Weekly Newsletter LAZNas Chevron Rumbai edisi Agustus 2016 week 3

download Weekly Newsletter LAZNas Chevron Rumbai edisi Agustus 2016 week 3

of 22

  • date post

    16-Apr-2017
  • Category

    Spiritual

  • view

    113
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Weekly Newsletter LAZNas Chevron Rumbai edisi Agustus 2016 week 3

  • weeklynewsletter

    LAZn e w s

    Edisi Agustus 2016 Week 3

    laznas.chevronrumbaiwww.laznaschevron.org rumbai@laznaschevron.org@LAZChevRumbai

    LEMBAGAAMIL ZAKATNASIONALKaryawan MuslimChevron Indonesia

    Water Well dari DUBIC

    Bantuan KonsumtifBulanan Faqir Jompo

    RenovasiMobil Hibah

    PembinaanMajelis Talim

    APAKAH HARTA BAYI DAN MAJNUN WAJIB ZAKAT?

    PembinaanYatim Dhuafa

    Survey Mustahik PenerimaProgram Bedah Rumah

    Bantuan KonsumtifBulanan Faqir Jompo

    RenovasiMobil Hibah

    PembinaanMajelis Talim

    APAKAH HARTA BAYI DAN MAJNUN WAJIB ZAKAT?

    PembinaanYatim Dhuafa

    Survey Mustahik PenerimaProgram Bedah Rumah

  • Berkhidmat pada Muzakki dan Mustahik

    LEMBAGAAMIL ZAKATNASIONALKaryawan MuslimChevron Indonesia

    Zakat Infaq Sadaqah Call CenterHubungi 0761-943854, setiap hari kerja Senin s.d Jum'at

    Call/SMS LAZNas : 0821 7461 7394 Menerima permintaan penjemputan zakat langsung ke Muzakki

    (LAYANAN JEMPUT ZAKAT)

    LAZNas Chevron Rumbai Salary Allotment

    Kantor Pusat Perkhidmatan LAZNas Chevron IndonesiaJl. Paus No. 8A Kelurahan Limbungan Baru, Rumbai Pesisir, Pekanbaru, 28261 Riau email : laznaschevron@gmail.com

    https://charisma.ibu.chevron.net/Personal/SALOT/Home.aspx

    Rubrik Edisi Agustus 2016Week 3

    Dana bisa ditransfer ke Rekening LAZNas Chevron Rumbai di Bank Syariah Mandiri :

    Waqaf : 7089717498, Anak Yatim : 7089718494, Infaq : 7089719668, Zakat : 7020977919

    0821 7461 7394CallSMS

    Water Well dari DUBICBantuan Konsumtif

    Bulanan Faqir Jompo

    RenovasiMobil Hibah

    PembinaanMajelis Talim APAKAH HARTA BAYI

    DAN MAJNUN WAJIB ZAKAT?Pembinaan

    Yatim DhuafaSurvey Mustahik Penerima

    Program Bedah Rumah

  • Sinergi

    Water Well dari DUBICWater Well dari DUBIC

  • Bantuan water well untuk warga RW.04 Kel. Lembah Damai yang pendanaannya berasal dari sumbangan Club Sepeda DUBIC.

    Water Well dari DUBIC

    Sinergi

  • Perkhidmatan

    Bantuan KonsumtifBulanan Faqir JompoBantuan Konsumtif

    Bulanan Faqir Jompo

  • Penyerahan bantuan konsumtif bulanan faqir jompo untuk mustahik jompo inaan LAZNas Karyawan Muslim Chevron Rumbai yang ada di kelurahan Rumbai dan Rumbai Pesisir yang disalurkan setiap minggu pertama setiap bulannya.

