Tutorial VB 6.0

download Tutorial VB 6.0

of 35

  • date post

    03-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    107
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Tutorial VB 6.0

  • Visual Basic 6.0 Page 1 of 34

    Visual Basic 6.0

    9 Mengenal lingkungan kerja Visual Basic 6.0 9 Dasar-dasar pemrograman Visual Basic 6.0 9 Menggunakan control-control dalam Visual Basic 6.0 9 Bekerja dengan beberapa form 9 Operasi File 9 Membuat User Control

  • Visual Basic 6.0 Page 2 of 34

    Bab 1 Pengenalan Visual Basic 6

    Visual Basic 6 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang banyak diminati oleh orang. Di sini Visual Basic 6 menawarkan kemudahan dalam pembuatan aplikasi dan dapat menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan. Untuk memulai Visual Basic 6 anda perlu menginstall Visual Basic 6.0. Program ini biasanya dalam satu paket dengan Visual Studio 6.0.

    Dengan menggunakan Visual Basic 6 kita bisa menghasilkan berbagai macam jenis program. Dari aplikasi yang mengintegrasikan database, jaringan, office automation, dan web application. Di sini kita akan membahasa dasar-dasar pemrograman Visual Basic dengan sedikit tentang database.

    Pada layar awal akan muncul tampilan seperti di atas. Visual Basic menyediakan banyak jenis modul aplikasi. Untuk memulai program standar pilihlah Standard EXE, kemudian klik pada tombol Open. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini. Sekarang kita akan mengenal bagian-bagian dari IDE ( Integrated Development Environment ) yang kita gunakan.

  • Visual Basic 6.0 Page 3 of 34

    Form Designer Pada form design ini adalah tempat kita merancang user interface ( antar muka pemakai ). Untuk menampilkan layar ini dapat mengklik pada tombol Design View atau dengan menekan tombol Shift + F7. Sedangkan untuk ke layar coding dapat menekan tombol F7. Menu Toolbar Menu standar pada Windows, dapat digunakan untuk membuka project, menyimpan project, menjalankan project, dan sebagainya. Toolbox Di sinilah tempat komponen-komponen yang disediakan untuk merancang user interface. Masing-masing komponen memiliki cirri dan kegunaan masing-masing. Komponen kita gunakan sesuai kebutuhan kita. Project Explorer Di sini adalah struktur project yang sedang kita kerjakan. Suatu project dapat terdiri dari beberapa form. Properties Pada kolom ini menampilkan Properties dari komponen yang sedang aktif. Property adalah data-data atau karakteristik yang dimiliki oleh suatu objek komponen.

  • Visual Basic 6.0 Page 4 of 34

    Sekarang kita akan membuat program sederhana.

    Pilihlah Label pada Toolbox yang menggunakan simbol . Kemudian drag ke form design. Kemudian pada kolom Properties ubah property Caption untuk mengubah teks yang tertulis pada layar. Berikut ini adalah property yang kita setting : Nama Property Value Keterangan (Name) lblJudul Nama dari objek Alignment 2 Center Untuk mengatur agar teks rata tengah Caption Welcome Untuk mengatur teks yang terlihat pada

    layar Font Pilih jenis tulisan Untuk mengatur jenis tulisan, ukuran dan

    sebagainya. Rancanglah form anda menjadi seperti berikut ini. Komponen yang akan kita gunakan adalah Label, TextBox, dan Command.

  • Visual Basic 6.0 Page 5 of 34

    Namailah tiap-tiap komponen seperti di atas. cmdTampil Nama Property Value Keterangan Caption &Tampil Mengatur teks pada tombol.

    cmdReset Nama Property Value Keterangan Caption &Reset Mengatur teks pada tombol.

    cmdExit Nama Property Value Keterangan Caption E&xit Mengatur teks pada tombol.

    txtNama Nama Property Value Keterangan Text Mengosongkan teks pada textbox

    Tanda & pada Caption Command menyatakan Mnemonic untuk tombol tersebut. &Tampil akan menghasilkan pada tombol teks di mana huruf T nya bergaris bawah. Penekanan tombol pada tombol ini dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + T. Demikian pula dengan yang lainnya. Pemrograman pada Visual Basic menggunakan konsep event-driven, di mana suatu prosedur dijalankan pada saat terjadi suatu kejadian tertentu. Misalkan kita ingin membuat pada saat tombol Exit diklik maka langsung keluar dari program. Caranya, kliklah dua kali pada tombol Exit dan akan membawa anda ke layar coding.

  • Visual Basic 6.0 Page 6 of 34

    Pada bagian di atas menyatakan bahwa pada saat cmdExit di click maka akan langsung keluar dari program. Untuk menjalankan aplikasinya anda dapat menekan tombol F5 untuk run. Kemudian kita akan membuat coding untuk tombol Reset dan Tampilnya. Untuk tombol Reset kita akan membuat pada saat tombol Reset ditekan maka txtNama akan dikosongkan. Perintah untuk mengosongkannya adalah dengan memberi nilai pada Text nya dengan string kosong. Pada VB 6 anda dibantu untuk tidak perlu mengingat semua property yang ada, karena pada saat anda mengakses suatu objek maka akan dimunculkan propertynya.

    Buatlah coding untuk ketiga tombol di atas.

