WAWASAN 28 September 2015

download WAWASAN 28 September 2015

of 20

  • date post

    23-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    386
  • download

    25

Embed Size (px)

description

KORAN WAWASAN

Transcript of WAWASAN 28 September 2015

  • SOLO - Bunyi tetabuhan gen-de rang membawakan musikkhas seni tradisi suku Tiong-hoa membahana mengiringike lompok liong barongsaiyang menggelar tarian di JalanRE Martadinata Kota Sura-karta, Minggu (27/9). Tak ha -nya itu asap dupa, terlihat sa -mar muncul dari tandu peng-usung rupang. Di sekelilingtandu puluhan pengusungbersiap diri menanti aba di-mulainya ritual keagamaan.

    Manakala pelaksanaan ki -rab yang menyertakan 1.250pe serta telah berlangsung, ri-bu an warga berdesakan me -nyak sikan sajian yang baruber langsung tiga kali bela-kang an ini. Kirab yang me-nyertakan liong dari Arhanud,Bri mob dan Dalmas serta Ru-pang (Patung Dewa Red) da -ri 10 klenteng di Jawa Tengah(Jateng) dan dari Jawa Timur

    (Jatim) memapaki rute mulaidari Klenteng Tien Kok Sie dijalan RE Martadinata JalanJendral Sudirman. Selanjutnya rombongan kirab berbelokke Jln,. Ronggo Warsito, JlnKeprabon Kulon, Jln BrigjenSlamet Riyadi, Jalan Kap[tenMulyadi Jln RER Martadi-nata Jln Cut Nyak Dien- JlnIr H Juanda Jln Urip Sumo-harjo dankembali ke KlentengTien Kok Sie.

    Itulah pelaksanaan kirabDe wa Bumi Hok Tik Cing Sing(Fu De Zheng Shen) yang di

    Kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi

    Borobudur, bisa terusmeningkat sesuai

    target yang ditetapkan

    pemerintah pusat.Sebanyak 20 juta

    orang pada 2019 mendatang, termasuk di

    dalamnya 2 juta wisatawanasing. Target ini lebih berat

    mengingat selama ini kunjungan wisatawan

    mancanegara sekitar 200ribu orang per tahun.

    K E B E R A D A A NGoogle Maps bisamemberikan pengala-

    man baru jelajahi CandiBo robudur. Sekitar 70

    per sen dari wisatawan melaku-kan pencarian di internet, ter-uta ma browsing melalui Goo -gle, sebelum perjalanan wisata.Peta digital ini nantinya bisamemberi kemudahan bagi me-reka dalam menemukan desti-nasi terbaik yang kita miliki,di mulai dari Candi Borobu-dur, kata Menteri Pariwisata,Arief Yahya melalui rekamanvi deo di lapangan Lumbuni,Candi Borobudur, Magelang,Minggu (27/9).

    Candi Borobudur sebagaiwa risan budaya dunia olehUNESCO, menjadi daya tarikter sendiri bagi wisatawan man-ca negara. Kini para wisatawanbi sa melihat dan mengeksplore

    Sekretaris PPHI Embarkasi Solo, Ah -yani mengatakan mereka me ru- pakansa tu rombongan dari Kloter 62 Embar-ka si Solo Regu III Kelompok VII. Totalada 360 orang ter masuk lima petugasyang berangkat dalam klo ter tersebut.

    Harga Eceran Rp 2.000Harga Langganan Rp 50.000

    TAHUN KE-30 NO: 179 TERBIT 20 HALAMAN - ISSN 0215-3203

    SEMARANG - Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) di masing-masing daerah terus berkoordinasi memantau jumlahkorban tragedi Mina. Di Semarang tercatat ada lima orang calon haji (calhaj) yang belum diketahui keberadaannya.

    Senin Kliwon 28 September 2015

    Bersambung ke hal 7 kol 3

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    KARIER aktris Acha Septriasadi dunia perfilman Indonesiatak perlu dipertanyakan lagi.Be berapa judul film dimainkanhingga penghargaan bergengsipernah diraihnya.

    Namun, masih ada harapan yang co ba diwujudukan oleh Acha. Bintang filmsekaligus peraih Piala Citra di film TestPack: You Are My Baby itu mengaku inginterlibat dalam produksi film Internasional.

