Wiyata mandala 12092014

16
2135 TH, XVIII, 16 September - 6 Oktober 2014, Eceran Rp. 2.000 Patut Dibanggakan Baca Hal. 15 Pandangan Pertama Semarak Pensi Sixsma SMPN 2 Amlapura Juara di Cina Kenali Tanda Menstruasi Cerpen Pilihan "Melepasmu" Anggi, Irwan, Bunga Temukan Liptin Natural Di tengah marak beredarnya kosmetik palsu, anak-anak SMAN 3 Denpasar (Trisma) menemukan liptin natural. Prestasi ini menghantarkan Trisma memboyong piala tetap Avicena Competition yang diadakan Fak. Farmasi Unud.

description

 

Transcript of Wiyata mandala 12092014

16Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

Patut Dibanggakan

2135 TH, XVIII, 16 September - 6 Oktober 2014, Eceran Rp. 2.000

Prestasi itu diraih Trisma sete lah memboyong p ia la bergilir Avicena Competition yang ketiga kalinya belum lama ini. Prestasi anak-anak Trisma ini patut dibanggakan karena dari tiga katagori lomba yakni LKTI, majalah dinding dan poster digital. Trisma meraih dua juara I yakni di LKTI dan mading, juara harapan I diraih di LKTI dan harapan II di poster digital.

Trio Trisma yang sukses menjadi juara I di LKTI yakni Ni Wayan Bunga Pandansari (XI-MIA5), I Gusti Ayu Agung Anggita Dewi Hartayani (XI-MIA6) dan I Kadek Irwan Setiawan (XI-MIA2).

Bunga Pandansari adalah anak pertama pasangan I Made Sueca dan Ni Made Sudiani asal Br. Kedaton Kesiman. Irwan adalah anak kedua pasangan Siti Rahayu dan Made Suartama asal Sukawati sedangkan Angita anak kedua pasangan I Gusti Putu Ardita dan Ni Nyoman Widiasih asal Kerambitan.

Trio Trisma, Bunga, Anggita dan Irwan memaparkan hasil penelitian berjudul “Pengujian formulasi natural liptin anti iritasi dari eksrak methanol bunga kecombrang ( kec i cang ) ” . Hebatnya lagi, anak-anak Trisma ini tak hanya kuat di teori dan landasan keilmuwan namun

juga sukses memproduksi liptin natural. Wajar ketiga anak cerdas ini siang dan malam giat meneliti dan menyusun naskah.

Ide ini muncul, kata Bunga, Anggita dan Irwan, selama ini bunga kecombrang (kecicang) tak dimanfaatkan secara optimal d i b idang kefarmasian o leh masyarakat. Bahkan banyak anak muda yang tak tahu soal kacicang, sebab selama ini hanya dipakai untuk sambal mentah saja.

Kecombrang setelah diteliti oleh trio Trisma ini ternyata banyak mengandung antosianidin yang b isa mengendal ikan f igmen merah sintetis pada liptin. Juga mengandung antioksidan bisa mencegah iritasi pada bibir.

Liptin (perpaduan lisotika dan lipgloss) memiliki warna lebih intens dari lipgloss. Ketiga anak Trisma menciptakan produk natural liptin dengan warna yang lebih soft dan tahan lama. “Puas banget raih juara. Karena kami targetkan juara I agar bisa meraih piala tetap,” ujarnya.

Tim LKTI Trisma lainnya meraih juara Harapan I didukung oleh Laksmi Adityarani (XI-MIA6), Putu Eka Mas Pratiwi (XI-MIA6) dan Ni Putu Rila Aristariana (XI-MIA2). Mereka memaparkan hasil penelitian “Efektifitas kombinasi lumeria alba dengan epodia suaviolens sebagai lotion anti nyamuk”. Dia menemukan lotion anti nyamuk ini bunga jeoun cendana dengan zodia”. Namun mereka puas berada di posisi keempat karena dari tiga tim Trisma yang dikirim, dua tim lolos final dan

meraih juara.Sementara itu di ajang bergengsi

tersebut tim mading Trisma “Jegeg Sekayang-kayang” meraih juara I. Tim Trisma diperkuat Shafila Primerianti (XI-MIA2), Ni Luh Ade Vitari Lokaninda (XI MIA2), I Putu Karang Adisurya (XI-IPA2), Ni Putu Indah Pradnyasari (XI-MIA1), dan Luh Putu Regita Amantadewi (XI-MIA1). Tim ini mengambil tema rekayasa kosmetik masyarakat. Hal ini didasari atas maraknya kosmetik palsu di masyarakat.

Sementara itu di lomba poster digital I Komang Indra Irmawan (XII-IPA3) meraih juara Harapan II. Posternya berjudul “Pilih kosmetikmu dengan bijak”. Poster ini memberi gambaran kosmetik modern dan masyarakat tradisional dengan memberi ilustrasi tampilan wanita di desa lebih anggun dan sederhana sedangkan wanita modern tampak keriput dan kusam.

Di ajang lain anak-anak Trisma menyapu bersih juara lomba baca puisi yang digelar Bali Post di Shankara Resto belum lama ini. Juara I diraih oleh IA Gita Phalasukma (XI-MIA2), juara II oleh Amanda Diah Aprianti (XII-IPA5) da juara III oleh I Wayan Sugiarta (XI-MIA5).

Di ajang Denpasar Film Festival 2014, anak Trisma meraih juara II. Prestasi ini dipersembahkan sutradara Aryatana (XII IPS), penata kamera, Krisna Adijaya, penulis naskah Ayu Ari Widiani (XI-IIS1), dan penata artistik Dwi Permana (XI-MIA3). Film berdurasi 15 menit mengetengahkan soal Radio Trisma

yang diberedel dengan judul “Masih ada asa Voice of Trisma”. Film ini juga masuk finalis di Festival Film Nasional di Dieng.

Di samping itu anak Trisma juga meraih juara III pentas jurnalistik di FE Unud. Mading Trisma meraih juara III didukung oleh Ni Made Fina Pradnyani Pratiwi (XI-MIA6) bersama Cok Istri Maha Pradnya Savita (XI-IIS2), I Made Dwi Permana (XI-MIA3), Ari Mei Wahyuni (XI-MIA1) dan Diah Budiantari (XI-MIA1).

Kepala SMAN 3 Denpasar, Drs. I Ketut Suyastra, M.Pd., didampingi Wakasek Humas Putu Gede

Subrata, S.Pd. berterimakasih karena anak-anaknya mampu mengharumkan nama sekolah lewat prestasi. Hingga setahun ini anak-anak Trisma sudah mengoleksi 187 piala dar i berbagai kejuaraan.

Keduanya mengatakan ini bukan prestasi terakhir, maju terus Trisma dan terus berprestasi. Budaya berprestasi ini pas dengan predikat Trisma sebagai pusat penelitian (research) di Bali. “Berpretasi terus anak-anaku Trisma,” ujar Suyastra. (sue)

PRESTASI- Siswa Trisma yang berprestasi bersama piala yang diraih di berbagai event.

Patut DibanggakanBaca Hal. 15

Pandangan Pertama

Semarak Pensi Sixsma

SMPN 2 AmlapuraJuara di Cina

Kenali Tanda Menstruasi

Cerpen Pilihan "Melepasmu"

Anggi, Irwan, Bunga

Temukan Liptin Natural

Di tengah marak beredarnya kosmetik

palsu, anak-anak SMAN 3 Denpasar (Trisma)

menemukan liptin natural. Prestasi ini menghantarkan

Trisma memboyong piala tetap Avicena Competition

yang diadakan Fak. Farmasi Unud.

Berbaga i p res tas i mem-banggakan memang se la lu ditampilkan siswa Skensa. Baru-baru ini, sekolah yang berada di Jl. Hos Cokroaminoto Denpasar ini berhasil mengantarkan siswanya meraih juara I lomba poster digital tingkat SMA/SMK se-Jatim, Bali Nusra. Di ajang Avicena Competition 2014 yang digelar Fak. Farmasi Unud tersebut, Skensa diwakili oleh Kadek Indah Susanti (XI RPL). Prestasi lainnya dipersembahkan Si Ngurah Agung Waya Diatmika, ia sukses meraih Juara III LKS Nasional, Auto CAD/CADD Building yang digelar di Palembang.

Yang membanggakan lagi, Skensa yang notabene sebagai sekolah teknik bahkan mampu mengatarkan siswanya tampil sebagai winner dalam debat Bahasa Inggris tingkat Provinsi mengalahkan sekolah-sekolah yang berbasis pariwisata.

Di non akademis, I Made Praptayana sukses memboyong

SMKN 1 Denpasar Bertabur PrestasiKEDISIPLINAN dan keseriusan SMKN 1 Denpasar

(Skensa) dalam mendidik dan mencetak teknisi handal memang tak perlu diragukan lagi. Sekolah dengan nama

beken Skensa ini bahkan tak pernah surut dengan prestasi. Baik bidang akademis maupun non akademis siswanya rutin

menyumbang prestasi mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, sampai tingkat internasional.

gelar juara di Kejurnas Atletik Yunior dan Remaja, katagori lompat jauh remaja putra yang digelar di stadion Atletik Lebak Bulus, Jakarta. Bahkan remaja kelas XII TL ini juga meraih Juara II di katagori lomba jangkit remaja putra. Berkat kesuksesannya ia pun mendapat reward dari sekolah, yakni bebas uang komite selama beberapa bulan. Prestasi lainnya juga dipersembahkan oleh Made Galuh Restu Satya Pratika (XI MM1) yang berhasil meraih juara I kontes western song di Thailand. Sementara di Porjar Kota Denpasar, SMKN 1 Denpasar meraih Juara Umum III dan mengalami kemajuan prestasi dari tahun sebelumnya.

Bahkan dalam waktu dekat ini tim Skensa akan berlaga di ajang bergengsi lomba LKS SMK tingkat Provinsi Bali. Sebelumnya di LKS tingkat Kota Denpasar, dari delapan mata lomba, Skensa berhasil menyapu bersih gelar juara dan berhak mewakili Kota

Denpasar untuk maju ke tingkat Provinsi. Bidang lomba tersebut meliputi Automobile Technology, Electrical Installation/Commercial Wiring, Graphic Design Technology, IT/Software Application, CADD Building (Auto CAD), Information Technologi/ Networkking Support, Web Design, dan Electronic Application. Kesuksesan tersebut yang akhirnya mengantarkan Skensa melaju ke tingkat Provinsi pada tanggal 15 – 19 September ini. Apalagi ada beberapa kategori lomba yang memang tidak ada saingannya, sehingga SMKN 1 Denpasar secara otomatis maju sebagai kontingen Kota Denpasar.

Lomba tersebut meliputi Welding, Production Machine, Bricklaying, Joinery, Plubing, Carpentery/Cabinet Making, Wall and Floor Tiling, serta CADD Mechanical Engineering.

Kepala SMKN 1 Denpasar, I Ketut Suparsa S.T, M.T., mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang telah dipersembahkan para siswanya, dan berharap agar ke depan guru dan siswa-siswa Skensa semakin berprestasi. Apalagi saat ini SMKN 1 Denpasar sudah menjadi sekolah rujukan. Jadi terkait kurikulum 2013, sekolah ini menjadi klaster yang dijadikan sebagai pusat belajarnya sekolah-sekolah yang

akan melaksanakan kurikulum 2013.

Lebih lanjut Ketut Suparsa mengatakan, dalam dekat ini memang ada banyak agenda yang harus digarap sekolah. Salah satunya persiapan HUT sekolah. “Terkait HUT sekolah, kita masih persiapan lounching APPO (Alat Pengolah Pupuk Organik) yang akan di-launching oleh Walikota Denpasar sebelum diserahkan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan. Kita juga akan melaksanakan Tekno Exspo. Jadi, hasil karya inovatif guru dan siswa akan dipamerkan,” ungkapnya. (rii)

WM/sue

WM/rii

15

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek, dll. Naskah diketik 2 spasi dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 PengetahuanSelasa, 16 September - 6 Oktober 2014

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komen-tarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tanggal 24 Oktober, ang-gota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liputan : Made Sueca. Anggota Redaksi : Pujawan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra Prayoga. Wartawan Se-

kolah : Ni Wayan Meida Yunita Sari (SMAN 6 Denpasar), Sonia Kharisma (SMAN 1 Tabanan), Ayu Desi Darmawati (SMPN 1 Kerambitan), Ni Wayan Diyanti (SMA Surya Wisata Kediri), Ni Luh Gede Widya Saraswati (SMPN 2 Tabanan), Dyah Ayu Raka Natih Gustini (SMK Pariwisata Triatmajaya), Eko Aditya Ramadianto (SMKN 3 Tabanan), Pradina Ariyati (SMKN 1 Tabanan), Ni Luh Ayu Arista Dewi (SMAN 4 Denpasar), Desak Nyoman Utami (SMA Dwijendra Denpasar), Pande Putu Dian Ayu Ardiani (SMK PGRI 1 Denpasar), Galuh Alfaranny P. (SMP PGRI 2 Denpasar), Intan Widya Pratiwi (SMAN 5 Denpasar), Ni Wayan Eka Wahyuni (SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar), Ni Kadek Laksmi Vira Santhi (SMPN 3 Denpasar), Made Nita Jayanti Tusandari (SMAN 6 Denpasar), Ni Made Sugiatini (SMK PGRI 3 Denpasar), A.A. Diah Satria Purnama (SMA Dwijendra Denpasar), Nyoman Manik Mas Genitri Putri (SMP Dwijendra Denpasar), Kadek Diah Sri Laksmi Dewi (SMAN 8 Denpasar), Ayu Giri Widiadnyani (SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafis : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pem-impin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

OOpini

TIPS di bawah ini bisa dilakukan untuk me-ningkatkan keamanan komputer Mac OS X kamu.Buat Akun Tambahan

Secara default akun yang digunakan oleh peng-guna Mac OS X dalam mengaksesnya adalah de-ngan hak Administrator. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya jika pada posisi tersebut komputer kamu terinfeksi oleh malware. Karena malware tersebut bisa melakukan serangan terhadap komputer hingga pada level Administrator. Untuk menghindarinya, disarankan kamu membuat akun tambahan yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan tipenya adalah non-admin. Kamu bisa menambahkan akun tersebut melalui menu

Cara Jitu Meningkatkan Keamanan Komputer“Sistem Preference” kemudian masuk ke menu “Ac-counts”.Gunakan Browser

Saat mengakses internet kamu bisa menggunakan browser yang mempunyai fitur sandbox atau sebuah mekanisme untuk menjalankan aplikasi dan ekstensi tertentu pada sebuah lingkungan tertutup. Misalnya bisa menggunakan Google Chrome seperti yang disa-rankan oleh perusahaan keamanan komputer Kasper-sky. Google Chrome dipilih karena mempunyai fitur sandbox yang bisa diaplikasikan pada ekstensi Flash Player yang kerap digunakan oleh para peretas untuk memasukkan program jahat.Hapus Flash Player

Flash Player merupakan “pintu masuk” favorit para peretas yang akan menyerang sebuah komputer ber-basis Mac OS X. Sehingga disarankan untuk mengha-pus instalasi Flash Player terutama versi lama, karena terdapat celah keamanan yang cukup berbahaya.Perbaiki Instalasi Java

Sama halnya dengan Flash Player, Java juga ber-potensi menjadi target dari para hacker. Menghapus Java adalah salah satu hal yang disarankan oleh Kaspersky. Gunakan update resmi Java dari Apple untuk mendapatkan file yang terpercaya.Segera Update

Saat tersedia “Software Update” segeralah jalankan update tersebut. Software yang lama tidak diupdate be-lakangan ini sering dijadikan alternatif untuk melakukan serangan pada komputer berbasis Mac OS X.

Komang Tri PramanaTriska

JIKA pada memori internal ba-nyak menyimpan cache, maka su-dah pasti semua handphone akan terasa lemot dalam hal kinerjanya. Dengan membersihkan cache yang tersimpan di memori internal, dapat mengembalikan kinerja yang optimal dari ponsel. Ada beberapa aplikasi untuk menghapus cache, salah satu yang dapat kamu coba yaitu aplikasi History Eraser. Cara menggunakan aplikasi tersebut cukup mudah, tinggal jalankan aplikasi History Eraser lalu pilih clean selected dan otomatis cache-cache yang tersimpan di internal memori akan terhapus.Perhatikan Aplikasi

Jangan banyak-banyak men-jalankan aplikasi sekaligus. Me-mang perangkat Android adalah perangkat yang mendukung fitur multitasking dan berfungsi untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, akan tetapi fitur terse-butlah yang menjadi penyebab uta-ma perangkat Android kamu akan

Mengatasi Handphone Android yang Mulai Lemot

terasa lebih lemot.Ruang Kosong

Sediakan ruang kosong yang lebih untuk memori internal. Sudah jelas jika internal memori dipenuhi dengan aplikasi, lagu, gambar,

maupun video akan membuat ki-nerja perangkat Android tidak op-timal. Ada baiknya kamu simpan file-file penting kamu pada ekster-nal memori.Live Wallpaper

Kemungkinan tidak banyak orang yang tahu jika live Wallpaper diaktifkan akan membuat kinerja perangkat Android menjadi lemot. Kalau perangkat Android kelas atas mungkin tidak terasa lagi, namun jika perangkat Androidmu termasuk kelas low-end secara otomatis akan merasakannya.Kosongkan Inbox

SMS yang terkirim maupun SMS yang masuk akan mempe-ngaruhi kinerja perangkat, karena semua SMS akan tersimpan di internal memori. Direkomendasi-

kan agar jangan membiarkan SMS menumpuk jika ingin perangkat berkinerja optimal dan tidak lemot.

Karina Y.S.Smapan

BBM sekarang ini menjadi a-plikasi yang sepertinya sudah wa-jib dimiliki pada pengguna Android. Aplikasi ini sangat banyak penggu-nanya karena memang ringan dan mampu terintegrasi dengan baik.

Sebelumnya, BBM hanya apli-kasi messenger yang dapat di-jalankan pada Gadget Blackberry saja, namun kini BBM dapat digu-nakan pada Smartphone berbasis iOS dan Android. Namun ternyata

Mengganti Tema BBM di AndroidBBM pada Blackberry dapat meng-ganti tema BBMnya dengan mudah. Pada Android juga dapat dilakukan perubahan tema, namun itu tidak semudah pada Blackberry. Karena memang aplikasi BBM pada An-droid hanya disediakan tampilan standar. Terkadang kita merasa bosan sehingga ingin mengganti tampilan tema BBM pada Android. Berikut adalah tips dan trik untuk merubah tema BBM pada Android.

Hapus terlebih dahulu a-plikasi BBM. Pastikan kamu mengingat Email dan pass-word akun BBMmu agar tidak perlu merubah pin serta kontak yang ada.

Download master BBM yang sudah dimodif, terdapat banyak aplikasi BBM Modif di google.

Setelah itu download aplika-si editor untuk mengganti tema BBM.

Kamu dapat melakukan modifikasi melalui PC atau Laptop. Pastikan PC kamu su-dah terdapat aplikasi Winrar.

Di dalam folder tersebut, kamu akan menemukan gam-bargambar dengan nama “Back_chat.png”, “back_main.png”, dan “back_clide”. 3 Gam-bar tersebut adalah file yang akan kamu ganti atau timpa dengan gambar yang sudah kamu siapkan, dan pastikan kamu sudah me-rename gam-bar yang kamu inginkan de-

ngan nama yang sama (back_chat.png, back_main.png, back_slide.png).

Jika sudah selesai, keluar dari folder tersebut hingga lokasi file Apk BBM Modif tadi. Pada aplikasi BBM tersebut tekan dan tahan lalu pilih menu ‘optimize&sign’. Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu akan tampil Apk.Bak (biarkan saja aplikasi tersebut). Install mas-ter aplikasi BBM Modif tersebut.

Apabila proses penginstallan sudah selesai, kamu hanya perlu login dengan username serta pass-word akunmu sebelumnya. Dan selesai, Background BBM akan se-suai dengan pilihanmu.

JamesSisma

DI BALI salah satu wujud pem-bangunan kepemudaan adalah melalui pelestarian wadah yang ada ditingkat Banjar yang terse-bar di seluruh desa di Bali, yang dikenal dengan Sekaa Teruna.

Istilah Sekaa Teruna sudah mencakup pengertian Teruna (Pe-muda), Teruni (Pemudi), karena pengertian Sekaa Teruna sudah mencakup anggota pria dan wani-ta. Untuk itulah Sekaa Teruna-Ter-uni diseragamkan, sehingga yang masih memakai istilah Sekaa Teruna-Teruni supaya mengguna-kan istilah sekaa teruna. Mungkin belum banyak yang mengeta-hui, hal ini ditegaskan dengan surat edaran Gubernur Kdh.Tk.I Bali, Nomor: 427/10083/Binsos Mental tanggal 28 Juni 1985.

Sesuai awig-awig baru pada tahun 2014 yang telah ditetap-kan oleh pemerintahan daerah Provinsi Bali, anak-anak yang su-dah berumur 13 tahun wajib dan berhak ikut dalam kegiatan sekaa truna di banjar masing-masing. Baik pria maupun wanita keikut-sertaan dalam kegiatan sekaa truna sangat mempengaruhi dan bermanfaat ketika nanti sudah terlibat langsung dengan banjar atau berumah tangga. Namun kini, seberapa pun banyak ang-gota sekaa teruna sering dising-kat ST cenderung sulit dijumpai anggota yang berusia dewasa, sebut saja senior. Lebih banyak kisaran usia 13-19 tahun. Ini me-mang baik, tapi diperlukan keberadaan sosok senior dalam sebuah organisasi untuk membina anak-anak yang lebih kecil.

Berbeda dengan 10 ta-hun lalu, pemuda-pemudi senior (20-30 tahun yang belum menikah) masih banyak yang antusias mengikuti kegiatan sekaa teruna. Terbukti pada hari raya besar umat hindu, Galungan dan Kuningan. Pada hari raya besar ini, biasanya keluarga besar ST mengadakan kegiatan warung mini di banjar se-bagai suatu tradisi. Dari sana bisa dirasakan antu-sias senior dan junior sekaa teruna setempat. Mulai dari memasak makanan yang akan dijual, mencicipnya,

Sekaa Teruna Wadah OrganisasiPemuda, Keberadaan Senior Menipis

Ni Komang Ayu WahyuniSMAN 6 Denpasar

hingga berjualan bersama-sama. Begitulah situasi hangat yang ter-cipta saat itu. Meski tradisi tersebut masih ada, sangat disayangkan ke-beradaan senior mulai menipis da-pat dihitung dengan jari.

Tak dipungkiri sang senior disi-bukkan akan aktivitas kerjanya. Banyak dari senior yang berko-mentar: “Kalau saya ke banjar, saya jadi yang paling tua.” Jawab-an seperti itu tidak salah, namun akan menjadi masalah bila satu dari senior ogah hadir, biasanya menular pada senior lain.

Yang patut ada di sini adalah kesadaran diri sendiri dan tang-gung jawab akan kewajiban seba-gai anggota sekaa teruna walau tak sepenuhnya bisa mengikuti se-gala kegiatan di sekaa teruna. Kini yang merebak adalah anak-anak, sebut saja junior. Kegiatan sekaa teruna meliputi gotong royong, be-lajar berorganisasi, sembahyang bersama purnama, acara kunjung-an, yang selanjutnya disesuaikan dengan kesepakatan masing-ma-sing kepengurusan ST.

Jika hal ini didiamkan, akan mentradisi. Tidak menutup ke-mungkinan akan muncul penda-pat: “Yang rajin ini-ini saja, yang malas sudah tidak pernah datang’’.Diperlukan penataan kehidupan pemuda, karena pemuda me-mainkan peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan yang didasari bahwa masa depan ada-lah kepunyaan generasi muda.

Nama : Eka Prema PutraPanggilan : PremaTTL : Bangli, 29 Juni 1999Alamat : Br. Blungbang.Sekolah : SMKN 1 Bangli.Jurusan : Teknik Komputer & Jaringan. Instagram : Premprema_Facebook : Prema PutraMotto : Jadilah diri sendiri.Komentar : Selalu tersenyum.

Nama : Pande Kadek Ega Sasdicka

Panggilan : Ega/PandeTTL : Bangli, 05 Mei 1999Sekolah : SMKN 3 Sukawati

(KOKAR Bali)Jurusan : KarawitanCita-cita : Guru TabuhPin BB : 7D835A54Twitter : @egha_sasdickhaFacebook : Ega SasdickaPesan : Salam buat teman-

teman dan guru-guru SMPN 2 Bangli.

VOCABULARYNo English Indonesia

1 Accomodation Pertolongan/batuan2 Accompaniment Iringan (bunyi-bunyian)3 Bandwagon Kereta musik4 Bandy Bengkok5 Canada Kanada6 Canadian Yang berhubungan dengan

Kanada7 Debauchery Pesta yang berlebih-lebihan8 Debenture Surat hutang9 Effectiveness Kemanjuran10 Effeminacy Kewanita-wanitaan11 Fare Ongkos/biaya perjalanan12 Farewell Ucapan selamat (jalan)13 Gateway Pintu gerbang14 Gather Lipatan/sulam15 Hanky-panky Tipu daya16 Haphazard Sembarangan17 Immaturity Ketidakmatangan18 Immeasurable Yang tak terbatas19 Journalist Wartawan20 Journalistic Mengenai kewartawanan21 Knifepoint Ujung pisau22 Knight Kesatria23 Latch Kancing24 Latchstring Tali kancing25 Malt Gandum26 Maltreat Menganiaya27 Neigh Meringkik28 Neighbor Tetangga29 Oddball Yang aneh30 Oddity Yang aneh31 Pacesetter Yang menentukan model32 Pachyderm Binatang yang berkulit tebal33 Quadrangle Segiempat34 Quadrangular Bersegiempat35 Rabbit Kelinci

Hai sobat Wiyata Manda-la …....

Namaku Grenetty Imelda, atau panggil saja Nety/Cenik (soalnya paling kecil di Kelas). Umurku 14 tahun. Aku tinggal di Kodam Prajarakcaka.Hobi : Berenang, shop-

ping, tidur & selfie :D

Sekolah : Di SMPN 11 Den-pasar. Jayaa!!!

Kalau mau kenal lebih dekat, bisa invite pin ku : A08B206

Makasih sudah baca, sa-lam kenal yaa sobat WM :D

Nama : Fajar Permana PutraAlamat : Jl. Tunjungsari Perum. Persadasari, Blok F no.49.Sekolah : SMK PGRI 4 DenpasarJurusan : Tata Boga Hobi : Renang & basketTwitter : @FajarPermanaPPin : 7d5c82cdCita-cita : Ingin membahagiakan keluarga.Motto : Hormatilah orang lain kalau Anda ingin dihormati.

Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

14 3Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014 Se asa, 6 Septe be 6 O

Bagi grup band sekolah yang mau nongol di WM, silahkan kirim naskah dan foto via email: [email protected]

Koin

Lita : Ayo tebak! Koin apa yang bisa marah?

Dinda : Koin punya orang yang kita ambil!

Lita : Salah!Meta : Koin yang kita

buang percuma! Koin kan punya perasaan, masa dibuang?

Lita : Salah!Lita & Meta : Terus jawabannya

apa?Lita : Haha, yang benar

itu, KOIN-jak kaki orang.

Lita & Meta : Hahahaha….

Christella ImanuelltaSMKN 2 Denpasar

Kucing

Saat bel istirahat ada dua saha-bat yang sedang bercakap-cakap.Solo : Wee broo, ngapain be-

ngong?Bisma : Bosan nih dari tadi bela-

jar saja.Solo : Aku punya tebak-teba-

kan nih, kalau kamu be-nar aku traktir soto deh.

Bisma : Aah, paling juga kamu BBD.

Solo : Enggak kok, ini serius. Jawab ya, kucing… ku-cing apa yang lawas?

Bisma : Nggak tahu!!! (sambil berpikir padahal tidak berpikir apa-apa)

Solo : Hahaha, jawabannya

KUCINGgalan zaman, hahahaha….

Bisma : Krik... kirik... kirik (sambil meninggalkan Solo).

LismantariSixsma

Nenek

Di tengah lapangan ada sepa-sang kekasih yang sedang duduk di bawah pohon rindang, dengan suara petir yang menggelegar.Sam : Cuacanya sangat bagus

ya? (suara petir yang menggelegar).

Solo : Iya cuacanya bagus Sam (sambil menatap Sam dengan kesal).

Sam : Maaf deh Sol, kamu marah ya?

Solo : Enggak kok.Sam : Daripada diem gini, men-

ding kamu jawab tebak-tebakanku aja ya?

Solo : Pertanyaannya apa?Sam : Neneknya siapa yang bisa

manjat pohon dengan ce-pat?

Solo : Mmmmmmmmm….Sam : Nyerah saja deh, jawa-

bannya NENEK MONYET. Hahahaaa.

Lismantari

Sixsma

Matahari

Suatu hari si Abdel dan si Te-mon sedang asik bermain tebak-tebakan di kantin depan sekolah.

Abdel : Mon, aku punya tebak-tebakan nih. Jawab ya!

Temon : Ok… Del.Abdel : Jawab ya, mengapa

bumi ini semakin pa-nas?

Temon : Gampang..., karena lapisan ozon sudah semakin menipis. Ya kan?

Abdel : Salah…, jawabannya karena matahari buka cabang di mana-mana, jadinya bumi ini se-makin panas, hahaha.

Temon : Ahh ada-ada saja kamu nih. Del Del....

Nengah SukadanaSMKN 4 Denpasar

Kopi

Sepasang kekasih sedang duduk di bawah pohon rindang.Udin : Adin, aku mau kasi kamu

tebak-tebakan nih (sambil tersenyum).

Adin : Emang apa tebak-tebak-annya akang? Kalau Adin bisa jawab dikasi apa?

Udin : Kalau bisa jawab akang janji deh bakal beliin kamu baju.

Adin : Ia deh.Udin : Kopi, kopi apa yang deg-

degan?Adin : Apa ya...??? (sambil ber-

pikir padahal tidak ber-pikir apa-apa).

Udin : Nyerah saja deh.Adin : Iya deh! Memang apa

jawabannya?Udin : KOPInang kau dengan

bismillah (sambil keta-wa).

Adin : Ah... akang (sambil ter-

sipu malu).

Kadek Widi PratiwiShooven

Suara Cewek

Di suatu siang, Juna tak se-ngaja melihat Oon yang tengah kebingungan. Sepertinya ada se-suatu yang mengganjal hatinya. Lalu Juna pun segera mengham-piri Oon untuk bertanya apa yang sebenarnya terjadi.Juna : On, kamu kok kelihatan

bingung gitu?Oon : Ini, masa tiap nelpon

kakekku yang ada di Klungkung pasti yang ngangkat teleponnya ce-wek.

Juna : Ehm, mungkin itu nenek-mu yang ngangkat kali.

Oon : Tapi, nenekku kan sudah meninggal. Masa kakek-ku nikah lagi sih.

Juna : Ya, mungkin saja itu bibimu.

Oon : Masa sih. Kakekku kan sudah lama tinggal sen-diri.

Juna : Lho, terus itu siapa dong? Nenekmu bukan, bibimu juga bukan. Memang itu cewek ngomong apa sih?

Oon : Nih, kamu dengerin saja sendiri.

Setelah beberapa saat Juna mendengarkan telepon tersebut, Juna pun berkata.Juna : Ya ampun. Ini sih opera-

tor yang ngomong. Masa aktif kartumu sudah ha-bis, harus diisi pulsa lagi.

Oon : Oh, gitu ya. Makasi ya kamu sudah kasih tahu. Pantesan tiap aku nelpon yang ngomong orang itu terus, heee.

Nengah SukadanaSMKN 4 Denpasar

TV

Ara : Aku punya tebak-tebakan nih! Kalau bisa jawab aku kasi uang deh.

Tara : Apa pertanyaannya?Ara : Begini, TV apa yang terke-

nal di Korea?Tara : Apaya? Ha TV Samsung!Ara : Salah!!!Tara : TV LG kan!Ara : Masih salah!!! Nyerah

nih?Tara : Apa dong jawabannya?Ara : Yah, masa nggak tahu. Ya

TVXQ-lah.Tara : Yah, batal deh dapat

uang.

Dimas (XI IIS 1) SMAN 7 Denpasar

Bumi

Arya : Ayo, aku mau kasi teka-teki lagi buat kamu!

Doni : Oke oke…. Ayo kasi tahu teka-tekimu apa!

Arya : Aku letaknya di bumi, bila tidak ada aku maka akan terdengar suara bum, sia-pakah aku?

Doni : Susah banget!Arya : Gampang, gampang.Doni : Apa jawabannya?Arya : Huruf “I”.

Christella ImanuelltaSMKN 2 Denpasar

Cap

Dodik : Raf, aku punya perta-nyaan!

Raffi : Apa pertanyaannya?Dodik : Cap, cap apa yang bisa

terbang ke mana-mana?Raffi : Nggak tahu. Aku nyerah

deh!Dodik : CAPung Raffi : Hahahaha!

