Waspada, minggu 26 agustus 2013

download Waspada, minggu 26 agustus 2013

of 20

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    556
  • download

    28

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, minggu 26 agustus 2013

  • 98 Napi Tg. Gusta Buron

    WASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)

    MINGGU, Legi, 25 Agustus 2013/18 Syawal 1434 H zzzzzNo: 24320 Tahun Ke-67 Terbit 20 Halaman

    Bayi Tanpa TempurungKepala Meninggal

    MEDAN (Waspada): Bayi tanpa tempurung kepalaKania Rahmadani, 1 bulan, menghembuskan nafasterakhirnya di RSUP H. Adam Malik Medan, Sabtu(24/8) siang. Kemudian, bayi yang memiliki banyakkelainan itu dibawa ke kampung halamannya di DesaPasar V, Kebun Kelapa, Dusun Sunda, Kecamatan Beringin,Deli Serdang untuk dikebumikan.

    Pihak keluar mengaku ikhlas dengan kepergian bayiKania yang dirawat empat hari di RSUP HAM, karenamengalami kelainan yakni, tanpa tempurung kepala,jari tangan yang tidak ada dan bibir sumbing tersebut.

    Kania meninggal jam 14 kurang 10 tadi. Saat ini kitalagi repot, mungkin ini saja yah yang bisa kami sampaikan.Kalau untuk keperluan di Adam Maliknya, alhamdulilahtidak dipersulit, kami diijinkan pulang, meski. Berkas-berkas belum lengkap, kata salah satu keluarga dari IbuKania, Radiah, 32.

    Waspada/Marwan

    Kania Ramadhani saat masih dirawat di RSUP HAM Medan.Lanjut ke hal A2 kol 1

    KPU PublikasiPelanggar Kampanye

    JAKARTA (Waspada): Komisi Pemilihan Umum (KPU) akanmemberi sanksi peringatan bagi partai politik (parpol) dancalon anggota legislatif (caleg) yang melanggar aturankampanye. KPU juga berkomitmen memublikasikan peringatantersebut agar memberi efek jera bagi para pelanggar.

    KPU akan memberi sanksi peringatan administratif.Peringatan itu kan punishment yang lebih kuat daripadadipidana. Peringatan akan dipublikasikan. Itu sanksi sosialyang membuat jera, kata Komisioner KPU Ferry KurniaRizkiyansyah saat dihubungi, Sabtu (24/8).

    Dia mengatakan, dalam melakukan penertiban danpenegakan hukum atas pelanggaran kampanye, KPU akanbekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), DewanPers, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

    Pelanggaran, ujarnya, termasuk soal isi, tempat, jumlah,

    Waspada/Hendrik Prayitno

    TAMBAL SULAM: Dengan dioperasikannya Bandara Kualanamu International Airport (KNIA),jalan tol Medan-Tanjungmorawa semakin memiliki fungsi vital. Namun disayangkan perawatanjalan tol ini masih terkesan tambal sulam. Beberapa ruas jalan tol sedang diperbaiki. Namunperbaikan yang tidak menyeluruh dan hanya menambal hanya pada bagian-bagian tertentu inimembuat badan jalan jadi kurang rata, hingga akan menimbulkan getaran keras ketika dilaluikendaraan dengan kecepatan tinggibahkan bisa membahayakan. Foto diambil Sabtu (24/8).

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    Empat TersangkaDugaan Korupsi

    STABAT (Waspada): KejariStabat menetapkan dua man-tan manager kebun di PTPN2Kebun Sawit Seberang, Kab.Langkat sebagai tersangka.Sebelumnya, dua rekananyang terlibat juga ditetapkansebagai tersangka. Dengandemikian, penyidik sudahmenetapkan empat orangsebagai tersangka dalam kasustersebut.

    Hari ini kita tetapkan DSdan AS sebagai tersangka ka-rena turut bertanggungjawabatas pelaksanaan proyek

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    Wanita Bakar Rumah SendiriMEDAN (Waspada): Diduga mengalami gangguan

    kejiwaan, seorang wanita membakar rumahnya sendiridi Jalan Perjuangan No 88 Lingkungan XI, Kel Sei KeraHilir I, Kec. Medan Perjuangan, Sabtu (24/8) sekira pukul08.50. Akibatnya, rumah permanen tersebut nyaris tinggalpuing. Untung mobil pencegah dan pemadam kebakaranPemko Medan datang, sehingga tidak ada korban jiwadan api tidak merembet ke rumah warga.

