UAS KLS XII BI

of 51/51
1. Bacalah paragraph berikut dengan cermat! Ketika mengemukakan sebab-sebabnya mengapa ia menjadi pengarang, Nh Dini di antaranya mengemukakan bahwa ia menjadi pengarang karena mendengar atau melihat sesuatu yang menggugah naluri kemanusiaan. Naluri kemanusiaan itu menyangkut hasrat akan keadilan, kesopanan dan kejujuran. Dengan menulis Nh Dini ingin menyampaikan pikiran, reaksi dan pendapatnya terhadap sesuatu, kepada orang atau masyarakat di lingkungannya. Nh Dini sendiri mengaku malas berbicara atau berkelakar atau kecuali dengan teman yang dianggapnya benar-benar dekat. Oleh karena itu, ia memilih untuk menuliskannya agar dapat berbicara pada sebanyak mungkin orang. Tema paragraph tersebut adalah…….. a.Penyebab mengapa Nh. Dini menjadi seorang penulis. b.Malas berbicara dan berkelakar merupakan kelemahan Nh Dini. c.Naluri kemanusiaan Nh. Dini yang dituangkan dalam bentuk tulisan. d.Melalui tulisan Nh. Dini banyak berbicara dengan masyarakat luas. e.Pikiran dan reaksi Nh. Dini terhadap sesuatu dicurahkan dalam tulisan.
  • date post

    03-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    359
  • download

    24

Embed Size (px)

Transcript of UAS KLS XII BI

1. Bacalah paragraph berikut dengan cermat! Ketika mengemukakan sebab-sebabnya mengapa ia menjadi pengarang, Nh Dini di antaranya mengemukakan bahwa ia menjadi pengarang karena mendengar atau melihat sesuatu yang menggugah naluri kemanusiaan. Naluri kemanusiaan itu menyangkut hasrat akan keadilan, kesopanan dan kejujuran. Dengan menulis Nh Dini ingin menyampaikan pikiran, reaksi dan pendapatnya terhadap sesuatu, kepada orang atau masyarakat di lingkungannya. Nh Dini sendiri mengaku malas berbicara atau berkelakar atau kecuali dengan teman yang dianggapnya benar-benar dekat. Oleh karena itu, ia memilih untuk menuliskannya agar dapat berbicara pada sebanyak mungkin orang. Tema paragraph tersebut adalah .. Penyebab mengapa Nh. Dini menjadi seorang penulis. Malas berbicara dan berkelakar merupakan kelemahan Nh Dini. Naluri kemanusiaan Nh. Dini yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Melalui tulisan Nh. Dini banyak berbicara dengan masyarakat luas. Pikiran dan reaksi Nh. Dini terhadap sesuatu dicurahkan dalam tulisan.

a. b. c. d. e.

2. Bacalah paragraph berikut dengan cermat! Penghematan listrik dipastikan membawa lebih banyak manfaat. Tak hanya isi kantong pengguna yang dihemat tetapi langkah ini akan mendorong mempercepat pembangunan secara keseluruhan. Kelebihan listrik akibat penghematan bisa digunakan oleh sekelompok masyarakat lain. Dengan demikian pemerataan bisa meningkat. Masyarakat yang mendapat listrik akan bertambah tingkat produktivitasnya. Gagasan utama paragraph tersebut adalah a. Hemat listrik maka hemat uang. b. Hemat listrik membawa banyak manfaat. c. Hemat listrik mempercepat pembangunan. d. Hemat listrik memeratakan tingkat kehidupan. e. Hemat listrik meningkatkan produktivitas masyarakat

3. Bacalah penggalan biografi berikut dengan cermat! S . Mahayana lahir di Cirebon, jawa Barat. Mantan ketua Komiote Sastra Dewan Kesenian Indonesia ini banyak menyunting buku. Sejak 1999, dia juga aktif mengisi pendidikan dan pelatihan sastra bagi guru bahasa dan sastra Indonesia di seluruh Indonesia. Pengajar fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia ini merampungkan pascasarjana di FIB-UI tahun 1997. Selain sebagai pengajar, dia juga menulis diberbagai media dan jurnal ilmiah. Karya-karyanya anatara nlain Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern ( 1992 ), kamus Ungkapan Bahasa Indonesia (1997), dan kesusastraan Malaysia Modern (1997). Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi autobiografi terssebut adalah .. Maman S. Mahayana merampungkan S2 di FIB-UI tahun 1997. Salah satu karya Maman S. Mahayana ada yang berupa kamus. Selain sebagai seorang pengajar Maman S. Mahayana juga seorang penulis. Saat ini Maman S. Mahayana merupakan ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Indonesia. Maman S. Mahayana melatih guru bahasa dan sastra Indonesia di seluruh Indonesia.

a. b. c. d. e.

