Ultrasonografi (Usg)

download Ultrasonografi (Usg)

of 15

  • date post

    22-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    37
  • download

    15

Embed Size (px)

description

xzxz

Transcript of Ultrasonografi (Usg)

ULTRASONOGRAFI (USG)

ULTRASONOGrAFI

(USG)

Oleh : ANDI ANISSA ULIA10542022210BAGIAN RADIOLOGIFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR2015DEFENISIUSG merupakan penggunaan gelombang suara frekuensi sangat tinggi/ultrasonik (3,5 5 MHz) untuk membantu diagnosis.MANFAATUntuk pemeriksaan kanker pada hati dan otakMelihat janin di dalam rahim ibu hamilMelihat pergerakan serta perkembangan sebuah janinMendeteksi perbedaan antar jaringan-jaringan lunak dalam tubuh yang tidak dapat dilakukan oleh sinar xPRINSIP KERJA

KOMPONEN USGJenis-jenis transducer Transducer ConvexDi aplikasikan pada pemeriksaan seperti Abdomen, GYN, OB, Urologi.

2. Transducer LinierDi aplikasikan pada pemeriksaan seperti organ yang kecil (small part) agar gambaran lebih terfokuspada organ yang diperiksa. dan ada juga transducer linier yang berukuran sedang yang biasanya digunakan untuk pemeiksaan Ortopedic, Breast.

3. Transducer Micro ConvexTransducer jenis ini ada yang berukuran kecil dan sedang yang biasanya diaplikasikan pada pemeriksaan perdiatric, cardiac.

4. Trasducer EndocavityTransducer ini digunakan untuk pemeriksaan organ dalam yang dimasukan ke dalam tubuh pasien baik secara endorectel maupun endovaginal.

6

DENSITAS USGJENIS PEMERIKSAAN USGUSG 2 dimensi

Menampilkan gambar dua bidang (memanjang dan melintang). Kualitas gambar yang baik sebagian besar keadaan janin dapat ditampilkan.

2. USG 3 dimensi

Dengan alat USG ini maka ada tambahan 1 bidang gambar lagi yang disebut koronal. Gambar yang tampil mirip seperti aslinya. Permukaan suatu benda (dalam hal ini tubuh janin) dapat dilihat dengan jelas. Begitupun keadaan janin dari posisi yang berbeda. Ini dimungkinkan karena gambarnya dapat diputar (bukan janinnya yang diputar).

3. USG 4 dimensi

Sebetulnya USG 4 Dimensi ini hanya istilah untuk USG 3 dimensi yang dapat bergerak (live 3D). Kalau gambar yang diambil dari USG 3 Dimensi statis, sementara pada USG 4 Dimensi, gambar janinnya dapat bergerak. Jadi pasien dapat melihat lebih jelas dan membayangkan keadaan janin di dalam rahim.

4. USG DopplerPemeriksaan USG yang mengutamakan pengukuran aliran darah terutama aliran tali pusat. Alat ini digunakan untuk menilai keadaan/kesejahteraan janin. Penilaian kesejahteraan janin ini meliputi:Gerak napas janin (minimal 2x/10 menit).Tonus (gerak janin).Indeks cairan ketuban (normalnya 10-20 cm).Doppler arteri umbilikalis.Reaktivitas denyut jantung janin.

KELEMAHANDapat ditahan oleh kertas tipisAntara transducer (probe) dengan kulit tidak dapat kontak dengan baik (interface) sehingga bisa terjadi artefak sehingga perlu diberi jelly sebagai penghantar ultrasoundBila ada celah dan ada udara, gelombang suara akan dihamburkanKELEBIHANPasien dapat diperiksa langsung tanpa persiapan dan memberi hasil yang cepat.Bersifat non-invasive sihangga dapat dilakukan pula pada anak-anak.Aman untuk pasien dan operator karena tidak tergatung pada radiasi ionisasi.Memberi informasi dengan batas struktur organ sehingga memberi gambaran anatomi lebih besar dari informasi fungsi organ.Dapat membedakan jenis jaringan dengan melihat perbedaan interaksi dengan gel. Suara.TERIMA KASIH