WAWASAN 01 September 2014

download WAWASAN 01 September 2014

of 24

  • date post

    02-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    476
  • download

    40

Embed Size (px)

description

KORAN WAWASAN

Transcript of WAWASAN 01 September 2014

  • Popokan atau perang lumpur disawah atau di kali sebagaimana

    dilakukan anak-anak di sejumlahkampung, menjadi ritual yang

    tidak terlupakan bagi warga Sen-dang, Kecamatan Bringin, Kabu-paten Semarang. Konon tradisi

    ini terus dilestarikan dan diperta-hankan untuk menghormati pen-

    diri desa setempat.

    ADA yang terasa agak aneh ke-tika sejumlah warga melaku-kan popokan, sebuah acara pe -rang lumpur yang lazimnya di-la kukan oleh anak-anak di sa -wah sepulang sekolah. Ya, na -mun itulah yang dilakukan

    war ga Desa Sendang, Kecamat -an Bringin, Kabupaten Sema-rang. Mereka menggelar tradisipopokan atau perang lumpuryang merupakan peninggalanleluhur desa tersebut, Minggu(31/8).

    Tradisi ini sengaja diuri-uriuntuk menghormati pendiride sa yang telah menyelamat -kan warga karena berhasil me -ngusir harimau dengan cara di -popok (dilempar) lumpur. Tra-disi popokan ini rutin digelarsetiap tahun yang dirangkai de-ngan acara merti desa atau se -dekah desa.

    Acara diawali ziarah di ma -

    kam pendiri dan sesepuh DesaSendang. Warga lantas mela-kukan kerja bakti membersih-kan mata air, sumur dan kolamair di rumah-rumah warga, se-kaligus saling tukar ketupatan tarwarga. Setelah itu wargamenggelar kirab tumpeng ber-

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    PUNYA segudang kesibukan, tak membuat penyanyi Ayu Ting Ting lupamenjaga kebugaran tubuhnya. Bersama anak sematawayangnya, Bilqis Khumairah Razak, Ayu suka laripagi.

    TAHUN KE-29 NO: 154 TERBIT 24 HALAMAN - ISSN 0215-3203

    GEBYARSeksi Berkat Yoga

    6

    Ganjar Vs Dewan Jangan Debat Kusir

    Liverpool Berjayadi Kandang Spurs

    SEMARANG - Debat antaraGu bernur Jateng Ganjar Prano -wo dengan tiga anggota DPRDJateng sebaiknya menjadi ajangsarana yang edukatif. Pasalnya,se lama ini yang diberitakanoleh banyak media hanya men-jadi kelanjutan debat yang takberujung. Seharusnya debatyang terselenggara Senin (1/9)ha ri ini menjadi debat yang bi -sa dinilai masyarakat.

    Pakar Politik Undip TeguhYu wono mengatakan, debatter sebut jangan menjadi debatku sir yang menjadikan masya-ra kat lelah menanggapi opinian tarkeduabelah pihak. Seba ik -nya debat yang difasilitasi pers

    akan memuarakan pada persa-tuan antara eksekutif dan legis-latif dalam membangun Jatengke arah lebih maju. Intinya de -bat harus dipahami sebagaipro ses untuk melakukan klari-fi kasi. Karena (debat) yang be -nar berbasis pada realirta dandata serta fakta. Jadi fakta bisabenar atau salah tergantung da -ri mana fakta dikembangkan.Mungkin fakta yang dilihat Gu-bernur belum sempat dilihatang gota dewan dan sebalik-nya, ungkap Teguh kepadaWa wasan, Minggu (31/9).

    Debat, lanjut Teguh, sebagai

    LONDON Liverpool menang30 saat dijamu TottenhamHotspur. Raheem Sterling,Steven Gerrard, dan Al ber

    to Moreno masingmasingmencatatkan namanya di papan skor da lam laga tersebut. Di White Hart Lane,Ming gu (31/8) malam WIB, Liverpool membu ka keunggulan atas Spurs di menit ke8 melalui Raheem Sterling. Ini menjadi satusatunyagol di babak pertama.

