Waspada, kamis 30 april 2015

download Waspada, kamis 30 april 2015

of 24

  • date post

    21-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    512
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, kamis 30 april 2015

  • SerampangSerampang

    KAMIS, Wage, 30 April 2015/11 Rajab 1436 H No: 24922 Tahun Ke-68 Terbit 20 Halaman

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Ada-ada Saja

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Al Bayan

    Katakanlah: Dialah Allah yang Maha Esa Allah adalahTuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Diatida beranak dan tiada pula diperanakkan dan tidakseorangpun yang setara dengan-Nya. (QS: al-Ikhlash)

    Pencipta alam semesta adalah Allah SWT. Kepada-Nyasegala sembah, tempat meminta, tidak beranak dan tidakdiperanakkan.Dialah yang maujud, qadim, baqa, tidakbertempat, berbeda dengan makhluk. Dia yang mahakuasa, kaya, selalu hidup, tidak mati, maha mendengar,melihat, maha gagah, maha pengasih dan pemurah, mahabijaksana, maha mengetahui dan seterusnya dari sifat-sifat-Nya yang 20 itu.

    Hassan Hanafi, guru besar filosofi dari Universitas Al-Azhar Cairo menulis tentang Allah; Aqidah kita orang Islam

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Dor... Dor... 2 Polisi Tewas

    - Bloody media

    - He...he...he...

    Akidah TauhidOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Mereka AdalahTeman Akrab

    PERISTIWA tewasnya dua personel Sat Polair Polres Ser-dang Bedagai Brigadir. M.Dedi Sopian dan Briptu. SugiantoSigiro, Rabu (29/4) siang dengan luka tembak di kepalamenyentakkan keluarga besar Polres Sergai, khususnya bagikeluarga Dedi. Selama ini mereka adalah dua teman akrabbaik dalam tugas maupun di luar jam dinas.

    Ayah Dedi, Suhaji Alex,70, warga Dusun II, Desa CitamanJernih, Kec.Perbaungan kepada Waspada, Rabu (29/4) soredi lokasi kejadian mengaku sangat terpukul setelah mengetahuiperistiwa meninggalnya putra ketiga dari lima bersaudaratersebut. Terlebih Kek Alex tahu persis selama ini putranyadan Sigiro berteman akrab.

    Terakhir saya bertemu keduanya tiga hari lalu, saat ituDedi menghubungi saya, dia minta saya datang ke rumahnyadan setelah sampai saya melihat Dedi dan Sigiro tengah ngobrol,tutur pensiunan karyawan PTPN 4 Adolina itu.

    Waspada/Edi Saputra

    PUTRA ketiga almarhum Brigadir M.DediSopian, Raki dan putri bungsunya Kailadigendong keluarganya, Rabu (29/4).

    Waspada/Edi Saputra

    ORANG tua Brigadir M. Dedi Sopian, SuhajiAlex, 70, didampingi istrinya Susianti, 50,Rabu (29/4) di depan kediaman putranya. Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Awan Panas SinabungHanguskan 70 Rumah

    TANAH KARO (Waspada): Sebanyak 70 unit rumahpenduduk di Desa Gurukinaya, Kec. Payung, diterjangluncuran awan panas Gunung Sinabung dengan jarak 4,8Km ke arah Selatan, Selasa (28/4) pukul 20:00.

    Rumah-rumah itu rata dengan tanah namun tidakmenimbulkan korban jiwa, sementara 600 penduduk DesaPerbaji mengungsi di dua posko karena mereka khawatirbanjir lahar dingin Sinabung susulan menerjang desa mereka.

    Sebelumnya pada hari yang sama banjir lahar dingintelah menyeret pondasi jembatan Desa Perbaji serta merusakberonjong ratusan meter yang baru dipasang. Bahkanmaterial batu ukuran besar sudah menumpuk di sebelahkanan jalan menuju desa, karena tersumbat gelondongankayu di dekat jembatan Titi Kambing.

