Turki dan swiss

of 25 /25
SISTEM PEMERINTAHAN TURKEY DAN SWISS

Embed Size (px)

Transcript of Turki dan swiss

Page 1: Turki dan swiss

SISTEM PEMERINTAHAN TURKEY DAN SWISS

Page 2: Turki dan swiss

Kelompok 3 :•Ainun Rochmah (01)•Chalifia Rafidah (05)• Iqbal Wahyu S.I (13)•Nadiyatul Ula F.N (22)

Page 3: Turki dan swiss

TURKEYNama resmi: Republic of TurkeyBahasa resmi: Turki, di samping bahasa lain seperti Kurdi, Arab, Armenia, dan Yunani.Ibukota: Ankara Luas wilayah (km2): 783. 562 km2 Penduduk: 77.695.904 jiwaEtnis: Turki 80%, dan lainnya 20% terdiri atas Kurdi, Yunani, Armenia, Syiria, Yahudi, Georgia, Lazia, Circasia, Bosnia, Arab.Agama: Islam (sunni) 99,8%, dan agama lain seperti Ortodoks Yunan, Gregorian Armenia, Katolik, Ortodoks Syiria, dan Yahudi yang totalnya 0,2%.Jenis kekuasaan: Republik ---- Awalnya, Turki adalah kesultanan besar di masa Dinasti Utsmany. Namun, kini wilayahnya mengecil hingga sebatas negara Turki saat ini. Bentuk negara: Kesatuan ---- Pemerintah pusat Turki punya kuasa besar atas pemerintahan lokalnya.

Bendera Lambang

Page 4: Turki dan swiss

Turki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.

Turki adalah sebuah republik konstitusional yang demokratis, sekuler, dan bersatu. Turki telah berangsur-angsur bergabung dengan Barat sementara di saat yang sama menjalin hubungan dengan dunia Timur. Negara ini merupakan salah satu anggota pendiri PBB , Organisasi Konferensi Islam (OKI), OECD, dan OSCE, serta negara anggota Dewan Eropa sejak tahun 1949, dan NATO sejak tahun 1952. Sejak tahun 2005, Turki adalah satu-satunya negara Islam pertama yang berunding menyertai Uni Eropa, setelah merupakan anggota koalisi sejak tahun 1963. Turki juga merupakan anggota negara industri G20 yang mempertemukan 20 buah ekonomi yang terbesar di dunia.

Page 5: Turki dan swiss

SISTEM PEMERINTAHANTurki adalah sebuah republik, diatur dalam konstitusi yang disahkan pada

tahun 1982. Konstitusi ini memberikan bentuk pemerintahan parlementer yang terdiri atas presiden, perdana menteri, legislatif, dan Majelis Nasional Agung.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Turki adalah Sistem Pemerintahan Parlementer. Presiden selaku kepala Negara dan Perdana Menteri selaku kepala pemerintahan. Sejak amandemen konstitusi 2007, Presiden Turki dipilih oleh Parlemen (The Grand National Assembly/TGNA). Presiden terpilih kemudian mengangkat Perdana Menteri. Perdana Menteri kemudian menyusun Dewan Menteri, dengan susunan yang telah disetujui oleh Presiden. Presiden tidak dapat memberhentikan Menteri tanpa proposal dari Perdana Menteri. Perdana Menteri-lah yang menjalankan pemerintahan sehari-hari di Turki. Perdana Menteri dan Dewan Menteri tidak bertanggung jawab kepada Presiden, melainkan bertanggung jawab kepada Parlemen. Presiden menjabat selama 7 tahun maksimal 2 kali. Presiden adalah kepala negara dan panglima tertinggi angkatan bersenjata.