I Md Wisnu Adi WiryawanSMPN 4 Denpasar (VII6)

Ipad

Suatu hari Udin ingin membeli Tablet.Udin : Berapa harga Ipad itu

mbak?SPG : 5 Juta.Udin : Kalau harga Ipad 2?SPG : 6 Juta.Udin : Kalau Galaxy Tab 1 yang

itu?SPG : 3 Juta.Udin : Mmmm… yang Galaxy

2?SPG : Kalau itu 4 Juta.Udin : Wah, mahal-mahal iya???

Ada Tablet yang murah nggak mbak?

SPG : Ada, Bodrex Rp 2.000,- Dapat 4 Tablet lagi, mau?

Udin : Hehehe (senyum nye-ngir).

Ni Luh Sekarini IXBSMP PGRI 3 Denpasar

Makan Waktu

Adi : Ida, kamu sudah ngerjain PR IPS?

Ida : Aku belum ngerjain, soal-nya kemarin aku ngerjain PR Pkn.

Adi : Kok lama sekali kamu nger-jain PR Pkn-nya?

Ida : Iya, soalnya banyak makan waktu.

Adi : Wow! Hebat kamu Ida.Ida : Apa hebatnya Adi?Adi : Hebatnya karena aku baru

tahu kalau ada orang yang bisa makan waktu.

Ida : Hah???

Ni Made Ajeng TrianaSMPN 1 Denpasar

Nasi Goreng

Di sebuah warung ada sese-orang yang bernama Udin ingin membeli Nasi Goreng.Udin : Bang beli nasi goreng-

nya.Penjual : Beli berapa?Udin : Bang Kalau Nasi Go-

reng sepiring berapa?Penjual : Aduh dek, saya nggak

pernah ngitung nasi-nya.

Udin : ???

Ni Nyoman Ayu SuwendriSMP PGRI 3 Denpasar

Delapan Dua Puluh

Seorang bapak-bapak pada hari Minggu siang menonton pertan-dingan sepak bola club favoritnya. Karena mengantuk, ia tidur dari siang hingga malam hari itu. Kee-sokan harinya sang istri menba-ngunkannya.Istri : Pak bangun, sekarang

sudah delapan dua pu-luh.

Bapak : (Tanpa sungkan lang-sung bangun dari tem-pat tidur dan melompat) Yes…yesss! Kenapa tidak bangunkan aku dari tadi. Delapan dua puluh regu yang mana?

Istri : ??? (Bingung).

Deny Sisma

ANTUSIAS pelajar Bali untuk lebih dekat dengan lagu-lagu ber-bahasa Bali rupanya tak perlu di-ragukan lagi. Pelajar putra dan putri dari berbagai SMP, SMA dan SMK negeri dan swasta se-Bali, tumpah ruah unjuk kemampuan pada lom-ba nyanyi lagu Bali mahakarya I Komang Darmayuda, S.Sn., M.Si. Lagu-lagu ciptaan musisi sekali-gus pencipta lagu asal Sukawati, Gianyar ini, sudah tidak asing lagi bagi pelajar di Bali. Termasuk pela-jar di Kota Denpasar, yang sering ambil bagian pada lomba nyanyi ajang kompetisi seni pelajar Pekan Seni Pelajar (PSR), yang diseleng-garakan tiap tahun. Mahakarya yang sudah digubah dalam bentuk DVD itu, berisi kumpulan lagu-lagu mahakarya I Komang Darmayuda, S.S.n. M.Si. Album dengan 13 lagu terbaik itu dinyanyikan anak-anak Sanggar Crescendo, Sukawati, Gianyar milik Komang Darmayuda sendiri. Menurut dosen ISI Den-pasar itu, ada keterpanggilan jiwa untuk menulis lagu anak-anak, yang mengusung tema seni, bu-daya maupun tradisi Bali yang diangkat dalam notasi maupun lirik lagu. Terlebih lagi saat ini ada keprihatinan, tak sedikit anak-anak yang menyanyikan lagu dengan tema cinta.

“Cukup banyak lagu anak-anak yang sudah saya ciptakan. Kebetulan ada desakan dari para orangtua anak-anak di Sanggar Crescendo untuk membuat album, bak gayung bersambut saya pun

BANYAK pelajar saat ini se-pertinya ogah-ogahnya ikut or-ganisasi pelajar, remaja maupun kepemudaan. Berbagai alasan pun dikemukakan. Salah satunya tak ingin belajarnya terganggu atau dengan kata lain ingin fokus belajar.

Dewa Gede Satya Ranasika Kusuma melihat waktu di luar kegiatan belajar itu bukannya un-tuk melakukan hal-hal yang ber-manfaat, melainkan untuk hal-hal yang merugikan diri sendiri mau-pun orang lain. Seperti main game berjam-jam sampai lupa waktu, nongkrong ramai-ramai maupun kegiatan lain yang tidak begitu manfaatnya.

TAK banyak pelajar yang mendapat kesempatan untuk bisa bertatap muka langsung dengan orang penting di republik ini. Ter-masuk bisa bertemu Presiden In-donesia terpilih periode lima tahun ke depan Ir. H. Joko Widodo alias Jokowi. Lain halnya dengan Sri Ayu Pradnya Larasari. Siswi kelas XII Jurusan IPS SMAN 3 Den-pasar itu, dapat melenggang mu-lus di hadapan Jokowi dan massa besarnya di Pulau Bali.

Lagi pula kehadiran Laras –begitu dia akrab disapa, berada di tengah-tengah massa besar Jokowi wilayah Bali cukup menyi-ta perhatian banyak orang. Laras hadir pada acara temu Temu Rela-wan di Hongkong Garden Restau-rant belum lama ini. Bagi Laras, tampil di depan orang banyak bu-kan untuk pertamakalinya. Prestasi beragam bidang seni yang dimiliki, mengharuskannya terbiasa tampil di depan orang banyak. Hanya saja, tampil dihadapan Presiden Jokowi, tentu saja untuk perta-makalinya. Bisa jadi banyak yang bertanya mengapa Laras, yang ter-catat masih berstatus pelajar bisa tampil pada acara yang beraroma politis itu. Usut punya usut, remaja kelahiran Gianyar, 16 Desember 1997 ini, mendapat kehormatan sebagai pembaca doa, pada acara besar tersebut. Bagi Laras, walau-pun sudah terbiasa membacakan doa pada acara-acara penting, be-gitu mendapat undangan sebagai

Ratusan Pelajar SemarakkanRatusan Pelajar Semarakkan Lomba Nyanyi Mahakarya Komang Darmayuda

menyetujuinya,” ujarnya terse-nyum.

Di album Bali Kumara ini, anak-anak Sanggar Crecendo yang terlibat diantaranya Nindia Kepakisan, membawakan lagu Taru Kelapane Suci. Lagu Dewi Saraswati dinyanyikan Nadhia Aryasa, juara menyanyi lagu solo tingkat nasional, Festival Lomba Seni Siswa Nasional 2013 lalu. Lagu Tangis Pertiwi, dinyanyikan Gek Ana Manuaba, Jagat Seni dinyanyikan Ayrin, yang tahun ini lolos mewakili Bali pada ajang FLS2N tingkat nasional di Kota Semarang dalam waktu dekat ini. Lagu Ngrastitiang Jagat Bali di-nyanyikan Bintang Aristia, Bali Kasub oleh Kanya Winda, Pewaris Jagat Bali dikumandangkan Gek Purnama, Mudalara disenandung-kan Sandya Dewi, Bali Asri Les-tari dinyanyikan Rina Anggraeni, Medokaran oleh Bagus Bala dan Bencana Ring Bali dinyanyikan Prabha. Satu-satunya lagu anak-anak dengan tema kocak ber-judul I Lutung Jahil diciptakan Luh Siartini, S.Sn, yang juga istri Ko-mang Darmayuda. Ada yang me-narik di balik album kompilasi itu, anak-anak yang terlibat langsung di dalamnya tidak hanya anak-anak yang berprestasi di bidang tarik suara, juga cukup banyak yang berprestasi di bidang aka-demis. Sebut saja Prabha yang menyanyikan lagu Bencana Ring Bali, tercatat sebagai pelajar juara olimpiade matematika di Singapu-

ra.“Sanggar kami terbuka untuk

siapa saja, yang ingin menggali, mengasah dan mengembangkan bakat seninya di jalur tarik suara,” kata bapak tiga anak ini.

Istimewanya lagu sederet mu-sisi maupun arranger yang terlibat menggarap album anak-anak ini di antaranya, Yong Sagita, musisi maupun penyanyi pop Bali legend-aris. Di samping Dewa Sujana dan Wiwit Setiawan.

Yong Sagita melihat kehadiran album kompilasi anak-anak Bali Kumara ini, memberi arti besar untuk lebih mendekatkan anak-anak Bali dengan lagu pop Bali. Di tengah anak-anak itu kehilangan lagu-lagu yang dapat dinyanyikan dan cocok dengan usianya. Ter-masuk mengajak anak-anak Bali memahami dan mensyukuri seni budaya yang dimiliki Bali.

“Begitu ada ajakan untuk menggarap album anak-anak Bali Kumara ini, saya langsung setuju, tanpa ada embel-embel di balik itu. Akhirnya lagu-lagu ini dapat dinyanyikan dengan baik anak-anak dan DVD-nya beredar tepat waktu,” kata pelantun lagi kocak Jaja Kakne ini.

Pendapat senada disampaikan Dewa Sujana. Keyboardis andal ini melihat sudah saatnya lagu-lagu anak-anak karya Komang Darmayuda dikenal dan dinyanyi-kan anak-anak Bali khususnya. Ak sekadar lagu untuk menghibur, namun kental dengan nuansa seni dan budaya adiluhung Bali.

Wiwit Setiawan pun sependa-pat dengan seniornya Yong Sagita maupun Dewa Sujana. Dirinya berharap ke depan lagu-lagu Ko-mang Darmayuda makin akrab dan makin dekat dengan anak-anak Bali.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menghargai seni dan budaya Bali. Termasuk yang di-tuangkan menjadi sebuah lagu,” kata Dewa dan Wiwit kompak.

Mewakili orangtua anak-anak yang terlibat di album Bali Kumara, Dr. I Made Netra, S.S., M.Hum berharap akan ada album Bali Ku-mara berikutnya, sebagai media untuk memberi ruang anak-anak untuk menyalurkan minat dan bakatnya di jalur tarik suara.

“Saya mengapresiasi dirilisnya album kompilasi anak-anak Bali Kumara ini, apalagi juga dike-mas dalam bentuk lomba,” imbuh Netra. (ast)

BALI KUMARA - Anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu mahakarya I Komang Darmayuda di album Bali Kumara. Album anak-anak yang ken-tal dengan seni dan budaya Bali.

Pentingnya BerorganisasiSatya

Satya –begitu siswa kelas X MIA 1 SMAN 4 Denpasar ini akrab di-sapa, sejak kecil sudah diingatkan orangtua maupun guru-gurunya, jika berorganisasi itu sangat pen-ting dan banyak manfaatnya. Masih segar dalam ingatan ABG kelahir-an Denpasar, 6 September 1999 ini, tokoh-tokoh besar di republik ini, lahir dari organisasi. Sebut saja nama Presiden RI pertama Ir. Su-karno, yang menjadi pendiri nege-ri ini besar dari organisasi kepe-mudaan. Demikian juga dengan tokoh-tokoh lainnya di Indonesia. Bahkan sampai saat ini pun jika diperhatikan perjalanan panjang tokoh itu, dapat dipastikan memiliki cikal bakal yang kuat dari organ-isasi. Gaya kepemimpinannya pun akan berbeda, mereka yang besar di organisasi dan tidak.

Sulung tiga bersaudara pasang-an Dewa Gede Kusuma Nusa Chandra-Made Muriantini ini, akhirnya langsung ikut organisasi sungguhan begitu mendapat ke-sempatan bergabung dengan Fo-rum Komunikasi OSIS SMP se-Ko-ta Denpasar. Berpegang sungguh-sungguh pada prinsip stay hungry stay foolish, makin menambah keyakinan Satya, jika organisasi itu sangat penting dan bermanfaat. Kalaupun manfaatnya itu tidak dira-sakan sekarang, namun sangat di-yakini akan dirasakan manfaatnya suatu saat nanti. (ast)

Doa Untuk JokowiLaras

pembaca doa pada acara itu, dia sempat kaget juga.

“Saya sempat bingung juga, ke-napa saya yang harus baca doa. Akhirnya saya tahu kesempatan itu datang, setelah ada yang mem-perhatikan cara saya baca doa di sejumlah acara,” ujarnya.

Laras rupanya punya prinsip yang patut dicontoh remaja lainnya. Jika diberi tanggung jawab, bung-su dua dua bersaudara pasangan Kadek Suartaya-Ni Made Sudiasih ini, berusaha keras untuk melaku-kannya dengan baik. Bahkan jika memungkinkan lebih baik dari yang diharapkan. (ast)

Siswa SMPN 2 Amlapura Juara di CinaSMPN 2 Amlapura sudah bu-

kan lagi termasuk sekolah rin-tisan internasional. Itu karena kebijakan pusat yang menghapus sekolah dengan katagori seperti itu. Meski begitu, siswa dari seko-lah itu masih tetap berprestasi tinggi. Bahkan, ada siswa meraih juara di tingkat internasional saat kontes di Cina.

Dengan ketekunan atau kete-latenan para guru membina siswa setempat, pada tiga bulan terakhir ini, sejumlah siswa meraih presta-si nasional dan internasional. Mi-chael Titus Prasetyo menyabet medali perak pada fi nal Asia Inter-nastional Mathematical Olyompi-ad (AIMO) di Cheng Du, Cina. Se-lain itu, Titus juga meraih medali perunggu pada fi nal International Mathematic Contest (IMC), di Si-ngapura, belum lama ini.

Siswa berprestasi nasional, I Gede Bayu Kusuma sebagai fi -nalis letter writing competation. Sementara siswa berprestasi di tingkat Pemprov Bali antara lain juara I siswa berprestasi Ni Putu

ARCA - Terlihat arca Dewi Saras-wati yang baru dibangun di SMPN 2 Amlapura. Arca ini dibangun dengan megah dan direncanakan dipelaspas pada Hari Saraswati, 4 Oktober depan.

Sri Indrani Remitha, juara I lomba cerdas cermat pendidikan agama Islam dengan tim Umi Nurhayati, Dian Pritasari, dan Elsa Adela Mar-sella. Sementara juara II lomba pidato Pendidikan Agama Islam tingkat provinsi Bali disabet Lalu Erlangga.

Rekannya, Feoni Audina Har-yantho sebagai the best ten (masuk 10 besar) olimpiade baha-sa Inggris tingkat Pemprov Bali.

Selain siswa, pada guru juga tak mau kalah menyumbangkan prestasi bagi sekolah di tengah kota Amlapura itu. Guru ber-prestasi sebagai juara I pembina pramuka Ni Wayan Parwati, S. Pd., M.Ag. Finalis guru berpresta-si lainnya tingkat Pemprov Bali, Ni Wayan Muntiari, S.Pd. Mat.

Kepala SMPN 2 Amlapura I Wayan Gede Suastika, S.Pd. baru-baru ini di sekolah itu menga-takan, pihaknya baru beberapa bulan bertugas memimpin sekolah itu. Pembenahan dilakukan. SMP itu sampai kini baru memiliki enam buah kamar mandi atau WC. Pa-

dahal dengan jumlah siswa yang banyak, sekolah di dalam kota Amlapura itu memerlukan 16 sampai 20 buah WC. Meski kerap terjadi antrian panjang siswa saat jam istirahat ke WC, mereka tetap berprestasi.

Wayan Gede Suastika menga-takan, pihaknya berupaya menata sekolah itu. Suastika yang mantan Kepala SMPN 4 Karangasem di desa Bugbug itu, melakukan pe-nataan areal sekolah, termasuk memugar sejumlah bangunan sekolah, serta pengadaan ba-ngunan kamar mandi, agar lebih representatif.

Suastika yang Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP di kabupaten ujung timur pulau Bali itu mengatakan, penataan sekolah dalam rangka sekolah itu bisa membuat nyaman bagi siswa untuk belajar dan guru mengajar. Meski kini setelah tidak lagi berstatus sekolah rintisan inter-nasional, karena kebijakan pusat--sehingga dana jauh berkurang, ditambah lagi tak boleh memungut SPP dari siswa/orangtua siswa. Anggaran penataan areal sekolah dengan memanfaatkan rancangan anggaran sekolah dan sumbangan sukarela komite. (bud)

itu mendapat undangan sebagai diharapkan. (ast)

ahal dengan jumlah siswa yang Suastika yang Ketua

4 13Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

KEBIASAAN buruk yang kita lakukan se-hari-hari dan tanpa kita sadari ternyata dapat menimbulkan dampak negatif terhadap ke-sehatan kita. Salah satunya terhadap organ alat pikir kita yaitu otak. Nah, kira-kira apa saja kebiasaan buruk yang dapat merusak otak kita? Tidak Sarapan

Jadi tidak sarapan pagi. Kadar gula akan rendah, akibatnya suplai nutrisi ke otak jadi berkurang.Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah sehingga kemampuan kerja otak akan menurun atau enggan berpikir.Merokok

Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit

SANGAT wajar jika wanita yang me-ngalami ketidaknyamanan pada perut ketika sedang datang bulan, seperti kembung atau kram. Namun beberapa wanita terkadang bisa mengalami periode menstruasi lebih berat diban-dingkan yang lain, bahkan sampai bisa mengganggu aktivitas di sekolah maupun kampus. Lalu, normalkah hal tersebut?

Periode menstruasi dika-takan tidak normal jika te-lah mengganggu kegiatan sehari-hari. Jika rasa sakit pada perut sangat parah, tubuh lemah, dan terjadi pen-darahan yang berlebihan hingga mengganggu keseharian, segera periksakan ke dokter.

Sebuah survei yang dilakukan oleh ahli Obstetri dan Ginekologi di Keck USC School of Medicine, Diana Ramos, Sekitar 93 persen wanita de-ngan periode menstruasi yang berat mengatakan bahwa dirinya kurang bersemangat dalam menjalani hari-hari ketika sedang datang bulan. Sedangkan sekitar 65 persen melaporkan bahwa dirinya merasa kurang percaya diri dan hanya ingin tinggal di tempat tidur sepanjang hari selama

STROBERI adalah buah merah yang cantik dan menggoda. Rasanya yang ma-nis dan sedikit masam membuatnya banyak digemari oleh para masyarakat. Beberapa khasiat stroberi antara lain:1. Khasiat stroberi tidak akan berubah,

meski sudah diolah menjadi jus, kue, ataupun selai. Riset membuk-tikan, roti bakar yang diole- s i selai stroberi men-gandung anti oksidan 50 persen leb-ih banyak d i b a n d i n g stroberi se-gar.

2. S t r o b e r i kaya vitamin C, dan ting-kat keasaman vitamin C-nya aman untuk lam-bung.

3. Mengkonsumsi satu cangkir stroberi setiap hari bisa menurunkan resiko ber-bagai jenis kanker. Diantaranya kanker leher rahim, payudara, dan tenggorokan.

4. Stroberi berkhasiat meningkatkan keku-atan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih. Manfaat itu bisa didapat jika kamu secara rutin mengonsumsi stroberi, pa-ling tidak satu sampai tiga cangkir.

PERAWATAN bibir sangatlah penting, terutama saat terjadi perubahan musim. Bibir pecah-pecah ditandai dengan bibir yang kering dan merekah. Walaupun sudah diolesi pelembab bibir secara rutin, bibir kering tetap sulit untuk diatasi. Nah, berikut ada tips untuk mengatasi bibir kering se-cara alami.Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa atau mentega pada bibir kamu yang kering. Ini merupa-kan pengobatan yang cepat untuk bibir ke-ring dan pecah-pecah. Asam lemak pada minyak kelapa mampu mengobati kulit dan melembabkan bibir kering. Minyak kelapa atau mentega ini juga membantu menghi-langkan bibir yang berwarna gelap.Irisan Buah Tomat

Pijatlah bibir dengan sepotong tomat yang baru dipotong. Sari buah tomat ini dapat menyembuhkan bibir yang kering secara alamiah. Dan tambahkan beberapa tetes air madu pada irisan tomat sebelum diaplikasikan pada bibir.Madu

Ambil lah satu tetes madu dengan ujung

TIDUR merupakan saat di mana tubuh dan pikiran kamu beristirahat dari segala aktivitas. Walaupun demikian, sebaiknya aturlah posisi tidur kamu agar tidak terjadi gangguan setelah bangun tidur. Sebaiknya tidur atau berbaring dalam posisi yang me-lemahkan otot dan ligament agar dapat meregangkan punggung bawah sehingga terhindar dari masalah punggung dan nyeri. Berikut posisi tidur yang dianjurkan untuk menjaga postur tubuh dan bangun dengan badan segar.Menghadap ke Atas

Posisi kepala saat tidur mempengaruhi posisi seluruh tubuh dan meningkatkan te-kanan pada tulang belakang serta otot pung-gung. Letakkan bantal di bawah kepala dan leher bukan di bahu. Lalu gunakan bantal yang cukup kuat untuk mendukung kepala dan sejajar dengan tulang belakang. Meng-gunakan bantal yang terlalu tebal atau lem-but bisa menyebabkan sakit leher dan pung-gung serta membuat postur tubuh yang bu-ruk. Tidur telentang dapat mempertahankan kontur normal tulang belakang. Buat lutut kamu lebih nyaman dengan cara menaruh bantal di kepala dan di bawah lutut. Tambah-kan juga gulungan handuk pada punggung bagian bawah jika perlu.Posisi Tidur Menyamping

Bagi kamu yang suka tidur menyamp-ing, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Bila perlu, tambahkan gulung-an handuk di bawah pinggang. Cara ini akan membantu meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan memperta-hankan kontur normal tulang. Tidur dengan punggung melengkung membentuk huruf C bisa meregangkan ligament tulang belakang dan melemahkan otot pinggang. Hal ini memperburuk postur tubuh saat duduk dan berdiri. Untuk itu, kurangi lengkungan de-ngan melengkungkan sedikit bagian bawah punggung ke dalam ketika tidur menyamping. Hal itu bisa mem-buat memperkuat kembali otot-otot punggung dan mencegah otot bahu membungkuk.

KEBIASAAN buruk yang kita lakukan se-hari-hari dan tanpa kita sadari ternyata dapat menimbulkan dampak negatif terhadap ke-

Kebiasaan Buruk yang Merusak OtakKebiasaan Buruk yang Merusak OtakAlzheimer/pikun.Mengkonsumsi Gula Berlebih

Konsumsi gula terlalu banyak akan me-nyebabkan terganggunya penyerapan pro-tein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidak-seimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.Polusi Udara

Otak adalah konsumen oksigen terbe-sar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai otak se-hingga menurunkan efi siensi otak.Kurang Tidur

Otak memerlukan tidur sebagai saat ber-istirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.Menutup Kepala Saat Tidur

Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondiok-

sida dan menurunkan konsentrasi zat oksi-gen yang dapat menimbulkan efek kerusa-kan pada otak.Menggunakan Pikiran saat Sakit

Bekerja terlalu keras atau memaksakan berpikir di saat sedang sakit dapat me-nyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak.Kurang Menstimulasi Pikiran

Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak, kurangnya stimulisasi pada otak dapat menyebabkan mengkerut-nya otak kita.

James KawilarangSisma (XII P4)

Kenali Tanda Menstruasi Tak Normaldatang bulan.

Seperti dilansir Self, waspadai tanda-tanda periode berat menstruasi dan

segera temui dokter jika kalian mengalami salah satu dari ke-

lima tanda berikut ini.1. Darah menstruasi terlalu banyak keluar hingga mem-buat kalian harus meng-ganti pembalut setiap dua jam berturut-turut.2. Kalian perlu mengguna-kan pembalut ganda agar

tidak tembus.3. Bangun tidur di malam

hari untuk mengganti pembalut yang telah penuh.

4. Terdapat gumpalan darah beku yang cukup besar di aliran darah

menstruasi.5. Harus tinggal di tempat tidur

karena terlalu lelah.Jika kamu mengalami

lima keadaan di atas sewak-tu menstruasi, ada baiknya

kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang

lebih tepat.

Amy PratamiSmagripa

a wanita eriodeban-kan u

n

en-hinggasegera

akukan ekologi di

ne, Diana anita de-ng berat

segerameng

lima1.bb

j2k

tid3.

hari yang te

4. Terdapyang cuk

menstru5. Har

karenJik

lima tu m

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering

PERAWATAN bibir sangatlah penting

jari dan perlahan pijat bibir kering kamu. Madu ini dapat melembutkan dan melembabkan bibir, dan mence-gah dari keretakan.Lemon

Ini merupakan salah satu pengo-batan rumah yang paling efektif untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Lemon mampu untuk member-sihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Lakukan hal ini dua kali sehari untuk memperoleh hasil terbaik.Irisan Mentimun

Mentimun sebagian besar terdiri dari air. Kelebihan mentimun ini men-jadikannya sebagai salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan bibir kering dan masalah kulit. Pijatlah bibir dengan irisan mentimun yang baru di-potong. Baiknya dua kali sehari, untuk mengobati bibir kering. Air dalam irisan

mentimun dan kadar vitamin C dari sayuran ini mampu melembabkan bibir kamu.Ekstrak Aloe Vera

Selain merawat kulit kering, ekstrak lidah buaya juga bisa dioleskan pada bibir kering dan pecah-pecah. Kandungan higroskopis dari ekstrak lidah buaya mampu membantu dalam melembabkan dan menjaga kulit agar tetap lembut.Hindari Lipstik

Lipstik bisa mengeringkan dan membuat bibir pecah-pecah. Jadi, bila bibir kamu ke-ring hindari lipstik dan gunakan seperlunya. Cobalah lip gloss alami (seperti dari minyak kelapa, madu, dan ekstrak lidah buaya). Ba-han kimia dalam lip balm, lip gloss, atau lip-stik diketahui bisa mengiritasi kulit.Minum Banyak Air

Dehidrasi adalah salah satu penyebab di balik bibir kering dan pecah-pecah. Cobalah minum banyak air untuk tetap terhidrasi dan menjaga kelembaban kulit.

Komang Tri PramanaTriska

Posisi TengkurapTidur telungkup adalah posisi tidur yang

paling buruk karena menekan jantung, paru-paru dan perut. Namun, bila karena sesuatu hal kamu harus tidur tengkurap, gunakan bantal di bawah perut dan pinggang. Hindari penggunaan bantal di kepala atau kecilkan ukurannya karena akan menekan leher kamu. Hal ini untuk menghindari kondisi tu-lang belakang menjadi tegang.Posisi Berubah-ubah

Tingkatkan kesehatan kontur tulang bela-kang kamu seoptimal mungkin dengan cara memperbaiki posisi bantal yang disesuaikan dengan posisi awal tidur setiap kali terjaga. Kamu cukup menggunakan satu bantal saja untuk menyangga kepala dan leher.Lekukan Tubuh

Dukungan untuk lekukan tubuh biasanya dipengaruhi kasur yang digunakan. Kasur yang terlalu lembek membuat tubuh melorot di tengah dan tidak memberikan dukungan yang cukup untuk mempertahankan po-sisi tubuh yang benar saat tidur. Sebaiknya gunakan kasur yang datar dan rata, yang mampu menyangga posisi tubuh dengan rata. Namun, jangan pula menggunakan kasur yang terlalu keras karena tidak men-dukung kelengkungan alami dari tubuh. Pilihlah kasur yang bisa membuat nyaman pada titik-titik tekanan normal, tetapi mem-berikan dukungan yang baik untuk tubuh.

Dhimita Indri AnggraeniSMK Negeri 2 Denpasar

Posisi Tidur Mempengaruhi Bentuk Tubuh

Buah Mungil Banyak Khasiat

h diolah menjadi jus,n selai. Riset membuk-akar yang diole- s i

men-nti

-n nya lam-

si satu eri setiap hari nkan resiko ber-kanker. Diantaranya

rahim payudara dan

5. Stroberi bisa dijadikan sebagai obat jera-wat alami. Hampir semua obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat yang banyak dikandung stroberi. Karena itu, penggunaan masker stroberi sangat bermanfaat. Caranya, halus-

kan stroberi, campur dengan sedikit yogurt. Oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

6. Untuk memutih-kan gigi, daripada menggunakan ba-han kimia sebagai pemutih lebih baik kamu mengunyah stroberi setiap hari. Selain gigi menjadi

putih, bau mulut pun akan hilang.7. K a n d u n g a n stroberi juga berman-

faat untuk haluskan ku-lit tubuh karena mampu

mengangkat sel-sel kulit mati. Cobalah berendam da-

lam potongan buah stroberi, cam-pur susu dan minyak zaitun. Gosok

ke seluruh badan kamu, lihat hasilnya. Jika rutin dilakukan kulit akan menjadi lebih halus, tidak kusam, dan tumit kaki tidak akan pecah-pecah.

Sagung Sari Maheswari SMAN 3 Denpasar

12 5 Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014 Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

Retorika Rakyat Jelata

Sudah habis kataSudah habis suaraSudah habis retorikaSudah habis tenaga

Telah buta mata najwa dari kebenaranTelah bisu mulut mereka dari kejujuranTelah tuli telinga mereka dari bisikan kebaikanTelah habis tenaga mereka karena keserakahan

Tak cukupkah bangku nyamanmuMenopang dirimu di atas kepala kamiHingga kini tinggi hatimuHingga kini rendah diri kami

Amanat terlepas dengan ringannyaLebih ringan dari kapas yang terhempas Janji terlupa dengan cepatnyaLebih cepat dari cahaya sepintas

Masih adakah harapanMeskipun tak sejernih lautan?Masih adakah masa depanMeskipun tak secerah rembulan?

