Waspada,sabtu 22 november 2014

download Waspada,sabtu 22 november 2014

of 23

  • date post

    06-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    779
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada,sabtu 22 november 2014

  • Serampang

    z z z z z No: 24764 * Tahun Ke-68 Terbit 20 HalamanSABTU, Kliwon, 22 November 2014/29 Muharram 1436 HWWASPADA

    Demi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp 3.000

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Ada-ada Saja

    Pohon Itu JadiTempat Mencas HP

    SEBATANG pohon berpa-nel surya setinggi empat me-ter akan dibangun di pusatkota Bristol, Inggris. Pohonyang terbuat dari besi itumemiki 36 lempengan panelsurya sebagai daunnya danakan menggantikan pohon asliyang sudah tua di Lapangan

    Lanjut ke hal A2 kol 4

    - Salam 2000

    - He.... he....he....

    Longsor Madina, 9 Desa Terisolasi

    Musuh IslamOleh: Tgk. H. Ameer Hamzah

    MUSUH Islam ada tiga, kebodohan, penyakit dankemelaratan. Ketiga musuh itu harus kita perangi secarasungguh-sungguh. Senjata yang tepat bukan pedang dantombak, bukan meriam dan senjata pemusnah yangmengandung kimia, bukan juga senjata-senjata canggihbikinan Amerika dan Rusia, tetapi dengan iman dan takwa,kerja keras dan memilki ilmu pengetahuan.

    Pertama, kebodohan harus kita perangi dengan belajarmenuntut ilmu. Hukumnya wajib. Bukan hanya ilmuagama, tetapi juga ilmu umum seperti ekonomi, teknologi,kedokteran, dan ilmu komunikasi. Dengan memiliki ilmu-ilmu tersebut menyebabkan umat Islam dapat bersaingdengan bangsa lain yang lebih maju.

    Akibat kebodohan yang kita jalani selama abad ini,

    Al Bayan

    Lanjut ke hal A2 kol 2

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    Waspada/Alpin Lubis

    LONGSOR kembali timpa jalan Provinsi Kec. Ulu Pungkut Kab. Mandailing Natal, akibatnya 9 desa di daerah ini terisolasi.

    PANYABUNGAN (Waspada): Jalan Provinsi Kec.Ulu Pungkut Kab. Mandailing Natal, kembali longsorakibatnya 9 desa di daerah ini terisolasi. Sebelumnya,empat hari lalu wilayah ini juga sempat terisolasiselama 2 hari di akibatkan hal yang sama.

    Longsor ini terjadi di jalan daerah Muara Sabut, tepatnyaantara desa Simpang Duhu dan Muara Saladi. Sedangkan warga

    desa yang terisolasi ini adalahdesa Alahankae, SimpangDuhu Dolok, Simpang DuhuLombang, Simpang Pining,Hutagodang, Abincaran,Hutapadang, Simpang banyakJae dan Simpang banyak Julu

    Menurut informasi yangdihimpun Waspada di la-

    pangan, Jumat (21/11), me-ngatakan, longsor ini terjadisekitar pukul 06.00 setelahwilayah ini diguyur hujan lebatbeberapa jam pada malamharinya. Kejadiannya sekitarpukul 06.00, material tanahlongsor yang jatuh dari atasbukit cukup banyak, panjang-

    nya mencapai 150 meter. Se-munya menimpa badan jalan,kenderaan roda empat samasekali tidak bisa lewat, ujarsalah seeorang pendudukHutagodang Syafruddin Lubis.

    Dikatakannya, selain ta-nah longsor juga diikuti pohonyang jatuh ke badan jalan.

    Setelah ranting dan batangkayu dibersihkan warga, barubisa dilewati pejalan kaki.Sedangkan untuk kenderaanroda dua terpaksa didorongdan diangkat. Melihat banyak-nya material longsor yang ja-tuh, pembersihan harus dila-kukan dengan alat berat. Saat

    ini warga sedang menunggukedatangan alat berat.

    Selama ini, lanjut Syafrud-din, kawasan ini memangterkenal dengan daerah rawanlongsor. Asal hujan datang,tanah yang berada di atas bukitakan jatuh menimpa badanjalan. Longsor yang sama juga

    terjadi empat hari lalu yangmenyebabkan daerah ini teri-solasi selama 2 hari. Setelahturun alat berat dari DinasBina Marga Provsu UPTDKotanopan material longsorbaru bisa di angkat.