Page 6: Turki dan swiss

Presiden Turki bukan semata-mata “simbol” negara saja. Presiden punya kewenangan mengembalikan seluruh produk undang-undang (kecuali UU Anggaran) kepada Parlemen untuk dipertimbangkan kembali keberlakuannya. Dan jika Parlemen berkeras untuk tetap memberlakukan tetapi Presiden menolak, Presiden dapat memanfaatkan Mahkamah Konstitusi guna memutuskannya. Selain itu, Presiden memiliki kewenangan untuk mengadakan Pemilu ulangan jika terjadi kebuntuan politik. Peran Presiden yang besar juga terlihat dalam kewenangannya untuk memutuskan penggunaan Angkatan Bersenjata Turki, mengangkat kepala-kepala Staf Angkatan Perang, dan bersama-sama TGNA (Turkish Grand National Assembly) berposisi selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang. TGNA sendiri adalah badan legislatif Turki yang berkuasa membuat UU-nya tidak bisa didelegasikan kepada badan lain. Anggotanya terdiri atas 550 orang yang dipilih secara langsung oleh rakyat. Masa tugasnya 5 tahun.

Page 7: Turki dan swiss

SISTEM POLITIKSistem politik Turki sebelum sistem politik demokrasi ala barat yang

diterapkan di Turki saat ini, sebenarnya Turki telah menganut sistem politik islam. Yang mana dalam sejarahnya sistem politik ini pernah berjaya yaitu pada masa kekhalifahan Utsmani. Dalam sistem politik Islam pemilihan khalifah harus terpenuhi syarat legal dan keutamaannya yaitu beragama islam, baligh, berakal sehat, merdeka; ketika dilakukan pemilihan dan dipilih di bai’at; ada Mahkamah Mazhalim untuk menghilangkan kejahatan yang terjadi maksudnya kejahatan yang melanggar syariat Islam; dalam pemilihan anggota majelis Ummat dipilih lewat pemilu (Majelis Ummat mewakili umat dalam memberikan pendapat ,sebagai rujukan khalifah untuk meminta masukan atau pendapat yang terkait dengan kebijakan); Majelis Ummat memiliki hak syura (musyawarah) dan mempunyai kewajiban muhasabah (mengontrol & mengoreksi khalifah); dan masih banyak yang lainnya.

Page 8: Turki dan swiss

Sebelumnya, Turki adalah sebuah negara yang diagungkan oleh negara-negara berpenduduk muslim di dunia karena merupakan pusat peradaban Islam, tiba-tiba sekarang menjadi negara yang sangat anti terhadap simbol-simbol yang terkait dengan islam. Turki adalah sebuah negara berpenduduk mayoritas muslim yang pernah memimpin dunia islam selama 700 tahun, yaitu sejak permulaan abad ke-13 sampai jatuhnya Kekhalifahan Utsmani pada awal abad ke-20. Sungguh mengherankan apabila sekarang Turki menjadi negara yang menganut sistem politik demokrasi ala barat, sistem ini membawa nilai-nilai sekularisme.

Mustafa Kemal Ataturk mendirikan Republik Turki apada tahun 1923. Republik tersebut mengacu pada nilai-nilai barat atau sekularisme, maka dia yang juga merupakan presiden pertama dalam pemerintahan Republik Turki menjalankan sistem politik demokrasi ala barat. Modernisasi yang dilakukan Kemal yang mengkiblat ke Barat, misalnya dia mengganti penggunaan huruf Arab menjadi huruf Latin, poligami dilarang, perempuan diberi kebebasan yang sama dengan laki-laki, larangan memakai jilbab, penghapusan sistem khalifah, penutupan sekolah-sekolah islam tradisional, pembubaran pengadilan agama, penghapuusan tarikat, melarang pemakaian penutup kepala khas dinasti Utsmani bagi laki-laki dan lain-lain.

Page 9: Turki dan swiss

Untuk menjaga sistem politik demokrasi ala barat maka pemerintah Kemal menggunakan militer untuk menumpas hal-hal yang terkait dengan islam itu sendiri.Ketika terjadi peralihan Turki ke sistem multi-partai pada tahun 1946, militer tetap dominan menjaga sistem politik demokrasi ala barat dan nilai-nilai sekulerisme. Banyak partai-partai yang ada di Turki misalnya AKP (Adalet ve Kalkinma Partisi), Partai Refah, Partai Rakyat Republik, Partai Demokrat, Partai Fadilah, Partai Saadat dan masih banyak yang lain. Selama ini setiap terjadi kemenangan partai politik yang berbasis Islam selalu diikuti dengan upaya kudeta dan pembubaran partai politik.