Komang Tri PramanaTriska

Terhempas

Dapatkah jiwa menafsir mimpi???Terlunta menyusup memoriMembakar jiwa yang penuh isyaratMimpi hanya mainan malam berlalu pergiTatkala fajar menghulur realitiDiriku sandaran dikala dukaMengulur kata menghapus jejak

Dhimita Indri AnggraeniSMK Negeri 2 Denpasar

Di Tepian Danau

Danau biru ini disebut TobaDinginnya pagi tajam seperti melihat kepala kerbau

Danau tak pernah mati waktu, sebab mengalirMengingatkan kita kepada nyawa yang biruCerah seperti manusia yang berhati menjadi hulu indrawi

Danau ini hidup bersama air yang dicintai tanpa mencintaiLayaknya aku mencintai negeri ibukuDan, karena cinta bukanlah dengan air mata

Di kakiku tepian yang menyulutkan gelombang kecilTertusuk tulang hingga kepalaYang mendinginkan urat-urat pekerja tubuh

Di sini aku ingat, tak akan hidup Batak tanpa Danau TobaMeski danau tak mampu mencintai air sendiriPelayan, penelayan, pemancing, dan pendanau bergelantunganPada danau mencari nafkah sendiri demi harga diriSegumpalan marga keturunan sendiri, sebelum mati

Adi KrisnandaSMA Perintis Denpasar

Wanita Kesayangan Sajak kecilSenandung merdu hari mudaPeluk kasihDan kecupan manis Sang RatuNyanyikan lagu untuk bidadari kecilTanpa dosaDan Bunda, kini aku mulai berlariMecariDan jati diri bagi esokMasihkah nanti mengenangmu?Adakah kasihmu membekas memeluk fajar?Di balik aku masih berlari, tanpa menoleh

Di mana, kembaliTerulang, dan kini aku tuaDi mana lagi aku mengaduSaat sajak itu membekasJadi lirik, tanpa suaraDi mana lagi, aku bersamamu

Komang Dian Cipta LestariSMAN 3 Denpasar

Terpasung di Pulau Seribu DewaPakem budaya mengulas jiwa dewataTabuh gong seraya menggema di telingaPerempuan tua di balik senja mengulas liuk tubuhnyaMelahirkan berpuluh lakonDan sejarah budaya dewataBola matanya memainkan ekspresi jiwaTerbaca jelas hentak kakinyaMengiringi irama remaja-remajaYang mengitari pusar matanya

Sinar hiasi malam sang penariSetiap pakem telah dilawan oleh kekuasaanUdara penuh rasa curigaTegur sapa tanpa jaminanSamar-samar dia tertegun menyadariDia telah bersimpuh diantara gebu bara apiYang tak kalah dengan semburan magma kaldra gunung berapi

Terlontar sajak tanpa batas zaman purbaTerhampar empunya tersungkur di atas lukaDuduk di meja rektor tak memberi penjaminan sepanjang masaHanya merangkak berbaris korban jalan rayaHanya intaian keangkuhan kekerdilan jiwaNoda di dalam budaya antar remajaDuduk di dalam kekuasaan Dewa-dewaBerontak dengan memandang cakrawala

Tersisa bungsu keselarasan budayaRantai terakhir sejarah budaya dewataKenangan menjadi maskot yang menari di Sungai GanggaKini biarkan abunya menggenang Diantara sumbatan air muntahan dalam selokanDan badannya terpasung dalam politikPulau seribu dewa

I Gusti Ayu Purwa Devi W.SMP Saraswati 1 Denpasar

Bingkai Kehidupan

Masa demi masa berlalu sudahKe mana kaki jalan melangkahLiku-liku kehidupan mengukir sejarahKini saatnya berpotret diriBerbenah dari segala keburukanMeningkatkan semua kebaikanKini saatnya tuk membuka pintu hatiMemaafkan semua kehilafanMari kita sambut dengan gembiraDengan memperbanyak ibadahTuk menggapai tingkatan taqwaDerajat tertinggi di sisi khalikSemoga Tuhan selalu membimbing kitaDan nanti memasukkan kita dalam surga-Nya

Putu Ollga SaraswatiSMA Negeri 1 Denpasar

Sejak Kepergianmu

Detik demi detik waktu berlalauKian memudarkan ingatanku akan dirimuMenerpis kata yang kau ucap sore ituSaat terakhir kali kulihat dirimuKau genggam tanganku eratSeolah tak kau izinkan ku menangisTapi air mata ini tak bisa tertahanSaat kau katakana akan pergiSejak kepergianmu ku termenungMemandang hujan sore yang bersenandung

Ngh. SukadanaSMKN4 Denpasar

Di Tepian Musim

Hembusan nafasku memutih di dinginnya hariSesekali mata memandang jejak kakimu yang terhapus badai waktuMasihkan ada jalan tuk kembali berpulang padamu?Di sapuan masa lalu yang kujalani denganmuMengundang haru akan kesepianku kiniMampukah aku berdiri tanpamu?Penantianku sudah terlanjur terucapApakah dirimu berpikir akan pengingkaran janjikuHingga tak sekalipun suaramu kembali menuntunku?Di sinilah akuDi tepian musim yang mendinginkan memori dan rasakuTanpa lelah…

Dea ShintaSMP (SLUB)

Kamar TuaHawa hampa penuhi ruang iniHanya beberapa denting yang mengiangSepi tak bermimpiHanya sejenak terpecahKemudian kembali direnggut sunyi Ini kamar tak bernyawaKu raba dinding demi dindingIa membisu tak berceritaGelap dan dingin penuh derita Sejenak teringat kenangan lamaSaat keduanya menimang dan menyayangMembekas dalam dan rindu akan semua Kini yang ku lihat hanya ruang tuaPenuh debu, lelah dan susahNamun bekas kenangan kan abadiMeski tak lama lagi ia akan mati

SanjayaDhaprasma

Perasaan yang Tersakiti

Aku tidak tahu apa yang terjadiTapi sesuatu terasa berputar di kepalakuBerputar dan mengaduk-aduk perasaankuPerasaan yang membuatku mual

Aku tidak tahu mengapa semua jadi beginiBayangan masa lalu merayap di seluruh belahan otakkuMemaksaku terdiam, meluruh dalam waktuRinduku berterbangan bagaikan serpihan debuMenutupi luka hati yang membiru

Aku merasa kau sangat jauh, begitu jauhDan aku selalu merindukanmuAku merasa kau tidak pernah dekatBahkan saat kau duduk di sampingkuAndai kau bisa tahu perasaankuYang tersakiti olehmu

Nita SintaSMAN 1 Denpasar

Waktu

Ada yang bilang waktu adalah uangAda yang bilang waktu kan beri pengalamanAda yang bilang waktu jugalah yang akan menjawab semua tanya kitaWaktu sangatlah berhargaTapi mengapa banyak orang menyia-nyiakannya?Kita tidak pernah tahu kapan waktu datang dan kapan waktu pulangManfaatkanlah waktuUntuk menuntut ilmuAgar tercapai cita-citamuApa yang ada di hadapan kita Dan apa yang ada di belakang kitaAdalah hal-hal kecil, apabila dibandingkan dengan apa yang ada dalam diri kitaOptimis adalah awal dari sukses

Wahyuni ParamitaSixsma

PUNCAK HUT ke-25 tahuan (jubelium perak) SMAN 7 Denpasar, Senin (1/9) lalu benar-benar ber-langsung semarak. Puncak HUT dihadiri Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Kadis-dikpora, IGN Eddy Mulya, ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penandatangan di kanvas Sisma.

Saat itu ditampilkan tari kebe-saran SMAN 7 Denpasar “Tunjung Biru”. HUT perak SMAN 7 Den-pasar mengambil tema “Semakin berkilau meningkatkan prestasi menuju sekolah mandiri”. Malam harinya digelar pentas seni di Gong Perdamaian.

Di acara itu Ketua Komite SMAN 7 Denpasar, Dr. Ida Cokorda Peme-cutan IX, S.H., mengakui dulu SMAN 7 Denpasar seperti kandang ayam. Kini sekolah di Jl. Kam-boja ini sudah mengalami kemajuan yang pesat. Kemajuan ini berkat disiplin guru dan siswa, untuk itu dia mengingatkan agar lulusan SMAN 7 Denpasar tetap diberikan penguatan dalam bahasa asing.

Di acara yang juga dihadiri para mantan kasek, Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suya-saputra, M.Si., sengaja meng-adakan HUT di sekolah demi ke-

SEBAGAI Duta Kota Denpasar, SMAN 7 Denpasar yang dinilai tim Prov. Bali, Rabu (3/9) lalu tampil allout pada lomba Wawasan Wiyata Mandala (WWM) se-Bali. Semua aktivitas siswa ditampilkan dengan menonjolkan pendidikan karakter.

Tim penilai yang dipimpin Drs. I Wayan Suarna, M.Si., disambut Wali Kota Denpasar diwakili Kadis-dikpora Kota Denpasar, Ir. IGN Eddy Mulya, M.Si., dan Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suyasaputra, M.Si.

Wali Kota Denpasar dalam sambutan tertulisnya dibacakan IGN Eddy Mulya menjelaskan kini semua sekolah di Denpasar diberi penguatan dalam pendidikan ka-rakter dan berbasis lingkungan. Hal ini dilakuka guna menghindari tergerusnya sekolah sebagai benteng terdepan dari pengaruh negatif global seperti narkoba, tawuran dan games online. De-ngan demikian warga sekolah merasa nyaman berada di sekolah yang berdampak pada kualitas PBM. Melihat potensi tersebut, tegas dia, SMAN 7 Denpasar cocok dijadikan sekolah unggulan budaya dan olahraga.

Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suyasaputra, M.Si., mengungkapkan persiapan mengkuti lomba WWM ini sudah dilakukan sejak sekolah ini ditetap-kan sebagai sekolah adi wiyata. Persiapan lebih matang dilakukan menjelang HUT ke-25 (perak) be-lum lama ini.

Selain memiliki fasilitas yang

lengkap dan memenuhi delapan standar nasional SMAN 7 Den-pasar juga termasuk SKM PBKL PSB dengan focus life skill bidang pariwisata. Program SKM PBKL PSB yang dimulai sejak 2009 ini terintegrasi dengan semua mata pelajaran. Itu sebabnya SMAN 7 Denpasar memiliki show room karya siswa yang memanfaatkan barang bekas menjadi produk ber-nilai ekonomis. Bahkan rancangan bangun jembatan karya siswanya meraih juara II se-Bali.

Inilah yang membuat sekolah yang memiliki 85 guru dan 1.338 iswa ini dijadikan sekolah binaan Direktorat SMA Depdikbud berba-siskan TI.

SMAN 7 Denpasar juga diper-siapkan menjadi sekolah go in-ternasional. Untuk itu guru dan pegawai juga diberikan penguatan dalam bahasa asing dan studi banding ke sekolah favorit di Ja-karta dan luar negeri seperti di Si-ngapura dan Malaysia. Di samping itu menerapkan clean and green dan pendidikan karakter men-jadi ciri khas sekolah ini. Dimana PBM-nya maju 30 menit lebih awal guna menghindari kemacetan lalu lintas.

SMAN 7 Denpasar berdiri di atas lahan 1,6 hektar dengan berbagai fasilitasnya. Prestasi siswanya juga menonjol. Selain mencetak atlet karate juara dunia, juara menulis essay nasional, nilai akademis di rata-rata pemantapan UN berada di ranking I untuk IPA se-Bali dan peringkat empat se-Bali untuk IPS. (sue)

KADO jubelium perak SMAN 7 Denpasar makin banyak. Berbagai prestasi diukir siswa SMAN 7 Den-pasar untuk almamaternya. Tahun ini SMAN 7 Denpasar menjadi duta Kota Denpasar dalam lomba Wawasan Wiyata Mandala tingkat Prov. Bali.

Wali Kota Janji Yakin Semakin Berkilau

POTONG TUMPENG ▬ Kasek Ida Bagus Suyasaputra memotong tumpeng disaksikan Wali Kota saat puncak HUT ke-25 SMAN 7 Denpasar.

Jubelium Perak SMAN 7 Denpasar

Duta Denpasardi Lomba WWM se-Bali

LOMBA ▬ Kadisdikpora IGN Eddy Mulya bersama Kepala SMAN 7, IB Suyasaputra mendampingi tim penilai WWM se-Bali.

Duta Paskibraka hingga Raih Juara I dan III KIR

PRESTASI ▬ Kasek Ida Bagus Suyasaputra dan Sedana bersama siswa berprestasi.

bersamaan. SMAN 7 Denpasar tak boleh puas dengan prestasi selama ini namun terus berprestasi guna menjadi sekolah mandiri.

SMAN 7 Denpasar yang dulunya dari SGA dan SPGN Denpasar tersebut kini menjadi SKM PBKL berbasis TI. PBM di sekolah ini lebih awal setengah jam guna mengatasi kemacetan.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan SMAN 7 Denpasar yang dulu ber-basis olahraga kini sudah bertrans-formasi menjadi sekolah unggulan. Dia yakin SMAN 7 Denpasar makin berkilau, berkembang dengan potensi keunggulan seperti halnya sekolah lain yang berbasis ling-kungan, research dan seni budaya. Dengan demikian sekolah memiliki kekuatan sendiri dan calon siswa yang akan menentukan sekolah dan penguatan yang diinginkan.

Wali Kota menegaskan pen-didikan karakter yang ditekankan pada Kurikukum 2013, akan men-jadi kunci masa depan anak-anak. Di situ dia melihat karakter itu sebenarnya tak berdiri sendiri. Karakter datang dari pikiran dan yang dilakukan secara kontinyu. Di Hindu disebut dengan Tri Hita

Karana. Inilah, kata dia, roh dari Kurkulum 2013. Jangan sampai siswa pintar, namun tak beretika dan tak berdaya saing.

Dia mengajak warga SMAN 7 Denpasar untuk tak meniru pola pendidikan di Cina yang sukses menekankan mental dan keterampilan, namun sistemnya mengimitasi (menjiplak) sehingga tak kreatif. Pendidikan karakter harus diarahkan pada skill yang memadai, memotivasi rasa ingin tahu anak. Makanya Wali Kota mengatakan dalam pendidikan karakter mutlak diperlukan profe-sionalisme guru yang diikuti dengan SOP secara inklusif. Bahkan Wali Kota berjanji tak akan mundur un-tuk menigkatkan profesionalisme guru.

Ketua Panitia Wayan Sucipta menjelaskan serangkaian HUT perak diadakan berbagai lomba seni dan olahraga yang melibatkan warga sekolah dan siswa SMP se-Bali. Di samping itu digelar praktik ekonomi kreatif. Juga digelar aksi donor darah, tenis lapangan antar guru, naik sepeda, jinjing bakul dan pemilihan Teruna Bagus dan Teruni Jegeg. (sue)

Salah satunya adalah mela-hirkan paskibraka terbaik pu-tri 2014 di Bali atas nama Ni Kadek Puspadevi. Dia terpilih bersama tiga rekannya yang lain untuk mengikuti seleksi di ting-kat nasional. Di tingkat provinsi Devi yang kelas XI-MIA-8 masuk

pasukan delapan bertugas saat 17 Agustus kemarin. Devi juga meraih juara harapan III LKBB PPI Kota Denpasar.

Siswa Sisma juga meraih juara I dan III KIR di Fak. Sastra Unud. Ini menunjukkan prestasi akademik anak-anak Sisma Dempasar se-makin seimbang di akademis dan non akademis.

Juara I KIR diriah oleh Sang Ayu Made Sinta Satya (X-MIA-6) bersama Dedik Pratama Putra ( X-IIS-3). Juara III diraiah oleh Ni Made Dinda Aprilia (X-IIS-2) bersama Putu Fenny Diah Ayu Ningrum (X-IIS-2).

Di ajang bergengsi tersebut Sang Ayu Made Sinta Satya “BIO-PASAK” yang artinya Bioplastik anti semut dari ampas kopi: Ino-vasi pembungkus makanan ramah lingkungan. Sementara Dinda saat itu memaparkan “Mitos pohon tua sebagai upaya pelestarian ling-kungan menuju generasi cerdas

berperilaku”. Siswa binaan Drs. I Made Wirawan membuktikan mitos ini mampu mengerem orang menebang pohon.

Selain itu siswa SMAN 7 Den-pasar terpilih memperkuat Bali di Popwil untuk bola voli dan sepak takraw. Sementara alumninya suk-ses di Jerman atas nama IA Kha-risma, Wiwin dan Krisna Loka.

Di hari yang sama BRI beker-jasama dengan SMAN 7 Denpasar untuk mengkampanyekan gerakan nasional non tunai (GNNT). Hal ini dilakukan untuk mengurangai tran-saksi uang tunai. Siswa disiapkan kartu khusus untuk dikondisikan di kantin sekolah. Dengan demikian SMAN 7 Denpasar menjadi model pertama GNNT.

Prestasi ini dikatakan Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suyasaputra sebagai kado HUT perak yang sangat monumental. Prestasi ini juga mendukung visi sekolah unggul dalam akademis, peduli lingkungan, pelayanan pri-ma berwawasan meta kecerdasan. Mereka adalah anak yang cerdas

dalam intelektual, emosional, dan spiritual. Dengan demikian SMAN 7 makin berumur, makin kuat dan makin berkembang.

Terkait dengan ketiga itu warga SMAN 7 Denpasar menggelar persembahyangan bersama di parahyangan sekolah. Ia bangga anak-anak yang baru duduk di ke-las I sudah mampu menunjukkan prestasi akademis terbaik di Bali. “Inilah ciri khas anak-anak SMAN 7 Denpasar yang disebut berka-rakter,” ujarnya.

Serangkaian HUT ke- 25 SMAN 7 Denpasar Wakasek Kesiswaan, Nyoman Sedana S.Pd., M.Pd., dilakukan lomba dan kreativitas. Di antaranya lomba futsal, gigit koin, debat bahasa Inggris, lomba TI melibatkan siswa SMP se-Denpasar. Juga digelar aksi donor darah, tenis lapangan antar guru, naik sepeda jinjing bakul. Yang unik ada lomba memasak nasi goreng, menghias kue, merangkai bunga, lomba akustik dan pemi-lihan Teruna Bagus dan Teruni Jegeg. (sue)

6 11

TaurusPunya rencana? Ce-pat laksanakan, ja-ngan ditunda-tundalagi. Banyak cara untuk mencapai tujuan kamu.Yang semangat dan pandaimenarik perhatian. Bila per- lu cari hal-hal yang baru, tapi mengun-tungkan. Asmara : Makan hati dan bikin ruwet, tidak bisa konsentrasi. Sehing-ga tugas dan pekerjaan terbengkelai. Bagaimana kalau sementara ini tidak berpacaran. Studi : Kalau sudah me-nang, jangan lupa makan. Tidur jangan malam-malam.

PiscesPunya rencana? Bi-sa dilanjut. Yangsemangat, pandai berbergaul dan pan-dai membaca peluangyang menguntungkan.Luaskan hubungan dan menambah ilmu demi kemajuan dan peningkatan. Masih ada waktu yang mendatangkan untung. Asmara : Sedang terjadi perselisihan dan menyebabkan retaknya hubungan cinta kasih. Kamu harus bisa mengen-dalikan amarah. Studi : Jangan heran, kalau keberhasilan kamu ada yang tidak setuju.

AquariusPunya rencana? Silakan di-coba dan jangan ingin cepat-cepat berhasil. Semua itumemerlukan proses, jadi harus rajin, tekun dan sa-bar. Pelan-pelan pasti ada perubahannya. Bertanya-lah kepada yang sudah berpengalaman. Asmara : Sungguh tak disangka-sang-ka. Ada kejutan yang membuat kesan tersendiri. Dan inilah yang membuat tidak bisa tidur. Studi : Tunjukkan keah-lianmu, supaya orang-orang terkejut dan tidak meremehkan kamu.

VirgoPunya rencana? Boleh dimulai atau dirintis sekarang. Kalau belum punya rencana, ja-ngan malas dan janganmenyerah. Minggu-minggu ini harus bisamerubah nasib, men-cari dan menerima tawaran. Yang rajin dan sembahyang. As- mara : Perselisihan kecil, kalau kamu bisa mengatasi dengan senyuman. Bisa berbuah kemesraan dan eratnya hubungan cinta kasih. Studi : Karena baru mulai, ikuti apa yang diterangkan oleh guru.

AriesPunya rencana?Harus dimainkan secara diam-diam, ja-ngan ada orang lain yang tahu, termasuk keluargasendiri. Sebab kalau kamu ceritakan, akan mendapat kritik yang menyebabkan batal atau tidak bisa terlaksana. Asmara : Menyenangkan. Buatlah acara yang santai penuh kesan yang selalu dirindukan. Namun jangan melanggar norma kesusilaan. Studi : Memang ada yang iri hati. Tapi jangan direken.

CapricornPunya rencana? Sele-saikan dulu tugas yang masih me-numpuk. Supaya ti- dak mengganggu-pikiran dan kesehatankamu. Keuangan dihe-mat dan jangan ikut ngurus urusan orang lain. Keruwetan sendiri diatasi dulu. As-mara : Pengalaman yang sudah-sudah bisa dijadikan pelajaran untuk bermain atau jatuh cinta lagi. Istirahatlah seje-nak, untuk mengadakan evaluasi. Stu-di : Jangan sampai terforsir. Belajar ala kadarnya saja. Scorpio

Punya rencana? Silahkan ma-ju. Yang semangat dan mantap da-lam tujuan, sampai fi nish.Jangan berhentidi tengah jalan.Rintangan dan kesulitan bisa diatasi sambil jalan. Pandai-pandailah bergaul dan memanfa-atkan uang. Asmara :Mendapat gosip tidak se-dap. Tingkatkan kewaspadaan. Binalah saling percaya dengan doi. Jangan mudah kena pengaruh. Studi : Tetaplah pada cara kamu, jangan ikut-ikutan.

LibraPunya rencana? Janganmalu mengutarakan dan jangan menolak bantuan. Keberhasil-an kamu dari perto-longan atau bantu-an orang lain. Jangan keraskepala dan jangan gengsi. Sebab tak akan tercapai. Asmara : Me-nyala, berkobar-kobar. Kalau tidak bisa mengatur dan mengendalikan, bisa jatuh nama dan bermasalah gawat. Banyak yang mendekati kamu. Studi : Belajar kelompok atau ikut les. Biar menambah ketenaran.

SagitariusPunya rencana? Perludana yang tidak sedi-kit. Kamu tidak bo-leh boros. Ceritakankepada Ortu dan tun-jukkan rasa tanggungjawabmu. Jangan main coba-coba dan hanya mencari pujian. Hati-hati dalam pergaulan. Asmara : Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan jangan curiga yang bukan-bukan. Jangan egois dan jangan sok ngatur. Sekali-sekali ikuti apa maunya doi. Studi : Mementingkan belajar, hasilnya memuaskan.

Silahkan ma-at dan mantap da-

pai fi nish.

esulitanbil jalan. Pandai-ul dan memanfa-mara :tidak se-k d Bi l h

LeoPunya rencana? Laksa-nakan, jangan ragu-ragu dan tetap op- timis. Masih adakesempatan yang menguntungkandan bisa dimanfaat-kan untuk mengejar kari-er dan kemajuan-kemajuan. Luaskan ke lain daerah, adakan hubungan kerja sama. Asmara : Pucuk dicinta, ulam tiba. Kalau kamu mau mengutarakan isi hati, tak akan bertepuk sebelah tangan. Jangan takut menghadapi risikonya. Studi : Banyak yang mendukung. Tingkatkan belajar kamu.

CancerPunya rencana? Ja-ngan diserahkanorang lain dan ja-ngan mengandal-kan bantuan orang lain. Pokoknya saat- saat seperti ini, kamu jangan percaya janjimaupun kepada sanak famili. Cukupi dan urus keperluan sendiri, tapi tidak sombong. Asmara : Menghabiskan uang. Dan pemborosan yang akan menjerumuskan kamu. Oleh sebab itu berpikirlah dewasa. Jangan seperti anak kecil. Studi : Kalau kamu tidak disiplin dan tegas. Bisa ketinggalan.

Ja-n

--g aat- kamu

janji

GeminiPunya rencana? Harus dilihat kembali, mungkin ada yang berat? Jangan ditangani sendiri. Buatlah jadwal yang tidak sampaimakan tenaga, pikiran dan dananya. Semua masih bisa diatur dan diselesaikan. Asmara : Kalau ada keru-wetan, mintalah nasihat. Atau tanyakan langsung kepada doi. Di sinilah kamu bisa mengetahui, cinta perlu pengor-banan. Studi : Malu bertanya, sesat di jalan. Jangan gengsi-gengsian.

Bi-

an-uanggkan.

d b h il

ele-

- -atandihe-

Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014 Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

CaPungora

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

“Cinta bukan hanya keinginan untuk memiliki, tapi keikhlasan untuk melepas”.

Aku membuang nafas panjang sambil membaca sebuah kalimat dalam novel yang sedang aku baca ini. Aku termenung di meja bela-jarku. Di luar sana, malam sudah larut dan hujan terus turun memba-sahi bumi. Seakan ikut merasakan hatiku yang saat ini terluka karena mulai teringat kenangan bahagiaku bersama dengannya.

Air mata mulai mengalir memba-sahi pipiku. “Kenapa hubungan kita menjadi seperti ini? Hanya saling terdiam. Bahkan kau mulai menjauh dan semakin menjauh. Salahkah aku jika menyimpan perasaanku padamu?” Gumamku sambil terus memutar memori bahagiaku de-ngannya dalam ingatanku. Aku tak pernah menyangka bahwa persa-habatan yang mulanya berjalan baik, bisa berakhir seperti ini karena keegoisan perasaanku.

* * *Bel pulang sekolah berbunyi

dengan nyaring, membuat seisi kelasku gaduh dengan teriakan dan gumaman bahagia. Aku berge-gas merapikan semua bukuku di atas meja, menuruni anak tangga sekolah menuju kelas XII IPA-1 untuk menemui Ratih, sahabatku. Aku dan Ratih memang setiap hari datang dan pulang sekolah bersama.

Saat itulah aku melihatnya, sosok teman yang sangat aku rindukan. Dia duduk di depan kelas-nya dengan memakai earphone di telinganya. Tatapan kami bertemu, jantungku serasa berhenti berde-tak, hatiku merasakan perih karena

luka itu kembali muncul.“Ayo kita pulang,” ujar Ratih

yang ternyata sudah berada di ha-dapanku. Aku kembali tersadar dan menoleh pada Ratih, jantungku juga sudah berdetak dengan normal. Aku melihat Ratih ikut memalingkan wajahnya dan menatap Dimas, ob-jek yang sudah membuat jantungku mengalami gempa. “Kamu masih menyukainya? Sadarlah Vi, dia itu tak pernah perduli padamu lagi. Sampai kapan kamu akan terus diam dan tak mengatakan apapun padanya?,” ujar Ratih dengan satu tarikan nafas.

“Kamu tak mengerti. Tak mudah mengatakan perasaanku padanya. Aku sudah berusaha mengajaknya berbicara, tapi ia tak pernah meng-gubrisnya. Dia tak pernah mau membalas SMS maupun mengang-kat telepon dariku. Lalu aku harus bagaimana lagi?,” ujarku dengan tatapan sendu. Aku kembali ber-paling untuk menatapnya. Tapi dia beranjak dari tempat duduknya dan berjalan menuju tempat seorang perempuan yang baru saja keluar dari kelasnya.

Kurasakan mataku mulai panas. Kurasakan hatiku seperti ditusuk ribuan jarum. Aku melihatnya ter-seyum pada perempuan itu. Aku tahu siapa dia. Dia adalah teman sekelas Dimas, namanya Rasty. Rasty dan Dimas adalah man-tan kekasih. Aku tak pernah tahu bagaimana jelasnya mereka bisa menjalin hubungan dan berakhir begitu cepat. Tapi apapun itu, kurasa Dimas masih menyukai Rasty. Aku bisa merasakan dari tatapan dan senyum Dimas pada Rasty. Senyum dan tatapan yang

tak pernah ia berikan padaku sejak kami menjauh.

Sejak kejadian itu, aku dan Dimas mulai menjaga jarak. Tak pernah ada lagi senyuman tulus darinya untukku. Apalagi semenjak ia bertemu dengan Rasty. Aku tak per-nah menyalahkan siapa-siapa atas apa yang terjadi dalam hubunganku dengan Dimas. Hubungan? Aku rasa hanya teman biasa, tak bisa dikatakan sebagai hubungan.

Aku merasakan lenganku di-tarik oleh Ratih. “Viora, berhenti menatap mereka dengan tatapan sendu seperti itu! Kuatkan hatimu. Ayo kita pulang saja!,” ujar Ratih sambil terus menarikku menjauhi tempat itu.

* * *“Jika cinta hanya keegoisan un-

tuk memiliki, maka itu tidak dapat dikatakan sebagai cinta.”

Pandanganku masih tertuju pada sosok Dimas yang sedang mengobrol dengan Rasty di depan kelasnya. Wajah Dimas mendongak ke atas dan menatapku lekat. Aku juga membalas tatapannya padaku. Tak kulihat tatapan hangat dan

ceria yang ia pancarkan padaku. Aku memalingkan wajahku, tak sanggup untuk menatapnya lagi. “Sudah 2 tahun kita selalu saja seperti ini. Saling menatap tanpa saling menyapa. Kau tahu aku muak dengan semua ini. Jika aku memang salah, harusnya kau bi-cara padaku dan bukannya hanya diam seperti patung. Kau membuat hatiku tersiksa,” gumamku kesal. Harusnya dia sadar!

* * *Terimakasih tuk luka yang kau

beriKu tak percaya kau telah beginiDulu kau menjadi malaikat di hatiSampai hati kau telah beginiBerkali-kali kau katakan sendiriKini ku telah benci, cintaku telah pergi…

Lantunan lagu Geisha-Pergi Saja menggema di dalam kamarku. Aku duduk di jendela kamarku sam-bil memandang langit penuh bin-tang. Entah sampai kapan semua ini berlalu. Sejak kejadian Dimas mengetahui aku menyukainya, se-mua berubah suram. Dia tak mau berbicara padaku, bahkan untuk

menoleh saja jarang.Padahal aku belum menjelaskan

apapun padanya tentang kejadian itu. Tapi dia keburu menjauh tanpa pernah perduli padaku. Apalagi se-jak dia menjalin hubungan dengan Rasty, hatiku hancur. Dunia bagai runtuh di atasku.

“Kamu begitu jahat padaku. Ini tak adil Dimas. Kenapa? Kenapa Rasty boleh mendapatkan posisi di hatimu sedangkan aku tidak? Bahkan kamu sama sekali tak memberikanku kesempatan, pintu hatimu sudah kamu tutup buatku. Memangnya aku salah apa? Jika perasaanku salah padamu, ka-takanlah padaku. Jangan hanya berdiam diri seperti itu. Kau mau sampai kapan begini? Sampai dunia kiamat? Kamu memang ja-hat,” gumamku sambil menunduk dan mulai meneteskan air mata.

* * *Di lorong sekolah, kami berpa-

pasan. Saking tak tahannya aku dengan sikapnya, aku menghen-tikan langkahnya. “Apa?,” tanyanya dingin.

“Aku akan menjelaskan se-muanya. Temui aku di Taman Kota nanti sore,” ujarku lantang.

“Tak perlu seperti itu. Aku tak perlu penjelasan apapun darimu. Aku tak menyukaimu, lepaskan aku dan jauhi aku,” ujar Dimas yang langsung pergi begitu saja. Aku hanya diam terpaku di tempat.

Ingatanku kembali pada kejadian itu. Tak kusangka Dimas akan me-ngatakan hal itu padaku. Setelah kejadian itu, aku tak pernah lagi berbicara dengannya. Dia sudah bersama dengan orang yang ia sukai sekarang. Aku tak bisa terus-menerus mengganggu hidupnya. Aku harus melepaskannya. Ya… melepaskannya adalah cara terbaik saat ini. Walau aku tahu, aku takkan pernah bisa.

eh dimulai g. Kalau na, ja-an-sa-

ns-

n di-pat-tudi a-a a-erpeneeeeeee galaman

Perluedi-

anun-ungmain nya ati-

e-

antuk kamu.pandaiBila per- b t i

m, ja-ain yang eluargaalau kamu

s n

h aidan

aksa-u-

at-ejar kari-k j L k

anganan ak il--

an kerasgengsi.

Anindyanari Auliani DewiJournalist Team Sixsma

10Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

7Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

No. TTWM 49

Kirim Jawaban TTWM ke :Email : [email protected] dengan wesel pos ke redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama Rp 100 ribu untuk dua orang pemenang.

TTWM No. 49

Jawaban TTWM No. 48

Pemenang TTWM No. 48

L a y a r

1

11

2

8

3

12

14

9

16

4 5 6 7

10

13

15

21

25

26

23

22

18

20

17

24

19

Mendatar:1. Tidak mendapat laba; 4. alat rumah tangga dari ijuk/lidi; 8. secara menyeluruh; 10. kantung (Inggris); 11. rongga tempat gigi dan lidah; 13. laki-laki lajang; 14. jamur pada kulit; 15. naik (Inggris); 16. organ tubuh; 19. peduli/mengindahkan; 20. makanan lembek dari beras; 22. pundak; 23. tempat tidur (Inggris); 24. maksud/keinginan; 25. tumbuhan menjalar; 26. pasukan/prajurit.

Menurun:1. Membenturkan (Inggris); 2. bahan pemanis; 3. kebal terhadap suatu penyakit; 5. harapan; 6. pasak; 7. kata yang dilisankan; 9. dalam keadaan sempurna; 12. perayaan menurut adat istiadat; 13. meluncur ke bawah karena gravitasi bumi; 17. masa seratus tahun; 18. wanita yang telah melahirkan; 21. mainan kubus; 22. nama huruf ke-2 abjad Yunani; 23. bagian isi buku.

Mendatar 1. Rambut6. Dapur8. Liat10. Pad11. Tiup12. Olah

14. In16. Rain17. Agak20. Cacat22. Lalu23. Lele24. Pop

Menurun 1. Rantai2. Malu3. Uda4. Tato5. Dupa7. Rahasia

9. Ipar13. Landak15. Naga17. Ala18. All19. Kue21. Tip

1. Mira Pebriana Sari SMPN 10 Denpasar

2. Putu Ayu Krisnawati SMA Negeri 5 Denpasar

BANYAK camilan cokelat yang beredar di pasaran, memiliki kandungan tambahan seperti gula, susu, bahkan lemak. Hal ini disampaikan ahli nutrisi dari Divisi Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM, Dr. Luciana B Sutanto, MS, SpGK, seperti dikutip Antaranews.com. Camilan berbahan dasar cokelat yang banyak dijual di pasaran, memiliki kandungan gula dan lemak yang cukup tinggi dibandingkan dengan cokelat itu sendiri.

LINGKARAN hitam di mata dapat merusak penampilan. Penyebabnya bisa karena kurang tidur, insomnia karena stres, lupa minum karena sibuk bekerja, serta berada di ruangan ber AC terlalu lama. Kepenatan setelah lama menatap monitor dan bekerja juga membuat otot dan kulit di sekitar mata ikut tegang. Akibatnya, aliran darah dan kelenjar limpatik di area tersebut tidak lancar sehingga cairan di area mata mengumpul, membuat mata jadi sembap dan muncullah bayangan hitam di bawah mata. Namun jangan khawatir, ada tips yang bisa kamu lakukan.

Mengoles krim mata secara rutin memang dianjurkan untuk

Lingkaran Hitam di Mata

Pilih Cokelat yang Menyehatkan

mendapatkan kulit mata yang indah. Tapi di saat darurat, kamu perlu produk yang efisien dan cepat memberikan hasil. Sebelum tidur kenakan masker atau serum instan yang mengandung vitamin A, E, dan bio peptide yang merangsang tumbuhnya kolagen alami. Kulit tak hanya kenyal, tapi juga bebas kerutan halus.

obesitas dan penyakit diabetes. Untuk itu, pilihlah cokelat murni yang baik untuk kesehatan. Di mana rasa cokelat aslinya pahit, dan di pasaran biasanya berbentuk bubuk.

