Waspada,senin 25 november 2013

download Waspada,senin 25 november 2013

of 25

  • date post

    17-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    662
  • download

    17

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada,senin 25 november 2013

  • SerampangSerampang

    SENIN, Pon, 25 November 2013/21 Muharram 1435 H No: 24413 Tahun Ke-67 Terbit 24 Halaman

    Keimanan yang lezat menolak segala cobaan danfitnah dunia/Harta tak bermakna di depan pejuang dijalan Allah/ Seperti alat peyapu yang membersihkan segaladebu/ Air yang mengalir di mulut kuala dapat memisahkantawar dan keasinan/tak mungkin menyatu minyak danair di dalam sebotong kaca. (Syair: Ibnu Maskawaih)

    HARTA dunia berupa sawah ladang, emas dan perak,kuda pilihan, kendaraan baru, rumah mewah, istri cantik,anak-anak, dan uang banyak yang tersimpan di bank.Banyak harta memang keinginan dan fitrah manusia.

    Orang yang banyak harta disebut hartawan alias orangkaya. Syariat Islam tidak membenci orang kaya bahkandianjurkan berusaha untuk kaya. Cuma Islam mengingat-kan, jangan sampai kekayaan dan harta benda itumemperdaya manusia. Jangan tergiur harta.

    Al Bayan

    Tak Tergiur HartaOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Harga Eceran Rp2.500,-

    Lanjut ke hal A2 kol. 5

    SINABUNG STATUS AWAS IV

    Ada-ada Saja

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Meninggal SaatIngin Berobat

    SAAT ingin berobat, wanitaini malah dinyatakan telahmeninggal dunia oleh petugasrumah sakit.

    Wanita asal Arab Saudi ituawalnya datang bersamaabangnya.Mereka ingin

    Waspadalah...

    Dua AirlinesTunda Terbang

    KUALANAMU, Deliserdang (Waspada):Abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung telahmenyelimuti kawasan Deliserdang sejakMinggu (24/11) dinihari.Namun aktivitaspenerbangan dari dan KNIA (KualanamuInternational Airport) masih aman.

    Pantauan Wasapada, kawasan Deliser-dang yang diselimuti abu vulkanik masing-masing Kec. Tanjungmorawa, Beringin,Pantailabu, Batangkuis, Lubukpakam. Abuvulkanik tipis terlihat di udara.bahkan kaca-kaca mobil tertutup abu vulkanik.

    Sementara itu, General Manager PerumLembaga Penyelenggara Pelayanan NavigasiPenerbangan Indonesia (LPPNPI) Kualanamu,Susanto melalui Liasion Officer KNIA HM Was-fan Wahyu Widodo dalam siaran persnyakemarin menyatakan aktivitas penerbanganmasih berjalan normal dan lancar meski abuvulkanik dari erupsi Gunung Sinabung sejakSabtu (23/11) hingga Minggu siang, sudahm e n y e n t u h Me d a n d a n Ku a l a n a m usekitarnya.

    Alhamdulillah, berdasarkan laporan daripetugas airnav dan Airport Service ManagerKualanamu International Airport (KNIA/KNO)Ali Shopiyan, sejak Sabtu malam, abu vulkanikSinabung sudah sampai di Kota Medan danDeliserdang.

    Waspada/Surya Efendi

    SEORANG wanita antre menunggu giliranuntuk mencuci mobilnya yang kotor akibatdebu Sinabung di salah satu doorsmeer Jl.Sisingamangaraja Medan, Minggu (24/11).

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Waspada/Surya Efendi

    BERSIHKAN DEBU DI MASJID RAYA ME-DAN: Petugas kebersihan menyapu debuSinabung di lantai halaman Masjid Raya AlMashun Medan, Minggu (24/11).

    Selimuti MedanHingga Seminggu

    MEDAN (Waspada): Abu vulkanik akanmelanda Kota Medan sekitarnya semingguke depan jika angin barat daya berembuskencang dan hujan tidak turun.Namun, kitaberharap Medan berpotensi terjadi hujan,sehingga abu vulkanik dari erupsi GunungSinabung tidak bakal lama menghujanikawasan Kota Medan.

