Waspada, Minggu 9 September 2012

download Waspada, Minggu 9 September 2012

of 20

  • date post

    17-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    533
  • download

    14

Embed Size (px)

description

Waspada, Minggu 9 September 2012

Transcript of Waspada, Minggu 9 September 2012

  • MINGGU, Legi, 9 September 2012/22 Syawal 1433 H zzzzz No: 23977 Tahun Ke-66 Terbit 20 Halaman (A1-8, B1-12) zzzzzHarga Eceran: Rp 2.500,-

    WASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)

    Raih BerbagaiPenghargaan Berkat

    Penataan LingkunganB2 B5

    Meningkat MinatWisatawan Belanda

    Melancong Ke SumutB11

    Sup KambingBerkuah

    Susu

    Kasat, Kabag Ops Polres Binjai Dicopot

    Batu AlamJadi InspirasiMode Terkini

    B1

    Lanjut ke hal A2 kol 6Lanjut ke hal A2 kol 3

    Waspada/Surya Efendi

    CALON jamaah haji divaksin meningitis, salah satunya jamaah haji KBIH As Sakinah di Jl. Selamat Ujung Medan, Sabtu (8/9). Vaksinasi disaksikan Kadis KesehatanKota Medan Edwin Effendi.

    L A B U H A N B A T U(Waspada): Bupati Deliser-dang dua periode Drs. H.Amri Tambunan yang pu-lang kampung ke Labu-hanbatu disambut hangatpara ulama, tokoh agama,serta berbagai elemen ma-syarakat daerah itu.

    Bagi Amri Tambunanyang tampil menjadi salahsatu kandidat calon dalambursa Pilkada Gubsu perio-de 2013-2018, KabupatenLabuhanbatu sudah tidakasing baginya dan merupa-kan kampung halamannya,karena semasa kanak-ka-nak dirinya pernah bersa-ma orang tuanya tinggaldi Labuhanbatu di kalaAy a h a n d a n y a A l m H .Djamaluddin Tambunan Waspada/HM Husni Siregar

    AMRI Tambunan yang merupakan putra sulung Bupati Labuhanbatu pertama Alm H Djama-luddin Tambunan disambut warga di Gedung Nasional Rantauprapat, Jumat (7/9).

    95% Etnis Jawa L. Batu Raya Siap Menangkan Amri

    Lanjut ke hal A2 kol 3

    MEDAN ( Waspada):Kota Medan maupun Acehsepakat menjalin kerjasa-ma pembangunan yangbersinergi antara dua pro-vinsi bertetangga, kata WaliKota Medan H. RahudmanHarahap di Bandara Polo-nia Medan, Sabtu (8/9).

    Wali Kota menyatakanharapannya itu setelahbertemu dengan GubernurAceh Zaini Abdullah di VIProom Bandara PoloniaMedan, saat gubernur tran-sit dari Jakarta di Medanmenjelang bertolak ke Ban-da Aceh bersama MalikMahmud dan Wakil KetuaKomisi III DPR RI H. NasirDjamil dan pejabat lainnya.Sedangkan Wali Kota Me-dan Rahudman Harahap

    Waspada/Abdullah Dadeh

    WALI KOTA Medan Rahudman Harahap berfoto bersama Gubernur Aceh Zaini Abdullah (duakanan), Wakil Ketua Komisi III DPR RI H. Nasir Djamil (kanan) dan H. Badri Ismail, KepalaPerwakilan Pemprov Aceh di Medan (kiri) di VIP room Bandara Polonia Medan, Sabtu (8/9).

    Wali Kota Medan-Gubernur Aceh Jalin Kerjasama

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    SIGLI (Waspada): PolresPidie menggagalkan pengiri-man ganja seberat empat tonatau senilai Rp10 miliar diDesa Papeun, Kec. Muara Tiga,Sabtu (8/9) dinihari.

    Selain menyita barangharam tersebut, polisi jugamengamankan truk BL 9354AL dan mobil Hyundai warnahitam dalam kondisi baru.Namun tersangka yang terlibatdalam pengiriman ganja ke-ring siap edar itu berhasil

    kabur.Untuk mengelabui petu-

    gas, ganja dikemas mirip batubata dan dimasukkan dalamkarung. Ganja itu rencanayadiangkut ke Pulau Jawa meng-gunakan truk BL 9354 AL.