I.A Sintya DeviyantiSMAN 7 Denpasar

BANYAK orang sampai sekarang membayangkan orang kidal itu kelainan. Namun apakah benar demikian? Secara umum kidal itu bukanlah kelainan, faktor-faktor yang membuat orang kidal biasanya disebabkan oleh bawaan lahir dan kebiasaan. Bawaan dari lahir disebabkan otak kanan lebih

Apakah Orang Kidal Itu Kelainan?

dominan daripada otak kiri. Dan kebiasaan disebabkan oleh kebiasaan orang tua.

Selain itu, hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang kidal dikatakan sebagai orang yang jenius dan memiliki IQ yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan beberapa tokoh-tokoh terkenal di dunia yang ternyata orang kidal. Namun populasi orang kidal di dunia hanya berkisar 5%-10% saja.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kidal itu bukanlah kelainan, melainkan anugrah Tuhan yang harus kita syukuri. Bagi orang-orang yang masih percaya

bahwa orang kidal itu kelainan harap segera melupakan anggapan itu, karena hal tersebut tidak benar.

Dimas Artakusuma

(XI IPS 1) SMAN 7 Denpasar

Oleh sebab itu, kita seharusnya bisa lebih pintar dalam menakar asupan gula dengan kebutuhan kalori untuk tubuh. Karena gula atau kalori yang berlebihan dan tidak kita keluarkan akan berubah menjadi lemak di dalam tubuh. Lemak yang tertimbun itulah yang akan memicu

Selain masker, juga tersedia bentuk kompres berstiker (patch) dan serum bentuk stik yang bekerja melawan dehidrasi, meningkatkan kolagen, melancarkan sistem limpatik, dan membersihkan kulit dari polusi.

Begitu bangun pagi, sebelum mandi kompres bagian bawah mata dengan dua buah sendok yang sudah didinginkan di kulkas terlebih dahulu. Diamkan beberapa menit. Usai mandi, sebelum merias wajah oleskan serum mata sesuai jenis kulit. Lydya

SMAN 7 Denpasar

menekankan sekolah bisa berprestasi karena diproses dengan baik, bukan semata-mata melihat hasilnya. Dia mengajak sivitas akdemika SMAN 6 Denpasar mulat sarira guna menciptakan pendidikan untuk daya saing.

Artinya, SMAN 6 Denpasar mampu melakukan budaya kreatif, budaya inovatif, budaya ilmiah dan budaya kompetitif. Apabila semua budaya itu dilakukan maka pendidikan untuk daya saing bisa dicapai secara maksimal. SMAN 6 Denpasar diharapkan menjadi SMA plus yang mampu menghasilkan alumni andal sesuai lingkungannya di Sanur. Untuk itu diperlukan reorientasi pendidikan sesuai dengan tema melakukan introsfeksi diri berbasis pada karakter untuk

HUT ke-28 SMAN 6 Denpasar

“Mulat Sarira” Untuk Pendidikan Berdaya Saing

PUNCAK HUT ke-28 SMAN 6 Denpasar diperingati secara semarak, Sabtu malam (6/9) lalu di Gedung ISI. Puncak HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue HUT oleh Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., disaksikan Kadisdikpora Kota Denpasar, Ir. IGN Eddy Mulya, S.E., M.Si. dan Ketua Komite SMAN 6 Denpasar, Made Wirata dan Ketua DW, Nyonya Eddy Mulya.

Puncak HUT diisi dengan pentas seni dengan spirit “Mulat Sarira” untuk peningkatan karakter dan kualitas diri. Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., mengungkapkan spirit ini dipakai untuk membangun diri siswa, dan guru untuk membentuk karakter sesuai dengan predikat SMAN 6 Denpasar sebagai sekolah berbasis lingkungan.

Nyoman Mudhita mengungkapkan Kurikulum 2013 yang mengedepankan sikap dan karakter harus diawali dengan koreksi diri untuk membangun SDM yang cerdas intelektual, emosional dan spiritual.

Selama sebulan ini SMAN 6 Denpasar mengapreasiasi penampilan segala jenis kreativitas siswa lewat pembinaan ekstra. Hal ini juga didukung oleh prestasi siswanya yang mampu mempersembahkan 47 piala dan prestasi.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya

meningkatkan kualitas diri sesuai tuntutan Kurikulum 2013.

Awal dari itu semua adalah adanya manajemen perubahan, mulat sarira (introsfeksi diri) yang pada akhirnya terciptanya kapabilitas lembaga dan mutu lulusan yang diakui masyarakat.

Kadisdikpora juga mengakui SMAN 6 Denpasar banyak memberi kontribusi pembangunan pendidikan berkualitas di Denpasar yang menjadi terbaik dalam daya saing di tingkat nasional. Atas prestasi ini Wali Kota akan berbicara pada summit internasional soal pendidikan daya saing Kota Denpasar.

Ketua Panitia HUT Prita Maharani menambahkan serangkaian HUT digelar berbagai lomba ekstern yang melibatkan siswa SMP se-Denpasar, Badung dan Gianyar. Di antaranya lomba melukis, pidato bahasa Inggris, dharmawecana dan darma gita serta pengolahan bahan limbah menjadi barang seni.

Agenda HUT juga diisi dengan kegiatan akademis berupa workshop Kurikukum 2013 bagi guru-guru, lomba Olimpiade Sains (Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika). Sedangan lomba intern meliputi lomba futsal, donor darah, catur dan pelatihan pramuka, fun walk dan clean beach, pameran kuliner dan aksi sosial di panti asuhan. (sue)

TUMPENG- Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., menyerahkan tumpeng kepada Kadisdikpora IGN Eddy Mulya saat puncak HUT ke-28 SMAN 6 Denpasar.

pendidikan karakter tiap jenjang pendidikan melibatkan para kasek TK, PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.

Kedua, pendidikan karakter adalah tang-gung jawab bersama tripartide yakni pen-didikan formal, informal dan non formal. Pendidikan karakter bisa diitegrasikan guru di PBM dan luar PBM atau lewat model per-contohan.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawi-jaya Mantra memberi apresiasi positif ter-hadap lahirnya grand desain nilai-nilai pen-didikan karakter. Tumpuan pendidikan ada di tangan guru, apalagi menuju revolusi men-tal.

Wali Kota setuju membenahi mental masing-masing guru. Wali Kota pun menyu-ruh guru mau memilih menciptakan siswa menuju kesejahteraan lahir bathin atau

AKSI Denpasar Miliki Grand DesainImplementasi Pendidikan Karakter

KERJASAMA- Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra menyaksi-kan penandatanganan naskah kerjasama pendidikan karakter.

ASOSIASI Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Denpasar kini memiliki grand desain implementasi pen-didikan karakter di Kota Denpasar. Rumusan itu disemi-narkan belum lama ini lansung dihadiri Wali Kota Den-pasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

Seminar ini atas prakarsa AKSI, Kadisdikpora, dan Kwarcab Denpasar mengambil tema “Implementasi pen-didikan karakter kita wujudkan generasi muda Kota Den-pasar menuju revolusi mental”.

Komitmen untuk mengimplementasikan pendidikan karakter ditandai dengan penandatangan kerjasama. Pendidikan formal diwakili Kadisdikpora IGN Eddy Mu-lya, wakil informal oleh Ketua PGRI Denpasar Nyoman Winata dan Kakwarcab Gusti Lanang Jelantik dan wakil non formal oleh Ketua MMDP, Made Karim, dan Kepala BKPP, Laksmi Damayanti disaksikan Wali Kota, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Ketua AKSI Kota Denpasar, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., mengungkapkan seminar implementasi pendidik-an karakter diawali dengan fokus grup diskusi, 19 Agus-tus lalu yang mampu menyusun grand desain 18 nilai

menghasilkan siswa melahirkan pertumbuhan ekonomi dan perusahaan sukses. Jika memilih yang terakhir, siswa jadi objek pertumbuhan ekonomi, namun tingkat kenyamannya tak ada. UNESCO kini sudah mengarah pada kenyaman yang dimulai dari pendidikan. Khusus-nya dimulai dari PAUD dan SD.

Wali Kota juga heran Finlandia nomor one pendidi-kannya di dunia karena dia menganut kenyamanan le-wat pendidikan pendidikan karakter. Jangan siswa dia-jarkan meniru gaya Cina, melainkan lebih banyak ilmu terapnnya, melatih kerjasama dan berkreativitas. Na-mun diakui Wali Kota harus berlanjut dan diawasi karena pendidikan tak selesai di sekolah, juga di keluarga dan lingkungan. “Tinggal mengaplikasikan ke keluarga dan lingkungan,” ujarnya.

Kurikulum berbasis kearifan lokal menunjukan bukti bahwa siswa diajarkan berkohesi sosial dengan masyarakat. Hal ini juga diterapkan di Finlandia. Kunci-nya, kata Wali Kota, adalah grand desain pendidikan karakter ini di-SOP-kan di tingkat sekolah dan guru-guru harus melaksanakan secara profesional. (sue)

Ini bermula dari keinginan Miguel yang diperankan oleh Mi-chael Pena, ingin memperbaiki nasibnya di negeri seberang. Ia meninggalkan istrinya yang tengah hamil Paulina (Eva Longoria) untuk mencari pekerjaan di kota ‘Fron-tera’ itu.

Sayangnya Miguel bukan so-sok pekerja kantoran yang memi-liki kualifikasi resmi dan mengan-dalkan surat-surat legal sebagai senjatanya. Miguel adalah pekerja ilegal yang menggunakan segala keterbatasannya untuk menerobos daerah perbatasan. Kenekatan itu tak selamanya berjalan mulus meski dalam perjalanan ia bertemu dengan Olivia (Amy Madigan), istri seorang mantan sheriff, dan me-nawarinya selimut dan air minum.

Namun kemudian Olivia ditemukan tewas tertembak saat berkuda di ladangnya sendiri. Roy, sang suami, menuntut balas dan menyelidiki kasus penembakan itu bersama sheriff setempat. Mereka menemukan Miguel yang tanpa identitas dan telah bertemu dengan Olivia sebelum dia tertembak.

Penahanan dan penyelidikan atas Miguel ternyata didengar oleh Paulina. Ia pun berusaha menyusul suaminya ke ‘Frontera’. Perjalanan-nya bukan meringankan beban Miguel malah berujung dengan

FronteraSutradara : Michael BerryBintang : Eva Longoria, Michael Pena, Ed Harris, Amy Madigan, Julio Cedillo, Aden Young.Distributor : Magnolia Pictures

Cerita dari Perbatasan

HAMPIR bisa dikatakan se-mua manusia menginginkan hidup layak. Mereka memperjuangkan itu dengan berbagai cara namun kerja keras dan semangat pantang menyerah adalah tema utamanya. Hanya yang cepat beradaptasi dan dilingkupi keberuntungan sajalah yang akhirnya meraup sukses.

Migrasi adalah salah satu op-sinya apakah itu pindah ke tempat lain baik kota atau negara, mem-buka areal untuk memulai hidup baru atau mungkin berganti profe-si. Semua menuntut pengorbanan fisik, waktu dan tenaga. Pendek kata hidup itu benar-benar per-juangan merujuk pada niatan memperbaiki kualitasnya. Dan bila menyebutnya sebagai perjuangan maka hal yang lazim ditemui bagi mereka adalah pengalaman baik yang buruk atau menyenangkan.

pertemuan dengan kelompok krimi-nal yang akhirnya menyanderanya. Dalam kondisi hamil dan tak bisa

Cerita semacam ini bisa terlihat pada film ‘Frontera’ arahan sutra-dara Michael Berry. Film ini menjadi debut Berry di layar lebar setelah menjadi aktor dan sutradara serta penulis naskah drama.

Berry ingin mengungkap per-istiwa-peristiwa yang cenderung tidak menyenangkan di perbatasan antara AS dan Meksiko. Di satu sisi negeri yang terjerat kemiskinan, kriminalitas dan ketimpangan so-sial yang tinggi. Di sisi lain, terda-pat negeri penuh impian yang bisa mewujudkan harapan orang untuk hidup layak.

Berry mengambil kota ‘Fron-tera’ sebagai latar belakang film ini. Selain itu daerah kering yang luas di wilayah negara bagian, Arizona tersebut, menjadi perbatasan kedua negara. Disinilah konflik kepenting-an itu terjadi.

berbaha Inggris, film ini menuju ketegangan antara usaha mencari kebenaran yang dilakukan Miguel dan Roy serta lambannya kerja Sheriff Randall Hunt (Aden Young) serta ancaman kematian Paulina. Namun tak selamanya kehidupan yang keras di Frontera itu diputus-kan dengan letusan senjata.

Film berdurasi 103 menit itu, sekali lagi mengingatkan pada usaha manusia dalam bertahan hidup. Meski mereka terkadang mengabaikan aturan dan mengan-dalkan fisik dan kenekatan semata, namun kemampuan otak mau tak mau tetap diperhitung. Dengan demikian sang nasib akan bekerja melalui keberuntungan-keberun-tungan yang diberikan kepada yang mempercayainya. (yud)

8Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

9Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

WM/ist

BANYAK cara bisa dilakukan agar kita tampil karismatik.

Jaga kontak mata, tersenyum, mengangguk. Beri respons non-verbal. Mendengar berarti kamu memperhatikan lebih banyak apa yang disampaikan oleh lawan bi-caramu. Tidak perlu memberikan nasihat jika tidak diminta, karena ketika kamu memberikan nasihat maka pembicaraan akan lebih banyak berfokus pada dirimu. Dengan demikian, berarti kamu telah gagal untuk bisa memahami orang lain.

Selain itu, untuk menjadi orang yang berkarisma, kamu harus ber-sedia untuk mendengar semua orang tanpa pilih-pilih. Orang yang berkarisma tidak akan mengabai-kan orang lain hanya karena sta-tus sosialnya yang lebih rendah, ataupun alasan-alasan lainnya. Mereka akan mengaggap setiap orang setara dan juga penting, sehingga mau mendengarkan de-ngan tulus.Membicarakan Orang Lain

Jangan membicarakan kega-galan orang lain di belakang mereka, bahkan menertawakan-nya. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia senang mendengarkan gosip dan kabar menarik lainnya. Tetapi ketika kamu menertawakan kegagalan orang lain, maka orang pun akan berpikir bahwa bisa jadi suatu saat mereka lah yang men-tertawakanmu. Orang yang sukses biasanya justru membicarakan kegagalan mereka kepada orang lain. Mereka bersikap sederhana, mengakui kesalahan, dan ber-

Menjadi Karismatik

sedia membaginya dengan orang lain. Dengan demikian, orang-orang pun akan tertawa bersama kamu, dan bukannya mener-tawakanmu.Fokus Satu Hal

Jangan sedikit-sedikit meme-riksa layar tele-pon genggam ataupun moni-tor komputer. Jangan fokus pada hal lain-nya ketika kamu sedang berbi-cara dengan orang lain. Pu-tuskan hubungan dengan benda-benda yang dapat merusak k o n s e n t r a s i m u , jika kamu ingin hubungan kamu dengan orang lain berjalan dengan lancar.Tidak Sok Penting

Jangan bersikap bahwa suatu pekerjaan dapat ber-hasil hanya karena kontribusi kamu di sana. Orang-orang tidak suka jika kamu mem-banggakan sesuatu secara berlebihan, apalagi jika kata-katamu itu mengecilkan peran orang lain yang turut mem-bantu kamu. Jika kamu melakukan hal ini, maka kamu

telah ga-gal men-

jadi orang yang berka-

risma di mata orang lain.

Memberi dari-pada Menerima

Orang-orang yang berkarisma tidak per-nah berpikir tentang apa yang bisa me-reka dapatkan ke-tika melakukan se-suatu. Sebaliknya,

mereka justru fokus pada apa yang bisa mereka berikan kepada orang lain, karena me-reka sadar bahwa memberi adalah salah satu cara

untuk mewujud-kan ikatan dan m e m p e r e r a t ikatan dengan orang lain.

JamesSisma

JATUH cinta merupakan sebuah rasa yang tak pernah diduga-duga kedatangannya. Keinginan untuk jatuh cinta tak bisa diatur-atur, karena hal itu timbul begitu saja mengikuti pilihan hati seseorang.

Seperti pepatah lama yang mengatakan dari mata turun ke hati, seperti itu pula perasaan cinta yang sering dialami oleh pasangan muda-mudi yang akan menjalin hubungan asmara. Pandangan pertama dianggap sebagai pengaruh paling kuat untuk memulai sebuah perkenalan yang nantinya diharapkan bisa berlanjut ke tahap pacaran. Menurut berita

Luluhkan Hati Wanita saat Pandangan Pertama

yang dilansir Health24, ada beberapa poin penting yang perlu diketahui untuk menaklukkan calon pasanganmu saat bertemu untuk kali pertama.

Pilih busana yang tepat untuk •dikenakan. Jika seorang teman ingin mengajakmu berkenalan dengan seorang wanita can-tik, kamu bisa gunakan t-shirt yang bisa dipadukan dengan jeans. Hal ini dilakukan agar penampilanmu terlihat lebih santai dan rapi. Tetapi jika per-temuan yang berlangsung se-cara tak terduga, maka kamu tak perlu malu mengenakan

busana yang melekat saat itu. Tunjukkan rasa percaya dirimu dan mulailah mengajaknya berbincang-bincang.Selingi pembicaraan dengan le-•lucon lucu. Pastinya si dia akan merasa bosan jika kamu hanya membicarakan hal yang serius saja. Karena itu selingi dengan lelucon-lelucon lucu yang bisa membuat suasana hatinya lebih gembira. Saat kamu bisa membuatnya tertawa, tentu suasana yang terbangun akan terasa lebih hidup.Pasang kedua telinga untuk •mendengarkan ceritanya. Saat pertama bertemu merupakan kesempatan emas untukmu mengenalnya lebih dekat. Ka-rena itu pasanglah kedua te-lingamu untuk mendengarkan ceritanya. Tetaplah menatap kedua bola matanya hingga dia merasa bahwa kamu benar-benar memperhatikan dan me-nyukainya.Sebut namanya berkali-kali. •Tentunya si dia akan merasa tersanjung saat kamu menye-but namanya berkali-kali dalam pembicaraan kalian. Dengan menyebut namanya berkali-kali, secara otomatis dapat mempengaruhi penilaiannya terhadapmu. Jadikan momen pertemuan pertama ini menjadi berkesan dan tidak terlewatkan begitu saja. Dephy Prasminda

Smanela

REMAJA masa kini sudah banyak yang terpengaruh ha-hal kurang baik dalam kehidupannya. Di mana lingkungan yang kurang baik pastinya menghasilkan sikap remaja yang tidak baik untuk masa depan mereka sen-diri. Mengapa hal tersebut terjadi? Karena banyaknya waktu kosong yang dimiliki setiap remaja masa kini, hanya dihabiskan dengan kegiatan yang kurang

Memanfaatkan Waktu Luang

bermanfaat dan tidak memiliki tujuan. Hal tersebut harus diantisipasi agar tidak membuat para remaja terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik. Berikut cara cerdik memanfaatkan waktu luang.Pengalaman Baru

Mendapatkan waktu kosong di saat tidak ada tugas dari sekolah itu merupakan hal yang sangat berharga untuk setiap remaja masa kini. Mereka biasanya menantikan waktu ini untuk melakukan aktivitas yang mereka inginkan. Banyak yang ingin berjalan-jalan, atau hanya sekedar kumpul makan dan lainnya. Namun, tahukah kamu jika waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan baru yang dapat dijadikan pengalaman. Misalnya ketika ada yang tidak biasa baksos, maka lakukan hal tersebut di waktu kosong kamu.Berkarya

Memang golongan remaja biasanya kebanyakan malas dalam mengerjakan hal-hal lain selain tidur. Seharusnya mereka menyadari jika hal tersebut dapat menghambat pencampaian impian dirinya sendiri. Remaja masa kini seharusnya dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan berkarya. Berkarya dapat diaplikasikan seperti menulis cerpen, puisi, artikel ataupun hal lainnya.Atur Waktu dengan Baik

Sebagai remaja seharusnya kita bisa mengatur waktu dengan baik dan benar. Kamu dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. Jika tidak ada kegiatan positif tersebut, kamu dapat merenung. Kegiatan merenung dapat dilakukan ketika kamu sedang sendiri. Bertanya ke diri sendiri apa ada yang salah. Atau kamu bisa rileks merasa bebas dengan kesendirian.

Komang Tri PramanaTriska

AROMA kayu cendana dapat mengurangi kecemasan dan kete-gangan berlebih. Keharumannya dapat digunakan sebagai sarana meditasi untuk mengurangi stres. Minyak yang diekstrak dari kayu cendana sering dijadikan sebagai aromaterapi dan mampu memberi ketenangan dan kedamaian pikiran.

PepermintTambahkan beberapa tetes minyak pepermint pada permukaan

handuk hangat (handuk yang telah direndam di air panas) dan tem-pelkan di dahi dan leher kamu. Kemudian tarik napas dalam-dalam dan kamu akan merasakan sensasi segar untuk meredakan sakit kepala dan depresi.

ChamomileTanaman ini tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan wilayah Asia

yang memiliki 4 musim. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 15 sam-pai 60 cm. Sama seperti marjoram, tanaman herbal ini juga populer digunakan untuk meredakan stres, terutama serangan panik. Cara-nya, teteskan minyak ektrak chamomile ke telapak tangan kamu, dan hiruplah secara perlahan kemudian hembuskan melalui mulut. Kom-binasi latihan pernapasan dan aroma chamomile akan menenangkan kamu dari serangan panik yang menekan.

LavenderSejak 2.500 tahun lalu, bunga lavender berwarna ungu sudah di-

manfaatkan untuk berbagai macam keperluan, seperti parfum dan anti nyamuk. Kamu bisa mencampurkan minyak lavender atau bunga lavender yang sudah dikeringkan ke dalam bak mandi untuk mandi berendam atau mengoleskannya ke kulit sebelum mandi. Bila hanya ingin mengambil wanginya, nyalakan lilin aromaterapi dengan wangi lavender dalam ruangan kamu.

I.A Sintya DeviyantiSMAN 7 Denpasar

Aromaterapi Redakan Stres

Menjadi Karismatik

BERTEMPAT di Gedung Natya Man-dala ISI (Institut Seni Indonesia) Denpasar, Sabtu (6/9) pentas seni (pensi) dan an-niversary Sixsma sukses digelar. Sejak pukul 4 sore seluruh warga Sixsma mulai meramaikan gedung yang lumayan luas ini. Bertemakan “Mulat Sarira”, menuju peningkatan karakter dan kualitas diri adalah hasil kesepakatan kepanitiaan dari guru, OSIS, dan siswa. “Spektakuler, da-pat buat pensi segede ini dan dapat di luar sekolah,” aku Prita, ketua panitia pentas seni dan anniversary 28 tahun Sixsma sembari tertawa kecil.

Seluruh karya dan atraksi yang diper-sembahkan pure dari tangan anak-anak Sixsma, beserta alumni yang tampil de-ngan memukau. Mulai dari tari tradisonal, pencak silat hingga modern. Alunan musik keroncong dari band alumni bernama Etnic Dewata membawa suasana menjadi lebih semarak.

Bukan hanya Etnic Dewata yang me-narik perhatian, Teater Kirana pun menjadi sosok yang ditunggu siswa. “Tema teater untuk pensi kali ini adalah persahabatan, konflik dan cinta kita tampilkan sebuah cerita yang simpel tapi menyentuh,” ujar I Dewa Gede Dwika Dananjaya, ketua eks-kul teater di Sixsma.

Dio sapaan akrabnya mengaku melaku-kan persiapan yang intensif selama kurang lebih dua minggu, mulai dari mempersiap-

kan tema, naskah, properti, dan lainnya. “Ada Kirana aja udah perfect banget, apalagi ditambah dengan bintang tamu yang lain-nya,” celetuk salah seorang anggota teater Kirana. Dio juga menambahkan dengan di-meriahkan oleh seniman internal lebih baik dari pada seniman luar. Baginya dengan seniman luar akan menimbulkan keributan. “Tampilkan yang terbaik,” sambung Dio sebelum tampil.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua ekskul tari di Sixsma, Ika Winjalista. “Karena ini pensi terakhir untuk angkatanku, sebisa mungkin menampilkan tari kebesar-an SMAN 6 Denpasar (Tari Nur Kumuda) de-ngan maksimal,” terangnya.

I Made Mudana salah seorang guru yang sangat terlibat dalam rangkaian acara ini juga berkomentar salah satu alasan kenapa puncak acara dilaksanakan di ISI adalah karena keterikatan kita dengan ISI terutama tari Nur Kumuda yang digarap oleh bapak Carita, sang pencipta tari sekaligus profesor dari kampus ISI dengan bangga melihat tari ciptaannya sendiri ditampilkan.

Tak kalah penting persiapan dari panitia terutama OSIS sangat berpengaruh. “Pensi tahun ini direncanakan mulai dari 3 bulan yang lalu, tetapi baru dieksekusi sejak sebu-lan lalu, dari tanggal 14 Agustus sampai hari H,” ungkap Ari salah satu panitia acara. Nampaknya perjuangan dari seluruh warga Sixsma mulai dari begadang mempersiap-

kan lomba-lomba baik eksternal mapun internal yang juga melibatkan siswa SMP se-Denpasar, Badung dan Gia-nyar, masalah gedung, membersihkan ruangan, terbayarkan karena melihat hasil pada puncak acara dan menuai pujian dari penonton.

“Aku sampe rumah jam sebelasan, bagiku lebih keren tahun ini. Acaranya lebih teratur, kita yang di belakang dapat nonton dengan nyaman, pensi terakhir pula angkatanku,” cerita siswi kelas XII IPA 1, Mitariyani. Di akhir, Band Gecko mulai mengguncang panggung sembari acara penutupan. “Duh seneng bangetlah bisa berparti-sipasi di Ultahnya Sixsma yang ke-28, karena belum pernah main di Sixsma tapi akhirnya manggung juga. Untuk adik-adik di Sixsma tetap berkreatifitas, kejar mimpi kalian, kalian masih muda, jalan masih panjang!,” ajak Adi, gitaris Gecko semangat ketika ditemui Tim Candra Lekha setelah mengisi acara HUT Sixsma. (C_L) Jurnalis Sixsma

“Kamu mau ikut lomba LKIR LIPI bidang Kependudukan?” pesan SMS masuk ke handphone Ni Komang Ayu Wahyuni, siswi ekstra jurnalistik SMAN 6 Denpasar, pertengahan Juli lalu. Pesan itu dari guru pembimbingnya.

Cek dan recheck di web LIPI (Lem-baga Ilmu Pengetahuan Indonesia), tenggat waktu pengiriman proposal pe-nelitiannya tinggal dua hari saja ditu-tup. Walau mepet Wahyuni menerima tantangan sms itu. Padahal ide belum punya. “Sistematika saya juga kurang paham,” tutur Wahyuni. Walau begitu ia tetap mencoba menggarap proposal pe-nelitiannya.

Mulailah Wahyuni menggali ide-ide penelitian seputar kependudukan di ling-kungan sekitar banjarnya. Beberapa kali ia mengirim SMS ke pembimbingnya un-

SEJAK pagi sekolah yang biasanya disibukkan dengan adanya aktivitas pelajaran kini menjadi ramai dan padat. Jelas saja, ternyata para siswa dan siswi disibukkan dengan adanya kegiatan menyambut pensi sekolah. Terpampang baliho (rincian kegiatan) di depan ruang guru. Lomba-lomba pun banyak digelar. Salah satunya lomba recycle art.

Lomba recycle art yang dilakukan di SMAN 6 Denpasar mengambil tema tentang kepedulian terhadap sampah. Lomba ini memiliki tingkat kreatif, imajinasi, dan inovatif yang tinggi. Semakin berbeda dari tahun sebelumnya, lomba ini diikuti oleh peserta dari siswa siswi SMP dari seluruh daerah Denpasar, Badung, dan Gianyar. Lomba ini diikuti oleh maksimal tiga orang tiap kelompok dari masing-masing sekolah.

Antusias peserta pun sangat terlihat saat lomba. “Menurut saya lomba ini menarik banget, gampang-gampang susah. Jadi kalau dulu belum tahu tentang mengelola sampah atau mendaur ulang sekarang jadi bisa. Apalagi ini seperti sebuah tantangan yang menarik bagi saya untuk dipelajari, mungkin kata orang apa sih sampah plastik itu, ahh biasa aja,” ujar Ocha siswa SMP Widyatmika.

Memang lomba ini sangat diperuntukan bagi para generasi muda terutama untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan menambah daya kreativitas siswa di sekolah sehingga dapat menghasilkan produk atau karya dari bahan sampah yang

Proposal Wahyuni Lolos Penelitian Terbimbing Tingkat Nasional

tuk mengajukan ide. Beberapa kali pula ditolak oleh sang pembimbing. “Dua hari begitu singkat dan menguras pikiran dan tenaga. Belum lagi tugas-tugas sekolah menumpuk. Tetapi akhirnya kelar juga. Walau harus begadang dan email-email-an dengan pembimbing selama dua hari sampai lepas tengah malam untuk diedit pembimbing,” papar Wahyuni. Ide yang disetujui pembimbing tentang “Pengen-dalian Penduduk Pendatang di Perko-taan Berdasarkan Perarem Adat (Studi Kasus di Banjar Belong-Desa Sanur Kaja-Kecamatan Denpasar Selatan-Kota Denpasar-Bali).

Awal Agustus 2014 tepatnya tanggal 6 Agustus pengumuman proposal pe-nelitian terbimbing muncul di web LIPI. Dari hampir ratusan proposal penelitian dari berbagai provinsi di Indonesia, yang dinyatakan lolos hanya 20 proposal pe-nelitian. Satu diantaranya proposal pene-litian siswa SMAN 6 Denpasar, Wahyuni. “Perjuangan begadang, tidak mengikuti kegiatan sekaa teruna di Banjar selama dua hari ternyata tidak sia-sia,” cerita siswa SMAN 6 Denpasar ini.

Pihak sekolah pun menyambut gem-bira lolosnya proposal penelitian ini. Itu terungkap saat Wahyuni bertemu Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Mu-ditha, M.Pd. “Selamat ya, terus berjuang sekolah akan selalu membantu dari segi apapun,” ungkap Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd. Kini Wahyuni dalam proses men-jalankan penelitiannya bersama pem-bimbing di ekskul dengan supervisi bim-bingan dari peneliti LIPI. Penelitian yang tuntas dan dianggap layak akan dipanggil ke Jakarta untuk presentasi pada bulan Oktober. “Semoga saya bisa mengatur waktu antara belajar, tugas sekolah dan penelitian ini dengan waktu yang cukup singkat, hingga Oktober dan semuanya diberi kelancaran,” tutup anak ketiga dari empat bersaudara ini. (C_L) Jurnalis Sixsma

Adu Kreatif Mengolah Sampah di Sixsmakreatif para adik kelas. “Sangat seru sekali melihat adik-adik yang antusias dalam lomba. Bagaimana cara mereka mengolah barang bekas menjadi barang berguna. Kita juga bisa tahu kalau ternyata barang-barang yang selama ini kita buang begitu saja ternyata bermanfaat bagi kita dan juga lingkungan,” ungkap seorang pengurus OSIS SMAN 6 Denpasar.

Siswa belajar perlu proses, mengenal lingkungan tak semata langsung menjadi pakar lingkungan, begitu sekilas perumpamaannya. Antusiasme yang besar mungkin belum dapat membuat juri merasa terkesan. “Kesan saya melihat para peserta yang mengikuti lomba ini bagus. Tapi masih kurang maksimal mungkin karena pengetahuan atau kreativitas siswa masih kurang,” ujar Drs. I Ketut Sinah selaku seorang guru SMAN 6 Denpasar yang kali ini menjadi juri lomba recycle art.

Seusai presentasi, juara pun langsung diumumkan. Sebagai juara pertama diraih oleh SMPN 7 Denpasar, juara kedua oleh SMP Wisata Sanur, dan Juara ketiga diraih oleh SMP Cipta Dharma. Bagaimanapun juga yang terpenting dari lomba ini adalah untuk memotivasi teman-teman yang khususnya ada di SMAN 6 Denpasar untuk semakin peduli lingkungan dan ini salah satu cara menyebarkan kepedulian itu dengan adik-adik SMP di seluruh Denpasar, Badung dan Gianyar. “Harapan bapak, kegiatan ini harus berkesinambungan tidak bisa hanya dilakukan sekali. Tapi sebaiknya kita lebih giat berlatih agar dapat lebih kreatif,” ungkap Drs. I Ketut Sinah. (C_L) Jurnalis Sixsma

Malam Minggu Bareng Sixsma

bermanfaat atau menarik bagi kehidupan.

Lomba recycle art diadakan selama dua hari yakni tanggal 2 - 3 Agustus. Para siswa diberikan waktu selama 15 menit untuk mepresentasikan karyanya. Nah, disinilah para juri mulai melihat seberapa besar siswa mampu mengembangkan daya kreativitasnya. Penjurian pun ditentukan berdasarkan nilai estetika dan nilai ekonomis hasil karya. Ekonomis, maksudnya harga yang dapat dijadikan ketentuan untuk penjualan pasar dimasyarakat dan kegunaan dari barang itu sendiri.