4. Bacalah laporan berikut dengan cermat! Balai Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Mas Semarang memusnahkan 600 bibit tanaman aglonema illegal senilai lebih dari Rp. 100 juta pada hari selasa. Bibit tanaman hias itu diimpor dari Thailand tanpa dilengkapi surat izin. Tanpa kelengkapan surat Izin masuk bibit dari menteri pertanian dan tidak ada sertifikat kesehatan tanaman dari Negara asal makabibit tanaman itu disita, kata kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Mas Semarang Musyafik Fauzi. Menurut Fauzi, bibit aglonema dikirim melalui pesawat lewat kantor pos semarang untuk seseorang yang tinggla di kota tersebut. Kantor pos Semarang menyerahkan bibit tersebut ke Balai Karantina untuk diperiksa kelengkapan berkasnya. Simpuan isi laporan di atas yang tepat adalah . a. Balai Karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema karena illegal. b. Balai karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema senilai lebih dari Rp.100 juta. c. Balai karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema milik salah seorang warga Semarang. d. Balai karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema yang diserahkan pihak kantor pos. e. Balai karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema dari Thailand pada hari Selasa.

5 Bacalah laporan berikut dengan cermat! Balai Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Mas Semarang memusnahkan 600 bibit tanaman aglonema illegal senilai lebih dari Rp. 100 juta pada hari selasa. Bibit tanaman hias itu diimpor dari Thailand tanpa dilengkapi surat izin. Tanpa kelengkapan surat Izin masuk bibit dari menteri pertanian dan tidak ada sertifikat kesehatan tanaman dari Negara asal makabibit tanaman itu disita, kata kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Mas Semarang Musyafik Fauzi. Menurut Fauzi, bibit aglonema dikirim melalui pesawat lewat kantor pos semarang untuk seseorang yang tinggla di kota tersebut. Kantor pos Semarang menyerahkan bibit tersebut ke Balai Karantina untuk diperiksa kelengkapan berkasnya. Simpuan isi laporan di atas yang tepat adalah . a. Balai Karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema karena illegal. b. Balai karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema senilai lebih dari Rp.100 juta. c. Balai karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema milik salah seorang warga Semarang. d. Balai karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema yang diserahkan pihak kantor pos. e. Balai karantina Semarang memusnahkan bibit aglonema dari Thailand pada hari Selasa.

Cermatilah penggalan teks berikut! (1) Sega (nasi) Jamblang adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. (2) nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. (3) Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. (4) Alasan menggunakan daun jati karena nasi akan tahan lama dan tetap pulen. (5) Harga makanan ini relative murah dan sangat nikmat. Kalimat yang berisi opini dari penggalan teks tersebut ditandai dengan nomor (1), (2) d. (3), (5) (2), (3) e (4), (5) (3), (4)

Bacalah paragraph berikut dengan saksama! Desakan masyarakat agar Jakarta memiliki jalur khusus sepeda akan segera terjawab. Mulai awal 2010, jalur khusus sepeda di ibukota akan disediakan di sepnajang ruas anatara Lebak Bulus dan jalur Sisingamaraja, Jakarta Selatan. Persiapannya sudah dilaksanakan, termasuk bagaimana teknis penyediaan jalur sepeda ini. Meskipun berada di wilayah Jakarta Selatan namun jalur khusus sepeda ini merupakan program Pemerintah provinsi DKI Jakarta. Jika jalur khusus sepeda di Jakarta Selatan ini sukses, jalur serupa akan dibangun di kawasan lain di Jakarta. Paragraf diatas dikembangkan dengan penalaran .. Deduktif d. Deduktif-induktif Induktif e. Induktif-deduktif Analogi

Bacalah paragraph berikut dengan cermat! Saat ini hamper 130 tahun umur virus flu burung. Namun obatobatan mujarab untuk mengatasi atau mencegah serangannya belum ditemukan. Penyakit mematikan itu dating dengan isyarat demam tinggi lebih dari 38 C dan gejala influenza. Pada kasus lain, disertai diare, muntah, sakit dada, dan pendarahan hidung. Kondisi kesehatan anjlok hingga berselang maut menjemput. Kalimat Tanya yang jawabannya terdapat dalam paragaraf tersebut adalah .. Apakah tanda tanda jika seseorang tersetang virus flu burung? Siapakah yang pertama kali menemukan virus flu burung? Di manakah Negara mana saja virus ini pernah berkembang? Bagaimana upaya kita agar tidak terserang virus flu burung? Mengapa belum ditemukan obat yang bisa mengatasi virus flu burung?

Bacalah paragraph berikut dengan seksama! Saat ini bonsai tidak hanya disukai para lanjut usia, seni merawat tanaman di pot ala jepang itu disukai orang muda juga. Mereka berasal dari pehobi tanaman hias seperti adenium dan aglaonema. Inilah saatnya memopulerkan bonsai seluas-luasnya ke semua kalangan dan pelosok di tanah air. Makna istilah bonsai pada paragraph tersebut adalah . tanaman yang diawetkan d. Tanaman yang dikeringkan Tanaman yang dikerdilkan e. Tanaman yang dibudidayakan Tanaman yanag diunggulkan.