  • Visual Basic 6.0 Page 7 of 34

    Pada cmdTampil diklik kita masukkan coding dengan menggunakan MsgBox, di mana akan menampilkan sebuah kotak dialog pesan. Kita kembali ke form design ( tekan Shift + F7 ). Kemudian kita bisa merancang tampilan dari program dengan mengatur property dari form yang ada. Rancanglah user interface dengan mengganti warna background dan warna teks, jenis teks dan sebagainya. Form Nama Property Value Keterangan BackColor Warna lain Mengatur warna background dari form

    Label Nama Property Value Keterangan BackStyle 0 Transparent Agar label bersifat transparan dan warna

    backgroundnya mengikuti warna form.

    Command Nama Property Value Keterangan BackColor Warna lain Mengatur warna background untuk ketiga tombol yang

    ada Style 1 Graphical Untuk memberikan mode Graphical pada button,

    sehingga dapat menampilkan warna dan gambar.

    Variabel Variabel digunakan untuk menampung nilai sementara di memori. Cara mendeklarasi variabel adalah sebagai berikut: Kemudian variabel dapat digunakan untuk menampung nilai.

    Dim [nama variabel] As [tipe data]

    Dim I As Integer I = 50

  • Visual Basic 6.0 Page 8 of 34

    Tipe Data Tipe data memiliki ciri-ciri tersendiri, ada yang bersifat numeric, karakter, dan sebagainya. Masing-masing memiliki batas-batas nilai yang beraneka ragam. Berikut ini adalah tabel daftar tipe data yang ada dalam Visual Basic 6.0 Nama Tipe Data Ukuran (byte) Keterangan

  • Visual Basic 6.0 Page 9 of 34

    Bab 2 Control Flow

    Pada bab ini akan mempelajari tentang control flow yaitu struktur pemilihan dan perulangan.

    Rancanglah terlebih dahulu form di atas. Kita akan membuat program sederhana untuk menghitung nilai akhir. Nilai yang diketahui adalah TM, Mid dan Final. Rumus penilaiannya kita asumsikan sebagai berikut ini. Nilai Akhir = 10% TM + 40 % Mid + 50% Final Pada saat tombol hitung ditekan, akan muncul Nilai Akhirnya dan Grade yang ditentukan sebagai berikut Nilai Akhir Grade 85-100 A 75-84 B 65-74 C Sisanya D

  • Visual Basic 6.0 Page 10 of 34

    Struktur Pemilihan Lanjutkanlah program di atas sehingga pada saat tombol Hitung ditekan, program akan mengecek ketiga textbox tersebut tidak boleh kosong. Jika kosong tampilkan pesan agar user mengisi semua nilai. Jika semua diisi baru hitung nilai akhir dan munculkan gradenya. Struktur lain dari pemilihan adalah menggunakan struktur select case. Cobalah tampilkan grade berdasarkan nilai akhir dengan menggunakan struktur Select Case. Struktur Perulangan

    If kondisi Then . .

    End If

    If kondisi Then . .

    Else . .

    End If

    If kondisi Then . .

    ElseIf kondisi Then . .

    End If

    Select Case Case 0

    .. Case 1,3

    .. Case 5 to 10 .. Case Is > 10 .. Case Else ..

    End Select

    Dim i As Integer For i = 1 to 10 STEP 1 .. Next

  • Visual Basic 6.0 Page 11 of 34

    Perintah di atas akan melakukan perulangan sebanyak 10 kali. Pada perintah perulangan di atas STEP bersifat optional dan dapat dihilangkan. Step menunjukkan pertambahan yang dilakukan di mana defaultnya adalah 1. Untuk nilai dari besar ke kecil gunakan nilai step yang negatif. Rancanglah pada layar seperti berikut ini.

    Buatlah program untuk memilih tanggal, bulan, dan tahun. Masing-masing bulan berbeda jumlah harinya, dan cek juga untuk tahun kabisat. Method AddItem Untuk menambahkan item RemoveItem Untuk meghapus item pada index tertentu Clear Untuk menghapus semua item

    Property ListCount Mendapatkan jumlah item ListIndex Mendapatkan index item yang terpilih. Jika tidak ada yang

    terpilih nilainya adalah -1.

    Dim i As Integer For i = 1 to 10 .. Next

    Dim i As Integer For i = 10 to 1 STEP -1 .. Next

  • Visual Basic 6.0 Page 12 of 34

    Struktur perulangan lainnya adalah sebagai berikut Struktur perulangan bermacam-macam dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.

    i = 0 Do i = i + 1 Loop Until i = 10

    i = 0 Do i = i + 1 Loop While i

  • Visual Basic 6.0 Page 13 of 34

    Bab 3 Sub dan Function

    Dalam pemrograman kita dapat memecah perintah-perintah program dalam prosedur dan fungsi tertentu. Hal ini memudahkan dalam pemrograman karena lebih terstruktur, dan prosedur-prosedur yang ada dapat dipakai berulang kali, memudahkan untuk maintenance program, lebih mudah untuk mengidentifikasi bug.

    Rancanglah form di atas terlebih dahulu. Kita akan membuat sub untuk inisialisasi nilai-nilai pada Listbox. Method dan property pada ListBox hampir sama. Fungsi untuk menambah atau mengurangi item masih sama.

    Kita dapat membuat Sub sendiri. Di sini kita beri nama Inisialisasi. Pada saat Form Load kita dapat langsung memanggil Sub tersebut dan isi sub tersebut langsung dieksekusi.

  • Vi