Page 10: Turki dan swiss

PEREKONOMIANEkonomi Turki, yang terbesar di Timur Tengah, ada dalam peringkat dua puluh

besar di dunia.• Jasa

Sektor jasa mempekerjakan sekitar 38 persen dari total angkatan kerja. Di antara para pekerja ini adalah bankir, broker real estate, tenaga penjualan, guru, dan pegawai pemerintah. Pariwisata adalah bagian yang sangat penting dari perekonomian. Sektor jasa yang terkait pariwisata mempekerjakan sekitar 3 juta orang.• Manufaktur

Didorong oleh investasi pemerintah, industri Turki telah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan ekspor barang-barang industri telah melampaui nilai ekspor pertanian. Industri ini mempekerjakan sekitar 14 persen dari angkatan kerja. Tekstil dan pakaian adalah produk paling penting, diikuti makanan olahan, mobil, baja, kayu, dan kertas.

Page 11: Turki dan swiss

• PertanianSekitar 40 persen dari angkatan kerja bergerak di bidang pertanian. Gandum, yang tumbuh terutama di dataran

tinggi Anatolia, adalah tanaman utama. Sereal penting lainnya adalah jagung, barley, dan beras. Tanaman ekspor utama adalah kapas, tumbuh di pantai Mediterania, dan tembakau, tumbuh di pantai Aegea dan laut Hitam. Tanaman komersial lainnya meliputi tomat, buah ara, kismis, buah zaitun, hazelnut, kacang pistachio, dan buah jeruk.

Wilayah Turki yang luas, terutama di dataran tinggi Anatolia, hanya digunakan sebagai ladang penggembalaan. Meningkatnya populasi domba dan kambing merupakan bagian penting dari perekonomian. Domba merupakan sumber daging utama di Turki. Susu kambing digunakan untuk membuat keju. Wol domba digunakan dalam industri tekstil, dan bulu kambing dibuat menjadi mohair.• Transportasi

Lebih dari 8.000 kilometer jalur kereta api menghubungkan Turki dengan semua bagian Eropa dan Timur Tengah. Semua kota-kota penting di negara itu dihubungkan oleh kereta api. Namun jalan yang tidak beraspal jumlahnya masih dua kali lipat dari jalan yang beraspal. Tapi banyak jalan yang tahan segala cuaca telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir.

Karena garis pantai Turki cukup panjang, perjalanan sepanjang pantai dengan kapal uap juga sangat populer. Istanbul dan Izmir adalah dua kota pelabuhan utama. Transportasi udara semakin penting. Penerbangan internasional dilayani di Istanbul, Ankara, dan Adana.• Komunikasi

Kurang dari sepertiga dari populasi Turki memiliki televisi atau radio. Namun, sistem telekomunikasi, telepon selular, dan layanan Internet sedang meningkat. Dua surat kabar yang paling penting adalah Cumhuriyet (Republik) dan Hürriyet (Freedom).

Page 12: Turki dan swiss

PENDIDIKANPendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi di Turki gratis.

Pendidikan dasar wajib bagi anak-anak usia 6 sampai 14 tahun. Ada sekolah menengah di semua kota kecil dan kota besar. Sekolah teknik, sekolah pelatihan guru, dan perguruan tinggi memberikan pendidikan lebih lanjut. Turki memiliki sejumlah perguruan tinggi. Yang terbesar adalah Universitas Istanbul. Beberapa universitas baru didirikan pada era 90-an.

Tujuan sistem pendidikan di Turki adalah untuk mendidik produktif, individu yang senang dengan pandangan luas pada urusan dunia yang akan bersatu dalam kesadaran nasional dan berfikir untuk membentuk sebuah negara yang tidak dapat dipisahkan, dan akan memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat melalui keterampilan mereka. Ini adalah pemikiran yang akan memainkan peranan dalam pembentukan Turki sebagai bangsa yang kreatif dan membedakan anggotanya dari dunia modern.

