bagus7621.files.wordpress.com  · Web viewProses pendataan yaitu pendataan petugas, pendataan...

of 47 /47
TUGAS 3 PERANCANGAN SISTEM ( SISTEM INFORMASI ONLINE SHOP ) Disusun oleh : JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA 2016 Nama : Bagus Wicaksono Nim : 151051023

Embed Size (px)

Transcript of bagus7621.files.wordpress.com  · Web viewProses pendataan yaitu pendataan petugas, pendataan...

TUGAS 3

PERANCANGAN SISTEM

( SISTEM INFORMASI ONLINE SHOP )

Disusun oleh :

Nama

: Bagus Wicaksono

Nim

: 151051023

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND

YOGYAKARTA

2016

Daftar Isi

I.NARASI SISTEM INFORMASI ONLINE SHOP1II.HIPO ( HIRARKI INPUT PROSES OUTPUT )2III.RANCANGAN TABEL DAN RELASI3IV.DFD ( DATA FLOW DIAGRAM )6V.UML ( UNIFIED MODELLING LANGUAGE )10A. Use Case Diagram11B. Class Diagram12C. Activity Diagram13Activity Diagram Mengelola Data Barang (Level Admin)13Activity Diagram Mengelola Data Barang (Level Petugas)14Activity Diagram Mengelola Data Kurir (Level Admin)15Activity Diagram Mengelola Data Kurir (Level Petugas)16Activity Diagram Mengelola Data Petugas (Level Admin)17Activity Diagram Mengelola Data Rekening Bank (Level Admin)18Activity Diagram Mengelola Data Rekening Bank (Level Petugas)19Activity Diagram Mengelola Data Supplier (Level Admin)20Activity Diagram Mengelola Data Supplier (Level Petugas)21Activity Diagram Mengelola Data User (Level Admin)22Activity Diagram Mengelola Data User (Level Petugas)23Activity Diagram Mengelola Halaman Utama24Activity Diagram Mengelola Isi Form25Activity Diagram Lihat Data User26D. Sequence Diagram27Sequence Diagram Mengelola Data Rekening Bank (Admin)27Sequence Diagram Mengelola Data Rekening Bank (Petugas)27Sequence Diagram Mengelola Data Barang (Admin)28Sequence Diagram Mengelola Data Barang (Petugas)28Sequence Diagram Mengelola Data Supplier (Admin)29Sequence Diagram Mengelola Data Supplier (Petugas)29Sequence Diagram Mengelola Data User (Admin)30Sequence Diagram Mengelola Data User (Petugas)30Sequence Diagram Mengelola Data Kurir (Admin)31Sequence Diagram Mengelola Data Kurir (Petugas)31Sequence Diagram Mengelola Data Barang (Admin)32Sequence Diagram lihat barang (User)33Sequence Diagram Isi Form Data User33Sequence Diagram Lihat Data User34Daftar Pustaka35

Sistem Informasi

Online Shop

I. NARASI SISTEM INFORMASI ONLINE SHOP

1. Proses pendataan yaitu pendataan petugas, pendataan barang, pendataan supplier, pendataan kurir, pendataan bank, dan pendataan customer.

2. Proses pendataan barang, supplier, kurir dan bank dilakukan oleh petugas.

3. Proses pendataan customer dilakukan oleh customer sendiri.

4. Komponen - komponen untuk data petugas adalah id_petugas, nama_petugas, alamat_petugas, no_telp, jadwal.

5. Komponen - komponen untuk data barang adalah id_barang, nama_barang, harga_satuan, stok.

6. Komponen - komponen untuk data supplier adalah id_supplier, nama_supplier, alamat_supplier, no_telp.

7. Komponen - komponen untuk data kurir adalah id_kurir, nama_kurir, alamat_kurir, no_telp.

8. Komponen - komponen untuk data bank adalah id_bank, no_rekening, nama_bank.

9. Komponen - kompoen untuk data customer adalah id_customer, nama_customer, alamat_customer, alamat_email, no_telp.

10. Dalam proses ini ada beberapa transaksi yaitu transaksi_pembelian, transaksi_penjualan, transaksi_order, transaksi_pembayaran, transaksi_pengiriman.

11. Komponen - komponen untuk data transaksi_pembelian adalah id_pembelian, id_petugas, id_barang, id_supplier, harga_satuan, jumlah, total.

