Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

28
15.06 Kuatkan Pondasi untuk bangun diri cinta? jangan digombalin. kisah pencuri di rumah syaikh much more, see inside unsoed islamic magazine unismagz edisi 15.05

description

Buletin Dakwah Unit Kegiatan Kerohanian Islam Universitas Jenderal Soedirman ( UKKI Unsoed ) Unsoed Islamic Magazine edisi 15.06 (Juni 2015) Ini adalah sebuah awal. Semoga yang selanjutnya lebih baik lagi.

Transcript of Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Page 1: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

15.06

Kuatkan Pondasi untuk bangun diricinta? jangan digombalin.

kisah pencuri di rumah syaikhmuch more, see inside

unsoed islamic magazineunismagzBuletin dakwah

edisi15.05

Page 2: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Kalau anda atau usaha anda mau ngiklan lewat UnisMagz, kirim saja email ke [email protected] sms ke 085647752930

00 Editorial -- Selaksa Makna01 Kabar Utama -- Kuatkan Pondasi Untuk Bangun Diri03 Kabar Utama -- Cinta? Jangan Digombalin05 Kisah Shalihin -- Kisah Pencuri Di Rumah Syaikh08 Seputar Ramadhan -- Amalan-Amalan di bulan Ramadhan12 Seputar Kampus -- Welcome Unsoed, Welcome Ramadhan14 Berita Seputar Islam15 Foto-foto 4th Purwokerto Islamic Book Fair18 Ibu, saya sudah bisa mandiri20 Kader Wisuda21 Kata Ulama

Isi edisi ini (edisi 15.06)

Ada alasan

Kenapa edisinya edisi 15.06

Alasanya sederhana, cuma karenaterbitnya di bulan juni (bulan ke 6)

dan di tahun 2015 jadinya 15.06

Kebetulan di waktu ini udah

mendekati bulan ramadhanjadi,,, smpulnya gambar

kaligrafi ramadhan

Page 3: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

unsoed islamic magazine

Bekal menuju ramadhanKisah cinta sahabat mulia

Mahasiswa beraksimuch more, see inside

unismagzBuletin dakwah

Selaksa maknaBismillah.Alhamdulillah. Was shalatu 'ala rasulillah. wa'ala aalihi washahbihi ajma'in. Amma ba'du.

Masyaarakat dan Bangsa Indonesia mayoritas adalah umat islam. Akan tetapi kemayoran ummat islam ini belum mampu membuat Indonesia menjadi tenteram dan damai. Masih banyak gejolak -gejolak multisektor, baik di bidang ekonomi, moral, sosial, politik, hukum, dan yang lainnya. Salah satu faktor yang paling penting untuk perbaikan multisektor ini adalah masyarakat.

Masyarakat adalah kumpulan individu-individu manusia. Perbuatan masyarakat tentu sangat tergantung pada perbuatan individu-individu didalamnya. Sementara Itu, perbuatan individu tentu didasari oleh pengetahuannya. Pengetahuan yang paling utama untuk dipelajari oleh seorang individu manusia, terutama seorang muslim, adalah pengetahuan untuk menjalani kehidupan, dan betapa baiknya Allah ta'ala yang memberikan kitab panduan kehidupan, beserta contoh penerapannya untuk manusia.

Allah ta'ala telah menurunkan Al Qur'an yang mulia dan mengutus seorang teladan, Muhammad Shallallahu 'alaihi wasalam.Akan tetapi, kebanyakan masyarakat tidak membaca paduan kehidupan tersebut, atau membaca namun tidak mengetahui maknanya, atau salah dalam memahami paduan yang sempurna tersebut. Maka kita akan coba, untuk menyampaikan paduan kehidupan tersebut, sedikit demi sedikit, dengan cara yang -insya Allah - mudah dipahami melalui tulisan-tulisan di buletin kecil ini.

Semoga, dengan adanya buletin kecil ini, dapat diambil banyak manfaat. Semoga dengan membaca buletin kecil ini pengetahuan masyarakat tentang bagaimana seharusnya berkehidupan menjadi lebih baik. Semoga Indonesia dan ummat islam dapat hidup lebih baik dan lebih sesuai dengan tuntunan Allah ta'ala. Akhir kata, mari belajar.

Redaksi UnisMagz

UnisMagz 00

Pembina:Drs. H Abdul Rahman, MA

Penanggungjawab:Halim Zulfakar

Pimpinan Redaksi:Trisno Pamuji

Redaktur Pelaksana Cetak:Gani Husni Mubarok

Redaktur Pelaksana Online:Febby Suci Andhini

Desain Grafis dan Layout:Septian Dwi Putra

Muhammad Tajudin

Foto dan Videografi:Nur Fitri

Wawan Setiawan

Rahman Faisal Erison

Reporter: Udin | Wawan | Pamuji |Faisal | Febby | Fitri |

Septian |Gani

Kalau kamu punya tulisan, kirim aja ke

[email protected].

Siapa tau kita masukin ke UnisMagz dan

kamu bisa dapet sesuatu yang kamu

nggak bakal nyesel dapetin itu.

Page 4: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06
Page 5: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

kuatkan pondasi untuk bangun diri

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,(TQS Al Baqarah 185)

UnisMagz 01

Bulan Ramadhan segera datang, suatu bulan yang begitu istimewa untuk setiap muslim. Pada bulan ini, kita diwajibkan untuk berpuasa oleh Allah ta'ala melalui Surat Al Baqarah ayat 185.

Dalam ayat tersebut pula, Allah telah menyampaikan tujuan diwajibkannya puasa, yaitu agar kita menjadi bertakwa.

Akan tetapi, ternyata Bulan Ramadhan tidak hanya membawa kemuliaan dan ketakwaan. Bula Ramadhan bida menjadi sebab kekecewaan dan kerugian.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasalam menaiki mimbar (untuk berkhutbah). Menginjak anak tangga (tingkat) pertama beliau mengucapkan, "Aamin", begitu pula pada anak tangga kedua dan ketiga. Seusai shalat para sahabat bertanya, "Mengapa Rasulullah mengucapkan "Aamin"?

Beliau lalu menjawab, "Malaikat Jibril datang dan berkata, "Kecewa dan merugi seorang yang bila namamu disebut dan dia tidak mengucap shalawat atasmu" lalu aku berucap "Aamin." Kemudian malaikat berkata lagi, "Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan hidup bersama kedua orang tuanya tetapi dia tidak sampai bisa masuk surga." Lalu aku mengucapkan "aamin". Kemudian katanya lagi, " Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan (hidup) pada bulan Ramadhan tetapi tidak terampuni dosa-dosanya." Lalu aku mengucapkan "Aamin." (HR. Ahmad)

Tentunya, kita tidak ingin menjadi orang yang kecewa dan merugi. Dan tentunya, kita ingin menjadi orang yang bertakwa dan dosa-dosa kita diampuni. Lalu bagaimana sih agar kita bisa menjadi bertakwa? dan bagaimana sih agar dosa-dosa kita diampuni?

