Tutorial Free Domain & Webhost

download Tutorial Free Domain & Webhost

of 22

  • date post

    15-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    2

Embed Size (px)

description

Tutorial Free Domain & Webhost

Transcript of Tutorial Free Domain & Webhost

Tutorial Membuat Website Gratis

Membuat Website Gratis

Dalam membuat website ada 2 komponen yang harus dipersiapkan yaitu domain dan web hosting. Domain adalah nama dan alamat dari sebuah website contohnya nama domain.cu.cc dan Web Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website pada server yang terhubung dengan jaringan internet. Saat ini banyak sekali perusahaan di indonesia maupun di luar negeri yang bergerak di bidang jasa pendaftaran domain dan penyediaan paket web hosting. Dengan tingkat persaingan yang ketat saat ini, sampai-sampai ada beberapa perusahaan domain dan hosting yang memberikan layanannya secara gratis dan Anda dapat memanfaat hal tersebut untuk membuat website Anda dengan biaya hampir nol, sebab biaya normal untuk pembelian domain kira-kira Rp.80.000,- per tahun dan untuk web hosting kira-kira Rp. 360.000,- pertahun untuk paket pemula. Bila Anda membuat website untuk kepentingan personal atau bisnis kecil, Anda bisa mengambil domain dan web hosting gratis dan bila Anda membuat website untuk kepentingan bisnis besar, tentunya sebaiknya Anda menggunakan domain dan web hosting yang berbayar, hal ini dikarenakan dengan kebutuhan spesifikasi web hosting yang diberikan untuk menunjang kebutuhan website Anda. Dan setelah Anda mempersiapkan domain dan hosting, langkah selanjutnya Anda baru membuat website. Website Anda tersebut dapat Anda buat dengan menggunakan website builder yang disediakan oleh perusahaan tempat Anda membeli web hosting atau bisa juga menggunakan fasilitas fantastico pada cpanel web hosting untuk menginstall software seperti blog wordpress, CMS, forum phpbb dan lain-lainnya, dan selain itu Anda juga bisa membuat website sendiri baik melalui template atau membuatnya dari dasar dengan menggunakan software seperti FrontPage, Dreamweaver atau software lainnya. Ada banyak cara, dan pada tutorial yang saya tuliskan kali ini, Anda dapat mempelajari membuat website dengan website builder yang disediakan oleh penyedia web hosting dan juga menggunakan domain dan web hosting yang gratis. Silahkan Anda mencobanya, dengan mencobanya Anda akan belajar banyak. Mari kita mulai.dengan membuat domain gratis.

Langkah-langkah mendaftar domain gratis

1. Buka http://www.registry.cu.cc/ melalui browser anda

Lalu masukkan nama domain yang anda inginkan lalu klik Check Availabillty untuk mengetahui apakah nama yang anda masukkan masih tersedia untuk digunakan atau tidak.

2. Bila nama domain yang anda masukkan tersedia akan muncul tampilan berikut :

Beri centang lalu klik Add to Chart.3. Akan muncul tampilan selanjutnya :

Klik Checkout untuk memproses domain yang sudah kita tambahkan ke dalam chart.

4. Sebelum domain diproses anda akan muncul permintaan register terlebih dahulu :

Setelah mengisi informasi register dengan data yang valid, maka klik Create Account. Proses pembuatan domain gratis selesai.Langkah-langkah mendaftar web hosting gratis

1. Buka http://www.000webhost.com/ melalui browser anda, dan akan muncul tampilan berikut :

Kemudian klik Sign Up! untuk memulai.

2. Pada tampilan berikutnya, anda isikan nama domain milik anda belajardomaingratis.cu.cc.

kemudian isikan data-data registrasi dengan lengkap & benar, lalu check list I agree to Terms Of Service, dan klik Create My Account.3. Selanjutnya anda perlu melakukan konfirmasi pada email yang anda daftarkan, cek melalui inbox email anda.

4. Pada inbox email anda klik link konfirmasi yang diterima dari 000webhost.com perihal pembuatan web hosting gratis tersebut.

5. Setelah anda mengklik link konfirmasi tersebut, anda akan masuk kembali ke 000webhost

Pembuatan webhost sedang diproses, kemudian klik Refresh Status untuk mengetahui status domain anda apakah sudah terhubung pada webhost.

6. Setelah status proses building selesai maka akan muncul tampilan:

Selanjutnya klik icon Go to CPanel.

7. Maka akan muncul halaman dengan notifikasi:

Pada hal ini anda harus mendaftarkan nameservers yang tertera pada notifikasi diatas (digaris bawahi) ke account domain anda.8. Dengan cara login kembali pada website http://www.registry.cu.cc/

Klik menu My Account.

9. Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut, klik Registered Domain: 1

10. Masuk pada tampilan setting domain klik icon seperti gambar dibawah:

11. Ini adalah tampilan setup nama server pada domain anda, isikan 2 nameservers yang tertera pada langkah no.7

Setelah anda memasukan nameserver klik Update.