    Bahkan permukaan air sungai Lau Borus di sekitarjembatan Titi Kambing meningkat 3 meter karena tersumbatbatu akibatnya persawahan dan perkebunan pohon cokelatmilik warga terendam lahar dingin.

    Kepala Desa Gurukinayan Pelin Sembiring didampingiwarga, Rabu (29/4), telah mendata 70 kepala keluarga yangkehilangan tempat tinggalnya. (a36/c10)

    AYAH dan seorang putranya menatapi rumah mereka yang rata dengan tanah akibat terjangan awan panas, Selasa (28/4) malam. Waspada/Micky Maliki

    PERBAUNGAN (Waspada): Dua personel PolresSerdang Bedagai yang bertugas di Satuan PolisiAir (Polair), Brigadir Dedi Sopian dan Briptu Su-gianto Sigiro warga Desa Jambur Pulau, Kec. Per-baungan tewas dengan luka tembak di bagian ke-pala, Rabu (29/4) sekira pukul 12:10 di Lingk.VIJl. Karya Kel.Tualang, Kec. Perbaungan, Kab. Sergai.

    Waspada/Ist

    KEDUA Personel Sat Polair Polres Sergai, meninggal dunia tergeletak di belakang rumah BrigadirM Dedi Sopian di Lingk.VI Jl.Karya Kel.Tualang, Kec.Perbaungan, Kab. Sergai, Rabu (29/4).

    PengumumanBesok

    Tetap TerbitPemerintah menetap-

    kan Jumat, 1 Mei 2015 me-rupakan hari libur nasionalguna memperingati HariBuruh Internasional (MayDay).

    Sekaitan dengan itudiumumkan kepada kha-layak bahwa H a r i a nWASPADA tetap terbitpada hari libur umumbesok.

    Harian WASPADA akanmenampilkan liputanaktual dan tulisan-tulisanmenarik.

    Demikian diumumkankepada seluruh pembaca,relasi, dan pemasang iklan.

    (Redaksi)

    AcungkanJari TengahDiterkam Monyet

    MONYET merupakansalah satu hewan yang cukupcerdas, maka tidak heran jikabanyak sekali monyet yangdiburu untuk dijadikan topengmonyet. Tetapi ada juga monyet

    Waspada/Rizki Rayanda

    DIREKTUR Binmas Poldasu Kombes Ilsaruddin bersama Kasubdit Kerma AKBP Yusup Saprudin,Kasubdit BintibluhAKBP Arie Gautama, Kompol Yusdi, staf Humas Kompol Sory Siregar berfoto dengan para redaktur Waspada dalam kunjungansilaturrahmi di Bumi Warta Waspada, Rabu (29/4).

    DIREKTUR Binmas Polda Sumut Kombes Pol. Ilsaruddinmempunyai trik dalam penyelesaian masalah hukum di antaramasyarakat, sehingga antara korban dan pelaku sama-samatidak dirugikan. Dan yang paling penting, kata dia, keharmonisandi antaranya tetap bisa terjalin.

    Trik yang dia maksud tidaklah sulit, asalkan penegak hukum,dalam hal ini polisi mempunyai sedikit rasa kemanusiaan dengantidak mempersulit permasalahan yang terjadi. Saya memberi

    Kombes Pol. Ilsaruddin:

    Persoalan Di Masyarakat GampangAsalkan Polisinya Tidak Macem-macem

    Pantauan Waspada posisijenazah Dedi terlentang didepan pintu belakang rumah,sedangkan Sigiro dengan posisiterlungkup di sisi kaki Dedi de-ngan memeluk sepucuk senjatajenis SS1 P2 Kaliber 762 x 45,keduanya bersimbah darah.

    Menurut warga sekitar,siang itu tiba-tiba terdengar

    suara letusan sebanyak 4 kali,warga sempat mengira bahwaada tabung gas yang meledak.

    Namun tiba-tiba terdengarsuara tangisan dan teriakan daridalam rumah Dedi dan betapaterkejutnya warga ternyatakedua korban yang cukup dike-nal akrab sudah tidak bernyawadan bersimbah darah.

