan air dari minuman dapat menimbulkan

Tempat Terlarang bagi Laptop kerusakan fatal dan konsleting da-lam laptop kamu, terlebih jika mi-numannya tumpah.

Di Dekat AsbakWell, lebih tepatnya, hindari

menggunakan laptop sambil me-rokok. Asap dan abu rokok dapat menyumbat kipas dalam lubang ventilasi laptop. Asap rokok yang dihembuskan ke arah laptop dapat menyebabkan keyboard mengu-ning. Menaruh asbak di samping laptop juga berbahaya, karena abu rokok yang terbawa angin dapat menyumbat ventilasi dan membuat kinerja laptop kamu jadi menurun.

Ari TayoriTrisma

p

BAGI yang suka telur, mungkin sekarang harus bijak untuk me-ngonsumsinya. Terutama kuning telur yang kini dikaitkan dengan tingginya risiko penyakit jantung.

Para peneliti Kanada menemu-kan, terlalu banyak mengonsumsi kuning telur dapat menyebabkan penumpukan plak karotis, yaitu zat lilin yang dapat menyumbat pem-buluh darah, berkurangnya aliran darah dan memicu risiko penyakit kardiovaskular.

Sebelumnya, peneliti telah melakukan penelitian terhadap

Kuning Telur Berbahaya bagi Jantung1.231 peserta dengan mengguna-kan USG. USG digunakan untuk mengukur jumlah total plak yang menyumbat di dinding pembuluh darah arteri. Kemudian, peserta diminta untuk menjawab kuesioner mengenai gaya hidup dan obat-obatan yang dikonsumsi, termasuk seberapa banyak mengonsumsi kuning telur dan kebiasaan me-rokok. Temuan yang dipublikasi-kan dalam journal Atherosclerosis menemukan bahwa mereka yang setidaknya mengonsumsi tiga ku-ning telur seminggu dapat memper-cepat penebalan penyumbat pem-buluh darah yang parahnya hampir sama dengan orang merokok.

Merokok tembakau dan makan kuning telur, menurut peneliti, da-pat meningkatkan ketebalan din-ding plak karotis degan cara yang sama. Namun, bagi mereka yang tidak merokok atau jarang me-ngonsumsi kuning telur, ketebalan plak karotis akan meningkat se-telah usia 40 tahun secara lambat.

Jaya Kusuma

SMP Dwijendra

Cover : Paskibraka SMPN 7 DenpasarLokasi : SMPN 7Foto : OSIS SMPN 7 Dps

Page 16: Wiyata-Mandala. Agustus - 13 September 2012

16Jumat, 24 Agustus - 13 September 2012

Paskibraka

ksi Guru

KELUARGA besar SMAN 1 Denpasar (Smansa), Rabu (8/8) lalu menggelar puncak HUT ke-52 tahun. Puncak HUT ditandai dengan pelepasan balon oleh Kepala Smansa, Drs. I Nyoman Purnajaya,M.Pd., bersama Kadis-dikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya.

Tema HUT kali ini mening-katkan pembinaan kecerdasan, kreativitas dan tanggung jawab demi terciptanya generasi emas Indonesia. Saat itu juga diserah-kan piala dan hadiah aneka lomba serangkaian HUT dan cindera-mata kepada guru dan karyawan yang memasuki masa pensiun.

Kepala SMAN 1 Dempasar, Drs. I Nyoman Purnajaya,M.Pd., mengungkapkan di usia Smansa yang kian dewasa tetap tampil menjadi sekolah terpandang dan bermutu di Bali. Ini men-jadi tantangan sivitas akademika Smansa untuk terus berbenah diri dan meningkatkan diri.

Prestasi siswanya juga patut dibanggakan. Sejak Juli- Agustus, dari 13 event yang diikuti se-muanya mampu meraih prestasi. Ada yang meraih medali perak olimpiade di Singapura, lomba essay tingkat nasional, lomba basket dan LKTI. Bahkan sejum-lah siswanya dikirim ke AS atas prestasi itu.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya yang juga alumni Smansa berbangga Smansa

selain berkibar di sekolah juga di masyarakat lewat peran alum-ninya dan bertaburan prestasi.