Bacalah paragraph berikut ini dengan cermat! Oki tak perlu lagi berangkat pagi sekali bersama beberapa temannya mendayung sampan ke pulu lain untuk bersekolah. Dipulau yang didiaminya sudah berdiri bangunan sekolah menengah Kejuruan. Kini mimpinya untuk memperoleh pendidikan yang tak jauh pun sudah terpenuhi. Tanggapan yang tidak logis terhadap isi paragraph di atas adalah .. Pembangunan pendidikan di daerah terpencil patut didukung oleh berbagai pihak. Mimpi setiap anak untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik harus diwujudkan. Memperoleh pendidikan merupakan hak setiap warga Negara dimanapun mereka tinggal. Pemerintah daerah tidak perlu memikirkan kemajuan pendidikan karena sudah menjadi tugas pemerintah pusat. Pendidikan dapat meningkatkan kualaitas hidup maka keberadaannya harus diprioritaskan.

Cermati grafik peminat kegiatan pengembangan diri berikut! Grafik Peminat Kegiatan Pengembangan Diri SMK Lantip Nian Tahun Pelajaran 2009/2010 Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik di atas adalah Siswa SMK Lantip Nian lebih berminat pada kegiatan paskibra daripada olahraga. Jumlah peminat pecinta alam lebih banyak daripada karya Ilmiah Siswa (KIS). Perbandingan peminat teater dengan teknologi informatika (TI) adalah 2,5:1. Bidang teknologi informatika ( TI ) kurang diminati jika dibandingkan dengan Paskibra.

Cermati penggalan surat berikut! Busana muslim yang kami buat dikerjakan dengan penuh ketelitian. Kualitas jahitannya rapi dan kuat. Bahanya pun pilihan. Jika anda membayar secara tunai maka kami beri diskon sebesar 20%. Penggalan surat diatas termasuk jenis surat .. Pesanan d. permohonan Penawaran e. pemberitahuan Pengaduan

Bacalah ilustrasi berikut dengan seksama! Maunah menjadi teladan bagi kawan-kawannya. Tutur katanya santun. Senantiasa sabar jika ia menghadapi masalah. Bertanggung jawab jika diberi tugas dan tegas jika mengambil keputusan. Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . a. cermin mata d. bercermin bangkai b. bercermin diri e. bercermin di air yang keruh c. cermin hidup

Bacalah ilustrasi berikut dengan seksama! Maunah menjadi teladan bagi kawan-kawannya. Tutur katanya santun. Senantiasa sabar jika ia menghadapi masalah. Bertanggung jawab jika diberi tugas dan tegas jika mengambil keputusan. Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . a. cermin mata d. bercermin bangkai b. bercermin diri e. bercermin di air yang keruh c. cermin hidup

Bacalah paragraf yang rumpang berikut ini dengan cermat! ..Pembangunan di segala sektor tak dapat berjalan tanpa kehadiran listrik. Sektor ekonomi tidak akan berkembang tanpa kehadiran listrik. Ekonomi yang tidak berkembang memungkinkan masyarakat tidak sejahtera. Hal-hal itulah yang menyebabkan mengapa pemerintah sampai saat ini masih terus mengejar produksi listrik. Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf diatas adalah .. Tak ada listrik tak akan ada kehidupan Tak ada listrik tak akan ada kemajuan Tak ada listrik tak akan ada perubahan Tak ada listrik tak akan ada pendidikan Tak ada listrik tak akan ada pembangunan

Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat! a. bis, supir d. pemerintah, provinsi b. provinsi, pemudik e. antarkota, antarprovinsi c. operator, supir

Perhatikan judul proposal dan jenis kegiatan berikut! Proposal Kunjungan ke Daerah Terkena Bencana Alam Jenis kegiatan 1. Pasar murah 2. Pengobatan gratis 3. Seminar tanggap bencana 4. Lomba memasak nonberas 5. Pelatihan penyelamatan diri Jenis kegiatan yang sesuai dengan judul proposal di atas ditandai dengan nomor .. a. (1) d. (4) b. (2) e. (5) c. (3)

Bacalah paragraf berikut dengan cermat! (1) Bagi beberapa daerah-daerah baru sektor pertambangan membawa angin segar. (2) Di tengah sulitnya membuka lapangan pekerjaan, sektor ini bisa menjadi jawabannya. (3) Jika muncul kesan bahwa kegiatan tambah lebih sering merusak lingkungan pandangan ini tidak seluruhnya benar. (4) Karena secara teknis dampak daripada kerusakan bisa diminimalkan. (5) Apalagi selama ini sektor pertambahan terbukti memberikan sumbangan cukup signifikan terhadap perekonomian. Kalimat tidak efektif dalam paragraf di atas ditandai dengan nomor a. (1), (2) d. (2), (4) b. (1), (3) e. (2), (5) c. (1), (4)

Bacalah paragraf berikut dengan cermat! (1) Bagi beberapa daerah-daerah baru sektor pertambangan membawa angin segar. (2) Di tengah sulitnya membuka lapangan pekerjaan, sektor ini bisa menjadi jawabannya. (3) Jika muncul kesan bahwa kegiatan tambah lebih sering merusak lingkungan pandangan ini tidak seluruhnya benar. (4) Karena secara teknis dampak daripada kerusakan bisa diminimalkan. (5) Apalagi selama ini sektor pertambahan terbukti memberikan sumbangan cukup signifikan terhadap perekonomian. Kalimat tidak efektif dalam paragraf di atas ditandai dengan nomor a. (1), (2) d. (2), (4) b. (1), (3) e. (2), (5) c. (1), (4)

