Waspada, minggu 29 november 2015

download Waspada, minggu 29 november 2015

of 20

  • date post

    24-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    438
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, minggu 29 november 2015

  • Harga Eceran Rp 3.000

    MINGGU, Pahing, 29 November 2015/17 Safar 1437 H No: 25127 Tahun Ke-68 Terbit 20 Halaman

    ISSN: 0215-3017

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)

    Waspadai Radikalisme

    Lanjut ke hal A2 kol. 4 Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Waspada / Budi Surya Hasibuan/B

    H.Tigor Panusunan Siregar dan H.Erik Adtrada Ritonga,memiliki kepedulian besar terhadap dunia anak-anak.

    Tigor - Erik PeduliAnak Labuhanbatu

    RANTAUPRAPAT (Waspada) : Calon Bupati Labuhan-batu Dr.H.Tigor Panusunan Siregar,Sp.PD, lahirkanKabupaten Labuhanbatu sebagai Kabupaten Layak Anak(KLA) di tahun 2014 merupakan buah kerjakerasnyaselama lima tahun memimpin kota sawit ini.

    Tak tanggung-tanggung, kepemimpinan Tigor men-jadikan Labuhanbatu satu dari 3 kab/kota di ProvinsiSumatera Utara dan 50 kabupaten/kota se Indonesia yangberasil menggondol piala dan penghargaan sebagai KLAuntuk katagori tingkat Pratama tahun 2015.

    Tokoh Mandailing Upah-upahRamadhan Pohan Dan Istri

    MEDAN (Waspada) : Puluhan tokoh Mandailing diMedan melakukan upah-upah pasangan RamadhanPohan dan istrinya Asti Rigfa Dwiyandani di kediamanH. Yopie Batubara, Bukit Hijau Regency perumahan SetiaBudi Indah, Sabtu (28/11).

    Para tokoh tersebut berasal dari Sipirok, MandailingNatal (Madina), Padanglawas, Padanglawas Utara (Paluta)dan Tapanuli Selatan (Tapsel).

    Waspada/Abdullah Dadeh/B

    TOKOH masyarakat Mandailing H. Yopie Batubara (kiri)dan H. Ahmad Raja Amri Siregar (kanan), saat mengulosiRamadhan Pohan dan istri, Sabtu (28/11).

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    MEDAN (Waspada): Seba-gai umat manusia, setiap umatmuslim diajak untuk senan-tiasa berdzikir mengingatAllah. Jika tidak, jangan pernahkita bermimpi untuk dimu-liakan Allah sebelum kita me-muliakan Allah.

    Ingatlah selalu denganAllah dengan selalu bertasbihkepada-Nya. Dedaunan saja

    Pilihlah Pemimpin YangCinta Dengan Rakyatnya

    selalu berdzikir kepada Allah,kok kita makhluk yang palingsempurna, tidak melakukan-nya?, kata ustadz Ahmad Al-Habsyi saat memberikan tau-syiah tabligh akbar di MasjidAgung, Sabtu (28/11).

    Di hadapan ribuan ibu-ibuperwiridan se-Kota Medan, us-tadz Al-Habsyi menyampai-kan, dalam kehidupan, manu-

    sia selalu akan dihadapkandengan dua pilihan. Satu yangbenar, dan satu yang salah,yang halal dan juga yangharam. Kalau kita dimintamemilih, apa yang kita pilih?Pasti kita mau yang benar.Tidak ada kita yang mau milihdua-duanya, ujarnya.

    Waspada/ME Ginting/B

    KETUA Nazir Masjid Agung Medan Dzulmi Eldin bersama ustadz Ahmad Al-Habsyi saat mema-suki Masjid Agung, Sabtu (28/11).

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    MEDAN (Waspada): Panglima Komando Strategi Cadangan Angkatan Darat(Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi menegaskan, gerakan radikalismebisa merambah ke mana saja, termasuk di perguruan tinggi. Karena itu, seluruhlapisan masyarakat, tidak terkecuali mahasiswa harus tetap mewaspadainya.

    Mewaspadai gerakanradikalisme sudah keharusanbagi semua eleman bangsaini, kata Letjen Edy Rahma-yadi usai memberikan pence-rahan kepada mahasiswa Uni-versitas Negeri Medan (Uni-med) dalam acara DiskusiPublik Kerjasama Unimed danBakohumas dengan tema:Peran Lembaga PendidikanMenghadapi MEA 2015 di

    gedung Auditorium Unimed,Sabtu (28/11).