    LANGSA (Waspada): PihakKejaksaan Negeri (Kajari)Langsa melakukan eksekusihukuman cambuk terhadap4 pelaku mesum (khalwat) dan5 pelaku judi (maisir) yang su-dah mendapat putusan tetapdari Mahkamah Syarah diLapangan Merdeka Kota Lang-sa, Jumat (21/11). Namun, satudi antaranya atas nama Yusratidak bisa mencalani huku-man cambuk karena dalamkeadaan hamil setelah menda-pat surat dari dokter. Namun

    yang bersangkutan akan men-jalani hukumannya setelahdirinya selesai melahirkan.

    Pantauan wartawan, pe-laksanaan hukum cambukyang dilaksanakan usai shalatAshar mendapat perhatianmasyarakat Kota Langsa danmemenuhi tribun LapanganMerdeka untuk menyaksikanproses hukuman cambuk.

    Para pelaku yang didatang-kan pihak Kajari Langsa meng-gunakan bus tahanan, menda-pat pengawalan dari aparat

    kepolisian dari Polres Langsadan Satpol PP dan WH. Selan-jutnya, para pelaku dibariskandi depan tribun LapanganMerdeka sambil menunggupembacaan surat petikan pu-tusan jinayat MahkamahSyariah Islam.

    Selanjutnya, pihak KajariLangsa diwakili Jaksa PutraMasduri membacakan petikanjinayat yang berisikan yakni:Putusan No. 01/JN/2014/LGS

    Pengangkatan Jaksa AgungDari Parpol KemunduranDalam Penegakan Hukum

    MEDAN (Waspada): Pengangkatan Jaksa Agung HMPrasetyo berasal dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem)memicu banyak kritik dari berbagai pihak. PengangkatanAgung HM Prasetyo menguatkan pemerintahan Jokowi-JK tidak bisa keluar dari kendali partai politik (parpol).

    Pengangkatan itu menjadi bukti, pemerintahan

    Diduga Korupsi Dana Hibah Rp1 M

    Sekda Lhokseumawe, AnakDan Adiknya Tahanan Kota

    LHOKSEUMAWE (Waspada): Sekda Kota Lhokseu-mawe DY bersama anaknya RM dan adiknya AN resmimenjadi tahanan kota di Kejari Lhokseumawe, Kamis(20/11) malam. Ketiganya tersandung kasus dugaankorupsi dana hibah APBA 2010 senilai Rp1 miliar melaluiyayasan mereka, yakni Yayasan Cakra Donya.

    Hal itu disampaikan Kasi Penegakan Hukum dan

    Kerugian Akibat BanjirDi Singkil Rp9,7 Miliar

    ACEH UTARA (Waspada): Kerugian materi akibat banjirdan banjir bandang di kabupaten Aceh Singkil, awal November2014, mencapai Rp9,7 miliar.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Aceh Singkil, Sulaiman mengatakan, kerugian materi yangdialami akibat banjir dan banjir bandang tercatat mencapaiRp9,7 miliar.

    Menurut Sulaiman, angka kerugian materi tersebut terhim-pun dari sejumlah dinas terkait yang menghitung kerugiandi bidang masing-masing.

    Kerugian dimaksud meliputi, bidang transportasi sebesarRp144 juta, sanitasi dan jaringan air sebanyak Rp799 juta danbidang pendidikan sebesar Rp1,091 miliar. Sektor lain bidangpertanian, perkebunan dan peternakan sebesar Rp7,548 miliar.

    Sawah terendam banjirSementara sekitar 800 hektare tanaman padi di tiga kecama-

    tan di Kabupaten Aceh Utara terendam banjir dengan ketinggian

    Humas Kejati Aceh Amir Hamzah saatkonferensi pers di Kejaksaan Negeri(Kejari) Lhokseumawe, Kamis sekitar21:33. Amir juga didampingi KasiPidana Khusus Kejari, Yusnar Yusuf.Bersamaan itu, tiga tokoh Cakra Donyasedang diperiksa di ruang lain.