Bacalah Paragraf laporan berikut dengan cermat! (1) Orang akan mengusir ular yang masuk ke dalam rumah mereka. (2) Bahkan ada juga yang menyiksanya hingga mampus. (3) Namun, bagi kolektor ular mereka rela berbagi tempat tinggal dengan binatang melata itu. (4) Garasi merupakan salah satu pilihan sebagai tempat memelihara ular. (5) Para kolektor merawat ularular ini dengan penuh kasih sayang. Kata yang berkonotasi negatif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor a. (1) d. (4) b. (2) e. (5) c. (3)

Bacalah kerangka proposal kegiatan berikut! Topik proposal : Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Kerangka Proposal 1. Latar Belakang 2. Tujuan Kegiatan 3. Sasaran Kegiatan 4. Tempat dan Waktu Kegiatan 5. .. 6. Susunan Panitia 7. Jadwal Kegiatan 8. Anggaran Kegiatan Bagian yang tepat untuk melengkapi proposal tersebut adalah . a. narasumber d. metode perolehan data b. landasan teori e. sistematika penulisan c. rumusan masalah

aporan berikut dengan cermat! (1) Orang akan mengusir ular yang masuk ke dalam rumah mereka. (2) Bahkan ada juga yang menyiksanya hingga mampus. (3) Namun, bagi kolektor ular mereka rela berbagi tempat tinggal dengan binatang melata itu. (4) Garasi merupakan salah satu pilihan sebagai tempat memelihara ular. (5) Para kolektor merawat ularular ini dengan penuh kasih sayang. Kata yang berkonotasi negatif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor a. (1) d. (4) b. (2) e. (5) c. (3)

23. Bacalah laporan berikut dengan cermat! Dari hasil pertandingan sepak bola dilaporkan bahwa tendangan stiker Bader Almotawaa yang bebas tak terkawal pada minat ke-87 membuat Indonesia takluk 1-2 (1-0) pada lanjut kualifikasi Piala Asia 2011 Group B di Stadion Kuwait Sport Club, Kuwait City, Sabtu (14/11). Indonesia unggul lebih dulu 1-0 lewat sundulan stiker Bambang Pamungkas menyambut sepak pojok bek kanan Ismed Sofyan di menit ke32. Kalimat tanya berbentuk klarifikasi berdasarkan laporan diatas adalah .. Di manakah berlangsungnya pertandingan sepak bola tersebut? Siapakah pemain Indonesia yang berhasil menjebol gawang Kuwait? Kapankah berlangsungnya pertandingan sepak bola tersebut? Dalam rangka apakah pertandingan sepak bola tersebut diselenggarakan? Benarkah Indonesia ditaklukkan Kuwait 1-2 pada pertandingan lanjut kualifikasi Piala Asia 2011?

24. Cermatilah paragraf berikut! (1) Dengan didahului santap malam, dua perancang busana Indonesia mengawali perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) pada Sabtu malam. (2) Kegiatan yang memasuki tahun kedua ini dibuka Gubernur DKI Fauzi Bowo. (3) Dukungan Gubernur DKI pada JFW ini menunjukkan niat serius pemerintah provinsi menjadikan Jakarta sebagai pusat mode. (4) yang membuat JFW tahun ini terlihat bergerak maju dibandingkan dengan kegiatan serupa tahun lalu adalah kesertaan desainer muda independen. (5) Mereka bersedia ikut mengeluarkan biaya, antara lain untuk membiayai model. Kalimat yang merupakan perbandingan dalam paragraf di atas ditandai dengan nomor a. (1) d. (4) b. (2) e. (5) c. (3)

. Cermati kalimat rumpang berikut! Lestari itu penuh .ia mudah marah dan mudah pula untuk tersinggung. Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat yang dirumpangkan tersebut adalah .. a. watak d. perangai b. tabiat e. temperamen c. karakter

(2) Proses pembuatan CD pembelajaran interaktif 29. Bacalah ilustrasi berikut dengan cermat ! Dalam rangka menyadarkan pengendara mobil tentang penggunaan sabuk pengaman, pihak kepolisian akan memasang poster-poster tentang pentingnya penggunaan sabuk pengaman. Kalimat poster yang tidak tepat dengan ilustrasi di atas adalah .. Hiasi mobil anda dengan sabuk pengaman! Pakai sabuk pengaman membuat aman! Sabuk pengaman bukan hiasan. Gunakan! Jika ingin selamat, gunakan sabuk pengaman! Lindungi diri anda dengan mengenakan sabuk pengaman! (2) Proses pembuatan CD pembelajaran interaktif (3) Bahan dan program yang dibutuhkan (4) Pengertian CD pembelajaran interaktif (5) Pemasaran hasil pembuatan Urutan secara deduktif dari topik di atas adalah .. a. (4), (2), (3), (1), (5) d. b. (4), (3), (2), (5), (1) d. c. (4), (1), (3), (2), (5)