    Hadir dalam acara itu, Rek-tor Unimed Prof Syawal Gul-tom, wakil rektor, dekan, Ka-bag Humas Unimed Muham-mad Surip, pejabat militer dansipil baik pusat maupun Su-mut serta ratusan mahasiswaUnimed dan undangan lain-nya.

    Rahmayadi mengatakan,

    sangat penting bagi kita semuamemahami adanya pahamradikalisme yang berkembangdi lingkungan sekitarnya. Ka-rena itu, tetaplah mewaspadaigerakan radikal itu.

    Mari kita meningkatkanjiwa nasionalisme serta tidakterprovokasi dengan ajaranradikal, sebutnya.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6Waspada/Muhammad Ferdinan Sembiring/B

    PANGKOSTRAD Letjen TNI Edy Rahmayadi memberikancenderamata kepada Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom usaimembuka cara diskusi publik di Auditorium Unimed, Sabtu(28/11).

    Banjir BandangHantam Dairi,Jalan Desa TerputusSatu Warga Hilang Terseret Arus

    SIDIKALANG ( Waspada): Desa Tualang, Kec.Siempatnempu Hulu, Dairi dihantam banjir bandang,Kamis (26/11) malam sekira pukul 22.00, mengakibatkantanggul irigasi amblas dan tiga jalan yang menghubungkandesa itu dengan ibukota kecamatan putus. Sementara,seorang warga dusun IV,Julfirman Silaban, 30, hilangdiduga terbawa arus banjir.

    Warga kepada Waspa-da, Sabtu (28/11) mengata-kan, banjir bandang berasalaliran sungai di gunung. Ke-mudian menghantamtanggul irigasi dan amblassepanjang 10 meter. Di hiliririgasi banjir bandangmenghantam badan aspalhingga terputus di tiga titik.Jumlah keseluruhannyadiperkirakan mencapai 30meter.

    Kepala Desa Tualang,Kalep Sianturi mengatakan,seorang warga hilang didu-ga terbawa arus banjir. Se-belum kejadian korban ma-sih terlihat minum di salahkedai tuak di Dusun III.Sekira pukul 10:00, korbanpulang ke rumahnya di Du-sun IV mengendarai sepe-damotor. Sedangkan badanjalan yang putus terdapatantara Dusun III denganDusun IV.

    PULUHAN warga Desa Tualang dipimpin kepala BPBD, Bahrim Tarigan berusaha mencari korban hilang Julfirman Silaban di hilir jalan yang amblas. Waspada/Natar Manalu/B

    91 Rumah WargaDi Aceh SelatanTergenang Lumpur

    TAPAKTUAN (Waspada): Hujan lebat mengguyurkawasan Trumon Raya, Kab. Aceh Selatan, Jumat (27/11)malam menyebabkan tejadinya banjir bandang yangmenerjang Gampong Krueng Batee, Kec. Trumon Tengah.Tercatat 91 rumah terendam genangan air bercampurlumpur setinggi satu meter, dan satu rumah milik TgkKamaruddin, 60, hancur dihantam banjir.

    Peristiwa terjadi seki-ra pukul 20:00 setelah hu-jan lebat selama bebera-pa jam mengguyur kawa-san pegunungan, sehing-ga sungai Krueng Bateetak mampu menampungdebit air.

    Kepala Pelaksana Ba-dan PenanggulanganBencana Daerah (BPBD)Aceh Selatan, Erwiandidihubungi, Sabtu (28/11)membenarkan kejadiantersebut. Dari tiga gam-pong yang dilanda banjirbandang, meliputi KruengBatee, Gunung Kapurdan Pulo Paya, hanyaGampong Kreung Bateetergolong paling parah.

    Pihaknya telah me-nurunkan petugas ber-sama perlengkapan da-pur umum ke lokasi, ter-masuk bantuan masapanik. Kini airnya mulaisurut, warga bersamapersonil bergotong-ro-yong membersihkan

    PE M ATA N G S I A N TA R(Waspada): Pendukung pa-sangan calon (paslon) WaliKota dan Wakil Wali Kota Sur-fenov Sirait dan SL Parlindu-ngan Sinaga yang dibatalkanKPU sebagai peserta Pilkada,kembali berunjukrasa, Sabtu(28/11).