Dia minta kembangkan upaya koordinasi dan komunikasi warga sekolah dan stakeholders guna memajukan Smansa. Untuk bisa mencapai itu program menuju perubahan. Warga sekolah selalu berpikir positif dan menjemput perubahan dengan pikiran yang baik. Smansa diminta menjadi sekolah model dengan tata kelola sekolah yang berbasis akuntabili-tas. Bahkan dia akan lombakan sekolah berbasis tranparansi dan akuntabilitas. Pemkot Den-pasar pun sudah menerapkan e-goverment dan pelayanan publik menjadi andalan kinerja peme-rintahan. Bahkan sekolah bagian dari pelayanan publik, makanya tak boleh menghindar dari tata kelola yang trasparansi dan akunt-abilitas.

Serangkaian HUT Smansa, digelar berbagai event yang me-libatkan siswa Smansa dan siswa di Bali. Ketua Panitia HUT ke-52 Smansa, Drs. I Ketut Loper Winartha,M.Pd., mengungkapkan serangkaian HUT digelar berbagai agenda lomba eksternal Olim-piade Fisika, Kimia, Komputer, LKTI, seni teater, mading, LKBB, Story Telling, Speech Contest, Quis Contest dan EDC. Di samp-ing itu ada Liga Karmani, aksi kebersihan, donor darah, festival band dan fun climbing. (*)

Smansa Sekolah Model Tata Kelola Berbasis Transparansi

BALON - Kadisdikpora IGN Eddy Mulya bersama Kasek Nyo-man Purnajaya, Prof. Rahmanta dan Prof. Supartha melepas balon pucak HUT ke- 52 Smansa.

PUNCAK HUT ke-6 SMAN 8 Denpasar yanag lebih dike-nal dengan sebutan Smapan, Rabu (8/8) lalu peringati secara sederhana dalam apel bendera. Hadir di acara itu Ketua Komite Smapan, A.A. Ngurah Gede Widiada,S.H., dengan Inspektur Upacara Kepala Smapan, Drs. Ida Bagus Ngurah,M.Si.

Puncak HUT ditandai dengan pelepasan balon dan potong tumpeng kue ultah. Saat itu para siswanya menyerahkan sejumlah piala prestasi dari tingkat regional hingga internasional. Di antarnya juara I gateball internasional, juara UDG, palawakya, futsal, tari oleg, menyanyai pop Bali dan bidang akademis lainnya.

Tahun lalu tema HUT Smapan adalat mulat sarira dan amus-ti sarira yakni introsfeksi dan mengembangkan diri. Tahun ini bertemakan “Hening-heningin Sarira”. Bagaiaman mempelajari diri memendam sifat yang kotor membangkitkan taksu kebaikan. Ida Bagus Ngurah mengatakan ibarat lumpur, kotoran dipendam sehingga yang muncul ke per-mukaan adalah sifat kebaikan. Makanya kasek yang juga dalang itu meminta siswanya mentaati aturan sekolah dan jika tak serius di Sampan siap dikembalikan kepada orangtuanya.

Ia menganggap Smapan adalah siswa kelas VI SD, namun

Ayu Werdhi Smapan, “Hening-heningin Sarira”

naik kelas percepatan karena baru lahir sudah banyak mengalami kemajuan. Ini dibuktikan prestasi siswanya dan kelulusan alumninya mencapai 100 persen sejak angkat-an pertama.

Ketua Komite A.A. Ngurah Gede Widiada mengungkapkan Smapan yang kelahirannya penuh dengan angka delapan tanggal delapan bu-lan delapan harus tampil berkuali-tas. Di HUT ke-6 Smapan perlu introsfeksi diri agar tak takabur, jus-tru warganya mengasah diri sesuai dengan swadharma-nya masing-masing meliputi kecerdasan intelek-tual, kecerdasan sosial, kecerdasan emosional dan spiritual.

Semua kecerdasan ini menen-tukan langkah maju Smapan ke depan. Makanya ia menilai pas tema tahun ini yakni “Hening-he-ningin Sarira”. Semua komponen dan potensi positif dikedepankan, yang tak bermanfaat dipinggirkan. Inilah yang dia katakan memba-ngun demokrasi guna menghasil-kan SDM unggul sesuai karakter jamannya.

