Web view Master data ini terbagi menjadi lima antara lain, master jabatan, master aparatur, master...

download Web view Master data ini terbagi menjadi lima antara lain, master jabatan, master aparatur, master pendidikan,

If you can't read please download the document

  • date post

    20-Jan-2020
  • Category

    Documents

  • view

    1
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Web view Master data ini terbagi menjadi lima antara lain, master jabatan, master aparatur, master...

( Sistem Aplikasi Layanan Online Kecamatan Ngajuk ( SI POLAN ) ) ( B uku Petunjuk Penggunaan Website Kecamatan ) ( Copyright © 2018. CV. AFINDO INFORMATIKA )Anda dapat menghapus

PENGERTIAN APLIKASI

Sistem Aplikasi Layanan Online Kecamatan Nganjuk (SIPOLAN) adalah Jenis aplikasi berbasis teknologi informasi website yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring tentang pengajuan surat ataupun permohonan surat kepada Desa atau Kecamatan di Kabupaten Nganjuk.

Lewat kemudahan aplikasi ini warga bisa berperan aktif dalam tertib administrasi memanfaatkan smartphone di era IT yang semakin maju. Melalui aplikasi SIPOLAN (Sistem Aplikasi Layanan Online Kecamatan Nganjuk), permohonan surat, maupun layanan surat menyurat akan sampai kepihak dinas terkait secara langsung. masyarakat bisa langsung mendapatkan banyak manfaat dari aplikasi ini, contohnya “Permohonan Surat Kesepakatan Bersama misalnya, masukkan syarat dokumen pendukung, maka secara otomatis surat tersebut akan diproses oleh pihak pemerintah yang berkaitan”

Pengguna SIPOLAN (Sistem Aplikasi Layanan Online Kecamatan Nganjuk) melakukan registrasi dan selebihnya aplikasi bisa dapat digunakan untuk permohonan surat meyurat atau sharing proses surat tersebut. Diharapkan dengan tersedia layanan ini, memudahkan tugas anggota pemerintahan daerah dalam menangani masalah yang sedang terjadi di masyarakat.

.

( 1 )Website SIPOLAN Nganjuk, yang terdiri dari header, slider, manfaat, maklumat, daftar layanan surat online, dan footer. Berikut adalah tampilan Website SIPOLAN Nganjuk berserta penjelasannya.

( 6 ) ( 5 ) ( 4 ) ( 3 ) ( 2 )

Cara Login Website SIPOLAN NGANJUK Sebagai Kecamatan

1. Pertama anda harus masuk ke website “SIPOLAN NGANJUK” kemudian pilih menu “Login” dipojok kanan atas.

Gambar Interface Halaman Login Admin Kecamatan Sistem Aplikasi Layanan Online

2. Maka akan muncul tampilan halaman login untuk masyarakat. Pilih menu “Administrator” maka akan muncul halaman login admin. Masukkan username “admin” dan passwordnya untuk default “nganjuk12345”. Selanjutnya pilih pengguna, pilih sebagai “kecamatan”. Kemudian pilih dan klik tombol “Sign In”

Gambar Interface Halaman Login Admin Kecamatan Sistem Aplikasi Layanan Online

3. Secara otomatis maka akan masuk website SIPOLAN sebagai admin kecamatan. Berikut adalah tampilan halaman depan dari website Sistem Aplikasi Online Kecamatan Nganjuk sebagai admin kecamatan.

Gambar Interface Halaman Website Admin Kecamatan Sistem Aplikasi Layanan Online

Website SIPOLAN Nganjuk ini terdiri dari beberapa menu antara lain menu dashboard, master data, front office, progress surat, kependudukan, register, profil, ubah password, setting, akun desa/kelurahan, dan kemanan. Berikut adalah penjelasan secara singkat tentang menu.

1. Menu Dashboard

Adalah menu halaman depan dari website SIPOLAN, menu ini memberikan informasi tentang proses atau statistik surat permohanan masyarakat. Sehingga admin kecamatan dapat mengetahui tentang progress surat yang telah diajukan. Berikut adalah tampilan halaman dashboard.

Gambar Interface Website Menu Dashboard

2. Menu Master Data

Adalah menu yang digunakan untuk menginputkan data master, yang artinya data tersebut adalah data awal untuk proses transaksi. Master data ini terbagi menjadi lima antara lain, master jabatan, master aparatur, master pendidikan, master pekerjaan, dan master lokasi. Berikut adalah tampilan halaman master data.

Gambar Interface Website Menu Master Data (Master Jabatan)

Gambar Interface Website Menu Master Data (Master Aparatur)

Gambar Interface Website Menu Master Data (Master Pendidikan)

Gambar Interface Website Menu Master Data (Master Pekerjaan)

Gambar Interface Website Menu Master Data (Master Lokasi)

3. Menu Front Office

Adalah menu yang digunakan untuk menerima surat dari masyarakat. Dalam menu front office anda dapat mengproses surat permohonan dari masyarakat. Menu ini terdari dari dua bagian, yaitu terima berkas dan alihkan berkas. Berikut adalah gambar menu front office.

Gambar Interface Website Menu Front Office (Menu Terima Berkas)

Gambar Interface Website Menu Front Office (Menu Terima Berkas)

4. Menu Progress Surat

Adalah menu yang digunakan untuk memverifikasi surat dari menu front office. Menu progress surat terdapat dua menu, yaitu verifikasi surat (terima berkas dan alihkan berkas) dan pengesahan surat (terima berkas dan alihkan surat). Berikut gambar untuik menu progress surat.

