Windows Phone 7

download Windows Phone 7

of 18

  • date post

    12-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    50
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Windows Phone 7

Windows Phone 7 diumumkan oleh Steve Ballmer pada event Mobile World Congress 2010. Event tersebut berlangsung dari tanggal 15 Februari 201018 Februari 2010 di Barcelona, Spanyol. Acara eksebisi tahunan tersebut merupakan ajang kumpul-kumpul para developer mobile. Para pengembang mobile tersebut datang untuk menunjukkan perkembangan teknologi yang telah mereka capai. Menurut perusahaan riset Canalys, perangkat lunak Microsoft saat ini memiliki sekitar 9% dari pasar smartphone. Sistem operasi Windows terbaru untuk smartphone ini menduduki peringkat empat, di belakang Symbian, RIM (pembuat Blackberry) dan Apples iPhone OS.

Ini jelas merupakan langkah besar ke depan," kata Pete Cunningham, analis dari Canalys seperti dikutip BBC News. Menurutnya, Microsoft telah benar-benar berjuang dengan windows mobile 6 dan versi 6,5 yang diluncurkan Oktober 2009, namun telah kehilangan pangsa pasar akibat sistem operasi yang dibuat kompetitornya lebih unggul. Windows Phone 7 datang dengan segudang feature baru. OS ini juga menjanjikan beberapa peningkatan dibandingkan Windows Mobile 6.5. Perbedaan yang paling menonjol terlihat pada bagian HOME. Layar awal Windows Phone 7 lebih dipusatkan untuk memudahkan penggunanya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Microsoft lebih banyak menggunakan shortcut. Microsoft juga meningkatkan User Interface di OS ini. Tampilannya berubah radikal dan bersaing dengan tampilan iPhone, Android, maupun WebOS. Halaman depan ponsel tersebut menampilkan ikon berukuran besar yang menampilkan menu telepon, SMS, status Facebook, Foto, dan tombol ke layanan online XBox Live. Bagi pengagum Zune HD, gayanya mungkin familiar, tapi buat pengguna Windows Mobile ini sungguh benar-benar baru. Anda bisa lihat kami terus berinvestasi di 6.5, namun yang baru ini benar-benar generasi baru secara keseluruhan," kata Steve Ballmer dikutip Engadget. Ia mengatakan untuk mendukung kekayaan Windows Phone 7, Microsoft menyediakan satu perangkat pengembangan yang baru dan akan diumumkan bulan depan dalam ajang MIX. Windows Phone 7 akan lebih terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya. Pengguna dapat mengakses XBOX Live melalui ponsel mereka. Mereka dapat melihat avatar, achievement, dan juga gamer profile. Microsoft tidak melupakan Zune HD. Microsoft seperti memindahkan perangkat pemutar MP3 mereka ke ponsel. Microsoft juga menambahkan jejaring kontak yang disebut People, serta pengalaman lebih intuitif untuk mengakses Foto, Video, dan Game yang merupakan perpaduan kekuatan platform baru ini. Jejaring sosial sedang ngetren. Microsoft tidak melupakan hal tersebut. Kini Microsoft Windows 7 menawarkan kemampuan sistem operasi yang disebut live tiles, dimana secara real time bisa segera menarik konten sebuah situs web dan jejaring sosial. Pengguna dapat mengambil data kontak langsung dari Gmail, Exchange, Facebook, Twitter, dan Windows Live. Pengguna juga dapat melihat update status dan gambar kontak. Kerennya, semua data tersebut dapat dilihat melalui satu tampilan!

Setiap perangkat yang mengguanakan Windows Phone 7 dilengkapi tiga tombol short cut di bagian depan. Masing-masing tombol start untuk membuka semua menu, search untuk mengakses langsung layanan pencarian Bing, dan back untuk melakukan perintah kembali ke menu awal. Selain meningkatkan hiburan, Microsoft tidak melupakan feature kerja. Mereka tetap menyertakan Microsofts Office, email, dan calendar. untuk kepentingan pekerjaan pengguna. Bagi para pencinta dunia Internet, Microsoft menyertakan Internet Explorer dan Bing Search. Windows Phone 7 baru akan tersedia pada musim liburan tahun 2010. Dalam rentang waktu tersebut, para pengembang akan terus bekerja untuk menghadirkan aplikasi yang cocok. Penasaran bagaimana kelanjutan OS ini?

Kekurangan Permasalahan Copy-Paste Selain itu, mirip dengan yang dilakukan Apple pada iPhone, aplikasi yang berjalan pada Windows Phone 7 akan dibatasi dalam sebuah lingkup terbatas (sandbox). Microsoft akan menggunakan sebuah toko aplikasi yang memungkinkan pengembang pihak ketiga mengajukan aplikasinya untuk berjalan di ponsel berbasis WP7. Berikut adalah beberapa kelemahan seputar fitur WP7 yang dikutip detikINET dari WMExperts, Jumat (26/11/2010):

Aplikasi pihak ketiga berjalan dalam sandbox, tak bisa mengakses Copy, Cut dan Paste juga tak bisa multitasking. Multitasking bisa dilakukan oleh aplikasi bawaan, aplikasi pihak ketiga bisa menggunakan sistem notifikasi. Silverlight akan berjalan pada WP7 tapi bukan pada Internet Explorer di dalam WP7. Distribusi aplikasi pihak ketiga harus melalui Marketplace, sesuai persetujuan Microsoft.

Kendala

Multitasking

Pihak

Ketiga

Nah, soal multitasking WP7 awalnya memang sedikit menyebalkan. Saat detikINET mencoba Twitter, Facebook atau beberapa aplikasi pihak ketiga lain, live update akan tertutup jika aplikasi ditutup. Jadi misal kita menekan tombol homescreen, Facebook yang sudah kita bukan akan kembali lagi ke awal. Hal seperti ini masih terjadi di beberapa aplikasi yang ada di Marketplace (toko aplikasi Windows).