    Kapolsek Medan Timur Kompol Juliani Prihartinimengatakan diduga pelaku memiliki gangguan kejiwaandan membakar sendiri garasi rumahnya. Kasus ini sudahkali kedua terjadi dengan pelaku yang sama. (h04)

    MEDAN (Waspada): Meskiumat Islam mayoritas di Indo-nesia namun belum mayoritasdalam politik sehinga tidakterakomodir. Untuk itu agarumat Islam yang mayoritas initerakomodir dalam politik,maka harus memenangi Pe-milu mendatang.

    Makanya jika ingin meng-ubah sistem liberalisasi de-mokrasi, harus menang Pemi-

    lu, kata Ketua Komisi Pemili-han Umum (KPU) Pusat HusniKamil Manik dalam seminardiselenggarakan Perhimpu-nan Keluarga Besar Pelajar Is-lam Indonesia (KB PII) di HotelMadani Medan, Sabtu (24/8).

    Manik mengakui saat inimemang telah terbangunsistem liberalisasi demokrasidan itu adalah fakta, sehinggamengeliminasi mayoritas

    umat Islam dalam politik.Kemudian, lanjutnya, ke-

    cenderungan saat ini masya-rakat di Indonesia lebih ter-tarik pada Pemiliu Presidendari pada Pemilu Legislatif.Padahal jika ingin mengubahsistem liberalisasi demokrasi,harus menang Pemilu Legis-latif.

    Umat Islam Belum Mayoritas Di Politik

    Lanjut ke hal A2 kol 3

    Truk Bermuatan 4 TonGanja Terjungkal

    KOTA JANTHO ( Waspada): Polres Aceh Besarmengamankan truk BK 8400 BU mengangkut ganja keringseberat 4 ton. Saat ditemukan, truk dalam keadaanterjungkal di bawah tebing kawasan Simpang Beutong,Pidie, Sabtu (24/8) pukul 03:00. Truk tersangkut di sebatangpohon, sementara di bagian depan truk rusak berat.

    Sejumlah aparat Polres Aceh Besar dan anggota SatNarkoba menerima informasi itu segera mengamankanbarang bukti. Namun sopir dan kernet truk berhasil kabur.Lokasi kejadiannya masuk wilayah hukum Polres Pidie.Jadi, saya sudah minta Kasat Narkoba koordinasi denganPolres Pidie, kata Kapolres Aceh Besar AKBP Djadjulikepada Waspada, Sabtu (24/8).

    Menurutnya, diamankannya barang bukti ganjaberawal dari informasi masyarakat, menyebutkan akanada mobil membawa ganja. Setelah menunggu beberapalama, di kawasan Lamteuba sekira pukul 04:00 anggotanya

    Waspada/Muhammad Riza

    SEJUMLAH anggota polisi berpakaian preman dari Aceh Besar,dibantu masyarakat mengamankan barang bukti ganja empatton yang ditinggalkan pemiliknya setelah truk terbalik di lintasBanda Aceh-Sigli, Pidie, Kec. Muara Tiga. Sabtu (24/8). Lanjut ke hal A2 kol 1

    MEDAN (Waspada): Sebanyak 98 dari 212 nara-pidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) KlasI Tanjung Gusta Medan yang melarikan diri 11 Julilalu saat ini masih menjadi buron, sementara 114lainnya sudah kembali berada di Lapas.

    Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum danHAM Sumatera Utara Budi Sulaksana, di Medan, Sabtu (24/8),jumlah napi yang bisa diamankan kembali bertambah setelahpetugas Kepolisian Riau menangkap dua orang tahanan kasusterorisme yang kabur dari Lapas Tanjung Gusta.

    Menurut dia, polisi menangkap kedua napi itu di KecamatanKandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Kamis (22/8), sekitarpukul 05.30 WIB.

    Petugas masih mencari 98 napi lain yang belum berhasilditangkap. Seluruh napi yang belum tertangkap terus dicaripetugas hingga dapat, kata Budi.