Page 13: Turki dan swiss

• Manajemen Pendidikan

1. Otorita

Badan yang bertanggung jawab terhadap pendidikan adalah Milli Egitim Bakanligi (Ministry of National Education) atau Departemen Pendidikan Nasional yang dikepalai seorang menteri. Untuk periode kali ini dikepalai oleh Hüseyin Çelik.

2. Pendanaan

Pada tahun 2002, total pengeluaran untuk pendidikan di Turki sebesar $13,4 miliar, termasuk anggaran negara yang dialokasikan melalui Departemen Pendidikan Nasional dan swasta dan dana internasional. Universitas publik biasanya tidak memungut biaya mahal dengan biaya $ 15.000 per tahun, dan oleh karena itu, mayoritas siswa mengikuti pendidikan di lembaga-lembaga publik. Sejak 1998, perguruan tinggi telah diberikan otonomi yang lebih besar dan didorong untuk meningkatkan dana melalui kemitraan dengan industri.

3. Kurikulum

Pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah kelas 9 dan kelas 10 adalah:

1. Bahasa Turki2. Turki sastra3. Matematika4. Fisika5. Kimia6. Biologi7. Geometri8. Sejarah Turki

9. Geografi10. Bahasa Inggris11.BahasaAsing (Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Arab, Rusia)12. Keamanan nasional13. Studi kesehatan14. Electives15. Profesi Pelajaran (hanya di Sekolah Tinggi Kejuruan)16. Kursus Agama

Page 14: Turki dan swiss

KESEHATANTurki menawarkan layanan kesehatan terbaik dan terjangkau untuk semua pasien

yang mengunjungi Turki. Praktisi medis di Turki sangat terkenal karena pelayanan mereka yang professional, bersemangat dan mendedikasikan ke pasien mereka. Rumah sakit di turki menawarkan dokter terbaik di dunia dan paling berbakat untuk semua jenis prosedur. Turki menyediakan 30 rumah sakit yang didukung oleh IHSG (Joint Commission International)

Pemerintah Turki mengambil alih biaya perawatan rumah sakit melalui asuransi. Warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan cukup menunjukkan nomer TC Kimlik yang merupakan nomer kependudukan. Selain digunakan untuk pendaftaran akses pelayanan kesehatan, TC Kimlik juga dapat digunakan untuk beragam akses seperti pendaftaran kartu transportasi dan telekomunikasi, pembayaran tagihan pajak, dll. Warga asing yang sedang berada di Turki pun bisa mendapatkan hak akses pelayanan yang sama dengan penduduk Turki sendiri. Hal ini jelas mengahapuskan kesan bahwa “si miskin tidak boleh sakit”. Pelayanan yang komprehensif tentunya diterapkan oleh seluruh rumah sakit negeri di Turki.

Page 15: Turki dan swiss

Antrian panjang di meja registrasi tidak akan ditemui di rumah sakit Turki. Hal ini dikarenakan registrasi awal untuk konsultasi dokter (bukan IGD) dapat dilakukan secara online di web resmi. Appoinment dapat dilakukan dengan dua cara, pertama dengan mengakses ke www.mhrs.gov.tr, kedua melalui layanan call-center. Jika kita menggunakan layanan call-center, maka customer service secara manual akan mencarikan appointment yang sesuai dengan permintaan pasien. Pendaftaran melalui web resmi dapat membuat pasien bebas memilih secara subyektif rumah sakit mana, poliklinik bagian apa, siapa dokter yang akan menangani, bahkan jam pemeriksaan. Akses ini berlaku di seluruh rumah sakit negeri di Turki. Setelah mendaftar, pasien akan mendapatkan notifikasi appointment ke e-mail pribadi sebagai pengingat. Tentunya untuk mendaftar pasien harus membuat akun resmi yang salah satu syaratnya adalah mengisi form identitas online dengan menyertakan nomor TC Kimlik.