12. Komponen - komponen untuk data transaksi_penjualan adalah id_penjualan, id_petugas, id_pembayaran, jumlah, total.

13. Komponen - komponen untuk data transaksi_order adalah id_order, id_customer, id_barang, jumlah.

14. Komponen - komponen untuk data transaksi_pembayaran adalah id_pembayaran, id_order, id_bank, no_rekening, total.

15. Komponen - komponen untuk data transaksi_pengiriman adalah id_pengiriman, id_kurir, id_order, keterangan.

16. Customer yang sudah melakukan proser order, pembayaran maka akan menerima email_verifikasi.

17. Jika Customer tidak melakukan pembayaran atau stok habis maka proses order akan reject atau pembatalan order.

18. Untuk manager akan menerima laporan penjualan dan laporan pembelian barang.

II. (SISTEM INFORMASIONLINE SHOPpendataantransaksilaporanemail verifikasiinput datapetugasinput databaranginput datasupplierinput databankinput datakuririnput datacustomertransaksipembeliantransaksipenjualantransaksiordertransaksipembayarantransaksipengirimanlaporanpembelianlaporanpenjualansuccessorderrejectorder)HIPO ( HIRARKI INPUT PROSES OUTPUT )

III. RANCANGAN TABEL DAN RELASI

1) Tabel Barang

2) Tabel Petugas

3) Tabel Kurir

4) Tabel Supplier

5) Tabel Bank

6) Tabel Konsumen

7) Tabel Pembelian

8) Tabel Penjualan

9) Tabel Order

10) Tabel Pembayaran

11) Tabel Pengiriman

12) Tabel Varifikasi Email

18

13) Relasi Antar Tabel

IV. DFD ( DATA FLOW DIAGRAM )

1) DFD Level 0

2) DFD Level 1

3) DFD Level 2 ( pendataan )

4) DFD Level 2 ( transaksi )

V. UML ( UNIFIED MODELLING LANGUAGE )

Unified Modeling Language (UML) adalah salah satu tool/model untuk merancang pengembangan software dengan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam bahasa program yang spesifik, skema database dan komponen-komponen yang diperlukan dalam sistem software. UML menggunakan bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian berbasis OO (Object-Oriented).

UML menyediakan beberapa diagram visual yang menunjukan berbagai aspek dalam sistem. Ada beberapa diagram yang disediakan dalam UML antara lain : (Sholiq, 2006)

a. Diagram use case (use case diagram)

Diagram use case menyajikan interaksi antara use case dan aktor. Aktor dapat berupa orang, peralatan, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem yang sedang dibangun. Use case menggambarkan fungsionalitas sistem atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhu sistem dari pandangan pemakai.

b. Diagram aktivitas (activity diagram)

Diagram aktivitas menggambarkan aliran fungsionalitas sistem.

c. Diagram sekuensial (sequence diagram)

Diagram sekuensial digunakan untuk menunjukkan aliran fungsionalitas dalam use case.

d. Diagram kelas (class diagram)

Diagram kelas menunjukkan interaksi antar kelas dalam sistem.

A. Use Case Diagram

Use case diagram melibatkan 3 aktor, yaitu admin, petugas, dan user yang memiliki peran berbeda. Admin dapat mengelola data user, data supplier, data kurir, data barang, data petugas dan data rekening bank. Petugas dapat mengelola data data user, data supplier, data kurir, data barang, dan data rekening bank. User dapat mengelola data user sendiri dan melihat halaman utama/ web. Ketiga aktor tersebut dapat mengubah profil miliknya sendiri. Sebelum melakukan proses-proses tersebut, admin, petugas diharuskan melakukan login terlebih dahulu. Untuk user hanya untuk mengedit dan melihat data sendiri yang diharuskan login. Setelah login maka sistem akan melakukan verifikasi (pengecekan) kebenaran data login(username dan password) yang dibandingakan dengan database.

B. Class Diagram

Class diagram adalah diagram yang menggambarkan struktur dari sebuah sistem. Class diagram terdiri dari beberapa class yang di dalamnya terdapat attribute dan operation. Attribute adalah sesuatu yang dimiliki oleh class tersebut, sedangkan operation adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh class tersebut.