Verfikasi adalah menu yang digunakan untuk mengverifkasi surat yang permohonan. Menu ini berhubungan dengan langsung menu dengan front office.

Gambar Interface Website Menu Progress Surat (Verifikasi)

Pengesahan adalah menu yang digunakan untuk melakukan pengesahan terhadap surat yang permohonan. Menu ini berhubungan dengan langsung menu dengan verifikasi.

Gambar Interface Website Menu Progress Surat (Pengesahan)

5. Menu Kependudukan

Adalah menu yang digunakan untuk mengetahui laporan data tentang kependudukan. Dalam menu ini terdapat dua bagian, yaitu data penduduk dan laporan penduduk. Berikut adalah gambar menu kependudukan.

Gambar Interface Website Menu Kependudukan (Data Penduduk)

Gambar Interface Website Menu Kependudukan (Laporan Penduduk)

6. Menu Pajak PBB

Adalah menu yang digunakan untuk mengetahui daftar data pajak dan pembayaran pajak PBB setiap tahunnya. dalam menu ini terdiri dari dua menu, yaitu data objek pajak dan laporan bayar PBB. Berikut adalah gambar dari menu pajak PBB.

Objek Pajak adalah menu yang digunakan untuk memanajemen transaksi perpajakan. Menu ini terdiri dari tiga menu yaitu data NOP, import data NOP dan template untuk import data NOP.

Gambar Interface Website Menu Pajak PBB (Data Objek Pajak)

Laporan Bayar PBB adalah menu yang digunakan untuk memanajemen laporan pembayaran PBB. Menu ini menampilkan semua pembayaran PBB semua desa di kecamatan Nganjuk, serta detail nama masyarakat yang telah melakukan pembayaran PBB.

Gambar Interface Website Menu Pajak PBB (Laporan Bayar PBB)

7. Menu Register

Adalah menu yang digunakan untuk menampilkan register atau history dari permohonan surat yang diajukan oleh masyarakat tersebut. Anda dapat melihat semua data permohonan surat yang talah dilakukan, data permohonan surat yang berada di register surat adalah surat yang talah di proses sampai surat tersebut selesai. Berikut adalah tampilan halaman register.

Gambar Interface Website Menu Register

8. Menu Profil

Adalah menu yang digunakan untuk mengetahui tentang profil masyarakat yang sedang aktif. Menu ini menampilkan tentang informasi tentang masyarakat tersebut. Berikut adalah tampilan halaman profil.

Gambar Interface Website Menu Profil

9. Menu Ubah Password

Adalah menu yang digunakan untuk mengubah password akun admin yang sedang aktif. Anda dapat mengubah password default menjadi password yang lain sehingga orang lain tidak dapat menggunakan akun anda. Berikut adalah tampilan halaman ubah password.

Gambar Interface Website Menu Ubah Password

10. Menu Setting

Adalah menu yang digunakan untuk memanajemen surat baik itu layanan surat maupun isi yang berhubungan dengan surat. Menu ini terdiri dari empat menu, yaitu layanan surat, set nomenklatur, set penandatangan, reset password. Berikut adalah gambar menu setting.

Layanan Surat adalah menu yang digunakan untuk menyetting layanan surat, baik waktu pelayanan maupun settingan syarat surat untuk dokumen pendukungnya.

Gambar Interface Website Menu Setting (Layanan Surat)

Set NomenKlatur adalah menu yang digunakan untuk memenajemen nomenklatur atau setting identitas (Kop Surat) Artinya menu ini untuk menyetting identitas lembaga yang mengeluarkan surat tersebut.

Gambar Interface Website Menu Setting (Set Nomenklatur)

Set Penandatanganan adalah menu yang digunakan untuk memenajemen untuk penandangan surat . Artinya menu ini untuk menyetting siapa saja saja yang memberi tanda tangan terhadap surat yang akan dikeluar. Menu ini berhubungan master jabatan dan master aparatur.

Gambar Interface Website Menu Setting (Set Penandatanganan)

Reset Password adalah menu yang digunakan untuk mereset password. Artinya user dapat mereset password yang dengan password default yaitu “nganjuk12345” (tanpa tanda petik atas).

Gambar Interface Website Menu Setting (Reset Password)

11. Menu Akun Desa / Kelurahan

Adalah menu yang digunakan untuk memanaajemen baik itu menambah data atau mengkses data pada kelurahan/desa. Dalam menu ini terdapat dua bagian, yaitu user desa, akses level desa dan reset password. Berikut ini adalah menu akun desa / kelurahan.

User desa adalah menu yang digunakan untuk memanajemen data user login untuk desa. Artinya untuk menambah data user login setiap desa maka setiap desa dapat login menggunakan data user yang telah disediakan di menu ini.

Gambar Interface Website Menu Akun Desa / Kelurahan (User Desa)

Akses Level Desa adalah menu yang digunakan untuk memenajemen akses level seorang user. Artinya menu ini untuk menyetting menu apa saja saja yang dapat di akses oleh user tersebut.Gambar Interface Website Menu Akun Desa / Kelurahan (Akses Level Desa)

Reset Password adalah menu yang digunakan untuk untuk mereset password. Artinya user dapat mereset password yang dengan password default yaitu “nganjuk12345” (tanpa tanda petik atas).

Gambar Interface Website Menu Akun Desa / Kelurahan (Reset Password)

12. Menu Keamanan

Adalah menu yang digunaka