Dalam menjaga privasi pasiennya, riwayat pencatatan konsultasi dokter dan rumah sakit tercatat secara terpusat di data online yang terjaga kerahasiaannya.

Page 16: Turki dan swiss

SWISS• Nama Negara : Swiss• Luas Wilayah : 41.285 km2

• Bentuk Negara : Federal• Ibukota : Bern• Bahasa Resmi : Jerman, Perancis, Italia, Romansh, Latin• Pembagian kekuasaan :

Kekuasaan Eksekutif (Presiden)Kekuasaan Legislatif (Dewan Negara dan Dewan Nasional)Kekuasaan Yudikatif (Majelis Agung)

Page 17: Turki dan swiss

Konfederasi Swiss atau dalam bahasa latin Confoederatio Helvetica, adalah sebuah negara federal berisi 26 canton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Liechtenstein dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerja sama internasional yang kuat.

Swiss terbagi atas 26 kanton, 6 daripadanya kadang-kadang dianggap sebagai "separuh kanton" karena berawal dari pemisahan 3 kanton dan dampaknya hanya ada satu wakil dalam Dewan Negara. Ibukota negara ini adalah Bern. Kota-kota penting lainnya adalah Zurich, kota terbesar di Swiss (yang dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007), dan Jenewa yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB, WHO, ILO dan UNHCR.

Swiss kaya dengan sejarah sebagai sebuah negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai (dan tidak pernah terlibat dalam perang terhadap pemerintahan asing sejak tahun 1815). Oleh karena itu, Swiss dijadikan tuan rumah berbagai organisasi internasional seperti PBB yang, meskipun markas besarnya ada di New York City, namun banyak mendirikan kantor di Swiss.

Page 18: Turki dan swiss

SISTEM PEMERINTAHANSwiss adalah sebuah Republik Federal. Republik adalah suatu bentuk pemerintahan di mana

pemimpinnya dipilih melalui pemilihan umum (bukan diturunkan seperti monarki) entah secara langsung ataupun tidak langsung. Menjadi negara federal sejak 1848. Federal adalah suatu federasi, yaitu gabungan beberapa negara bagian yang dikoordinasi oleh pemerintah pusat, yang mengurus hal-hal mengenai kepentingan nasional seluruhnya (seperti keuangan, urusan luar negeri, dan pertahanan). Swiss menganut sistem demokrasi langsung, dan pemerintahannya terdiri oleh 7 anggota yang dipilih oleh Federal Assembly. Ketujuh orang itu sekaligus memimpin departemen utama. Status mereka bisa juga disebut menteri. Yang menarik, ketujuh orang pilihan itu secara bergantian menjadi presiden. Jabatan sebagai presidennya masing-masing selama satu tahun.

Jika disederhanakan Swiss yang luasnya 41.400 Km² dipimpin secara kolektif oleh presidium yang terdiri dari tujuh orang. Dengan sistem federal, negara federalnya disebut kanton. Ada 26 kanton yang kini berhimpun menjadi Swiss. Sebanyak 17 kanton adalah kanton Swiss-Jerman (berbahasa Jerman), 4 kanton Swiss-Romande (berbahasa Perancis), 1 kanton berbahasa Itali (Ticino), 3 kanton bilingual Perancis-Jerman, dan 1 kanton (Graubünden) trilingual Jerman, Italia dan Rumantsch. Itulah sebabnya bahasa nasional di Swiss ada empat. Kanton-kanton ini mempunyai otonomi luas seperti hal sistem negara federal. Mereka menentukan secara penuh aturan daerah.

Masalah internasional, kehakiman, pertahanan, keuangan negara dipegang oleh pemerintahan pusat. Sedangkan anggota parlemen (Federal assembly) berasal dari utusan kanton. Mereka inilah yang menentukan tujuh menteri utama yang akan menjadi presiden secara bergiliran. Presiden sebagai kepala negara juga merangkap sebagai kepala pemerintahan.

Page 19: Turki dan swiss

SISTEM POLITIKAda dua sistem politik yang diterapkan oleh Negara Swiss, yaitu :

1.Demokrasi langsung 2.Sistem republik direktorial.