    Kapolres Pidie AKBP Du-madi, SSTmk melalui KasatNarkoba AKP Aiyub kepadaWaspada mengatakan, ter-ungkapnya pengiriman ganjaberawal dari informasi masya-rakat. Selanjutnya sekira pukul

    24:00 tim Sat Narkoba dibantuIntelkam dan Reskrim sertaanggota Polsek Muara Tigamelakukan patroli.

    Di Desa Papeun Muara Tigapihaknya melihat truk berwar-na kuning terperosok ke dalamparit, juga mobil Hyundaiwarna hitam terparkir di tepijalan desa tersebut tanpapemilik. Ciri-cirinya samadengan informasi yang masuk.

    Waspada/Muhammad Riza

    SAT Narkoba Polres Pidie menggagalkan pengiriman ganja 4 ton atau senilai Rp10 miliar lebihdi jalan Krueng Raya- Muara Tiga, Pidie, Sabtu (8/9). Namun polisi gagal menangkap tarsangka.

    Polres Pidie GagalkanPengiriman 4 Ton Ganja

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    TAPAKTUAN (Waspada):Dinas Kehutanan Aceh Selatandan Polres Aceh Selatan belummenetapkan tersangka pemi-lik 15 ton kayu yang disita diKilang Kayu UD Rahmad diDesa Ujong Pulo Rayeuk Ba-kongan, 14 Agustus lalu.

    Menurut pejabat Dinas Ke-hutanan Aceh Selatan Syahrial,pemilik kilang Misbahuddintelah diperiksa namun tidakbisa dijadikan tersangka kare-na kayu-kayu itu bukan milik-nya. Sudah kita ambil kete-rangan namun tidak ada yangmengaku kayu milik siapa,kata dia, Sabtu (8/9).

    Karena itu, kayu-kayu yang

    kini teronggok di kantor DinasKehutanan akan dilelang da-lam waktu dekat. Prosedur-nya sedang kita jalankan, pele-langan akan dilakukan, katadia.

    Sementara dari DesaUjong Pulo Rayeuk Bakonganberkembang kabar kayu yangditangkap Polisi Kehutanandan Polres Aceh Selatan berni-lai Rp120 juta itu milik mantanpejabat Polres Aceh SelatanKompol Basy, yang kini bertu-gas di Polda Aceh.

    Terpisah, pemilik kilangM i s b a h u d d i n k e p a d a

    Belum Ada Tersangka15 Ton Kayu Sitaan

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    SURABAYA (Antara): RaisSyuriah Pengurus BesarNahdlatul Ulama (PBNU) KHA. Hasyim Muzadi menegas-kan Syiah itu masih tergolongIslam, karena itu perbedaanyang terjadi dengan merekatidak perlu disikapi mengg-unakan aksi kekerasan.

    Orang Madura itu selaluikut kiai, karena itu merekabelum tentu mengerti tentangSyiah atau bukan, jadi perludisikapi dengan dakwah, bu-kan kekerasan, kata SekretarisJenderal International Confe-rence of Islamic Scholars (ICIS)

    itu di Surabaya, Sabtu (8/9).Tokoh NU asal Malang, Ja-

    wa Timur (Jatim) itu menge-mukakan hal tersebut setelahberbicara dalam seminar pra-Musyawarah Nasional (Mu-nas) Alim Ulama dan KongresBesar (Konbes) NU yang dige-lar PBNU di Surabaya. Acaraitu sekaligus HalalbihalalPengurus Wilayah (PW) NUJatim dengan Pengurus Ca-bang (PC) NU se-Jatim.

    Dalam acara yang jugaditandai dengan peluncuran

    Saudi Belum SetujuiTambahan Kuota Haji

    BANJARMASIN (Antara): PemerintahIndonesia hingga kini belum mendapatkanjawaban dari Pemerintah Arab Sauditerkait pengajuan penambahan kuota haji2012 sebagaimana tahun sebelumnya.

    Direktur Pengelolaan Dana Haji PusatSyariful Mahya di Banjarmasin, kemarin,mengatakan, pemerintah pusat selalumemperjuangkan penambahan kuota hajibagi seluruh daerah di Indonesia. Begitujuga dengan tahun ini, Menteri AgamaSuryadharma Ali telah mengajukanpenambahan kuota haji, namun hinggakini belum mendapatkan jawaban dariPemerintah Arab Saudi apakan pengajuantersebut dikabulkan atau tidak.

