WAWASAN 17 September 2013

download WAWASAN 17 September 2013

of 24

  • date post

    19-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    616
  • download

    0

Embed Size (px)

description

KORAN WAWASAN

Transcript of WAWASAN 17 September 2013

  • SEMARANG - Kasus dugaanpe ngeroyokan seorang per so -nel Polisi Khusus Kereta Api(Pol suska) di atas KA Brantasju rusan Kediri - Pasar Senen,oleh sekelompok pedagangasongan saat di daerah StasiunPon col Semarang, ditanganipo lisi. Kepala Kepolisian Sek -tor (Kapolsek) Semarang Uta -ra, Kompol Sugiyanto me nga-takan, kasus tersebut masih da -lam penyelidikan.

    Kasusnya sudah resmi di -la porkan. Saat ini baru prosespe meriksaan saksi korban. Da -ri pemeriksaan saksi nanti akandi kroscek, untuk di tin dak lan -juti laporannya, kata Ka pol -sek kepada Wawasan, Senin(16/9).

    Dua orang pelaku yang di -du ga pedagang asongan di la -

    por kan. Polisi belum me mas ti -kan berapa jumlah pelaku.

    Terlapornya ada duaorang. Keduanya diduga pe da -gang asongan. Dalam per ja lan -annya mungkin masih ada.Ji ka keduanya sudah diperiksa,nanti akan tahu banyak berapa(pelakuanya), kata dia.

    Sejauh ini, pihaknya masihmemperdalam keterangan sak -si korban dan masih mencaripe laku. Pengembangan darike terangan korban akan di tin -daklanjuti. Laporannya kasuspengeroyokan sesuai Pasal 170KUHP, imbuhnya.

    Pegeroyokan menimpa per -sonel Polsuska bernama Ra ma -dani Putra (23) tersebut terjadiha ri Sabtu (14/9) kemarin se ki -

    Dia (pelaku-red) ditangkapang gota saat menggelar operasian ti narkotik, terang KapolresBre bes, AKBP Ferdy Sambo,saat gelar perkara, Senin (16/9).Ri dho ditangkap ketika busumum yang ditumpanginyada ri Bandung berhenti sejenakuntuk makan malam, sekitarpukul 23.00 WIB.

    Dia mengatakan, kasus ituter ungkap berawal ketika pe tu -gas mendapatkan informasiada nya pengiriman sabu-sabuda ri Bandung menuju Bali

    yang menggunakan bus danpe laku sedang berada di wi la -yah Brebes. Informasi itu ke -mu dian dikembangkan, dandi ketahui tersangka berada disa lah satu rumah makan di Ke -camatan Tanjung. Saat di tang -kap, awalnya tersangka inime ngelak. Tapi, setelah dida la -mi tersangka mengaku dan ka -mi berhasil menemukan ba -rang bukti dua bungkus besarpa ket sabu-sabu ini, ujarnya.

    Menurut dia, tersangka ter -masuk sudah berpengalaman,

    ka rena di kardus itu juga dit e -mu kan dua bungkus kopi,yang berfungsi untuk me nge -labui anjing pelacak ketika adara zia dari polisi. Dari hasil pe -meriksaan sementara, ter sang -ka ini mengaku sudah dua kalime ngirim sabu-sabu dari Ban -dung ke Bali. Pertama berhasildan yang kedua ini kami tang -kap, terangnya.

    Diungkapkan, kantong plas-tik pertama berisi sabu-sabu,be rupa bongkahan besar kristalwar na putih, dengan berat 370gram. Sedangkan yang keduaberisi sabu-sabu seberat 515gram.

    ResidivisLebih lanjut Kapolres me -

    nga takan, pihaknya kini terusme ngembangkan kasus ter se -but. Bahkan, anggotanya sudahdi kirim ke Bandung untuk me -

    SABTU (14/9) sekitar pukul18.30 menjadi hari naas bagi Ra -madani. Bermula ketika ia danrekan-rekannya men ja lan kanpenertiban pedagang asong andi atas kereta api dari Sta siunPoncol Semarang. Se jum lahpedagang asongan me la rikandiri dari kejaran aparat Polsuskadengan menaiki KA Brantasjurusan Semarang-Ja karta.