Memperbaiki keimananPerhatikan bahwa Puasa diwajibkan hanya untuk orang-orang yang beriman. Jadi orang yang tidak beriman tidak diwajibkan berpuasa.

Allah ta'ala berfirman dalam QS Muhammad ayat 19 yang artinya "Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan (Yang Hak) melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu."

Dalam ayat tersebut allah a'ala memerintahkan kita untuk memiliki ilmu dan pengetahuan tentang tauhid sebelum memohon ampun kepada Allah ta'ala.

Ilmu sangat penting bagi setiap muslim dalam setiap hal. Ayat diatas disampaikan pula oleh Imam Bukhari dalam kitabnya pada bab Pentingnya Ilmu sebelum berkata dan beramal. Terlebih lagi Ilmu tauhid, yang merupakan dasar paling baik untuk setiap muslim dalam setiap pebuatannya.

Allah ta'ala juga berfirman dalam QS Ibrahim

Page 6: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

tidak ada yangmenjamin bahwa kita masih hidup

pada bulan ramadhan atau idul fitri

tahun ini.

ayat 24-25 yang artinya

" Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit [24] pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. [25]"

Perhatikan bahwa kalimat yang baik, yaitu kalimat tauhid sangat penting bagi seorang muslim.

Tauhid menjadi landasan untuk setiap perbuatan di setiap waktu, sehingga perbuatan-perbuatan yang dilakukan akan menjadi baik, dan akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Tauhid harus kita jadikan sebagai pondasi bagi setiap perbuatan, baik perbuatan hati maupun perbuatan badan. Kita harus selalu menguatkan tauhid kita kepada Allah ta'ala.

Tauhidlah yang akan menjadi sebab keselamatan kita dari kerugian yang sebenarnya. Karena sesungguhnya semua manusia benar-benar merugi, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, serta saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.

Dalam bertauhid, terdapat 4 tahap.

Yang pertama yaitu ilmu, yaitu mengenal Allah ta'ala, Nabi-nabiNya, dan mengenal Agama Islam sesuai dengan dalil-dalil yaitu dari AlQur'an dan Hadits-hadits yang Shahih.

Kedua, Amal, yaitu menerapkan ilmu dalam perbuatan-perbuatan yang dilakukan.

Ketiga, Da'wah, yaitu mengajak orang lain dalam mengesakan Allah ta'ala.

Keempat yaitu Sabar. Dalam belajar,beramal, dan berda'wah, tentu terdapat berbagai rintangan dan hambatan, maka seorang muslim hendaknya menjadikan sabar sebagai penolongnya sebagaimana perintah Allah ta'ala dalam QS Al Baqarah ayat 45 ."Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,"

Jadi, marilah kita menyambut Ramadhan dengan terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan ilmu dan amal. Jangan sampai kita menjadi menjadi orang yang kecewa dan merugi.

Kita persiapkan keimanan dan ketakwaan kita untuk menyambut bulan yang didalamnya setan-setan dibelenggu, pintu neraka ditutup, dan pintu surga dibuka.

Kita sambut bulan yang padanya ada malam yang lebih mulia dari seribu bulan dengan ilmi, kebaikan-kebaikan, dan peningkatan ketakwaan.

Kita harus meningkatkan ketakwaan dan mengingat bahwa tidak ada yang menjamin bahwa kita masih hidup pada bulan ramadhan atau idul fitri tahun ini.

Kita siapkan segala kebaikan dan lakukan segala perbaikan yang mampu kita lakukan agar ketika kita melampaui Bulan Ramadhan, Dosa-dosa kita diampuni, dan kita menjadi orang yang lebih bertakwa.

UnisMagz02

Page 7: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Cinta?Jangan digombalinAnas radhiyallahu 'anhu berkata, "Nabi shallallahu'alaihi wasalam. bersabda, 'Tidak beriman salah seorang di antaramu sehingga aku lebih dicintai olehnya daripada orang tuanya, anaknya, dan semua manusia.'" (HR Bukhari & Muslim)

UnisMagz 03

Cinta adalah salah satu fitrah bagi manusia. Tidak ada manusia yang tidak memiliki kecintaan. Akan kepada siapakah cinta kita tertaut?

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).(Aali Imraan: 14)

Cinta yang disebutkan pada terjemah ayat diatas merupakan cinta yang secaa fitrah, naluri, ada pada manusia.

Akan tetapi semua itu adalah kesenangan keidupan dunia, sedangkan disisi Allah terdapat kehidupa yang lebih baik.

Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal. (Ghaafir: 39)

Maka marilah kita beriman kepada Allah ta'ala , agarkita dapat meraih kehidupan akhirat yang baik. Marilah kita mencintai Allah ta'ala dengan hanya beribidadah kepadaNya saja.

Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah;

mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah.(Al Baqarah: 165)

Cinta Kepada Allah ta'ala adalah cinta yang ditunjukkan dengan cara peribadahan kepadaNya dan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun.

Kemudian bentuk cinta kepada Allah ta'ala yang selanjutnya adalah mencintai RasulNya Shallallahu 'alaihi wasalam. Dari hadits Anas diatas, kita wajib untuk mencintai Nabi shallallahu 'alaihi wasalam lebih dari siapapun diantara manusia.

Mencintai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasalam kita buktikan melalui menjadikannya sebagai teladan, sesuai dengan firman Allah ta'ala.

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Al-Ahzaab: 21)

Maka marilah kita pelajari bagaimana kehidupan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasalam melalui hadits-hadits yang shahih dan menjadikannya rujukan bagaimana kita menjalani kehidupan.

Jangan kita mengaku cinta tapi gombal, mengaku cinta tapi tidak mengenalnya.

Page 8: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

ىلص يبنلا ىلإ لجر ءاج لاق هنأ ةريره يبأ نع حلاص يبأ ناوكذ نع ميكح نب عاقعقلا لاقو بوقعي لاق تيسمأ نيح تلق ول امأ لاق ةحرابلا ينتغدل برقع نم تيقل ام هللا لوسر اي لاقف ملسو هيلع هللا

قلخ ام رش نم تاماتلا هللا تاملكب ذوعأ هنأ بوقعي نع رفعج نع بيبح يبأ نب ديزي نع ثيللا ينربخأ يرصملا دامح نب ىسيع ينثدح و كرضت مل

برقع ينتغدل هللا لوسر اي لجر لاق الوقي ةريره ابأ عمس هنأ هربخأ نافطغ ىلوم حلاص ابأ نأ هل ركذبهو نبا ثيدح لثمب

Hadits Riwayat Muslim 4952/4883.