(4), (2), (3), (5), (1) (4), (3), (1), (2), (5)

27. Cermati kerangka karangan berikut : Pikiran utama : Wisata ke Candi Borobudur Pikiran penjelas : (1) Lokasi Candi Borobudur (2) Taman-taman di sekitar candi (3) Gambaran tentang bangunan candi (4) Jumlah peserta wisata (5) Kios-kios penjual souvenir di sekitar candi Pikiran penjelas yang tidak sesuai dengan pikiran utama tersebut ditandai dengan nomor(3) Bahan dan program yang dibutuhkan (4) Pengertian CD pembelajaran interaktif (5) Pemasaran hasil pembuatan Urutan secara deduktif dari topik di atas adalah .. a. (4), (2), (3), (1), (5) d. (4), (2), (3), (5), (1) b. (4), (3), (2), (5), (1) d. (4), (3), (1), (2), (5) c. (4), (1), (3), (2), (5) 27. Cermati kerangka karangan berikut : Pikiran utama : Wisata ke Candi Borobudur Pikiran penjelas : (1) Lokasi Candi Borobudur (2) Taman-taman di sekitar candi (3) Gambaran tentang bangunan candi (4) Jumlah peserta wisata (5) Kios-kios penjual souvenir di sekitar candi Pikiran penjelas yang tidak sesuai dengan pikiran utama tersebut ditandai dengan nomor

30. Bacalah ilustrasi berikut ! Jenis rapat : Rapat rutin OSIS Topik pembicaraan : Persiapan LDKS Tempat : Sekretariat OSIS Hari/Tanggal : Jum at, 27 Februari 2009 Simpulan : Kalimat notula rapat yang berupa saran adalah . Ada beberapa jadwal pelaksanaan LDKS Anggota keberatan jika perubahan jadwal tidak disosialisasikan Anggota menanyakan alasan perubahan jadwal pelaksanaan LDKS Penyebab perubahan jadwal pelaksanaan LDKS karena faktor cuaca Perubahan jadwal pelaksanaan LDKS agar diinformasikan kepada seluruh peserta

30. Bacalah ilustrasi berikut ! Jenis rapat : Rapat rutin OSIS Topik pembicaraan : Persiapan LDKS Tempat : Sekretariat OSIS Hari/Tanggal : Jum at, 27 Februari 2009 Simpulan : Kalimat notula rapat yang berupa saran adalah . Ada beberapa jadwal pelaksanaan LDKS Anggota keberatan jika perubahan jadwal tidak disosialisasikan Anggota menanyakan alasan perubahan jadwal pelaksanaan LDKS Penyebab perubahan jadwal pelaksanaan LDKS karena faktor cuaca Perubahan jadwal pelaksanaan LDKS agar diinformasikan kepada seluruh peserta

Kalimat poster yang tidak tepat dengan ilustrasi di atas adalah .. Hiasi mobil anda dengan sabuk pengaman! Pakai sabuk pengaman membuat aman! Sabuk pengaman bukan hiasan. Gunakan! Jika ingin selamat, gunakan sabuk pengaman! Lindungi diri anda dengan mengenakan sabuk pengaman! 30. Bacalah ilustrasi berikut ! Jenis rapat : Rapat rutin OSIS Topik pembicaraan : Persiapan LDKS Tempat : Sekretariat OSIS Hari/Tanggal : Jum at, 27 Februari 2009 Simpulan : Kalimat notula rapat yang berupa saran adalah . Ada beberapa jadwal pelaksanaan LDKS Anggota keberatan jika perubahan jadwal tidak disosialisasikan Anggota menanyakan alasan perubahan jadwal pelaksanaan LDKS Penyebab perubahan jadwal pelaksanaan LDKS karena faktor cuaca Perubahan jadwal pelaksanaan LDKS agar diinformasikan kepada seluruh peserta

31. Bacalah penggalan surat permohonan izin berikut ! Pada hari ini, Senin 8 Maret 2009, saya tidak dapat hadir ke sekolah karena akan menyerahkan laporan hasil praktik kerja industri ke perusahaan. Untuk itu, saya mohon izin pada Bapak/Ibu Guru agar dapat meninggalkan sekolah. Kalimat yang tepat untuk menutup surat permohonan izin tersebut adalah Demikian permohonan kami, terima kasih Saya ucapkan banyak terima kasih atas izinnya Atas terkabulnya permohonan ini, saya ucapkan terima kasih Atas perhatian Bapak/Ibu Guru, saya mengucapkan terima kasih Demikian permohonan yang dapat saya sampaikan, untuk itu terima kasih