C. Activity Diagram

· Activity Diagram Mengelola Data Barang (Level Admin)

Activity diagram kelola data barang adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas admin dalam mengelola data barang melalui sistem. Sebelumnya admin login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data barang lalu dapat mengakses menu data barang dan mengelola data barang. Admin bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data barang.

· Activity Diagram Mengelola Data Barang (Level Petugas)

Activity diagram kelola data barang adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas petugas dalam mengelola data barang melalui sistem. Sebelumnya petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka petuas dapat masuk ke halaman data barang lalu dapat mengakses menu data barang dan mengelola data barang. Petugas bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data barang.

· Activity Diagram Mengelola Data Kurir (Level Admin)

Activity diagram kelola data kurir adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas admin dalam mengelola data kurir melalui sistem. Sebelumnya admin login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data kurir lalu dapat mengakses menu data kurir dan mengelola data kurir. Admin bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data kurir.

· Activity Diagram Mengelola Data Kurir (Level Petugas)

Activity diagram kelola data kurir adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas petugas dalam mengelola data kurir melalui sistem. Sebelumnya petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka petugas dapat masuk ke halaman data kurir lalu dapat mengakses menu data kurir dan mengelola data kurir. Petugas bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data kurir.

· Activity Diagram Mengelola Data Petugas (Level Admin)

Activity diagram kelola data petugas adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas admin dalam mengelola data petugas melalui sistem. Sebelumnya admin login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data petugas lalu dapat mengakses menu data petugas dan mengelola data petugas. Admin bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data petugas.

· Activity Diagram Mengelola Data Rekening Bank (Level Admin)

Activity diagram kelola data rekening bank adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas admin dalam mengelola data rekening bank melalui sistem. Sebelumnya admin login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data rekening bank lalu dapat mengakses menu data rekening bank dan mengelolanya. Admin bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data rekening bank.

· Activity Diagram Mengelola Data Rekening Bank (Level Petugas)

Activity diagram kelola data rekening bank adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas petugas dalam mengelola data rekening bank melalui sistem. Sebelumnya petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka petugas dapat masuk ke halaman data rekening bank lalu dapat mengakses menu data rekening bank dan mengelolanya. Petugas bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data rekening bank.

· Activity Diagram Mengelola Data Supplier (Level Admin)

Activity diagram kelola data supplier adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas admin dalam mengelola data supplier melalui sistem. Sebelumnya admin login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data supplier lalu dapat mengakses menu data supplier dan mengelolanya. Admin bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data supplier.

· Activity Diagram Mengelola Data Supplier (Level Petugas)

Activity diagram kelola data supplier adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas petugas dalam mengelola data supplier melalui sistem. Sebelumnya petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka petugas dapat masuk ke halaman data supplier lalu dapat mengakses menu data supplier dan mengelolanya. Petugas bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data supplier.

· Activity Diagram Mengelola Data User (Level Admin)

Activity diagram kelola data user adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas admin dalam mengelola data user melalui sistem. Sebelumnya admin login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data user lalu dapat mengakses menu data dan mengelolanya. Admin bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data user.

· Activity Diagram Mengelola Data User (Level Petugas)

Activity diagram kelola data user adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas petugas dalam mengelola data user melalui sistem. Sebelumnya petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka petugas dapat masuk ke halaman data user lalu dapat mengakses menu data dan mengelolanya. Petugas bisa menambah, melihat, mengedit dan menghapus data user.

· Activity Diagram Mengelola Halaman Utama

Activity diagram melihat/ kelola halaman web adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas user dalam mengelola data user melalui sistem. Sebelumnya admin login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data user lalu dapat mengakses menu data dan mengelolanya.

· Activity Diagram Mengelola Isi Form

Activity diagram isi form adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas user dalam menginput data user melalui sistem. Sebelumnya user login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data user lalu dapat mengakses menu data dan mengelolanya.

· Activity Diagram Lihat Data User

Activity diagram melihat data user pribadi adalah activity diagram yang menggambarkan aktivitas user dalam melihat datanya sudah valid tidak melalui sistem. Sebelumnya user login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman data user lalu dapat mengakses menu data dan mengelolanya.

Untuk level petugas mereka mempunyi aktifitas yang sama seperti admin, hanya saja untuk mengelola petugas tidak bisa. Hanya admin yang dapat mengelola data petugas.