(Dan telah menceritakan kepada kami Harun bin Ma'ruf dan Abu Ath Thahir keduanya dari Ibnu Wahb -dan lafadh ini milik Harun-; telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Wahb dia berkata;

dan telah mengabarkan kepada kami 'Amru bin Al Harits bahwasanya Yazid bin Abu Habib dan Al Harits bin Ya'qub menceritakannya kepada kami dari) Ya'qub dan berkata Al Qa'qa' bin Hakim dari

Dzakwan Abu Shalih dari Abu Hurairah bahwasanya ia berkata; 'ada seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam

seraya berkata; Ketika aku tidur tadi malam ada seekor kalajengking yang menyengatku, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

Sekiranya diwaktu sore kamu mengucapkan:

'A'AUUDZU BI KALIMAATILLAHIT TAAMMAH MIN SYARRI MAA KHALAQ

(Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan

apa saja yang Dia ciptakan),

' niscaya tidak akan ada yang membahayakanmu. Dan telah menceritakan kepadaku 'Isa bin Hammad Al Mishri telah mengabarkan kepadaku Al Laits dari Yazid bin Abu Habib

dari Ja'far dari Ya'qub bahwasanya dia menyebutkan kepadanya bahwa Abu Shalih -budak- Ghatafan mengabarkan kepadanya, ia mendengar Abu Hurairah berkata; seseorang berkata; Ya

Rasulullah, seekor kalajengking menyengatku, -sebagaimana Hadits Ibnu Wahab

Do'a perlindungan di sore hari

unismagz

Page 9: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

kisah shalihin

kisah pencuridi rumah syaikh

Akhlak yang mulia dan budi pekerti luhur itu memang lebih menyentuh daripada untaian kalimat. Nasihat dengan keteladanan lebih mengena daripada ucapan lisan. Itulah yang dipraktikkan oleh seorang ulama Rabbani, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah.

Selain menasihati umat dengan lisan dan tulisan, beliau juga membuat hati manusia tunduk dan jiwa-jiwa terketuk dengan keteladanan. Di antara contoh yang sangat mengagumkan dari keteladanan beliau adalah bagaimana beliau memperlakukan seorang pencuri yang tertangkap basah menyatroni rumahnya.

Salah seorang penuntut ilmu menceritakan:

Saat aku beri’tikaf di Masjid al-Haram di 10 hari terakhir bulan

Ramadhan, aku menghadiri majelisnya Syaikh Ibnu Utsaimin yang diadakan setelah shalat subuh usai. Ada seseorang bertanya kepada beliau tentang suatu permasalahan yang menurutnya terdapat kerancuan dan bagaimana pandangan Syaikh Ibnu Baz terhadap kasus tersebut. Syaikh Ibnu Utsaimin pun menanggapi si penanya dan memuji Syaikh Ibnu Baz rahimahumallahu jami’an.

Saat aku sedang hanyut dalam pembahasan pelajaran, tiba-tiba seorang laki-laki di sampingku –mungkin usianya akhir 30-an- sedang berurai air mata. Kemudian isak tangisnya mulai merambat ke telinga para peserta kuliah subuh itu.

Ketika pelajaran usai, kulemparkan pandanganku kepada laki-laki yang menangis tadi. Kulihat ia tengah memegang mush-haf dan

tenggelam dalam kesedihannya. Kudekati dia meskipun terlihat ia tampak menghindar. Kuucapkan salam padanya dan kemudian aku bertanya, “Kaifa haaluka yaa akhi? Maa yubkiika?” (Apa kabarmu saudaraku? Apa yang membuatmu menangis?) Ia menjawab dengan suara parau yang tidak jelas. Terdengar hanya jazaakallahu khair (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan).

Aku pun mengulangi pertanyaanku, “Maa yubkiika akhi?” (Apa yang membuatmu menangis?).

Dengan wajah bersunggut-sunggut kesedihan ia menjawab, “Laa laa syai-a, innama tadzakkartu Ibnu Baz, fabakaitu” (Tidak, tidak ada apa-apa. Aku hanya teringat Ibnu Baz. Kemudian aku pun menangis.).

Aku menangkap logatnya, akau tahu ia adalah seorang yang berasal dari Pakistan walaupun ia mengenakan pakaian Saudi. Akhirnya ia pun bercerita:

Dulu aku mengalami sebuah kejadian bersama beliau. Sekitar 10 tahun yang lalu, aku bekerja sebagai seorang satpam di salah satu pabrik di Kota Thaif.

UnisMagz 05

Page 10: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Beliau adalah Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz.Dilahirkan di bulan Dzul Hijjah tahun 1330 H, di KotaRiyadh. Syaikh Ibnu Baz terlahir dalam keadaan sehatdan normal. Kemudian pada tahun 1346 H,pandangannya mulai rabun. Dan pada tahun 1350 H,beliau mengalami kebutaan secara total. Abdul Azizkecil telah menghafalkan Alquran secara sempurnasebelum ia menginjak usia baligh (J awanib min Siratial-Imam Abdul Aziz bin Baz oleh Muhammad al-Hamd,Hal. 33). Kiranya inilah jalan hidup para ulama. Merekamembuka pintu ilmu dan hikmah denganmenghafalkan Alquran sedari kecil.

Kemudian sepucuk surat dariPakistan sampai kepaku. Surat inimembawa kabar bahwa ibukudalam keadaan sekarat/koma.Dokter menyatakan harus segeradilakukan operasi transplantasiginjal. Dan biayanya sebesar7.000 Riyal Saudi. Sedangkan akuhanya memiliki 1.000 Riyal. Tidakkutemui seorang pun yang dapatmembantuku demikian juga dariperusahaan.

Jika operasi tidak dilakukandalam waktu satu pekan,kemungkinan ibuku akanmeninggal. Keadaannya benar-benar tinggal menghitung hari.Aku menangisi ibuku. Karenadialah yang mengasuhku. Yangbergadang di malam hari untukmenjagaku. Situasi kepepet inipun membuatku nekad. Akhirnyaaku melompat masuk ke salahsatu rumah di dekat pabriktempatku bekerja. Kumasukitempat itu pukul dua dini hari.Setelah aku berhasil meloncatipagar rumah itu, beberapa saatkemudian tanpa kusadaripetugas keamanan telahmenangkapku. Merekamelemparku ke dalam mobil.Saat itu, betapa gelap dunia inikurasakan.

Kemudian, menjelang shalatsubuh, datanglah seorang polisi.Ia mengembalikanku ke rumah

yang kusatroni tadi. Yanghendak kujarah barangnya. Polisiitu menempatkanku di suatutempat, lalu ia pergi berlalu.

Beberapa saat kemudian datangseorang pemuda denganmembawa makanan. Ia berkata,“Kul! Bismillah” (Makanlahdengan menyebut nama Allah).

Aku heran dan bingung.Sebenarnya aku sedang beradadimana?

Saat adzan fajar berkumandang,orang-orang di rumah ituberkata kepadaku, “Tawadhdha’lish shalah” (Wudhulah untukshalat). Rasa khawatir dan takutmenggerayangi tubuhku.

Lalu muncullah seorang laki-lakiyang sudah sepuh. Ia dituntunoleh seorang pemuda menujupadaku. Laki-laki tua itumenyalamiku kemudianmengucapkan salam. “Halakalta?” (Sudah makan?)tanyanya. “Na’am” jawabku. Iapun meraih tangan kananku lalumenggandengku pergi bersamake masjid untuk shalat subuhberjamaah.