32. Bacalah penggalan surat kuasa berikut dengan cermat! SURAT KUASA Dengan surat ini saya memberikan kuasa kepada : Nama : Rizanti Alamsyah Pekerjaan : Karyawan Pabrik Konfeksi Alamat : Jln. Modiagung No. 57 Cirebon Untuk : Mengambil uang sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) Bank : BTA Cabang Krucuk No. Rekening : 1504623101 Atas nama : Rama Alamsyah .. Kalimat penutup untuk melengkapi bagian yang rumpang pada surat kuasa tersebut adalah .. Demikian, bagi pihak-pihak yang bersangkutan harap maklum adanya Demikian, surat kuasa ini saya buat dengan sebenarnya, harap maklum Surat kuasa ini kami buat dengan benar agar menjadi maklum adanya Kami berharap agar surat kuasa ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya

33. Bacalah penggalan kata pengantar berikut dengan cermat! Penulis memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah yang telah melimpahkan kemudahan dan kesehatan sehingga penyusunan laporan basil ujian praktik produktif ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberi dorongan dan bantuan sehingga laporan basil ujian praktik produktif ini dapat terwujud. Inti penggalan kata pengantar tersebut adalah . ... a. Ucapan syukur dan terima kasih. b. Dasar pemikiran penulisan laporan. c. Dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. d. Pemberitahuan telah terselesaikannya laporan. e. Limpahan kemudahan dan kesehatan dad Allah.

33. Bacalah penggalan kata pengantar berikut dengan cermat! Penulis memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah yang telah melimpahkan kemudahan dan kesehatan sehingga penyusunan laporan basil ujian praktik produktif ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberi dorongan dan bantuan sehingga laporan basil ujian praktik produktif ini dapat terwujud. Inti penggalan kata pengantar tersebut adalah . ... a. Ucapan syukur dan terima kasih. b. Dasar pemikiran penulisan laporan. c. Dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. d. Pemberitahuan telah terselesaikannya laporan. e. Limpahan kemudahan dan kesehatan dad Allah.

36. Bacalah ilustrasi berikut! Pada hari ini, Sabtu 8 Maret 2009, kedua belah pihak sepakat mengadakan jual beli tanah di Karangpucung, Muntilan seluas 800 m2 dengan sertifikat nomor B 190909 dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Pihak pertama menjual tanah tersebut kepada pihak kedua dengan harga Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per meter persegi, tidak termasuk bangunan semi permanen di atasnya. 2. Semua biaya jual beli tariah ditanggung oleh kedua pihak sama besar (50%:50%). 3. Pihak pertama menyerahkan hak pengelolaan tanah tersebut kepada pihak kedua setelah lunas. 4. Dalam waktu satu bulan sejak pelunasan, pihak pertama hams telah membongkar seluruh bangunan semi permanen yang tidak menjadi objek jual beli. 5. Jika dalam waktu tersebut pihak pertama tidak melakukan pembongkaran, pihak kedua berhak sepenuhnya atas bangunan semi permanen tersebut. Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi penggalan surat perjanjian tersebut adalah ... a. Semua biaya, jual beli ditanggung oleh kedua belah pihak. b. Harga keseluruhan tanah tersebut adalah Rp160.000.000,00 c. Pembeli harus mengeluarkan uang lebih dari Rp160.000.000,00. d. Penjual akan menerima uang penjualan bersih sebesar Rp160 juta. E. Pihak pertama akan kehilangan bangunan semi permanen jika ia, tidak membongkarnya dalam satu bulan setelah pelunasan. 37. Cermati penggalan surat keluarga berikut! ..

Cermati penggalan surat keluarga berikut! .. Ananda sudah sampai di Bandung dengan selamat. Selama dalam perjalanan tidak ads, halangan apapun. .. Penggalan surat keluarga tersebut adalah bagian .... a. isi d. pembuka b. penutup e. pendahuluan c. harapan

Cermati penggalan surat keluarga berikut! .. Ananda sudah sampai di Bandung dengan selamat. Selama dalam perjalanan tidak ads, halangan apapun. .. Penggalan surat keluarga tersebut adalah bagian .... a. isi d. pembuka b. penutup e. pendahuluan c. harapan

Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan di atas yang tepat adalah.... a. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih. b. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih banyak. c. Banyak terima kasih says. sampaikan kepada Bapak atas keluhurannya. d. Atas kepedulian Bapak membaca lamaran ini saya, ucapkan banyak terima kasih. e. Atas perhatiannya Bapak terhadap surat lamaran ini saya ucapkan terima kasih. 39. Bacalah paragraf berikut dengan cermat! Kesenian daerah di tanah air kita banyak sekali ragamnya karena hampir setiap daerah memilikinya . . . , dalam laporan ini penulis hanya menguraikan tentang kesenian Jatilan yang digemari masyarakat Muntilan, Jawa Tengah. Kata penghubung yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah .... a. Jadi d. Selain itu b. Namun e. Selanjutnya

Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan di atas yang tepat adalah.... a. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih. b. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih banyak. c. Banyak terima kasih says. sampaikan kepada Bapak atas keluhurannya. d. Atas kepedulian Bapak membaca lamaran ini saya, ucapkan banyak terima kasih. e. Atas perhatiannya Bapak terhadap surat lamaran ini saya ucapkan terima kasih. 39. Bacalah paragraf berikut dengan cermat! Kesenian daerah di tanah air kita banyak sekali ragamnya karena hampir setiap daerah memilikinya . . . , dalam laporan ini penulis hanya menguraikan tentang kesenian Jatilan yang digemari masyarakat Muntilan, Jawa Tengah. Kata penghubung yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah .... a. Jadi d. Selain itu b. Namun e. Selanjutnya