    Mendengar peristiwa terse-but ratusan warga yang pena-saran datang silih berganti me-madati lokasi kejadian, se-dangkan istri Dedi, Eka KumalaSari yang diduga langsungmenyaksikan peristiwa tersebutlangsung pingsan.

    Warga melaporkan peristiwatersebut ke Mapolsek Perbau-

    ngan hingga akhirnya KapolresSergai, AKBP.Gunturung Su-peno bersama seluruh perwiratiba di lokasi kejadian kemudiandisusul Waka Poldasu BrigjenIlham Salahudin, SH, MHumbersama sejumlah PerwiraPoldasu.

    Bahkan Wakapoldasuberanjak dari lokasi kejadian

    hingga proses olah tempat ke-jadian perkara (TKP) selesai dankedua jenazah diboyong ke RSUBhayangkara Polda Sumutuntuk keperluan outopsi.

    Kapolres Sergai, AKBP Gun-tur Agung Supeno SIK MH ke-pada Waspada di lokasi keja-dian menyatakan, belum me-ngetahui motif tewasnya kedua

    personelnya karena masih da-lam proses penyidikan dan darilokasi kejadian pihaknya telahmengamankan senjata api laraspanjang jenis SS1 P2 berikut 4selongsong peluru, serta sepu-cuk pistol jenis Revolver milikDedi dari lemari pakaiannya.

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Cara Pers AsingKecam Jokowi

    KEMARAHAN Australia atas eksekusi terhadap duawarganya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran di PulauNusakambangan, dini hari kemarin terlihat jelas denganpemberitaan media di Negeri Kanguru itu. Harian CourierMail yang terbit dengan format tabloid bahkan membuatsampul khusus bergambar Presiden Joko Widodo.

    Courier Mail memasang sampul bergambar Jokowi-sapaan joko Widodo- sebagai presiden lengkap denganjas dan peci. Jokowi terlihat melambaikan tangan padafoto untuk sampul itu.

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Tanggapan JKJAKARTA (Antara): Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)

    mengatakan, rencana penarikan Duta Besar Australia untukIndonesia Paul Grigson adalah perkara yang biasa terjadidalam hubungan diplomatik antarnegara.

    Kalau dia (Pemerintah Australia) bereaksi keras danmenarik dubesnya itu perkara biasa dalam hubungan

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Antara

    ABRAHAM Samad meninggalkan Direktorat Reserse KriminalUmum Polda Sulselbar, Makassar, Rabu (29/4) dini hari.

    Polri: Samad KooperatifJAKARTA (Antara): Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Kepo-

    lisian Negara Republik Indonesia (Kadivhumas Polri) InspekturJenderal Anton Charliyan mengatakan, pembatalan penahananKetua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif AbrahamSamad karena bersikap kooperatif. Karena kooperatif, ujarnyadi Markas Besar Polri, Jakarta, Rabu (29/4).

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    MANILA (Waspada): Pe-nundaan eksekusi mati terhadapterpidana asal Filipina, MaryJane Fiesta Veloso, dianggapsebagai sebuah keajaiban. Pihakkeluarga Mary Jane di Manilapun menyambut gembirapenundaan tersebut.

    Keajaiban telah datangkepada kami, ujar ibunda MaryJane, Celia, seperti dilansir SBS,Rabu (29/4).

    Namun, pihak keluargabelum sepenuhnya lega, sebabpelaksanaan hukuman matimasih saja bisa terjadi di masayang akan datang dan Mary Janebelum sepenuhnya bebas dari

    Ibunda Mary Jane: KeajaibanDatang Kepada Kami

    Antara

    CELIA Veloso ibunda Mary JaneVeloso di depan dermaga pe-nyeberangan Wijaya Pura,Cilacap, Jateng, Senin (27/4).

    hukuman.Ini seperti keajaiban,

    namun kami akan tetap berdoadan berusaha agar Mary Janebisa sepenuhnya bebas, ujarBibi Mary Jane, Imelda Magday.

    Pengacara Mary Jane diFilipina menyatakan jika klien-nya hanya diperalat oleh Pasa-dilla alias Maria Krisina P Sergio.I