Ketua Komite yang juga pe-ngelingsir Puri Peguyangan ini mengajak semua warga seko-lah mempertegas komitmenya menjadikan Smapan sebagai sekolah model dalam budaya dan agama. (*)

TUMPENG - Kasek IB Ngurah dan Ketua Komite,A.A. Ngurah Gede Widiada saat potong tumpeng Ultah ke- 6 Smapan.

PUNCAK HUT ke- 47 SMKN 4 Denpasar dilaksanakan, Senin (13/8) lalu lewat apel bende-ra. Puncak HUT ditandai de-ngan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon oleh Kepala SMKN 4 Denpasar, Drs. Nyoman Selem Darmana, M.M.

Di acara itu juga diserahkan cinderamata bagi guru yang me-masuki masa pensiun. SMKN 4 Denpasar 1965 bernama SKKA, SMKA dan 1997 menjadi SMKN 4 Denpasar dan 2007 meraih ISO 9001-2008.

Berbagai acara digelar serang-kaian HUT. Ketua Panitia I Made Suarta,S.Pd., mengatakan selain lomba intern seperti lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Bali, menulis aksara Bali, mekidung, making bed, dll, siswa SMKN 4 juga mempersembahkan piala juara I pramuka. kuliner. Made Suarta mengatakan agenda lomba bernuansa Bali dan pari-wisata.

Kasek Nyoman Selem Dar-mana mengungkapkan SMKN 4 Denpasar yang berstatus RSBI lulusannya kini berorientasi pada pasar kerja luar negeri. Jadi, lulusanya tak hanya disiapkan mengisi peluang kerja di dalam negeri saja juga berkiblat pada pasar luar negeri. Hal ini didukung kompetensi bidang keahlian di AP dan Tata Boga siswanya dengan penguatan pada bahasa asing. Siswanya mendapat 9 jam bahasa asing/minggu AP dengan tambahan Inggris dan Jepang dan Tata Boga (Inggris

HUT ke- 47 SMKN 4 Denpasar

Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing Tinggi

dan Prancis).Selem Darmana mengakui

tingginya daya saing lulusannya merambah pasar luar negeri dibuk-tikan sebagian siswanya diterima di AS, Kanada, Dubai dan Singapura baik bekerja di darat maupun kapal pesiar.

Dia mengakui HUT sengaja di-lakukan secara sederhana namun penuh makna. Dia menegaskan kado HUT kali ini yakni terbit-nya rekomendasi dari URS yang menyatakan SMKN 4 konsisten mengimplementasikan manajemen mutu ISO 9001-2008.

Dia menegaskan kunci itu semua adanya komitmen dan kerja keras semua warga sekolah. Makanya Selem Darmana mengucapkan teri-ma kasih atas kerjasama selama ini termasuk kepada mantan Wakasek Kesiswaan SMKN 4 yang juga

Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. Nengah Madiadyana,M.M. yang hadir di puncak HUT. Bah-kan dia mengajak warganya untuk tekun menerapkan 3-K yakni komitmen memberikan pelayanan terbaik dan maksimal, kedua konsisten dan ketiga konsekuen dengan tanggung jawab dan swadharmaning masing-masing.

Dia mengatakan SMKN 4 harus tampil unggul baik di dunia kerja maupun studi lanjut. Kunci-nya adalah konsisten memberi pelayanan terbaik. Pendidikan di SMKN 4 Denpasar harus berka-rakter, tegas dan jelas misinya, bukan mendidik asal-asalan tanpa arah. Makanya dia menyimpul-kan kuat dalam iman, santun perilakunya, tangguh ilmu penge-tahuannya dan tiada hari tanpa prestasi. (*)

HUT - Kepala SMKN 4 Denpasar, Nyoman Selem Darmana menda-pat ucapan selamat dari Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Nengah Madiadnyana.

SMP Negeri 7 Denpasar ada-lah salah satu sekolah menengah pertama yang memiliki ekstra Paskibra. Ekstra ini telah berkem-bang sejak tahun 1989 silam yang diprakarsai oleh Yosi Eko Pratomo. 23 tahun sudah Paski-bra SMP Negeri 7 Denpasar beru-saha mempertahankan kualitas dan eksistensi kegiatan maupun lulusannya.