Setelah shalat, kulihat laki-lakitua yang memegang tangankuitu duduk di sebuah kursi di barisdepan masjid. Para jamaah dan

pelajar pun mendekat, duduk disekelilingnya. Mulailah Syaikh itumenyampaikan pelajaran.

Seketika itu kuletakkan keduatanganku di kepala. Aku maludan aku juga takut. “Ya Allaaah..apa yang sudah aku lakukan???Aku mencoba mencuri di rumahSyaikh Ibnu Baz” gumamku. Akutahu, nama Syaikh Ibnu Bazkarena beliau begitu tenar dinegaraku Pakistan.

Setelah pelajaran usai, Syaikhkembali membawaku kerumahnya. Dengan hangat, iakembali menggapai tangankudan mengajakku sarapan pagi.Sarapan yang dihadiri banyakorang-orang. Ia dudukkan aku disampingnya. Sambil menyantapsarapan beliau bertanya,“Masmuka?” (Siapa namamu?)“Murtadha.” Jawabku.

Aku pun menceritakan kisahkukepadanya. Beliau menanggapi,“Hasanan.. sanu’thika 9.000Riyal.” (Baik, akan kami berikan9.000 Riyal untukmu). “Al-mathlub 7.000 Riyal” (Yangdibutuhkan hanya 7.000 Riyal).

Beliau menanggapi, “Sisanyaambillah untukmu. Tetapi jangankau ulangi lagi perbuatanmencuri itu wahai anakku”. Akupun mengambil uang itu.

UnisMagz06

kisah shalihin

https://w

ww.yo

utube.co

m/w

atch?v=xNauIxn

jjlA

Page 11: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Kuucapkan terima kasihkepadanya. Dan kudoakankebaikan untuknya.

Setelah itu aku pulang kePakistan untuk membiayaioperasi ibuku. Alhamdulillahibuku bisa kembali sembuh.

Lima bulan kemudian, akukembali ke Saudi. Dan langsungmenuju Riyadh. Aku mencariSyaikh dan kukunjungikediamannya. Aku sudahmengenalnya sekarang. Begitupula beliau, tidak lupa padaku.Beliau bertanya tentang ibuku.Lalu aku berikan kepada beliau1500 Riyal. Segera beliaubertanya, “Maa hadza?” (Apa ini?)“Al-Baaqi” (Sisanya) jawabku.Lalu beliau berkata, “Huwalaka” (Uang itu untukmu).

Aku kembali mengajukanpermintaan kepada Syaikh,“Syaikh, aku ada permintaan”.“Apa itu wahai anakku?” katanya.“Aku ingin bekerja padamu. Jadipembantu atau yang lainnya.Aku mohon Syaikh, jangan tolakpermintaanku. Semoga Allahsenantiasa menjagamu”. Pintaku.“Hasanan” (Baiklah) jawabnya.

Lalu aku pun bekerja di rumahSyaikh hingga beliaurahimahullah wafat.

Salah seorang yang dekatdengan Syaikh mengabarkankepadaku, “Tahukah engkau,saat kau melompati pagar rumahbeliau. Beliau sedang shalatmalam dan mendengar suaragaduh di halaman rumahnya.Lalu beliau menekan bel yangbiasa ia gunakan untukmembangunkan orang-orang dirumahnya saat-saat shalat wajibsaja. Mereka semua terbangundan merasakan ada suatukejanggalan. Lalu beliau

memberi tahu bahwa ada suararibut-ribut di halaman. Merekapun menyampaikannya kesatpam, lalu satpam menelponpolisi. Tanpa menunggu lamamereka pun menangkapmu.

Syaikh pun bertanya apa yangterjadi. Orang-orang dirumahnya mengatakan adapencuri, dan polisi telahmenggelandangnya. Syaikh punmarah, lalu berkata, “Jangan,jangan.. bebaskan dia sekarangdari kantor polisi. Aku yakin diatidak mencuri kecuali karenasangat terdesak. Kemudiankejadiannya sebagaimana yangsudah engkau ketahui”.

Aku (yang bertanya) berkatakepada sahabatku (yangbercerita), “Sekarang mataharitelah terbit (sudah pagi). Seluruhumat ini terasa berat danmenangisi perpisahan denganbeliau. Berdirilah sekarang,marilah kita shalat dua rakaatdan berdoa untuk Syaikhrahimahullah.

—– Semoga Allah senantiasamerahmati Syaikh Abdul Aziz binAbdullah bin Baz danmenempatkannya di surga yangpenuh dengan kenikmatan..Amin..

Suasana saat Syaikh bin Baz akan dikuburkan

Warisan Ibnu Baz

Syaikh Ibnu Baz banyakmewariskan karya ilmiah. Adayang dalam bentuk tulisan. Adapula dalam bentuk rekamanceramah dan seminar. Karya tulisSyaikh Ibnu Baz adalah hasiltranskrip dari ceramah-ceramahatau ucapan yang beliaudiktekan kepada murid-muridnya.

Karya-karya beliau sangatmenekankan koreksi ritualibadah. Karena tidak kitapungkiri, banyak praktik-praktikibadah yang menyelisihituntuntan Rasulullah .ملسو هيلع هللا ىلصSeperti bagaimana haji danumrah yang sesuai dengantuntunan sunnah Rasulullah .ملسو هيلع هللا ىلصTentang bagaimana shalat sesuaibimbingan Nabi Tentang .ملسو هيلع هللا ىلصbagaimana puasa dan zakat.Beliau juga memiliki kumpulanfatwa yang telah dikumpulkanoleh Muhammad bin Saad asy-Syuwai’ir dalam 18 jilid tebal.

Beliau juga memiliki perhatianbesar dengan akidah yangshahih. Berpegang kepadaSunnah dan memperingatkanmasyarakat dari bahaya bid’ah.Kemudian tentang dakwah danakhlak. Tentang hijab dan nikah.Memperingatkan buruknyafanatisme kearaban. Tentangjihad di jalan Allah, dll.

Warisan Ibnu Baz

Syaikh Ibnu Baz banyakmewariskan karya ilmiah. Adayang dalam bentuk tulisan. Adapula dalam bentuk rekamanceramah dan seminar. Karya tulisSyaikh Ibnu Baz adalah hasiltranskrip dari ceramah-ceramahatau ucapan yang beliaudiktekan kepada murid-muridnya.

Karya-karya beliau sangatmenekankan koreksi ritualibadah. Karena tidak kitapungkiri, banyak praktik-praktikibadah yang menyelisihituntuntan Rasulullah .ملسو هيلع هللا ىلصSeperti bagaimana haji danumrah yang sesuai dengantuntunan sunnah Rasulullah .ملسو هيلع هللا ىلصTentang bagaimana shalat sesuaibimbingan Nabi Tentang .ملسو هيلع هللا ىلصbagaimana puasa dan zakat.Beliau juga memiliki kumpulanfatwa yang telah dikumpulkanoleh Muhammad bin Saad asy-Syuwai’ir dalam 18 jilid tebal.