    Ramadani bersama satu re -kan nya berhasil menyusul pe -da gang asongan itu denganme naiki KA Brantas yang akan

    be rangkat dari Stasiun Poncol.Te tapi sial bagi Ramadani, se -telah ia sampai di dalam KABRan tas, justru dikeroyok olehse jumlah pedagang asongan itu.

    Saat itu, rekan Ramadanilang sung turun dari kereta, ka -re na memang kereta akan be -rangkat. Sedangkan Ramadanisen diri yang masih di dalamke reta justru jadi bulan-bu lan -an para pedagang yang tak reladitertibkan untuk turun darikereta.

    Kawan saya berhasil turundu lu. Saya sebenarnya jugamau turun, tetapi para pe da -gang asongan itu justru me nu -tup pintu. Saya kemudian di a- niaya. Ada sekitar 5-7 orang,

    se muanya bawa da gangan,ka ta Ramadani.

    Di dalam gerbong, Ra ma -dani mengaku dipukul, di c a -kar, bahkan sempat diancamakan dilempar ke luar gerbongsaat KA melaju kencang. Na -mun, beruntung ada seorangpe numpang yang kebetulanang gota TNI memergoki. Ber -un tung ada anggota TNI yangme mergoki. Namun, sampaiSta siun Mangkang, para pe la -ku sudah lari semuanya. Sayasen diri langsung diberi per to -longan pertama saat tiba di sta -siun (Mangkang, red.), kataRa madani.

    RonaldoDrogba

    Gras: Deta

    Ramadani Saputra, seoranganggota polisi khusus kereta api(Polsuska) ini harus menjalaniperawatan intensif RS Panti

    Wilasa Dr Cipto Semarang. Diamenjadi sosok karyawan yangdinilai loyal meskipun harusmenanggung sakit atas luka

    yang dideritanya, akibatdikeroyok pedagang asongan.

    Nasib Polsuska yang Dikeroyok Pengasong

    Babak Belur, Tapi Diberi Hadiah ke LN

    BREBES - Ridho (25) mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Bandung dibekuk jajaran Kepolisian Resor Brebes, Sabtu (14/9) malam, lantaran membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat 885 gram, senilai Rp 1,6 miliar. Ridho ditangkap di sebuah rumah makan di tepi jalurpantai utara (pantura) wilayah Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes.

    Sabu Rp 1,6 M Dicampur Kopi Diselundupkan Mahasiswa Bandung

    SEBAGAI salah satu divaPop yang tengah naik daun,wajar saja kalau Syahrinimemiliki mobil mewah dan

    suka touringbersamarekan-rekan-nya penggilamobilmewah

    sepertiRaffiAhmaddanTompi.

    GEBYAR

    Jadi Duta Mobil Mewah

    8

    TINDAK kejahatan diwilayah Semarang Barat,akhir-akhir ini marak. Beberapa kasus kejahatanseperti pejamberetanmaupun aksi minuman kerassering terjadi. Plt WalikotaSemarang Hendrar Prihadimenyampaikan rasa was-was terhadap kejadiantersebut. Ironisnya, pelakukejahatan itu kebanyakanmasih remaja.

    SEMARANG SQUARE

    Awas, Kejahatan Marakdi Semarang Barat

    17

    Selasa Wage 17 September 2013

    Harga Eceran Rp 2.000Harga Langganan Rp 50.000

    TAHUN KE28 NO: 176 TERBIT 24 HALAMAN ISSN 02153203

    KENDAL - Gara-gara rebutanwa risan, kakak beradik asalDu kuh Traju, Desa Mang gung -sari, Kecamatan Weleri, Kendalte ga saling bacok di depan ru -mah orang tua, Senin (16/9) di -nihari. Tidak ada korban jiwada lam kejadian itu namun satuorang menderita luka parahdan kritis, sedangkan dua la in -nya terkena sabetan senjata ta -jam. Para korban dirawat diRSI Weleri Kendal sementarasa tu orang yang diduga men ja -di pemicu perseteruan dia-ma n kan polisi.