Kamera

Windows

Phone

7

Tak

Optimal

Microsoft punya aturan ketat dalam hal desain yang mengharuskan semua perangkat Windows Phone 7 memiliki kamera yang bagus. Salah satu syaratnya, kamera tersebut minimal harus 5 megapixel. Sayangnya, sistem operasi (OS) mobile terbaru milik raksasa software tersebut ternyata membatasi akses kamera untuk beragam aplikasi. Dengan demikian, para developer tidak bisa memanfaatkan fungsi kamera sepenuhnya.

Seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (26/11/2010), meski perangkat Windows Phone 7 bisa merekam dan mengunggah video dan gambar, para developer dikatakan tidak bisa memanfaatkan sensor gambar untuk melakukan hal menyenangkan lain seperti video chat dan augmented reality.

Mungkin hal itu sedikit benar. Saat dijajal detikINET, pengguna tak bisa menekan tombol shutter dengan cara sentuhan di layar layaknya ponsel-ponsel Android.

Walau bagaimanapun, tak ada yang sempurna di dunia ini. Para pengkritik menunjukkan ada beberapa hal penting yang terlupakan Microsoft dalam OS mobile terbarunya ini. Keterbatasan pada fungsi kamera, copy-paste, dan multitasking ini hanyalah beberapa hal yang kembali menarik perhatian publik pada kehadiran Windows Phone 7. Semoga Microsoft segera memperbaikinya. Windows Phone 7 adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft , dan merupakan penerus nya Windows Mobile platform. [1] Hal ini ditujukan untuk pasar konsumen, bukannya pasar enterprise seperti pendahulunya. [2] ini diluncurkan di Eropa, Singapura dan Australia pada tanggal 21 Oktober 2010, dan di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 8 November 2010, Meksiko pada 24 November 2010,, dengan Asia untuk mengikuti pada tahun 2011. [3] Dengan Windows Phone 7, Microsoft menawarkan antarmuka pengguna yang baru dengan desain bahasa bernama Metro , mengintegrasikan sistem operasi dengan pihak ke-3 dan layanan Microsoft lainnya, dan berencana untuk kontrol ketat yang berjalan pada perangkat keras itu. [4]

Bekerja pada seorang mayor Mobile Windows update mungkin telah dimulai pada awal 2004 dengan kode "Foton", tetapi bekerja bergerak perlahan-lahan dan proyek ini akhirnya dibatalkan. [7] Pada tahun 2008, Microsoft mereorganisasi kelompok Windows Mobile dan mulai bekerja pada sebuah baru sistem operasi mobile. [8] Produk ini akan dirilis pada 2009 sebagai Windows Telepon, tapi beberapa keterlambatan diminta Microsoft untuk mengembangkan Windows Mobile 6.5 sebagai rilis sementara. [9] Larry Lieberman, manajer senior produk Microsoft Developer Pengalaman Mobile, mengatakan kepada eWEEK: "kami punya lebih banyak waktu dan sumber daya, kita mungkin telah mampu melakukan sesuatu dalam hal kompatibilitas ke belakang. Jika" [10] Lieberman mengatakan bahwa Microsoft berusaha untuk melihat pasar ponsel dengan cara baru, dengan pengguna akhir dalam pikiran serta jaringan perusahaan. [10] Terry Myerson, VP perusahaan rekayasa Phone Windows, mengatakan, "Dengan pindah ke layar sentuh kapasitif, jauh dari stylus, dan bergerak ke beberapa pilihan perangkat keras yang kami buat selama 7 Phone pengalaman Windows, kami harus merusak kompatibilitas aplikasi dengan Windows Mobile 6.5. " [11] Penamaan Windows Phone 7 adalah rebranding dari Microsoft 's mobile OS lama bernama Windows Mobile . Sebelum pengumuman resmi dari Windows Phone 7, Microsoft mulai untuk merujuk ke perangkat yang menjalankan Windows Mobile sebagai "Windows Phones". Microsoft pada awalnya mengumumkan platform baru sebagai "Seri Phone Windows 7" yang awalnya berada di bawah kecaman karena terlalu bertele-tele dan sulit untuk mengatakan santai. Menanggapi hal ini, pada April 2, 2010 Microsoft mengumumkan bahwa "Seri" akan dijatuhkan dari nama, meninggalkan platform bernama Windows Telepon 7 [12] . pernyataan resmi Microsoft tentang masalah tersebut adalah: "Pelanggan ingin cara sederhana untuk mengatakan dan menggunakan nama secara konsisten. Yang penting adalah menjaga fokus pada merek Phone Windows, yang kita diperkenalkan pada bulan Oktober dan akan terus melakukan investasi di melalui Windows Telepon 7 dan seterusnya."

Fitur

User interface User interfaceWindows Telepon fitur baru antarmuka pengguna , yang didasarkan pada Microsoft 7 Phone desain sistem Windows, nama kode Metro . [22] Layar awal, yang disebut "layar Start", terdiri dari "Tiles". Ubin adalah link ke aplikasi, fitur, fungsi dan item individu (seperti kontak, halaman web, aplikasi atau item media). Pengguna dapat menambah, mengatur ulang, atau menghapus Tiles. [23] Ubin yang dinamis dan update secara real time - misalnya, ubin untuk account email akan menampilkan jumlah pesan yang belum dibaca atau Tile dapat menampilkan pembaruan hidup cuaca. [24] Beberapa fitur Windows Telepon 7 tersebut diatur ke dalam "hub", yang menggabungkan dan online konten lokal melalui Telepon