    Demikian Kepala Data dan Informasi padaBalai Besar Meteorologi, Klimatologi danGeofisika (BBMKG) Wilayah I Medan HendraSuwarta saat dikonfirmasi Waspada, Minggu(24/11).

    Menurut Hendra, BBMKG tidak meman-tau keberadaan Gunung Sinabung.Sesuaibidang tugas, BBMKG memantau perkem-bangan cuaca dan arah angin kemana akanberhembus.

    Sedangkan Gunung Sinabung lebih ku-rang 38 Km arah barat daya dari Kota Medan.Jadi, kalau abu vulkanik dalam ketinggiantertentu ditambah arah angin dari sana keMedan lebih kencang, masyarakat Medanakan menerima dampaknya, ujar stafBBMKG Wilayah I.

    Mungkin, selama ini ada juga debuGunung Sinabung berada di barat daya KotaMedan, karena hujan selalu berpeluang turundi kawasan Tanah Karo, menyebabkan debucepat terpupus di sana.

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    MEDAN ( Waspada):Erupsi Gunung Sinabungyang terus berlanjut sampaisaat ini membuat sayur-sayuran gunung dari dae-rah Tanah Karo, mulai lang-ka di pasar-pasar tradisio-nal Medan.

    Salah seorang peda-gang sayuran di Pusat PasarMedan, Mak Pinondangmengatakan, sejak terjadi-nya letusan Sinabung bebe-rapa pekan terakhir mem-buat pasokan sayur-sayu-ran dari Tanah Karo ber-kurang.Sehingga harganyamengalami kenaikan.

    Bahkan, sejak kemarinsampai hari ini (Minggu),beberapa jenis sayuran darigunung mulai langka,ujarnya kepada Waspada,Minggu (24/11).

    Beberapa jenis sayurangunung yang mulai langkayakni bunga kol, brokoli, sa-wi. Kalaupun ada paso-kannya sedikit, harganyanaik. Itupun berdebu. Kamijadi takut menjualnya, ka-rena takut masyarakatnggak mau beli, katanya.

    Hal yang sama dikata-kan pedagang sayur lainnyadi Pusat Pasar Medan Sya-faruddin. Menurutnya,sayur dari Tanah Karo mulaiberkurang, karena para pe-taninya mengungsi akibaterupsi Gunung Sinabung,sehingga tidak ada yangberani bertani maupunmemanen.

    Saat ini, katanya, tinggalbeberapa jenis sayuran sajayang dari Tanah Karo, sele-bihnya sayur-sayuran yangdipasok dari daerah lains e p e r t i d a r i A c e h ,

    Sayur Gunung Mulai Langka Di Medan

    SEJUMLAH tokoh masyarakat Sumuttermasuk Plt. Wali Kota Medan H Dzulmi Eldinmakan siang dan shalat Jumat bersama peng-ungsi Gunung Sinabung Jumat (21/11).

    Kehadiran sejumlah tokoh dan pejabat ituterbalut dalam Aksi Solidaritas yang digagasDewi Budiati TJ Said secara spontanitas.

    Dewi yang dikenal sebagai pekerja sosialkemasyarakatan itu juga mengajak sejumlahkaum perempuan dari berbagai Ormas wanitauntuk memasak bersama di tempat pengung-sian, sekaligus melayani para pengungsi.

    Suasana haru, hikmat dan akrab terlihatkental dalam pertemuan itu meski hidanganmakan siang yang disajikan hanya sepiringnasi yang ditempatkan dalam piring kaleng(umumnya peralatan makan di pengungsian),namun para tokoh itu tidak sedikitpun cang-gung.Bahkan mereka makan dengan lahapberbaur bersama para pengungsi.

    Dari aksi solidaritas itu terkumpul bantuanyang puluhan juta rupiah berupa uang

    TANAH KARO (Waspada): Pusat Vulkanologi

    Mitigasi Bencana Dan Geologi (PVMBG), Minggu

    (24/11) mengeluarkan peringatan, warga radius

    5 kilometer harus segera mengungsi karena status

    Gunung Sinabung naik menjadi Awas Level IV.

    JAKARTA ( Waspada):Mantan Ketua MahkamahKonstitusi Mahfud MD me-ngatakan semua yang terlibatkasus korupsi seharusnyadihukum dan dimiskinkansemua hartanya. Ini termasukyang dialami terpidana kasussuap di Kementerian Pendi-dikan dan Olah Raga, Ange-lina Sondakh.