    Gol kedua The Reds lahir di menit ke49 melalui tendangan penalti Steven Gerrard. Setelahitu aksi individu dari Alberto Moreno di menit ke60 melahirkan gol ketiga tim tamu. Liverpoolyang dicatat ESPN melepaskan 17tembakan dengan delapan di

    Bahkan mantan walikota Solo ini me-nya takan jika mau maju seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia harussegera menyiapkan Sumber Daya Manu-sia (SDM) yang andal. Itu agar mampuberkompetisi dengan negara-negara laindi dunia.

    Indonesia ini negara besar, sumberdaya alamnya melimpah. Tetapi kenapasemuanya masih impor. Coba kita lihat,apa yang tidak diimpor? Artinya adayang salah dengan pengelolaan di negeri

    ini, urai Joko Widodosaat menghadiri Mukta-mar Partai KebangkitanBang sa (PKB) di Surabaya,Minggu (31/8).

    Pada kesempatan itu JokoWi dodo (Jokowi) menerima bu -ku hijau (Green Book) dari PKB. Bu -ku setebal 300 halaman tersebutakan dijadikan masukan dan pemiki-ran bagi timnya nanti. Kita pakai se-bagai masukan dan pemikiran yangakan kita masukan ke tim, kata Jo-kowi usai memberikan pembekalankepada muktamirin tentang ran-cang bangun Indonesia 2014-2019di Empire Palace Surabaya.

    Ia menerangkan, Green Bookter sebut sebagai masukan bagitimnya terkait kerakyatan. Sisi-

    BANJARNEGARA - Pengun-jung gelaran Dieng Culture Fes-ti val (DCF) ke-5 tahun 2014yang dilaksanakan Sabtu (30/8)hingga Minggu (31/8) melon-jak dibandingkan tahun sebe-lumnya. Pengunjung me nya-yangkan sempitnya akses jalan,sehingga menyebabkan aruslalu-lintas di kawasan datarantinggi Dieng yang menjadi lo-kasi acara macet total. KetuaPa nitia DCF ke-5 Alif Faozimembenarkan hal tersebut. Di-ungkapkan tahun ini jumlahpengunjung DCF mencapai se-kitar 26 ribu orang. Jumlah ter-se but bertambah hampir se ra-tus persen dibandingkan tahunsebelumnya. Mereka terdiriatas wisatawan lokal dan asing.

    Pengunjung membludaksaat pertunjukan Jazz DiatasAwan yang dilaksanakan Sabtu(30/8) malam dan Prosesi Cu -kur Rambut Gimbal padaMinggu (31/8). Kedua acara itudi laksanakan di kompleks Can -di Arjuna, paparnya.

    Bersambung ke hal 7 kol 3Bersambung ke hal 7 kol 5Bersambung ke hal 7 kol 3

    Harga Eceran Rp 2.000Harga Langganan Rp 50.000

    Senin Pon 1 September 2014

    Tradisi Popokan Libatkan 1.000 Warga

    Diyakini Berkah, Dilempar Lumpur pun Tak Marah

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    Bersambung ke hal 7 kol 3

    SURABAYA - Presiden RI terpilih Joko Widodo mengajaksemua pihak untuk memerangimafia ekonomi yang selama inimenyebabkan Indonesia kian terpuruk.

    Waspadai Lahar DinginPURBALINGGA Warga Kabupaten Purbalingga khususnya kawasan lereng GunungSla met diminta mewaspadaialir an lahar dingin dari Gunung Slamet. Pasalnya terdapat dua sungai yang berhuludi lereng Gunung Slamet, yai tu Sungai Lemberang dan Sung ai Lutung. Kepala BidangPengairan Dinas PekerjaanUmum (DPU) Purbalingga,Adi Saptono, Minggu (31/8)me ngatakan, di wilayah Purba lingga tidak ada sungaiyang berhulu di puncak Gunung Slamet. Sebagian besar

    Eksekusi Terganjal,Titik Melenggang

    SEMARANG Langkah Kejatiun tuk segera mengeksekusi Ti tikKirnaningsih terganjal. Pasal nyasalinan putusan kasasi atas ka sus korupsi pembangun an JalanLingkar Selatan (JLS) Salatigadengan terpidana Titik Kirna ningsih hing ga kini belum tu run. Atas alas an itu kejaksaan belum mengeksekusi istriWa likota Salatiga Yulianto tersebut.

    Kejaksaan beralasan be lum mengantongi salinanpu tusan. Memang putus an kasasi telah terbit.Bah kan telah terbit pula

    putusan tersebut di lamanwebsite internal MA.

