VB & VB

download VB & VB

of 28

  • date post

    16-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    593
  • download

    15

Embed Size (px)

Transcript of VB & VB

BAB 7 PEMOGRAMAN APLIKASI DENGAN VB & VB.NET

Gambar 7.1. Aplikasi yang dibangun dengan Visual Basic. Perhatikan Gambar 7.1. di atas. Tampilan pada gambar tersebut menunjukkan sebuah aplikasi yang menampilkan sekumpulan data pada tabel. Suatu ketika kalian akan menjumpai aplikasi yang serupa. Aplikasi di atas dapat dibangun dengan menggunakan Visual Basic secara cepat, tanpa harus dipusingkan dengan masalah pembuatan tabel, menu, tombol atau yang lainnya. Tinggal klik, seret, letakkan, atur posisi kemudian buat kodenya, aplikasi sudah langsung bisa dijalankan. Standar kompetensi pemrograman dengan VB dan VB.Net dasar terdiri atas tiga kompetensi dasar. Dalam penyajian pada buku ini, setiap kompetensi dasar memuat uraian materi, dan latihan. Ringkasan diletakkan pada setiap akhir bab kemudian dilanjutkan dengan soal-soal latihan. Kompetensi dasar pada bab ini adalah menjelaskan dasar-dasar Visual Basic, mengakses dan memanipulasi data dengan Visual Basic, dan menerapkan teknologi COM. Sebelum mempelajari kompetensi ini ingatlah kembali sistem operasi, prinsip pemecahan masalah, algoritma pemrograman dasar dan lanjutan dan materi-materi pendukung dari mata pelajaran matematika.

Rekayasa Perangkat Lunak

141

TUJUAN Setelah mempelajari bab ini diharapkan pembaca akan mampu : o Menjelaskan dasar-dasar Visual Basic o Mengakses dan memanipulasi data dengan Visual Basic o Menerapkan teknologi COM

7.1.

Dasar-dasar Visual Basic

Visual Basic (VB) adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman VB, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. VB adalah salah suatu developement tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk codingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer. Namun ada kelemahan dari VB yaitu pada kinerja yang relative terasa lebih lambat dibanding dengan bahasa pemrograman lain. Namun dengan perkembangan processor dan main memory yang semakin cepat permasalahan ini menjadi tidak begitu penting. Visual Basic adalah perangkat lunak yang berjalan di atas platform sistem operasi Microsoft Windows. Untuk memulai Visual Basic dapat dilakukan dengan mengklik Start -> Programs -> Microsoft Visual Studio 6 -> Microsoft Visual Basic. Tampilan awal Visual Basic akan tampak seperti Gambar 7.2.

Gambar 7.2. Tampilan awal Visual Basic.

142

Rekayasa Perangkat Lunak

Pada Gambar 7.2 kita diminta untuk memilih jenis proyek yang akan kita buat. Untuk tahap awal proyek Standar.EXE merupakan pilihan yang biasa dilakukan. Setelah kita memilih Standar.EXE maka kita akan dibawa pada tampilan berikut.

Gambar 7.3. Tampilan awal untuk pilihan Standard.EXE. Sebelum kita bekerja dengan Visual Basic, maka ada baiknya kita mengenali lebih dulur lingkungan kerja (IDE) Visual Basic. IDE (Integrated Developement Environment) Visual Basic merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya. Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface, melakukan coding, melakukan testing dan debuging serta menkompilasi program menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan efisien. Tampilan IDE VB dapat dilihat pada Gambar 7.4.

Rekayasa Perangkat Lunak

143

Gambar 7.4. IDE Visual Basic

Menu

Bar, digunakan untuk memilih menyimpan project, membuka project, dll

tugas-tugas

tertentu

seperti

cepat.

Main Toolbar, digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan

Jendela Project, jendela ini berisi gambaran dari semua modul yang terdapat dalam aplikasi anda. Anda dapat menggunakan icon Toggle Folders untuk menampilkan modul-modul dalam jendela tersebut secara di groupatau berurut berdasarkan nama. Anda dapat menggunakan Ctrl+R untuk menampilkan jendela project, ataupun menggunakan icon Project Explorer.

kanvas bagi seorang pelukis.