39. Bacalah paragraf berikut dengan cermat! Kesenian daerah di tanah air kita banyak sekali ragamnya karena hampir setiap daerah memilikinya . . . , dalam laporan ini penulis hanya menguraikan tentang kesenian Jatilan yang digemari masyarakat Muntilan, Jawa Tengah. Kata penghubung yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah .... a. Jadi d. Selain itu b. Namun e. Selanjutnya

a. Jadi b. Namun

d. Selain itu e. Selanjutnya

40. Cermati data publikasi berikut! Judul buku : Khadijah The Rue Love Story of Muhammad Penulis: Abdul Mun'im Muhammad-Umar Penerbit/kota : Pena Pundi Aksara/Jakarta Tahun/halaman : 2008/21 Penulisan catatan kaki yang sesuai dengan data publikasi tersebut adalah ... a. Umar, Abdul Mun'im Muhammad. 2008. Khadijah The True Love Story of Muhammad. Jakarta: Pena Pundi Aksara. hlm,. 21. b. Umar, Abdul Mun'im Muhammad, Khadijah The True Love Story of Muhammad, (Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2008), hlm. 21. c. Abdul Mun'im Muhammad Umar, Khadijah The True Love Story of Muhammad, (Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2008), hlm. 21. d. Abdul Mun'im Muhammad Umar, Khadijah The True Love Story of Muhammad, (Pena Pundi Aksara: Jakarta, 2008), hlm 21. e. Umar, Abdul Mun'im Muhammad, Khadijah Thee True Love Story of Muhammad, (: Pena Pundi Aksara: Jakarta, 2008), hlm. 21.

41. Cermatilah penggalan lirik lagu berikut! Tinggi Gunung Seribu Janji Memang lidah tak bertulang Tak terbatas kata-kata Tinggi gunung seribu janji Lain di bibir lain di hati Makna ungkapan lidah tak bertulang pada lirik lagu tersebut adalah .... a. mudah berbicara untuk menyatakan isi hati b. mudah membujuk untuk meyakinkan orang c. mudah merayu untuk mengambil hati seseorang d. mudah berbicara. namun sering pula terbata-bata e. mudah berjanji tetapi mudah pula mengingkari

Tak terbatas kata-kata Tinggi gunung seribu janji Lain di bibir lain di hati Makna ungkapan lidah tak bertulang pada lirik lagu tersebut adalah .... a. mudah berbicara untuk menyatakan isi hati b. mudah membujuk untuk meyakinkan orang c. mudah merayu untuk mengambil hati seseorang d. mudah berbicara. namun sering pula terbata-bata e. mudah berjanji tetapi mudah pula mengingkari 42. Cermatilah ilustrasi berikut! Dama, sejak SD sudah aktif dalam kegiatan berorganisasi. Dari mulai pengurus kelas sampai menjadi pratami pramuka dan ketua OSIS sudah dijalaninya. Kini setelah menjadi mahasiswa pun, dia tetap aktif beorganisasi. Prestasi belajarnya juga tidak diragukan lagi. Peringkat tertinggi senantiasa diraihnya. Penguasaan bahasa Inggrisnya pun patut diacungi jempol. Namun, sangat disayangkan ia sangat ketus jika ditanya. Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah .... a. Jauh panggang dari api. d. Besar kapal besar pula gelombangnya. b. Air tenang menghanyutkan. e. Bunga yang harum itu ada juga durinya c. Seperti katak dalam tempurung

43.

Cermati penggalan puisi berikut! Sebuah Penantian Karya: Septian

Sentuhlah aku Saat aku berlumur dosa Agar aku tidak pernah lupa Bahwa itu semua hanyalah fana Aku bersujud di pintu-Mu Mengharap segala rahmat-Mu Tema penggalan puisi di atas adalah permohonan .... a. ampun d. kebahagiaan b. karunia e. keselamatan c. kebaikan 44. Cermati penggalan puisi berikut! Oktober Karya: Mardi Luhung Ketika kau tertidur napas halusmu melayang menebus jalusi. Dan napasku yang tergopoh pun menyusulnya. Agar dapat menjaganya sampai nanti kau terbangun .... Puisi tersebut menggunakan majas .... a. metafora d. paradoks b. tautologi e. personifikasi c. simbolik

44. Cermati penggalan puisi berikut! Oktober Karya: Mardi Luhung Ketika kau tertidur napas halusmu melayang menebus jalusi. Dan napasku yang tergopoh pun menyusulnya. Agar dapat menjaganya sampai nanti kau terbangun .... Puisi tersebut menggunakan majas .... a. metafora d. paradoks b. tautologi e. personifikasi c. simbolik