D. Sequence Diagram

· Sequence Diagram Mengelola Data Rekening Bank (Admin)

· Sequence Diagram Mengelola Data Rekening Bank (Petugas)

Sequence diagram kelola data rekening bank menggambarkan interaksi admin/petugas dengan sistem. Sebelumnya admin/petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin/petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin/petugas dapat masuk ke halaman admin/petugas dan dapat mengakses menu kelola rekening lalu masuk ke halaman kelola rekening. Setelah itu admin/petugas dapat mengelola data rekening.

· Sequence Diagram Mengelola Data Barang (Admin)

· Sequence Diagram Mengelola Data Barang (Petugas)

Sequence diagram kelola data barang menggambarkan interaksi admin/petugas dengan sistem. Sebelumnya admin/petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin/petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin/petugas dapat masuk ke halaman admin/petugas dan dapat mengakses menu kelola barang lalu masuk ke halaman kelola barang. Setelah itu admin/petugas dapat mengelola data barang.

· Sequence Diagram Mengelola Data Supplier (Admin)

· Sequence Diagram Mengelola Data Supplier (Petugas)

Sequence diagram kelola data supplier menggambarkan interaksi admin/petugas dengan sistem. Sebelumnya admin/petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin/petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin/petugas dapat masuk ke halaman admin/petugas dan dapat mengakses menu kelola supplier lalu masuk ke halaman kelola supplier. Setelah itu admin/petugas dapat mengelola data supplier.

· Sequence Diagram Mengelola Data User (Admin)

· Sequence Diagram Mengelola Data User (Petugas)

Sequence diagram kelola data user menggambarkan interaksi admin/petugas dengan sistem. Sebelumnya admin/petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin/petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin/petugas dapat masuk ke halaman admin/petugas dan dapat mengakses menu kelola user lalu masuk ke halaman kelola user. Setelah itu admin/petugas dapat mengelola data user.

· Sequence Diagram Mengelola Data Kurir (Admin)

· Sequence Diagram Mengelola Data Kurir (Petugas)

Sequence diagram kelola data kurir menggambarkan interaksi admin/petugas dengan sistem. Sebelumnya admin/petugas login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin/petugas harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin/petugas dapat masuk ke halaman admin/petugas dan dapat mengakses menu kelola kurir lalu masuk ke halaman kelola kurir. Setelah itu admin/petugas dapat mengelola data kurir

· Sequence Diagram Mengelola Data Barang (Admin)

Sequence diagram kelola data petugas menggambarkan interaksi admin/ dengan sistem. Sebelumnya admin login terlebih dahulu kemudian sistem akan memverifikasi username dan password yang dimasukkan. Jika gagal maka admin harus memasukkan ulang username dan password, namun jika berhasil maka admin dapat masuk ke halaman admin dan dapat mengakses menu kelola petugas lalu masuk ke halaman kelola petugas. Setelah itu admin dapat mengelola data petugas.

· Sequence Diagram lihat barang (User)

. Sequence diagram lihat barang menggambarkan interaksi user dengan sistem. User dapat memilih barang yang dia suka yang ada di database. Sistem akan menampilkan apa yang user request atau pilih.

· Sequence Diagram Isi Form Data User

Sequence diagram isi form data user menggambarkan interaksi user dengan sistem. User memilih menu isi form user. Sistem akan menampilkan form. User menginputkan data lalu sistem akan menyimpan dalam database jika sudah memenuhi syarat pengisian. User akan menerima informasi dari sistem tentang data user untuk dijadikan data dalam order barang.

· Sequence Diagram Lihat Data User

Sequence diagram lihat data user menggambarkan interaksi user dengan sistem. Sebelumnya user diminta menginputkan username dan password untuk masuk melihat data pribadinya yang sudah diinputkan. Sistem akan mengecek valid atau tidaknya. Jika salah maka akan dikembalikan lagi ke halaman login, jika benar maka akan masuk ke halaman user dan memilih menu kelola user. User dapat mengelola usernya sendiri dan sistem akan menyimpan di database. Sistem akan memberi tahu kepada user jika data sudah di edit atau diperbaharui.

.

Daftar Pustaka

(http://bayuaji.staff.gunadarma.ac.id/ Downloads/files/32096/UML.pdf.)