Sejak 1848, konstitusi federal Swiss sudah mengadaptasi bentuk politik demokrasi langsung. Penggunaan demokrasi pada sistem federal, dikenal sebagai civic rights (Volksrechte, droits civiques), memungkinkan warganya untuk menentukan keputusan-keputusan parlemen. Dengan sistem tersebut, penduduk bisa aktif berpartisipasi dalam pembuatan hukum yang ada karena hukum yang berlaku ditentukan berdasarkan keputusan dari mayoritas penduduk.

Swiss juga mengadopsi sistem republik direksional yang merupakan sebuah sistem di mana suatu negara dipimpin oleh suatu kelompok yang terdiri dari beberapa orang yang secara bersama-sama menjalankan kekuasaan sebagai kepala negara.

Page 20: Turki dan swiss

PEREKONOMIANSwiss mempunyai ekonomi yang sangat stabil, makmur, dan

berteknologi tinggi. Pada tahun 2011, negara ini termasuk dalam golongan negara termakmur di dunia berdasarkan pendapatan per kapita. Negara ini berada diurutan kesembilan belas pada besarnyaproduk domestik bruto dan berada pada urutan ke-36 berdasarkan keseimbangan kemampuan berbelanja. Swiss juga berada pada urutan ke-20 menurut ekspor, meski ukurannya yang kecil. Swiss juga mendapatkan rating tertinggi di Eropa untuk Indeks Kebebasan Ekonomi 2010. Pendapatan per kapita negara ini pun lebih tinggi daripada kebanyakan negara Eropa Barat lainnya, dan Jepang.

Page 21: Turki dan swiss

Sektor ekonomi utama Swiss adalah produksi. Sektor produksi utama diantaranya kimia, obat, instrumen pengukuran presisi, dan instrumen musik. Barang ekspor terbesar adalah kimia (34% total ekspor), mesin/elektronik (20,9%), dan instrumen lainnya (16,9%). Ekspor jasa berkontribusi terhadap sepertiga dari total ekspor. Sektor jasa - terutama perbankan, asuransi, pariwisata, dan organisasi internasional juga merupakan industri penting bagi Swiss.

Sekitar 3,8 juta orang bekerja di Swiss, dan 25% pekerja bergabung dengan suatu serikat kerja (2004). Swss mempunyai pasar kerja yang lebih fleksibel dari negara-negara tetangganya, dan tingkat pengangguran negara ini sangat rendah, berkisar 1,7% (Juni 2000) sampai 4,4% (Desember 2009). Pertumbuhan populasi akibat imigran juga cukup tinggi, sekitar 0,52% populasi tahun 2004. Populasi warga asing di negara ini berkisar 21,8% tahun 2004.

Page 22: Turki dan swiss

PENDIDIKANPemerintah Swiss sangat mengutamakan pendidikan warganya. Jika ada

enam orang warganya yang mengajukan untuk sekolah, pemerintah Swiss akan membangun sekolah dan menyediakan guru untuk mereka beserta fasilitas lengkap. Hal ini berlaku bagi setiap warga negaranya, tidak peduli ras atau agama mereka. Sekolah-sekolah negara di Swiss tidak dikenakan biaya. Setiap sekolah di masing-masing canton (wilayah bagian negara) menggunakan bahasa resmi yang biasa digunakan warga setempat. Siswa juga diwajibkan mempelajari bahasa negara kedua untuk meningkatkan rasa kebangsaan mereka.• Struktur Pendidikan

Di Swiss, setiap anak harus menghadiri setidaknya pendidikan dasar. Negara ini menyediakan berbagai sekolah pada tingkat pendidikan yang berbeda. Karena kanton bertanggung jawab atas sistem pendidikan, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kanton. Dalam bahasan ini, kami akan mengfokuskan pada sistem pendidikan di kanton Zürich.