Beliau juga memiliki perhatianbesar dengan akidah yangshahih. Berpegang kepadaSunnah dan memperingatkanmasyarakat dari bahaya bid’ah.Kemudian tentang dakwah danakhlak. Tentang hijab dan nikah.Memperingatkan buruknyafanatisme kearaban. Tentangjihad di jalan Allah, dll.

UnisMagz 07

kisah shalihin

https://www.youtube.com/watch?v=n2XPqALeu18

Sumber: http://kisahmuslim.com/

Page 12: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Seputar Ramadhan

Amalan-amalan

agar kita lebih bertakwa dan dibersihkan dari dosa di bulan mulia ini.

dibulan ramadhan

UnisMagz08

Page 13: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Seputar Ramadhan

UnisMagz 09

Sahur - Salah satu amalan utama yang ada di bulan ramadhan adalah makan sahur, Apalagi, selain menguatkan puasa di siang harinya, dalam sahur juga terdapat keberkahan. Anas bin Malik r.adhiyallahu 'anhu berkata, "Nabi (shallallahu 'alaihi wasalam) bersabda, 'Makan sahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu terdapat berkah.'" (HR Bukhari) Makan sahur sih baiknya dengan kurma, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasalam bersabda "Betapa baiknya kurma untuk sahurnya orang mu'min."(Abu Dawud, Ibnu Hibban dan al-Baihaqi; Sahih).

Tilawah - Al Qur'an diturunkan sebagai tuntunan kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasalam dalam bulan Ramadhan. Baik dong kalo kita juga mempelajari Al Qur'an di bulan yang mulia ini.

Shalat - Amalan yang satu ini angat luar biasa, karena shalat itu, selain mencegah perbuatan keji dan mungkar. juga bisa menjadi sebab kita ditolong oleh Allah ta'ala. Allah ta'ala berfirman (yang artinya) "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (TQS Al Baqarah :45)

Zakat - Selain shalat dan puasa, salah satu amalan yang jadi rukun islam adalah zakat. nah di bulan ramadhan ini, kita wajib ngasih zakat fitrah kita sebelum idul fitri. Zakat inilah yang bakal menjadi pembersih harta kita. Zakat bukan cuma zakat fitrah doang lho, jadi kalo harta kita udah memenuhi nishab ( ukuran wajib zakat ), kita kudu zakatin tuh yang namanya zakat mal

Sedekah - Ramadhan sebagai bulan yang mulia harus kita isi dengan amal yang mulia, salah satunya dengan sedekah. Kita bisa sedekah

dengan harta, tenaga, maupun senyum. Senyum juga termasuk sedekah loh, jadi jangan pelit-pelit senyum ya. Tapi jangan senyum-senyum mulu juga kan sedekah itu harusnya ke orang yang membutuhkan.

Ifthar - Sahl bin Sa'ad mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Manusia itu senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." Kayaknya, buat anak kos sih tidak perlu

diingatkan. Karena biasanya mereka emang sudah menyegerakan untuk datang ke masjid yang menyediakan Makanan Ta'jil gratis.

:)

Page 14: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Seputar Ramadhan

UnisMagz10

Qiyam Layl - Salah satu amalan yang sangat khas Ramadhan adalah tarawih Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang mendirikan (shalat malam) Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau." (HR Bukhari)

Malam Qadar - Salah satu alasan terbesar kita untuk shalat malam, tilawah, dan amalan-amalan lain di bulan ramadhan adalah karena adanya malam kemuliaan. Malam kemuliaan lebih mulia dari seribu bulan (berapa hari tuh), jadi kita kudu berlomba-lomba dalam beribadah untuk mendapatkan keutamaannya.

Dzikrullah - Mengingat Allah dengan berdzikir, bertasbih, tahmid, dan istighfar lebih mulia dong, daripada cuma tidur dan males-malesan. apalagi, Dalam suatu hadits, malaikat jibril mendoakan kekeceraan dan kerugian buat orang yang ramadhan lewat sementara dosanya nggak diampuni. makanya ayo perbanyak dzikrullah dan istighfar di bula ramadhan.

Berdoa - “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi”. Begitulah Hadits Nabi shallallahu 'alaii wasalam yang diriwayatkan oleh Imam Ihmad dari Abu Hurairah.

I'tikaf - 10 Malam terakhir bulan ramadhan punya banyak keutamaan loh, selain ada malam qadar, kita juga disunnahkan untk beri'tikaf di

masjid. disitu kita bisa mendekatkan diri kepada Allah ta'ala dan beribadah lebih khusyu, apalagi di sekitar kita adalah orang-orang yang shalih.

Itulah amalan-amalan yang bisa kita lakukan di bulan ramadhan. Semoga dengan bulan ramadhan yang mulia ini, kita bisa mndapatkan ampunan untuk dosa-dosa kita, dan semoga dengan amalan-amalan kita , kita bisa menjadimanusia yang lebih bertakwa dan bisa masuk kedalam suraanya Allah ta'ala melalui pintu rayyan.

Dalam riwayat Bukhari dari Sahl bin Sa’ad juga disebutkan, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang- orang yang berpuasa

Page 15: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

برح نب ريهز ينثدح ثراولا دبع نب دمصلا دبع انثدح فقثلا ةنيشخ وبأ رمع نب بجاح انثدح

يجرعألا نب مكحلا انثدح نيصح نب نارمع نع ملسو هيلع هللا ىلص هللا لوسر نأ باسح ريغب افلأ نوعبس يتمأ نم ةنجلا لخدي لاق لاق هللا لوسر اي مه نم اولاق نوريطتي الو نوقرتسي ال نيذلا مه نولكوتي مهبر ىلعو نووتكي الو

HR

Mu

slim 2

.31

3/3

21

.

Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Abdushshamad bin Abdul Warits telah menceritakan kepada kami Hajib bin Umar Abu Husyainah ats-Tsaqafi telah menceritakan kepada kami al-Hakam bin al-'A'raj dari Imran bin Hushain bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Akan masuk surga dari golongan umatku sebanyak tujuh puluh ribu orang tanpa hisab. Mereka bertanya, 'Siapakah mereka wahai Rasulullah? ' Beliau menjawab, Meraka dalah orang yang tidak melakukan ruqyah, tidak bertathayyur, dan tidak melakukan pengobatan kay, dan mereka bertawakkal kepada Rabb mereka'.

Masuk surga Tanpa Hisab

unismagz

Page 16: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Welcome unsoed,

Welcome Ramadhan!