    Dalam aksinya, merekamelempari Ketua KPU Pema-tangsiantar Mangasitua Purba

    Pendukung Surfenov-SL ParlindunganKembali Demo KPU

    dengan benda-benda lunak.Lemparan seorang perem-

    puan pengunjukrasa mengen-ai wajah Ketua KPU sebelahkiri. Kapolres AKBP Dodi Dar-janto yang berusaha mene-nangkan para pengunjukrasajuga tidak luput dari lemparan,meski benda-benda yangdilemparkan pengunjukrasatidak melukai dan menyakitiKetua KPU dan Kapolres.

    Dalam aksinya, merekameminta KPU Pematangsian-tar membatalkan keputusanyang membatalkan paslon.Mereka juga mengatakan De-wan Kehormatan Penyeleng-gara Pemilu (DKPP) tidak pu-nya wewenang memerintah-kan Bawaslu Sumut mengo-reksi putusan Panwaslu

    Waspada/Edoard Sinaga/B

    PENDUKUNG Surfenov Sirait dan SL Parlindungan Sinaga kembali berunjukrasa menuntutKPU membatalkan keputusan KPU di kantor KPU di Jln. Porsea, Sabtu (28/11).

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    18 PSK Terjaring Razia

    Istri Hamil DipaksaMenjual Diri

    MEDAN (Waspada): Belasan wanita pekerja sekskomersial (PSK) terjaring razia petugas gabungan SatpolPP Kota Medan bersama Dinas Sosial dan Tenaga Kerja(Dinsosnaker) serta Polresta Medan dari sejumlah kawasaninti kota yang dikerap dijadikan tempat mangkal, Sabtu(28/11) dinihari.

    Sebanyak 18 PSK diamankan dari kawasan Jl. KH WahidHasyim, Jl. Gatot Subroto, Jl. Iskandar Muda, Jl. GajahMada, Jl. Setiabudi dan dari dua hotel kelas melati Jl. Dja-min Ginting.,

    Dari 18 PSK yang diamankan, kedapatan salah seorangdi antaranya sedang hamil tujuh bulan. Penduduk Jl. PabrikTenun itu diamankan dari Jl. Gajah Mada, kemudian dibawake Kantor Dinsosnaker Medan Jl. KH Wahid Hasyim.

    Mirna, 25, nama samaran yang sempat diwawancaraimengaku dipaksa suaminya menjadi PSK. Dia sempatmenolak, tetapi akhirnya terpaksa melakukan karena takutdipukuli. Aku enggak mau pulang, aku mau dibawa kepanti saja, aku takut dipukul suamiku, kata dia menangis.

    Selama ini, dia menjajakan diri di kawasan TamanGajah Mada. Setiap malam dia diantar suaminya menjualdiri. Bila menolak, kata dia, suaminya akan memukul danmenampar serta melakukan tindakan kekerasan lainnya.

    Dia sudah berulangkali pulang ke rumah orang tuanyadi Jl. Notes, karena tidak sanggup tinggal bersama sua-minya. Tetapi ayahnya selalu mengusir dan memintanyakembali ke tempat tinggalnya di Jl. Pabrik Tenun.

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Listrik Diputus,Santri AcehDemo PLN

    LHOKSEUMAWE (Was-pada): Puluhan santri DayahDarul Mujahidin, Desa BlangWeu Panjoe, Kec. Blang Ma-ngat, Lhokseumawe melaku-kan demo di Kantor PLN Ra-yon Lhokseumawe Kota, Sabtu(28/11) sore.

    Santri menuntut PLN me-masang kembali aliran listrikpasantren tersebut yang dipu-tuskan sejak empat hari lalu.

    Pantauan Waspada, parasantri menggelar aksi di depanpintu utama Kantor PLN, Jl.Malikussaleh, Desa LancangGaram, Kec. Banda Sakti.

    Kami meminta PLN un-tuk mengembalikan meteranlistrik yang telah dicabut sejakempat hari lalu, kata koordi-nator aksi Khairul Rizal. Diamenyebutkan, alasan PLN me-motong arus tersebut ke dayahakibat ada pencangkokan aruslistrik.

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    GempaPandeglangTerasa Di Jakarta

    JAKARTA (Waspada): Ba-nyak warga