Week 4 sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

26
Presented by : Presented by : Yusinadia Sekar Sari Yusinadia Sekar Sari 11140023 11140023 SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Transcript of Week 4 sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Page 1: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Presented by :Presented by :Yusinadia Sekar Sari Yusinadia Sekar Sari

1114002311140023

SISTEMPEREKONOMIAN INDONESIA

Page 2: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

EKONOMIEKONOMI

Yusinadia Sekar Sari

Page 3: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

SISTEM PEREKONOMIAN

Yusinadia Sekar Sari

Page 4: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Tujuan Sistem Ekonomi

Yusinadia Sekar Sari

Tujuan sistem ekonomi suatu negara pada umumnya meliputi empat Tujuan sistem ekonomi suatu negara pada umumnya meliputi empat tugas pokok:tugas pokok:

1.1. Menentukan apa, berapa banyak dan bagaimana Menentukan apa, berapa banyak dan bagaimana produk-produk dan jasa-jasa yang dibutuhkan akan produk-produk dan jasa-jasa yang dibutuhkan akan dihasilkan.dihasilkan.

2.2. Mengalokasikan produk nasional bruto (PNB) untuk Mengalokasikan produk nasional bruto (PNB) untuk konsumsi rumah tangga, konsumsi masyarakat, konsumsi rumah tangga, konsumsi masyarakat, penggantian stok modal, investasipenggantian stok modal, investasi..

Page 5: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Yusinadia Sekar Sari

Page 6: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Yusinadia Sekar Sari

Page 7: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Sistem Ekonomi Modern

Yusinadia Sekar Sari

Page 8: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Yusinadia Sekar Sari

Page 9: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Sistem Perekonomian Indonesia

Yusinadia Sekar Sari

Page 10: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Yusinadia Sekar Sari

Page 11: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023
Page 12: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023
Page 13: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023
Page 14: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Yusinadia Sekar Sari

Page 15: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Yusinadia Sekar Sari

Page 16: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Ciri Ekonomi Pancasila Yang menguasai hajat hidup orang banyak adalah negara /

pemerintah.Contoh hajad hidup orang banyak yakni seperti air, bahan bakar minyak / BBM, pertambangan / hasil bumi, dan lain sebagainya.

Peran negara adalah penting namun tidak dominan, dan begitu juga dengan peranan pihak swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi. Sehingga tidak terjadi kondisi sistem ekonomi liberal maupun sistem ekonomi komando. Kedua pihak yakni pemerintah dan swasta hidup beriringan, berdampingan secara damai dan saling mendukung.

Masyarakat adalah bagian yang penting di mana kegiatan produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta dipimpin dan diawasi oleh anggota masyarakat.

Modal atau pun buruh tidak mendominasi perekonomian karena didasari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia.

Yusinadia Sekar Sari

Page 17: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Yusinadia Sekar Sari

FAKTOR YANG MEMENGARUHI SISTEM PEREKONOMIAN

INDONESIA

Page 18: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Faktor Intern

Yusinadia Sekar Sari

Lembaga EkonomiLembaga ekonomi ialah pranata yang mempunyai kegiatan dalam bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat pada umumnya. Secara sederhana, lembaga ekonomi dapat diklasifikasikan sebagai berikut ; sektor agraris yang meliputi sektor pertanian, seperti sawah, perladangan, perikanan, dan pertenakan. (Gathering/pengumpulan) yaitu proses pengumpulan barang atau suberdaya alam dari lingkungannya. Sektor industri ditandai dengan kegiatan produksi barang. (production) sektor perdagangan merupakan aktivitas penyaluran barang dari produsen ke konsumen (distribusing) yaitu proses pembagian barang dan komonditas pada subsistem-subsistem lainnya.Sumber Daya EkonomiPotensi sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi daerah pada dasarna dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki oleh daerah baik yang tergolong pada sumberdaya (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah.

Page 19: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Faktor Produksi Yang DimilikiFaktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa. Pada awalnya, faktor produksi dibagi menjadi empat kelompok, yaitu tenaga kerja, modal, sumber daya alam, dan kewirausahaan. Namun pada perkembangannya, faktor sumber daya alam diperluas cakupannya menjadi seluruh benda tangibel, baik secara langsung dari alam maupun tidak, yang digunakan oleh perusahaan, yang kemudian disebut sebagai faktor fisik (physical resources). Selain itu, beberapa ahli juga menganggap sumber daya informasi sebagai sebuah faktor produksi mengingat semakin pentingnya peran informasi era globalisasi ini. (Griffin R: 2006) secara total, saat ini ada lima hal yang dianggap sebagai faktor produksi, yaitu tenaga kerja (labor), modal (capital) sumber daya fisik (phsical resources), kewirausahaan (entrepreneurship), dan sumber daa informasi (information resourcs).Lingkungan EkonomiLingkungan ekonomi adalah sebuah penggabungan dari beberapa faktor ekonomi, seperti jumlah tenaga kerja, produktivitas, pendapatan, kekayaan, inflasi, dan suku bunga. Faktor-faktor ini terpengaruhi pola pengeluaran individu dan perusahaan.

Yusinadia Sekar Sari

Page 20: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Lingkungan ekonomi dipengaruhi oleh:Pendapatan dan kekayaan : pendapatan perekonomian diukur dengan GDP, GNP, dan pendapatan perkapita. Nilai tinggi faktor-faktor ini menunjukkan suatu lingkungan ekonomi progresif.Tingkat pekerjaan : kerja yang tinggi merupakan gambaran positif perekonomian. Namun, ada banyak pengangguran termasuk kerja parsial dan setengah pengangguran.Produktivitas : ini adalah output yang dihasilkan dari jumlah yang diberikan masukan tingkat tinggi mendukung produktivitas lingkunan ekonomi.

