Tutorial CorelDraw ICT 2013

download Tutorial CorelDraw ICT 2013

of 51

  • date post

    16-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    15
  • download

    0

Embed Size (px)

description

asfsa

Transcript of Tutorial CorelDraw ICT 2013

MATERI CORELDRAWDibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila anda adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada);

Adapun fungsi dan cara menggunakan dari tool yang ada di Toolbox sebagai berikut;

Pick tool; untuk memilih atau menyeleksi dan mengatur ukuran, memiringkan, dan memutar objek.Freehand Pick tool; untuk menyeleksi objek dengan bebas.

Shape tool; untuk mengedit bentuk objek kurva. Smudge Brush tool; untuk mengubah objek vektor dengan cara men-drag sepanjang garis luar. Lihat Selengkapnya...Roughen Brush tool; untuk mengubah garis luar dari objek vektor dengan cara men-drag sepanjang garis luar. Free Transform tool; untuk mengubah suatu objek dengan menggunakan Free rotation, angle rotation, Scale, dan Skew tool. Smear tool,Twirl tool,Attact tool,Repel tool.

Croop tool; untuk menghilangkan area yang tidak dikehendaki.Knife tool; untuk memotong objek.Eraser tool; untuk menghilangkan daerah yang tidak diinginkan pada gambar.Virtual Segment Delete tool; untuk menghapus bagian dari objek-objek diantara persimpangan.

Zoom tool; untuk merubah besaran level dalam tampilan/jendela kerjaPan tool; untuk mengontrol bagian gambar mana yang akan di gambar ulang dalam tampilan/jendela kerja.

Freehand tool; untuk menggambar garis tunggal dan kurva. 2-Point Line tool; untuk menggambar garis tunggal tanpa kurva. Bzier tool; untuk menggambar kurva satu bagian pada waktu yang sama. Artistic Media tool; menyediakan akses pada Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure tool.Pen tool; untuk menggambar kurva satu segmen pada satu waktu. Lihat Selengkapnya...Polyline tool; untuk menggambar garis-garis dan kurva. 3 Point Curve tool; untuk menggambar suatu kurva dengan menentukan titik awal, akhir, dan titik tengah.

Smart Fill tool; untuk mewarnai objek-objek yang terlampir, tool ini dapat mewarnai isi dan garis dari objek tersebut dan objek yang telah terisi dapat dipisahkan dengan gambar dasarnya. Smart Drawing tool; mengubah coretan-coretan tangan menjadi garis yang halus dan sempurna.

Rectangle tool; untuk menggambar bujur sangkar dan kotak. 3 point Rectangle tool; untuk menggambar bujur sangkar pada suatu sudut tertentu.

Ellipse tool; untuk menggambar bentuk lonjong atau lingkaran. 3 point Ellipse tool; untuk menggambar bentuk lonjong atau lingkaran pada suatu sudut tertentu.

Polygon tool; untuk menggambar poligon atau bintang secara simetris. Star tool; untuk menggambar bentuk bintang yang sempurna. Complex Star tool; untuk mengggambar bentuk bintang yang komplek atau bintang yang mempunyai banyak sisi. Lihat Selengkapnya...Graph Paper tool; digunakan untuk menggambar sekat yang terdiri dari garis-garis serupa.Spiral tool; digunakan untuk menggambar spiral.

Basic Shape tool; untuk memilih bermacam-macam bentuk, termasuk bentuk smile, halilintar, bentuk hati, dan lain-lain.Arrow Shape tool; untuk menggambar beraneka ragam jenis bentuk panah, dan arah panah.Flowchart Shapes tool; untuk menggambar symbol flowchart.Banner Shapes tool; untuk menggambar bentuk yang menyerupai pita atau efek ledakan.Callout Shapes tool; untuk membuat label dan callout.

Text tool; untuk menuliskan kata secara langsung pada layar sebagai paragrap atau artistik teks.

Table tool; untuk membuat dan meng-edit tabel.

Dimension tool terdiri dari :Parallel Dimension; untuk membuat garis ukuran dimensi miring.Horizontal or Vertical Dimension; untuk membuat garis ukuran dimensi horizontal dan vertikal.Angular Dimension; untuk membuat garis ukuran segitiga atau sudut.Segment Dimension; untuk menampilkan dimensi antara titik terakhir pada satu atau beberapa bagian.3-Point Callout; untuk membuat garis petunjuk, yang terdiri dari tiga titik yang membentuk garis untuk petunjuk atau keterangan.

Interactve Connector tool terdiri dari;Straight-Line Connector; untuk membuat konektor lurusRight-Angle Connector; untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tajamRight-Angle Round Connector; untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tumpulEdit Anchor; untuk memodifikasi garis konektor.

Interactive Blend tool; untuk mencampur dua objek .Interactive Contour tool; untuk membuat suatu bentuk garis luar pada suatu objek menggunakan bentuk dasarnya. Interactive Distortion tool; untuk melakukan penyimpangan pada suatu objek, tool ini mempunyai 3 bentuk penyimpangan dasar yaitu: Push and Pull Distortion, Zipper Distortion, atau Twister Distortion.Interactive Drop Shadow tool; untuk memberikan bayangan pada suatu objek. Interactive Envelope; untuk menyimpangkan suatu objek dengan cara men-drag node.Interactive Extrude; untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada objek. Interactive Transparency tool; untuk membuat objek menjadi transparan

Color Eyedropper tool; untuk memilih dan menyalin fill (warna) dari suatu objek pada jendela gambar, yang disertai tampilan code HTML warnaAttributes Eyedropper tool; untuk memilih dan menyalin properti pada objek, seperti halnya fill, ketebalan garis, ukuran, dan efek, dari suatu objek pada jendela gambar. Paintbucket tool; tool ini muncul setelah Color Eyedropper tool atau Attributes Eyedropper tool di fungsikan.