45. Bacalah penggalan novel berikut! Menjelang maghrib bus Trans Nasional memasuki kota Kuala Lumpur. Zul menikmati pemandangan senja di Kuala Lumpur dengan saksama. Jalan tol yang lebar dan melingkar. Gedung-gedung tinggi. Hutan kota yang masih terjaga. Ia harus mengakui, Kuala Lumpur jauh lebih rapi dari Jakarta. Ia mencari-cari gedung yang menjadi simbol Kuala Lumpur. Ia melongoklongok, mencari-cari Menara Kembar. la, tidak melihatnya. Mahkota Cinta karya Habiburrahman El Shirazy Latar tempat penggalan novel di atas adalah .... a. saat senja di Kuala Lumpur b. hutan kota di Kuala Lumpur c. di jalan tol yang lebar dan melingkar d. gedung-gedung tinggi di Kuala Lumpur e. menjelang maghrib di bus Trans Nasional

46. Bacalah naskah drama berikut! Dama : (Terisak) Ibu, Mayang pindah dari indekosan. Ibu : Pindah? (terkejut). Kenapa pindah? Ada masalah dengan dirimu? Dama : Aku tidak tahu kenapa pindah dan tidak ada masalah denganku. Ibu : Kapan dia pindah? Damn : Mungkin saat aku kuliah karena saat pulang kamarnya sudah kosong. Ibu : Ke mana dia pindah? Dama : .... Ibu : Lantas kenapa kamu menangis? Dama : Sedih dan kecewa, karena dia pindah tidak memberi tahu dan tidak pamit. Padahal dia yang mengajakku untuk indekos di rumah ini. Kalimat dialog yang tepat untuk mengisi bagian yang dirumpangkan adalah... a. Tidak tahu. b. Ke asrama putri. c. Ke rumah saudaranya. d. Ke tempat yang dekat dengan kampus. e. Ke indekosan teman kuliah yang satu fakultas.

47. Bacalah penggalan novel berikut! Atas dasar semua bukti yang ada dan pengakuan Noura, akhirnya man tidak mau Dewan Hakim memutuskan diriku tidak bersalah dan bebas dari dakwaan apa pun. Takbir dan hamdalah bergemuruh di ruang pengadilan itu dilantunkan oleh semua orang yang membela dan bersimpati padaku. Seketika aku sujud syukur kepada Allah Swt Aisha memelukku dengan tangis bahagia tiada terkira. Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy Jenis tahapan alur penggalan novel tersebut adalah .. a. pengenalan situasi cerita b. pengungkapan peristiwa c. menuju terjadinya konflik d. puncak konflik (klimaks) e. penyelesaian (ending)

48. Cermati paragraf berikut ! (1) Usai ujian sidang, aku pulang sendirian ke apartemenku di La Rue Hector Mallot. (2) Tak naik kereta underground metro seperti biasa. (3) Aku sengaja jalan kaki memutar. (4) Musim salju di pelupuk mata. (5) Tanaman meranggas, mengalah pada dingin yang keji. (6) Aku melewati Boulevard de la Bastille. Maryamah Karpov karya Andrea Hirata Kalimat yang menggunakan bahasa indah dalam paragraf di atas ditandai dengan nomor . a. (1), (2) d. (4), (5) b. (3), (3) e. (5), (6)

50. Bacalah penggalan novel berikut! Sejak pagi had orang telah sibuk menyiapkan tempat untuk resepsi pengangkatan Ayahanda. Penari-penari tercantik dan terbaik dari seluruh kabupaten kabarnya telah disewa untuk keperluan itu. Ayahanda telah mendatangkan gamelan terbaik dari perunggu tulen dari kota T., gamelan Nenenda, yang selalu terbungkus beledu merah bila tak ditabuh. Setiap tahun bukan hanya dilaras kembali, juga dimandikan dengan air bunga. Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer Unsur ekstrinsik penggalan novel di atas adalah .... a. moral d. estetika b. agama e. pendidikan c. budaya

25. Cermati kalimat rumpang berikut! Lestari itu penuh .ia mudah marah dan mudah pula untuk tersinggung. Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat yang dirumpangkan tersebut adalah .. a. watak d. perangai b. tabiat e. temperamen c. karakter 26. Bacalah urutan topik berikut ini dengan cermat! (1) Tindak lanjut (2) Proses pembuatan CD pembelajaran interaktif

(2) Proses pembuatan CD pembelajaran interaktif (3) Bahan dan program yang dibutuhkan (4) Pengertian CD pembelajaran interaktif (5) Pemasaran hasil pembuatan Urutan secara deduktif dari topik di atas adalah .. a. (4), (2), (3), (1), (5) d. (4), (2), (3), (5), (1) b. (4), (3), (2), (5), (1) d. (4), (3), (1), (2), (5) c. (4), (1), (3), (2), (5) 27. Cermati kerangka karangan berikut : Pikiran utama : Wisata ke Candi Borobudur Pikiran penjelas : (1) Lokasi Candi Borobudur (2) Taman-taman di sekitar candi (3) Gambaran tentang bangunan candi (4) Jumlah peserta wisata (5) Kios-kios penjual souvenir di sekitar candi Pikiran penjelas yang tidak sesuai dengan pikiran utama tersebut ditandai dengan nomor