tutorial CorelDraw membuat Character Doraemon

download tutorial CorelDraw membuat Character Doraemon

of 12

  • date post

    01-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    1.476
  • download

    5

Embed Size (px)

description

Bahasa Indonesia

Transcript of tutorial CorelDraw membuat Character Doraemon

Kita pasti mengenal mengenal Doraemon, kartun ini sangat digemari oleh anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Doraemon adalah sebuah manga populer yang dikarang oleh Fujiko F. Fujio sejak tahun 1969. Dimana pemeran utamanya adalah sebuah robot kucing yang datang dari abad ke-22. Bagaimana cara menggambar karakter doraemon?

Caranya adalah sebagai berikut: (menggunakan CorelDraw X4) 1. Buatlah 2 lingkaran seperti berikut. Kemudian buat menjadi Group

2. Buatlah kalung dengan rectangle tool kemudian gunakan shape tool untuk membuat lengkung dibagian bawahnya.

3. Letakkan kalung tersebut di lingkaran yang pertama.pilih kedua Kemudian arrange -> shaping -> Trim

4. Setelah di-shaping, hapus bagian bawah dengan cara arrange -> ungroup lingkaran tersebut, kemudian arrange -> Break apart. Kemudiah hapus bagian bawahnya, sehingga hasilnya sbb.

5. Buat lonceng di kalungnya. Buat lingkaran ukuran sedang dengan ellipse tool. Kemudian buat lingkaran kecil dan persegi panjang untuk membuat lubang lonceng kemudian pilih arrange -> shaping -> weld

6. Buat persegi panjang dengan kedua sisi lebarnya melengkung. Beri warna merah pada persegi panjang tersebut, dan beri warna hitam pada lubang lonceng. Letakkan lubang lonceng dan persegi panjang seperti gambar.

7. Ubah ukuran lonceng ke ukuran yang sesuai, letakkan tepat di tengah kalung. Kemudian buat mata dengan ellipse tool. Kemudian duplikat mata dengan cara menekan ctrl + D di keyboard dan letakkan sesuai gambar.

8. Buat lingkaran kecil untuk hidung letakkan di antara dua mata. Tekan F11 untuk menampilkan kotak dialog fountain fill

9. Buat garis lurus dari hindung ke bagian yang akan dibuat mulut dengan freehand tool. Kemudian buat kumis dengan freehand tool satu saja. Kemudian duplikat hingga menjadi 6 buah dengan menekan ctrl + D lima kali. Buat lingkaran sebagai bantuan.

10. Buat mulutnya dengan freehand tool seperti gambar

11. Bersihkan sudut-sudut tajam dengan shape tool hingga menjadi seperti gambar.

12. Letakkan mulut tepat diujung garis.

13. Buat lidah dengan ellipse tool beri warna merah pada lingkaran dan buat persegi dengan rectangle tool dan letakkan sesuai gambar. Pilih arrange -> shaping -> back minus front

14. Kemudian ubah warna menjadi no fill karena akan diubah menjadi kurva. Tekan ctrl + Q pada keyboard untuk mengubah ke kurva. Kemudian aktifkan shape tool. Atur sehingga menjadi seperti berikut. 15. Letakkan di mulut dan beri warna merah. Dan buat garis di tengah lidah tersebut.

16. Buat matanya dengan freehand tool dan ellipse tool.

17. Untuk membuat badannya, pertama-tama adalah membuat dua persegi panjang seperti gambar

18. kemudian pilih persegi panjang yang kecil. Aktifkan shape tool dan buat seperti gambar.

19. Kemudian pilih kedua persegi tersebut. Pilih arrange -> shaping -> weld. Sehingga seperti gambar. Kemudian buat selangkangan kaki dengan memakai shape tool. Dan buat kurva di ujung kakinya sehingga seperti gambar.

20. Kemudian buat lagi sebuah persegi panjang seperti gambar.

21. Ulangi langkah 18 sehingga seperti gambar.

22. Pilih kedua persegi panjang pilih arrange -> shaping -> weld

23. Beri warna yang sama dengan warna kepala. Dalam hal ini yang kami gunakan adalah warna ice blue24. buat lingkaran dan beri warna putih dan letakkan sesuai gambar.

25. Buat kantung nya dengan membuat lingkaran, beri warna putih pada lingkaran tersebut dan buat sebuah persegi panjang. Pilih arrange -> shaping -> back minus front.

26. Letakkan setengah lingkaran tersebut seperti gambar.

27. Untuk membuat lengan buat terlebih dahulu sebuah lingkaran.28. Aktifkan shape tool dan buat lingkaran tadi menjadi seperti gambar.29. Beri warna biru yang sama dengan badan kemudian letakkan seperti gambar

30. Buatlah persegi panjang dengan warna yg sama dengan badan tanpa outline seperti gambar.

31. Letakkan persegi panjang seperti gambar

32. Untuk lengannya buat lah sebuah lingkaran seperti berikut.33. Beri warna yang sama seperti badannya. Letakkan seperti gambar.

34. Buat lingkaran kecil dan beri warna putih dan letakkan di ujung tangan seperti gambar.

35. Buat persegi panjang tanpa outline seperti gambar

36. Letakkan persegi panjang tersebut seperti gambar.

37. Untuk membuat kaki, buat lingkaran seperti gambar.

38. Dengan shape tool buat hingga menjadi seperti gambar.

39. Letakkan pada kaki bagian kiri, lihat gambar

40. Ulangi langkah 37

41. Dengan shape tool buat hingga menjadi seperti gambar

42. Letakkan pada kaki bagian kanan. Seperti gambar

43. Terakhir adalah membuat ekornya. Dengan cara membuat garis dengan freehand tool. Dengan ketebalan 0,2 cm. Dan sebuah lingkaran berwarna merah.

Akhirnya, jadilah sebuah karakter Doraemon