Understanding NLP

download Understanding NLP

of 39

  • date post

    27-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    63
  • download

    38

Embed Size (px)

Transcript of Understanding NLP

  • Understanding NLP

    BUKU PERTAMA dari TRILOGI MASTERING NLP

    Communication Excellence,

    Positive Changes

    and

    Flexible Choices

  • Sanksi Pelanggaran Pasal 22:Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002Tentang Hak Cipta

    1. Barang siapa dengan sengaja melanggar dan tanpa hak mengumumkan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 49 Ayat (1) dan Ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7(tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 5.000.000.000,00 (lima milyar rupiah).

    2. Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagai dimaksud pada Ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5(lima) tahun dan/atau dengan paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

  • iii

    Understanding NLPCommunication Excellence,

    Positive Changes

    and

    Flexible Choices

    by

    RH Wiwoho

    INDONLPJakarta

    BUKU PERTAMA dari TRILOGI MASTERING NLP

  • iv

    Understanding NLP

    Communication Excellence,

    Positive Changes

    and

    Flexible Choices

    by

    RH Wiwoho

    Copyright 2008, INDONLP Jakarta

    Cetakan ke-2, Juli 2008

    Pertama kali diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh INDONLP

    Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku

    ini tanpa izin tertulis dari Penerbit dan Pengarang.

    ISBN : 978-979-18003-0-3

    BUKU PERTAMA dari TRILOGI MASTERING NLP

  • vUNDERSTANDING NLP

    Daftar Isi

    Dedikasi viiPengantar Cetakan Kedua ixPendahuluan xvTentang Buku Ini xxiPenghargaan xxixBab kesatu Outcome 1Bab kedua Sensory Language 23Bab ketiga Calibration 39Bab keempat Predicates 69Bab kelima Accessing Cues 101Bab keenam Anchoring 125Bab ketujuh Resource Strategy 165Bab kedelapan New Behavior 183Bab kesembilan Reframing 207Bab kesepuluh Meta Model 245Bab kesebelas People Helpers 271Bab keduabelas No Problems 335Penutup 373Glossary 37990 buku pilihan dalam subyek NLP 383Nama dan alamat NLP training di Amerika 399Nama dan alamat NLP training selain Amerika 409Majalah dan Periodikal 427Organisasi Asosiasi 429

  • vi

    RH. Wiwoho - Trilogi MASTERING NLP

  • vii

    UNDERSTANDING NLP

    Buku ini didedikasikan untuk :

    Richard Bandlerdan

    John Grinder

    dua jenius pencipta Neuro Linguistic Programming (NLP)

    Semua bahan tulisan Trilogi Mastering NLP dan buku-buku NLP saya yang lain diperoleh dari kedua pencipta NLP di atas. Jadi, sangatlah mungkin bila Pembaca menemukan tulisan atau kutipan yang sama di buku-buku yang lain, karena sumber acuannya sama

  • viii

    RH. Wiwoho - Trilogi MASTERING NLP

  • ix

    UNDERSTANDING NLP

    Pengantar Cetakan Kedua

    Buku di tangan Anda ini adalah cetakan kedua dari Understanding NLP: Communication Excellence, Positive Changes and Flexible Choices. Di bawah ini adalah beberapa perubahan dari cetakan pertama yang perlu disampaikan pada pembaca.

    Sedikit perubahan terjadi pada cover (tampak muka) buku, terutama warnanya menjadi lebih merah, teknik doft diganti menjadi glossy, dan ada tambah-an sub-judul: Communication Excellence, Positive Changes and Flexible Choices. Tambahan kalimat #1 National Bestseller mengikuti kebiasaan bah-wa kalau sebuah buku setelah dua minggu beredar dan pihak toko buku lewat distributornya meminta untuk dicetak ulang, maka buku tersebut otomatis dikategorikan sebagai buku laris di Indonesia atau national bestseller. Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para pembaca yang telah membeli buku cetakan pertama saya ini.

    Ada beberapa pembaca yang menanyakan arti cover buku ini. Gambar Barong dalam tradisi Bali antara lain artinya adalah kebaikan. Saya berharap buku ini menjadi kebaikan untuk semua pembacanya dan mudah-mudahan juga untuk penulis dan tim.

  • xRH. Wiwoho - Trilogi MASTERING NLP

    Untuk cover dengan gambar kaca mata (kami me-mang sengaja menerbitkan buku dengan dua cover yang berbeda) artinya NLP adalah model komu-nikasi dua arah, disamping untuk melakukan pe-rubahan (changes) dan memperkaya pilihan-pilihan (choices).

    Banyak pujian dan respon positif dari pembaca yang barangkali tidak perlu diuraikan di sini. Yang jus-tru perlu ditanggapi adalah kritik yang telah kami perbaiki dalam buku cetakan kedua ini. Kritik an-tara lain tentang teknik pemenggalan kalimat, salah header pada halaman 163, spasi antar paragraf yang kadang terlalu lebar/sempit, dan kesalahan teknik pencetakan lainnya.