    Perkhidmatan

    Bantuan KonsumtifBulanan Faqir Jompo

  • Perkhidmatan

    RenovasiMobil Hibah

    RenovasiMobil Hibah

  • Beberapa waktu lalu LAZNas Karyawan Muslim Chevron Rumbai memperoleh hibah mobil dari Bapak Irwan Kristanto. Saat ini Mobil sedang direnovasi untuk ini nantinya akan dijadikan pustaka bagi murid-murid sekolah Arruhama. Mudah-mudahan adanya pustaka mobil ini bisa menambah motivasi dan minat baca murid-murid Arruhama

    Perkhidmatan

    RenovasiMobil Hibah

    RenovasiMobil Hibah

    Alamat : Kantor Perkhidmatan LAZNas Chevron Rumbai

    Jl. Paus No. 8a Kel. Limbungan Baru, Rumbai Pesisir, Pekanbaru

    Contact Person : 0821-7461-7394

    0821-7461-7394CallSMSLAZNas Chevron Rumbai

    - Waqaf : 7089 717 498- Anak Yatim : 7089 718 494- Infaq : 7089 719 668- Zakat : 7020 977 919

    No RekeningBank mandiri syariah

    Jika Anda ingin menghibahkan barang yang tidak dipergunakan lagisilahkan menguhungi kami :

  • LAZNas Chevron Rumbai Weekly NewsletterPublished by : LAZNas Karyawan Muslim Chevron Rumbai

    Alamat : Kantor Pusat Perkhidmatan LAZNas Karyawan Muslim Chevron Rumbai

    Jl. Paus No. 8A Kel. Limbungan Baru Rumbai - Pekanbaru

    Phone: 0761-53466/0761-53477 0821 7461 7394 ; e-mail: laznaschevron.rbi@gmail.com | rumbai@laznaschevron.org

    Susunan Pengurus

    Direktur : Very Rosnedy ; Dewan Penasehat : Harris Djauhari ; Sekretaris : Agus Kurniwanto, Subambang Anggoro

    Finance : Muhammad Gunawan ; Coord. Rumbai Cerdas : Adi Sarjono ; Coord. Rumbai Mandiri : Faisal Rachmadianto ; Coord Rumbai Sehat : M. Aji

    Coord. Infrastructure : Danan Wahyudi ; Coord. Prog. Sosial & Aksi Cepat Tanggap : Yon Hendri Zulzaini ; Coord. Muzakki dan Penggalangan Dana : Dimas

    Struktur Amilin

    Manager Operasional : Abdur Rahman ; Program Head : Syahrir Affandi ; Admin Keu & Wakaf : Kudi Putra ; Admin & Wakaf Officer : Azirwan ; HRD : Age Pranata

    Program Officer : Agus Setiono, Agung Ramadhan, Kiswito

    weeklynewsletter

    LAZn e w s

    Pendampingan

    PembinaanMajelis Talim Pembinaan Majelis Talim merupakan salah satu program rutin yang digulirkan oleh LAZNas Karyawan Muslim Chevron Rumbai. Pada kegiatan pembinaan ibu-ibu mendapatkan berbagai materi keislaman. Salah satu materi yang diberikan yaitu pelatihan penyelenggaraan jenazah. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan di setiap RT di kelurahan-kelurahan yang ada di Rumbai dan Rumbai Pesisir nantinya ada ibu-ibu yang bisa dan mampu untuk menyelenggarakan jenazah, memandikan, mengkafani dsb.

  • Pada abad modern ini pembahasan zakat sangat diminati. Khususnya permasalahan harta bayi dan majnun apakah wajib di keluarkan zakat atau tidak?. Pertanyaan-pertanyaan ini sering dilontarkan oleh masyarakat. Maka disini penulis akan membahas hukum boleh atau tidak harta mereka dizakati. Para ulama berbeda pendapat dalam permasalahan harta bayi dan majnun (orang yang tidak berakal) apakah wajb dizakati atau tidak?. Menurut sebagian ulama mewajibkan zakat bagi harta bayi dan Majnun sedangkan sebaginnya lagi tidak mewajibkan. Dan penjelasannya sebagaimana yang tertera dibawah ini.

    1. Harta Bayi dan Majnun Wajib di zakati A. Yang berpendapat hukumnya wajib dari para sahabat yaitu Umar Bin Khattab, Abbdullah

    Bin Umar, Ali Bin Abi Thalib, 'Aisyah dan Jabir. Pendapat yang sama juga disampaikan dari para tabi'in 'Atho, Jabir Bin Zaid bahkan para ulama dari empat mazhab seperti Imam Ahmad, Imam Syafi'i dan Imam Malik menyatakan wajib hukumnya harta anak bayi dan Majnun dikeluarkan.