Seputar kampus

Sejuk dan tenang merupakan kesan saat kali pertama menginjakkan kaki di kota ini, kota Purwokerto. Di pagi hari pun kabut turut meramaikannya. Kota kecil yang berada dekat dengan kaki gunung slamet ini menjadi daya tarik tersendiri khususnya oleh kaum pelajar karena keberadaan salah satu perguruan tinggi negeri di sini yakni Universitas Jenderal Soedirman, tidak hanya dari pulau Jawa saja namun seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Meski tidak terletak di kota besar Purwokerto banyak menyajikan sesuatu yang khas, mulai dari makanan, seni wisata, hingga aktifitas keagamaan yang akan membuatmu para mahasiswa baru kagum terlebih sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan.

Tabayyun Sebelum berangkat dari daerah asal ada baiknya kita mencari tahu atau tabayyun dengan kampus kita ini. Baik lokasinya, dinamika kegiatan kampus, hingga kehidupan masyarakat sekitar. Bisa lewat media cetak atau online lokal atau media kampus seperti milik UKKI (Unit Kegiatan Kerohanian Islam) Unsoed yaitu ukki.ukm.unsoed.ac.id. Ini penting karena saat kita berada di daerah rantauan pastinya kita akan membawa “identitas” kita masing-masing dari daerah asal yang belum tentu “cocok” dengan kebiasaan masyarakat setempat. Untuk Purwokerto nanti teman-teman pasti akan sering menjumpai istilah Ngapak.

Tempat Tinggal Salah satu fungsi dari tabayyun juga untuk

UnisMagz12

Page 17: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

menentukan tempat tinggal. Perlu kita ketahui UNSOED terbagi atas beberapa lokasi kampus seperti Fakultas Teknik yang terletak di Blater, Purbalingga; Fakultas Kedokteran di Jl. Dr. Gumbreg Banyumas; Fakultas Ilmu Budaya, Peternakan, MIPA, Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Ilmu Kesehatan di Jl. Dr Suparno Karangwangkal; dan Fakultas Hukum, Ekonomi dan Ilmu Sosial dan Politik di Jl. HR Bunyamin. Yang mana kampusmu ? Jangan sampai karena kurang tabayyun kos kita malah jauhan dari kampus ya, kan kasian mesti olahraga tiap hari .

Bimbingan Rohani Nah, saat kita mulai mantap untuk merantau dan tinggal sendiri pastinya kita akan berpisah sementara dan lepas dari pengawasan orang tua. Tidak dipungkiri berbagai macam kasus kriminal dan penyimpangan sangat berpotensi terjadi saat di perantauan, contohnya sudah dapat kita saksikan sendiri sekarang. Untuk itu kita membutuhkan bimbingan yang dapat selalu mendekatkan kita kepada sang pencipta agar selalu dijauhkan dari larangan-Nya.

Di internal kampus Unsoed sendiri terdapat Program Pendampingan Pendidikan Agama Islam atau disingkat dengan P3AI, yang menawarkan kegiatan mentoring kepada mahasiswa dalam bentuk kelompok yang akan didampingi para tentor handal.

Di luar kampus yang terdekat terdapat beberapa masjid yang makmur dengan kegiatan keislamannya. Seperti Masjid Nurul Ulum yang terletak di depan kampus pusat, masjid ini merupakan Masjid Kampus Unsoed yang setiap pekannya mengadakan Tatsqif dan saat memasuki ramadhan nanti akan digencarkan menjadi setiap hari. Dan kemudian Masjid Fatimatuzzahra, masjid yang terletak diantara “kampus depan” dan “kampus belakang” ini tiap ba’da maghribnya mengadakan kajian rutin yang diisi oleh para Ustad ternama.

Jadi kenali kampusmu perkuat imanmu, sebagai agen perubahan hendaknya menjadi mahasiswa yang tidak hanya berprestasi namun juga beriman dan bertakwa. Selamat datang di UNSOED, selamat datang saudaraku, ahlan wa sahlan ya ikhwah fillah! (Febby)

UnisMagz 13

Seputar kampus

Page 18: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Penampungan sementara Pengungsi Rohingya di TPI Kuala Cangkoi, Kabupaten Aceh Utara, akan direlokasi ke tempat penampungan baru. Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Amir Hamzah mengatakan lokasi baru sedang disiapkan oleh International Organization Imigration (IOM), 05 juni 2015.

Rencananya, para pengungsi sudah berpindah sebelum bulan Ramadhan. Lokasi yang akan dijadikan tempat relokasi untuk para imigran Rohingya tersebut, merupakan komplek Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara. Lokasinya terletak di Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur. Relokasi ini dilakukan karena tempat penampungan sebelumnya

kurang layak dan masih membutuhkan banyak fasilitas lagi. Pihak IOM dan Pemkab Aceh Utara sedang melakukan beberapa penyiapan kelengkapan sarana dan prasaran. Diantaranya, sarana sanitasi, MCK, sumber air bersih dan juga listrik serta pagar yang mengelilingi area penampungan. (Wawan)

Courtesy: www.eramuslim.com

Rumah Ramadhan Untuk Rohingya

Kumpul “Keuchik” se-Banda Aceh

Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1436 H, Baitul Mal Kota Banda Aceh mengumpulkan para Keuchik se-Kota Banda Aceh. Keuchik adalah orang yang dipilih dan dipercaya oleh masyarakat serta diangkat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten untuk memimpin pemerintahan gmpong/ kelurahan.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk sosialisasi tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) pendataan dan penyaluran zakat. Acara dibuka oleh Walikota Banda Aceh, dilanjutkan dengan Ppmateri oleh Kepala Baitul Mal Banda Aceh, Tgk Safwani Zainun dan Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Tgk Husaini Yusuf, SHI, pada hari Senin, 01 juni 2015, di Lantai II Gedung C, Komplek Balai Kota. Tujuan acara ini adalah untuk melakukan pendataan dan penyaluran zakat supaya sesuai dengan kondisi fakir dan miskin sekarang, supaya pemberian zakat tidak salah sasaran. Acara ini berjalan dengan lancar selama setangah hari, dan diikuti oleh puluhan Keuchik kota Banda Aceh. (Wawan)

Courtesy: www.voa-islam.com

Berita Seputar Islam

UnisMagz14

Page 19: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Foto-foto

Page 20: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06
Page 21: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06
Page 22: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Ibu,saya sudah bisa mandiri

UnisMagz18

Sebuah kalimat yang terlintas dalam benak kita saat sudah mulai mengenal dunia mahasiswa yang bermacam – macam warna menghiasi setiap sudut pandang. Sudut pandang apa? Entahlah. Dengan perasaan bangga karena sudah berganti status yang tadinya siswa berganti staus menjadi mahasiswa yang notabennya memiliki kelebihan dari segi perilaku, pola pikir dan peran yang mulai menyentuh lapisan masyarakat. Disini tidak akan membahas jauh soal mahasiswa, mungkin teman - teman bisa nyari sendiri refrensinya. Hehe.