Organisasi dan manajemenOrganisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing di peran tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil. Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Yusinadia Sekar Sari

Page 21: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Faktor EksternFalsafah PancasilaSistem ekonomi Indonesia adalah sistem ekonomi yang berorientasi kepada Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam sila ini diberlakukannya etik dan moral agama, bukan materialisme. Kemanusiaan yang adil dan beradab yang tidak mengenal pemerasan atau eksploitasi. Persatuan Indonesia berlakunya kebersamaan, asas kekeluargaan, sosio-nasionalisme dan sosio-demokrasi dalam ekonomi.Kerakyatan mengutamakan kehidupan ekonomi rakyat dan hajat hidup orang banyak. Serta Keadilan Sosial yang mengutamakan persamaan/emansipasi, kemakmuran masyarakat yang utama bukan kemakmuran orang-seorang.Landasan Konstitusional UUD 1945Pasal 33 UUD 1945 adalah pasal utama bertumpunya sistem ekonomi Indonesia. Pasal 33 UUD 1945 adalah pasal mengenai perkonomian yang berada pada Bab XIV UUD 1945 yang berjudul Kesejahteraan Sosial. Kesejahteraan sosial adalah bagian tak terpisahkan dari cita-cita kemerdekaan.

Yusinadia Sekar Sari

Page 22: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Pasal 33 UUD 1945 adalah pasal restrukturisasi ekonomi, pasal untuk mengatasi ketimpangan struktural ekonomi. Ayat 1 Pasal 33 UUD 1945 menegaskan, bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Perkataan disusun artinya direstruktur. Seorang strukturalis pasti mengerti arti disusun dalam konteks restrukturisasi ekonomi, merubah ekonomi kolonial menjadi ekonomi nasional, menghilangkan subordinasi ekonomi dan menggantinya dengan demokrasi ekonomi. Perekonomian berdasar atas demokrasi ekonomi, kemakmuran bagi semua orang. Sebab itu cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajad hidup orang banyak harus dikuasai oleh negara. Kalau tidak tampuk produksi jatuh ke tangan orang-orang yang berkuasa dan rakyat banyak ditindasinya. Pasal dalam UUD lainnya yang mempengaruhi sistem ekonomi di Indonesia antara lain pasal-pasal 18, 23, 27 (ayat 2) dan 34.GBHNBerdasarkan TAP MPRS XXIII/1966, ditetapkanlah butir-butir Demokrasi Ekonomi (kemudian menjadi ketentuan dalam GBHN 1973, 1978, 1983, 1988), yang meliputi penegasan berlakunya Pasal-Pasal 33, 34, 27 (ayat 2), 23 dan butir-butir yang berasal dari Pasal-Pasal UUDS tentang hak milik yuang berfungsi sosial dan kebebasan memilih jenis pekerjaan.

Yusinadia Sekar Sari

Page 23: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Dalam GBHN 1993 butir-butir Demokrasi Ekonomi ditambah dengan unsur Pasal 18 UUD 1945. Dalam GBHN 1998 dan GBHN 1999, butir-butir Demokrasi Ekonomi tidak disebut lagi dan diperkirakan dikembalikan ke dalam Pasal-Pasal asli UUD 1945.Keadaan Kondisi PolitikPolitik juga menentukan sistem ekonomi. Seperti misalnya apabila kondisi politik di Indonesia yang tidak stabil seperti terjadi konflik di beberapa daerah yang disebabkan oleh faktor ekonomi, maka sistem ekonomi pun akan diganti karena sudah tidak seuai dengan kehidupan bangsa Indonesia.Kepastian hukumKepastian hukum tentang sistem ekonomi tersebut berdasarkan pada Pancasila serta UUD 45.Masyarakat dalam arti luasYang dimaksud masyarakat dalam arti luas yaitu semua masyarakat Indonesia dari golongan bawah hingga golongan atas yang berpastisipasi dalam perekonomian Indonesia.PemerintahKeputusan pemerintah dalam mengubah atau menetapkan sistem ekonomi sangatlah penting. Karena keputusan tertinggi ada pada pemerintah. Walaupun masyarakat menghendaki pengubahan tersebut, namun pemerintah tidak mengubahnya, maka sistem ekonomi pun tidak akan berubah.

Yusinadia Sekar Sari

Page 24: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Kesimpulan

Yusinadia Sekar Sari

Page 25: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Daftar Pustaka https://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi diakses tanggal 21 September 2016

pukul 21.08 WIB http://www.tugasmakalah.com/2016/04/makalah-perekonomian-

indonesia.html diakses tanggal 21 September 2016 pukul 19.28 WIB http://sman2kudus.sch.id/webtemp/download/al23.ppt diakses tanggal 21

September 2016 pukul 20.54 WIB https://ismailrasulong.files.wordpress.com/2011/04/sistem-perekindo-

meet1.ppt diakses tanggal 21 September 2016 pukul 21.00 WIB https://www.google.co.id/url?

sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiY0Nm8z6DPAhXFE5QKHd-wCeEQjRwIBw&url=https%3A%2F%2Fyudhairfan.wordpress.com%2F2013%2F04%2F11%2Fpeta-konsep-sistem-ekonomi%2F&bvm=bv.133387755,d.c2I&psig=AFQjCNFsvTVn7IA_dMsuFCFTf-LXERMlDw&ust=1474552462442976 diakses tanggal 21 September 2016 pukul 21.07 WIB

Yusinadia Sekar Sari

Page 26: Week 4  sistem perekonomian indonesia yusinadia sekar sari 11140023

Yusinadia Sekar Sari