    B. Dalil-dalil yang mewajibkan harta Anak Bayi dan Majnun wajib dizakati sebagai berikut: ? Dalil dari Al-Quran

    Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka."(QS. At-Taubah: 103) Abu Muhammad Bin Hajm menyatakan: bahwa ayat diatas menerangkan secara umum yaitu semua usia baik yang kecil maupun yang dewasa begitu juga halnya dengan yang berakal maupun tidak berakal (Majnun). Karena mereka di dalam ayatnya menjelaskan tentang pensucian harta orang-orang yang beriman dan semua usia membutuhkan pensucian harta.

    Dalil dari Hadist sebagaimana sabda baginda Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim. Rasulullah menyatakan kepada Mu'az Bin Jabal ketika dikirim ke Yaman.

    Artinya: "Apabila mereka telah mematuhi hal itu, maka beritahukanlah kepada mereka bahwa Allah Swt telah mewajibkan kepada mereka untuk mengeluarkan zakat. Yang diambil dari orang-orang kaya diantara mereka, kemudian diserahkan kepada orang-orang fakir mereka." dari hadist ini sudah jelas bahwa yang diambil hartanya tidak ditentukan usia dan keadaan begitu juga penerima zakat tidak ditentukan usia dan keadaan atau kondisi calon mustahik.

    Rasulullah Saw juga bersabda didalam hadist yang lain "bahwa harta anak yatim dikenakan zakat apabila sudah sampai nishab." (HR. Thabrani) begitu juga pesan umar Bin Khattab Ra bahwa "barangsiapa yang menjadi wali anak yatim harus memperhatikan perihal harta benda milik anak yatim apabila sampai nishabnya hendaklah mengeluarkan zakatnya."

    APAKAH HARTA BAYI DAN MAJNUN WAJIB ZAKAT?Oleh: H. Mohd. Yusuf Hasibuan, Lc.

    Hikmah

    Dewan Pengawas Syariah LAZNas Chevron Indonesia

  • Dalil dan Pendapat dari para sahabat Umar Bin Khattab Ra dan 'Aisyah Ra bahwa menyatakan bahwa harta milih anak dibawah umur wajib zakat. Karena yang menjadi pembahasan dasar adalah harta bukan personal atau individual. Setiap individual memiliki kewajiban untuk pensucian dengan berwudu begitu juga halnya dengan harta benda membutuhkan pensucian.

    ? Dari dalil 'Aqal menurut Imam Malik bahwa harta benda milik anak dibawah umur atau bayi sebaiknya disucikan dengan berinfak maupun berzakat sebagai bentuk syukur kepada Allah Swt. Maka seorang wali dari bayi dan Majnun harus melaksanakan zakat dari harta benda mereka bahkan dalam menafkahi keluarga anak bayi dan majnun termasuk tugas wali. Dan menurut Imam Abu Hanifah An-Nu'man sebaiknya meminta izin ketika bayi telah dewasa atau baligh dan meminta izin kepada si Majnun ketika setelah sembuh.

    2. Harta Anak Bayi dan Majnun Tidak Wajib di zakati

    B. Yang berpendapat harta anak bayi tidak wajib dari Abu 'Ubaid dan Sya'bi didalam buku Al-Amwal "bahwa tidak ada zakat didalam harta anak yatim." Sedangkan Imam Abu hanifah menjelaskan bahwa harta anak yatim tidak wajib zakat apabila hartanya tidak berkembang. Sedangkan apabila berkembang dan dijadikan usaha maka hukumnya wajib apabila sampai nishabnya.

    Dalil-dalilnya bahwa ibadah zakat sama seperti ibadah shalat. Dan ibadah shalat membutuhkan niat dan baligh. Maka anak bayi dan Majnun mereka tidak wajib zakat karena mereka tidak bisa melafazkan niat dan belum baligh bahkan mereka belum dikenakan hukum taklifi. Allah Swt berfirman

    Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka."(QS. At-Taubah: 103) didalam ayat ini dijelaskan bahwa pensucian adalah bagi mereka yang memiliki dosa. Sedangkan anak bayi dan Majnun mereka tidak terkena dosa. Meskipun harta benda mereka harus disucikan maka mereka berdua tidak termasuk didalam permasalahan ini. Berbeda halnya jikalau mereka dikenakan hukum taklifi setelah baligh dan setelah sembuh dari kepikunan.

    Dalil dari Hadist bahwa baginda Rasulullah Saw bersabda yang artinya "ada tiga perkara yang diampun