Pertama. Penulis mengucapkan

selamat… bagi adik – adik mahasiswa baru 2015 yang sudah diterima masuk ke salah satu perguruan tinggi negeri di Provinsi Jawa Tengah Universitas Jenderal Soedirman. Semoga dengan tekad yang kuat dan punya tujuan yang mantap bisa memunculkan prestasi yang membanggakan bagi diri sendiri terutama dan menjadi kebanggaan orang tua. Menyinggung soal orang tua. Dimana – mana orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya supaya menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi orang lain. Mereka rela mengeluarkan tenaga dan pikiran hanya untuk

mendorong kesuksesan anaknya memiliki masa depan yang cerah. Orang tua tidak menginginkan kesuksesan anaknya yang dibangun lewat dunia kampus di hancurkan begitu saja dengan hal – hal yang bersifat negative.

Sedikit mengenalkan dunia kampus yang berbau negative. Saat kita sudah jadi mahasiswa secara otomatis sedikit demi sedikit kita mulai terlepas dari pantauan orang tua ( khusus temen – temen mahasiswa perantauan lho yaa. Mahasiswa lokal no comment). Mereka mungkin yakin meskipun berada jauh dari orang tua, mereka tetep bisa menjaga diri dengan baik. Semoga saja.

Dengan jarak yang jauh dari orang tua sangat riskan pergaulan anak akan sulit diawasi. jika tanpa bekal keimanan yang kuat terhadap agama, bisa menimbulkan pergaulan yang kurang sehat dan condong kearah pergaulan bersifat negative, mahasiswa bebas mau melakukan apa saja sesuka hati mereka memanfaatkan kondisi jauh dari pengawasan orang tua. Mereka bebas berkumpul bersama teman – teman mahasiswa satu sama lain lintas golongan dari pagi hingga menjelang pagi, sampai

Page 23: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

UnisMagz 19

– sampai ada yang bebas menjalin hubungan belum halal atau istilahnya disebut pacaran dengan yang bukan mahramnya tanpa sepengetahuan orang tua (tahu gak pacaran hukumnya haram lho).

Alasan menurut kaum hawa mengapa pacaran? Pertama, karena muncul rasa suka antara lawan jenis, Kedua, mereka beranggapan bahwa dengan pacaran mereka merasa ada yang melindungi disaat jauh dari orang tua karena pada dasarnya wanita ingin dimengerti (bohong/lombo). Laki – laki. “ Beb (bebek kali). Sampai kapanpun aku akan tetap selalu menjagamu dan melindungimu” (melindungi pake apa? Pake uang dari orang tua?). Perempuan “ehmm so swiiit” (Mbak sadar mba, ingat tugas anda terhadap orang tua). Semoga kita tidak mudah terkena tipu daya setan yang mengajak kepada keburukan menuruti hawa nafsu duniawi.

Alhamdulillah. Kita bersyukur menjadi seorang muslim dengan ajaran agama yang sempurna yaitu Islam yang disampaikan melalui perantara Rasulullah SAW, sosok teladan bagi seluruh umat manusia yang menerima wahyu Allah melalui malaikat jibril berupa Al-qur’an yang menjadi pedoman hidup umat Islam. Islam adalah agama yang mengatur segala aspek kehidupan salah satunya mengatur masalah pergaulan antara lawan jenis yang bukan mahramnya. Ada nasehat nih buat para wanita agar senantiasa terlindungi dari gangguan laki – laki gak bener. Allah

Berfirman : “Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka,”… (QS. An- Nur : 24).

Buat kaum wanita muslim memakai kerudung hukumnya wajib lho. Tidak cukup hanya itu, agar mendapat perlindungan berlapis – lapis, harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, sering member kabar kepada orang tua, memilih teman pergaulan yang senantiasa mengajak kita pada kebaikan dan mencegah dari keburukan. semoga bisa menjadi bekal untuk berproses di dunia kampus UNSOED tercinta. meskipun berada jauh dari orang tua. #Hamasah. (Syiar Ukki)

UnisMagz

Page 24: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Selain Ciyee wisuda, kita juga mengucapkan

Selamat menempuh hidup baru

Ciyeee...Wisuda..~

UnisMagz20

Tatang Pamungkas -Ketua Ukki Unsoed 2013

Rawendi Sholeh (IPK Cumlaude dengan pujian), Fuad Sofyan, Nugraheny Sri P -Puskomda Purwokerto 2014

Wiwin Cahyanti, Rahmatika Udhiya Anis Zahro, Telly Diana H, Dedah Nurhamidah -Pengurus UKKI Unsoed 2014

Arby'in Pratiwi (IPK Cumlaude dengan Pujian), Budi Yono -Salam Fapet Unsoed

Aruni Hamidah, Wiwin Winarti, Ibnu Ali (IPK Cumlaude dengan pujian), Dena Rahayu, -UKMI Fabio Unsoed Rosa Rosi , Widiastuti, -Salman Teknik Unsoed

Halim Maududdi -UKI FH Unsoed

Deden Nur Pajri, Rosnalia, Rizqi Al Aziz (IPK Cumlaude dengan pujian), Azhar Aminuddin, Alina Merdeka Putri,Faisal Al Asad, Ibnu Kosim, -Gamais Faperta Unsoed

Handi Listiawan -UKI FIB Unsoed

Akhmad Khoyrun Najakh , Andi Maulana Ashidiq, Apri, Hani Rafika Santi -UKI FEB Unsoed

Utya, Ratih, Bagas, Dina, Halimah, Ninis -HMMK Unsoed

Yayang R. Y. Widosari (IPK Cumlaude dengan pujian) -Medis Keperawatan Unsoed

Edisi kali ini untuk saudara-saudara kita yang namanya dibawah ini

semoga dapat lebih banyak berkarya dan bermanfaat untuk agama, bangsa, dan semuanya

Kader wisuda

Page 25: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata: "Janganlah kalian mempelajari ilmu karena tiga hal: (1) dalam rangka debat kusir dengan orang- orang bodoh, (2) untuk mendebat para ulama, atau (3) memalingkan wajah-wajah manusia ke arah kalian.

Carilah apa yang ada di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan ucapan dan perbuatan kalian. Karena, sesungguhnya itulah yang kekal abadi, sedangkan yang selain itu akan hilang dan pergi." (Jami'ul 'Ulum wal Hikam, 1/45)

Ishaq ibnu Ath-Thiba' rahimahullah berkata: Aku mendengar Hammad bin Salamah rahimahullah berkata: "Barangsiapa mencari (ilmu, -pen.) hadits untuk selain Allah Subhanahu wa Ta'ala, maka Allah Subhanahu wa Ta'ala akan membuat makar atasnya."

Waki' rahimahullah berkata: "Tidaklah kita hidup melainkan dalam suatu tutupan. Andaikata tutupan tersebut disingkap, niscaya akan memperlihatkan suatu perkara yang besar, yakni kejujuran niat."

Al-Hafidz Adz-Dzahabi rahimahullah berkata: "Menuntut ilmu yang merupakan perkara yang wajib dan sunnah yang sangat ditekankan, namun terkadang menjadi sesuatu yang tercela pada sebagian orang.