Menghasilkan lulusan yang berkualitas merupakan salah satu visi Paskibra SMP Negeri 7 Den-pasar. Untuk merealisasikan hal tersebut, diadakanlah pelatihan bagi anggota Paskibra SMP Negeri 7 Denpasar yang lebih dikenal dengan Pusdiklat (Pusat Pendidikan dan Latihan) yang di-adakan setiap dua tahun sekali.

Pusdiklat SMP Negeri 7 Den-pasar pernah bekerja sama de-ngan beberapa sekolah, seperti SMA Negeri 5 Denpasar dan SMP PGRI 11 Badung (SMP PGRI 1 Denpasar). Kini Pusdiklat telah bekerja sama dan mempererat tali persaudaraan dengan Paski-bra SMP Negeri 4 Denpasar dan Paskibra SMP Sapta Andika Denpasar. Tahun ini Pusdiklat Ga-

bungan tersebut kembali diadakan di SMP Negeri 7 Denpasar.

Krisna D. Putra adalah dalang di balik terselenggaranya Pusdiklat Gabungan 2012. Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Udayana ini dipercaya memimpin acara dua tahunan Paskibra SMPN 7 Den-pasar, Paskibra SMPN 4 Denpasar dan Paskibra SMP Sapta Andika. Pusdiklat Gabungan 2012 diadakan mulai tanggal 24 Juni 2012 sampai 28 Juni 2012 dengan mengambil tema “Melalui Pusdiklat Gabungan 2012 Kita Wujudkan Generasi Muda yang Disiplin, Kreatif serta Berkarakter dalam Menghadapi Era Globalisasi”. Krisna Dp, begitu ia biasa dipanggil mengaku, “Tema ini dipilih beranjak dari kepedulian kita terhadap generasi muda. Kita ber-harap mereka tidak tumbuh menjadi pribadi yang manja dan mudah me-nyerah. Di sini kita melatih mereka lebih disiplin baik waktu maupun tingkah laku.” Secara umum, Pus-diklat Gabungan 2012 berharap dapat melahirkan lulusan yang dapat mengabdi bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat.

Berbagai acara diadakan dalam kegiatan ini, diantaranya semi-

nar dari beberapa narasumber (KOREM 163/Wira Satya, Badan Narkotika Nasional, KISARA dan Badan Perbenihan Tanaman Hu-tan), pelatihan baris berbaris oleh KOREM 163/Wira Satya, penghi-jauan dan bakti sosial.

Penghijauan dan bakti sosial adalah kegiatan yang menjadi bukti pengabdian Paskibra SMPN 7 Denpasar, SMPN 4 Denpasar dan SMP Sapta Andika Denpasar terhadap lingkungan sekitar. “Ke-giatan ini kita pilih untuk mengajak remaja khususnya peserta Pus-diklat Gabungan 2012 untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Dalam

kegiatan ini kita menyebar 500 bibit yang terbagi dalam tiga jenis ta-naman. 150 bibit geladak tiang, 50 bibit cempaka Sulawesi, 300 bibit majegau,” jelas Krisna.

Bibit ini disebar ke wilayah Pe-rumnas Monang-Maning, yaitu SD 19 Pemecutan, SD 26 Pemecutan, SD 32 Pemecutan, Banjar Sapta Bumi dan Pura Kemuda Sari, Desa Tegal Kerta. Pura Kemuda Sari adalah tempat utama kita melaku-kan penghijauan dan bakti sosial. Di dalam tempat ibadah tersebut, para peserta bekerja sama menanam dan melakukan upaya pembersih-an dengan tujuan melestarikan

lingkungan.Ditanya mengenai harapan

secara umum, Krisna berkata, “Semoga Pusdiklat ini dapat berlangsung tiap tahunnya dan kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah tradisi namun dapat mem-beri dampak positif bagi generasi muda dan masyarakat”. Semoga dengan kegiatan yang telah ber-hasil kita laksanakan ini dapat menjadi bekal yang berguna bagi peserta Pusdiklat Gabungan 2012 dan meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan.

(Paskibraka SMPN 7)