    Mantan anggota DPR itubaru-baru ini mendapat hu-kuman yang lebih berat olehhakim Mahkamah Agung, be-rupa kurungan penjara sela-ma 12 tahun karena bersalahmenerima suap senilai Rp33miliar dari PT Permai Grup.

    Mahfud pun mendukungkeputusan hakim MA yangmemperberat hukuman pen-jara atas koruptor. Itu sudahbenar dan harus menjadi

    JAKARTA (Waspada): Ling-karan Survei Indonesia (LSI),Minggu (24/11) merilis kon-vensi calon presiden PartaiDemokrat (PD), terancammenjadi sebuah tragedi.

    Sebab, pemenang konven-si nantinya tidak cukup duku-ngan untuk maju sebagai cap-res pada pemilu 2014.

    Konvensi Demokrat ter-ancam tragedi. Karena hasilsurvei popularitas tokoh kon-vensi Demokrat berada di

    JAKARTA (Antara): MenteriKoordinator bidang Kesejah-teraan Rakyat (Menko Kesra)Agung Laksono mengatakan,Indonesia tidak merasa diru-gikan bila terjadi pemutusanhubungan dengan Australia dibidang kerja sama pendidikan.

    Indonesia tidak akan di-rugikan bila ada penghentiankerja sama pendidikan, toh se-lama ini mahasiswa Indonesiayang lebih banyak kuliah diAustralia bila dibandingkanmahasiswa Australia yang ku-liah di Indonesia, kata Men-teri Koordinator bidang Kese-jahteraan Rakyat gung Lakso-no ketika dihubungi Antaradari Jakarta, Minggu (24/11).

    Waspada/Dewi Budiati TJ Said

    JALANAN di Kota Berastagi diselimuti debu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung, Minggu(24/11). PVMDG menaikkanstatus Sinabung dari Siaga 3 menjadi awas Level 4.

    tunai,ratusan potong handuk, mukena,sajadah peralatan mandi, puluhan ember,gayung,roti beras gula kopi teh,obat tetesmata termasuk papan dan berus cuci sertaikan tongkol beku.

    Adapun yang hadir pada pertemuan itu,Prof.Dr Ir Abdul Rauf MP,Guru Besar USU,Prof Dr Ir Ilmi Abdullah Rektor ITM, ProfDr Dra Damayanti Lubis anggota DPD RIUtusan Sumut.Plt Wali Kota Medan DzulmiEldin, Kepala BPDAS Wampu Ular Ir Akh-mad Sofyan, Kepala BPBD Sumut Dr AsrenNasution MA. Komandan Tanggap DaruratBencana Sinabung, Letkol Meyer Putong,Kepala BPBD Medan Halore, direktur TrasKresindo Didit Mahadi Kadar, EksekutifManager Tiara Hotel Frida Tetty, KomisarisSaka Hotel Hj Sisi, Ketua SWF Nova Zain,Ny Ida Rahayu, Sejumlah ibu-ibu mewakilibeberapa ormas wanita dan pengajian.

    Makan Di Piring Kaleng

    Sesuai data PVMBG Jl.Kiras Bangun, Desa NdokumSiroga Kec Simpang Empat,Tanah Karo, sejak pukul 10.00berdasarkan hasil analisispemantau visual kegempaandeformasi dan gas, masyarakatdiimbau untuk tidak berada

    di radius 5 kilometer dan me-lakukan aktivitas pendakian.

    Sementara itu, erupsiSinabung yang terjadi tiga kalipada Sabtu (23/11) sekira pu-kul 21:26, 21:36 dan 22:02, di-sertai hujan bebatuan, peng-ungsi yang mendatangi lokasi

    posko bertambah.Bahkanwarga pengungsi harus relatidur di bak bak mobil terbukayang berada di luar posko.

    Hingga berita ini dikeluar-kan, erupsi Sinabung sudahterjadi sebanyak 7 kali, di an-taranya pada pukul 00:43,

    00:32, 07:27, 08:12, 08:47, 08:55dan 11:50, disertai semburanawan panas sepanjang 500meter mengarah ke tenggara,sedangkan debu vulkanikme