    Jaksa beralasan dalamme laksanakan putusan

    yang telah berkekuat an hukum tetapmesti merujuk padaPasal 270 KUHAP.Pasal tersebut menyatakan, Pelaksa naan putusanpe ngadilan yang te lah memperoleh kekuatan hukum tetapdilakukan oleh jak sa, dengan syaratpa nitera mengirimkan salinan surat putusan kepadanya.

    Upaya proaktif,

    26 Ribu Wisatawan Kunjungi DCF

    DIMINATI WISATAWAN :Persiapan prosesi cukur rambutgimbal Dieng Culture Festival(DCF) ke 5 di Dieng, Banjarne-gara, Minggu (31/8). Agendawisata ini dimintai wisatawan. Foto: Joko Santoso

    POPOKAN: Warga Desa Sendang mengikuti tradisi

    popokan atau lempar lumpuryang rutin digelar untuk meng-hormati pendiri desa yang telah

    menyelamatkan warga. Foto : Rusmanto Budhi

    BERANTASMaa Ekonomi

    GOL PEMBUKA:Raheem Sterlingmembuka gol Liverpool, di WhiteHart Lane, London, Minggu(31/8). Foto:Getty Images

    Joko WidodoFoto: Ant

  • HOTSPOT

    Senin Pon, 1 September 2014

    Muhammad Jadi Nama Populer Bayi di NorwegiaOSLO - Nama Muhammad kini tak hanya populer dinegara-negara yang mayoritas penduduknya muslim.Salah satunya di Oslo, ibukota Norwegia. NamaMuhammad, yang dalam bahasa Inggris ditulis Mo-hammed, kini menjadi nama yang paling populeruntuk bayi laki-laki di sana.

    Seperti dikutip dari laman BBC News, Minggu(31/8), sebuah perhitungan yang dirilis baru-baru iniyang mensurvei penduduk Oslo, menemukan lebihdari 4.800 pria dan bayi laki-laki di sana menggunakannama Muhammad, yang mengalahkan nama-namapopuler lain, seperti Jan dan Per. Hal ini sangatmenarik, ujar Jorgen Ouren, salah satu pejabat Statis-tik Norwegia. vvn-Ct

    Pasangan Asyik Berjudi, Anak Ditinggal di MobilFLORIDA Sepasang kekasih ini benar-benar tak bisadijadikan contoh. Tyrell Johnson (25) dan JosephineLaidler (26) nekat meninggalkan dua anak mereka dimobil supaya bisa berjudi. Akibat kelakuan takbertanggung jawab itu, keduanya kini mendekam dikantor kepolisian Hialeah, Florida, Amerika Serikat.

    Dilansir Autoevolution, Sabtu (30/8), peristiwa inidiketahui saat salah satu petugas kepolisian Hialeahberpatroli. Petugas itu kemudian mencurigai sebuahmobil yang terparkir di depan kasino dalam keadaanmenyala, tapi pemiliknya tak ada di balik kemudi.

    Saat didekati, polisi kaget melihat dua balita berusia1 dan 4 tahun, tertidur di dalam mobil tanpa ada orangyang mendampingi. vvn-Ct

    PERBURUAN dan menemukan emas benar-benar terjadi di sebuahpantai di Kent, Inggris, dimana seorang seniman Jerman menguburemas batangan bernilai 10.000 (Rp 194 juta) sebagai bagian dalamfestival seni. Seperti diberitakan Wawasan, Sabtu (30/8) lalu, adalahMichael Sailstorfer menyembunyikan 30 batang emas 24 karat di pan-tai Outer Harbour, Folkestone. Lebih dari 150 orang mulai menggaliemas saat pantai surut. Panitia mengatakan para penggali dapatmenyimpan semua emas batangan yang mereka temukan. Minggu(31/8), sejumlah orang sudah menemukan emas yang dikuburkan sen-iman tersebut di antaranya Kirsty Henderson (26) bersama pacaranya,Kevin Wood (28) dari Canterbury dinyatakan sebagai penemu emaspertama. Ct

    Pasukan Irak MasukiKota Amerli

    Sekitar 15.000 kelompok minori-tas Turki Syiah dikepung milisi ISselama dua bulan. Beberapa sum-ber mi