Jendela Form Designer, jendela ini merupakan tempat anda untuk merancang user interface dari aplikasi anda. Jadi jendela ini menyerupai Jendela Toolbox, jendela ini berisi komponen-komponen yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan user interface.

144

Rekayasa Perangkat Lunak

Jendela Code, merupakan tempat bagi anda untuk menulis kode. Andadapat menampilkan jendela ini dengan menggunakan kombinasi Shift-F7.

Jendela Properties, merupakan daftar properti-properti object yang sedang

terpilih. Sebagai contohnya anda dapat mengubah warna tulisan (foreground) dan warna latarbelakang (background). Anda dapat menggunakan F4 untuk menampilkan jendela properti.

Jendela Color Palette, adalah fasilitas cepat untuk mengubah warna suatu object. Jendela Form Layout, akan menunjukan bagaimana form bersangkutan ditampilkan ketika run-time.

Jendela Toolbox merupakan jendela yang sangat penting bagi anda. Dari jendela ini anda dapat mengambil komponen-komponen (object) yang akan ditanamkan pada form untuk membentuk user interface.

Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form. PictureBox adalah kontrol yangdigunakan untuk menampilkan

(bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG.

image dengan format: BMP, DIB

Label

adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.

TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris. Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.

Gambar 7.5. Toolbox VB 6.

CommandButton

Rekayasa Perangkat Lunak

145

CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false. OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadapbeberapa option yang hanya dapat dipilih satu.

ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect). ComboBox merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan.sendiri.

HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual.

DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file. Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval. Image berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakansebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox

Data digunakan untuk data binding OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.

7.1.1. Prinsip Pokok Pemrograman Berbasis GUI Secara prinsip ada dua bagian pokok dalam pengembangan aplikasi dengan menggunakan VB, yaitu: visual design dan event-driven programming. Visual Design Dalam lingkungan Windows, User-interface sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan. Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi selalu dimulai Untuk mendisain user interface, dengan pembentukkan user interface. pengetahuan yang paling dibutuhkan hanyalah pemahaman dasar tentang jenis dan kegunaan dari control dan dasar-dasar bagaimana menggambar sebuah object.

Form dan control merupakan elemen-elemen dasar dalam user interface pada aplikasi-aplikasi berbasis Windows. Dalam VB, elemen-elemen ini disebut obyek karena dapat dimanipulasi seperti sebuah obyek. Obyek merupakan

146

Rekayasa Perangkat Lunak

suatu kombinasi dari kode dan data yang dapat diperlakukan sebagai satu kesatuan. Sebuah obyek memiliki sejumlah property dan sejumlah method, dan akan bereaksi terhadap sejumlah event eksternal seperti halnya obyek fisik. Sebagai ilustrasi (gambar 7.6), sebuah mobil adalah sebuah obyek fisik yang memiliki property, method dan event. Salah satu property adalah warna. Biasanya property warna dari mobil ditetapkan ketika sebuah mobil dibuat. Tetapi kalau kita tidak suka dengan warna mobil yang kita beli, kita masih dapat merubahnya, misalnya dengan mengecat ulang. Demikian juga dalam VB, property dari sebuah control biasanya ditentukan ketika object dibuat (pada saat ditempatkan pada sebuah form), tetapi kita dapat merubah property ini dengan memberikan nilai baru. Kita dapat merubah nilai property pada saat disain (dengan menggunakan jendela Properties) atau pada saat runtime (melalui kode program). Beberapa property hanya tersedia pada saat disain, dan beberapa property hanya tersedia pada saat runtime.

Gambar 7.6. Obyek, Property, Method dan Event Event-Driven Programming Pemrograman suatu aplikasi bukanlah sesuatu yang mudah, namun ada sebuah metodologi yang tidak boleh kita tinggalkan. Aplikasi yang dibuat dengan