    Jumlah napi yang menghuni Lapas Tanjung Gusta Medantercatat 2.016 orang, padahal daya tampungnya hanya 1.050 orang.

    Menurut data yang diperoleh dari Kanwil KementerianHukum dan HAM Sumatera Utara, 118 napi Lapas Klas I Tanjung

    D E L I S E R D A N G(Waspada): Kepala Staf TNI AD(Kasad) Jenderal TNI Moeldo-ko meninjau sekaligus meres-mikan program bedah kam-pung diprakarsai Pangdam I/BB Mayjen TNI BurhanuddinSiagian, Sabtu (24/8) di DusunIII, Desa Pesisir Pantai Ruge-muk, Kec. Pantailabu, Deliser-

    dang.Hampir 100 rumah para

    nelayan direhab, sehinggamengubah wajah dusun nela-yan itu. Infrastruktur jalan me-nuju dusun juga sudah diaspal, hasil upaya jajaranDinas PU Deliserdang melalui

    Waspada/Ist

    KASAD TNI AD Jenderal Moeldoko di dampingi Gubsu GatotPudjo Nugroho, Pangdam I/BB Mayjen Burhanuddin Siagian,Pangkosek TNI AU dan Bupati Deliserdang Amri Tambunansaat menandatangani prasasti peresmian perehaban 82 rumahlewat Program Bedah Kampung di Desa Regemuk, Kec.Pantailabu, Deliserdang, kemarin.

    Kasad Resmikan ProgramBedah Kampung Deliserdang

    Lanjut ke hal A2 kol 6

    Lanjut ke hal A2 kol 3

  • WASPADAMinggu

    25 Agustus 2013Berita UtamaA2

    Jawaban Problem Catur,Dari Halaman Sport.

    1. Ke7+, GxK.2. Bxf7, Kf6.3. BxK+, Gd-e6.4. GxGe6+, Rh8.5. Bf8+mat (Jika 2. ....., Bf8. 3. Bg7+, Rh8. 4. Bg8+mat. Jika 2. ....., Gd-e6. 3. GxGe6, Kf6. 4. BxK+, Rh8. 5. Bf8+mat).

    Kasad Resmikan Program ...program Gerakan Deliserdang Membangun(GDSM).

    Ratusan prajurit di bawah komando Ka.ZeniDam I/BB Letkol Faturrahman dan DanramilBeringin GP Girsang serta perwira lainnya yangdiultimatum menyelesaikan pekerjaan dalamsebulan, dipercepat menjadi seminggu. Kini de-sa itu menghijau ibarat perumahan militer.

    Ini permintaan warga, hijau menggam-barkan keteduhan, ujar Aster Kodam I/BB Ko-lonel Bambang Supardi yang membawa mu-kadimah kedatangan Kasad di desa yang dihu-ni ratusan jiwa tersebut.

    Sementara Kasad Jenderal Moeldoko, mela-yangkan sebuah pantun terkait keikhlasan dankecepatan prajuritnya merehab rumah masyara-kat pesisir yang mayoritas dihuni etnis Melayu.Ikan sepat ikan gabus, makin cepat mengerja-kannya hasilnya makin bagus, ujarnya saatmenyampaikan sambutan di depan Gubsu GatotPudjo Nugroho, Pangdam I/BB Mayjen Burha-nuddin Siagian, Bupati Deliserdang Amri Tam-bunan, para Pejabat Kodam I/BB, para Dandimdan pejabat TNI lainnya serta ribuan warga.

    Sambutan jenderal berbintang empat itumengajak semua pihak tetap memelihara kebersa-

    maan dalam membangun, dan mengucapkanterimakasih yang tulus dan penghargaan kepadaPangdam, Bupati Deliserdang atas kerjasamanyasehingga kegiatan bedah kampung berjalan lan-car, aman dan tuntas. Ke depan program iniakan lebih besar lagi jumlahnya, kita pilih lokasidi kawasan Tapanuli Utara. Intinya untuk peme-rataan. Program ini sudah dilakukan di daerahIndramayu, kata Moeldoko.

    Bupati Deliserdang Amri Tambunan, berteri-ma kasih kepada Kasad, khususnya TNI-AD yangperdana hadir di Deliserdang dan membantuprorgam perbaikan dan pembangunan rumahtidak layak huni. Sehingga warga Deli