Volume 181.pdf

Volume 181.pdf
Volume 181.pdf
download Volume 181.pdf

of 2

  • date post

    15-Jan-2017
  • Category

    Documents

  • view

    217
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Volume 181.pdf

  • IPBP a r i w a r

    a

    PARIWARA IPB/ Januari 2015/ Volume 181

    Penanggung Jawab : Yatri Indah Kusumastuti Pimpinan Redaksi: Siti Nuryati Redaktur Pelaksana: Rio Fatahillah

    Reporter : Siti Zulaedah, Dedeh H, Farida Yasribi, Awaludin, Waluya S, Nabila Rizky A Layout : Devi Fotografer: Cecep

    AW, Bambang A, Sirkulasi: Agus Budi P, Endih M, Untung Alamat Redaksi: Humas IPB Gd. Andi Hakim Nasoetion, Rektorat

    Lt. 1, Kampus IPB Darmaga Telp. : (0251) 8425635, Email: humas@apps.ipb.ac.id

    Terbit Setiap Senin-Rabu-Jumat

    Setiap Selasa, Pukul : 19.30 - 20.00 WIB

    Nantikan Vol 182

    Kunjungan Kemenag Ke FMIPA IPB Pelatihan MC untuk OMDA IPB IPB Siap Cek Kesehatan Pohon di KRB

    ahasiswa Unggul Indonesia Institut Pertanian Bogor M(MUDA IPB) menggelar Grand Expo IPB dengan tema Memberi untuk Membangun di koridor Fakultas Ekologi Manusia (Fema), belum lama ini. Acara ini merupakan salah satu bentuk pengabdian. Adapun rangkaian kegiatan ini ialah talkshow dengan tema Pengabdian Tanpa Batas: Socialpreuneur, cek kesehatan gratis, dan expo komunitaskomunitas. Tak lupa juga tentunya ada sosialisasi terkait Beastudi Mahasiswa Unggul Indonesia Pos Keadilan Peduli Umat (MUDA PKPU) Angkatan II.

    PKPU berdiri pada 10 Desember 1999 dengan badan hukum yayasan. Lembaga kemanusiaan nasional ini memiliki slogan "Menggugah Nurani Menebar Peduli". PKPU resmi terdaftar sebagai Organisasi Sosial Nasional berdasarkan keputusan Menteri Sosial RI No. 08/Huk/2010.

    MUDA IPB adalah sebutan bagi sepuluh orang mahasiswa IPB yang mendapatkan Beastudi MUDA PKPU. Selain memberikan dana, Beastudi juga memberikan beragam pelatihan softskill dan pendidikan karakter yang diberikan setiap bulannya.

    Sejumlah stand expo yang disediakan diantaranya adalah Agrisocio, Rumah Merah Putih, Sep Garden, Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru, GRAK!! Bogor, dan stand PKPU. Tak lupa juga ada stand Badan Konsultasi Gizi (BKG) yang memberikan cek kesehatan gratis.

    Sementara sesi talkshow dengan tema Pengabdian Tanpa Batas: Socialpreneur kali ini menghadirkan para socialpreneur Bogor diantaranya Tatiek Kancaniati (Perintis Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru), Alfi Irfan (Founder Agrisocio), dan Daniella Jaladara (Founder AgroEdu Jampang). (fy)

    Grand Expo IPB 2014 Memberi untuk Membangun

  • Selasa, (6/1) di Ruang Pola Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Bogor, berlangsung pemilihan pengurus harian Paguyuban Pemilik/Pengelola Kost/Kontrakan bagi mahasiswa IPB. Sepuluh perwakilan wilayah hadir dalam acara ini, meliputi wilayah Babakan Raya, Babakan Tengah, Babakan Lio, Babakan Lebak, Leuwikopo, Cibanteng, Cangkurawok, Perumahan Dosen, Babakan Doneng, dan daerah Setu Leutik.

    Paguyuban Kost/Kontrakan Siap Beraksi!

    Kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat Kemahasiswaan IPB bersama Badan Pengelola Asrama Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB bisa dibilang berjalan sukses. Pertemuan ini adalah kali ketiga IPB mengundang pemilik/pengelola kost/kontrakan yang dihuni oleh mahasiswa IPB yang agenda utamanya adalah pembentukan pengurus harian untuk periode tiga tahun ke depan.

    Dibentuknya paguyuban ini untuk memudahkan koordinasi baik antar sesama pemilik kost atau dengan IPB dan tentunya dapat bersamasama membangun kost/kontrakan yang nyaman, aman, dan bersih, terang Dr. Megawati Simanjuntak selaku Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan IPB. Pada kesempatan ini tampak hadir Kepala Asrama IPB Prof. Dr. M. Firdaus dan perwakilan dari Kementerian Kebijakan Kampus BEM KM IPB.

    Selanjutnya, terbentuklah pengurus harian periode 3 tahun dengan susunan sebagai berikut:Ketua : Bpk. Rohdi Wakil Ketua : Ibu MariyamSekretaris : Ibu DaniBendahara : Ibu Susar

    Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) menggelar Mini Workshop Nanoteknologi Peluang dan Tantangan Implementasi Teknologi Nano dalam Upaya Peningkatan Nilai Tambah Sumberdaya Pesisir dan Laut Indonesia", Kamis (8/1) di Kampus IPB Baranangsiang Bogor. Nanoteknologi adalah teknologi yang mengontrol zat untuk menghasilkan fungsi baru dengan menggunakan skala nanometer (nm), yaitu ukuran satu per satu milyar meter.

    Melalui kegiatan ini diharapkan muncul adanya indicative research topic untuk dilaksanakan oleh mahasiswa pascasarjana dalam bidang nanoteknologi, ujar Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Prof Dr Anas Miftah Fauzi dalam sambutan pembukaan.

    Sebelumnya, Kepala P K S P L L P P M I P B Dr Luky Adrianto mengungkapkan satu harapam lain, dimana nanoteknologi diharapkan dapat dikembangkan dan diimplementasikan di seluruh fakultas di IPB. Karena menurutnya, spektrum nanoteknologi sangat luas dan bermanfaat di berbagai bidang.

    Spektrum nanoteknologi yang sangat luas ini dapat dirasakan pula manfaatnya untuk pemulihan kerusakan lingkungan pesisir dan laut. Seperti diungkap Dr. Zaenal Abidin dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang memaparkan hasil risetnya untuk p e m u l i h a n ke r u s a ka n l i n g k u n ga n p e s i s i r d a n l a u t . I a mempresentasikan hasil temuantemuannya yang sangat bermanfaat bagi dunia keilmuan nano sebagai dasar penemupenemu selanjutnya.

    PKSPL Gelar Mini Workshop Nanoteknologi

    Sementara itu, Dosen Departemen Teknologi Hasil Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB Dr. Pipih Suptijah membahas Pengembangan Nano Partikel Hasil Laut untuk Pangan, Obat, dan Kosmetik. Nano partikel hasil laut yang ditelitinya menghasilkan nano chitosan, nano kalsium, nano kolagen, nano gelatin, nano agar dan nano glusamin.

    Narasumber lainnya adalah Kepala Pusat Inovasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. (Riset). Dr. Nurul Taufiqu Rochman, dan peneliti PKSPL IPB Dr. Kustiariyah Tarman. (fy)

    Page 1Page 2