Page 23: Turki dan swiss

• Taman Kanak-Kanak (TK)TK bukanlah hal yang wajib di Swiss. Anak-anak tidak belajar membaca dan

menulis, tetapi hanya mengembangkan kemampuan sosial mereka dan membiasakan diri untuk duduk tenang sembari memperhatikan gurunya. Seperti di Indonesia, mereka berada di TK selama satu atau dua tahun. Karena mereka akan memulai sekolah pada usia tujuh tahun, maka mereka akan belajar di TK ketika berusia lima atau enam tahun.• Volksschule (Pendidikan Dasar)

Volksschule adalah wajib bagi semua anak Swiss dan biasanya dimulai pada usia tujuh tahun. Volksschule dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu Primarschule danOberstufenschule.

Primarschule berlangsung selama enam tahun. Biasanya, anak-anak hanya memiliki satu guru yang mengajar semua mata pelajaran.

Sedangkan Oberstufenschule hanya berlangsung selama tiga tahun. Biasanya, setidaknya ada dua guru untuk setiap kelas, seorang guru mengajarkan beberapa mata pelajaran, dan guru lainnya mengajarkan mata pelajaran lainnya. Namun biasanya terdapat guru untuk beberapa mata pelajaran khusus seperti olahraga, menjahit, memasak, dan sebagainya.

Page 24: Turki dan swiss

• Berufslehre (Pendidikan Magang)Di Swiss, banyak anak-anak yang memilih untuk melanjutkan ke Berufslehre

setelah pendidikan dasar. Bergantung pada profesi, Berufslehre biasanya akan memakan waktu dua sampai empat tahun. Berufslehre mencakup semua jenis profesi, dari kerajinan (mekanika, tukang kayu, tukang roti, penata rambut, dll) hingga pekerja kantoran (sekretaris, pembukuan, spesialis IT, dll).

Para siswa akan mendapatkan pelatihan dari sebuah perusahaan atau organisasi, dan tetap menghadiri kelas di sekolah sebanyak satu atau dua hari seminggu. Beberapa perusahaan juga menyediakan kelas tambahan sendiri.

Setelah mendapatkan pendidikan dan pelatihan magang di jenjang Berufslehre, para remaja-remaja ini dapat memulai sebuah pekerjaan ataupun memilih untuk bergabung pendidikan lanjutan, yang disebutFachhochschulen (perguruan tinggi teknis / politeknik).

Namun jika para remaja itu berubah pikiran dan ingin melanjutkan ke jenjang universitas, mereka dapat memilih Maturitätsschule (sekolah diploma). Jalur ini dikenal sebagai “Zweiter Bildungsweg” (jalur pendidikan sekunder).

Page 25: Turki dan swiss

KESEHATANSistem pelayanan di swiss adalah campuran antara praktek

pelayanan liberal dan publicly run hospital dimana semua orang berhak mendapatkan pelayanan bebas dan sama tanpa memandang bulu, suku, status, etnis dan golongan tetapi tentunya dikontrol dari aturan pemerintah. Reinhardt menggambarkan pelayanan kesehatan swiss sebagai "consumer directed health care" sistem dengan aturan pemerintah yang ketat. Rumah sakit-rumah sakit umum dan dokter yang bekerja dibayar dengan gaji dan hanya beberapa dokter senior yang diijinkan untuk melakukan praktek di Rumah sakit. Dokter yang melakukan praktek pribadi dibayar kembali berdasarkan fee-for-serviceatau upah berdasarkan pelayanan yang disepakati antara caregivers dan insurers. Masyarakat diberi kebebasan oleh asuransi untuk memilih dan mengakses dokter yang mereka pilih. Premium asuransi kesehatan bagi orang dewasa (25+) pun bervariasi dari setiap wilayah dan sudah diatur oleh perusahaan asuransi sesuai kondisi daerah sedangkan anak dan remaja dibayar dengan lowers premium. Lower premium diatur setiap tahun dalam managed care plans oleh pemerintah, bukan hanya itu dalam managed care plans pemerintah memberikan tunjangan kepada masyarakat miskin dan berapa biaya yang harus diganti sesuai obat-obatan yang dipakai dan pelayanan yang diberikan.