Tim pelaksana OSIS pun merasa terkesan dengan daya Wahyuni

SEMARAK- Pentas seni Sixsma tampil semarak.

WM/ist

WM/ist

LOMBA- Siswa SMP antusias menyambut HUT SMAN 6 Denpasar dengan lomba uji kreatif sampah.

8Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

9Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

WM/ist

BANYAK cara bisa dilakukan agar kita tampil karismatik.

Jaga kontak mata, tersenyum, mengangguk. Beri respons non-verbal. Mendengar berarti kamu memperhatikan lebih banyak apa yang disampaikan oleh lawan bi-caramu. Tidak perlu memberikan nasihat jika tidak diminta, karena ketika kamu memberikan nasihat maka pembicaraan akan lebih banyak berfokus pada dirimu. Dengan demikian, berarti kamu telah gagal untuk bisa memahami orang lain.

Selain itu, untuk menjadi orang yang berkarisma, kamu harus ber-sedia untuk mendengar semua orang tanpa pilih-pilih. Orang yang berkarisma tidak akan mengabai-kan orang lain hanya karena sta-tus sosialnya yang lebih rendah, ataupun alasan-alasan lainnya. Mereka akan mengaggap setiap orang setara dan juga penting, sehingga mau mendengarkan de-ngan tulus.Membicarakan Orang Lain

Jangan membicarakan kega-galan orang lain di belakang mereka, bahkan menertawakan-nya. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia senang mendengarkan gosip dan kabar menarik lainnya. Tetapi ketika kamu menertawakan kegagalan orang lain, maka orang pun akan berpikir bahwa bisa jadi suatu saat mereka lah yang men-tertawakanmu. Orang yang sukses biasanya justru membicarakan kegagalan mereka kepada orang lain. Mereka bersikap sederhana, mengakui kesalahan, dan ber-

Menjadi Karismatik

sedia membaginya dengan orang lain. Dengan demikian, orang-orang pun akan tertawa bersama kamu, dan bukannya mener-tawakanmu.Fokus Satu Hal

Jangan sedikit-sedikit meme-riksa layar tele-pon genggam ataupun moni-tor komputer. Jangan fokus pada hal lain-nya ketika kamu sedang berbi-cara dengan orang lain. Pu-tuskan hubungan dengan benda-benda yang dapat merusak k o n s e n t r a s i m u , jika kamu ingin hubungan kamu dengan orang lain berjalan dengan lancar.Tidak Sok Penting

Jangan bersikap bahwa suatu pekerjaan dapat ber-hasil hanya karena kontribusi kamu di sana. Orang-orang tidak suka jika kamu mem-banggakan sesuatu secara berlebihan, apalagi jika kata-katamu itu mengecilkan peran orang lain yang turut mem-bantu kamu. Jika kamu melakukan hal ini, maka kamu

telah ga-gal men-

jadi orang yang berka-

risma di mata orang lain.

Memberi dari-pada Menerima

Orang-orang yang berkarisma tidak per-nah berpikir tentang apa yang bisa me-reka dapatkan ke-tika melakukan se-suatu. Sebaliknya,

mereka justru fokus pada apa yang bisa mereka berikan kepada orang lain, karena me-reka sadar bahwa memberi adalah salah satu cara

untuk mewujud-kan ikatan dan m e m p e r e r a t ikatan dengan orang lain.

JamesSisma

JATUH cinta merupakan sebuah rasa yang tak pernah diduga-duga kedatangannya. Keinginan untuk jatuh cinta tak bisa diatur-atur, karena hal itu timbul begitu saja mengikuti pilihan hati seseorang.

Seperti pepatah lama yang mengatakan dari mata turun ke hati, seperti itu pula perasaan cinta yang sering dialami oleh pasangan muda-mudi yang akan menjalin hubungan asmara. Pandangan pertama dianggap sebagai pengaruh paling kuat untuk memulai sebuah perkenalan yang nantinya diharapkan bisa berlanjut ke tahap pacaran. Menurut berita

Luluhkan Hati Wanita saat Pandangan Pertama

yang dilansir Health24, ada beberapa poin penting yang perlu diketahui untuk menaklukkan calon pasanganmu saat bertemu untuk kali pertama.

Pilih busana yang tepat untuk •dikenakan. Jika seorang teman ingin mengajakmu berkenalan dengan seorang wanita can-tik, kamu bisa gunakan t-shirt yang bisa dipadukan dengan jeans. Hal ini dilakukan agar penampilanmu terlihat lebih santai dan rapi. Tetapi jika per-temuan yang berlangsung se-cara tak terduga, maka kamu tak perlu malu mengenakan

busana yang melekat saat itu. Tunjukkan rasa percaya dirimu dan mulailah mengajaknya berbincang-bincang.Selingi pembicaraan dengan le-•lucon lucu. Pastinya si dia akan merasa bosan jika kamu hanya membicarakan hal yang serius saja. Karena itu selingi dengan lelucon-lelucon lucu yang bisa membuat suasana hatinya lebih gembira. Saat kamu bisa membuatnya tertawa, tentu suasana yang terbangun akan terasa lebih hidup.Pasang kedua telinga untuk •mendengarkan ceritanya. Saat pertama bertemu merupakan kesempatan emas untukmu mengenalnya lebih dekat. Ka-rena itu pasanglah kedua te-lingamu untuk mendengarkan ceritanya. Tetaplah menatap kedua bola matanya hingga dia merasa bahwa kamu benar-benar memperhatikan dan me-nyukainya.Sebut namanya berkali-kali. •Tentunya si dia akan merasa tersanjung saat kamu menye-but namanya berkali-kali dalam pembicaraan kalian. Dengan menyebut namanya berkali-kali, secara otomatis dapat mempengaruhi penilaiannya terhadapmu. Jadikan momen pertemuan pertama ini menjadi berkesan dan tidak terlewatkan begitu saja. Dephy Prasminda

Smanela

REMAJA masa kini sudah banyak yang terpengaruh ha-hal kurang baik dalam kehidupannya. Di mana lingkungan yang kurang baik pastinya menghasilkan sikap remaja yang tidak baik untuk masa depan mereka sen-diri. Mengapa hal tersebut terjadi? Karena banyaknya waktu kosong yang dimiliki setiap remaja masa kini, hanya dihabiskan dengan kegiatan yang kurang

Memanfaatkan Waktu Luang

bermanfaat dan tidak memiliki tujuan. Hal tersebut harus diantisipasi agar tidak membuat para remaja terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik. Berikut cara cerdik memanfaatkan waktu luang.Pengalaman Baru

Mendapatkan waktu kosong di saat tidak ada tugas dari sekolah itu merupakan hal yang sangat berharga untuk setiap remaja masa kini. Mereka biasanya menantikan waktu ini untuk melakukan aktivitas yang mereka inginkan. Banyak yang ingin berjalan-jalan, atau hanya sekedar kumpul makan dan lainnya. Namun, tahukah kamu jika waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan baru yang dapat dijadikan pengalaman. Misalnya ketika ada yang tidak biasa baksos, maka lakukan hal tersebut di waktu kosong kamu.Berkarya

Memang golongan remaja biasanya kebanyakan malas dalam mengerjakan hal-hal lain selain tidur. Seharusnya mereka menyadari jika hal tersebut dapat menghambat pencampaian impian dirinya sendiri. Remaja masa kini seharusnya dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan berkarya. Berkarya dapat diaplikasikan seperti menulis cerpen, puisi, artikel ataupun hal lainnya.Atur Waktu dengan Baik

Sebagai remaja seharusnya kita bisa mengatur waktu dengan baik dan benar. Kamu dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. Jika tidak ada kegiatan positif tersebut, kamu dapat merenung. Kegiatan merenung dapat dilakukan ketika kamu sedang sendiri. Bertanya ke diri sendiri apa ada yang salah. Atau kamu bisa rileks merasa bebas dengan kesendirian.

Komang Tri PramanaTriska

AROMA kayu cendana dapat mengurangi kecemasan dan kete-gangan berlebih. Keharumannya dapat digunakan sebagai sarana meditasi untuk mengurangi stres. Minyak yang diekstrak dari kayu cendana sering dijadikan sebagai aromaterapi dan mampu memberi ketenangan dan kedamaian pikiran.

PepermintTambahkan beberapa tetes minyak pepermint pada permukaan

handuk hangat (handuk yang telah direndam di air panas) dan tem-pelkan di dahi dan leher kamu. Kemudian tarik napas dalam-dalam dan kamu akan merasakan sensasi segar untuk meredakan sakit kepala dan depresi.

ChamomileTanaman ini tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan wilayah Asia

yang memiliki 4 musim. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 15 sam-pai 60 cm. Sama seperti marjoram, tanaman herbal ini juga populer digunakan untuk meredakan stres, terutama serangan panik. Cara-nya, teteskan minyak ektrak chamomile ke telapak tangan kamu, dan hiruplah secara perlahan kemudian hembuskan melalui mulut. Kom-binasi latihan pernapasan dan aroma chamomile akan menenangkan kamu dari serangan panik yang menekan.

LavenderSejak 2.500 tahun lalu, bunga lavender berwarna ungu sudah di-

manfaatkan untuk berbagai macam keperluan, seperti parfum dan anti nyamuk. Kamu bisa mencampurkan minyak lavender atau bunga lavender yang sudah dikeringkan ke dalam bak mandi untuk mandi berendam atau mengoleskannya ke kulit sebelum mandi. Bila hanya ingin mengambil wanginya, nyalakan lilin aromaterapi dengan wangi lavender dalam ruangan kamu.

I.A Sintya DeviyantiSMAN 7 Denpasar

Aromaterapi Redakan Stres

Menjadi Karismatik

BERTEMPAT di Gedung Natya Man-dala ISI (Institut Seni Indonesia) Denpasar, Sabtu (6/9) pentas seni (pensi) dan an-niversary Sixsma sukses digelar. Sejak pukul 4 sore seluruh warga Sixsma mulai meramaikan gedung yang lumayan luas ini. Bertemakan “Mulat Sarira”, menuju peningkatan karakter dan kualitas diri adalah hasil kesepakatan kepanitiaan dari guru, OSIS, dan siswa. “Spektakuler, da-pat buat pensi segede ini dan dapat di luar sekolah,” aku Prita, ketua panitia pentas seni dan anniversary 28 tahun Sixsma sembari tertawa kecil.

Seluruh karya dan atraksi yang diper-sembahkan pure dari tangan anak-anak Sixsma, beserta alumni yang tampil de-ngan memukau. Mulai dari tari tradisonal, pencak silat hingga modern. Alunan musik keroncong dari band alumni bernama Etnic Dewata membawa suasana menjadi lebih semarak.

Bukan hanya Etnic Dewata yang me-narik perhatian, Teater Kirana pun menjadi sosok yang ditunggu siswa. “Tema teater untuk pensi kali ini adalah persahabatan, konflik dan cinta kita tampilkan sebuah cerita yang simpel tapi menyentuh,” ujar I Dewa Gede Dwika Dananjaya, ketua eks-kul teater di Sixsma.

Dio sapaan akrabnya mengaku melaku-kan persiapan yang intensif selama kurang lebih dua minggu, mulai dari mempersiap-

kan tema, naskah, properti, dan lainnya. “Ada Kirana aja udah perfect banget, apalagi ditambah dengan bintang tamu yang lain-nya,” celetuk salah seorang anggota teater Kirana. Dio juga menambahkan dengan di-meriahkan oleh seniman internal lebih baik dari pada seniman luar. Baginya dengan seniman luar akan menimbulkan keributan. “Tampilkan yang terbaik,” sambung Dio sebelum tampil.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua ekskul tari di Sixsma, Ika Winjalista. “Karena ini pensi terakhir untuk angkatanku, sebisa mungkin menampilkan tari kebesar-an SMAN 6 Denpasar (Tari Nur Kumuda) de-ngan maksimal,” terangnya.

I Made Mudana salah seorang guru yang sangat terlibat dalam rangkaian acara ini juga berkomentar salah satu alasan kenapa puncak acara dilaksanakan di ISI adalah karena keterikatan kita dengan ISI terutama tari Nur Kumuda yang digarap oleh bapak Carita, sang pencipta tari sekaligus profesor dari kampus ISI dengan bangga melihat tari ciptaannya sendiri ditampilkan.

Tak kalah penting persiapan dari panitia terutama OSIS sangat berpengaruh. “Pensi tahun ini direncanakan mulai dari 3 bulan yang lalu, tetapi baru dieksekusi sejak sebu-lan lalu, dari tanggal 14 Agustus sampai hari H,” ungkap Ari salah satu panitia acara. Nampaknya perjuangan dari seluruh warga Sixsma mulai dari begadang mempersiap-

kan lomba-lomba baik eksternal mapun internal yang juga melibatkan siswa SMP se-Denpasar, Badung dan Gia-nyar, masalah gedung, membersihkan ruangan, terbayarkan karena melihat hasil pada puncak acara dan menuai pujian dari penonton.

“Aku sampe rumah jam sebelasan, bagiku lebih keren tahun ini. Acaranya lebih teratur, kita yang di belakang dapat nonton dengan nyaman, pensi terakhir pula angkatanku,” cerita siswi kelas XII IPA 1, Mitariyani. Di akhir, Band Gecko mulai mengguncang panggung sembari acara penutupan. “Duh seneng bangetlah bisa berparti-sipasi di Ultahnya Sixsma yang ke-28, karena belum pernah main di Sixsma tapi akhirnya manggung juga. Untuk adik-adik di Sixsma tetap berkreatifitas, kejar mimpi kalian, kalian masih muda, jalan masih panjang!,” ajak Adi, gitaris Gecko semangat ketika ditemui Tim Candra Lekha setelah mengisi acara HUT Sixsma. (C_L) Jurnalis Sixsma

“Kamu mau ikut lomba LKIR LIPI bidang Kependudukan?” pesan SMS masuk ke handphone Ni Komang Ayu Wahyuni, siswi ekstra jurnalistik SMAN 6 Denpasar, pertengahan Juli lalu. Pesan itu dari guru pembimbingnya.

Cek dan recheck di web LIPI (Lem-baga Ilmu Pengetahuan Indonesia), tenggat waktu pengiriman proposal pe-nelitiannya tinggal dua hari saja ditu-tup. Walau mepet Wahyuni menerima tantangan sms itu. Padahal ide belum punya. “Sistematika saya juga kurang paham,” tutur Wahyuni. Walau begitu ia tetap mencoba menggarap proposal pe-nelitiannya.

Mulailah Wahyuni menggali ide-ide penelitian seputar kependudukan di ling-kungan sekitar banjarnya. Beberapa kali ia mengirim SMS ke pembimbingnya un-

SEJAK pagi sekolah yang biasanya disibukkan dengan adanya aktivitas pelajaran kini menjadi ramai dan padat. Jelas saja, ternyata para siswa dan siswi disibukkan dengan adanya kegiatan menyambut pensi sekolah. Terpampang baliho (rincian kegiatan) di depan ruang guru. Lomba-lomba pun banyak digelar. Salah satunya lomba recycle art.

Lomba recycle art yang dilakukan di SMAN 6 Denpasar mengambil tema tentang kepedulian terhadap sampah. Lomba ini memiliki tingkat kreatif, imajinasi, dan inovatif yang tinggi. Semakin berbeda dari tahun sebelumnya, lomba ini diikuti oleh peserta dari siswa siswi SMP dari seluruh daerah Denpasar, Badung, dan Gianyar. Lomba ini diikuti oleh maksimal tiga orang tiap kelompok dari masing-masing sekolah.

Antusias peserta pun sangat terlihat saat lomba. “Menurut saya lomba ini menarik banget, gampang-gampang susah. Jadi kalau dulu belum tahu tentang mengelola sampah atau mendaur ulang sekarang jadi bisa. Apalagi ini seperti sebuah tantangan yang menarik bagi saya untuk dipelajari, mungkin kata orang apa sih sampah plastik itu, ahh biasa aja,” ujar Ocha siswa SMP Widyatmika.

Memang lomba ini sangat diperuntukan bagi para generasi muda terutama untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan menambah daya kreativitas siswa di sekolah sehingga dapat menghasilkan produk atau karya dari bahan sampah yang

Proposal Wahyuni Lolos Penelitian Terbimbing Tingkat Nasional

tuk mengajukan ide. Beberapa kali pula ditolak oleh sang pembimbing. “Dua hari begitu singkat dan menguras pikiran dan tenaga. Belum lagi tugas-tugas sekolah menumpuk. Tetapi akhirnya kelar juga. Walau harus begadang dan email-email-an dengan pembimbing selama dua hari sampai lepas tengah malam untuk diedit pembimbing,” papar Wahyuni. Ide yang disetujui pembimbing tentang “Pengen-dalian Penduduk Pendatang di Perko-taan Berdasarkan Perarem Adat (Studi Kasus di Banjar Belong-Desa Sanur Kaja-Kecamatan Denpasar Selatan-Kota Denpasar-Bali).

Awal Agustus 2014 tepatnya tanggal 6 Agustus pengumuman proposal pe-nelitian terbimbing muncul di web LIPI. Dari hampir ratusan proposal penelitian dari berbagai provinsi di Indonesia, yang dinyatakan lolos hanya 20 proposal pe-nelitian. Satu diantaranya proposal pene-litian siswa SMAN 6 Denpasar, Wahyuni. “Perjuangan begadang, tidak mengikuti kegiatan sekaa teruna di Banjar selama dua hari ternyata tidak sia-sia,” cerita siswa SMAN 6 Denpasar ini.

Pihak sekolah pun menyambut gem-bira lolosnya proposal penelitian ini. Itu terungkap saat Wahyuni bertemu Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Mu-ditha, M.Pd. “Selamat ya, terus berjuang sekolah akan selalu membantu dari segi apapun,” ungkap Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd. Kini Wahyuni dalam proses men-jalankan penelitiannya bersama pem-bimbing di ekskul dengan supervisi bim-bingan dari peneliti LIPI. Penelitian yang tuntas dan dianggap layak akan dipanggil ke Jakarta untuk presentasi pada bulan Oktober. “Semoga saya bisa mengatur waktu antara belajar, tugas sekolah dan penelitian ini dengan waktu yang cukup singkat, hingga Oktober dan semuanya diberi kelancaran,” tutup anak ketiga dari empat bersaudara ini. (C_L) Jurnalis Sixsma

Adu Kreatif Mengolah Sampah di Sixsmakreatif para adik kelas. “Sangat seru sekali melihat adik-adik yang antusias dalam lomba. Bagaimana cara mereka mengolah barang bekas menjadi barang berguna. Kita juga bisa tahu kalau ternyata barang-barang yang selama ini kita buang begitu saja ternyata bermanfaat bagi kita dan juga lingkungan,” ungkap seorang pengurus OSIS SMAN 6 Denpasar.

Siswa belajar perlu proses, mengenal lingkungan tak semata langsung menjadi pakar lingkungan, begitu sekilas perumpamaannya. Antusiasme yang besar mungkin belum dapat membuat juri merasa terkesan. “Kesan saya melihat para peserta yang mengikuti lomba ini bagus. Tapi masih kurang maksimal mungkin karena pengetahuan atau kreativitas siswa masih kurang,” ujar Drs. I Ketut Sinah selaku seorang guru SMAN 6 Denpasar yang kali ini menjadi juri lomba recycle art.

Seusai presentasi, juara pun langsung diumumkan. Sebagai juara pertama diraih oleh SMPN 7 Denpasar, juara kedua oleh SMP Wisata Sanur, dan Juara ketiga diraih oleh SMP Cipta Dharma. Bagaimanapun juga yang terpenting dari lomba ini adalah untuk memotivasi teman-teman yang khususnya ada di SMAN 6 Denpasar untuk semakin peduli lingkungan dan ini salah satu cara menyebarkan kepedulian itu dengan adik-adik SMP di seluruh Denpasar, Badung dan Gianyar. “Harapan bapak, kegiatan ini harus berkesinambungan tidak bisa hanya dilakukan sekali. Tapi sebaiknya kita lebih giat berlatih agar dapat lebih kreatif,” ungkap Drs. I Ketut Sinah. (C_L) Jurnalis Sixsma

Malam Minggu Bareng Sixsma

bermanfaat atau menarik bagi kehidupan.

Lomba recycle art diadakan selama dua hari yakni tanggal 2 - 3 Agustus. Para siswa diberikan waktu selama 15 menit untuk mepresentasikan karyanya. Nah, disinilah para juri mulai melihat seberapa besar siswa mampu mengembangkan daya kreativitasnya. Penjurian pun ditentukan berdasarkan nilai estetika dan nilai ekonomis hasil karya. Ekonomis, maksudnya harga yang dapat dijadikan ketentuan untuk penjualan pasar dimasyarakat dan kegunaan dari barang itu sendiri.

Tim pelaksana OSIS pun merasa terkesan dengan daya Wahyuni

SEMARAK- Pentas seni Sixsma tampil semarak.

WM/ist

WM/ist

LOMBA- Siswa SMP antusias menyambut HUT SMAN 6 Denpasar dengan lomba uji kreatif sampah.

10Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

7Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

No. TTWM 49

Kirim Jawaban TTWM ke :Email : [email protected] dengan wesel pos ke redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama Rp 100 ribu untuk dua orang pemenang.

TTWM No. 49

Jawaban TTWM No. 48

Pemenang TTWM No. 48

L a y a r

1

11

2

8

3

12

14

9

16

4 5 6 7

10

13

15

21

25

26

23

22

18

20

17

24

19

Mendatar:1. Tidak mendapat laba; 4. alat rumah tangga dari ijuk/lidi; 8. secara menyeluruh; 10. kantung (Inggris); 11. rongga tempat gigi dan lidah; 13. laki-laki lajang; 14. jamur pada kulit; 15. naik (Inggris); 16. organ tubuh; 19. peduli/mengindahkan; 20. makanan lembek dari beras; 22. pundak; 23. tempat tidur (Inggris); 24. maksud/keinginan; 25. tumbuhan menjalar; 26. pasukan/prajurit.

Menurun:1. Membenturkan (Inggris); 2. bahan pemanis; 3. kebal terhadap suatu penyakit; 5. harapan; 6. pasak; 7. kata yang dilisankan; 9. dalam keadaan sempurna; 12. perayaan menurut adat istiadat; 13. meluncur ke bawah karena gravitasi bumi; 17. masa seratus tahun; 18. wanita yang telah melahirkan; 21. mainan kubus; 22. nama huruf ke-2 abjad Yunani; 23. bagian isi buku.

Mendatar 1. Rambut6. Dapur8. Liat10. Pad11. Tiup12. Olah

14. In16. Rain17. Agak20. Cacat22. Lalu23. Lele24. Pop

Menurun 1. Rantai2. Malu3. Uda4. Tato5. Dupa7. Rahasia

9. Ipar13. Landak15. Naga17. Ala18. All19. Kue21. Tip

1. Mira Pebriana Sari SMPN 10 Denpasar

2. Putu Ayu Krisnawati SMA Negeri 5 Denpasar

BANYAK camilan cokelat yang beredar di pasaran, memiliki kandungan tambahan seperti gula, susu, bahkan lemak. Hal ini disampaikan ahli nutrisi dari Divisi Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM, Dr. Luciana B Sutanto, MS, SpGK, seperti dikutip Antaranews.com. Camilan berbahan dasar cokelat yang banyak dijual di pasaran, memiliki kandungan gula dan lemak yang cukup tinggi dibandingkan dengan cokelat itu sendiri.

LINGKARAN hitam di mata dapat merusak penampilan. Penyebabnya bisa karena kurang tidur, insomnia karena stres, lupa minum karena sibuk bekerja, serta berada di ruangan ber AC terlalu lama. Kepenatan setelah lama menatap monitor dan bekerja juga membuat otot dan kulit di sekitar mata ikut tegang. Akibatnya, aliran darah dan kelenjar limpatik di area tersebut tidak lancar sehingga cairan di area mata mengumpul, membuat mata jadi sembap dan muncullah bayangan hitam di bawah mata. Namun jangan khawatir, ada tips yang bisa kamu lakukan.

Mengoles krim mata secara rutin memang dianjurkan untuk

Lingkaran Hitam di Mata

Pilih Cokelat yang Menyehatkan

mendapatkan kulit mata yang indah. Tapi di saat darurat, kamu perlu produk yang efisien dan cepat memberikan hasil. Sebelum tidur kenakan masker atau serum instan yang mengandung vitamin A, E, dan bio peptide yang merangsang tumbuhnya kolagen alami. Kulit tak hanya kenyal, tapi juga bebas kerutan halus.

obesitas dan penyakit diabetes. Untuk itu, pilihlah cokelat murni yang baik untuk kesehatan. Di mana rasa cokelat aslinya pahit, dan di pasaran biasanya berbentuk bubuk.

I.A Sintya DeviyantiSMAN 7 Denpasar

BANYAK orang sampai sekarang membayangkan orang kidal itu kelainan. Namun apakah benar demikian? Secara umum kidal itu bukanlah kelainan, faktor-faktor yang membuat orang kidal biasanya disebabkan oleh bawaan lahir dan kebiasaan. Bawaan dari lahir disebabkan otak kanan lebih

Apakah Orang Kidal Itu Kelainan?

dominan daripada otak kiri. Dan kebiasaan disebabkan oleh kebiasaan orang tua.

Selain itu, hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang kidal dikatakan sebagai orang yang jenius dan memiliki IQ yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan beberapa tokoh-tokoh terkenal di dunia yang ternyata orang kidal. Namun populasi orang kidal di dunia hanya berkisar 5%-10% saja.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kidal itu bukanlah kelainan, melainkan anugrah Tuhan yang harus kita syukuri. Bagi orang-orang yang masih percaya

bahwa orang kidal itu kelainan harap segera melupakan anggapan itu, karena hal tersebut tidak benar.

Dimas Artakusuma

(XI IPS 1) SMAN 7 Denpasar

Oleh sebab itu, kita seharusnya bisa lebih pintar dalam menakar asupan gula dengan kebutuhan kalori untuk tubuh. Karena gula atau kalori yang berlebihan dan tidak kita keluarkan akan berubah menjadi lemak di dalam tubuh. Lemak yang tertimbun itulah yang akan memicu

Selain masker, juga tersedia bentuk kompres berstiker (patch) dan serum bentuk stik yang bekerja melawan dehidrasi, meningkatkan kolagen, melancarkan sistem limpatik, dan membersihkan kulit dari polusi.

Begitu bangun pagi, sebelum mandi kompres bagian bawah mata dengan dua buah sendok yang sudah didinginkan di kulkas terlebih dahulu. Diamkan beberapa menit. Usai mandi, sebelum merias wajah oleskan serum mata sesuai jenis kulit. Lydya

SMAN 7 Denpasar

menekankan sekolah bisa berprestasi karena diproses dengan baik, bukan semata-mata melihat hasilnya. Dia mengajak sivitas akdemika SMAN 6 Denpasar mulat sarira guna menciptakan pendidikan untuk daya saing.

Artinya, SMAN 6 Denpasar mampu melakukan budaya kreatif, budaya inovatif, budaya ilmiah dan budaya kompetitif. Apabila semua budaya itu dilakukan maka pendidikan untuk daya saing bisa dicapai secara maksimal. SMAN 6 Denpasar diharapkan menjadi SMA plus yang mampu menghasilkan alumni andal sesuai lingkungannya di Sanur. Untuk itu diperlukan reorientasi pendidikan sesuai dengan tema melakukan introsfeksi diri berbasis pada karakter untuk

HUT ke-28 SMAN 6 Denpasar

“Mulat Sarira” Untuk Pendidikan Berdaya Saing

PUNCAK HUT ke-28 SMAN 6 Denpasar diperingati secara semarak, Sabtu malam (6/9) lalu di Gedung ISI. Puncak HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue HUT oleh Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., disaksikan Kadisdikpora Kota Denpasar, Ir. IGN Eddy Mulya, S.E., M.Si. dan Ketua Komite SMAN 6 Denpasar, Made Wirata dan Ketua DW, Nyonya Eddy Mulya.

Puncak HUT diisi dengan pentas seni dengan spirit “Mulat Sarira” untuk peningkatan karakter dan kualitas diri. Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., mengungkapkan spirit ini dipakai untuk membangun diri siswa, dan guru untuk membentuk karakter sesuai dengan predikat SMAN 6 Denpasar sebagai sekolah berbasis lingkungan.

Nyoman Mudhita mengungkapkan Kurikulum 2013 yang mengedepankan sikap dan karakter harus diawali dengan koreksi diri untuk membangun SDM yang cerdas intelektual, emosional dan spiritual.

Selama sebulan ini SMAN 6 Denpasar mengapreasiasi penampilan segala jenis kreativitas siswa lewat pembinaan ekstra. Hal ini juga didukung oleh prestasi siswanya yang mampu mempersembahkan 47 piala dan prestasi.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya

meningkatkan kualitas diri sesuai tuntutan Kurikulum 2013.

Awal dari itu semua adalah adanya manajemen perubahan, mulat sarira (introsfeksi diri) yang pada akhirnya terciptanya kapabilitas lembaga dan mutu lulusan yang diakui masyarakat.

Kadisdikpora juga mengakui SMAN 6 Denpasar banyak memberi kontribusi pembangunan pendidikan berkualitas di Denpasar yang menjadi terbaik dalam daya saing di tingkat nasional. Atas prestasi ini Wali Kota akan berbicara pada summit internasional soal pendidikan daya saing Kota Denpasar.

Ketua Panitia HUT Prita Maharani menambahkan serangkaian HUT digelar berbagai lomba ekstern yang melibatkan siswa SMP se-Denpasar, Badung dan Gianyar. Di antaranya lomba melukis, pidato bahasa Inggris, dharmawecana dan darma gita serta pengolahan bahan limbah menjadi barang seni.

Agenda HUT juga diisi dengan kegiatan akademis berupa workshop Kurikukum 2013 bagi guru-guru, lomba Olimpiade Sains (Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika). Sedangan lomba intern meliputi lomba futsal, donor darah, catur dan pelatihan pramuka, fun walk dan clean beach, pameran kuliner dan aksi sosial di panti asuhan. (sue)

TUMPENG- Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., menyerahkan tumpeng kepada Kadisdikpora IGN Eddy Mulya saat puncak HUT ke-28 SMAN 6 Denpasar.

pendidikan karakter tiap jenjang pendidikan melibatkan para kasek TK, PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.

Kedua, pendidikan karakter adalah tang-gung jawab bersama tripartide yakni pen-didikan formal, informal dan non formal. Pendidikan karakter bisa diitegrasikan guru di PBM dan luar PBM atau lewat model per-contohan.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawi-jaya Mantra memberi apresiasi positif ter-hadap lahirnya grand desain nilai-nilai pen-didikan karakter. Tumpuan pendidikan ada di tangan guru, apalagi menuju revolusi men-tal.

Wali Kota setuju membenahi mental masing-masing guru. Wali Kota pun menyu-ruh guru mau memilih menciptakan siswa menuju kesejahteraan lahir bathin atau

AKSI Denpasar Miliki Grand DesainImplementasi Pendidikan Karakter

KERJASAMA- Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra menyaksi-kan penandatanganan naskah kerjasama pendidikan karakter.

ASOSIASI Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Denpasar kini memiliki grand desain implementasi pen-didikan karakter di Kota Denpasar. Rumusan itu disemi-narkan belum lama ini lansung dihadiri Wali Kota Den-pasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

Seminar ini atas prakarsa AKSI, Kadisdikpora, dan Kwarcab Denpasar mengambil tema “Implementasi pen-didikan karakter kita wujudkan generasi muda Kota Den-pasar menuju revolusi mental”.

Komitmen untuk mengimplementasikan pendidikan karakter ditandai dengan penandatangan kerjasama. Pendidikan formal diwakili Kadisdikpora IGN Eddy Mu-lya, wakil informal oleh Ketua PGRI Denpasar Nyoman Winata dan Kakwarcab Gusti Lanang Jelantik dan wakil non formal oleh Ketua MMDP, Made Karim, dan Kepala BKPP, Laksmi Damayanti disaksikan Wali Kota, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Ketua AKSI Kota Denpasar, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., mengungkapkan seminar implementasi pendidik-an karakter diawali dengan fokus grup diskusi, 19 Agus-tus lalu yang mampu menyusun grand desain 18 nilai

menghasilkan siswa melahirkan pertumbuhan ekonomi dan perusahaan sukses. Jika memilih yang terakhir, siswa jadi objek pertumbuhan ekonomi, namun tingkat kenyamannya tak ada. UNESCO kini sudah mengarah pada kenyaman yang dimulai dari pendidikan. Khusus-nya dimulai dari PAUD dan SD.

Wali Kota juga heran Finlandia nomor one pendidi-kannya di dunia karena dia menganut kenyamanan le-wat pendidikan pendidikan karakter. Jangan siswa dia-jarkan meniru gaya Cina, melainkan lebih banyak ilmu terapnnya, melatih kerjasama dan berkreativitas. Na-mun diakui Wali Kota harus berlanjut dan diawasi karena pendidikan tak selesai di sekolah, juga di keluarga dan lingkungan. “Tinggal mengaplikasikan ke keluarga dan lingkungan,” ujarnya.