    Khusus untuk isi buku, saya ingin menegaskan kembali bahwa buku Trilogi Mastering NLP ini ditulis berdasarkan karya kedua penciptanya, yakni Richard Bandler dan John Grinder. Hal ini telah saya tuliskan baik dalam bab Pendahuluan mau-pun Penghargaan. Dalam cetakan kedua ini saya tambahkan Buku ini didedikasikan untuk. se-bagai penegasan dan kejujuran saya sebagai penu-lisnya bahwa pencipta NLP memang kedua orang di atas. Menurut saya, siapa pun yang menulis buku tentang NLP harus dengan jujur mengakui bahwa buku tersebut bukanlah buku ciptaan me-reka. Mereka hanya menuliskannya kembali dari

  • xi

    UNDERSTANDING NLP

    apa yang sudah diuraikan oleh kedua penciptanya. Sebagai contoh, misalnya dalam bab-bab awal buku Understanding NLP ini, baik isi serta susunan maupun ilustrasinya tampak sangat mirip dengan sedikitnya lima buku/naskah NLP lainnya (baik yang sudah dipublikasikan maupun yang tidak/be-lum dipublikasikan), antara lain : Early NLP Focus Group Discussion, NLP Home Study Guide, A Guide to Communication Excellence using Neuro-Linguistic dll. Hal yang masuk akal karena sumber rujukannya memang orang yang sama. Menurut saya, sepanjang penulisnya mengutip kedua orang tersebut sebagai penciptanya, maka itu adalah hal yang etis dan sah. Hal ini mengacu kepada keputusan pengadilan tanggal 3 Februari 2000 di AS bahwa kedua orang tersebut secara hukum memang telah ditetapkan se-bagai pencipta NLP (kutipan hasil penetapan kepu-tusan ini dapat dibaca pada lampiran A dari buku Whispering in the Wind karangan John Grinder dan Carmen Bostic St.Clair, 2001).

    Mungkin persoalan hak cipta TIME LINE (salah satu model NLP) bisa menjadi contohnya. Tad James (dan Wyatt Woodsmall) dalam bukunya Time Line Therapy and The Basis of Personality, 1988, mengaku menemukan dan kemudian mendaftar-kan ciptaannya ini sehingga mulai saat itu setiap orang yang memakai pendekatan Time Line ha-ruslah mencantumkan copy right by Tad James.

  • xii

    RH. Wiwoho - Trilogi MASTERING NLP

    Menurut versi Steve dan Connirae Andreas (dalam artikelnya A Brief History of NLP Timelines, VAK Vol 10 No 1, Winter 1991-1992) bahwa pada bu-lan Juni 1985 dalam konferensi NANLP di Denver, Colorado, keduanya membawakan presentasi tiga jam dengan judul Just in Time. Di antara audiens yang hadir adalah Wyatt Woodsmall. Tahun 1991, dalam interview dengan terbitan berkala yang sama yakni VAK International NLP Newsletter, Tad James berkomentar bahwa ia memperoleh Timeline dari Wyatt Woodsmall. Saya belum lama ini mem-baca buku karangan Julian Jaynes (terbit pada tahun 1976) dengan judul The Origin Of Consciousness In The Break Down Of The Bicameral Mind dan menemukan bahwa uraian tentang Timeline telah dibicarakan sejak tahun 1976 meskipun dengan idiom yang lain yakni: mind-space dan spatializa-tion (lihat hal 59-60 pada sub-bab The Features of Consciousness). Namun karena Richard Bandler dan John Grinder - dengan mengutip Julian Jaynes - telah membicarakannya pada awal-awal berkem-bangnya NLP (antara 1977-1981) baik dalam semi-narnya maupun handout materi seminarnya, saya kira kredit tentang Timeline tetap harus diberikan pada mereka berdua, meskipun yang mendaftarkan hak cipta pertamakalinya adalah Tad James dan yang juga menuliskan karya Julian Jaynes sebagai bibliografi dalam bukunya di atas. Bahkan Steve Andreas sendiri mendapatkan Timeline juga dari

  • xiii

    UNDERSTANDING NLP

    Bandler dan Grinder.

    Hal yang mirip dengan Personal Power di Indonesia. Kata Personal Power di tahun 1997 sebagai judul seminar telah saya daftarkan di Departemen Kehakiman dan semua orang yang menggunakan judul seminar di atas seharusnya meminta ijin pada saya. Meskipun demikian, saya melihat banyak orang Indonesia tanpa seijin saya memakai judul ini untuk seminar-seminar mereka. Saya sangat menghargai orang-orang yang memin-ta ijin secara lisan atau paling tidak dalam sesinya mengutip nama saya. Saya tahu persis bahwa kata Personal Power adalah kata generik (milik publik) namun hak cipta untuk seminar, metode dan latih-an-latihannya tetaplah milik saya yang dilindungi oleh undang-undang.

    Sebagai perintis NLP di Indonesia dan penggagas IndoNLP saya ingin menekankan soal kepantasan dan penghargaan. Dengan menulis buku serta me-ngajarkan pemodelan attitudes, methodology and techniques NLP yang genuine and safe seperti yang selama ini saya terima baik lewat training-seminar, audio/video, maupun media-media pembelajaran lainnya dari kedua penciptanya, artinya saya telah memberi penghargaan dan mengucapkan terima kasih pada kedua pencipta NLP di atas.

  • xiv

    RH. Wiwoho - Trilogi MASTERING NLP

    Demikianlah beberapa perubahan pada cetakan kedua ini dan juga penegasan kembali tentang isi buku saya. Semoga Pembaca buku Understanding NLP dan buku-buku saya selanjutnya dapat me-makluminya. Terima kasih dan selamat menikmati.

  • xx

    RH. Wiwoho - Trilogi MASTERING NLP

  • xxi

    UNDERSTANDING NLP

    Buku ini adalah buku pertama dari trilogi MASTERING NLP. Secara berurutan trilogi ini masin