    Menurut Mahya, sebagaimana keteta-pan Organisasi Konferensi Islam, kuotahaji masing-masing negara adalah setiapseribu penduduk muslim hanya satu orangyang mendapatkan kesempatan berangkathaji. Ketetapan tersebut, kata dia, dibuatkarena tingginya minat warga muslim disebagian besar negara muslim untuk me-nunaikan rukun Islam ke lima tersebut.Karena keterbatasan kuota haji tersebut,sehingga wajar bila sampai kini daftartunggu di Kalsel mencapai 14 tahun,katanya.

    Dengan demikian, kata dia, dibuatlahaturan, siapa yang pertama mendaftarmereka yang pertama berangkat, sehingga

    Pra Munas Dan Kongres PBNU

    Syiah MasihTergolong Islam

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    Sweeping Tanpa Izin KapolresBINJAI (Waspada): Dua perwira Polres Binjai

    dicopot dari jabatannya setelah peristiwa kerusuhanBinjai, kemarin. Keduanya, Kasat Reskrim AKP ArisFianto dan Kabag Ops Kompol H Hasibuan.

    Calhaj JanganMenolak Divaksin

    MEDAN (Waspada): Jamaah calon hajidiingatkan agar mengutamakan dansenantiasa menjaga kesehatan sebelumberangkat ke tanah suci Makkah. Salahsatunya Calhaj jangan menolak untukdivaksin meningitis.

    Vaksin meningitis penting untukCalhaj agar tidak tertular penyakit. Untukitu Pemko Medan menyiapkan vaksin itudi seluruh Puskesmas untuk disuntikkankepada jamaah calon haji. Selain itu, petu-gas Puskesmas juga mendatangi KBIH-KBIH guna melakukan vaksinasi. Kita ber-harap semua calon haji telah divaksinasisebelum berangkat ke Tanah Suci, kataKadis Kesehatan Medan dr Edwin Effendisaat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagicalon jamaah haji salah satunya KelompokBimbingan Ibadah Haji (KBIH) As Sakinahdi Masjid Rohaniah dan MadrasahDiniyah Awaliyah (MDA) Yayasan Pen-didikan Ani Idrus Jl. Selamat Ujung Medan,Sabtu (8/9).

    Menurut Edwin, vaksinasi meningitisini dilakukan agar Calhaj kebal terhadapvirus penyakit dan fit menunaikan ibadahhaji sampai pulangnya dari tanah air nanti.

    Didampingi Kepala Puskesmas Tela-dan, dr Refrini dan Pembimbing KBIH AsSakinah H Hamdani Yazid, Edwin menga-takan, vaksinasi ini penting juga untukmendapatkan visa dari Kedutaan Besar

    Kedua perwira itu dinilaipaling bertanggungjawab ataskerusuhan terjadi, termasukmelakukan sweeping tengahmalam sehingga memberidampak mencekam di masya-rakat. Juga adanya penang-kapan anak-anak yang tidakmengetahui persoalan.

    Informasi pencopotan ke-dua perwira itu cepat beredardi Kota Binjai. Orangtua paraanak-anak yang ditangkapPolres Binjai bersyukur. Kena-pa bukan Kapolres yang dico-pot, ujar mereka, Sabtu (8/9),kesal dengan arogansi Polres

    Binjai.Beberapa tokoh di Jln.

    Imam Bonjol juga menilai Ka-polres paling bertanggung-jawab. Semestinya Kapolresjuga dicopot. kata mereka.Salah satunya Syaiful berharappergantian kedua perwira itubisa membawa Polri lebihprofesional.

    Pengacara warga, Rudi AlFahri Rangkuti menambah-kan, penembakan Junaidi aliasJuned dan ditangkapnya anak-anak di bawah umur sampai

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    Lanjut ke hal A2 kol 7

    Pidato ObamaPecahkan RekorRespon Di Twitter

    LOS ANGELES (Antara):Pidato Presiden Barack Oba-ma di Konvensi Nasional De-mokrat pada Kamis (6/9)menduduki peringkat momenpolitik terbesar di situs mediasosial Twitter. Jumlah tweettentang konvensi Partai De-mokrat meledak jauh diban-dingkan sosok serupa dariKonvensi Partai Republiksepekan sebelumnya.

    Kampanye Obama selalumembuat penggunaan eks-ten