Kurikulum berbasis kearifan lokal menunjukan bukti bahwa siswa diajarkan berkohesi sosial dengan masyarakat. Hal ini juga diterapkan di Finlandia. Kunci-nya, kata Wali Kota, adalah grand desain pendidikan karakter ini di-SOP-kan di tingkat sekolah dan guru-guru harus melaksanakan secara profesional. (sue)

Ini bermula dari keinginan Miguel yang diperankan oleh Mi-chael Pena, ingin memperbaiki nasibnya di negeri seberang. Ia meninggalkan istrinya yang tengah hamil Paulina (Eva Longoria) untuk mencari pekerjaan di kota ‘Fron-tera’ itu.

Sayangnya Miguel bukan so-sok pekerja kantoran yang memi-liki kualifikasi resmi dan mengan-dalkan surat-surat legal sebagai senjatanya. Miguel adalah pekerja ilegal yang menggunakan segala keterbatasannya untuk menerobos daerah perbatasan. Kenekatan itu tak selamanya berjalan mulus meski dalam perjalanan ia bertemu dengan Olivia (Amy Madigan), istri seorang mantan sheriff, dan me-nawarinya selimut dan air minum.

Namun kemudian Olivia ditemukan tewas tertembak saat berkuda di ladangnya sendiri. Roy, sang suami, menuntut balas dan menyelidiki kasus penembakan itu bersama sheriff setempat. Mereka menemukan Miguel yang tanpa identitas dan telah bertemu dengan Olivia sebelum dia tertembak.

Penahanan dan penyelidikan atas Miguel ternyata didengar oleh Paulina. Ia pun berusaha menyusul suaminya ke ‘Frontera’. Perjalanan-nya bukan meringankan beban Miguel malah berujung dengan

FronteraSutradara : Michael BerryBintang : Eva Longoria, Michael Pena, Ed Harris, Amy Madigan, Julio Cedillo, Aden Young.Distributor : Magnolia Pictures

Cerita dari Perbatasan

HAMPIR bisa dikatakan se-mua manusia menginginkan hidup layak. Mereka memperjuangkan itu dengan berbagai cara namun kerja keras dan semangat pantang menyerah adalah tema utamanya. Hanya yang cepat beradaptasi dan dilingkupi keberuntungan sajalah yang akhirnya meraup sukses.

Migrasi adalah salah satu op-sinya apakah itu pindah ke tempat lain baik kota atau negara, mem-buka areal untuk memulai hidup baru atau mungkin berganti profe-si. Semua menuntut pengorbanan fisik, waktu dan tenaga. Pendek kata hidup itu benar-benar per-juangan merujuk pada niatan memperbaiki kualitasnya. Dan bila menyebutnya sebagai perjuangan maka hal yang lazim ditemui bagi mereka adalah pengalaman baik yang buruk atau menyenangkan.

pertemuan dengan kelompok krimi-nal yang akhirnya menyanderanya. Dalam kondisi hamil dan tak bisa

Cerita semacam ini bisa terlihat pada film ‘Frontera’ arahan sutra-dara Michael Berry. Film ini menjadi debut Berry di layar lebar setelah menjadi aktor dan sutradara serta penulis naskah drama.

Berry ingin mengungkap per-istiwa-peristiwa yang cenderung tidak menyenangkan di perbatasan antara AS dan Meksiko. Di satu sisi negeri yang terjerat kemiskinan, kriminalitas dan ketimpangan so-sial yang tinggi. Di sisi lain, terda-pat negeri penuh impian yang bisa mewujudkan harapan orang untuk hidup layak.

Berry mengambil kota ‘Fron-tera’ sebagai latar belakang film ini. Selain itu daerah kering yang luas di wilayah negara bagian, Arizona tersebut, menjadi perbatasan kedua negara. Disinilah konflik kepenting-an itu terjadi.

berbaha Inggris, film ini menuju ketegangan antara usaha mencari kebenaran yang dilakukan Miguel dan Roy serta lambannya kerja Sheriff Randall Hunt (Aden Young) serta ancaman kematian Paulina. Namun tak selamanya kehidupan yang keras di Frontera itu diputus-kan dengan letusan senjata.

Film berdurasi 103 menit itu, sekali lagi mengingatkan pada usaha manusia dalam bertahan hidup. Meski mereka terkadang mengabaikan aturan dan mengan-dalkan fisik dan kenekatan semata, namun kemampuan otak mau tak mau tetap diperhitung. Dengan demikian sang nasib akan bekerja melalui keberuntungan-keberun-tungan yang diberikan kepada yang mempercayainya. (yud)

6 11

TaurusPunya rencana? Ce-pat laksanakan, ja-ngan ditunda-tundalagi. Banyak cara untuk mencapai tujuan kamu.Yang semangat dan pandaimenarik perhatian. Bila per- lu cari hal-hal yang baru, tapi mengun-tungkan. Asmara : Makan hati dan bikin ruwet, tidak bisa konsentrasi. Sehing-ga tugas dan pekerjaan terbengkelai. Bagaimana kalau sementara ini tidak berpacaran. Studi : Kalau sudah me-nang, jangan lupa makan. Tidur jangan malam-malam.

PiscesPunya rencana? Bi-sa dilanjut. Yangsemangat, pandai berbergaul dan pan-dai membaca peluangyang menguntungkan.Luaskan hubungan dan menambah ilmu demi kemajuan dan peningkatan. Masih ada waktu yang mendatangkan untung. Asmara : Sedang terjadi perselisihan dan menyebabkan retaknya hubungan cinta kasih. Kamu harus bisa mengen-dalikan amarah. Studi : Jangan heran, kalau keberhasilan kamu ada yang tidak setuju.

AquariusPunya rencana? Silakan di-coba dan jangan ingin cepat-cepat berhasil. Semua itumemerlukan proses, jadi harus rajin, tekun dan sa-bar. Pelan-pelan pasti ada perubahannya. Bertanya-lah kepada yang sudah berpengalaman. Asmara : Sungguh tak disangka-sang-ka. Ada kejutan yang membuat kesan tersendiri. Dan inilah yang membuat tidak bisa tidur. Studi : Tunjukkan keah-lianmu, supaya orang-orang terkejut dan tidak meremehkan kamu.

VirgoPunya rencana? Boleh dimulai atau dirintis sekarang. Kalau belum punya rencana, ja-ngan malas dan janganmenyerah. Minggu-minggu ini harus bisamerubah nasib, men-cari dan menerima tawaran. Yang rajin dan sembahyang. As- mara : Perselisihan kecil, kalau kamu bisa mengatasi dengan senyuman. Bisa berbuah kemesraan dan eratnya hubungan cinta kasih. Studi : Karena baru mulai, ikuti apa yang diterangkan oleh guru.

AriesPunya rencana?Harus dimainkan secara diam-diam, ja-ngan ada orang lain yang tahu, termasuk keluargasendiri. Sebab kalau kamu ceritakan, akan mendapat kritik yang menyebabkan batal atau tidak bisa terlaksana. Asmara : Menyenangkan. Buatlah acara yang santai penuh kesan yang selalu dirindukan. Namun jangan melanggar norma kesusilaan. Studi : Memang ada yang iri hati. Tapi jangan direken.

CapricornPunya rencana? Sele-saikan dulu tugas yang masih me-numpuk. Supaya ti- dak mengganggu-pikiran dan kesehatankamu. Keuangan dihe-mat dan jangan ikut ngurus urusan orang lain. Keruwetan sendiri diatasi dulu. As-mara : Pengalaman yang sudah-sudah bisa dijadikan pelajaran untuk bermain atau jatuh cinta lagi. Istirahatlah seje-nak, untuk mengadakan evaluasi. Stu-di : Jangan sampai terforsir. Belajar ala kadarnya saja. Scorpio

Punya rencana? Silahkan ma-ju. Yang semangat dan mantap da-lam tujuan, sampai fi nish.Jangan berhentidi tengah jalan.Rintangan dan kesulitan bisa diatasi sambil jalan. Pandai-pandailah bergaul dan memanfa-atkan uang. Asmara :Mendapat gosip tidak se-dap. Tingkatkan kewaspadaan. Binalah saling percaya dengan doi. Jangan mudah kena pengaruh. Studi : Tetaplah pada cara kamu, jangan ikut-ikutan.

LibraPunya rencana? Janganmalu mengutarakan dan jangan menolak bantuan. Keberhasil-an kamu dari perto-longan atau bantu-an orang lain. Jangan keraskepala dan jangan gengsi. Sebab tak akan tercapai. Asmara : Me-nyala, berkobar-kobar. Kalau tidak bisa mengatur dan mengendalikan, bisa jatuh nama dan bermasalah gawat. Banyak yang mendekati kamu. Studi : Belajar kelompok atau ikut les. Biar menambah ketenaran.

SagitariusPunya rencana? Perludana yang tidak sedi-kit. Kamu tidak bo-leh boros. Ceritakankepada Ortu dan tun-jukkan rasa tanggungjawabmu. Jangan main coba-coba dan hanya mencari pujian. Hati-hati dalam pergaulan. Asmara : Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan jangan curiga yang bukan-bukan. Jangan egois dan jangan sok ngatur. Sekali-sekali ikuti apa maunya doi. Studi : Mementingkan belajar, hasilnya memuaskan.

Silahkan ma-at dan mantap da-

pai fi nish.

esulitanbil jalan. Pandai-ul dan memanfa-mara :tidak se-k d Bi l h

LeoPunya rencana? Laksa-nakan, jangan ragu-ragu dan tetap op- timis. Masih adakesempatan yang menguntungkandan bisa dimanfaat-kan untuk mengejar kari-er dan kemajuan-kemajuan. Luaskan ke lain daerah, adakan hubungan kerja sama. Asmara : Pucuk dicinta, ulam tiba. Kalau kamu mau mengutarakan isi hati, tak akan bertepuk sebelah tangan. Jangan takut menghadapi risikonya. Studi : Banyak yang mendukung. Tingkatkan belajar kamu.

CancerPunya rencana? Ja-ngan diserahkanorang lain dan ja-ngan mengandal-kan bantuan orang lain. Pokoknya saat- saat seperti ini, kamu jangan percaya janjimaupun kepada sanak famili. Cukupi dan urus keperluan sendiri, tapi tidak sombong. Asmara : Menghabiskan uang. Dan pemborosan yang akan menjerumuskan kamu. Oleh sebab itu berpikirlah dewasa. Jangan seperti anak kecil. Studi : Kalau kamu tidak disiplin dan tegas. Bisa ketinggalan.

Ja-n

--g aat- kamu

janji

GeminiPunya rencana? Harus dilihat kembali, mungkin ada yang berat? Jangan ditangani sendiri. Buatlah jadwal yang tidak sampaimakan tenaga, pikiran dan dananya. Semua masih bisa diatur dan diselesaikan. Asmara : Kalau ada keru-wetan, mintalah nasihat. Atau tanyakan langsung kepada doi. Di sinilah kamu bisa mengetahui, cinta perlu pengor-banan. Studi : Malu bertanya, sesat di jalan. Jangan gengsi-gengsian.

Bi-

an-uanggkan.

d b h il

ele-

- -atandihe-

Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014 Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

CaPungora

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

“Cinta bukan hanya keinginan untuk memiliki, tapi keikhlasan untuk melepas”.

Aku membuang nafas panjang sambil membaca sebuah kalimat dalam novel yang sedang aku baca ini. Aku termenung di meja bela-jarku. Di luar sana, malam sudah larut dan hujan terus turun memba-sahi bumi. Seakan ikut merasakan hatiku yang saat ini terluka karena mulai teringat kenangan bahagiaku bersama dengannya.

Air mata mulai mengalir memba-sahi pipiku. “Kenapa hubungan kita menjadi seperti ini? Hanya saling terdiam. Bahkan kau mulai menjauh dan semakin menjauh. Salahkah aku jika menyimpan perasaanku padamu?” Gumamku sambil terus memutar memori bahagiaku de-ngannya dalam ingatanku. Aku tak pernah menyangka bahwa persa-habatan yang mulanya berjalan baik, bisa berakhir seperti ini karena keegoisan perasaanku.

* * *Bel pulang sekolah berbunyi

dengan nyaring, membuat seisi kelasku gaduh dengan teriakan dan gumaman bahagia. Aku berge-gas merapikan semua bukuku di atas meja, menuruni anak tangga sekolah menuju kelas XII IPA-1 untuk menemui Ratih, sahabatku. Aku dan Ratih memang setiap hari datang dan pulang sekolah bersama.

Saat itulah aku melihatnya, sosok teman yang sangat aku rindukan. Dia duduk di depan kelas-nya dengan memakai earphone di telinganya. Tatapan kami bertemu, jantungku serasa berhenti berde-tak, hatiku merasakan perih karena

luka itu kembali muncul.“Ayo kita pulang,” ujar Ratih

yang ternyata sudah berada di ha-dapanku. Aku kembali tersadar dan menoleh pada Ratih, jantungku juga sudah berdetak dengan normal. Aku melihat Ratih ikut memalingkan wajahnya dan menatap Dimas, ob-jek yang sudah membuat jantungku mengalami gempa. “Kamu masih menyukainya? Sadarlah Vi, dia itu tak pernah perduli padamu lagi. Sampai kapan kamu akan terus diam dan tak mengatakan apapun padanya?,” ujar Ratih dengan satu tarikan nafas.

“Kamu tak mengerti. Tak mudah mengatakan perasaanku padanya. Aku sudah berusaha mengajaknya berbicara, tapi ia tak pernah meng-gubrisnya. Dia tak pernah mau membalas SMS maupun mengang-kat telepon dariku. Lalu aku harus bagaimana lagi?,” ujarku dengan tatapan sendu. Aku kembali ber-paling untuk menatapnya. Tapi dia beranjak dari tempat duduknya dan berjalan menuju tempat seorang perempuan yang baru saja keluar dari kelasnya.

Kurasakan mataku mulai panas. Kurasakan hatiku seperti ditusuk ribuan jarum. Aku melihatnya ter-seyum pada perempuan itu. Aku tahu siapa dia. Dia adalah teman sekelas Dimas, namanya Rasty. Rasty dan Dimas adalah man-tan kekasih. Aku tak pernah tahu bagaimana jelasnya mereka bisa menjalin hubungan dan berakhir begitu cepat. Tapi apapun itu, kurasa Dimas masih menyukai Rasty. Aku bisa merasakan dari tatapan dan senyum Dimas pada Rasty. Senyum dan tatapan yang

tak pernah ia berikan padaku sejak kami menjauh.

Sejak kejadian itu, aku dan Dimas mulai menjaga jarak. Tak pernah ada lagi senyuman tulus darinya untukku. Apalagi semenjak ia bertemu dengan Rasty. Aku tak per-nah menyalahkan siapa-siapa atas apa yang terjadi dalam hubunganku dengan Dimas. Hubungan? Aku rasa hanya teman biasa, tak bisa dikatakan sebagai hubungan.

Aku merasakan lenganku di-tarik oleh Ratih. “Viora, berhenti menatap mereka dengan tatapan sendu seperti itu! Kuatkan hatimu. Ayo kita pulang saja!,” ujar Ratih sambil terus menarikku menjauhi tempat itu.

* * *“Jika cinta hanya keegoisan un-

tuk memiliki, maka itu tidak dapat dikatakan sebagai cinta.”

Pandanganku masih tertuju pada sosok Dimas yang sedang mengobrol dengan Rasty di depan kelasnya. Wajah Dimas mendongak ke atas dan menatapku lekat. Aku juga membalas tatapannya padaku. Tak kulihat tatapan hangat dan

ceria yang ia pancarkan padaku. Aku memalingkan wajahku, tak sanggup untuk menatapnya lagi. “Sudah 2 tahun kita selalu saja seperti ini. Saling menatap tanpa saling menyapa. Kau tahu aku muak dengan semua ini. Jika aku memang salah, harusnya kau bi-cara padaku dan bukannya hanya diam seperti patung. Kau membuat hatiku tersiksa,” gumamku kesal. Harusnya dia sadar!

* * *Terimakasih tuk luka yang kau

beriKu tak percaya kau telah beginiDulu kau menjadi malaikat di hatiSampai hati kau telah beginiBerkali-kali kau katakan sendiriKini ku telah benci, cintaku telah pergi…

Lantunan lagu Geisha-Pergi Saja menggema di dalam kamarku. Aku duduk di jendela kamarku sam-bil memandang langit penuh bin-tang. Entah sampai kapan semua ini berlalu. Sejak kejadian Dimas mengetahui aku menyukainya, se-mua berubah suram. Dia tak mau berbicara padaku, bahkan untuk

menoleh saja jarang.Padahal aku belum menjelaskan

apapun padanya tentang kejadian itu. Tapi dia keburu menjauh tanpa pernah perduli padaku. Apalagi se-jak dia menjalin hubungan dengan Rasty, hatiku hancur. Dunia bagai runtuh di atasku.

“Kamu begitu jahat padaku. Ini tak adil Dimas. Kenapa? Kenapa Rasty boleh mendapatkan posisi di hatimu sedangkan aku tidak? Bahkan kamu sama sekali tak memberikanku kesempatan, pintu hatimu sudah kamu tutup buatku. Memangnya aku salah apa? Jika perasaanku salah padamu, ka-takanlah padaku. Jangan hanya berdiam diri seperti itu. Kau mau sampai kapan begini? Sampai dunia kiamat? Kamu memang ja-hat,” gumamku sambil menunduk dan mulai meneteskan air mata.

* * *Di lorong sekolah, kami berpa-

pasan. Saking tak tahannya aku dengan sikapnya, aku menghen-tikan langkahnya. “Apa?,” tanyanya dingin.

“Aku akan menjelaskan se-muanya. Temui aku di Taman Kota nanti sore,” ujarku lantang.

“Tak perlu seperti itu. Aku tak perlu penjelasan apapun darimu. Aku tak menyukaimu, lepaskan aku dan jauhi aku,” ujar Dimas yang langsung pergi begitu saja. Aku hanya diam terpaku di tempat.

Ingatanku kembali pada kejadian itu. Tak kusangka Dimas akan me-ngatakan hal itu padaku. Setelah kejadian itu, aku tak pernah lagi berbicara dengannya. Dia sudah bersama dengan orang yang ia sukai sekarang. Aku tak bisa terus-menerus mengganggu hidupnya. Aku harus melepaskannya. Ya… melepaskannya adalah cara terbaik saat ini. Walau aku tahu, aku takkan pernah bisa.

eh dimulai g. Kalau na, ja-an-sa-

ns-

n di-pat-tudi a-a a-erpeneeeeeee galaman

Perluedi-

anun-ungmain nya ati-

e-

antuk kamu.pandaiBila per- b t i

m, ja-ain yang eluargaalau kamu

s n

h aidan

aksa-u-

at-ejar kari-k j L k

anganan ak il--

an kerasgengsi.

Anindyanari Auliani DewiJournalist Team Sixsma

12 5 Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014 Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

Retorika Rakyat Jelata

Sudah habis kataSudah habis suaraSudah habis retorikaSudah habis tenaga

Telah buta mata najwa dari kebenaranTelah bisu mulut mereka dari kejujuranTelah tuli telinga mereka dari bisikan kebaikanTelah habis tenaga mereka karena keserakahan

Tak cukupkah bangku nyamanmuMenopang dirimu di atas kepala kamiHingga kini tinggi hatimuHingga kini rendah diri kami

Amanat terlepas dengan ringannyaLebih ringan dari kapas yang terhempas Janji terlupa dengan cepatnyaLebih cepat dari cahaya sepintas

Masih adakah harapanMeskipun tak sejernih lautan?Masih adakah masa depanMeskipun tak secerah rembulan?

Komang Tri PramanaTriska

Terhempas

Dapatkah jiwa menafsir mimpi???Terlunta menyusup memoriMembakar jiwa yang penuh isyaratMimpi hanya mainan malam berlalu pergiTatkala fajar menghulur realitiDiriku sandaran dikala dukaMengulur kata menghapus jejak

Dhimita Indri AnggraeniSMK Negeri 2 Denpasar

Di Tepian Danau

Danau biru ini disebut TobaDinginnya pagi tajam seperti melihat kepala kerbau

Danau tak pernah mati waktu, sebab mengalirMengingatkan kita kepada nyawa yang biruCerah seperti manusia yang berhati menjadi hulu indrawi

Danau ini hidup bersama air yang dicintai tanpa mencintaiLayaknya aku mencintai negeri ibukuDan, karena cinta bukanlah dengan air mata

Di kakiku tepian yang menyulutkan gelombang kecilTertusuk tulang hingga kepalaYang mendinginkan urat-urat pekerja tubuh

Di sini aku ingat, tak akan hidup Batak tanpa Danau TobaMeski danau tak mampu mencintai air sendiriPelayan, penelayan, pemancing, dan pendanau bergelantunganPada danau mencari nafkah sendiri demi harga diriSegumpalan marga keturunan sendiri, sebelum mati

Adi KrisnandaSMA Perintis Denpasar

Wanita Kesayangan Sajak kecilSenandung merdu hari mudaPeluk kasihDan kecupan manis Sang RatuNyanyikan lagu untuk bidadari kecilTanpa dosaDan Bunda, kini aku mulai berlariMecariDan jati diri bagi esokMasihkah nanti mengenangmu?Adakah kasihmu membekas memeluk fajar?Di balik aku masih berlari, tanpa menoleh

Di mana, kembaliTerulang, dan kini aku tuaDi mana lagi aku mengaduSaat sajak itu membekasJadi lirik, tanpa suaraDi mana lagi, aku bersamamu

Komang Dian Cipta LestariSMAN 3 Denpasar

Terpasung di Pulau Seribu DewaPakem budaya mengulas jiwa dewataTabuh gong seraya menggema di telingaPerempuan tua di balik senja mengulas liuk tubuhnyaMelahirkan berpuluh lakonDan sejarah budaya dewataBola matanya memainkan ekspresi jiwaTerbaca jelas hentak kakinyaMengiringi irama remaja-remajaYang mengitari pusar matanya

Sinar hiasi malam sang penariSetiap pakem telah dilawan oleh kekuasaanUdara penuh rasa curigaTegur sapa tanpa jaminanSamar-samar dia tertegun menyadariDia telah bersimpuh diantara gebu bara apiYang tak kalah dengan semburan magma kaldra gunung berapi

Terlontar sajak tanpa batas zaman purbaTerhampar empunya tersungkur di atas lukaDuduk di meja rektor tak memberi penjaminan sepanjang masaHanya merangkak berbaris korban jalan rayaHanya intaian keangkuhan kekerdilan jiwaNoda di dalam budaya antar remajaDuduk di dalam kekuasaan Dewa-dewaBerontak dengan memandang cakrawala

Tersisa bungsu keselarasan budayaRantai terakhir sejarah budaya dewataKenangan menjadi maskot yang menari di Sungai GanggaKini biarkan abunya menggenang Diantara sumbatan air muntahan dalam selokanDan badannya terpasung dalam politikPulau seribu dewa

I Gusti Ayu Purwa Devi W.SMP Saraswati 1 Denpasar

Bingkai Kehidupan

Masa demi masa berlalu sudahKe mana kaki jalan melangkahLiku-liku kehidupan mengukir sejarahKini saatnya berpotret diriBerbenah dari segala keburukanMeningkatkan semua kebaikanKini saatnya tuk membuka pintu hatiMemaafkan semua kehilafanMari kita sambut dengan gembiraDengan memperbanyak ibadahTuk menggapai tingkatan taqwaDerajat tertinggi di sisi khalikSemoga Tuhan selalu membimbing kitaDan nanti memasukkan kita dalam surga-Nya

Putu Ollga SaraswatiSMA Negeri 1 Denpasar

Sejak Kepergianmu

Detik demi detik waktu berlalauKian memudarkan ingatanku akan dirimuMenerpis kata yang kau ucap sore ituSaat terakhir kali kulihat dirimuKau genggam tanganku eratSeolah tak kau izinkan ku menangisTapi air mata ini tak bisa tertahanSaat kau katakana akan pergiSejak kepergianmu ku termenungMemandang hujan sore yang bersenandung

Ngh. SukadanaSMKN4 Denpasar

Di Tepian Musim

Hembusan nafasku memutih di dinginnya hariSesekali mata memandang jejak kakimu yang terhapus badai waktuMasihkan ada jalan tuk kembali berpulang padamu?Di sapuan masa lalu yang kujalani denganmuMengundang haru akan kesepianku kiniMampukah aku berdiri tanpamu?Penantianku sudah terlanjur terucapApakah dirimu berpikir akan pengingkaran janjikuHingga tak sekalipun suaramu kembali menuntunku?Di sinilah akuDi tepian musim yang mendinginkan memori dan rasakuTanpa lelah…

Dea ShintaSMP (SLUB)

Kamar TuaHawa hampa penuhi ruang iniHanya beberapa denting yang mengiangSepi tak bermimpiHanya sejenak terpecahKemudian kembali direnggut sunyi Ini kamar tak bernyawaKu raba dinding demi dindingIa membisu tak berceritaGelap dan dingin penuh derita Sejenak teringat kenangan lamaSaat keduanya menimang dan menyayangMembekas dalam dan rindu akan semua Kini yang ku lihat hanya ruang tuaPenuh debu, lelah dan susahNamun bekas kenangan kan abadiMeski tak lama lagi ia akan mati

SanjayaDhaprasma

Perasaan yang Tersakiti

Aku tidak tahu apa yang terjadiTapi sesuatu terasa berputar di kepalakuBerputar dan mengaduk-aduk perasaankuPerasaan yang membuatku mual

Aku tidak tahu mengapa semua jadi beginiBayangan masa lalu merayap di seluruh belahan otakkuMemaksaku terdiam, meluruh dalam waktuRinduku berterbangan bagaikan serpihan debuMenutupi luka hati yang membiru

Aku merasa kau sangat jauh, begitu jauhDan aku selalu merindukanmuAku merasa kau tidak pernah dekatBahkan saat kau duduk di sampingkuAndai kau bisa tahu perasaankuYang tersakiti olehmu

Nita SintaSMAN 1 Denpasar

Waktu

Ada yang bilang waktu adalah uangAda yang bilang waktu kan beri pengalamanAda yang bilang waktu jugalah yang akan menjawab semua tanya kitaWaktu sangatlah berhargaTapi mengapa banyak orang menyia-nyiakannya?Kita tidak pernah tahu kapan waktu datang dan kapan waktu pulangManfaatkanlah waktuUntuk menuntut ilmuAgar tercapai cita-citamuApa yang ada di hadapan kita Dan apa yang ada di belakang kitaAdalah hal-hal kecil, apabila dibandingkan dengan apa yang ada dalam diri kitaOptimis adalah awal dari sukses

Wahyuni ParamitaSixsma

PUNCAK HUT ke-25 tahuan (jubelium perak) SMAN 7 Denpasar, Senin (1/9) lalu benar-benar ber-langsung semarak. Puncak HUT dihadiri Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Kadis-dikpora, IGN Eddy Mulya, ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penandatangan di kanvas Sisma.

Saat itu ditampilkan tari kebe-saran SMAN 7 Denpasar “Tunjung Biru”. HUT perak SMAN 7 Den-pasar mengambil tema “Semakin berkilau meningkatkan prestasi menuju sekolah mandiri”. Malam harinya digelar pentas seni di Gong Perdamaian.

Di acara itu Ketua Komite SMAN 7 Denpasar, Dr. Ida Cokorda Peme-cutan IX, S.H., mengakui dulu SMAN 7 Denpasar seperti kandang ayam. Kini sekolah di Jl. Kam-boja ini sudah mengalami kemajuan yang pesat. Kemajuan ini berkat disiplin guru dan siswa, untuk itu dia mengingatkan agar lulusan SMAN 7 Denpasar tetap diberikan penguatan dalam bahasa asing.

Di acara yang juga dihadiri para mantan kasek, Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suya-saputra, M.Si., sengaja meng-adakan HUT di sekolah demi ke-

SEBAGAI Duta Kota Denpasar, SMAN 7 Denpasar yang dinilai tim Prov. Bali, Rabu (3/9) lalu tampil allout pada lomba Wawasan Wiyata Mandala (WWM) se-Bali. Semua aktivitas siswa ditampilkan dengan menonjolkan pendidikan karakter.

Tim penilai yang dipimpin Drs. I Wayan Suarna, M.Si., disambut Wali Kota Denpasar diwakili Kadis-dikpora Kota Denpasar, Ir. IGN Eddy Mulya, M.Si., dan Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suyasaputra, M.Si.

Wali Kota Denpasar dalam sambutan tertulisnya dibacakan IGN Eddy Mulya menjelaskan kini semua sekolah di Denpasar diberi penguatan dalam pendidikan ka-rakter dan berbasis lingkungan. Hal ini dilakuka guna menghindari tergerusnya sekolah sebagai benteng terdepan dari pengaruh negatif global seperti narkoba, tawuran dan games online. De-ngan demikian warga sekolah merasa nyaman berada di sekolah yang berdampak pada kualitas PBM. Melihat potensi tersebut, tegas dia, SMAN 7 Denpasar cocok dijadikan sekolah unggulan budaya dan olahraga.

Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suyasaputra, M.Si., mengungkapkan persiapan mengkuti lomba WWM ini sudah dilakukan sejak sekolah ini ditetap-kan sebagai sekolah adi wiyata. Persiapan lebih matang dilakukan menjelang HUT ke-25 (perak) be-lum lama ini.

Selain memiliki fasilitas yang

lengkap dan memenuhi delapan standar nasional SMAN 7 Den-pasar juga termasuk SKM PBKL PSB dengan focus life skill bidang pariwisata. Program SKM PBKL PSB yang dimulai sejak 2009 ini terintegrasi dengan semua mata pelajaran. Itu sebabnya SMAN 7 Denpasar memiliki show room karya siswa yang memanfaatkan barang bekas menjadi produk ber-nilai ekonomis. Bahkan rancangan bangun jembatan karya siswanya meraih juara II se-Bali.

Inilah yang membuat sekolah yang memiliki 85 guru dan 1.338 iswa ini dijadikan sekolah binaan Direktorat SMA Depdikbud berba-siskan TI.

SMAN 7 Denpasar juga diper-siapkan menjadi sekolah go in-ternasional. Untuk itu guru dan pegawai juga diberikan penguatan dalam bahasa asing dan studi banding ke sekolah favorit di Ja-karta dan luar negeri seperti di Si-ngapura dan Malaysia. Di samping itu menerapkan clean and green dan pendidikan karakter men-jadi ciri khas sekolah ini. Dimana PBM-nya maju 30 menit lebih awal guna menghindari kemacetan lalu lintas.

SMAN 7 Denpasar berdiri di atas lahan 1,6 hektar dengan berbagai fasilitasnya. Prestasi siswanya juga menonjol. Selain mencetak atlet karate juara dunia, juara menulis essay nasional, nilai akademis di rata-rata pemantapan UN berada di ranking I untuk IPA se-Bali dan peringkat empat se-Bali untuk IPS. (sue)

KADO jubelium perak SMAN 7 Denpasar makin banyak. Berbagai prestasi diukir siswa SMAN 7 Den-pasar untuk almamaternya. Tahun ini SMAN 7 Denpasar menjadi duta Kota Denpasar dalam lomba Wawasan Wiyata Mandala tingkat Prov. Bali.

Wali Kota Janji Yakin Semakin Berkilau

POTONG TUMPENG ▬ Kasek Ida Bagus Suyasaputra memotong tumpeng disaksikan Wali Kota saat puncak HUT ke-25 SMAN 7 Denpasar.

Jubelium Perak SMAN 7 Denpasar

Duta Denpasardi Lomba WWM se-Bali

LOMBA ▬ Kadisdikpora IGN Eddy Mulya bersama Kepala SMAN 7, IB Suyasaputra mendampingi tim penilai WWM se-Bali.

Duta Paskibraka hingga Raih Juara I dan III KIR

PRESTASI ▬ Kasek Ida Bagus Suyasaputra dan Sedana bersama siswa berprestasi.

bersamaan. SMAN 7 Denpasar tak boleh puas dengan prestasi selama ini namun terus berprestasi guna menjadi sekolah mandiri.

SMAN 7 Denpasar yang dulunya dari SGA dan SPGN Denpasar tersebut kini menjadi SKM PBKL berbasis TI. PBM di sekolah ini lebih awal setengah jam guna mengatasi kemacetan.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan SMAN 7 Denpasar yang dulu ber-basis olahraga kini sudah bertrans-formasi menjadi sekolah unggulan. Dia yakin SMAN 7 Denpasar makin berkilau, berkembang dengan potensi keunggulan seperti halnya sekolah lain yang berbasis ling-kungan, research dan seni budaya. Dengan demikian sekolah memiliki kekuatan sendiri dan calon siswa yang akan menentukan sekolah dan penguatan yang diinginkan.