    Selama ini aku syuting di luar, tapi filmnya masih Indonesia juga kan belum ada

    Foto: kpl

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    Google Maps Beri Solusi Jelajahi Candi BorobudurMemandu Wisatawan Lewat Street View

    5 Calhaj Semarang Hilang

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    Doplak Terjunke Jurang, 2 TewasKAJEN Angkutan pegununganatau doplak jenis Mitsubisi L 300 pi kap nopol G 1864 QB dikemudikanKasdim (47), warga Dusun SibendaRT 8 RW 3, Desa Sidomulyo, Keca matan Lebakbarang, KabupatenPe kalongan, terjun bebas ke dalam

    GOOGLE MAPS: Google telah memperkenalkan Street View dengankamera Street View berbentuk rannsel dilengkapi sistem kamera, sehingga bisa menjelajah objek Wisata Candi Borobudur yang bisa diakses melalui Google Maps. Foto: ali subchi

    Bersambung ke hal 7 kol 3

    KIRAB: Rupang diletakkandalam tandu diusung para

    pengusung mengikuti KirabDewa Bumi di Kota Surakarta

    sejauh empat kilometer, Minggu (27/9).

    Foto: Bagus Adji W

    1.250 Peserta Ikuti Kirab Dewa Bumi

    Lorenzo Berjaya, Marquez Sial

    ARAGON - JorgeLo renzo meraihke menangan ke -enam nya padamu sim ini usai ja -

    di juara di MotoGP Aragon. Semen-ta ra Marc Marquez bernasib sialka rena gagal menuntaskan balapan.Pe muncak klasemen, Valentino Ros -si, finish ketiga. Pada balapan yang

    Ingin Go International

    KENANGAN : Sugeng Triyanto (58),dan Sri Prabandari (58) tewas dalamtragedi Mina (kanan atas dan tengah)berfoto bersama keluarga untuk kenangan sebelum beragkat haji dirumah Perum Pokok Pondasi WismasariNgaliyan Blok I Nomor 8 Ngaliyan Semarang. Foto: dok/Shodiqin.

    BAWA TROFI : Lorenzo menentengtrofi usai juara di Aragon, Minggu(27/9). Foto: AP.

  • Direktur PDAM BolehMenjabat Tiga PeriodeSeperti di Pekalongan?HARI Kamis, tanggal 6 Agustus 2015, HYani Setiawan SH diangkat kembali men-jadi Direktur PDAM Kota Pekalonganuntuk periode atau masa jabatan yangketiga (2015-2019). Hal ini merupakanprestasi yang bagus dan mungkin satu-sat-unya direktur PDAM di Indonesia yangbisa mencapai dan mempertahankan ja-batannya selama hampir kurang lebih 13tahun.

    Dalam pidato pelantikannya, Bapak Wa-likota Pekalongan dr HM Basyir Ahmadmenyatakan bahwa alasan mengangkatkembali yang bersangkutan hanyalahalasan normatif, yakni pencapaian kinerjayang bagus yang hal tersebut juga sudahtertuang dalam aturan perundang-undan-gan bahwa untuk mengangkat kembaliharus mempunyai kinerja yang baik.

    Menurut hemat kami, yang patut dicatatadalah keberanian walikota mengubah per-aturan mengenai mekanisme pengangkatandirektur PDAM seperti yang dilansir dalampemberitaan sejumlah media massa.

    Sebab sepanjang pengetahuan kami ten-tang produk hukum soal perusahaandaerah (Perusda) adalah sebagai berikut :

    1.Perda Kota Pekalongan Nomor 2Tahun 2011 tentang Ketentuan-ketentuanPokok Dewan Pengawas, Direksi, danKepegawaian Perusahaan Daerah KotaPekalongan. Pasal 11 ayat 2 yang berbunyi

    Masa Jabatan Anggota Direksi adalah 4 (empat ) tahun dan dapat diangkat kembalisetelah masa jabatan berakhir untuk 1 (Satu) kali masa jabatan.

    2.Peraturan Menteri Dalam NegeriNomor 2 Tahun 2007 tentang Organ danKepegawaian Perusahaan Daerah AirMinum Pasal 5 ayat 4 berbunyi : Masa Ja-batan Direksi sebagaimana di maksud padaAyat ( 1 ) selama 4 ( empat ) tahun dandapat diangkat kembali 1 ( satu ) kali masaJabatan.

