Ujian Sistem Utilitas Pabrik 18 Juni 2008

2

Click here to load reader

Transcript of Ujian Sistem Utilitas Pabrik 18 Juni 2008

Page 1: Ujian Sistem Utilitas Pabrik 18 Juni 2008

Ujian : Sistem Utilitas PabrikHari/Tanggal : Selasa/ 18 Juni 2008Dosen : Syaiful BahriWaktu/sifat Ujian : 60 menit/buku tertutup

Petunjuk: Jawab 5 (lima) dari 6 (enam) soal berikut

1. Pabrik kimia adalah suatu pabrik yang dalam proses produksi suatu bahan baku menjadi produk (bahan setengah jadi atau bahan jadi) melibatkan proses kimia dan atau fisika atau gabungan keduanya. Sebutkan sebuah contoh pabrik kimia yang saudara ketahui dan apa saja yang termasuk komponen utilitas sebuah pabrik kimia tersebut.

2. Energi berdasarkan sumbernya diklasifikasikan atas energi terbarukan (renewable) dan tak terbarukan (non renewable). Apa pengertian terbarukan dan tak terbarukan tersebut. Uraikan pendapat saudara dengan contoh.

3. Turbin adalah suatu peralatan pembangkit energi (listrik). Sebutkan pembagian jenis turbin berdasarkan fluida penggeraknya. Jelaskan prinsip kerjanya.

4. Proses pembakaran suatu bahan bakar pada suatu motor bakar adalah merupakan proses pembangkit energi. Sebutkan syarat-syarat terjadinya proses pembakaran dimana energi maksimum akan dihasilkan apabila proses pembakaran terjadi dengan sempurna. Apa perbedaan pembakaran sempurna dengan pembakaran tidak sempurna, jelaskan.

5. Dewasa ini menjadi isu yang luas tentang pemanasan global (global warming issue) dan dampak-dampak yang dipercayai disebabkan oleh global warming tersebut. Uraikan pendapat saudara tentang global warming, penyebab dan dampak yang ditimbulkannya. Apa kaitan global warming dengan dengan pelestarian lingkungan?.

6. Sebutkan bagian-bagian suatu peralatan refrigerasi. Dan uraikan prinsip kerja peralatan refrigerasi tersebut.

Selamat ujian