Wali Kota menegaskan pen-didikan karakter yang ditekankan pada Kurikukum 2013, akan men-jadi kunci masa depan anak-anak. Di situ dia melihat karakter itu sebenarnya tak berdiri sendiri. Karakter datang dari pikiran dan yang dilakukan secara kontinyu. Di Hindu disebut dengan Tri Hita

Karana. Inilah, kata dia, roh dari Kurkulum 2013. Jangan sampai siswa pintar, namun tak beretika dan tak berdaya saing.

Dia mengajak warga SMAN 7 Denpasar untuk tak meniru pola pendidikan di Cina yang sukses menekankan mental dan keterampilan, namun sistemnya mengimitasi (menjiplak) sehingga tak kreatif. Pendidikan karakter harus diarahkan pada skill yang memadai, memotivasi rasa ingin tahu anak. Makanya Wali Kota mengatakan dalam pendidikan karakter mutlak diperlukan profe-sionalisme guru yang diikuti dengan SOP secara inklusif. Bahkan Wali Kota berjanji tak akan mundur un-tuk menigkatkan profesionalisme guru.

Ketua Panitia Wayan Sucipta menjelaskan serangkaian HUT perak diadakan berbagai lomba seni dan olahraga yang melibatkan warga sekolah dan siswa SMP se-Bali. Di samping itu digelar praktik ekonomi kreatif. Juga digelar aksi donor darah, tenis lapangan antar guru, naik sepeda, jinjing bakul dan pemilihan Teruna Bagus dan Teruni Jegeg. (sue)

Salah satunya adalah mela-hirkan paskibraka terbaik pu-tri 2014 di Bali atas nama Ni Kadek Puspadevi. Dia terpilih bersama tiga rekannya yang lain untuk mengikuti seleksi di ting-kat nasional. Di tingkat provinsi Devi yang kelas XI-MIA-8 masuk

pasukan delapan bertugas saat 17 Agustus kemarin. Devi juga meraih juara harapan III LKBB PPI Kota Denpasar.

Siswa Sisma juga meraih juara I dan III KIR di Fak. Sastra Unud. Ini menunjukkan prestasi akademik anak-anak Sisma Dempasar se-makin seimbang di akademis dan non akademis.

Juara I KIR diriah oleh Sang Ayu Made Sinta Satya (X-MIA-6) bersama Dedik Pratama Putra ( X-IIS-3). Juara III diraiah oleh Ni Made Dinda Aprilia (X-IIS-2) bersama Putu Fenny Diah Ayu Ningrum (X-IIS-2).

Di ajang bergengsi tersebut Sang Ayu Made Sinta Satya “BIO-PASAK” yang artinya Bioplastik anti semut dari ampas kopi: Ino-vasi pembungkus makanan ramah lingkungan. Sementara Dinda saat itu memaparkan “Mitos pohon tua sebagai upaya pelestarian ling-kungan menuju generasi cerdas

berperilaku”. Siswa binaan Drs. I Made Wirawan membuktikan mitos ini mampu mengerem orang menebang pohon.

Selain itu siswa SMAN 7 Den-pasar terpilih memperkuat Bali di Popwil untuk bola voli dan sepak takraw. Sementara alumninya suk-ses di Jerman atas nama IA Kha-risma, Wiwin dan Krisna Loka.

Di hari yang sama BRI beker-jasama dengan SMAN 7 Denpasar untuk mengkampanyekan gerakan nasional non tunai (GNNT). Hal ini dilakukan untuk mengurangai tran-saksi uang tunai. Siswa disiapkan kartu khusus untuk dikondisikan di kantin sekolah. Dengan demikian SMAN 7 Denpasar menjadi model pertama GNNT.

Prestasi ini dikatakan Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suyasaputra sebagai kado HUT perak yang sangat monumental. Prestasi ini juga mendukung visi sekolah unggul dalam akademis, peduli lingkungan, pelayanan pri-ma berwawasan meta kecerdasan. Mereka adalah anak yang cerdas

dalam intelektual, emosional, dan spiritual. Dengan demikian SMAN 7 makin berumur, makin kuat dan makin berkembang.

Terkait dengan ketiga itu warga SMAN 7 Denpasar menggelar persembahyangan bersama di parahyangan sekolah. Ia bangga anak-anak yang baru duduk di ke-las I sudah mampu menunjukkan prestasi akademis terbaik di Bali. “Inilah ciri khas anak-anak SMAN 7 Denpasar yang disebut berka-rakter,” ujarnya.

Serangkaian HUT ke- 25 SMAN 7 Denpasar Wakasek Kesiswaan, Nyoman Sedana S.Pd., M.Pd., dilakukan lomba dan kreativitas. Di antaranya lomba futsal, gigit koin, debat bahasa Inggris, lomba TI melibatkan siswa SMP se-Denpasar. Juga digelar aksi donor darah, tenis lapangan antar guru, naik sepeda jinjing bakul. Yang unik ada lomba memasak nasi goreng, menghias kue, merangkai bunga, lomba akustik dan pemi-lihan Teruna Bagus dan Teruni Jegeg. (sue)

4 13Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

KEBIASAAN buruk yang kita lakukan se-hari-hari dan tanpa kita sadari ternyata dapat menimbulkan dampak negatif terhadap ke-sehatan kita. Salah satunya terhadap organ alat pikir kita yaitu otak. Nah, kira-kira apa saja kebiasaan buruk yang dapat merusak otak kita? Tidak Sarapan

Jadi tidak sarapan pagi. Kadar gula akan rendah, akibatnya suplai nutrisi ke otak jadi berkurang.Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah sehingga kemampuan kerja otak akan menurun atau enggan berpikir.Merokok

Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit

SANGAT wajar jika wanita yang me-ngalami ketidaknyamanan pada perut ketika sedang datang bulan, seperti kembung atau kram. Namun beberapa wanita terkadang bisa mengalami periode menstruasi lebih berat diban-dingkan yang lain, bahkan sampai bisa mengganggu aktivitas di sekolah maupun kampus. Lalu, normalkah hal tersebut?

Periode menstruasi dika-takan tidak normal jika te-lah mengganggu kegiatan sehari-hari. Jika rasa sakit pada perut sangat parah, tubuh lemah, dan terjadi pen-darahan yang berlebihan hingga mengganggu keseharian, segera periksakan ke dokter.

Sebuah survei yang dilakukan oleh ahli Obstetri dan Ginekologi di Keck USC School of Medicine, Diana Ramos, Sekitar 93 persen wanita de-ngan periode menstruasi yang berat mengatakan bahwa dirinya kurang bersemangat dalam menjalani hari-hari ketika sedang datang bulan. Sedangkan sekitar 65 persen melaporkan bahwa dirinya merasa kurang percaya diri dan hanya ingin tinggal di tempat tidur sepanjang hari selama

STROBERI adalah buah merah yang cantik dan menggoda. Rasanya yang ma-nis dan sedikit masam membuatnya banyak digemari oleh para masyarakat. Beberapa khasiat stroberi antara lain:1. Khasiat stroberi tidak akan berubah,

meski sudah diolah menjadi jus, kue, ataupun selai. Riset membuk-tikan, roti bakar yang diole- s i selai stroberi men-gandung anti oksidan 50 persen leb-ih banyak d i b a n d i n g stroberi se-gar.

2. S t r o b e r i kaya vitamin C, dan ting-kat keasaman vitamin C-nya aman untuk lam-bung.

3. Mengkonsumsi satu cangkir stroberi setiap hari bisa menurunkan resiko ber-bagai jenis kanker. Diantaranya kanker leher rahim, payudara, dan tenggorokan.

4. Stroberi berkhasiat meningkatkan keku-atan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih. Manfaat itu bisa didapat jika kamu secara rutin mengonsumsi stroberi, pa-ling tidak satu sampai tiga cangkir.

PERAWATAN bibir sangatlah penting, terutama saat terjadi perubahan musim. Bibir pecah-pecah ditandai dengan bibir yang kering dan merekah. Walaupun sudah diolesi pelembab bibir secara rutin, bibir kering tetap sulit untuk diatasi. Nah, berikut ada tips untuk mengatasi bibir kering se-cara alami.Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa atau mentega pada bibir kamu yang kering. Ini merupa-kan pengobatan yang cepat untuk bibir ke-ring dan pecah-pecah. Asam lemak pada minyak kelapa mampu mengobati kulit dan melembabkan bibir kering. Minyak kelapa atau mentega ini juga membantu menghi-langkan bibir yang berwarna gelap.Irisan Buah Tomat

Pijatlah bibir dengan sepotong tomat yang baru dipotong. Sari buah tomat ini dapat menyembuhkan bibir yang kering secara alamiah. Dan tambahkan beberapa tetes air madu pada irisan tomat sebelum diaplikasikan pada bibir.Madu

Ambil lah satu tetes madu dengan ujung

TIDUR merupakan saat di mana tubuh dan pikiran kamu beristirahat dari segala aktivitas. Walaupun demikian, sebaiknya aturlah posisi tidur kamu agar tidak terjadi gangguan setelah bangun tidur. Sebaiknya tidur atau berbaring dalam posisi yang me-lemahkan otot dan ligament agar dapat meregangkan punggung bawah sehingga terhindar dari masalah punggung dan nyeri. Berikut posisi tidur yang dianjurkan untuk menjaga postur tubuh dan bangun dengan badan segar.Menghadap ke Atas

Posisi kepala saat tidur mempengaruhi posisi seluruh tubuh dan meningkatkan te-kanan pada tulang belakang serta otot pung-gung. Letakkan bantal di bawah kepala dan leher bukan di bahu. Lalu gunakan bantal yang cukup kuat untuk mendukung kepala dan sejajar dengan tulang belakang. Meng-gunakan bantal yang terlalu tebal atau lem-but bisa menyebabkan sakit leher dan pung-gung serta membuat postur tubuh yang bu-ruk. Tidur telentang dapat mempertahankan kontur normal tulang belakang. Buat lutut kamu lebih nyaman dengan cara menaruh bantal di kepala dan di bawah lutut. Tambah-kan juga gulungan handuk pada punggung bagian bawah jika perlu.Posisi Tidur Menyamping

Bagi kamu yang suka tidur menyamp-ing, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Bila perlu, tambahkan gulung-an handuk di bawah pinggang. Cara ini akan membantu meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan memperta-hankan kontur normal tulang. Tidur dengan punggung melengkung membentuk huruf C bisa meregangkan ligament tulang belakang dan melemahkan otot pinggang. Hal ini memperburuk postur tubuh saat duduk dan berdiri. Untuk itu, kurangi lengkungan de-ngan melengkungkan sedikit bagian bawah punggung ke dalam ketika tidur menyamping. Hal itu bisa mem-buat memperkuat kembali otot-otot punggung dan mencegah otot bahu membungkuk.

KEBIASAAN buruk yang kita lakukan se-hari-hari dan tanpa kita sadari ternyata dapat menimbulkan dampak negatif terhadap ke-

Kebiasaan Buruk yang Merusak OtakKebiasaan Buruk yang Merusak OtakAlzheimer/pikun.Mengkonsumsi Gula Berlebih

Konsumsi gula terlalu banyak akan me-nyebabkan terganggunya penyerapan pro-tein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidak-seimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.Polusi Udara

Otak adalah konsumen oksigen terbe-sar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai otak se-hingga menurunkan efi siensi otak.Kurang Tidur

Otak memerlukan tidur sebagai saat ber-istirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.Menutup Kepala Saat Tidur

Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondiok-

sida dan menurunkan konsentrasi zat oksi-gen yang dapat menimbulkan efek kerusa-kan pada otak.Menggunakan Pikiran saat Sakit

Bekerja terlalu keras atau memaksakan berpikir di saat sedang sakit dapat me-nyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak.Kurang Menstimulasi Pikiran

Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak, kurangnya stimulisasi pada otak dapat menyebabkan mengkerut-nya otak kita.

James KawilarangSisma (XII P4)

Kenali Tanda Menstruasi Tak Normaldatang bulan.

Seperti dilansir Self, waspadai tanda-tanda periode berat menstruasi dan

segera temui dokter jika kalian mengalami salah satu dari ke-

lima tanda berikut ini.1. Darah menstruasi terlalu banyak keluar hingga mem-buat kalian harus meng-ganti pembalut setiap dua jam berturut-turut.2. Kalian perlu mengguna-kan pembalut ganda agar

tidak tembus.3. Bangun tidur di malam

hari untuk mengganti pembalut yang telah penuh.

4. Terdapat gumpalan darah beku yang cukup besar di aliran darah

menstruasi.5. Harus tinggal di tempat tidur

karena terlalu lelah.Jika kamu mengalami

lima keadaan di atas sewak-tu menstruasi, ada baiknya

kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang

lebih tepat.

Amy PratamiSmagripa

a wanita eriodeban-kan u

n

en-hinggasegera

akukan ekologi di

ne, Diana anita de-ng berat

segerameng

lima1.bb

j2k

tid3.

hari yang te

4. Terdapyang cuk

menstru5. Har

karenJik

lima tu m

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering

PERAWATAN bibir sangatlah penting

jari dan perlahan pijat bibir kering kamu. Madu ini dapat melembutkan dan melembabkan bibir, dan mence-gah dari keretakan.Lemon

Ini merupakan salah satu pengo-batan rumah yang paling efektif untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Lemon mampu untuk member-sihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Lakukan hal ini dua kali sehari untuk memperoleh hasil terbaik.Irisan Mentimun

Mentimun sebagian besar terdiri dari air. Kelebihan mentimun ini men-jadikannya sebagai salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan bibir kering dan masalah kulit. Pijatlah bibir dengan irisan mentimun yang baru di-potong. Baiknya dua kali sehari, untuk mengobati bibir kering. Air dalam irisan

mentimun dan kadar vitamin C dari sayuran ini mampu melembabkan bibir kamu.Ekstrak Aloe Vera

Selain merawat kulit kering, ekstrak lidah buaya juga bisa dioleskan pada bibir kering dan pecah-pecah. Kandungan higroskopis dari ekstrak lidah buaya mampu membantu dalam melembabkan dan menjaga kulit agar tetap lembut.Hindari Lipstik

Lipstik bisa mengeringkan dan membuat bibir pecah-pecah. Jadi, bila bibir kamu ke-ring hindari lipstik dan gunakan seperlunya. Cobalah lip gloss alami (seperti dari minyak kelapa, madu, dan ekstrak lidah buaya). Ba-han kimia dalam lip balm, lip gloss, atau lip-stik diketahui bisa mengiritasi kulit.Minum Banyak Air

Dehidrasi adalah salah satu penyebab di balik bibir kering dan pecah-pecah. Cobalah minum banyak air untuk tetap terhidrasi dan menjaga kelembaban kulit.

Komang Tri PramanaTriska

Posisi TengkurapTidur telungkup adalah posisi tidur yang

paling buruk karena menekan jantung, paru-paru dan perut. Namun, bila karena sesuatu hal kamu harus tidur tengkurap, gunakan bantal di bawah perut dan pinggang. Hindari penggunaan bantal di kepala atau kecilkan ukurannya karena akan menekan leher kamu. Hal ini untuk menghindari kondisi tu-lang belakang menjadi tegang.Posisi Berubah-ubah

Tingkatkan kesehatan kontur tulang bela-kang kamu seoptimal mungkin dengan cara memperbaiki posisi bantal yang disesuaikan dengan posisi awal tidur setiap kali terjaga. Kamu cukup menggunakan satu bantal saja untuk menyangga kepala dan leher.Lekukan Tubuh

Dukungan untuk lekukan tubuh biasanya dipengaruhi kasur yang digunakan. Kasur yang terlalu lembek membuat tubuh melorot di tengah dan tidak memberikan dukungan yang cukup untuk mempertahankan po-sisi tubuh yang benar saat tidur. Sebaiknya gunakan kasur yang datar dan rata, yang mampu menyangga posisi tubuh dengan rata. Namun, jangan pula menggunakan kasur yang terlalu keras karena tidak men-dukung kelengkungan alami dari tubuh. Pilihlah kasur yang bisa membuat nyaman pada titik-titik tekanan normal, tetapi mem-berikan dukungan yang baik untuk tubuh.

Dhimita Indri AnggraeniSMK Negeri 2 Denpasar

Posisi Tidur Mempengaruhi Bentuk Tubuh

Buah Mungil Banyak Khasiat

h diolah menjadi jus,n selai. Riset membuk-akar yang diole- s i

men-nti

-n nya lam-

si satu eri setiap hari nkan resiko ber-kanker. Diantaranya

rahim payudara dan

5. Stroberi bisa dijadikan sebagai obat jera-wat alami. Hampir semua obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat yang banyak dikandung stroberi. Karena itu, penggunaan masker stroberi sangat bermanfaat. Caranya, halus-

kan stroberi, campur dengan sedikit yogurt. Oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

6. Untuk memutih-kan gigi, daripada menggunakan ba-han kimia sebagai pemutih lebih baik kamu mengunyah stroberi setiap hari. Selain gigi menjadi

putih, bau mulut pun akan hilang.7. K a n d u n g a n stroberi juga berman-

faat untuk haluskan ku-lit tubuh karena mampu

mengangkat sel-sel kulit mati. Cobalah berendam da-

lam potongan buah stroberi, cam-pur susu dan minyak zaitun. Gosok

ke seluruh badan kamu, lihat hasilnya. Jika rutin dilakukan kulit akan menjadi lebih halus, tidak kusam, dan tumit kaki tidak akan pecah-pecah.

Sagung Sari Maheswari SMAN 3 Denpasar

14 3Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014 Se asa, 6 Septe be 6 O

Bagi grup band sekolah yang mau nongol di WM, silahkan kirim naskah dan foto via email: [email protected]

Koin

Lita : Ayo tebak! Koin apa yang bisa marah?

Dinda : Koin punya orang yang kita ambil!

Lita : Salah!Meta : Koin yang kita

buang percuma! Koin kan punya perasaan, masa dibuang?

Lita : Salah!Lita & Meta : Terus jawabannya

apa?Lita : Haha, yang benar

itu, KOIN-jak kaki orang.

Lita & Meta : Hahahaha….

Christella ImanuelltaSMKN 2 Denpasar

Kucing

Saat bel istirahat ada dua saha-bat yang sedang bercakap-cakap.Solo : Wee broo, ngapain be-

ngong?Bisma : Bosan nih dari tadi bela-

jar saja.Solo : Aku punya tebak-teba-

kan nih, kalau kamu be-nar aku traktir soto deh.

Bisma : Aah, paling juga kamu BBD.

Solo : Enggak kok, ini serius. Jawab ya, kucing… ku-cing apa yang lawas?

Bisma : Nggak tahu!!! (sambil berpikir padahal tidak berpikir apa-apa)

Solo : Hahaha, jawabannya

KUCINGgalan zaman, hahahaha….

Bisma : Krik... kirik... kirik (sambil meninggalkan Solo).

LismantariSixsma

Nenek

Di tengah lapangan ada sepa-sang kekasih yang sedang duduk di bawah pohon rindang, dengan suara petir yang menggelegar.Sam : Cuacanya sangat bagus

ya? (suara petir yang menggelegar).

Solo : Iya cuacanya bagus Sam (sambil menatap Sam dengan kesal).

Sam : Maaf deh Sol, kamu marah ya?

Solo : Enggak kok.Sam : Daripada diem gini, men-

ding kamu jawab tebak-tebakanku aja ya?

Solo : Pertanyaannya apa?Sam : Neneknya siapa yang bisa

manjat pohon dengan ce-pat?

Solo : Mmmmmmmmm….Sam : Nyerah saja deh, jawa-

bannya NENEK MONYET. Hahahaaa.

Lismantari

Sixsma

Matahari

Suatu hari si Abdel dan si Te-mon sedang asik bermain tebak-tebakan di kantin depan sekolah.

Abdel : Mon, aku punya tebak-tebakan nih. Jawab ya!

Temon : Ok… Del.Abdel : Jawab ya, mengapa

bumi ini semakin pa-nas?

Temon : Gampang..., karena lapisan ozon sudah semakin menipis. Ya kan?

Abdel : Salah…, jawabannya karena matahari buka cabang di mana-mana, jadinya bumi ini se-makin panas, hahaha.

Temon : Ahh ada-ada saja kamu nih. Del Del....

Nengah SukadanaSMKN 4 Denpasar

Kopi

Sepasang kekasih sedang duduk di bawah pohon rindang.Udin : Adin, aku mau kasi kamu

tebak-tebakan nih (sambil tersenyum).

Adin : Emang apa tebak-tebak-annya akang? Kalau Adin bisa jawab dikasi apa?

Udin : Kalau bisa jawab akang janji deh bakal beliin kamu baju.

Adin : Ia deh.Udin : Kopi, kopi apa yang deg-

degan?Adin : Apa ya...??? (sambil ber-

pikir padahal tidak ber-pikir apa-apa).

Udin : Nyerah saja deh.Adin : Iya deh! Memang apa

jawabannya?Udin : KOPInang kau dengan

bismillah (sambil keta-wa).

Adin : Ah... akang (sambil ter-

sipu malu).

Kadek Widi PratiwiShooven

Suara Cewek

Di suatu siang, Juna tak se-ngaja melihat Oon yang tengah kebingungan. Sepertinya ada se-suatu yang mengganjal hatinya. Lalu Juna pun segera mengham-piri Oon untuk bertanya apa yang sebenarnya terjadi.Juna : On, kamu kok kelihatan

bingung gitu?Oon : Ini, masa tiap nelpon

kakekku yang ada di Klungkung pasti yang ngangkat teleponnya ce-wek.

Juna : Ehm, mungkin itu nenek-mu yang ngangkat kali.

Oon : Tapi, nenekku kan sudah meninggal. Masa kakek-ku nikah lagi sih.

Juna : Ya, mungkin saja itu bibimu.

Oon : Masa sih. Kakekku kan sudah lama tinggal sen-diri.

Juna : Lho, terus itu siapa dong? Nenekmu bukan, bibimu juga bukan. Memang itu cewek ngomong apa sih?

Oon : Nih, kamu dengerin saja sendiri.

Setelah beberapa saat Juna mendengarkan telepon tersebut, Juna pun berkata.Juna : Ya ampun. Ini sih opera-

tor yang ngomong. Masa aktif kartumu sudah ha-bis, harus diisi pulsa lagi.

Oon : Oh, gitu ya. Makasi ya kamu sudah kasih tahu. Pantesan tiap aku nelpon yang ngomong orang itu terus, heee.

Nengah SukadanaSMKN 4 Denpasar

TV

Ara : Aku punya tebak-tebakan nih! Kalau bisa jawab aku kasi uang deh.

Tara : Apa pertanyaannya?Ara : Begini, TV apa yang terke-

nal di Korea?Tara : Apaya? Ha TV Samsung!Ara : Salah!!!Tara : TV LG kan!Ara : Masih salah!!! Nyerah

nih?Tara : Apa dong jawabannya?Ara : Yah, masa nggak tahu. Ya

TVXQ-lah.Tara : Yah, batal deh dapat

uang.

Dimas (XI IIS 1) SMAN 7 Denpasar

Bumi

Arya : Ayo, aku mau kasi teka-teki lagi buat kamu!

Doni : Oke oke…. Ayo kasi tahu teka-tekimu apa!

Arya : Aku letaknya di bumi, bila tidak ada aku maka akan terdengar suara bum, sia-pakah aku?

Doni : Susah banget!Arya : Gampang, gampang.Doni : Apa jawabannya?Arya : Huruf “I”.

Christella ImanuelltaSMKN 2 Denpasar

Cap

Dodik : Raf, aku punya perta-nyaan!

Raffi : Apa pertanyaannya?Dodik : Cap, cap apa yang bisa

terbang ke mana-mana?Raffi : Nggak tahu. Aku nyerah

deh!Dodik : CAPung Raffi : Hahahaha!

I Md Wisnu Adi WiryawanSMPN 4 Denpasar (VII6)

Ipad

Suatu hari Udin ingin membeli Tablet.Udin : Berapa harga Ipad itu

mbak?SPG : 5 Juta.Udin : Kalau harga Ipad 2?SPG : 6 Juta.Udin : Kalau Galaxy Tab 1 yang

itu?SPG : 3 Juta.Udin : Mmmm… yang Galaxy

2?SPG : Kalau itu 4 Juta.Udin : Wah, mahal-mahal iya???

Ada Tablet yang murah nggak mbak?

SPG : Ada, Bodrex Rp 2.000,- Dapat 4 Tablet lagi, mau?

Udin : Hehehe (senyum nye-ngir).

Ni Luh Sekarini IXBSMP PGRI 3 Denpasar

Makan Waktu

Adi : Ida, kamu sudah ngerjain PR IPS?

Ida : Aku belum ngerjain, soal-nya kemarin aku ngerjain PR Pkn.

Adi : Kok lama sekali kamu nger-jain PR Pkn-nya?

Ida : Iya, soalnya banyak makan waktu.

Adi : Wow! Hebat kamu Ida.Ida : Apa hebatnya Adi?Adi : Hebatnya karena aku baru

tahu kalau ada orang yang bisa makan waktu.

Ida : Hah???

Ni Made Ajeng TrianaSMPN 1 Denpasar

Nasi Goreng

Di sebuah warung ada sese-orang yang bernama Udin ingin membeli Nasi Goreng.Udin : Bang beli nasi goreng-

nya.Penjual : Beli berapa?Udin : Bang Kalau Nasi Go-

reng sepiring berapa?Penjual : Aduh dek, saya nggak

pernah ngitung nasi-nya.

Udin : ???

Ni Nyoman Ayu SuwendriSMP PGRI 3 Denpasar

Delapan Dua Puluh

Seorang bapak-bapak pada hari Minggu siang menonton pertan-dingan sepak bola club favoritnya. Karena mengantuk, ia tidur dari siang hingga malam hari itu. Kee-sokan harinya sang istri menba-ngunkannya.Istri : Pak bangun, sekarang

sudah delapan dua pu-luh.

Bapak : (Tanpa sungkan lang-sung bangun dari tem-pat tidur dan melompat) Yes…yesss! Kenapa tidak bangunkan aku dari tadi. Delapan dua puluh regu yang mana?

Istri : ??? (Bingung).

Deny Sisma

ANTUSIAS pelajar Bali untuk lebih dekat dengan lagu-lagu ber-bahasa Bali rupanya tak perlu di-ragukan lagi. Pelajar putra dan putri dari berbagai SMP, SMA dan SMK negeri dan swasta se-Bali, tumpah ruah unjuk kemampuan pada lom-ba nyanyi lagu Bali mahakarya I Komang Darmayuda, S.Sn., M.Si. Lagu-lagu ciptaan musisi sekali-gus pencipta lagu asal Sukawati, Gianyar ini, sudah tidak asing lagi bagi pelajar di Bali. Termasuk pela-jar di Kota Denpasar, yang sering ambil bagian pada lomba nyanyi ajang kompetisi seni pelajar Pekan Seni Pelajar (PSR), yang diseleng-garakan tiap tahun. Mahakarya yang sudah digubah dalam bentuk DVD itu, berisi kumpulan lagu-lagu mahakarya I Komang Darmayuda, S.S.n. M.Si. Album dengan 13 lagu terbaik itu dinyanyikan anak-anak Sanggar Crescendo, Sukawati, Gianyar milik Komang Darmayuda sendiri. Menurut dosen ISI Den-pasar itu, ada keterpanggilan jiwa untuk menulis lagu anak-anak, yang mengusung tema seni, bu-daya maupun tradisi Bali yang diangkat dalam notasi maupun lirik lagu. Terlebih lagi saat ini ada keprihatinan, tak sedikit anak-anak yang menyanyikan lagu dengan tema cinta.

“Cukup banyak lagu anak-anak yang sudah saya ciptakan. Kebetulan ada desakan dari para orangtua anak-anak di Sanggar Crescendo untuk membuat album, bak gayung bersambut saya pun

BANYAK pelajar saat ini se-pertinya ogah-ogahnya ikut or-ganisasi pelajar, remaja maupun kepemudaan. Berbagai alasan pun dikemukakan. Salah satunya tak ingin belajarnya terganggu atau dengan kata lain ingin fokus belajar.

Dewa Gede Satya Ranasika Kusuma melihat waktu di luar kegiatan belajar itu bukannya un-tuk melakukan hal-hal yang ber-manfaat, melainkan untuk hal-hal yang merugikan diri sendiri mau-pun orang lain. Seperti main game berjam-jam sampai lupa waktu, nongkrong ramai-ramai maupun kegiatan lain yang tidak begitu manfaatnya.

TAK banyak pelajar yang mendapat kesempatan untuk bisa bertatap muka langsung dengan orang penting di republik ini. Ter-masuk bisa bertemu Presiden In-donesia terpilih periode lima tahun ke depan Ir. H. Joko Widodo alias Jokowi. Lain halnya dengan Sri Ayu Pradnya Larasari. Siswi kelas XII Jurusan IPS SMAN 3 Den-pasar itu, dapat melenggang mu-lus di hadapan Jokowi dan massa besarnya di Pulau Bali.

Lagi pula kehadiran Laras –begitu dia akrab disapa, berada di tengah-tengah massa besar Jokowi wilayah Bali cukup menyi-ta perhatian banyak orang. Laras hadir pada acara temu Temu Rela-wan di Hongkong Garden Restau-rant belum lama ini. Bagi Laras, tampil di depan orang banyak bu-kan untuk pertamakalinya. Prestasi beragam bidang seni yang dimiliki, mengharuskannya terbiasa tampil di depan orang banyak. Hanya saja, tampil dihadapan Presiden Jokowi, tentu saja untuk perta-makalinya. Bisa jadi banyak yang bertanya mengapa Laras, yang ter-catat masih berstatus pelajar bisa tampil pada acara yang beraroma politis itu. Usut punya usut, remaja kelahiran Gianyar, 16 Desember 1997 ini, mendapat kehormatan sebagai pembaca doa, pada acara besar tersebut. Bagi Laras, walau-pun sudah terbiasa membacakan doa pada acara-acara penting, be-gitu mendapat undangan sebagai

Ratusan Pelajar SemarakkanRatusan Pelajar Semarakkan Lomba Nyanyi Mahakarya Komang Darmayuda

menyetujuinya,” ujarnya terse-nyum.

Di album Bali Kumara ini, anak-anak Sanggar Crecendo yang terlibat diantaranya Nindia Kepakisan, membawakan lagu Taru Kelapane Suci. Lagu Dewi Saraswati dinyanyikan Nadhia Aryasa, juara menyanyi lagu solo tingkat nasional, Festival Lomba Seni Siswa Nasional 2013 lalu. Lagu Tangis Pertiwi, dinyanyikan Gek Ana Manuaba, Jagat Seni dinyanyikan Ayrin, yang tahun ini lolos mewakili Bali pada ajang FLS2N tingkat nasional di Kota Semarang dalam waktu dekat ini. Lagu Ngrastitiang Jagat Bali di-nyanyikan Bintang Aristia, Bali Kasub oleh Kanya Winda, Pewaris Jagat Bali dikumandangkan Gek Purnama, Mudalara disenandung-kan Sandya Dewi, Bali Asri Les-tari dinyanyikan Rina Anggraeni, Medokaran oleh Bagus Bala dan Bencana Ring Bali dinyanyikan Prabha. Satu-satunya lagu anak-anak dengan tema kocak ber-judul I Lutung Jahil diciptakan Luh Siartini, S.Sn, yang juga istri Ko-mang Darmayuda. Ada yang me-narik di balik album kompilasi itu, anak-anak yang terlibat langsung di dalamnya tidak hanya anak-anak yang berprestasi di bidang tarik suara, juga cukup banyak yang berprestasi di bidang aka-demis. Sebut saja Prabha yang menyanyikan lagu Bencana Ring Bali, tercatat sebagai pelajar juara olimpiade matematika di Singapu-

ra.“Sanggar kami terbuka untuk

siapa saja, yang ingin menggali, mengasah dan mengembangkan bakat seninya di jalur tarik suara,” kata bapak tiga anak ini.

Istimewanya lagu sederet mu-sisi maupun arranger yang terlibat menggarap album anak-anak ini di antaranya, Yong Sagita, musisi maupun penyanyi pop Bali legend-aris. Di samping Dewa Sujana dan Wiwit Setiawan.

Yong Sagita melihat kehadiran album kompilasi anak-anak Bali Kumara ini, memberi arti besar untuk lebih mendekatkan anak-anak Bali dengan lagu pop Bali. Di tengah anak-anak itu kehilangan lagu-lagu yang dapat dinyanyikan dan cocok dengan usianya. Ter-masuk mengajak anak-anak Bali memahami dan mensyukuri seni budaya yang dimiliki Bali.

“Begitu ada ajakan untuk menggarap album anak-anak Bali Kumara ini, saya langsung setuju, tanpa ada embel-embel di balik itu. Akhirnya lagu-lagu ini dapat dinyanyikan dengan baik anak-anak dan DVD-nya beredar tepat waktu,” kata pelantun lagi kocak Jaja Kakne ini.

Pendapat senada disampaikan Dewa Sujana. Keyboardis andal ini melihat sudah saatnya lagu-lagu anak-anak karya Komang Darmayuda dikenal dan dinyanyi-kan anak-anak Bali khususnya. Ak sekadar lagu untuk menghibur, namun kental dengan nuansa seni dan budaya adiluhung Bali.