Outline tool; Ketika kita memilih tool ini flyout akan muncul dan memberikan akses cepat ke beberapa fasilitas, seperti kotak dialog Outline Pen dan Outline Color.

Fill tool; seperti halnya Outline tool ketika kita memilih Fill tool ini flyout akan muncul dan memberikan akses cepat ke beberapa fasilitas, seperti ke kotak dialog Fill (Uniform Fill, Fontain Fill, dsb).

Interactive Fill tool; untuk memberi warna dengan beberapa variasi gradasi fill. Interactive Mesh tool; untuk memberi warna gradasi fill menggunakan garis (grid) yang terdiri dari beberapa node. MEMBUAT DESAIN STEMPELPublish: 27 Juni 2009 | Author & Copyright: Adi Suroso | Status: FREE tutorial

CorelDRAW , Nah Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana membuat desain stempelLangkah pertama buat objek berbentuk lingkaran dengan diameter 35 mm

Copy lingkaran tersebut, kemudian ubah langsung diameternya menjadi 23 mm

Nah, Sekarang buat guide untuk teksnya, copy lagi bentuk lingkaran yang kecil dan rubah diameternya menjadi 25 mm, beri warna merah, caranya klik kanan pada warna merah pada color palette

Kini kita hanya butuh 3/4 dari seluruh lingkaran merah, aktifkan lingkaran merah kemudian pada property bar pilih bentuk Arc

Gunakan Shape Tool untuk menarik sudut dari lingkaran seperti gambar disamping

Buat satu guide untuk tulisan dibawah, dengan mengcopy lingkaran merah, kemudian dengan shape tool tarik sudutnya seperti berikut:

Sekarang Ketik Teks: CV. WAHANA JAYA KOMPUTER, Font yang saya gunakan type: IMPACT: Size: 12Aktifkan teks tersebut dan klik menu TEXT >> Fit Text To Path , Lalu klik lingkaran merah atas

Untuk teks bagian bawah sama prinsipnya dengan cara diatas, ketikkan teks "LANGKAT"

Hilangkan warna merah pada lingkaran guide, dengan cara aktifkan / klik gluide tersebut menggunakan shape tool kemudian, klik kanan icon paling atas pada color paletee

Beri tanda bintang diantara teks, atau pertebal beberapa point

Hasilnya:

Stempel logo

Membuat Logo AC MILANPublish: 07 Agustus 2010 | Author & Copyright: Arwan | Status: FREE Tutorial

Langkah - Langkahnya: 1. Aktifkan Ellipse Tool (F7) kemudian buat objek elips dan beri warna merah. kemudian buat objek elips lagi tapi ukurannya lebih kecil dengan warna putih dan letakan ditengah elips merah.

Tips : agar tepat berada di tengah-tengah, pilih saja kedua objek (elips merah dan putih) kemudian tekan huruf P pada keyboard.2. Masih dengan ellips tool, buat objek lingkaran sambil menekan ctrl agar objek benar-benar bulat. Kemudian kita belah menjadi dua dengan Knife Tool dengan cara klik di Garis atas dan bawah lingkaran. Setelah menjadi dua bagian, beri warna merah untuk sebelah kiri dan putih untuk kanan.

3. Aktifkan Graph paper tool (D) atur dengan columns=6 dan rows=1 pastikan snap to object sudah di centang (View-Snap To Object). Buatlah diatas setengah lingkaran merah seperti ini.

4. Drag dari P1 ke P2 dengan Pick Tool kemudian pilih Intersect pada tool bar kemudian delete Graph paper-nya.

5. Pilih setengah lingkaran merah kemudian ungroup (Ctrl+U) atau pada menu Arrange-Ungroup dan beri warna hitam pada bagian a, b dan c.

6. Dengan Rectangle Tool (F6) kita buat dua objek persegi panjang seperti gambar di bawah dan letakan di atas objek setengah lingkaran putih. Pilih kedua persegi panjang tersebut, caranya pilih P1 kemudian tekan dan tahan Shift pada keyboard dan pilih P2. Kemudian di Weld

Pilih setengah lingkaran putih dan objek yang kita Weld tadi, kemudian pilih Intersect dan beri warna merah. Delete hasil weld-nya.7. Selanjutnya kita buat lingkaran yang sedikit lebih besar dari lingakaran pertama, kemudian gunakan fasilitas Fit Text To Path yang berada pada Menu Text, kita tuliskan "ACM" dengan jenis font Verdana kalo ukurannya disesuaikan saja. Kemudian gunakan Pick Tool untuk memilih Text Orientation-nya menjadi

Selanjutnya pisahkan objek lingkaran dan tulisan ACM (Arrange-Break Text Apart) dan hapus lingkarannya.8. Untuk membuat tulisan "1899" sama seperti membuat "ACM" hanya Path-nya bukan lingkaran tapi garis lengkung. Caranya : aktifkan Pen Tool klik di kanan dan kiri (untuk mengakhiri tekan ESC), dengan Shape Tool (F10) klik satu kali pada garis kemudian pilih Convert Line To Curve

Pada garis tengah klik dan drag ke bawah, jika sudah lengkung gunakan Fit Text To Path pada Menu Text dan ketikan "1899" (font=Arial, ukuran=disesuaikan sendiri) kemudian Arrange-Break Text Apart dan hapus path lengkungnya. Hingga hasilnya kurang lebih seperti ini...

Selamat mencoba dan ber-Eksperimen semoga bermanfaat..