Seperti halnya seseorang menimba ilmu agar dapat berjalan bersama (disetarakan, pen.) dengan para ulama, atau supaya dapat mendebat kusir orang-orang yang bodoh, atau untuk memalingkan mata manusia ke arahnya, atau supaya diagungkan dan dikedepankan, atau dalam rangka meraih dunia, harta, kedudukan dan jabatan yang tinggi. Ini semua merupakan salah satu dari tiga golongan manusia yang api neraka dinyalakan (sebagai balasan, -pen) bagi mereka."*

(An-Nubadz fi Adabi Thalabil 'Ilmi, hal. 10-11) * HR. Muslim no. 1907 dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu.

Sumber: Majalah Asy Syari'ah, no.33/III/1428 H/2007, rubrik Permata Salaf.

Beragam Tujuan Dalam

Menimba Ilmu

UnisMagz 21

Page 26: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

Akhbirni 'anil Iman

UnisMagz22

Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu 'anhu berkata kepada sahabatnya: "Marilah kita menambah iman!" Lalu mereka berdzikir kepada Allah.

Hubaih bin Hamasah radhiyallahu 'anhu berkata:"Sesungguhnya iman bertambah dan berkurang." Ia ditanya: "Apakah tanda bertambah dan berkurangnya?" Ia menjawab: "Jika kita mengingat dan takut kepada Allah, maka itu tanda tambahnya keimanan. Dan jika kita lalai, lupa, dan menyia-nyiakan waktu, itu pertanda berkurangnya iman."

Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata: "Semua keyakinan yang benar adalah keimanan." (Maksudnya keyakinan yang mendorong amal shalih).

Mu'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu berkata:"Marilah duduk bersamaku untuk beriman (berdzikir) sesaat."

Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata:"Aku mencari jannah (surga) dengan keyakinan, dan lari dari neraka dengan keyakinan." (Maksudnya dengan iman).

Umar bin Abdul Aziz rahimahullah menulis surat kepada 'Adi bin 'Adi:"Sesungguhnya iman mempunyai kewajiban-kewajiban, syariat-syariat, hukum-hukum, dan sunnah- sunnahnya. Barangsiapa menyempurnakan perkara-perkara tersebut, maka ia telah menyempurnakan keimanannya. Dan barangsiapa tidak menyempurnakannya, berarti ia belum menyempurnakan keimanannya. Jika aku masih diberi umur panjang, aku akan menjelaskan masalah ini kepadamu hingga kamu melaksanakannya. Jika aku mati, maka aku memang tidak bersemangat untuk bersama kalian."

Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah berkata:"Bila keimanan bersemi dalam hati sesuai dengan tuntunan syariat, niscaya hati rindu terbang ke jannah dan takut dari siksa neraka."

Luqman berkata:"Amal tidak mampu tegak kecuali dengan iman. Barangsiapa lemah keimanannya, maka lemahamalnya."

Abdullah bin Ukaim rahimahullah berkata:"Aku mendengar Abdullah bin Mas'ud berdoa: 'Ya Allah tambahlah keimanan, keyakinan, danpemahamanku."

(Dari Fathul Bari karya Ibnu Rajab Al-Hanbali, Maktabah Sahab)

Sumber: Majalah Asy Syari'ah, no. 05/I/Dzulqa'dah 1424 H/Februari 2004, rubrik Permata Salaf.

Page 27: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

536607EF

ukkiunsoed

ukki unsoed

ukki.ukm.unsoed.ac.id

ukki unsoed

ukki_unsoed

Temukan kami di:

Page 28: Unsoed Islamic Magazine, UnisMagz 15.06

18 Juni 2015 M 04:21 04:31 11:46 15:07 17:36 18:51 05:52 06:14

19 Juni 2015 M 04:21 04:31 11:46 15:07 17:37 18:52 05:52 06:14

20 Juni 2015 M 04:22 04:32 11:46 15:07 17:37 18:52 05:52 06:14

21 Juni 2015 M 04:22 04:32 11:46 15:07 17:37 18:52 05:53 06:15

22 Juni 2015 M 04:22 04:32 11:47 15:07 17:37 18:52 05:53 06:15

23 Juni 2015 M 04:22 04:32 11:47 15:08 17:37 18:53 05:53 06:15

24 Juni 2015 M 04:22 04:32 11:47 15:08 17:38 18:53 05:53 06:15

25 Juni 2015 M 04:23 04:33 11:47 15:08 17:38 18:53 05:53 06:16

26 Juni 2015 M 04:23 04:33 11:47 15:08 17:38 18:53 05:54 06:16

27 Juni 2015 M 04:23 04:33 11:48 15:09 17:38 18:53 05:54 06:16

28 Juni 2015 M 04:23 04:33 11:48 15:09 17:39 18:54 05:54 06:16

29 Juni 2015 M 04:23 04:33 11:48 15:09 17:39 18:54 05:54 06:16

30 Juni 2015 M 04:24 04:34 11:48 15:09 17:39 18:54 05:54 06:16

1 Juli 2015 M 04:24 04:34 11:48 15:09 17:39 18:54 05:55 06:17

2 Juli 2015 M 04:24 04:34 11:49 15:10 17:40 18:54 05:55 06:17

3 Juli 2015 M 04:24 04:34 11:49 15:10 17:40 18:55 05:55 06:17

4 Juli 2015 M 04:24 04:34 11:49 15:10 17:40 18:55 05:55 06:17

5 Juli 2015 M 04:25 04:35 11:49 15:10 17:40 18:55 05:55 06:17

6 Juli 2015 M 04:25 04:35 11:49 15:10 17:40 18:55 05:55 06:17

7 Juli 2015 M 04:25 04:35 11:49 15:11 17:41 18:55 05:55 06:17

8 Juli 2015 M 04:25 04:35 11:50 15:11 17:41 18:55 05:55 06:17

9 Juli 2015 M 04:25 04:35 11:50 15:11 17:41 18:56 05:55 06:17

10 Juli 2015 M 04:25 04:35 11:50 15:11 17:41 18:56 05:56 06:18

11 Juli 2015 M 04:26 04:36 11:50 15:11 17:42 18:56 05:56 06:18

12 Juli 2015 M 04:26 04:36 11:50 15:11 17:42 18:56 05:56 06:18

13 Juli 2015 M 04:26 04:36 11:50 15:12 17:42 18:56 05:56 06:18

14 Juli 2015 M 04:26 04:36 11:50 15:12 17:42 18:56 05:56 06:18

15 Juli 2015 M 04:26 04:36 11:51 15:12 17:42 18:56 05:56 06:18

16 Juli 2015 M 04:26 04:36 11:51 15:12 17:43 18:57 05:56 06:18

17 Juli 2015 M 04:26 04:36 11:51 15:12 17:43 18:57 05:56 06:18

Tgl Masehi Imsak Shubh Dzuhr Ashar Mghrib Isya Trbit Dhuha

Jadwal Shalat PurwokertoPenetapan awal Bulan Ramadhan dan Syawalnya

ngikut pemerintah ya...~

Unit Kegiatan Kerohanian IslamUniversitas Jenderal Soedirman