    Mulai hari ini (malam-red), timpenyidik Kejati Aceh menyerahkantanggung jawab tersangka dan barangbukti atas nama tersangka DY, AN danRM ke Kejari Lhokseumawe, tuturAmir Hamzah.

    Lanjutnya, setelah melakukanpendalaman materi beberapa waktulalu, dengan memeriksa belasan saksidan tiga tersangka, penyidik berkesim-pulan telah memenuhi syarat formildan materil ke tahapan penuntutan.Indikasi korupsi berdasarkan LaporanHasil Pemeriksaan (LHP) BPKP Aceh,jumlahnya diperkirakan mencapai Rp1miliar.LHP Badan Pemeriksaan Ke-uangan Provinsi Aceh terdapat indikasikerugian negara. Jumlahnya saya tidakbisa menyebutkan, karena melebihikewenangan hakim di pengadilan,ucap Amir.

    Kronologis kejadian perkara ini,sebutnya, Yayasan Cakra Donya dibawah pengelolaan DY, dengan KetuaRM dan Sekretaris AN, mendapatkankucuran dana hibah dari PemerintahAceh pada 2010 melalui Biro Keistime-waan dan Kesejahteraan Rakyat (Isra)lebih kurang Rp1 miliar.

    Dana ini diberikan berdasarkan tu-juan pemanfaatan untuk land clearing(pembersihan lahan) oleh YayasanCakra Donya. Namun setelah cair, danaini tidak digunakan seperti tujuantersebut. Kemudian uang itu, saat initelah dikembalikan, dan dititip di BRI.

    Jokwi-JK disetir parpol, kata KetuaUmum Pusat Study Hukum Dan Pem-baharuan Peradilan (Puspa) MuslimMuis,SH, menjawab Waspada, Jumat(21/11).

    Dia mengatakan, pengangkatanJaksa Agung dari Parpol sebuah kemun-duran dalam penegakan hukum.Sayakhawatir penegakan hukum di negeriini akan semakin tumpul. Indenpendsijaksa agung jelas diragukan, ujarnya.

    Menurutnya, sulit menjamin JaksaAgung netral dalam penegakan hukum,terlebih kepada koleganya sesamaorang parpol.Bukan tak mungkin jikajaksa agung akan sulit menindak orang-orang berasal dari parpol, terutamakelompok koalisi mereka, ungkapnya.

    Muslim tidak menapik jika peng-angkatan HM Prasetyo memicu mun-culnya pendapat negatif terhadapJokowi.Sudah pasti akan lahir asumsinegatif dari publik, bahwa pengang-katan itu sarat kepentingan dan tekenanParpol, tegasnya.

    Sebab, pada prinsipnya, kata Mus-lim, hukum dan politik tidak bisa ber-sanding. Pengangkatan jaksa agung dariparpol merupakan sebuah kesala-han.Presiden Jokowi masih juga mela-kukan kecerobohan. Sebelumnya,mengangkat menteri tamat SMP, ke-mudian menaikkan harga BBM, tanpamemperdulikan nasib orang miskin,ujarnya.

    Oleh karena itu, Muslim, sangat me-nyayangkan, keputusan Jokowi meng-angkat Jaksa Agung dari Parpol. Se-harusnya Jokowi tidak mengangkatJaksa Agung dari Parpol. Jaksa agungharus bebas dari Parpol, tegasnya.

    Menurutnya, jaksa agung salahsatu ujung tombak penegakkan

    Waspada/Dede

    ALGOJO yang sedang mengeksekusi cambuk kepada pelaku maisir dan khalwat di LapanganMerdeka Langsa, Jumat (21/11).

    Satu Dari 9 Pelaku GagalDicambuk Karena Hamil

    Lanjut ke hal A2 kol 1 Lanjut ke hal A2 kol 6

    Lanjut ke hal A2 kol 6

    Lanjut ke hal A2 kol 4

    Lanjut ke hal A2 kol 6

    LSI: Elektabilitas Jokowi RontokJAKARTA (Antara): Lingkaran Survei Indonesia (LSI)-Denny

    JA menyatakan elektabilitas (pamor) pemerintahan JokoWidodo-Jusuf Kalla merosot drastis dalam sebulan masakerjanya, atau sejak dilantik 20 Oktober 2014 silam, karenakebijakan kenaikan harga