Wiwit Setiawan pun sependa-pat dengan seniornya Yong Sagita maupun Dewa Sujana. Dirinya berharap ke depan lagu-lagu Ko-mang Darmayuda makin akrab dan makin dekat dengan anak-anak Bali.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menghargai seni dan budaya Bali. Termasuk yang di-tuangkan menjadi sebuah lagu,” kata Dewa dan Wiwit kompak.

Mewakili orangtua anak-anak yang terlibat di album Bali Kumara, Dr. I Made Netra, S.S., M.Hum berharap akan ada album Bali Ku-mara berikutnya, sebagai media untuk memberi ruang anak-anak untuk menyalurkan minat dan bakatnya di jalur tarik suara.

“Saya mengapresiasi dirilisnya album kompilasi anak-anak Bali Kumara ini, apalagi juga dike-mas dalam bentuk lomba,” imbuh Netra. (ast)

BALI KUMARA - Anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu mahakarya I Komang Darmayuda di album Bali Kumara. Album anak-anak yang ken-tal dengan seni dan budaya Bali.

Pentingnya BerorganisasiSatya

Satya –begitu siswa kelas X MIA 1 SMAN 4 Denpasar ini akrab di-sapa, sejak kecil sudah diingatkan orangtua maupun guru-gurunya, jika berorganisasi itu sangat pen-ting dan banyak manfaatnya. Masih segar dalam ingatan ABG kelahir-an Denpasar, 6 September 1999 ini, tokoh-tokoh besar di republik ini, lahir dari organisasi. Sebut saja nama Presiden RI pertama Ir. Su-karno, yang menjadi pendiri nege-ri ini besar dari organisasi kepe-mudaan. Demikian juga dengan tokoh-tokoh lainnya di Indonesia. Bahkan sampai saat ini pun jika diperhatikan perjalanan panjang tokoh itu, dapat dipastikan memiliki cikal bakal yang kuat dari organ-isasi. Gaya kepemimpinannya pun akan berbeda, mereka yang besar di organisasi dan tidak.

Sulung tiga bersaudara pasang-an Dewa Gede Kusuma Nusa Chandra-Made Muriantini ini, akhirnya langsung ikut organisasi sungguhan begitu mendapat ke-sempatan bergabung dengan Fo-rum Komunikasi OSIS SMP se-Ko-ta Denpasar. Berpegang sungguh-sungguh pada prinsip stay hungry stay foolish, makin menambah keyakinan Satya, jika organisasi itu sangat penting dan bermanfaat. Kalaupun manfaatnya itu tidak dira-sakan sekarang, namun sangat di-yakini akan dirasakan manfaatnya suatu saat nanti. (ast)

Doa Untuk JokowiLaras

pembaca doa pada acara itu, dia sempat kaget juga.

“Saya sempat bingung juga, ke-napa saya yang harus baca doa. Akhirnya saya tahu kesempatan itu datang, setelah ada yang mem-perhatikan cara saya baca doa di sejumlah acara,” ujarnya.

Laras rupanya punya prinsip yang patut dicontoh remaja lainnya. Jika diberi tanggung jawab, bung-su dua dua bersaudara pasangan Kadek Suartaya-Ni Made Sudiasih ini, berusaha keras untuk melaku-kannya dengan baik. Bahkan jika memungkinkan lebih baik dari yang diharapkan. (ast)

Siswa SMPN 2 Amlapura Juara di CinaSMPN 2 Amlapura sudah bu-

kan lagi termasuk sekolah rin-tisan internasional. Itu karena kebijakan pusat yang menghapus sekolah dengan katagori seperti itu. Meski begitu, siswa dari seko-lah itu masih tetap berprestasi tinggi. Bahkan, ada siswa meraih juara di tingkat internasional saat kontes di Cina.

Dengan ketekunan atau kete-latenan para guru membina siswa setempat, pada tiga bulan terakhir ini, sejumlah siswa meraih presta-si nasional dan internasional. Mi-chael Titus Prasetyo menyabet medali perak pada fi nal Asia Inter-nastional Mathematical Olyompi-ad (AIMO) di Cheng Du, Cina. Se-lain itu, Titus juga meraih medali perunggu pada fi nal International Mathematic Contest (IMC), di Si-ngapura, belum lama ini.

Siswa berprestasi nasional, I Gede Bayu Kusuma sebagai fi -nalis letter writing competation. Sementara siswa berprestasi di tingkat Pemprov Bali antara lain juara I siswa berprestasi Ni Putu

ARCA - Terlihat arca Dewi Saras-wati yang baru dibangun di SMPN 2 Amlapura. Arca ini dibangun dengan megah dan direncanakan dipelaspas pada Hari Saraswati, 4 Oktober depan.

Sri Indrani Remitha, juara I lomba cerdas cermat pendidikan agama Islam dengan tim Umi Nurhayati, Dian Pritasari, dan Elsa Adela Mar-sella. Sementara juara II lomba pidato Pendidikan Agama Islam tingkat provinsi Bali disabet Lalu Erlangga.

Rekannya, Feoni Audina Har-yantho sebagai the best ten (masuk 10 besar) olimpiade baha-sa Inggris tingkat Pemprov Bali.

Selain siswa, pada guru juga tak mau kalah menyumbangkan prestasi bagi sekolah di tengah kota Amlapura itu. Guru ber-prestasi sebagai juara I pembina pramuka Ni Wayan Parwati, S. Pd., M.Ag. Finalis guru berpresta-si lainnya tingkat Pemprov Bali, Ni Wayan Muntiari, S.Pd. Mat.

Kepala SMPN 2 Amlapura I Wayan Gede Suastika, S.Pd. baru-baru ini di sekolah itu menga-takan, pihaknya baru beberapa bulan bertugas memimpin sekolah itu. Pembenahan dilakukan. SMP itu sampai kini baru memiliki enam buah kamar mandi atau WC. Pa-

dahal dengan jumlah siswa yang banyak, sekolah di dalam kota Amlapura itu memerlukan 16 sampai 20 buah WC. Meski kerap terjadi antrian panjang siswa saat jam istirahat ke WC, mereka tetap berprestasi.

Wayan Gede Suastika menga-takan, pihaknya berupaya menata sekolah itu. Suastika yang mantan Kepala SMPN 4 Karangasem di desa Bugbug itu, melakukan pe-nataan areal sekolah, termasuk memugar sejumlah bangunan sekolah, serta pengadaan ba-ngunan kamar mandi, agar lebih representatif.

Suastika yang Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP di kabupaten ujung timur pulau Bali itu mengatakan, penataan sekolah dalam rangka sekolah itu bisa membuat nyaman bagi siswa untuk belajar dan guru mengajar. Meski kini setelah tidak lagi berstatus sekolah rintisan inter-nasional, karena kebijakan pusat--sehingga dana jauh berkurang, ditambah lagi tak boleh memungut SPP dari siswa/orangtua siswa. Anggaran penataan areal sekolah dengan memanfaatkan rancangan anggaran sekolah dan sumbangan sukarela komite. (bud)

itu mendapat undangan sebagai diharapkan. (ast)

ahal dengan jumlah siswa yang Suastika yang Ketua

15

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek, dll. Naskah diketik 2 spasi dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 PengetahuanSelasa, 16 September - 6 Oktober 2014

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komen-tarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tanggal 24 Oktober, ang-gota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liputan : Made Sueca. Anggota Redaksi : Pujawan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra Prayoga. Wartawan Se-

kolah : Ni Wayan Meida Yunita Sari (SMAN 6 Denpasar), Sonia Kharisma (SMAN 1 Tabanan), Ayu Desi Darmawati (SMPN 1 Kerambitan), Ni Wayan Diyanti (SMA Surya Wisata Kediri), Ni Luh Gede Widya Saraswati (SMPN 2 Tabanan), Dyah Ayu Raka Natih Gustini (SMK Pariwisata Triatmajaya), Eko Aditya Ramadianto (SMKN 3 Tabanan), Pradina Ariyati (SMKN 1 Tabanan), Ni Luh Ayu Arista Dewi (SMAN 4 Denpasar), Desak Nyoman Utami (SMA Dwijendra Denpasar), Pande Putu Dian Ayu Ardiani (SMK PGRI 1 Denpasar), Galuh Alfaranny P. (SMP PGRI 2 Denpasar), Intan Widya Pratiwi (SMAN 5 Denpasar), Ni Wayan Eka Wahyuni (SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar), Ni Kadek Laksmi Vira Santhi (SMPN 3 Denpasar), Made Nita Jayanti Tusandari (SMAN 6 Denpasar), Ni Made Sugiatini (SMK PGRI 3 Denpasar), A.A. Diah Satria Purnama (SMA Dwijendra Denpasar), Nyoman Manik Mas Genitri Putri (SMP Dwijendra Denpasar), Kadek Diah Sri Laksmi Dewi (SMAN 8 Denpasar), Ayu Giri Widiadnyani (SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafis : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pem-impin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

OOpini

TIPS di bawah ini bisa dilakukan untuk me-ningkatkan keamanan komputer Mac OS X kamu.Buat Akun Tambahan

Secara default akun yang digunakan oleh peng-guna Mac OS X dalam mengaksesnya adalah de-ngan hak Administrator. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya jika pada posisi tersebut komputer kamu terinfeksi oleh malware. Karena malware tersebut bisa melakukan serangan terhadap komputer hingga pada level Administrator. Untuk menghindarinya, disarankan kamu membuat akun tambahan yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan tipenya adalah non-admin. Kamu bisa menambahkan akun tersebut melalui menu

Cara Jitu Meningkatkan Keamanan Komputer“Sistem Preference” kemudian masuk ke menu “Ac-counts”.Gunakan Browser

Saat mengakses internet kamu bisa menggunakan browser yang mempunyai fitur sandbox atau sebuah mekanisme untuk menjalankan aplikasi dan ekstensi tertentu pada sebuah lingkungan tertutup. Misalnya bisa menggunakan Google Chrome seperti yang disa-rankan oleh perusahaan keamanan komputer Kasper-sky. Google Chrome dipilih karena mempunyai fitur sandbox yang bisa diaplikasikan pada ekstensi Flash Player yang kerap digunakan oleh para peretas untuk memasukkan program jahat.Hapus Flash Player

Flash Player merupakan “pintu masuk” favorit para peretas yang akan menyerang sebuah komputer ber-basis Mac OS X. Sehingga disarankan untuk mengha-pus instalasi Flash Player terutama versi lama, karena terdapat celah keamanan yang cukup berbahaya.Perbaiki Instalasi Java

Sama halnya dengan Flash Player, Java juga ber-potensi menjadi target dari para hacker. Menghapus Java adalah salah satu hal yang disarankan oleh Kaspersky. Gunakan update resmi Java dari Apple untuk mendapatkan file yang terpercaya.Segera Update

Saat tersedia “Software Update” segeralah jalankan update tersebut. Software yang lama tidak diupdate be-lakangan ini sering dijadikan alternatif untuk melakukan serangan pada komputer berbasis Mac OS X.

Komang Tri PramanaTriska

JIKA pada memori internal ba-nyak menyimpan cache, maka su-dah pasti semua handphone akan terasa lemot dalam hal kinerjanya. Dengan membersihkan cache yang tersimpan di memori internal, dapat mengembalikan kinerja yang optimal dari ponsel. Ada beberapa aplikasi untuk menghapus cache, salah satu yang dapat kamu coba yaitu aplikasi History Eraser. Cara menggunakan aplikasi tersebut cukup mudah, tinggal jalankan aplikasi History Eraser lalu pilih clean selected dan otomatis cache-cache yang tersimpan di internal memori akan terhapus.Perhatikan Aplikasi

Jangan banyak-banyak men-jalankan aplikasi sekaligus. Me-mang perangkat Android adalah perangkat yang mendukung fitur multitasking dan berfungsi untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, akan tetapi fitur terse-butlah yang menjadi penyebab uta-ma perangkat Android kamu akan

Mengatasi Handphone Android yang Mulai Lemot

terasa lebih lemot.Ruang Kosong

Sediakan ruang kosong yang lebih untuk memori internal. Sudah jelas jika internal memori dipenuhi dengan aplikasi, lagu, gambar,

maupun video akan membuat ki-nerja perangkat Android tidak op-timal. Ada baiknya kamu simpan file-file penting kamu pada ekster-nal memori.Live Wallpaper

Kemungkinan tidak banyak orang yang tahu jika live Wallpaper diaktifkan akan membuat kinerja perangkat Android menjadi lemot. Kalau perangkat Android kelas atas mungkin tidak terasa lagi, namun jika perangkat Androidmu termasuk kelas low-end secara otomatis akan merasakannya.Kosongkan Inbox

SMS yang terkirim maupun SMS yang masuk akan mempe-ngaruhi kinerja perangkat, karena semua SMS akan tersimpan di internal memori. Direkomendasi-

kan agar jangan membiarkan SMS menumpuk jika ingin perangkat berkinerja optimal dan tidak lemot.

Karina Y.S.Smapan

BBM sekarang ini menjadi a-plikasi yang sepertinya sudah wa-jib dimiliki pada pengguna Android. Aplikasi ini sangat banyak penggu-nanya karena memang ringan dan mampu terintegrasi dengan baik.

Sebelumnya, BBM hanya apli-kasi messenger yang dapat di-jalankan pada Gadget Blackberry saja, namun kini BBM dapat digu-nakan pada Smartphone berbasis iOS dan Android. Namun ternyata

Mengganti Tema BBM di AndroidBBM pada Blackberry dapat meng-ganti tema BBMnya dengan mudah. Pada Android juga dapat dilakukan perubahan tema, namun itu tidak semudah pada Blackberry. Karena memang aplikasi BBM pada An-droid hanya disediakan tampilan standar. Terkadang kita merasa bosan sehingga ingin mengganti tampilan tema BBM pada Android. Berikut adalah tips dan trik untuk merubah tema BBM pada Android.

Hapus terlebih dahulu a-plikasi BBM. Pastikan kamu mengingat Email dan pass-word akun BBMmu agar tidak perlu merubah pin serta kontak yang ada.

Download master BBM yang sudah dimodif, terdapat banyak aplikasi BBM Modif di google.

Setelah itu download aplika-si editor untuk mengganti tema BBM.

Kamu dapat melakukan modifikasi melalui PC atau Laptop. Pastikan PC kamu su-dah terdapat aplikasi Winrar.

Di dalam folder tersebut, kamu akan menemukan gam-bargambar dengan nama “Back_chat.png”, “back_main.png”, dan “back_clide”. 3 Gam-bar tersebut adalah file yang akan kamu ganti atau timpa dengan gambar yang sudah kamu siapkan, dan pastikan kamu sudah me-rename gam-bar yang kamu inginkan de-

ngan nama yang sama (back_chat.png, back_main.png, back_slide.png).

Jika sudah selesai, keluar dari folder tersebut hingga lokasi file Apk BBM Modif tadi. Pada aplikasi BBM tersebut tekan dan tahan lalu pilih menu ‘optimize&sign’. Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu akan tampil Apk.Bak (biarkan saja aplikasi tersebut). Install mas-ter aplikasi BBM Modif tersebut.

Apabila proses penginstallan sudah selesai, kamu hanya perlu login dengan username serta pass-word akunmu sebelumnya. Dan selesai, Background BBM akan se-suai dengan pilihanmu.

JamesSisma

DI BALI salah satu wujud pem-bangunan kepemudaan adalah melalui pelestarian wadah yang ada ditingkat Banjar yang terse-bar di seluruh desa di Bali, yang dikenal dengan Sekaa Teruna.

Istilah Sekaa Teruna sudah mencakup pengertian Teruna (Pe-muda), Teruni (Pemudi), karena pengertian Sekaa Teruna sudah mencakup anggota pria dan wani-ta. Untuk itulah Sekaa Teruna-Ter-uni diseragamkan, sehingga yang masih memakai istilah Sekaa Teruna-Teruni supaya mengguna-kan istilah sekaa teruna. Mungkin belum banyak yang mengeta-hui, hal ini ditegaskan dengan surat edaran Gubernur Kdh.Tk.I Bali, Nomor: 427/10083/Binsos Mental tanggal 28 Juni 1985.

Sesuai awig-awig baru pada tahun 2014 yang telah ditetap-kan oleh pemerintahan daerah Provinsi Bali, anak-anak yang su-dah berumur 13 tahun wajib dan berhak ikut dalam kegiatan sekaa truna di banjar masing-masing. Baik pria maupun wanita keikut-sertaan dalam kegiatan sekaa truna sangat mempengaruhi dan bermanfaat ketika nanti sudah terlibat langsung dengan banjar atau berumah tangga. Namun kini, seberapa pun banyak ang-gota sekaa teruna sering dising-kat ST cenderung sulit dijumpai anggota yang berusia dewasa, sebut saja senior. Lebih banyak kisaran usia 13-19 tahun. Ini me-mang baik, tapi diperlukan keberadaan sosok senior dalam sebuah organisasi untuk membina anak-anak yang lebih kecil.

Berbeda dengan 10 ta-hun lalu, pemuda-pemudi senior (20-30 tahun yang belum menikah) masih banyak yang antusias mengikuti kegiatan sekaa teruna. Terbukti pada hari raya besar umat hindu, Galungan dan Kuningan. Pada hari raya besar ini, biasanya keluarga besar ST mengadakan kegiatan warung mini di banjar se-bagai suatu tradisi. Dari sana bisa dirasakan antu-sias senior dan junior sekaa teruna setempat. Mulai dari memasak makanan yang akan dijual, mencicipnya,

Sekaa Teruna Wadah OrganisasiPemuda, Keberadaan Senior Menipis

Ni Komang Ayu WahyuniSMAN 6 Denpasar

hingga berjualan bersama-sama. Begitulah situasi hangat yang ter-cipta saat itu. Meski tradisi tersebut masih ada, sangat disayangkan ke-beradaan senior mulai menipis da-pat dihitung dengan jari.

Tak dipungkiri sang senior disi-bukkan akan aktivitas kerjanya. Banyak dari senior yang berko-mentar: “Kalau saya ke banjar, saya jadi yang paling tua.” Jawab-an seperti itu tidak salah, namun akan menjadi masalah bila satu dari senior ogah hadir, biasanya menular pada senior lain.

Yang patut ada di sini adalah kesadaran diri sendiri dan tang-gung jawab akan kewajiban seba-gai anggota sekaa teruna walau tak sepenuhnya bisa mengikuti se-gala kegiatan di sekaa teruna. Kini yang merebak adalah anak-anak, sebut saja junior. Kegiatan sekaa teruna meliputi gotong royong, be-lajar berorganisasi, sembahyang bersama purnama, acara kunjung-an, yang selanjutnya disesuaikan dengan kesepakatan masing-ma-sing kepengurusan ST.

Jika hal ini didiamkan, akan mentradisi. Tidak menutup ke-mungkinan akan muncul penda-pat: “Yang rajin ini-ini saja, yang malas sudah tidak pernah datang’’.Diperlukan penataan kehidupan pemuda, karena pemuda me-mainkan peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan yang didasari bahwa masa depan ada-lah kepunyaan generasi muda.

Nama : Eka Prema PutraPanggilan : PremaTTL : Bangli, 29 Juni 1999Alamat : Br. Blungbang.Sekolah : SMKN 1 Bangli.Jurusan : Teknik Komputer & Jaringan. Instagram : Premprema_Facebook : Prema PutraMotto : Jadilah diri sendiri.Komentar : Selalu tersenyum.

Nama : Pande Kadek Ega Sasdicka

Panggilan : Ega/PandeTTL : Bangli, 05 Mei 1999Sekolah : SMKN 3 Sukawati

(KOKAR Bali)Jurusan : KarawitanCita-cita : Guru TabuhPin BB : 7D835A54Twitter : @egha_sasdickhaFacebook : Ega SasdickaPesan : Salam buat teman-

teman dan guru-guru SMPN 2 Bangli.

VOCABULARYNo English Indonesia

1 Accomodation Pertolongan/batuan2 Accompaniment Iringan (bunyi-bunyian)3 Bandwagon Kereta musik4 Bandy Bengkok5 Canada Kanada6 Canadian Yang berhubungan dengan

Kanada7 Debauchery Pesta yang berlebih-lebihan8 Debenture Surat hutang9 Effectiveness Kemanjuran10 Effeminacy Kewanita-wanitaan11 Fare Ongkos/biaya perjalanan12 Farewell Ucapan selamat (jalan)13 Gateway Pintu gerbang14 Gather Lipatan/sulam15 Hanky-panky Tipu daya16 Haphazard Sembarangan17 Immaturity Ketidakmatangan18 Immeasurable Yang tak terbatas19 Journalist Wartawan20 Journalistic Mengenai kewartawanan21 Knifepoint Ujung pisau22 Knight Kesatria23 Latch Kancing24 Latchstring Tali kancing25 Malt Gandum26 Maltreat Menganiaya27 Neigh Meringkik28 Neighbor Tetangga29 Oddball Yang aneh30 Oddity Yang aneh31 Pacesetter Yang menentukan model32 Pachyderm Binatang yang berkulit tebal33 Quadrangle Segiempat34 Quadrangular Bersegiempat35 Rabbit Kelinci

Hai sobat Wiyata Manda-la …....

Namaku Grenetty Imelda, atau panggil saja Nety/Cenik (soalnya paling kecil di Kelas). Umurku 14 tahun. Aku tinggal di Kodam Prajarakcaka.Hobi : Berenang, shop-

ping, tidur & selfie :D

Sekolah : Di SMPN 11 Den-pasar. Jayaa!!!

Kalau mau kenal lebih dekat, bisa invite pin ku : A08B206

Makasih sudah baca, sa-lam kenal yaa sobat WM :D

Nama : Fajar Permana PutraAlamat : Jl. Tunjungsari Perum. Persadasari, Blok F no.49.Sekolah : SMK PGRI 4 DenpasarJurusan : Tata Boga Hobi : Renang & basketTwitter : @FajarPermanaPPin : 7d5c82cdCita-cita : Ingin membahagiakan keluarga.Motto : Hormatilah orang lain kalau Anda ingin dihormati.

Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

16Selasa, 16 September - 6 Oktober 2014

Patut Dibanggakan

2135 TH, XVIII, 16 September - 6 Oktober 2014, Eceran Rp. 2.000

Prestasi itu diraih Trisma sete lah memboyong p ia la bergilir Avicena Competition yang ketiga kalinya belum lama ini. Prestasi anak-anak Trisma ini patut dibanggakan karena dari tiga katagori lomba yakni LKTI, majalah dinding dan poster digital. Trisma meraih dua juara I yakni di LKTI dan mading, juara harapan I diraih di LKTI dan harapan II di poster digital.

Trio Trisma yang sukses menjadi juara I di LKTI yakni Ni Wayan Bunga Pandansari (XI-MIA5), I Gusti Ayu Agung Anggita Dewi Hartayani (XI-MIA6) dan I Kadek Irwan Setiawan (XI-MIA2).

Bunga Pandansari adalah anak pertama pasangan I Made Sueca dan Ni Made Sudiani asal Br. Kedaton Kesiman. Irwan adalah anak kedua pasangan Siti Rahayu dan Made Suartama asal Sukawati sedangkan Angita anak kedua pasangan I Gusti Putu Ardita dan Ni Nyoman Widiasih asal Kerambitan.

Trio Trisma, Bunga, Anggita dan Irwan memaparkan hasil penelitian berjudul “Pengujian formulasi natural liptin anti iritasi dari eksrak methanol bunga kecombrang ( kec i cang ) ” . Hebatnya lagi, anak-anak Trisma ini tak hanya kuat di teori dan landasan keilmuwan namun

juga sukses memproduksi liptin natural. Wajar ketiga anak cerdas ini siang dan malam giat meneliti dan menyusun naskah.

Ide ini muncul, kata Bunga, Anggita dan Irwan, selama ini bunga kecombrang (kecicang) tak dimanfaatkan secara optimal d i b idang kefarmasian o leh masyarakat. Bahkan banyak anak muda yang tak tahu soal kacicang, sebab selama ini hanya dipakai untuk sambal mentah saja.

Kecombrang setelah diteliti oleh trio Trisma ini ternyata banyak mengandung antosianidin yang b isa mengendal ikan f igmen merah sintetis pada liptin. Juga mengandung antioksidan bisa mencegah iritasi pada bibir.

Liptin (perpaduan lisotika dan lipgloss) memiliki warna lebih intens dari lipgloss. Ketiga anak Trisma menciptakan produk natural liptin dengan warna yang lebih soft dan tahan lama. “Puas banget raih juara. Karena kami targetkan juara I agar bisa meraih piala tetap,” ujarnya.

Tim LKTI Trisma lainnya meraih juara Harapan I didukung oleh Laksmi Adityarani (XI-MIA6), Putu Eka Mas Pratiwi (XI-MIA6) dan Ni Putu Rila Aristariana (XI-MIA2). Mereka memaparkan hasil penelitian “Efektifitas kombinasi lumeria alba dengan epodia suaviolens sebagai lotion anti nyamuk”. Dia menemukan lotion anti nyamuk ini bunga jeoun cendana dengan zodia”. Namun mereka puas berada di posisi keempat karena dari tiga tim Trisma yang dikirim, dua tim lolos final dan

meraih juara.Sementara itu di ajang bergengsi

tersebut tim mading Trisma “Jegeg Sekayang-kayang” meraih juara I. Tim Trisma diperkuat Shafila Primerianti (XI-MIA2), Ni Luh Ade Vitari Lokaninda (XI MIA2), I Putu Karang Adisurya (XI-IPA2), Ni Putu Indah Pradnyasari (XI-MIA1), dan Luh Putu Regita Amantadewi (XI-MIA1). Tim ini mengambil tema rekayasa kosmetik masyarakat. Hal ini didasari atas maraknya kosmetik palsu di masyarakat.

Sementara itu di lomba poster digital I Komang Indra Irmawan (XII-IPA3) meraih juara Harapan II. Posternya berjudul “Pilih kosmetikmu dengan bijak”. Poster ini memberi gambaran kosmetik modern dan masyarakat tradisional dengan memberi ilustrasi tampilan wanita di desa lebih anggun dan sederhana sedangkan wanita modern tampak keriput dan kusam.

Di ajang lain anak-anak Trisma menyapu bersih juara lomba baca puisi yang digelar Bali Post di Shankara Resto belum lama ini. Juara I diraih oleh IA Gita Phalasukma (XI-MIA2), juara II oleh Amanda Diah Aprianti (XII-IPA5) da juara III oleh I Wayan Sugiarta (XI-MIA5).

Di ajang Denpasar Film Festival 2014, anak Trisma meraih juara II. Prestasi ini dipersembahkan sutradara Aryatana (XII IPS), penata kamera, Krisna Adijaya, penulis naskah Ayu Ari Widiani (XI-IIS1), dan penata artistik Dwi Permana (XI-MIA3). Film berdurasi 15 menit mengetengahkan soal Radio Trisma

yang diberedel dengan judul “Masih ada asa Voice of Trisma”. Film ini juga masuk finalis di Festival Film Nasional di Dieng.

Di samping itu anak Trisma juga meraih juara III pentas jurnalistik di FE Unud. Mading Trisma meraih juara III didukung oleh Ni Made Fina Pradnyani Pratiwi (XI-MIA6) bersama Cok Istri Maha Pradnya Savita (XI-IIS2), I Made Dwi Permana (XI-MIA3), Ari Mei Wahyuni (XI-MIA1) dan Diah Budiantari (XI-MIA1).

Kepala SMAN 3 Denpasar, Drs. I Ketut Suyastra, M.Pd., didampingi Wakasek Humas Putu Gede

Subrata, S.Pd. berterimakasih karena anak-anaknya mampu mengharumkan nama sekolah lewat prestasi. Hingga setahun ini anak-anak Trisma sudah mengoleksi 187 piala dar i berbagai kejuaraan.

Keduanya mengatakan ini bukan prestasi terakhir, maju terus Trisma dan terus berprestasi. Budaya berprestasi ini pas dengan predikat Trisma sebagai pusat penelitian (research) di Bali. “Berpretasi terus anak-anaku Trisma,” ujar Suyastra. (sue)

PRESTASI- Siswa Trisma yang berprestasi bersama piala yang diraih di berbagai event.

Patut DibanggakanBaca Hal. 15

Pandangan Pertama

Semarak Pensi Sixsma

SMPN 2 AmlapuraJuara di Cina

Kenali Tanda Menstruasi

Cerpen Pilihan "Melepasmu"

Anggi, Irwan, Bunga

Temukan Liptin Natural

Di tengah marak beredarnya kosmetik

palsu, anak-anak SMAN 3 Denpasar (Trisma)

menemukan liptin natural. Prestasi ini menghantarkan

Trisma memboyong piala tetap Avicena Competition

yang diadakan Fak. Farmasi Unud.

Berbaga i p res tas i mem-banggakan memang se la lu ditampilkan siswa Skensa. Baru-baru ini, sekolah yang berada di Jl. Hos Cokroaminoto Denpasar ini berhasil mengantarkan siswanya meraih juara I lomba poster digital tingkat SMA/SMK se-Jatim, Bali Nusra. Di ajang Avicena Competition 2014 yang digelar Fak. Farmasi Unud tersebut, Skensa diwakili oleh Kadek Indah Susanti (XI RPL). Prestasi lainnya dipersembahkan Si Ngurah Agung Waya Diatmika, ia sukses meraih Juara III LKS Nasional, Auto CAD/CADD Building yang digelar di Palembang.

Yang membanggakan lagi, Skensa yang notabene sebagai sekolah teknik bahkan mampu mengatarkan siswanya tampil sebagai winner dalam debat Bahasa Inggris tingkat Provinsi mengalahkan sekolah-sekolah yang berbasis pariwisata.

Di non akademis, I Made Praptayana sukses memboyong

SMKN 1 Denpasar Bertabur PrestasiKEDISIPLINAN dan keseriusan SMKN 1 Denpasar

(Skensa) dalam mendidik dan mencetak teknisi handal memang tak perlu diragukan lagi. Sekolah dengan nama

beken Skensa ini bahkan tak pernah surut dengan prestasi. Baik bidang akademis maupun non akademis siswanya rutin

menyumbang prestasi mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, sampai tingkat internasional.

gelar juara di Kejurnas Atletik Yunior dan Remaja, katagori lompat jauh remaja putra yang digelar di stadion Atletik Lebak Bulus, Jakarta. Bahkan remaja kelas XII TL ini juga meraih Juara II di katagori lomba jangkit remaja putra. Berkat kesuksesannya ia pun mendapat reward dari sekolah, yakni bebas uang komite selama beberapa bulan. Prestasi lainnya juga dipersembahkan oleh Made Galuh Restu Satya Pratika (XI MM1) yang berhasil meraih juara I kontes western song di Thailand. Sementara di Porjar Kota Denpasar, SMKN 1 Denpasar meraih Juara Umum III dan mengalami kemajuan prestasi dari tahun sebelumnya.

Bahkan dalam waktu dekat ini tim Skensa akan berlaga di ajang bergengsi lomba LKS SMK tingkat Provinsi Bali. Sebelumnya di LKS tingkat Kota Denpasar, dari delapan mata lomba, Skensa berhasil menyapu bersih gelar juara dan berhak mewakili Kota

Denpasar untuk maju ke tingkat Provinsi. Bidang lomba tersebut meliputi Automobile Technology, Electrical Installation/Commercial Wiring, Graphic Design Technology, IT/Software Application, CADD Building (Auto CAD), Information Technologi/ Networkking Support, Web Design, dan Electronic Application. Kesuksesan tersebut yang akhirnya mengantarkan Skensa melaju ke tingkat Provinsi pada tanggal 15 – 19 September ini. Apalagi ada beberapa kategori lomba yang memang tidak ada saingannya, sehingga SMKN 1 Denpasar secara otomatis maju sebagai kontingen Kota Denpasar.

Lomba tersebut meliputi Welding, Production Machine, Bricklaying, Joinery, Plubing, Carpentery/Cabinet Making, Wall and Floor Tiling, serta CADD Mechanical Engineering.

Kepala SMKN 1 Denpasar, I Ketut Suparsa S.T, M.T., mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang telah dipersembahkan para siswanya, dan berharap agar ke depan guru dan siswa-siswa Skensa semakin berprestasi. Apalagi saat ini SMKN 1 Denpasar sudah menjadi sekolah rujukan. Jadi terkait kurikulum 2013, sekolah ini menjadi klaster yang dijadikan sebagai pusat belajarnya sekolah-sekolah yang

akan melaksanakan kurikulum 2013.

Lebih lanjut Ketut Suparsa mengatakan, dalam dekat ini memang ada banyak agenda yang harus digarap sekolah. Salah satunya persiapan HUT sekolah. “Terkait HUT sekolah, kita masih persiapan lounching APPO (Alat Pengolah Pupuk Organik) yang akan di-launching oleh Walikota Denpasar sebelum diserahkan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan. Kita juga akan melaksanakan Tekno Exspo. Jadi, hasil karya inovatif guru dan siswa akan dipamerkan,” ungkapnya. (rii)

WM/sue

WM/rii