    Karena ada dua aturan yang menye-butkan ketentuan soal dapat diangkatnyakembali seorang direktur Perusda (PDAM),maka wajar bagi kami untuk menyam-paikan apakah mungkin ada peristiwa yangluar biasa di Kota Pekalongan yang mem-beri kesan bahwa seolah-olah sudah tidakada orang lagi orang yang cakap danmampu untuk mengelola PDAM denganmengkesampingkan peraturan-peraturandi atas?

    Sebagai warga Kabupaten Batang yangsekaligus tetangga Kota Pekalongan bukanbermaksud mencampuri urusan orang lain,namun bilamana memang itu baik untukkepentingan masyarakat luas nantinya bisakami pakai sebagai rujukan atau semacamyuresrudensi untuk wilayah kami, bahkanmungkin PDAM se-Indonesia.

    Fatkhu Rozy,Batang.

    Indahnya Kasih Tanpa Ada PamrihJIKA kita menyaksikan Bakornas atau siapasaja yang dengan tulus menolong maupunmncari korban bencana, seperti jatuhnyapesawat terbang yang melibatkan pasukan

    katak dan tim penyelamat yang bertaruhnyawa di kedalaman laut yang sangatberbahaya, sehingga dunia internasionalpun kagum atas keberaniannya.

    Juga musibah lain, seperti tanah longsor,orang yang terseret ombak, dan yang ter-akhir seorang mahasiswa terpeleset jatuh dikawah Merapi. Yang terasa menegangkanadalah ketika tim penyelamat turun kekawah Gunung Merapi yang aktif itu. Halitu sungguh membuat kita semua terharu.Begitu indahnya kasih jika diwujudkantanpa adanya pamrih, dan tidak membeda-bedakan suku, ras, golongan, dan agama.

    Hal itu sangat sesuai dengan dasar ne-gara kita, Pancasila, yang pada sila keduaberbunyi: Kemanusiaan yang adil dan be-radab.

    Bayangkan pengungsi dari Myanmar,Rohingnya yang terkatung-katung di ten-gah lautan nan ganas dalam keadaan keku-rangan bahan makanan, yang akhirnyaditolong oleh nelayan Aceh dan kini ditam-pung.

    Mereka terdiri dari anak-anak dan orangtua. Kita tidak mengenal mereka, karenamereka memang bukan sanak saudara kita.Tetapi Pemerintah Indonesia mau menam-pung mereka selama satu tahun, karena di-dasari rasa kemanusiaan yang tinggi.

    Alangkah indah dan damainya negeri inijika seluruh rakyat mau belajar mengasihsesamanya, seperti mereka mengasihi dirisendiri. Sukacita, bergandeng tangan seba-gai sesama manusia, suka menolong, tidakberbuat jahat kepada sesama. Mari hal itukita mulai lakukan dari lingkup terkecil,yaitu keluarga, teman, tetangga, danakhirnya negara.

    Andreas Adhy Aryanto, E.IJl. Hayam Wuruk No.62,

    Purwodadi-Grobogan.

    GEMAH ripah loh jina -wi (sebutan jawa:alam Indonesia). Nege -ri yang dikenal memiliki ke ka -ya an alam melimpah ruah.Selain itu, tersimpan pula ek-sotika alam yang luar biasa.Maka, selayaknya kita harusmampu menjaga dan meles ta -rikan dengan sebaik-baiknya.

    Tidak dapat dipungkiri, ki -ni kapitalisasi asing kianmeng gurita. Sebagian besarkekayaan alam negeri telahdidominasi oleh kekuasaanasing. Implikasinya, pribumise batas menjadi penontonbah kan pesuruh (alias: ka-cung), bukan sebagai penik -mat layaknya seorang pemilik(bos).

    Ironis, keterpurukan rakyatdan bangsa pun kian bertam-bah. Akibat, perilaku licikoleh tangan kotor para korup-tor. Ibarat kanibalisme ikanlele. Jika ikan lele memiliki in-sting memakan kawan atau te-manya yang kecil-kecil, ketikalapar. Sama halnya dengan si -a sat keji para koru