??Web viewMembuat Tulisan 2D dan 3D menggunakan Corel Draw. Buka Aplikasi CorelDraw pada tutorial...

download ??Web viewMembuat Tulisan 2D dan 3D menggunakan Corel Draw. Buka Aplikasi CorelDraw pada tutorial ini saya menggunakan CorelDraw X4. ... Extrude adalah salah satu fasilitas di ...

of 10

  • date post

    28-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of ??Web viewMembuat Tulisan 2D dan 3D menggunakan Corel Draw. Buka Aplikasi CorelDraw pada tutorial...

6

Membuat Tulisan 2D dan 3D menggunakan Corel Draw

Buka Aplikasi CorelDraw pada tutorial ini saya menggunakan CorelDraw X4

Buka Project baru File New

Untuk ukuran kertas menggunakan A4 Landscape

Extrude adalah salah satu fasilitas di bawah menu Effects. Prinsipnya adalah menarik sisi-sisi suatu objek ke arah suatu titik tumpu (Pembentukan Objek 3 Dimensi dari penarikan perspektip objek 2 Dimensi).

Dengan mengatur kedalaman, sudut putaran, pewarnaan atau pencahayaan akan dapat menghasilkan banyak kombinasi warna yang ber-variasi sehingga tampilan lebih menarik.

Salah satu contoh untuk membahas topik ini terdiri dari deretan huruf STMIK dan batu domino bertuliskan huruf-huruf STMIK. Batu domino dibentuk oleh kombinasi antara segiempat dan huruf.

Langkah pembuatan:

1. Pengaturan ukuran halaman : Mungkin lebih pantas untuk pilihan Landscape jenis kertas A4. Kemudian pembentukan elemen. Baru kemudian fasilitas Effects - Extruding dipilih.

Di Roll Menu klik Effects Extrude.

2. Buat lah sebuah persegi ukuran sekitar 38 x 60 mm menggunakan Tool Rectangle Agar terbentuk seperti gambar dibawah ini. Untuk jaraknya bisa di perkirakan saja.

Biar lebih keliatan menarik kita akan memberi warna pada masing masing persegi diatas sebaiknya warnanya sama supaya keliatan lebih rapi. Saya menggunakan Fountain Fill dan kombinasi warna, silahkan ikutin step dibawah ini untuk mengkombinasikan warnanya.

Klik dulu Persegi yang ingin di beri warna kemudian klik Fill Fountain Fill, untuk Type Linear dan Color Blend pilih Custom

Saya akan mengkombinasikan beberapa warna Caranya klik pada bagian titik yang ada warna hitam dan putih. Pembagiannya kira kira 0% , 20%, 40%, 60%, 80% dan 100% seperti pada gambar dibawah ini.

Kira kira hasil nya seperti gambar dibawah ini :

3. Selanjutnya Buat Karakter Huruf yang akan di masukkan kedalam persegi tersebut menggunakan Text Tool

Buatlah sesuai kreasi anda bagaimana baiknya menurut anda. Sebagai contoh bisa liat dibawah ini. Saya menggunakan Font Blackoak Std Size : 165pt

Untuk pewarnaan caranya sama dengan pewarnaan pada persegi dengan cara yang sama buat lah seperti gambar dibawah ini.

4. Selanjutnya menyatukan kedua elemen diatas Text dan Rectangle menggunakan Arrange Combine, tapi sebelumnya seleksi dulu kemudian klik kanan Convert to Curves (CTRL + Q) kedua elemen tersebut akan menyatu.

Lakukan hal yang sama untuk setiap karakter S T M I K sehingga menghasilkan seperti gambar dibawah ini.

5. Berikutnya membuat tulisan PALANGKARAYA dibawah karakter S T M I K

Pertama, buat sebuah garis lurus dibawah tulisan STMIK menggunakan FreeHand klik tool Freehand kemudian tarik garis lurus pencet CTRL di keyboard agar garis yang dihasilkan lurus

Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya garis lurus itu di kreasikan agar membentuk garis lengkung agar keliatan lebih menarik waktu menuliskan PALANGKARAYA nantinya.

Klik garis lurus yang sudah dibuat tadi Kemudian klik Shape Tools

Klik di tengah tengah garis lurus tersebut

Kemudian klik Convert Line to Curve

Selanjutnya tarik garis tersebut kebawah sehingga membentuk lengkungan

Selanjutnya inputkan text tools di garis lengkung tersebut atur sedemikian rupa sehingga menghasilkan seperti gambar dibawah ini . . .

SAMPAI DISINI PEMBUATAN 2 DIMENSI SELESAI SELANJUTNYA KITA AKAN MODIFIKASI SEDIKIT PROJECT DIATAS MENJADI BENTUK 3D

Tobe Continue . . .

Created by : Ady

web : http://www.klikady.com / http://www.dewady.com

Contact : ady@klikady.com