    Perkelahian tersebut me li -batkan Suryadi dibantu ka kak -nya Muhamad Azi dengan ad ik

    Rebutan Warisan, Kakak Beradik Saling Bacok

    Bersambung ke hal 7 kol 3 Bersambung ke hal 7 kol 1

    Bersambung ke hal 7 kol 3

    Dua Pengasong DicurigaiIkut Aniaya Polsuska

    BARANG BUKTI: Kapolres Brebes AKBP Ferdy Sambo SH SIK MH menunjukkan barang bukti sabu-sabu yang berhasil diamankan jajarannya dalam operasi antinarkoba. Foto: SMNetwork/Bayu Setiawan-yan

    ISTANBUL - Liga Champions kem-bali digelar. Real Madrid bakal ber -tan dang ke markas Galatasaray,Attaturk Telekom, pada pertanding -an perdana Rabu (18/9) dinihariWIB. Selain ajang pembuktian pe-main termahal yang dibeli Madrid,Ga reth Bale, juga bakal menjadi awal per-juangan Madrid meraih La Decima atau ge -lar juara Liga Champiosn kesepuluh.

    La Decima, atau gelar nomor sepuluh,te rus didengungkan Madrid dalam bebe-rapa musim terakhir. Tekad itu makin gen-car disuarakan mengingat gelar ke sembilan diraih sudah cukup lama, yaitu tahun2002.

    Demi mewujudkan ambisi itu, Madrid takse gan-segan menggelontorkan dana besar

    untuk mendatangkan pemain-pe-ma in yang mereka nilai sebagaiyang terbaik. Menurut laporan ter-ba ru Prime Time Sport FootballTransfer Review dan dikutip olehReuters, setidaknya sudah 611 jutaeuro dikeluarkan oleh Madrid untuk

    be lanja pemain dalam lima tahun terakhir.Jumlah itu hampir tiga kali lipat dari dana

    yang dikeluarkan juara Liga Championsmu sim lalu, Bayern Munich (227 juta euro).Se mentara yang mendekati belanja besarMa drid adalah Manchester City yang me-nge luarkan 549 juta euro.

    Di bursa transfer musim panas ini, be-lan ja besar kembali dilakukan Madrid. Da -

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    DIRAWAT: Anggota Polsuska yang mengalami luka akibatpengeroyokan dirawat di RS Panti Wilasa Dr Cipto Semarangkemarin. Foto: Felek Wahyu-yan

    OLAH TKP: Sejumlah petugas dari Satreskrim Polres Kendalmelakukan olah TKP di lokasi pembacokan. Foto: Agus Umar-yan

    Bersambung ke hal 7 kol 3

  • Selasa Wage, 17 September 2013

    KPU Grobogan ditengaraimemalsukan salah satu tandatangan anggota komisionernya

    sendiri, Didik Ariyanto dalamsurat penetapan Daftar CalonTetap (DCT).

    Sekretaris Dewan PimpinanDaerah (DPD) Partai AmanatNasional (PAN) GroboganAhmdad Nur Salim menga ta -kan, KPU Grobogan telah ter -bukti melakukan scaning tandatangan. Menurut dia, adanyainformasi bahwa KPU Grobo -gan melakukan pemalsuan tan -da tangan dari keterangananggota komisionernya sendiri.

    Dalam persidangan di Ba -waslu sudah diungkap dan itumemang bukan kewenanganBawaslu. Karena ini masalahkode etik, maka itu ada dalamkewenangan DKPP. Sayabelum bisa matur untuk mela -porkan ke DKPP) karena belumrembugan dengan semuanya,kata Nur Salim usai sidangsengketa di kantor Bawaslu Ja -teng, Selasa (16/9).

    Terungkapnya kasus pemal -suan tanda tangan ini bermuladari keterangan salah satu ang-gota komisioner KPU Grobo -gan dalam sidang sengketaan tara Dewan Pimpinan Dae -rah (DPD) Partai Amanat Na -sional (PAN) dengan KPU

    Grogogan. Sidang sengketa itu,terkait pencoretan salah satuca lon legislatif (caleg) atas na-ma Tardi dari PAN dengandaerah pemilihan lain.

    Dia mengatakan, awalnyahanya sebatas membandingkanantara temuan di media masadengan surat berita acara yangditerima oleh PAN Grobogan.Di media, kata dia, semua ko -mi sioner lengkap bertanda ta -ngan, tapi berita acara yangme reka terima kurang satuorang.

    Dalam berita acara yangkami (PAN) terima kok hanyaempat orang yang bertandatangan