12. Proses pendaftaran dan menghubungkan domain dan hosting gratis sudah selesai. Anda bisa menunggu sampai proses penyebaran DNS selesai, proses ini bisa cepat dan bisa lambat sampai dengan 2x24jam. Bila proses penyebaran DNS sudah selesai Anda bisa mengeceknya dengan mengetikkan nama domain Anda pada browser. Selanjutnya Anda bisa menggunakan website Builder yang sudah disediakan oleh web hosting tersebut untuk membuat website Anda, atau menggunakan fasilitas fantastico (site software) atau membuat website sendiri dari template atau membangun dari dasar menggunakan software FrontPage, Dreamweaver dan lain-lainnya.

Langkah-langkah mengupload file di free web hosting

1. Masuk ke web http://www.000webhost.com/ lalu pilih/klik Member Area

2. Login terlebih dahulu mengunakan account yang anda miliki

3. Klik Go to CPanel

4. Lalu klik File Manager

5. Masukan username dan password kalian, lalu klik Continue

6. Tampilan berikutnya klik public html

7. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Klik Upload.

8. Pada tampilan berikutnya pilih Browser untuk memilih file yang akan di upload dari PC anda.(Browser di sebelah kanan khusus untuk file yang telah di archive kan dalam bentuk zip, tar, rar, tgz, gz) lalu klik gambar checklist yang dilingkari

9. Lalu pada tampilan berikutnya klik gambar checklist sekali lagi

10. Setelah proses upload selesai, klik gambar back untuk melihat file yang telah selesai anda upload.

Proses upload file pada 000webhost selesai.

Langkah-langkah Installasi wordpress dengan Filezilla di 000webhost

1. Login ke 000webhost masuk ke control panel dan klik MySQL Database.

2. Buat MySQL Database dan MySQL Username anda (ingat nama MySQL Database dan MySQL Username anda harus sama), lalu klik Create database.

3. Upload file WordPress yang sudah ter-ekstrak tadi [di Point-1] ke 000webhost, Karena tidak bisa menggunakan Fantastico Autobuilder, jadi kita menggunakan cara Manual, yaitu bisa lewat FTP (File Transfer Protokol ) nya 000webhost atau bisa lewat FileZilla. Disini saya akan memberikan contoh upload mengunakan FileZilla yang bisa anda download di halaman http://filezilla-project.org/download.phpdan anda bisa langsung download versi terbarunya. Install FileZilla yang sudah di download tadi, lalu aktifkan FileZilla dengan cara isi (account dan nama domain tanpa http:// atau www), (username yang diberikan dari webhosting, bukan username login anda), (password) dan (port isi dengan 21atau bisa juga dikosongkan portnya).KlikQuick Connectdan tunggu sampai tersambung dengan webhost anda.

4. Setelah connect cari dan klikfolder public_html pada kotak Remote Site FileZilla. Cari isi file wordpress anda, klik kanan pilih upload (Ingat yang di klik kanan bukan folder wordpress anda tapi isinya) dan tunggu sampai proses upload selesai. Lama tidaknya waktu upload anda tergantung pada koneksi internet anda.

Keterangan: server name, username, password yang diisikan di atas didapatkan dari 000bwehost, yang dapat dilihat pada kotak informasi tentang hosting, seperti pada gambar di bawah ini:

5. Setelah semua file wordpressberhasil ter-upload ke root directory atau public_html, sekarang saatnya masuk ke account 000webhost anda dan lakukan perubahan pada konfigurasi wordpress anda. Klik Another File Manager pada control panel.

6. Pada tampilan berikutnya masuk ke folder public_html danrenamewp-config-sample.php menjadi wp-config.php

KemudianEDITwp-config.php, masukkan:// ** MySQL settings You can get this info from your web host ** ///** The name of the database for WordPress */define(DB_NAME, put your dbname here);

/** MySQL database username */define(DB_USER, username here);

/** MySQL database password */define(DB_PASSWORD, your password here);

/** MySQL hostname */define(DB_HOST, localhost);

Isikan format diatas dengan data yang telah anda dapatkansaat anda Mendaftar MySQL Databasepada saat diCPanellalu klikicon save.

Note:UsernamedanPassworditu bukan yang dipakai WordPress atau Webhost, tetapi yang digunakan pada MySQL yang sudah kita buat di langkah sebelumnya. Kembali kedirektori/folderpublic_htmlanda danhapus file default.phpsupaya tampilan web anda bukan lagi kembali ke tampilan 000webhost.

7. Buka browser baru anda ketikkan alamat domain anda misalnya http://belajardomaingratis.cu.cc/wp-admin/ hingga muncultampilan Install WordPress. Isikan title blog anda dan alamat email anda dan install.

KlikLogindan masukanusernamedanpasswordyang tercantum pada halaman seperti diatas, setelah masuk ke account wordpresssegera ganti password anda yang mudah di ingat.

Langkah-langkah Installasi joomla dengan filezilla di 000webhost

1. Persiapan pertama Buat database joomlaPada Cpanel Anda Klik MySQL

2. Lalu buat database isikan dbname, MySQL username dan password seperti berikut :

angka disini sudah otomatis pada user anda, jadi yang perlu diketik pada kolomnya. Anda mengisi kolom-kolom yang disediakan sesuai keinginan anda. Jika semua sudah anda isi, klik Create Database

3. Tampilan berikutnya:

Catat semua data host, database, user dan password anda. Karena ini nanti diperlukan untuk seting joomla.